Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc. | Mukhtasar Minhajul Qashidin

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

secara langsung Rodja TV wa Asyhadu anna muhammadan abduhu wa Rasulullah kita lanjutkan kajian kitab nyanyian ya disertai dengan musik Beliau mengatakan para ahli fikih semua telah sepakat melarang nyanyian seperti Imam Malik Imam Malik mengatakan bahwa nyanyian itu bisa menimbulkan kemunafikan demikian pula perkataan Abu Hanifah tentang masalah nyanyian juga tegas sekali bahkan mazhab Abu Hanifah ini yang paling keras tentang masalah nyanyian paminan Kapan sih ulama disebut ulama mutakhir batasan mutakhir itu dimulai dari abad ke-4 Hijriyah ya darimu dimulai dari abad ke-4 Hijriyah atau kalimah Hijriah Adapun abad ke-3 kedua kesatu ini disebut dengan apa masa-masa Salaf terdahulu diantara ulama mutakhir yaitu Abu Thayyib termasuk ulama besar Mazhab Syafi’i kitab tentang celaan terhadap nyanyian sangat tegas melarangnya dan kata beliau orang-orang yang membolehkannya itu orang-orang yang terfitnah kalau mereka mencari-cari pembenaran mereka mengatakan katanya ada sebagian Salaf yang membolehkannya padahal yang dibolehkan oleh ulama Salaf terdahulu itu seperti apa kata beliau wa Ahmad Ibnu hamba Ibnu hambal pernah mendengar seseorang bersyair lalu Imam Ahmad mengatakan tidak apa-apa seperti ini lu kata Imam Ibnu Selayaknya Untuk diperhatikan syair seperti apa yang dibolehkan oleh Imam Ahmad yaitu kata beliau syair-syair yang membuat kita zuhud dalam kehidupan dunia syair-syair yang membuat kita zuhud dalam kehidupan apa dunia tidak disertai dengan memainkan alat musik tidak pula dengan disertai tepuk tangan dan tarian sebatas bersyair saja dan isi syair itu membuat kita zuhud dalam kehidupan dunia boleh-boleh saja dan itupun juga kita tidak baik Pak tidak bagus kalau kita perlu memperbanyaknya menghubungkan dalam hadisnya [Musik] lebih baik perut seseorang itu dipenuhi dengan nanah daripada dipenuhi dengan syair minta disitu dalam Shahih Bukhari itu menunjukkan Rasulullah mencela ya orang yang terlalu sering ngedengerin syair yang bagus itu bagaimana yang bagus itu Ya kita dengar Alquran Dan inilah maksud hadis Aisyah di mana ya waktu itu di hari raya ada dua orang anak kecil yang apa namanya bersyair sambil dan Rasulullah SAW mengizinkannya yang dimaksud kata beliau di sini itu syair-syair yang tidak bikin orang Pengen joget syair-syair yang memberikan kepada kita semangat kalau seperti itu boleh makanya nabi mengizinkan itu pun juga Sebatas hari raya maka tidak bisa dijadikan hujjah Pak hadis Aisyah tersebut untuk membolehkan alat-alat musik secara mutlak Tidak kenapa Karena nabi mengizinkannya Hanya Sebatas hari raya saja kilat ini dalam ilmu dalam ilmu Ushul fiqih namanya Pak illatnya terbatas terbatas Kapan terbatas saat hari raya sementara kalau ilatnya terbatas apa bisa dikiaskan tidak bisa dalam ilmu yang bisa dikiaskan itu kalau illatnya itu apa tidak terbatas dan telah diketahui kata beliau tidak ada di zaman Salafus Shalih sesuatu yang dibuat-buat oleh orang-orang zaman sekarang kata beliau gimana zaman sekarang ini syairnya disertai dengan Duff rebana ya [Musik] Ir yang memfitnah karena yang seperti ini malah akan membangkitkan apa Pak syahwat yang tersembunyi ketika ia mendengar hal-hal seperti itu kemudian hatinya apa namanya hatinya terpengaruh dianggap bahwa katanya ini pengaruh daripada ya akhirat wahaiat kata beliau ini jauh sekali makanya akun Islam saudaraku sekalian di zaman sekarang ya orang berusaha untuk menghalalkan yang jelas-jelas haram itu Pak dengan menamai dengan membumbui kata-kata apa Islami musik Islami nanti ada lagi pacaran Islami nanti lagi zina Islami hanya gara-gara diimbuhi disitu kata-kata Islami akhirnya jadi halal Subhanallah saya akan membawakan dalil-dalil dari Alquran Hadis dan perkataan para ulama yang menunjukkan akan haramnya musik alat-alat musik demikian pula pernyataan para ulama bahwa ini telah menjadi ijma’ kesepakatan Adapun dari Alquran yang pertama surat Luqman ayat 6 Allah ta’ala berfirman nanti antara manusia ada yang membeli untuk menyesatkan orang lain dari jalan Allah Ibnu Abbas ketika menafsirkan ayat ini kata beliau yang dimaksud dengan lahwal hadits Itu allina nyanyian ayat ini turun tentang nyanyian dan seruling kata Imam Ibnu qayyim lillah penafsiran para sahabat dan para tabiin sudah cukup pak memberitahu kepada kita banyak yang dimaksud dengan lafal hadits dalam hadis dalam ayat tersebut adalah nyanyian dan itulah dari Ibnu Abbas demikian pula Ibnu Mas’ud sampai bersumpah ya dimaksud ketika ditanya tentang firman Allah tadi Wa minannas yang tidak ada yang berhak disembah selain Allah Sesungguhnya yang dimaksud dengan lalu hadis itu nyanyian demikian pula ini yang ditafsirkan oleh Jabir diterima dan yang lainnya dari para ulama tafsir kemudian akan Islam ayat berikutnya itu dalam surat al-isra ayat 64 surat al-isra ayat 64 Allah ta’ala berfirman audzubillahiminasyaitonirojim wastafzizah berdayakanlah siapa saja diantara mereka yang engkau mampu Hai iblis dengan suara kamu itu yang memukau majelis kerahkanlah pasukanmu terhadap mereka baik yang berkuda maupun yang berjalan kaki Apa makna berdayakanlah silahkan kamu tipu orang yang kamu mampu diantara mereka dengan suaramu bukan dalam tafsir Jalalain dan seruling dan semua yang bisa menyeret kepada kemaksiatan ini juga yang ditafsirkan [Musik] tafsirnya ayat ini menunjukkan haramnya nyanyian seruling dan semua suara-suara setan jadi Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengatakan kepada iblis silahkan kamu tipu manusia dengan suara kamu itu maksudnya apa nyanyian Seruling alat-alat musik itu semua suara-suara apa syaiton akhwat yang ketiga surat al-furqon ayat 72 Allah ta’ala berfirman dan orang-orang yang tidak menyaksikan zuhur Apa yang dimaksud dengan tidak menyaksikan Muhammad bin Al hanafiyah seorang tabiin mengatakan yang dimaksud dengan zuhur dalam ayat ini yaitu nyanyian tafsir keduanya meriwayatkan dari Mujahid Imam Mujahid ya ketika menafsirkan firman Allah walladzina laa yasmir Artinya mereka tidak mendengarkan nyanyian kata beliau makna dzuhur dalam ayat itu pada asalnya adalah membaguskan sesuatu sehingga berbeda dengan aslinya ya orang yang mendengarnya ini jadi ya dan orang-orang yang tidak mendengarkan dan apabila mereka melewati sesuatu yang sia-sia mereka pun lewati dengan mulia kata Imam at-tabari tanpa tafsirnya ketika mereka melewati sesuatu yang batil mereka lewati dengan kemuliaan yaitu mereka tidak mau mendengarkannya seperti nyanyian Dalil dari AlQuran al-karim yang menunjukkan haramnya apa nyanyian dan musik Adapun dari sunnah nabi banyak yang pertama yang dikeluarkan Imam Bukhari dalam shahihnya secara mualaf bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda benar-benar akan ada dari umatku orang-orang yang akan menganggap halal zina Sutra Arab dan maazim alat-alat musik hari ini namun secara mualaf walaupun mualaf tapi Shahih Kenapa demikian karena Imam Bukhari mentaliknya dari gurunya sendiri yaitu Hisyam bin Ammar Imam Bukhari inilah yang menyebabkan Ibnu hazzam men dhaifkan hadis ini pak Kenapa kata Ibnu Azzam karena bentuknya mualaf apa sih muallaq itu mualaf itu artinya ada yang dibuang sanadnya jadi menurut Ibnu hasem ini mualaf ini sedangkan muallaq itu hadis dan perlu Antum ketahui Pak Ibnu hazm itu tinggal di andalus dan saat Ibnu hazm hidup Pak andalus itu terkenal dengan alat-alat musiknya tidak aneh Ibnu hazm berusaha mendoibkan hadis ini Padahal di sini disahihkan oleh semua ahli hadis yang mendhoifkan cuma ahli hadis ini Adapun alasan Ibnu Hasan mengatakan hadits ini mualaf bertolak kenapa karena Imam Bukhari berkata qola Hisyam bin Ammar sedangkan Islam bin Amar itu gurunya langsung Imam bohong Bukhari Imam Bukhari bukan model yang langsung mengambil gurunya sehingga zigot seperti ini tidak mungkin disebut apa terputus Mun copy tidak terlebih juga [Musik] para ulama lain menyebutkan sanad lain jalan-jalannya seperti Imam Ibnu Hibban Ibnu Hajar dalam kitab tabligh menyebutkan jalan-jalannya yang tidak yang menunjukkan bahwa tidak ragu lagi hadits tersebut Shahih lihat nabi yang mengatakan sungguh benar-benar akan ada dari umatku orang-orang yang akan menganggap halal apa zina Sutra apa Arab dan mahasiswa [Musik] orang yang mendhoifkan hadis ini seperti Ibnu hazm sangat lemah alasannya karena dia sebetulnya ingin membela pendapatnya yang batil bahwa alat musik itu halal dan dia mengklaim katanya sanad dalam Shahih Bukhari ini terputus padahal sudah kita sebutkan tadi Imam Bukhari itu mentakliknya langsung dari gurunya yang beliau langsung ketemu dengannya sedangkan Imam Bukhari bukan perahu yang mudah ditolak Tapi beliau bukan perawimutan jalan-jalan yang banyak Pak kalau Beliau berkata dan hadis ini Shahih ya siapapun yang mempelajari jalan-jalannya akan tampak kepada dia sanadnya bersambung tidak seperti yang diklaim oleh Ibnu hazm yang kata Ibnu Azzam apa ya terputus dan subhanallah orang-orang di zaman ini pak yang membela musik itu selalu rujukannya selalu yang dijadikan rujukan siapa Ibnu ulama zaman ini yang mengikuti Ibnu dan ternyata juga alasannya sama dengan Imam 4 mazhab Maliki Hanafi Syafi’i Hambali semua 4 mazhab sepakat yang mereka mengatakan nggak boleh ya banyak-banyak cukup satu mazhab tapi ketika kita menyebutkan tentang masalah Mazhab Syafi’i dalam masalah musik mereka berkata apa Oh kami ninggalin mazhab kami dulu ngikutin Imam ini n hadits ini menunjukkan haramnya alat-alat musik hadits yang kedua hadits yang kedua hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda saudara yang terlaknat yang pertama suara seruling ketika diberi kenikmatan dan suara meratap saat ditimpa musibah hadis ini Hasan hadis yang ketiga Rasulullah bersabda dayakunan sungguh benar-benar akan ada pada umat pada umatku ini kospun tanah yang di tenggelamkan darat daratan yang ditenggelamkan atau dihujani dengan batu n atau diubah Kapan kata Rasulullah itu terjadi apabila mereka telah minum arak mengambil Biduk wanita-bit wanita dan memainkan alat musik dengan jalan-jalannya yang banyak lihat nabi mengatakan kau akan ada di dalam umat Islam ini seperti itu dan ternyata terjadi pada zaman kita lihat zaman sekarang diantara hadis-hadis yang menunjukkan akan haramnya apa musik Sekarang kita akan membawakan perkataan para ulama Al Imam Ibnu Abdul bar berkata algenap syaiton nyanyian itu permulaannya dari setan nyanyian itu asalnya dari siapa setan dan akibat terakhirnya adalah dimurkai oleh ar-rahman lalu Beliau menukil ijma para ulama dan diantara ulama yang menyatakan ini ijma’ akan haramnya musik siapa lagi pak selain Ibnu Abdul bar Al qurthubi dalam tafsirnya Ibnu shalah Ibnu Rajab Al Hambali an itu terlarang menurut Alquran dan Sunnah Amal mazamir Adapun alat-alat musik seperti apa Seruling gitar piano dan yang lainnya maka tidak ada perselisihan ulama haramnya mendengar itu semua yang telah menjadi kesepakatan ulama ijma’ akan haramnya alat-alat musik dan tidak ada seorangpun dari orang-orang yang bisa dianggap ucapannya ya bahwa mereka membolehkan nyanyian Islam saudaraku demikian pula Ibnu Hajar al-hay dalam kitab dan banyak lagi perkataan ulama yang lain bayangkan banyak ulama yang menyatakan ini terus gara-gara Ibnu hazm ini ijma jadi batal gitu sebelum Ibnu hazzam sudah terjadi ijma berarti yang disalahkan siapa dong Adapun riwayat yang menyebutkan bahwa Imam Malik membolehkan gitar ini riwayat yang tidak ada ya asalnya riwayat yang sangat lemah Imam Malik mengharamkan Adapun pernyataan sebagian orang membawa penduduk kota Madinah membolehkan sebagian alat musik juga ternyata riwayatnya semua Dhaif tidak ada yang shahih justru yang shahih dari mereka bahwa mereka semua mengharamkannya jadi kalau begitu kewajiban kita pak kalau kita sudah tahu dalilnya dari Alquran Hadis dan perkataan para ulama kewajiban kita adalah jangan kita gaya Kayak orang-orang yang mengikuti hawa nafsu orang yang membolehkan musik itu Subhanallah hujjahnya lemah sekali di antara alasan atau dalil mereka yang membolehkan musik apa tadi itu tentang kisah pas lebaran hari raya di rumah Aisyah Ada anak kecil yang bersyair sambil memukul apa rebana [Musik] lalu masuklah siapa Abu Bakar doa bakar berkata mazamiru syaiton indah ternyata ada seruling seruling setan di rumah Rasulullah apa kata rasulullah biarkan Hai Abu Bakar Sesungguhnya setiap kaum itu ada hari raya dan ini hari raya kita umat Islam berarti Rasulullah SAW memberikan kepada kita apa Pak Ilat yang terbatas bahwa ini hari raya Berarti khusus untuk hari raya boleh itupun terbatas dengan apa rebana saja enggak yang lainnya sebagian lagi berusaha untuk mendoakan dari sisi pendalilan hadis sah dalam Shahih Bukhari hadis dalam sungguh benar-benar akan ada dari umatku orang yang menghalalkan zina Sutra arak dan alat-alat musik Apa kata mereka ini adalah yang dhaif apa sih adalah itu menyandingkan karena kan disitu disandingkan nabi mengatakan sungguh benar-benar akan ada suatu kaum dari umatku yang mengharamkan menghalalkan apa tadi terus Sutra terus arak terus disandingkan kan ini disebut dalam ilmu Ushul fiqih dalalatul ihram mereka tidak bisa menjawab tentang sanadnya Pak dan tidak mungkin mereka menikam sanadnya karena sanadnya sudah jelas Shahih maka mereka berusaha menilai menikam dari sisi apa pendalilannya tapi para ulama membantah dalalatul iqtiran yang Dhaif itu kalau atau kalimat dengan kalimat Adapun kalau athoffnya kata dengan kata semua ulama Ushul fikih sepakat bahwa itu hujjah apalagi ini ini istilah dalam ilmu usul fiqih perhatikan dalam hadis ini benar-benar akan ada suatu kaum dari umatku yang menganggap halal zina apalagi Sutra arab alat-alat musik ini kan kata perkataan nya kata perkata apa [Musik] yang dilemahkan para ulama Ushul fiqih itu kalau iqtirannya berbentuk kalimat-kalimat contoh misalnya Siapa yang pergi apa namanya Jumat kemudian ia mandi Jumat lalu ia memakai minyak wangi lalu ia bersiwak lalu ia pergi menuju sholat Jumat dan mendengarkan khutbahnya Imam maka akan diampuni dosa-dosanya Ya selama antara Jumat itu dengan Jumat yang akan datang ditambah 3 hari Nah ini baru Apakah menunjukkan hukumnya sama tidak karena di situ dalam hadis itu siapa yang mandi Jumat lalu ia memakai minyak wangi lalu ia Nah ini kan kalimat bentuknya Pak Apakah hukum mandi Jumat sama dengan memakai minyak wangi dengan tentu tidak Adapun ini Pak atapnya kata perkata siapapun yang mempelajari ilmu Ushul fiqih akan ia dapati bahwa para ahli Ushul fiqih Pak semua mengatakan bahwa dan itu hukumnya sama hukumnya apa sama kota Islam pembahasan tentang syubhat boleh musik ya banyak ya perlu dibahas dan dibantah dan rata-rata memang syubhatnya alasannya lemah sekali Pak baik kita kembali membahas kitab mukhtasar minhaj Al kasidin kita langsung saja kebab adabul maisyah wa akhlakul bab adab-adab Aisyah dan akhlak-akhlak kenabian [Musik] alam kata beliau bahwa adab-adab yang bersifat lahir itu menunjukkan kepada apa yang ada di hati kepada adab yang adab yang bersifat batin warokatul jawari sama ratu Al khawatir gerakan badan itu biasanya Pak buah daripada pikiran Maksudnya bagaimana maksudnya begini Pak seseorang itu biasanya berbuat ya akibat daripada adanya niat dan niat itu biasanya dipengaruhi oleh apa pikiran Kalau antum memikirkan sesuatu dari pikiran akan muncul apa niat ketika niat telah kuat akan memunculkan apa perbuatan makanya Antum pergi ngaji Kenapa Antum pergi ngaji pasti sebelumnya ada pikiran ada keinginan berbentuk dari pikiran kemudian tumbuh apa niat kemudian kuat Antum lihat ada orang kok mencuri dari mana dia kau mencuri pasti dari pikiran dulu kemudian berubah menjadi ini lalu berubah menjadi perbuatan maka perbuatan yang bersifat lahir itu menunjukkan kepada apa yang ada di dalam batin dia biasanya begitu dan amal itu adalah merupakan produk daripada akhlak karena kalau orang akhlaknya bagus pasti amal perbuatannya juga bagus sedangkan adab itu ya akhlak Islam buah dari pengetahuan puasa dan apa yang ada di hati kita di batin kita itulah tempat untuk menanam perbuatan demikian pula itu sebagai mambanya apa itu mamba mata airnya cahaya-cahaya yang ada di hati kita itulah yang akan bersinar dan akan membentuk sebuah apa perbuatan lahiriyah maka dia pun akan menghiasinya di sini beliau ingin menjelaskan dulu Pak ya bahwa perbuatan yang bersifat lahiriyah itu mencerminkan kepada apa yang ada dalam batin seseorang manusia kata beliau Siapa yang hatinya tidak khusyuk biasanya badannya juga nggak khusyuk Ron Anwari ilahiyah dan siapa yang dadanya hatinya tidak menjadi tempat Cahaya Ilahi maka lahirnya badannya pun juga tidak akan menimbulkan keindahan adab-adab nabi artinya orang yang hatinya Pak ya tidak ada cahaya berupa cinta kepada Allah takut kepada Allah berharap kepada Allah maka orang seperti ini pun juga dia tidak akan berusaha mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam seseorang akan ikut Sunnah Kalau hatinya cinta kepada Allah makanya Allah berfirman dalam surat al-imran ayat 31 apa jika kalian mencintai Allah maka Ikuti aku jumlah taminal adab dan kita sudah Sebutkan juga beberapa adab yang tidak perlu lagi kita ulangi di sini kata beliau tapi dalam bab ini kita hanya ingin menyebutkan tentang adab Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam penting banget nih pak karena kan Uswah kita siapa Rasulullah Teladan Kita siapa Pak jangan sampai Pak jangan sampai Teladan Kita ternyata bintang sepak bola jangan sampai Teladan Kita ternyata ya artis atau yang lainnya jangan Teladan Kita Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam maka beliau di sini akan menyebutkan Bagaimana adab-adab Rasulullah yang penting kita contoh untuk kita aplikasikan dalam kehidupan kita pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam apa kata Aisyah adalah akhlak Rasulullah SAW itu adalah bayangkan Rasulullah akhlaknya Ternyata apa Alquran berarti beliau yang paling berhak untuk kita ikuti Antum ngefans sama ustad Ustad belum Ustadz yang Antum sekarang ngefans belum aman dari fitnah Mas belum aman dari apa fitnah makanya Ibnu Mas’ud berkata apa Zan ambil dari orang yang sudah meninggal karena orang yang masih hidup belum aman dari apa fitnah Siapa yang paling berhak untuk kita jadikan suri tauladan Rasulullah dan para sahabatnya atau Ustaz yang masih hidup ya Antum ngefans banget sama dia ntar dulu dia masih hidup masalahnya belum aman dari apa fitnah yang lebih baik kita jadikan suri tauladan yang sudah jelas-jelas mati di atas iman dan Islam yang sudah jelas-jelas Pak biografi kehidupannya harum semerbak di atas ketaatan kita lanjutkan berikut ini akhlak-akhlak Rasulullah SAW yang sangat indah Apa itu karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bapak Antum sering dengar Halim Perdanakusuma Halim itu Iya salah satu nama Allah Halim namanya Apa makna Halim artinya kata para ulama dari kata kemampuan orang yang mampu untuk menahan diri saat emosi sangat marah itu Halim namanya bahasa Indonesianya apa ya orang yang nggak pemarah mampu menahan emosinya pak nggak cepet apa namanya terpancing emosi lagi pak itu namanya apa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam orang yang Halim pernah ada orang Arab yang Rasulullah SAW tapi ini cara nagihnya kasar banget sedang berjalan tiba-tiba ini orang Arab Baduy ini narik apa kerahnya Rasulullah dari belakang sampai sambil berkata bayar hutang ku ketika Rasulullah melihat ternyata orang Arab Badui marah Rasulullah tersenyum kemudian Rasulullah bersabda kepada seorang sahabat bayarkan hutang dan tambahkan lagi Masya Allah sampai kata Aisyah tidak pernah marah kalau dirinya yang dicaci maki Rasulullah tidak pernah marah kalau dirinya yang dijelek-jelekkan terserah marah kalau agama Allah yang dijelek-jelekkan kalau kita kalau kita yang dicaci maki ngambek kok kurang ajar kamu ya memang Halim ya ini sifat yang Masya Allah ada sahabat yang dipuji oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan sifat ini innakamru unfika ala kamu memiliki dua Perangai yang sangat dicintai oleh Allah apa itu Ya Rasulullah kata Rasulullah mampu menahan apa saat emosi menahan diri saat emosi artinya tidak tergesa-gesa mengambil sikap tapi jauh memandang ke depan namanya helm dan apa ada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam rasulullah yang paling dermawan Ibnu Abbas mengatakan apa karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam orang yang paling Dermawan dengan hartanya dan beliau lebih Dermawan lagi di bulan Ramadan ketika bertemu dengan Jibril dan beliau bertemu dengan Jibril setiap malam bulan Ramadan untuk Tadarus AlQuran sungguh Rasulullah SAW lebih Dermawan dengan harta daripada angin yang bersepoi Masya Allah saking dermawannya Rasulullah Pak beliau itu nggak pernah menolak setiap ada orang yang minta suatu ketika ada seorang sahabat melihat Rasulullah memakai pakaian apa kata sahabat ini ya Rasulullah bagus sekali pakaianmu Andaikan itu Jadi Milikku sementara Rasulullah nggak punya pakaian lain maka Rasulullah pun masuk ke rumahnya dikirimlah pakaian itu ke dia para sahabat marah sama dia kamu nggak tahu apa Rasulullah nggak punya pakaian Selain itu kata dia Aku pengen pakai Naruto jadi kain kafan ku lihat ya Rasulullah SAW punya baju satu-satunya lalu ada sahabat yang minta tetep aja dikasih Subhanallah kalau kita dermawannya Pas punya kelebihan duit doang kalau lagi punya kelebihan baru mau tuh infak tuh itupun juga seringnya ngitung-ngitung makanya kata para ulama manusia dalam kedermawananku bertingkat-tingkat ada yang dermawannya saat punya kelebihan saja saat tidak punya kelebihan tidak dermawan ini tingkat Dermawan yang paling rendah ada yang dermawan saat dia susah Walaupun dia susah dan kekurangan tetap saja dia Dermawan ini Dermawan yang paling tinggi karena yang paling sulit sekali sulit sekali karena kalau kita sedang susah sedang kekurangan biasanya koretnya muncul dia tidak saya aja lagi kekurangan kamu minta-minta kalau para sahabat nggak begitu ternyata suatu ketika pernah Pak Datang tamu kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk menjamu tamu kita kata istilahnya nggak ada ya Rasulullah sebagai sahabatnya Siapa yang mau mencukupi tamu kita ini karena malam ini aku tidak punya makanan maka seorang sahabat berkata aku ya Rasulullah dibawalah tamu itu ke rumahnya lalu ditanya ke istrinya istriku Ada makanan nggak buat tamu kita ada sepotong roti tapi juga ini buat anak-anak kita makan udah kamu masak-masak batu aja hibur anak-anak kita biarkan apa roti ini buat tamu kita aja malam itu mereka nggak tidur demi untuk tamunya Masya Allah ini kedermawanan yang luar biasa tingkat tinggi makanya Allah memuji kaum Anshar dengan kedermawanan yang seperti ini Allah mengatakan ya kaum Muhajirin tuh lebih mendahulukan saudaranya kaum Anshor lebih mendahulukan saudaranya dari kala kaum-kaum Muhajirin walaupun dirinya sendiri butuh Masya Allah Allahu Akbar ini luar biasa pak kedermawanan yang kayak gini nih yang jarang banget ketika susah tepatnya Dermawan Masya Allah itu yang susah kita lakukan [Musik] orang yang paling lembut Masya Allah lembut bukan berarti lemah Pak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam orang yang sangat sayang dan lembut kepada manusia Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau kalau sendalnya rusak beliau perbaiki sendiri bajunya Kalau sobek beliau tambah sendiri dan beliau pun membantu pekerjaan istrinya di rumahnya Masya Allah hadisnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Itu pak selama sendalnya masih diperbaiki diperbaiki sama beliau nggak kayak kita rusak dikit beli baru dia nggak kalau kita gitu merusak dikit beli baru bahkan terkadang nggak rusak cuma bosan doang beli baru Rasulullah nggak sampai sendalnya rusak pun Mas masih bisa diperbaiki diperbaiki sama Rasul sendiri ini menunjukkan kepada kita suri tauladan jangan kita menjadi orang yang suka berlebih-lebihan kalau nggak butuh butuh banget kamu salah Islam saudaraku sekalian Makanya kalau antum punya sendal atau sepatu berlebihan pak daripada memperberat hisab mendingan kasih aja fakir miskin Antum punya baju yang banyak di lemari daripada mempererat hisap kasih aja fakir miskin lihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pakaiannya ada tambalannya Pak ya susah tapi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam demikian hidupnya sederhana beliau lebih pemalu daripada Siapa gadis dalam pingitannya di zaman Rasulullah Pak yang namanya Gadis itu pemalu banget sampai mau keluar rumah aja malu mereka Pak nggak kayak gadis sekarang zaman sekarang banyak gadis malu-maluin bukan pemalu dua-duaan sama cowok nggak malu memperlihatkan auratnya nggak malu ya kalau di zaman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam itu Masya Allah gadis-gadis pingitan itu pemalu banget Ternyata Rasulullah lebih pemalu dari gadis pingitan tentunya Pak yang dimaksud dengan malu kata para ulama akhlak yang membuat kita meninggalkan maksiat dan keburukan itu hakikat malu jadi malu itu hakikatnya adalah akhlak yang membuat kita Meninggalkan apa segala macam keburukan dan membuat kita menjaga kehormatan diri dan amanah itu baru akhlak itu baru malu Adapun kalau kita malu gara-gara malunya kemudian kita terhalang dari kebaikan itu bukan malu kata para ulama itu lemah contoh misalnya antum mau nuntut ilmu malu malu ah ini bukan malu Mbak itu lemah gara-gara malu Antum berdusta Antum bertamu misalnya Silahkan makan dulu eh maaf sudah makan padahal beliau kalau diundang walaupun yang ngundangnya seorang hamba sahaya tetap datang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akhlaknya Agung nggak kayak kita kita kalau yang ngundangnya orang kaya baru datang Mbak tapi kalau yang ngundangnya orang kere miskin ya Nanti ajalah gampang saya jadi inget kisah Syekh Abdul Aziz Saudi Arabia ada seorang pemuda datang kepada Syekh Abdul Aziz Saya ingin mengundang Anda makan di rumah saya tapi saya malu karena saya bukan orang kaya makanan yang saya buat pun juga tidak mewah kata Saya bebas Insya Allah saya akan datang kapan maghrib ini saya Ada kajian di istana di sana raja ini aja deh kamu nanti ikut sama saya akhirnya janjian lah Syekh dengan pemuda itu Pergilah ke istana raja ngisi kajian dihadapan para raja dan para pembesar-pembesarnya pak setelah selesai kajian sang raja raja pahat waktu itu mempersilahkan Syekh untuk mencicipi hidangan Mari kita makan malam apa kata Syekh mohon maaf sudah ada yang sudah ada yang ngundang saya tapi sudah menyediakan makanan-makanan enak buat Anda mohon maaf kata chef Masalahnya dia duluan tapi saya nggak memberitahu siapa padahal pemuda itu yang mengikuti beliau Pergilah kemudian ke rumah pemuda itu dan ternyata cuma makan kikil doang kalau kita mungkin nggak begitu Pak udah ente makan sini aja lah ini enak-enak banget ini [Tertawa] saudaraku sekalian ini senantiasa menjenguk orang yang sakit dan selalu menyebutkan pahalanya besar Pak menjenguk orang sakit itu Pak kata Rasulullah Siapa yang menjenguk orang sakit di pagi hari salat asruna Alfamart dia akan didoakan oleh 70.000 malaikat sampai sore hari Siapa yang menjenguk orang sakit di sore hari didoakan 70.000 malaikat sampai pagi hari bayangkan Masyaallah dan selama ia menjenguk orang sakit itu ia berada di taman-taman buahnya surga Allahu Akbar makanya para sahabat Pak saking semangatnya menjenguk orang sakit sampai sakitnya ringan saja karena ini mendapatkan keutamaan ini Kalau teman Antum lagi sakit sariawan jenguk cuma sariawan gak apa-apa jenguk dia dapat keutamaan ini pak orang sakit tapi tentunya Pak menjenguk orang sakit pun harus punya adab Jangan sampai gara-gara kita ini orang sakit malah tambah parah Sakitnya kita jenguk ngajakin ngobrol sampai 2 jam Ya Allah Ya bentar nih orang sakit ya butuh istirahat Beliau juga sering berjalan sendiri Pak tanpa pengawal nggak sering jalan sendirian Pak lalu kemudian ketemu Abu Hurairah yang sedang junub lalu kemudian Abu Hurairah tiba-tiba menghilang pergi sampai rosok kecarian loh Tak lama kemudian datang lalu berkata Ya Rasulullah tadi aku sedang junub Aku tidak ingin duduk bersamamu dalam keadaan junub kata Rasulullah seorang muslim itu tidak najis ya membonceng sahabatnya di atas kendaraannya Pak Rasulullah di atas keledai Rasul juga pernah membonceng Ibnu Abbas yang masih kecil di atas keledainya itu menunjukkan betapa beliau suka menerima hadiah kalau ada orang yang ngasih hadiah nggak ditolak sama Rasulullah beliau makan Itu hadiah dan beliau balas dengan yang sama makanya Rasulullah Siapa yang berbuat baik sama kamu balas dengan yang sama kalau kamu tidak bisa membalas dengan yang sama Doakan terus Hatta Taro anak sampai kamu merasa kamu sudah apa membalas kebaikannya itu Pak Jadi kita ini harus jadi orang yang tahu Terima kasih Pak kalau ada orang yang ngasih hadiah besok-besok kita hadiah kasih hadiah lagi tapi kalau ngasih hadiahnya mobil saya bingung ini balasnya gimana kalau nggak bisa balas kata Rasulullah Doakan terus dia dalam salat kita dalam tahajud kita doakan terus sampai di sini pak masih panjang ini tentang akhlak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Bagaimana hukumnya apabila di masjid banyak kucing bulunya pada rontok di karpet tapi sebagian orang malah dibuat mainan dan dikasih makan di karpet sedangkan karpetnya untuk dipakai salat sudah dihimbau kata mereka kucing kan tidak najis Memang betul kucing tidak najis Pak Tapi kan mengotori masjid juga tidak bagus ya betul memang Shahih kucing tidak najis tapi masalahnya mengotori masjid tidak baik contoh aja Antum bawa sendal masuk ke dalam masjid karpetnya diinjak-injek sama Antum pakai sendal lagi saya nggak nginjak Najis Kok tetep aja nggak diterima Suci ya suci Tapi Tuhan ngotorin Mas ini kita kita sangat dianjurkan Pak untuk menjaga kebersihan apa masjid Pak ada orang lama udah udah lama ngaji ustad tapi ketika nikahan anaknya malah pakai musik hingga finger ini musibah nih pak ya walaupun tentunya apa kita husnudzon dulu bisa jadi pesanannya yang nggak paham dianya udah ngaji lama tapi pesanannya yang maunya kayak gitu Dia sudah berusaha menjelaskan tapi pihaksono tetap nggak mau sementara pernikahannya di tempat dia pesanannya misalnya bukan tempat dia ya kita seperti ini ya batasan Alat musik seperti apa Ustadz semua yang menghasilkan musik kalaupun bukan alat musik tapi dijadikan menimbulkan musik tetap tidak boleh contoh misalnya acapella musiknya pakai suara sehingga menimbulkan lantunan apa musik yang satu yang satu lagi ke Seruling yang satu tetap itu musik hukumnya tetap tidak boleh berarti mulut kita jadi haram dong haram menyerupai musiknya Pak seperti misalnya orang yang berghibah mulutnya nggak haram ucapannya yang haram saat ini di kalangan umat pengajian ada perbedaan yang cukup tajam mengenai mengambil ilmu dari seorang dokter fulanah yang aku sebagai Ustadzah bermanfaat ada nggak yang merekomendasi dia Antum kalau mau ngaji sama seorang Ustadz atau ustadzah yang terpenting Antum tanya pertama dari mana dia menuntut ilmu Siapa guru-gurunya yang kedua Bagaimana kualitas ilmunya yang ketiga ada nggak yang merekomendasi dia ada nggak karena masalahnya apa banyak yang di Ustaz atau di ustazahkan ternyata nggak bisa bahasa Arab masyarakat tajwidnya hancur-hancuran cuma pinter berorasi seperti ini nggak boleh Pak diambil ilmunya Pak nggak boleh tugas Ustadz atau Ustadzah itu apa sih Pak memahamkan manusia tentang Alquran dan hadis sekarang Alquran Bahasa apa hadis bahasa apa kita para ulama kebanyakan bahasa apa terus dia nggak bisa bahasa Arab musibah ada ya Ustadzah yang dia ngaku di atas manhaj salaf dan muridnya banyak Saya kenal dia ya dulu saya sudah pernah nasehatin supaya dia belajar dulu belajar bahasa Arab tapi nggak mau dengar karena udah sudah terlalu asik dengan ceramah sana-sini ya lalu di Ustaz kan egonya tinggi Pak untuk menuntut ilmu lagi padahal ini saya Tahu betul nih Ustadzah bahasa Arab kagak bisa baca Quran nggak bisa kalau bawain Quran selalu terjemahan doang selalu terjemahin pasti suruh baca bahasa apa Qurannya hancur hancur malu-maluin La haula wala quwwata illa Billah Ya sudah banyak Ustad ya nah sudah saya tanyakan juga ke beberapa Ustad tentang Ustadzah ini semua sepakat ini malu-maluin dakwah masalahnya itu karena mulutnya sudah terlalu sudah banyak Kadung banyak dan kebanyakan ibu-ibu masalahnya kalau masalah banyak-banyak pengikutnya ibu-ibu sih kita nggak bangga Dajjal juga kebanyakan perempuan pengikutnya Pak iya bukan apa-apa pertama ini kasihan di hari kiamat nanti gimana Karena untuk menjadi seorang Dai yang menjawab pertanyaan fatwa nggak boleh sembarangan kalau cuma ngasih nasehat Antum misalnya masih nasehat di keluarga Antum ya sebatas nasehat-nasehat aja silahkan aja nggak disyaratkan harus bisa bahasa Arab kalau cuma sebatas menshare ilmu yang telah Antum pelajari di mana di Twitter atau di Instagram atau di Facebook silahkan saja nggak disyaratkan harus bisa bahasa Arab ini ceramah menjawab pertanyaan sudah fatwa makan saya dilaporkan kepada saya tentang jawaban dia ya ada yang bertanya bahwa ibunya itu suka berbuat Bid’ah lalu dia mengatakan tidak boleh berbakti sama Alif kepada orang tua yang kafir saja tetap Allah menyuruh berbuat baik ini Jadinya apa malu-maluin kalau ngaku-ngaku di atas benar Salaf Masalahnya kalau nggak ngaku-ngaku dia lihat masalah sih silakan aja ngaku-ngaku di atas bagaimana memperbaiki adab dan akhlak ketika sedang ada masalah dengan orang tua terutama ayah Kalau ada masalah dengan orang tua lebih banyak menahan diri itu lebih baik sambil memperbaiki sikap kepada orang tua Antum ada masalah dengan orang tua oke tunggu timing yang tepat untuk Antum bisa berbicara baik-baik sambil Antum berbuat baik kasih apa buah-buahan kasih apa yang dia butuhkan kalau memang Antum punya kemampuan orang tua ini beda Pak ya orang tua ini orang yang sudah banyak terlalu banyak jasanya untuk hidup kita Bagaimana menyandingkan sifat sederhana Rasulullah menambal baju dengan sikap kita untuk memuliakan ilmu memakai baju tambal sulam di kajian nya nggak banyak yang beliau tambal ya beliau gunakan juga untuk salat buat ta’lim dan yang lainnya kalau di zaman Rasulullah itu sesuatu yang bukan celak kalau di zaman sekarang karena memang ya kita sudah terbiasa dengan baju yang bagus-bagus dan yang lainnya kalau melihat orang yang tambalan tuh kayak gimana gitu kumuh namun tentunya apa kalau kita bisa memakai baju yang bagus yang tidak tambalan Allah berikan kepada kita rezeki yang banyak maka berusahalah mensyukuri nikmat Allah itu dengan memperlihatkan apa kenikmatan tersebut pada diri kita untuk melihat apa namanya bekas nikmat itu ada pada si hamba tersebut Perlihatkan sesuai dengan yang Allah berikan nikmat kepada kita Apakah boleh Seorang Istri bernyanyi untuk suaminya hanya di hadapan suami saja sejahat Ustadz di dalam kamar ketahuilah mazhab yang paling ringan dalam masalah nyanyian itu Mazhab Syafi’i yang saya ingat demikian dimana beliau hanya mengatakan hukumnya makruh kalau nyanyian itu isinya ya tidak ada padanya kemungkaran dan memang itu menyenangkan hati suami boleh-boleh saja dengan syarat hanya di hadapan siapa suami namun tentunya yang lebih baik untuk tidak memperbanyak tidak terlalu sering-sering gitu suka bermunculan panitia-panitia kajian yang kadang menjamu Ustadz secara berlebihan disediakan mobil mewah disediakan hotel mewah disediakan makanan mewah dan kadang bayaran yang berlebihan Apakah hal tersebut tidak berlebihan ustad mungkin niatnya panitia ini ingin menghormati ahli ilmu [Musik] kita ingin menghormati ahli ilmu walaupun tentunya ahli ilmu pun juga berusaha untuk mencontohkan untuk tidak berlebih-lebihan kalau masalah sesuatu yang sifatnya mewah seperti hotel berbintang 5 ya kalau kita kembalikan kepada hukum asalnya dalam Islam pada asalnya mubah tidak apa mubah saja Antum jemput dari Saudi kita mau jemput cuma pakai Avanza kayak gimana gitu atau kita ya kalau dari Saudi kita akan jemput beliau para masyaikh yang ini dengan mobil yang bagus Dalam rangka apa bukan untuk berlebih-lebihan tapi untuk apa menghormati kita jemput pakai Avanza misalnya atau pakai apa bemo sementara kita mampu untuk lebih dari itu ini juga sama Mereka ingin menghormati ini Masya Allah ada Allah dia Alim kita sangat butuh ilmunya kita hormati beliau dengan sediakan mobil di Alphard kita sediakan tujuannya Supaya apa supaya kalau diundang lagi bisa datang lagi sehingga bisa kita bisa apa mendapatkan ilmunya beliau kalau memang tujuannya untuk kebaikan silahkan nggak masalah silahkan sesuai dengan kemampuan panitia kecuali kalau panitianya memang kere-kere maksa-maksain diri kasihan baru tapi kalau memang di kota itu memang panitianya kaya kaya kaya raya Memang mobilnya juga mobil-mobil mewah itu silakan saja kalau memang tujuannya untuk apa memuliakan para asatidza para alim ulama yang sangat kita butuhkan ilmunya Karena kita pun sadar Pak ilmu yang dia sampaikan itu lebih berharga daripada mobil semewah apapun ilmu yang dia sampaikan itu lebih berharga daripada Hotel semewah apapun yang kita berikan kepada beliau seorang alim ulama berupa hotel yang mewah mobil yang mewah Nggak sebanding dengan ilmu yang beliau sampaikan kepada kita karena ilmu itu yang akan menyelamatkan kita di dunia dan akhirat jadi ya mereka ingin menghormati memuliakan para ahli ilmu Apakah dosa Jariyah didapatkan oleh seorang mantan anak band atau pemusik yang udah tobat Cuma masalahnya masih ada di YouTube dan nggak bisa dihapus usahakan dulu hapus Mas kalau memang nggak bisa juga ya sudah lalu tidak membebani jiwa kecuali sesuai dengan apa kemampuannya gimana lagi Allah maha tahu kok lingkungan tempat tinggal saya bapak-bapak masyarakat dalam ibadah khususnya banyak selalu melakukan ibadah yang tidak sesuai contoh Rasulullah SAW bergaul dengan mereka kalau ada pembangunan proyekan masjid Saya selalu ikut iya malahan ada acara rutin tiap hari Ahad jalan sehat ya saya masuk dalam grup WA juga bagaimana Ustad Kalau memang keberadaan Antum manfaat dan Antum bisa mewarnai Antum bisa ya meluruskan kesalahan sedikit demi sedikit lakukan tapi kalau antum yang malah diwarnai malah Antum yang berubah ini yang bahaya ya bagaimana nih Antum kalau memang Antum Masya Allah dengan cara seperti itu Antum bisa mewarnai mereka bisa meluruskan kesalahan ya bisa mengajak kepada sunnah Alhamdulillah lakukan demikian semoga yang sampaikan bermanfaat Mohon maaf bila ada kata-kata yang tak berkenan di hati yang benar itu semua dari Allah dan yang salah itu dari kekurangan ilmu saya Subhanallah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *