Alhamdulillah wasalatu wassalamu ala rasulillah Nabina Muhammadin wa ala alihi wa ashabihi waman Walah Ashadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa Ashadu anna muhammadan abduhu waasulma ba’du ikhat islamakumullah para pemissa dan pendengar Roja di mana pun anda berada beberapa saat lagi kami akan hadirkan ke ruang dengar anda dan keelayar kaca Anda kajian yang kami pancarlaskan dari masjid albarkah Jalan Pahlawan Kampung Tengah sililengi atau Komplek Radio Roja yang mudah-mudahan kita bisa mengambil faedahnya dan Kami mengucapkan selamat menyimak semoga bermanfaat Roja TV suran tilawah al-qur’an dan kajian Islam asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh inalhamdulillah nahmaduhu wasta ahalah asadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa asadu Anna muhammadan abduhuasuluh allahahu taalaitab Karim ya kita lanjutkan Ay ikhwah bab almasyi ilas Shah tumha bilil khataya Wat turfau bihi addarajat bab berjalan menuju salat yang dengannya akan dihapus dosa-dosa dan diangkat derajat hadis 243 an Abi Hurairah radhiallahu Anhu Q qa rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam manathar Fi baitihiyaah uk Dari Abu Hurairah Semoga Allah meridainya ia berkata rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda Siapa yang bersuci di rumahnya kemudian ia jalan kaki menuju rumah Allah yaitu Masjid untuk melaksanakan kewajiban salat wajib yang Allah wajibkan maksudnya itu salat lima waktu maka langkah-langkahnya salah satunya menggugurkan dosa dan yang lainnya mengangkat derajat hadis ini akhat Islam yang menunjukkan akan keutamaan pergi ke masjid di mana Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menyebutkan di sini bahwa orang yang pergi ke masjid langkah kakinya itu mengangkat satu derajat kemudian menggugurkan satu kesalahan akan tetapi di sini Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam memberikan syarat Apa syaratnya di situ nabi mengatakan man taathaharo man di sini harfus Syar Iya Man di sini termasuk ya huruf yang menunjukkan kepada syarat berarti syarat untuk bisa mendapatkan pahala tersebut yaitu kalau dia bersuci di rumahnya iya dan kata-kata rumah di sini sifatnya kebiasaan tidak tidak tidak tidak apa namanya menutup yang lainnya misalnya Antum berangkat dari kantor misalnya atau Antum berangkat dari tempat kerja dan yang lainnya yang jelas di sini Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam memberikan syarat manathaharo Siapa yang bersuci berwudu di mana Di rumahnya nya ini menunjukkan akhan Islam ya bahwa bersuci itu sebaiknya di mana di rumah bukan di masjid Bukan tapi kalau misalnya Antum berkata ah nanti aja saya berwudunya di masjid aja boleh enggak masalah Cuma Antum enggak dapat keutamaan Antum tidak mendapatkan apa keutamaan ya di antara keutamaannya apa tadi setiap langkah kakinya menaikkan satu derajat mengukurkan satu dosa di antaranya juga kalau antum berangkat dari rumah dalam keadaan berwudu Antum tetap dapat pahala salat dan itu hilang gara-gara Antum tidak berwudu terlebih dahulu Iya Kenapa demikian karena nabi sini menyebutkan dengan syarat Man tathar Siapa yang bersuci Fi baitihi di rumahnya SM Masya kemudian berjalan kaki ini menunjukkan Pak bahwa berjalan kaki lebih utama daripada naik kendaraan Iya maka dari itu Antum yang punya motor digembok aja dulu Pak biasakan jalan kaki ke mana Ke masjid Insyaallah sehat pak bukan cuma sehat dapat pahala di biiznillah jangan biasakan memanjakkan diri kita ya pakai motor pakai motor jangan biasakan akhi dan dalam hadis yang sudah kita bacakan pada pertemuan Minggu lalu ada sahabat yang rumahnya paling jauh di ujung kota Madinah bahkan itu sekitar 5 kilo tapi tidak pernah sekalipun absen dari salat berjamaah ya ketika sahabat Ini disuruh untuk beli kendaraan ya Apa kata sahabat ini gak mau saya ingin setiap langkah kaki saya mengangkat satu derajat menggugurkan satu dosa Iya kata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam apa Inna laka mahtasabta I kamu mendapatkan apa yang kamu niatkan tersebut nah ini Subhanallah maka kita biasakan biasakan jalan kaki Ila baitin Min buyutillah berjalan kaki ke salah satu rumah Allah itu masjid ini menunjukkan Pak bahwa Masjid itu adalah Baitullah rumah Allah dan itu menunjukkan akan keistimewaan masjid sampai-sampai masjid itu disebut dengan rumah Allah dan ini keistimewaan dan kemuliaan makanya masjid akhal Islam adalah merupakan rumah yang siapapun yang mencintainya itu mendatangkan rahmat Allah subhanahu wa taala siapapun yang hatinya merasa terpaut dengannya maka Allah akan naungi pada hari kiamat di mana tidak ada naungan kecuali naungan Allah subhanahu wa taala Iya liyaqdi Faridah Min faraidillah untuk melaksanakan salat lima waktu ini menunjukkan Pak bahwa salat lima waktu itu hendaknya kita lakukan di mana di masjid bukan di rumah bukan yang di rumah itu perempuan Pak maka Antum laki-laki yang salat di rumah maaf aja kayak cewek Pak kayak perempuan Antum seorang laki-laki kewajiban dia pergi ke masjid dan pendapat yang paling sebagaimana sudah kita sampaikan pendapat yang paling kuat bahwa salat berjamaah ya itu hukumnya wajib bagi laki-laki ya makahkan kata Ibnu qayyim di antara Dalil yang menunjukkan akan wajibnya salat berjamaah ijmak para sahabat ijmak para sahabat sampai para sahabat menganggap orang yang selalu apa namanya ee ketinggalan salat berjamaah itu para sahabat menuduh jangan-jangan ini munafik ini itu di zaman Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam maka langkah-langkah kakinya nya ini menunjukkan akhal Islam bahwa setiap langkah itu dihitung oleh Allah subhanahu wa taala disutkan dalam sebuah riwayat bahwasanya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam memperpendek langkah kakinya namun riwayat tersebut ada padanya kelemahan akan tetapi ya kata para ulama maknanya sahih kalau disebutkan dalam sebuah riwayat yang lainnya dihasan oleh Syekh Albani rahimahullah ya Hendaklah ia memendekkan langkah kakinya dan itu dilakukan oleh Salafus Saleh Di mana mereka kalau pergi ke masjid itu dipendekkan langkah kakinya Pak Supaya apa supaya semakin memperbanyak apa ya langkah kaki bayangkan setiap langkahnya dihitung oleh Allah subhanahu wa taala itu menunjukkan betapa Agungnya Pak Iya orang yang pergi ke masjid apalagi salat Jumat orang yang berjalan kaki menuju salat Jumat satu langkah kakinya kata Rasulullah lebih baik daripada salat setahun lebih baik daripada berpuasa selama setahun luar biasa ikhwat Islam saudaraku seiman kita masuk ke bab berikut nya bab bakinati bab mendatangi salat dengan penuh Sakinah tenang watarqis Sai dan tidak berjalan cepat hadis 244 an Abi Q qatadata radhiallahu Anhu Q Bama nahi Ma rasulillahi Shallallahu Alaihi Wasallam jalabatan ada Semoga Allah meridainya ia berkata ketika kami sedang salat bersama rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam maka beliau mendengar suara gaduh langkah gaduh orang kalau berlarian itu Pak berjalan cepat tergesa-gesa itu pasti akan menimbulkan suara apa gedbuk gbukbukbukbuk gitu Itu namanya jalabah Iya lalu beliau Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda setelah salat Ada apa kalian kok lari kata mereka kami tergesa-gesa menuju salat ha Rasulullah kata Rasulullah jangan kalian lakukan apabila kalian mendatangi salat wajib atas kalian mendatanginya dengan Sakinah tenang apa yang kalian dapatkan laksanakan salat tersebut adapun yang tertinggal tinggal sempurnakan oleh kalian hadis inii ahli Islam menunjukkan bahwa tergesa-gesa dalam salat itu Pak terlarang tergesa-gesa pergi menuju masjid itu dilarang oleh rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam terkadang ya ketika kita mendengar Imam rukuk Nah ini nih pak banyak yang pada lari Hata di masjid ini Iya saya kalau kalau ruku gitu TT G berlari itu I karena enggak paham iyaah ini dilarang oleh rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam apa kata nabi Fala taf’alu jangan kalian lakukan itu kemudian nabi Mengatakan faalaikum kata ala dalam bahasa Arab mempunyai nya makna apa wajib berarti wajib kalian mendatangi salat Dalam keadaan apa Sakinah tenang tenang aja Imam Udah mau selesai apa namanya bacaannya mau ruku tenang aja udah jangan apa terpancing Pak jalan aja kata Rasulullah Sallallahu wasallam kalau kalian dapat ruku Alhamdulillah kalau kalian tidak dapat maka cukup kalian apa sempurnakan Iya akat Islam saudaraku seiman hadis inii menunjukkan akhir Islam bahwa seorang Imam hendaknya memberikan nasihat kepada makmum yang melakukan kesalahan Karena di sini Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mendengar suara gaduh lalu nabi bertanya masyanukum Ada apa kalian kata mereka kami tergesa-gesa ya Rasulullah maka Rasulullah bersabda jangan kalian lakukan itu maka ketika ada kemungkaran si Imam hendak hendak-hendaknya mengingatkan Terkadang ada Ikhwan ya Yang salat hp-nya dibawa bunyi lagi akhirnya mengganggu itu orang-orang makmum-makmum yang lain maka saat itu setelah salat Imam hendaknya mengingatkan ini ini perbuatan yang tidak benar mengganggu orang khusyuk ya Nah ini akhwat Islam bab khurujin Nisa Ilal masajid bab keluarnya para wanita ke masjid hadis 24 45 an Zainab ataqafiyah radhiallahu anha qalat qala Lana rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam idza syahidat ihdakunna Al masjida Fala tamassa thba dari Zainab ataqafiyah Semoga Allah meridainya ia berkata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda kepada kami Apabila salah seorang dari kalian hendak menyaksikan salat berjamaah di Masjid janganlah ia memakai minyak wangi di sini menunjukkan akhi bahwa wanita boleh pergi salat berjamaah ke masjid namun tentu di sana ada syarat yang harus dipenuhi di antaranya dalam hadis ini syaratnya apa tidak boleh ia pakai minyak wangi maksud yang di minyak wangi di sini itu minyak wangi yang semerbak Pak yang membuat terfitnah para laki-laki I yang kedua syaratnya ya tidak boleh campur Baur laki-laki perempuan wajib dia hindari itu yang ketiga syaratnya tidak boleh tabaruj bersalek Iya Maka kalau si wanita tersebut berangkat ke masjid dalam keadaan ia pakai minyak wangi misalnya nya atau pakai lipstik misalnya maka boleh kita larang tidak Pak boleh enggak masalah kenapa karena tidak memenuhi syarat Bahkan dalam satu riwayat dari hadis Abu Hurairah bahwa wanita yang pergi ke masjid dalam keadaan memakai minyak wangi dia wajib pulang dan mandi junub dia wajib pulang dan mandi mandi apa mandi junub hadis itu Hasan Iya ikhwat Islam saudaraku seiman nah ini ini perhatian buat para wanita di zaman Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam para wanita disuruh oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam Setelah salam langsung pergi Pak Jadi zikirnya wanita itu di jalan enggak kayak perempuan di zaman sekarang ya habis salam zikir akhirnya keluar masjidnya sama laki-laki bareng kalau di zaman Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam Rasulullah menyuruh para laki-laki ya menunggu dulu sampai para wanita apa pergi dan para wanita mereka apabila Imam telah salam langsung Mereka pergi zikirnya di jalan Iya supaya apa supaya tidak terjadi ikhtilat antara laki-laki dan wanita ikhwat Islam saudaraku aku seiman n dahulu ya para wanita Banu Israil Mereka pergi ke masjid pakai sendal-sendal yang tinggi Pak Supaya apa supaya kelihatan oleh laki-laki gara-gara itu kata Rasulullah Mereka pun diberikan oleh Allah sanksi dengan diberikan haid yang panjang Iya ikhwat Islam saudaraku seiman kita masuk ke bab bab melarang wanita untuk pergi ke masjid artinya boleh melarang wanita pergi ke masjid kalau si wanita tersebut tidak memenuhi apa syarat untuk pergi ke masjid melakukan pelanggaran hadis 246 an Amr binti abdurahmanallahu Sallallahu Alaihi Wasallam takul Lau Anna Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam roa ma ahdatanisau lamanaahunnal masjid Kama muniat nisau Bani Israil faqulu Amr anisau Bani Israil munna Minal masjid qat Naam dari Amr binti Abdurrahman bahwasanya ia mendengar Aisyah radhiallahu anha istri Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam berkata kalaulah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam melihat Apa yang dilakukan oleh wanita-wanita di zaman sekarang niscaya Rasulullah pasti akan melarang para wanita untuk pergi ke masjid sebagaimana para wanita Bani Israil dulu dilarang untuk pergi ke masjid lalu Kemudian aku bertanya kepada amrah Apakah wanita-wanita Bani Israil dahulu Dilarang pergi ke masjid kata amroh iya iya had di inii menunjukkan akhan Islam sebagaimana Sudah saya sampaikan tadi ya boleh melarang wanita untuk pergi ke masjid kalau ternyata tidak memenuhi apa syarat melanggar seperti misalnya kalau dia memakai minyak wangi misalnya atau dia tabaruj misalnya I maka yang seperti ini boleh dilarang Pak apalagi kalau misalnya Si wanita tersebut bersolek dandan secantik-cantiknya kayak di zaman sekarang kalau tarawihan tuh pak laki-laki perempuan Masyaallah habis tarawihan berdua-duaan dan yang lainnya campur Baur dan yang lainnya wahi fitnah ya ak Iya Lalu bagaimana dengan hadis Allah masajidallah jangan kalian melarang para wanita untuk pergi ke mana Ke masjid ini kalau mereka tidak melakukan pelanggaran Adapun kalau mereka melakukan pelanggaran Ya seperti memakan minyak wangi tabaruj maka seperti ini tetap boleh kita larang tidak boleh dia pergi ke masjid i kalup tentunya Pak kita harus melihat Terkadang ada wanita yang apa belum paham gitu Pak Ya enggak tahu kalau itu tidak boleh dan yang lainnya ya perlu kita untuk tak ajarkan dulu pahamkan dulu kepada mereka kita masuk bab selanutnya bab maquulu olal masjid BAB Apa yang diucapkan apabila masuk masjid artinya doanya Apa hadis 247 an Abi humaid an Abi usaid Q qala rasulullahi shallallallahu Alaihi Wasallam dakhala ahadukumul masjid falyaqul allahumtahli abwaba rahmatik wa kha falyaqul Allah dari Abu humaid atau abuaid ia berkata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid Hendaklah ia mengucapkan allahumahli abwaba rahmatik Ya Allah bukakan untukku pintu pintu rahmatmu dan apabila ia hendak keluar ucapkan Allah Allah inni asalukalik ya Allah Sesungguhnya aku memohon kepada engkau karuniamu ini Pak jangan lupa ya Jadi kalau kita masuk masjid ada adabnya keluar masjid ada adabnya disutkan dalam hadis yang lain ya bahwasanya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam kalau mau masuk masjid mengajarkan pertama berselawat dulu Pak jangan lupa Allahumma Sholli Ala Muhammad Iya kemudian jangan lupa Pak untuk mendahulukan kaki mana kanan kalau masjid kalau masuk itu Ya kita dahulukan kaki kanan kemudian kita berselawat untuk rasulullahi Sallallahu alaii wasallam kemudian kita ucapkan ini Allahumma Ifah abwtik Ya Allah bukakan untuk ku pintu-pintu rahmatmu Masyaallah Iya dan dalam satu ayat yang lain Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam berdoa audzubillahil adzim wabiwajhihil Karim wa sultonihil qadim minasyaitanirrajim itu juga Rasulullah baca ketika masuk masjid Iya kemudian ketika keluar masjid jangan lupa ini banyak di antara kita yang lupa masalahnya Allahumma inni as’aluka Min fadlik dan dahulukan kaki mana Pak kaki kiri nah perkara-perkara yang seperti ini Pak hendaknya betul-betul kita perhatikan Ini masalah adab dahulu ada seorang pemuda datang kepada Imam Ahmad bertanya tentang permasalahan yang detail masalah-masalah fikih wahai Imam Ahmad Apa hukumnya berwudu dengan air kacang air bunga ros ya setelah Imam Ahmad menjawab Dia pun pergi ditarik bajunya S Imam Ahmad doa masuk masjid apa diam aja pemuda itu doa keluar masjid apa diam aja enggak tahu pak Subhanallah kata Imam Ahmad yang setiap hari kamu lakukan kamu enggak tahu terus kamu ber datang kepada saya mau bertanya tentang masalah-masalah yang sangat detail pelajari dulu yang masalah-masalah kayak ginian nih yang setiap hari kita lakukan ya jangan sampai kita lalai Mas jangan sampai kita mau mempelajari masalah-masalah fikih yang detail Iya eh adab-adab keseharian enggak paham ini aib ya ak Islam ya Nah ini salah satu adab yang harus kita pahami karena setiap hari Insyaallah kita pergi ke masjid ya terutama buat laki-laki ya jangan lupa kalau masuk masuk masjid untuk mengucapkan ini kita masuk ke bab berikutnya bab idza dakholal masjid falyarka rakatain bab apabila masuk masjid Hendaklah ia salat dua rakaat ini disebut dengan salat apa tahiyat masjid hadis 248 an Abi qatadata radhiallahu Anhu qal dakhaltul masjid warasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam jalisun bainrinas ya Q fajalastu faqala Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam antaj ya rasulahj darua allahk masjid dalam keadaan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sedang duduk di tengah-tengah para sahabat Iya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sedang duduk di tengah-tengah para sahabat Lalu aku pun langsung duduk kemudian Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda apa yang mencegah kamu untuk salat dua rakaat sebelum kamu duduk tadi aku berkata Ya Rasulullah karena aku melihat engkau engkau duduk dan paraasa dan orang-orang pun juga pada duduk makanya aku langsung duduk maka Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid Maka jangan duduk sampai ia salat dua rakaat iya hadis ini menunjukkan ahli Islam yaitu tentang ditekankannya salat tahiyat masjid sampai para ulama berbeda pendapat tentang hukum salat tahiyat masjid Iya jumhur kalau jumhur mengatakan bahwa tahiyat Masjid itu hukumnya apa sunah tapi sunahnya bukan sunah Biasa Mas itu sunah muakadah sunah yang yang sangat apa ditekankan sekali sedangkan Ibnu hazam pendapatnya bahwa salat tahiyat Masjid itu [Musik] wajib dalilnya Apa hadis ini Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam mengatakan Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid jangan duduk I berarti ini Apa larangan sampai ia salat dua rakaat berarti ini larangan maka sesuatu yang dilarang pada asalnya apa dong kata kata beliau haram berarti tahiyat masjid hukumnya apa wajib ini pendapat yang dibela oleh Syekh Muhammad nasiruddin alalbani rahimahullah Syekh Albani pendapatnya juga mengatakan bahw salat tahiyat Masjid itu wajib Pak bukan sunah di antara dalilnya juga hadis ketika Rasulullah sedang khotbah Jumat ketika rasulull sahu wasam sedang khotbah Jumat kemudian masuklah seorang sahabat yang bernama sulaaiik dan hadisnya sudah lewat ya kemudian dia langsung duduk lalu rasulah bertanya asait Kamu sudah salat belum belum Kum fasholi rakatain watajawaz fihima bangun kamu salat dua rakaat dan ringankan padahal kata Ibnu hazam mendengarkan khotbah Jumat itu hukumnya apa wajib kalaulah salat tahiyat Masjid itu hukumnya sunah mana mungkin yang wajib gugur oleh yang sunah tidak mungkin karena kaidah mengatakan kalau bertabrakan antara yang wajib dengan yang sunah harusnya dahulukan yang mana ya wajib dong tapi Ketika Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menyuruh dia untuk salat tahiyat masjid padahal mendengarkan khotbah jumat itu wajib ini menunjukkan kata mereka bahwa salat tahiyat Masjid itu hukumnya apa wajib bukan sunah Iya memang hujahnya Ibnu hazam kuat banget l dalam masalah ini sedangkan jumhur pendapatnya hukumnya apa sunah yang muakadah dalilnya mana hadis pada orang Arab B badui datang kepada Rasulullah dan bertanya ya Rasulullah salat Apa yang diwajibkan kepadaku kata Rasulullah salat l waktu lalu orangarab Arab Badu ini bertanya lagi hal alaiya ghairuha apakah ada salat lain yang wajib atasku kata Rasulullah la tidak ada illa an tatawwa kecuali kalau kamu mau salat sunah kata jumhur kalau ada yang wajib selain salat lima waktu pasti Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam Jelaskan pada waktu itu ada ya itu salat tahiyat masjid misalnya tapi Ketika Nabi mengatakan kan tidak ada berarti salat tahiyat masjid tidak wa tidak wajib Iya demikian pula hadis tentang kisah tiga orang ketika itu rasulullah sedang Taklim kemudian datanglah tiga orang yang satu melihat ada tempat kosong di depan langsung duduk di depan yang satu duduk di belakang malu yang satu pula pergi setelah selesai Majelis Rasulullah Sallallahu alaii wasallam bersabda Ala ukhbirukum ya analatah Maukah aku beritahu kepada kalian tentang tiga orang tadi adapun yang pertama yang dia duduk di depan Awa ilallah faawahullah dia telah berlindung kepada Allah Allah pun melindungi dia Adapun yang kedua dia duduk di belakang yastahi malu fahallah minhu Allah pun malu kepada dia adapun yang ketiga pergi dia enggak mau duduk di majelis taklim a’r berpaling faallahu Allah pun berpaling dari dia Iya di situ disebutkan bahwa orang ini ketika lihat Majelis Taklim langsung duduk dan nabi tidak menyuruh dia untuk apa Kenapa kamu enggak Salat I sehingga kata jumhur ini juga menunjukkan hadis menunjukkan bahwa salat tahiyat Masjid itu hukumnya apa sunah bukan apa wajib dan ini Insyaallah pendapat yang paling kuat Mas namun tentunya sunahnya bukan sunah yang biasa sunah muakadah dan orang yang terbiasa meninggalkan sunah muakadah Pak tercela bahkan persaksiannya ditolak enggak boleh jadi saksi Iya ini akal Islam maka dari itu Masalahnya ini berhubungan dengan menghormati masjid Mas masjid ini harus kita hormati di antara penghormatan kita kepada masjid adalah dengan apa salat tahiyat masjid ya jangan lupa kalau kita masuk masjid disebutkan dalam hadis yang disahihkan oleh Syekh Albani rahimahullah W di antara tanda hari kiamat an yuttak an yuttakadal masjid turukqan masjid itu hanya dijadikan buat tempat lalu-lalang saja enggak Salat di situ dilarang oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam iya hadis berikutnya bab anahi an yakruja Minal Masjid ba’dal Adzan larangan keluar dari masjid setelah azan maksudnya kalau antum berada di masjid kemudian dikumandangan apa azan maka Antum haram keluar dari masjid kecuali kalau memang untuk kebutuhan dengan niat akan kembali lagi seperti misalnya Antum belum wudu misalnya atau Antum pengin bab misalnya kemudian Antum keluar dari masjid setelah azan boleh enggak masalah tapi harus dengan Niat akan apa balik lagi Adapun kalau niat Antum Enggak ah enggak balik lagi Antum telah berbuat maksiat Iya hadis 249 an Abi SSA jid Ma Abi hair radhiallahuanal muadinu FAQ rajulun Minal Masjid yamsyi faatbaahu Abu Hurairah bar Hatta Kha Minal Masjid faqala Abu Hurairah Amma H faqad as abal qasim Sallallahu Alaihi Wasallam Dar Abu s’za ia berkata kami pernah sedang duduk-duduk di masjid bersama Abu Hurairah radhiallahu Anhu lalu muadin pun azan Lalu ada seorang laki-laki berdiri dan keluar dari masjid Dia berjalan maka Abu Hurairah terus melihati orang tersebut sampai ia keluar dari masjid maka Abu Hurairah bersabda Adapun orang itu ia telah memaksiati rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam lihat Abu Hurairah menganggap orang ini telah berbuat apa maksiat Pak Berarti hukumnya apa Pak hukumnya haram Iya hadis inii menunjukkan akhal Islam kalau kita berada di masjid lalu dikumandangkan azan maka tidak boleh keluar dari masjid sampai ia salat bersama Imam kecuali kalau untuk keperluan berwudu atau bersuci Iya nah ini dan banyak terkadang kita lihat orang yang tidak paham hukum ini Pak Iya ketika mu muadin azan dia sengaja Malah keluar dan enggak Salat di masjid tersebut kecuali kalau memang di masjid tersebut ada kuburannya untuk melihat ada kuburannya dan salat di masjid yang ada kuburannya tidak boleh I terlarang menurut seluruh ulama Iya ikhwatl Islam saudaraku seiman sudah masuk Isya ya belum kita masuk ke bab kafaratil buzaq fil masjid BAB kafarat nya orang yang meludah di masjid hadis 250 an Anas Ibni malikin radhiallahu Anhu qala qala Rasulullah Shallallahu alhi wasallam Al buzaqu Fil masjid ktiah W kafarata dafnuha dari Anas bin Malik Semoga Allah meridainya ia berkata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda albzaq buzaq itu ya ludah meludah di masj termasuk ktiah kesalahan atau dosa dan kafaratnya adalah dengan cara menguburnya hadis ini menunjukkan akhal Islam di antara penghormatan terhadap Masjid itu tidak boleh kita meludah di masjid dilarang I makanya Masjid itu hendaknya apa dibersihkan di diberikan wewangian hormati masjid akhwan islamkadang Kalau bulan Ramadan apalagi Pak dan ini sering kali terjadi ada bapak-bapak bawa anak kecil baru 2 tahun apa yang terjadi kencing Pak bukan cuma ngeludah kencing karpet lagi Iya itu sudah sering terjadi Pak dan saya heran bapaknya cuek minta ampun Pak enggak peduli sudah Terus ngapain dia bawa anaknya itu Iya bahkan ada yang berak segala maka ya akhal Islam Ya wajib kita yakini bahwa Masjid itu harus kita apa pelihara kita sucikan kita bersihkan bahkan kalau bisa Antum ke masjid bawa minyak wangi wangikan Masjid itu Pak Kenapa karena ini rumah Allah masalahnya akhir Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam saja melarang ya Bersikap apa namanya ribut gaduh di masjid ya quhaisyatil aswaq fil masajid kata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam hadis ini menunjukkan bahwa kafarat orang yang meludah di masjid itu dengan menguburnya karena di zaman Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam Masjid itu pasir kalau zaman sekarang gimana nih karpet gini ada orang ngeludah maka kafaratnya mencucinya suruh dia yang mencuci panggil dia kamu yang mulu Dar sini ya cuci itu kafarat kamu Iya nah ini akhal Islam saudaraku seiman demikian kita tanya jauh setelah azan Insyaallah nah pembangunan masjid Jami albkah hingga Agustus 2023 saat ini masjid albarkah sedang melakukan perbaikan pada masjid lama untuk meningkatkan kenyamanan beribadah para Jah kesempatan amal jariah pembangunanjid albarkah Cilengsi masih terbuka lebar Salurkan sedekah jariah anda melalui bank syariah Indonesia 756 3131009 cabang Cibubur atas nama pembangunan masjid albarkah Yayasan jahaya sunah kode bank 451 informasi dan konfirmasi transfer SMS atau whatsApp [Musik] ke08211345756 Semoga Allah Taala menjadikan wakaf anda sebagai amal jariah dan sekaligus dilipat gandakan pahalanya oleh Allah subhanahu wa taala Amin jazakumullahir simak radio roj Bogor 100.1 FM radio ro maeng [Musik] 93.1madiand 4.3 FM menyebar cahaya sunah makna fitnah itu apa hakikatnya adalahamh yaitu memilih dan memil dan itulah [Musik] makna agar Allah membedakan antara yang buruk dari yang baik maka fitnah itu yang Allah subhanahu wa taala jadikan pada manusia mana Allah tujuan mfitnah manusia menguji mereka dan memilah-milah mereka antara orang yang sebatas pengakuan dan antara orang yang Islam untuk selanjutnya kita [Musik] sumangnya untukat Isya bagi daeraha dan sekitarnya allahu akbar allahu akbar allahu akbar allahu akbar Ashadu Alla ilahaillallah Ashadu Alla ilahaillallah Ashadu anna muhammadar [Musik] rasulullah Ashadu anna muhammadar rasulullah Hayya Hayya alah Hayya Alal Falah Hayya Alal [Musik] Falah Allahu Akbar allahubar [Musik] Lailahaillallah Bagaimana hukumnya jika kita tertidur ketika Khatib membawakan Jumat akhi tidur itu membatalkan wudu walaupun dalam keadaan sedang duduk Lalu ada seorang ulama seingat saya Ibnu Ail ya mengatakan dulu saya berpendapat Tadinya saya berpendapat bahwa tidur sambil duduk itu tidak membatalkan wudu Sampai suatu ketika kata beliau di samping saya sedang tidur Tidur waktu khotbah Jumat terus keluar angin kemudian aku berkata kepada dia bangun kamu Kamu kentut Enggak saya kan duduk enggak Saya dengar langsung saya Semenjak itu kata Beliau saya saya mengubah pendapat saya Iya Bagaimana yang harus kita lakukan jika kita salat lima waktu ada anak-anak yang bersuara gaduh Apakah harus membatalkan salat jangan kita nasihati setelah salat setelah selesai salat kumpulkan mereka kemudian kasih mereka nasihat ya anak-anak ini harus dikasih nasihat dan pelajaran ya kalau masih gaduh juga Ya enggak masalah dikasih ngqop dilarang kalian kalau masih gaduh juga enggak boleh ke masjid Iya Apakah Mus salat termasuk masjid ini sudah pernah kita sebutkan ikhwah bahwa semua tempat yang digunakan untuk salat lima waktu dan statusnya wakaf maka ini disebut masjid Walaupun kecil walaupun apa kecil jadi pembedaan nama musala langgar apalagi Pak Surau itu cuma ada di Indonesia Pak musala di Saudi itu lapangan buat salat ya hari raya itu namanya musala di zaman Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam pun demikian musala itu adalah tempat lapangan terbuka untuk digunakan salat apa hari raya Ana punya teman yang selalu meninggalkan masjid setelah salat Setelah salam salat lima waktu dengan beralasan zikir bakda salat sunah nah ini pak ini namanya fenomena orang memahami agama pakai akal sendiri dan enggak mau merujuk para ulama ya karena zikir-zikir yang Rasulullah ajarkan itu itu adalah setelah salat far fardu bukan setelah salat sunah Iya maka ajarkan dia akhi ulama mana yang Antum jadikan pegangan ini pendapat saya sendiri loh pendapat Antum sendiri Antum sekali bersiapa ulama bukan ya ya musibah orang yang bersuci dari rumah untuk ke masjid setiap langkahnya menggugurkan dosa dan mengangkat satu derajat Apakah ada niat keluar rumahnya Ustaz masa Antum enggak ada niat Pak kata Imam Imam Ibnu qayyim kalaulah seseorang diberikan beban untuk melakukan suatu perbuatan tanpa niat pasti itu beban yang sangat berat bahkan mustahil bahkan mustahil Coba deh Antum minum tanpa niat bisa enggak saya tadi minum enggak ada niat loh Mas gimana Itu tangan saya tiba-tiba ngangkat sendiri padahal saya enggak niat Antum pergi ke masjid enggak ada niat enggak mungkin Mas enggak engak mungkin perginya Antum ke masjid itu digerakkan oleh niat ya Otomatis Itu otomatis untuk puasa Daud itu berapa lama Ustaz Apakah seminggu sebulan setahun enggak ada batasan antum mau puasa Daud seminggu boleh sebulan boleh setahun boleh seumur hidup Boleh silakan tidak ada batasan ya dalil yang tidak ada batasannya tidak boleh kita apa batasi dengan tanpa dalil Bagaimana boikot produk-produk Israel kalau memang masih ada gantinya lebih baik kita cari gantinya aja Mas tapi kalau misalnya enggak ada gantinya dan kita memang sangat butuh Ya gimana lagi ya sulit pak soalnya kalau dikatakan pendukung Israel yang mendukung Israel banyak loh mas Amerika Jepang ya NATO Antum naik pesawat itu produk mana Amerika Antum whatsapp-an produk mana googlean youtube-an Terus gimana tinggalin semuanya ini yang kita pertanyakan produk yang mendukung israal itu yang kayak gimana Apakah hanya sebagian saja tanpa yang lainnya atau harus seluruhnya atau gimana makanya Selama masih ada gantinya yang bukanuk mereka ya bagusnya kisi enggak enggak beli Pak ngapain gitu tapi kalau misalnya enggak ada lagi gantinya memang itu Ya gimana lagi dan sementara kita sangat butuh misalnya ada fatwa Syekh Saleh Fauzan ya Bahwa masalah boikot memboikot itu hak siapa pemerintah hak pemerintah wallahualam Apakah Nabi Zakaria dan Nabi Yahya termasuk nabi yang dibunuh oleh Yahudi betul sahih i betul memang Allah menyebutkan kan bahwa orang-orang Yahudi orang Bani Israel itu itu suka membunuh para nabi ada dalam surat Albaqarah ya Saya melihat setelah ketika selesai salat fardu Sebagian ada yang langsung berdiri untuk salat sunah ba’diah dan sebagian lagi ada yang berdiri ketika imam telah berdiri Apakah ada dalilnya ya Ustaz pertama Pak langsung berdiri setelah selesai salat fardu tanpa ada jeda Ini dilarang oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dalam hadis yang ada dalam Sahih Muslim nanti akan lewat Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam melarang untuk menyambung satu salat dengan salat berikutnya sampai ia keluar atau berbicara jadi harus ada jeda zikir termasuk jeda tidak zikir termasuk apa jeda Maka kalau dia berzikir dulu setelah berzikir baru dia salat sunah enggak masalah Adapun Setelah salam langsung berdirilah lagi tanpa ada jeda dan dia tidak keluar masjid ya maka ini dilarang oleh rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam Kemudian yang kedua apa yang disebutkan oleh para ulama adabnya seorang makmum itu ya jangan segera beranjak sampai Imam selesai kalau Imam sudah selesai dan ia beranjak maka kita pun apa beranjak tapi itu adab Pak bukan wajib ya kalau waktu tidak cukup menjelang subuh yang lebih utama salat tahajud atau sahur ya sahurlah Pak sahur itu sangat ditekankan bagi mereka yang apa mau puasa Rasulullah bersabda tasaharu faainna fahuri Barokah bersahurlah kalian karena sahur itu apa Barokah kata Rasulullah sallahuai wasam Dalam Hadis yang lain perbedaan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab akqlatus sahur itu makan apa Sahur I Maka kalau memang enggak cukup kalau antum tahajud akhirnya kelewat enggak sahur ya enggak masalah Antum dahulukan sahur karena itu lebih baik di lingkungan Ana ada masjid tapi di belakangnya ada pemakaman keluarga yang di temembok sekitar 1 met di antara masjid dan pemakaman ada jalan yang bisa dilalui pertanyaan Ana Sahkah Ana salat di masjid tersebut kalau memang ada jalan untuk lalu lalang dan itu menunjukkan bahwa Mas kuburan itu tidak termasuk area masjid boleh enggak masalah Iya kalau memang Mang ada jalan Lulu Lalang ya Di mana itu menunjukkan bahwa itu tidak termasuk area masjid kalau pakai parfum bagi santriwati khusus di asrama saja boleh enggak Ustaz kalau sesama wanita enggak masalah kalau sesama apa wanita ya cuman diingatkan jangan sampai kemudian itu malah menjerumuskan kepada apa yang haram masalah zakat Ana bayar zakat ke Masjid tapi Ana dapat bagian juga dari Masjid itu gimana ya Ustaz Antum dapat bagian dari masjid tanya ini bagian apaan Zakat Mas loh saya ngasih zakat Kok saya yang dapat Antum enggak boleh dapat haram Antum dapat karena Antum bukan ahli zakat ya terkadang sebagian Masjid itu Pak Pak enggak amanah dalam membagi zakat enggak paham siapa mustahiknya pokoknya bagiin bagiin bagiin bagin bagiin aja bodo amat yang penting orang ini dianggap ya susah atau miskin tapi padahal tidak susah tanpa ada ta Cross Cheek dulu in kewajiban ya tentunya ya para panitia masjid Jangan sembarangan untuk membagikan harus betul-betul dilihat nih Mas fakir miskin atau bukan apa kalau kita baru datang memasuk ke masjid apakah kita salat sunah dua rakaat atau berdiri menunggu dalam masjid atau menunggu di luar masjid sampai iqamah Ajib Ngapain nunggu nabi ya menyuruh kita untuk apa kalau masuk masjid salat dua rakaat terus Antum memilih salat apa di luar aja ah biar enggak Salat tahiyat masjid Ajib Masa enggak mau dapat pahala mas ya ini pertanyaan orang pelit Mas Iya kayak malas banget mau salat tahiyat Masjid itu kecuali kalau memang kita khawa kayaknya tinggal 1 menit lagi mau komat gitu kalau saya salat kemungkinan besar enggak bakalan cukup gimana nih Sebagian ulama seperti Syekh Bin Baz mengatakan masuk dan langsung duduk enggak masalah karena waktunya sudah sangat apa sempit sekali demikian wabillahi Taufik subhanakah wabihamdik Ashadu alla ilaha illa Anta astagfirubuaik asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Roja TV demikianlah ikhwat Al Islam azakumullah para pemisa dan pendengar Roja di mana pun anda berada kajian ilmiah yang telah kami hadirkan dan kami telah pancaruaskan dari masjid albarkah jalan pahlawan Kampung Tengah Cileungsi mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua wasalamualaikum warahmatull
Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc. – Mukhtasar Shahih Muslim
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply