Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. – Akad Salam

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

Roja TV saluran Tilawah Alquran dan kajian Islam warahmatullah wabarakatuh alhamdulillah alhamdulillahbilamin wasatu wasalamidilursaliniiamdulillah di kesempatanore hari ini Mari kita bertemu dalam kajian muamalah dari pembahasan kitab irsyadus shahib Ila bayani Masail dalili Thalib bersama Al Ustaz drwandi Tarmidzi hafidahullahu taala langsung dari masjid albarkah Kompleks radio Roja TV Roja cilangsi Bogor W Alhamdulillah sore hari ini kita akan lanjutkan pembahasan dari akad salam dan persyaratan-persyaratan sahnya akad salam kami berikan kesempatan yang luas bagi ikhwah yang ada di masjid yang ingin bertanya dan untuk akhwat yang ingin bertanya bisa ditulis dengan jelas ya pertanyaannya silakan demikian juga pemirsa Roja TV di lain telepon 021 0819896543 untuk chat WhatsApp dan pertanyaan langsung di 0218236543 kita mulai kajian dan pembahasan di sore hari ini dan kepada ustazfadal Masykur asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahiabbil alamin wabihi nastain wusalli wusallim wbarik ala Nabina Muhammadin wa alihi wasohbihi ajmain W ikhwani akhwati fillah jeemaah Masjid Jami albkah Cilengsi dan para pemirsa dan pendengar radio r dan a TV yang dimuliakan oleh Allah Azza waalla setelah kita menjelaskan tentang definisi dari salam dan Salah satu syarat sahnya salam bahwasanya sifat dari objeknya harus bisa disifati dengan jelas Bagaimana cara persensifatannya dengan jelas seperti kalau yang jelas seperti di volume saya beli umpamanya 1 liter satu karung lima karung Hah atau satu gerobak satu seterusnya volume Wal mauzuzun atau sifat yang jelas sa yaitu berat saya beli dari Anda [Musik] umpamanya buah mangga beratnya 1 ton dan seterusnya ya wal mazun wal mazru dan yang di Hasta saya beli sebanyak ee umpamanya 10 isinya sebel tanah isinya 10 Hasta ya itu dibolehkan Karena dengan demikian bisa diepakati ukurannya begitu juga beli dengan satuan seperti membeli hewan saya beli dua ekor hewan dua ekor kambing ya atau dua orang budak sekarang kita lanjutkan konsekuensi dari indimat sifatil muslamfi apa sesuatu yang tidak mendabit sifatnya yaekh bismillah Mualif rahimahullahu taala Ma Minal faqi W jiusi ak awtifati rusan waqahwiha tidak sah akad salam untuk ee ya untuk sesuatu yang dihitung dari buah-buahan atau yang tidak bisa disifatkan dengan spesifikasi khusus seperti biji-bijian bukul sayuran sayur-sayuran Nam nah dan kulit kaki kepala bait telur demikian juga bejana yang berbeda ukuran bagian atas dan tengahnya seperti qamaqim wadah atau yang sejenisnya enam Iya maka konsekuensinya tidak sah Menjual buah dengan satuan bila jual belinya dengan salam paham Seperti apa jual beli salam gimana yang lain jual beli salam jual beli dengan mensifatkan spesifikasinya ya bayar cash serah terima barang mungkin sebulan mungkin setahun mungkin 2 tahun ke depan saya beli dari anda durian 1000 pisis 1000 pisis setelah terimanya nanti di 1 Desember 2024 sah ini Mualif mengatakan tidak sah ya Beliau mengatakan tidak sah karena satuan Apakah semua durian itu besarnya sama ada yang besar ada yang kecil ada yang satu bijinya 3 kilo ada satu bijinya 12/ kilo maka ini ukuran yang tidak jelas tidak mundabit namanya tidak tepat tidak sah Ya tapi kalau saya katakan Saya beli dari Anda durian sebanyak satu truk setah terimanya nanti tanggal 1 Desember 2 24 satu truk satu ukuran yang jelas ya isinya mungkin bisa 500 mungkin bisa 600 mungkin bisa 4 terus tergantung besar dan kecilnya duriannya tadi jelas maka sesuatu yang Ee tidak bisa dijelaskan sifatnya karena ee berubah-rubahnya itu tidak bisa dijual belikan dengan satuan sebegitu sebegitu juga seperti sayur saya beli dari Anda 1000 ikat sudah terima minggu depan 1000 ikat satu ikat berapa gram berapa kilo tergantung ikatan andaganti ikatan orang ya dan begitu juga kulit kulit satuan kulit saya beli 10 lembar kulit sapi ini juga tidak jelas begitu juga kepala Ya begitu juga kaki saya beli karena yang dibutuhkannya kaki saya beli kaki sapi dari Anda sebanyak 40 kaki kaki sapi ada yang besar ada yang kecil ada yang menengah dan seterusnya begitu juga telur telur ayam telur bebek ya tidak bisa dijelaskan spesifikasinya karena perbedaan satu dengan yang lainnya mencolok sehingga tidak bisa diberikan dengan satuan tapi kalau beli 1 kilo ya atau beli 100 kilo telur ayam kampung itu bisa 100 kilo bisa isinya mungkin bisa 5.000 Pis bisa bisa jadi 5.000 10 bisa jadi 470 tapi boleh karena satuannya mundabit jelas begitu juga wadah air ya yang berbeda-beda beda bagian atas Bagian tengah bagian bawahnya ada bagian bawahnya ya kalau yang lurus bisa saya namanya gelasgelas biasanya lurus ya dia beli itu jelas tapi ada Kendi kadang bagian bawahnya besar bagian atasnya kecil ya seperti itu maka ini repot besar kecil di atasnya tapi kalau dia beli satu truk atau dengan ukuran kilo tidak ada masalah tib lanjut Ustaz Sani n Sani syarat yang kedua sahnya ak salam yaitu disebutkan jenisnya dan n macamnya dengan spesifikasi atau sifat-sifatan yang dapat membawa konsekuensi perubahan nilai atau harga dan diperbolehkan bagi pembeli dengan akad salam rabbus salam untuk mengambil objek salam yang berbeda jenisnya ee yang berbeda macamnya dari jenis yang sama namam tib saya ulangi kembali pertanyaannya Kalau Anda ke pasar Lalu Anda beli durian lima biji Bolehkah tadi yang gak boleh apa yang gak boleh Salam tadi Kalau Anda datang ke pasar bijinya ada 12 2 3 4 5 anda beli gak ada masalah yang tidak boleh itu Sepakat saya beli 100 biji duriannya ya Apaan terimanya ee tanggal 1 September 2024 Berapa harga sekian saya bayar cash nanti antar ke rumah saya nih alamatnya ya ini gak boleh kenapa karena gak gak jelas di bawahnya yang kecil-kecil semuanya Pak yang anda minta kan durian Ini durian apa nangka Iya ini durian ya selesai urusan ya maka karena itu tidak tap depan mata Anda mau besar mau kecil terserah tapi di dia di depan mata Jangan nanti anda katakan masa i para ulama dalam Islam D membolehkan jual beli durian satuan beli apa namanya telur satuan Lah gimana kalau orang beli telur hanya butuhnya cuma dua saya beli telur dua Bu Gak bisa harus sekilo atau harus 1 liter gak kalau dilihat boleh langsung boleh yang tidak boleh itu kalau disifati dan setah terimanya nanti syarat yang kedua pada waktu dalam akad harus disebutkan jenis Nau ya jenis itu lebih luas daripada NAU NAU itu di bawah jenis kalau kita katakan umpamanya saya beli dari Anda durian di bawah Durian ada jenisnya montong ada lokal ada musesangking ada bawor ada duri hitam dan lain-lainnya Ya kalau dalam akad salam harus dijelaskan ya karena akan berbeda nilainya kalau dia mengatakan saya beli darimu umpamanya sebanyak satu karung kalau karung yang dimaksud karung yang mana Hah karung kalau karung ini maksud kalau satu karung karung apa biasanya karung kan ada ukuran isinya berapa liter berapa kilo 25 50 100 10 205 pun ada saya beli satu karung dengan harga R juta Bunya karung nya 5 kilo ini pak ini gak boleh tidak sah bila karungnya banyak jenisnya tapi kalau dahulu Kalau biasanya orang mengatakan karung karung Apa itu ya biasanya goni kalau goni itu isinya kalau beras berapa kilo itu 50 45 apa 50 coba cek goni Anda ya Kalau berat mungkin bisa besar berat dan beda-beda karena ini lagi Kalau basah bisa 100 ya guninya habis kena hujan Anda timbang Anda naikin mungkin 80 kalau kering mungkin 50 tapi umumnya nya yang kering kan ya 50 bukan 100 50 Ya sudah 50 berarti itu maksudnya kalau beli satu karung kalau dia bilang enggak Pak karung ke sini 20 kilo ya itu kalau di awal karungnya disepakati karungnya yang guni ya oh Oh enggak ada di sini karung goni repot nanti saya yang ada di sini karung plastik karung plastik Berapa kilo isinya beras sebutkannya 20 kilo Ya sudah gak masalah Ya paling kalau isinya durian berapa biji itu kalau Dian lokal bisa 10 paling 10 jelas pertama harus jelas jenis kemudian naunya tidak bisa dia hanya mengatakan saya beli beras karena berasnya kalau bas mati per kilonya mungkin Rp50.000 kalau berasnya beras Pandan Wangi per kilonya berapa r.000 apalagi naik anggapnyaah r.000 kalau berasnya Rojo leleeh harganya mungkin 1p7.000 ya maka walaupun beras itu belum sah jual beli kalau dengan salam ya kita membahas tentang akad salam di mana barang tidak di depan mata anda maka spesifikasinya harus rinci hal-hal yang menyebabkan harga berbeda harus disampaikan pada waktu akad beras umpamanya ya beras pra beras pra kalau dari Sumatera Barat mungkin lebih mahal dari beras pulen dari sianjur ada jenisnya yang mahal biasanya orang sana mengatakan jenis jenis kuitasnya Anak Daro itu mahal ya mungkin dengan rajulin berimbang harganya dia bras pra bras-bas mati juga pra apa pulan pra juga PR apa pera pera bukan pra ya bukan pra Universitas bukan ya Pera Ya udah beras pera ya ini sifatnya belum jelas seb beli darimu beras Pera sebanyak satu ee 100 kilo sudah terima tanggal umpamanya tanggal sekian tanggal 1 September 2024 sah ini transaksinya sah sudah beras sudah Pera belum sah juga belum karena beras Pera tadi banyak Apanya namanya turunannya lagi ada yang basmati ada yang bras Mudi namanya dari Sumatera Barat ada lagi Pera yang biasanya di sini apa peranya kalau bikin nasi goreng itu berasnya jadisnya apa beras perah doang biasanya namanya tapi jenis nya gak tahu Oh ya sudah beras Pera Tapi maksud Pera itu adalah Pera dan pulen kalau pulen kan satu dan lainnya sering menyatu kalau yang pra tidak kan sifatnya itu kan ya turunannya banyak itu kalau pulan Apakah cuma satu apa Cianjur pulan ele pulen pulan apaagi delangu Itu merek dagang atau varitas beras Hah varietasangu varitas I varitas delangu tiib kitas dangu apalagi ya maka masing-masing harga berbeda apa sama beda beda Harganya segala yang membedakan harga harus disepakati pada membuat akad karena kalau tidak akan mengandung garor akadnya bisa dipahami itu yang dimaksud dengan jenis Nau bisifatillati yaktalifu fiaman jenis dan nnya dengan sifat yang membedakan harga apalagi membedakan harga kalau untuk umpamanya saya beli dari Anda mangga mangga ini jenis naunnya banyak kalau dia bal kata saya beli darimu buah itu lebih tinggi lagi jenisnya jutaan ada jutaan ya ribuan wallahualam ribuan buah yang ada di muka bumi ini ya Ternyata ini maksudnya mangga Anda bawa ketika tanggal 1 September Anda bawa nangka 1 ton marah marah dia maksud saya adalah buah mangga lah kesepakatannya lihat Pak tulisannya buah ini apa buah jelas maka harus disepakati sampai jenis yang terkecil yang bisa membedakan harga udah mangga mangga nanya banyak turunannya banyak jenis di bawahnya banyak lagi ada mangga mangga apa Indramayu harum manis manis Indra Mayu itu varitas atau daerah varietas mangga apel mangga golek dong gincu TB golek Masyaallah Masyaallah ya Alhamdulillah Antum hafal nama-nama mangga haah bab ini kemudian setelah disebutkan nanya hal yang membuat harga berbeda apa kalau grade-nya tua ya juga beli mangga ya tua kalau mudah mudah definisi anda itu muda yang masih putih atau sudah menguning putih ya gak boleh dijualkan putih kalau diperam sampai 2 bulan rasanya manis gak Hah Gak bakal ya kalau orang jual mangga berarti jual mangga matang kecuali dia katakan Saya beli mangga muda Ya baik Kalau anda temukan yang muda berarti ketipu gak ada masalah yang kita maksud dalam jual beli salam saya beli dari Anda mangga tentu maksudnya mangga matang matangnya terserah maem matang pohon memakan matang Pram tapi matang kemudian mangga tadi harum manis banyak umpamanya satu truk kemudian Apakah semua mangga harum manis harganya sama per truknya Hah tidak kan ya yang satuannya besar-besar harganya lebih murah at lebih mahalh mahal satuan yang besar-besar harganya lebih mahal berarti berbeda harga ketika berbeda harga harus dijelaskan pada spek transaksi Salam tadi ya yang Anda maksud grade-nya apa Pak Memang ada grade-nya apa aja Ada grade A ada B ada C Apa itu a Apa itu b apa itu C kalau dia bilang grade A itu biasa ya 3 biji 1 kilo ya kalau umumnya kalau grade B itu sekilonya 4 biji di bawah itu gradenya C bisa jadi 5 bisa jadi 6 per kilonya Ya itu kan berbeda harganya harus dijelaskan disebutkan sama juga Anda beli seperti beli udang beli ikan udang kalau yang sekilonya du ekor harganya sama enggak yang sekilonya 450 ekor Hah Mana yang lebih murah yang dua ekor sekilo du ekor murahahal lebih mahal ketanyaan saya mana lebih murah Bukan lebih mahal yang lebih murah adalah yang banyak bahkan yang sekilo 1000 ada kan yaang apa namanya rebon ah sekilo 1000 ekor pernah Antum hitung kurang kali aki 13 bukan 1000 1000 3 ekor tib itu harus disepakati Walaupun dia adalah udang sama-sama udang ya entar dibawanya udangnya yang rebon semuanya lah Mana ada orang belii udang seperti ini ini udang Pak coba lihattin di Google udang atau bukan rembon adalah seekor udang dengan varitasnya kecil-kecil ya udang kan udang Iya ya tapi ini tidak sah karena harganya berbeda yang sekilo Dua ekor tadi Mungkin harga per kilonya bisa Rp300.000 yang sekilo 1000 ekor tadi rebon tadi Mungkin harganya cuma Rp20.000 jauh harganya sehingga akan menjadi ribut ya karena penjelasannya tidak rinci dengan pembedaan harganya begitu juga tadi kondisinya basah atau kering atau besar atau kecil atau matang banget matang di pohon atau matang di perem membedakan harga gak ya segala hal yang membedakan harga harus disebutkan pada saat bertransaksi tadi jelas lanjut [Musik] dan Boleh bagi pembeli dengan Akak salam mengambil objek salam yang berbeda macamnya dari jenis yang Samaun [Musik] dengan selain yang disifatkanna gir dengan macam yang berbeda tapi masih satu jenisunaiiakunaatan di bawah speknya tapi kecil sedikit Ya sudah disepakati speknya tadi ketika saat serah terima ya yang ada diselah terimakannya tapi speknya di bawah itu dikit berkurang ya pembeli ya boleh nerima kalau dia enggak mau menerima pun gak ada masalah kalau umamanya dia merasa dirugikan kemarin dia bayar dengan harga 100 juta itu untuk grade yang paling tinggi untuk gred buah mangga harum manis paling tinggi sebanyak anggap umpamanya 3 ton sekarang datang 3 ton tapi di bawah itu sedikit ya tidak semuanya besarannya sekilo nya tiga biji Ada sebagian kecil ya umpamanya sekilonya empat biji ya atau ada sebagian lagi lebih besar sekilonya dua biji Boleh dia terima gak ada masalah kalau cuma sedikit perbedaannya takadis n ilin w w persyaratan sahnyaam yang ketiga yaitu mengetahui ukuran dari objek salam dengan ukuran yang Syari atau diakui dan ditetapkan berdasarkan Syari maka tidak sah penyerahan objek salam yang ukurannya ditakar dengan yang ukurannya ditakar dengan ditimbang atau objek salam yang ditimbang dengan ditakar nah Syarat yang ketiga agar sah akad salam harus diketahui jumlah ukurannya Ukurannya harus dengan standar ukuran syariat sesuatu yang ditakar transaksinya harus ditakar tidak boleh dip jadi ditimbang berat begitu juga sebaliknya ya ini untuk sesuatu yang tidak ada hurufnya ya maaf ini sesuatu yang sudah ada dari masa syariat ada dari masa al-quran dan Sunah turun beberapa jenis barang itu sudah ada dengan cara tak ditimbang atau ditakar penentuannya seperti di masa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam jual beli kurma pakai kilo atau pakai gramasi Hah kilo salah pakai apa Pakai takaran pakai ini mangkok pakai mangkok Iya pakai kail pakai kail atau dikenal dengan SH SH ukuran takaran seperti liter cuma SH lebih besar dari liter satu shnya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam itu kalau di liter dengan liter kita 2,54 49 Kalau saya tidak salah liter ya itu ukuran SH yang dipakai di masa Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam ya timbangan yang di masa Rasulullah timbangan kecil biasanya untuk menimbang emas maka gak mungkin beli kurma pakai timbangan kecil itu capek Anda beli Anda satu karung timbang satu dua tiga per biji nimbangnya kayak nimbang emas ya ya bila dalam uruf kita tidak ada seperti umpamanya beras di masa nabi ada beras Hah ada beras di masa Rasulullah wallahuam tidak ada hadis yang menyatakan bahwa sahabat nabi memanen beras manen padi atau numbuk padi jadi beras gak ada ya sekarang di negara kita itu Ukurannya apa standarnya berat atau apa ukurannya kalau di Jawa Barat Ukurannya apa karena di Sumatera Barat saya tahu ukurannya beda dan di Sumatera Barat beda daerah beda ukuran ukurannya kilo aja ahah tidak ada yang ada takar apa liter itu umum itu kalau liter itu liter umum di semata itu namanya pakai Gantang bisa Gantang Berapa isi volumenya itu biasanya mereka bilang belek belek bukan bukan belek mata ya seb belek dua belek sebelek itu atau Antum ee dulu ada biskuit Kalau [Musik] belinya Black kaleng ah biasanya ukurannya itu black bahasa apa black black ah itu kan jadi ukuran bukan gak enggak ada kalau beli padi satu belek itu dua belek itu T 10 mereka biasanya ngitungnya untuk ngitung zakat mereka ngitungnya begitu 50 beleg sudah sampai nisab lima P belek seperti itu kalau untuk yang kecil yang kaleng susu kental manis itu satu apa namanya su canting kalau di sini ee kalau di sumatara bukan Sumatra apa namanya ya itu apa namanya itu lupa saya satu kaleng satu apa ya I Subhanallah itu ukuran standarnya karena menggunakan apa namanya berat itu membuat standar berat menjadi seperti sekarang tidak semaju masa dahulu masa dahulu untuk membuat berat kan punya teknologi lumayan sulit atau mudah seperti buat timbangan sekarang itu teknologinya gampang atau lumayan sulit saya enggak tahu saya gak pernah buat Ya tapi kalau belek tadi kan gampang habis beli biskuitah Dar takaran dia dan itu ukurannya sama ya se-indonesia Ukuran belek itu sama ya maka kembali kepada uruf daerah masing-masing dan ditanyakan kepada mereka saya beli umpamanya 10 kaleng kata dia ah kaleng Apa yang Anda maksud saya beli dari Anda durian 50 kaleng yang tadi karung ya goni goni atau karung goni itu bisa menjadi satuan beras juga karung kan ya karung guni itu juga satuannya itu juga bisa yaabi Syekh arraabi Az nah arabiakunalumqah wwii kemudian akad salam yang keempat itu barang atau objek salam menjadi tanggungan perima kas salam sampai waktu yang telah ditentukan dan dapat diserahkan sesuai keumuman seperti pada ee waktu bulan tertentu atau yang semisalnya syarat yang keempat ini banyak sebetulnya Ini pertama ayyakuna fizzimmah barang itu ada dalam zimmah beda dalam zimmah itu kalau saya katakan Antum pernah lihat mobil saya belum Antum pernah Ustaz pernah Ustaz pernah lihat mobil saya ah saya katakan itu saya jual ke anda itu tidak boleh salam sudah terima tahun depan ternyata yang dia lihat waktu tahun beberapa hari belakangan warnanya masih bagus sudah naik beliau masih enak tahun depan sudah jadi bajai laqadarallah ya ya itu tidak boleh maka yang tidak ada dalam zimmah itu tidak boleh seperti umpamanya saya jual kepadamu tanah sebanyak 1 hektar dengan harga 1 miliar senang Antum kan ya 1 miliar 1 hektar murah apa mahal 1 hektar 1 miliar murah lalu setah terima saya katakan 1 Desember 2024 saya ajaklah Antum ke pedalaman Riau di situ 1 hektar cuman R5 juta kan saya bilang Tanah ini tanah apa tidak iya tanah Ustaz lah ya beda Ustaz kan bilang akadnya apa tanah 1 hektar ini tanah 1 hektar sudah saya kasih Antum bonus Seteng hektar lagi D jangan harga 35 ketambah setengah lagi berapa itu 17,eng kan ya masih untung banyak dia kan ya maka itu tidak bisa dijualbikan dengan salam ya jadi sudah senang banget ya untung banyak Ni enak kata dia Ya disebutkannya pulaunya saya jual kepada anda di pulau Sumatera Apakah dari ujung pulau ke ujung pulau semua harganya 1u hektar 1 miliar enggak kalau pas di kota besarnya nya seperti ibuota-ibuota provinsinya enggak dapat harga segitu 1 hektar enggak dapat R miliar mungkin bisa 2 miliar miliar dan mungkin tidak ada juga 1 hektar yang jual di situ lagi di kota ibuota provinsi ya karena penduduknya sudah ramai jelas maka walaupun dia katakan saya jual tanah kepada anda seluas 500 m di Jakarta dengan harga 1 miliar murah apa mahal murah Jakarta murah ya murah tapi pinggir kali pas pinggir kali sering banjir murah juga itu itu mahal artinya ya maka dia tidak bisa di jual dengan spesifikasi tadi karena dia harus ditunjuk petunjuk beda per titik koordinat beda Harganya wau tanah itu berbatasan satu dengan dua yang satu per meternya mungkin bisa S 1 juta yang ini mungkin 800 1000 karena yang ini akses ke jalan ke depan belakang samping kiri kanan ada yang ini enggak mentok untuk masuk akses jalannya harus izin kiri kanan depan belakang atas bawah beli lagi lahannya untuk bisa menuju tempatnya dia ya Makanya karena itu kalau tanah tidak bisa dibagikan dengan spesifik dijual dengan spesifikasi juga tidak bisa anda bagi waris tanah itu ya umpamanya ada tiga ahli waris laki-laki semuanya sudah kita bagi tiga aja Bagaimana cara bagi tiganya lurus memanjang ke depan atau ke belakang kata yang paling tua ya sudahah saya ini kan 300 m saya 100 m kurang dikit enggak masalah 90 m aja buat saya enggak apa-apa tapi yang di pinggir jalan semuanya enggak mungkin adil jelas kalau ke belakang juga masing-masing kita dapat depan belakang tapi yang kanan k yang kanan ada akses jalan lagi yang tengah dan kiri tidak tentu akan ribut maka tanah tidak bisa dibagi waris Kecuali mereka bersepakat sepakat Bang Kita nilai dulu harganya masing-masing walau 300 m memang tanah waris S orang tua kita kita ada tiga orang anak laki-laki 100 m Abang itu nilainya 1 miliar 100 mernya adik cuman 500 miliar 500 juta Maaf ada selisih 500 juta Abang harus nombokin ke saya Berarti bayar R50 juta ke saya agar sama hak waris kita bisa dipahami bisa dipahami ya itu tidak bisa disifati dijual dengan cara salam la yasbutu fizimmah rumah ya tanah dan rumah tidak bisa kemudian yang syaratnya yakunu fidimmah Barangnya bisa dalam zimmah dalam tanggungan kemudian harus ada tempo waktu yang jelas Kapan saya beli dari Anda beras 10 ton setelah terima bulan Ramadan tahun 1447 sah sah atau tidak Hah sah Maksud saya itu tanggal 21 Ramadan Hah setuju rugilah anda 21 Ramadan dengan Allah Ramadan sama enggak harga beras mana yang mahal akhir Ramadan beras 10 akhir orang mau zakat mau Fitrah dan macam-macam mau buat lontong dan semacam-macam itu harga mahal ya dia harus jelas Ramadan tanggal berapa akhi tanggal 1 atau tanggal 10 ya katering juga beda-beda kalau beda tanggal ramadannya iya atau tidak ya maka harus jelas tanggal setah terimanya kemudian kalau tidak jelas akadnya batal akadnya batalahuuntiahrin lahu wtiahrin biasanya jarak tanggal setah terima dengan akad itu membuat harga berbeda kalau transaksi hari ini kita terima besok sama enggak harganya cash sama atau tidak Anda beli beras ke pasar sekarang Cash berapa satu 100 kilo berapa anggap 1,5 juta umpamanya R juta berasnya brojol lele R5 juta Kalau Anda bayar sekarang entar sore ini sudah sore ya Anda bayar sekarang sore ini besok jam . dia antar harganya 1 Seteng atau sudah turun atau sudah naik hah tetap tetap tetap jelas ini tidak boleh dilakukan transaksi salam kalau serah terimanya waktu tidak membuat harga berubah ya kalau setelah akadnya sekarang setelah terimanya nanti 8 bulan lagi sekarang bulan apa Agustus tambah 8 bulan apa Maret anggap 1 Maret 2025 sama enggak harganya bayar cash sekarang b cash sekarang umpamanya 100 kilo dapat dengan harga R15 juta 100 kilo sudah terimanya 8 bulan lagi 1 Maret 2025 bayarnya sekarang sama harganya terlebih mahal hah kalau Im gak jadi saya beli rugilah saya saya keluar uang cash barangnya Nanti Terima 8 bulan harganya lebih mahal ngapain Saya nanti ajaal siapa tahu nanti mulai turun paham salam itu Iya uang duluan uang harus di majelis akad itu yang salam kebalikan jual beli kredit jual beli kredit barang ambil sekarang bawa sekarang berasnya bayar 8 bulan lagi harganya sama dengan cash Hah beda beda lebih murah mahal ini betul lebih mahal Tadi kenapa bilang lebih mahal juga pusing saya harusnya ini lawanlawannya lah kalau ini lebih mahal berarti kalau salam lebih murah paham Antum Antum beli rumah cash dengan beli rumah pembayaran 1 tahun atau 2 tahun sama harganya Mana lebih mahal Nah itu betul itu salam namanya Pak rumah ini saya spek seperti ini oh ya udah itu ada Mari kita lihat ya berapa Har Pak r00 juta saya sekarang ya Pak ya ya Bisa potong dikit bolehlah berapa R1 juta r90 ya Pak setelah itu ada lagi adik saya titip bayarnya tahun depan harganya berapa Pak tahun depan ya sudahah 13 juta juga kalau gitu Pak tetangga saya mau beli juga 3 tahun depan berapa R juta juga Pak semua orang kampung saya beli semuanya bayarnya 50 tahun enggak ada pembayaran kalau bersama semuanya pasti pembayaran cash dengan tempo harga berubah menjadi Hah Naik sebaliknya uang cash barangnya yang tempo harganya lebih murah ya Kalau lebih mahal Antum ketipunya banyak itu dalamah kular uang cash lebih mahal ternyata ya lebih murah oke dan ini merupakan mazhab di dalam mazhab Hambali berbeda dengan Mazhab Syafi’i Mazhab Syafi’i tidak mensyaratkan bahwa serah terima barang dengan transaksi waktu akad tidak mensyaratkan harus harga Berbeda sehingga mereka membolehkan salam di hari yang sama setelah terimanya pun mereka Bolehkan bila terpenuhi akadnya transaksinya dengan salam tapi mazhab Hambali b-beda para ulama cara mengistimbat hukumnya mereka mengkhususkan salam itu yang untuk ada berga harga Karena di masa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ya bahwasanya Rasulullah datang ke Madinah mendapati Penduduk Madinah melakukan akad jual beli kurma dengan salam uang bayar sekarang kurma terima tahun depan 2 tahun depan 3 tahun depan ya itu harga lebih mahal atau lebih murah hah lebih murah lebih murah lagi yang 3 tahun ya tidak ada yang salam hari ini salam Besok diantar ke rumah sore diantar ke rumah gak ada ya kalaupun terjadi transaksinya tidak mereka namakan salam mereka namakan baulu fimah bukan jual beli salam karena menurut mereka mazhab Hambali bahwasanya jual beli salam itu jual beli barang yang belum dimiliki oleh si penjual iya atau tidak hah dan Rasulullah kaidahnya beliau melarang ya tetapi Rasulullah khususkan untuk ini boleh kalau disifati dengan spesifikasi dan dalam tanggungan dan syarat-syarat yang tadi beliau membolehkan dilarang membolehkan tentu ada hikmah hikmahnya untuk apa seperti yang kita Jelaskan Pekan lalu agar mudahkan mempermudah kedua belah pihak pihak si petani mendapatkan uang tunai pihak si penjual mendapatkan harga lebih murah kalau harga lebih sama saja tidak ada orang mau angkat salam sehingga tidak terjadi ya wallahu taala alam dan sepertinya pendapat ini lebih kuat berarti kalau jual beli online ya Sekarang Anda apa namanya transaksi Kalau anda di luar masjid transaksi anda malam atau besok pagi nyampai ke rumah dalam mazhab Hambali namanya salam atau bukan Hah salam harga beda apa sama sama berarti tidak sah salamnya salam yang tidak sah mereka menamakannya bilu fimmah Iya tapi bukan salam karena syaratnya salam syarat terima akad dengan syarat terima barang ada jeda waktu yang membuat harga berbeda biasanya berapa lama sebulan setengah bulan ya yang diasa Rasulullah setahun 2 tahun 3 tahun bisa dipahami cukup jazakallah kir Alhamdulillah sudah empat syarat yang sudah kita simak dan dari kedua ketiga dan keempat ada tiga syarat lagi Insyaallah kita akan sambung bahas di pertemuan yang berikutnya untuk selanjutnya kami buka kesempatan bagi ikhwan yang ingin bertanya silakan di masjid ada yang mau menyampaikan pertanyaannya Fadul Pak dengan siapa Dari mana ya Pak Sebutkan bismillah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh ee perkenalkan eh anak Deri dari Cilengsi Anam izin bertanya ee Alhamdulillah Ana berdagang Ustaz di sini di pasar Alhamdulillah atas izin Allah ee Ana berdagang itu ada beberapa lapak ee mungkin ini di luar tema sedikit dan EE Ana itu ada beberapa teman dagang yang mungkin ya umum gitu Ustaz dan mereka itu ee kadang itu tidak kita berdagang kadang dia lalai dari salat gitu Ustaz maksudnya kadang apa lalai salat gitu maksudnya He tapi Ana nasihatkan kadang ana juga tidak melarang maksudnya Ya silakan tinggalkan gitu kan Kalau ada waktu salat kadang Ana kasih contoh juga tapi kadang mereka tuh namanya ini tidak melaksanakan gitu kadang-kadang gitu kan Ustaz Apakah Ana di hati itu apaa takut nanti apa ada tanggung jawab Nanti di akhirat apa gimana Itu saja baik wallahuam kewajiban manusia bahkan para nabi pun hanya menyampaikan mengajak Tidak memaksa dia untuk salat ya kecuali anak Anda bisa anda paksa ini orang karyawan Anda bisa anda paksa Anda mengatakan azan tutup warung yang tidak tutup warung ya akan dapat SP tiga kali SP akan dipertimbangan dipertingbangkan akad tahun selanjutnya itu hak Anda Anda karyawan Anda jelas yang bukan karyawan anda bukan anak Anda teman sama lapak dagang anda hanya bisa menasihati mengajak dia terima Alhamdulillah dia tidak terima pahala anda sudah dapat pahala mengajak cukup jazakallahir Barakallah Fik ada yang ingin bertanya kembaliah silakan ing bertanya B merapat ke sini ya bismillah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Afan Ustaz Ana izin bertanya nama Ana Sabil tinggal di Duta cilangsi izin bertanya masalah tadi apa perkara beli buah ya Ustaz ya beli Bu perkara beli buah Ana selalu ketika Ana beli buah itu bilangnya sekilo Ustaz tiba-tiba dalam timbangannya itu selalu kadang bisa lebih 1 ons atau 2 ons E itu yang Ana pertanyakan itu Ana tapi mintanya sekilo Ustaz itu untuk yang dibeli itu halal enggak buat Ana Ustaz dilebihkannya Ya tapi kan timbangannya kadang ee beli jeruk 1 kilo 1 kilo jeruk terus tiba-tiba di timbangannya itu ada 1 kilo 2 ons atau 1 ons tapi si penjual itu ya Ada beberapa penjual yang lebih dominan kepada Ya udahlah katanya enggak apa-apa katanya itu gimana Ustaz Anda bawa ke rumah berapa andtimbang lagi ya Ustaz Anda bawa ke rumah ditimbang lagi berapa jarang Ana timbang Ustaz enggak punya timbangan coba Siapa tahu 900 gram qadarallah Ana baru beli buah juga itu tadi qadarallah ana beli di Keramat Jati beli buah jeruk itu si penjualnya itu kadang dilebihkan 2 ons maksud Ana itu Ana memakannya itu halal enggak padahal Ana kan mintanya sekilo gitu halal halal Ustaz anda makan yang halal Rida ya Ustaz penjualnya ya gitu ya buktinya dikasih 1, Iya sih Oke kalau enggak itu enggak dikasihnya tapi ada yang penjual yang ngeke dengan ngitung per kilo dengan nominal rupiah gitu ustaznya halal Iya itu juga halal Ada masalah Iya tadi ada satu perkara juga ketika kelebihan 54 on diambil satu buah dikurang tapi tetap e 1 kilo 0 berapa gitu halal halal ya Ustaz ya okeahiramulillah ada yang bertanya kembali silak dan bagiendengar dan sampaikan juga via chat WhatsApp silakan Oke Baik Bismillahirrahmanirrahim asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh waikumsalam warahmatullahi wabarakatuh kenalkan Ustaz saya Afan dari Gunung Putri ini ingin menanyakan tentang saham Ustaz ya saham Iya tentang saham eh sebelum eh agak kejauh sedikit ke Palestin itu saham-saham perbankan contohnya Bank BRI Mandiri BCA itu eh per tahunnya Lumayan tapi pas dipelajari ternyata itu eh saham yang riba dan eh setelah dipelajari ternyata haram nah ketika kita mau mengalihkan ke saham perusahaan-perusahaan di luar bank konvensional tapi kita tidak tahu ini perusahaan terafiliasi dengan Israel atau tidak Nah itu bagaimana ada yang saham kita tahu ini terafiliasi dengan Israel itu hukumnya Seperti apa dan ada saham yang kita tidak tahu perusahaannya terafiliasi dengan Israel itu seperti apa Ustaz Baik terima kasih asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ya syarat sah dan halal membeli saham pertama usaha kegiatan dari perusahaan emiten yang menerbitkan saham itu halal kalau bank konvensional usahanya riba haram bekerja di sana haram kalian jadi saksi riba dan membeli sahamnya menjadi pemiliknya apalagi haram Apa yang harus dilakukan harus dilepas jual ya uang pokoknya halal pertambahannya haram karena dia dari yang haram dulu anda beli umpamanya sekian lembar dengan harga R juta sekarang sudah naik umpamanya kalau dijual dengan harga 13 Ya sudah anda jual 13 ya 10 jutanya uang pokok anda halal Yang 3 jutanya berikan kepada fakir miskin jelas sampai di sini selanjutnya perusahaannya kegiatannya halal umanya manufaktur atau food and beverage food dan makanan dan minuman ya atau sembako ya dan lain-lain yang halal ini perlu Anda lihat lagi perusahaan ini emiten ini yang menjualkan sahamnya di Bursa Apakah dia ada pinjaman riba atau tidak jelas kalau dia ada pinjaman riba ke bank konvens ada anda baca laporan keuangannya ya kalau tidak tahu cara bacanya tanya yang ahlinya ini ada perusahaan ini ada hutang enggak ke bank konvensional Oh ada sekian besarannya itu haram anda beli saham perusahaannya jelas yang ketiga perusahaan itu katannya halal Anda cek laporan keuangannya tidak ada hutang ke bank konvensional dan juga tidak ada bunga yang masuk sebagai pendapatan perusahaan emiten berarti tidak menempatkan dana di Bank riba juga ya ini boleh anda beli sahamnya anda beli sahamnya dengan cara biasa pada saat di Ipo atau dibeli dengan cara biasa bukan dengan cara-cara yang biasa dilakukan di Bursa dengan cara S Shell B and margin featur option itu semua caranya mengandung ussur riba dan G dan itu haram jelas Allah nah jazakallah kir Barakallah Fik demikian akhi semoga pencerahan dan kita berikan kesempatan berikutnya silakan Pak bismillah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh nama saya seevin dari cilangsi ada dua pertanyaan mungkin Ustaz ee yang pertama ee apa Biasanya kita punya rutinitas per bulan itu ngirim uang ke mertua ya Ustaz ya Nah suatu saat kita berhutang suatu saat kita berhutang ke mertua Jadi minjam uang nah setiap bulan kita ngasih tetap ngasih tapi kita bayar hutang juga tapi mertua tuh nganggap nya ternyata yang uang yang kita ngasih itu dianggap membayar sama beliau sedangkan akad dari pribadi itu tetap ngasih ngasih uang beda bayar uang beda tapi ternyata setelah kita mau bayar lagi bilangnya udah lunas Loh kok bisa lunas ternyata uang yang kita ngasih untuk mertua dianggap ee beliau itu sudah membayar hutang itu gimana Ustaz i betul mertua anda bagus berarti di sayanya enggak perlu nambah nambah bayar lagi Ustaz karena akad di hati saya utang sudah enggak ada tapi kalau mau kirim bulanan terus kirim lagi gak ada masalah tapi ee kalau pas saat utang itu masih ada saat saya ngirim untuk dikasih ke mertua tetap dianggap itu bayar jadi dihitung dihitung sama beliau Iya kan hutang sudah selesai atau belum kalau kalau yang sudah selesai tetap dihitung ngasih saat yang belum selesai nih Ustaz I ah bayar hutang dulu andanya juga harus bayar hutang dulu jangan ngngapain ngasih tapi ini masih punya hutang jadi ee bayar hutang ada uangnya tapi saya sisihkan untuk ngasih juga uangnya beda gitu Ustaz nah mertua itu nganggap yang saya ngasih itu dihitung mertua itu nambahin untuk bayar hutang yang uang hutangnya gitu itu apakah itu dibolehkan atau tetap harus saya selesaikan orang tua anda sudah betul yang salah itu Anda paham ya he Ketika anda memberikan hibah dan anda berhutang itu kan berarti riba tapi ee pemberian itu kan rutinitas sebelum berhutang perintas sebelum berhutang J sebelum berhutang tuh ya setiap bulan ngasih terus ya tiba-tiba kita butuh uang minjamnya ke mertua I cuma mertua Anda orangnya perasaannya baik ini punya hutang masih ngasih juga siapsiap nah itu mertua yang bagus jadi dibolehkan itu Ustaz Ya siap boleh syukran Terus yang kedua ee satu tahun yang lalu orang tua meninggal ternyata ada satu mobil itu masih kredit Ustaz di bank syariah Nah setelah saya coba telusur ke banknya itu dianggap lunas nah dianggap lunas itu apakah saya sudah cukup tidak membayarkan lagi atau Saya punya kewajiban untuk melunasi sudah tidak ada kewajiban lagi sudah selesai karena sudah dilunasi oleh pihak ketiga pihak asuransi Andi bayar ke mana anda mau bayar selama ini saya coba Kalau Anda bayar ke bank mereka enggak mau terima kan Dul kalau mereka terima dianggap mereka terima uang sogok dan seterusnya siap Terima kasih Ustaz allahik F jazakallah kir Barakallah Fik baik ada ikhwah masih di masjid yang ingin bertanya silakan silakan Pak asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh saya Mulyono dari Gunung Putri yang ingin saya sampaikan adalah saya tanyakan ee saya ada sebuah usaha jadi Ketika suatu saat saya harus membeli bibit ikan emas misalkan 100 misalkan 100 kilo 1 kintal itu pesan selalu menggunakan telepon atau pesan singkat jadi saya mau beli bibit emas 100 kilo kemudian minta dikirim kurang lebih minggu depan besarnya seberapa gitu kita sebutkan misalkan besar biasanya di sana ditentukan besar satu korek atau satu Silet gitu atau satu ukurannya seperti itu satu ukuran besarnya nyebutnya di sana besarnya satu korek atauorek satu korek korek apa korek jadi itu untuk menyebutkan besaran ikan itu kecil sedang atau besar ikan korek Apa maksud korek itu apa korek pentol korek itu P korek api korek api korek apiini Iya kecil jadi itu kalau bodinya sebesar korek gitu mereka nyebutkan ukuran kecil ukuran sedang ukuran besar bibit ikan tu dia menyebutkan nyebutnya satu korek satu Silet satu jempol Silet Apa maksudnya Silet ukur silet silet pisau Sil nipis itu Iya pisau Silet pisau lebarnya Iya lebarnya seginilah kan ya Iya kalau yang satu korek tadi e kecil Pak yang paling kecil lembut lembut Iya lembut I kelihatan I enggak kelihatan itu ikan emas Kok bisa anda beli 100 kilo tapi enggak kelihatan iya mereka nyebutnya seperti itu pak jadi cuma buat apa namanyaalah korek Silet satu lagi satu jempol atau satu e satu atau jempol ini lebih maksudnya lebih besar apa lebih kecil Iya besar jnya besar yang besarnya sih eh kebalik yang yang yang Silet tadi yang nomor tiga Pak Yang ketiga jadi ada kecil sedang ketiga gu Silet jempol Iya jadi yang ingin Silet I yang ingin saya tanyakan bukan ukuran besarnya Pak tapi ukuran besar kita selalu tidak masalah yang penting ketika kita beli kecil datang kecil ketika kita inginkan besar datang besar namun demikian ketika datang itu Misalkan saya beli 100 kilo Kemudian datang tidak pernah 100 kilo Pak tapi mungkin lebih 105 atau 110 atau 115 atau kadang 95 gitu yang ingin saya tanyakan apakah saya harus membayar 100 kilo atau kalau lebih saya juga harusembayar lebih kalau kurang kalau kurang saya harus membayar kurang tapi yang mengirim itu biasanya ketika ikannya lebih 105 atau 110 atau 115 mereka tidak mau kalau hanya dibeli 100 kilo saja alasannya Kenapa Karena ikan itu datang malam ketika dibiarkan sampai pagi itu mati semua Pak gitu Jadi apakah kalau saya cukup membayar sesuai pesanan 100 kilo Apakah saya berbuat zalim zalim terhadap penjual bibit tadi maupun zalim terhadap ikannya karena ikannya mati Ketika saya tidak beli Pak kelebihannya tadi ikan kalau enggak anda beli ngambek mati dia ya mereka beralasan kalau Enggak saya beli mereka tidak bisa cepat menjual enggak bisa cepat mengeluarkan ikan tersebut ke orang lain sehingga i mau tidak mau saya harus beli kalau tidak dibeli mati gitu jadi akhirnya selama ini ya sudah saya beli meskipun lebih kadang lebih 20 kilo 30 kilo saya harus beli itu bagaimana t kalau seandainya saya tidak beli sekuran Terima kasih asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ini sebentar ini agadnya pada waktu anda telepon atau WA atau chat WA atau telepon wa itu sudah ada akad transaksi atau belum jadi pesannya misalkan seperti ini saya mau pesan beli 100 kilo sekarang sekilonya berapa ketika sepakat Oh ya sekarang 1 kilo r30.000 berarti saya beli satu kintal atau 100 kilo sejumlah itu sudah sepakat kemudian mau dikirim kapan misalkan dikirim besok pada hari Ahad minggu depan misalkan sebentar ini mengikat atau tidak dari pesan tadi maksud mengikatnya ternyata dia mau kirim belum kirim sebelum dikirim Anda cancel Pak Mohon maaf enggak jadi karena umpamanya kolam saya keb Jiran saya harus butuh waktu untuk memperbaikinya dua pekan bisa bisa tapi jarang sekali Pak seperti itu pertanyaan saya mengikat atau tidak harus dibeli itu kalau sudah di dipesan atau Oh harus dibeli harus dibeli cuma waktu kalau mengikat hukumnya haram karena iniudain in barangnya disifati dengan spek uangnya pun anda bayarnya kapan uangnya setelah barang datang Iya karena nanti jumlahnya tadi per kilonya tadi beda Pak I Iya maka ini hukumnya haram sepakat para ulama bahwa biul kali bilkali hukumnya haram jadi masuk haramnya di yang yang bagian mana any ya pak transaksi yang anda lakukan tadi itu haram solusinya agar tidak haram pertama solusinya adalah kesepakatan yang anda buat di WA atau telepon tadi sifatnya tidak mengikat tidak mengikat ya Bisa enggak jadi artinya dia enggak jadi kirim Anda Enggak ada masalah Oh ya Anda sudah sampai di rumah Anda enggak jadi beli enggak ada masalah juga karena belum ada akad mengikat Sesampainya di tempat Anda Anda mau beli semuanya boleh Anda mau beli setengahnya Boleh Anda enggak jadi beli pun boleh I jelas jelas Pak kalau diaak mau anda bisa membuat dengan akad salam bagaimana akad salam Anda Katakanlah Saya ingin bibit ikan emas kemudian yang besarannya dua jari i ya sebanyak 100 kilo harga berapa umpamanya 30 juta Kata dia saya bayar cash kapan dikirim umpamanya 10 hari lagi dari sekarang sudah saya terima tempatnya di mana Di mana tempatnya di Cianjur Pak di Cianjur kata Anda Cianjur alamatnya ini ini siap kata dia itu boleh uang cash di awal maka ketika datang seperti yang kita bahas tadi Kalau sesuai dengan spek anda terima kalau tidak sesuai dengan spek Anda mau tidak terima pun bisa meskipun uangnya sudah masuk duluan pak ya Iya karena yang anda sepakati dua ya yang nyampai satu oh ya ya iya tapi kalau anda mau berbaik hati ini Anda tidak jujur Maaf ya sepakatan kita kan dua jari ini yang dua jari hanya lima ekor yang r.500.000 ekor semuanya satu jari Mas Iya Ya ini tapi gak ada masalah saya enggak ingin ribut Tapi ini jadi catatan bagi Saya sebagai pelanggan kepada anda ya tapi diperbolehkan juga seperti itu pak ya diperbolehkan juga boleh Anda nerima karena anda dizalimi ya boleh kalau anda ikhlaskan jelas jelas Pak itu boleh ketika di datang ke dia 100 lebih Pak kesepakatan cuman 100 kilo 110 ini 5 hadiah 10 Ini hadiah atau saya harus bayar Oh enggak harus bayar kan enggak ada dalam kesepakatan i ya Anda tolak anda tidak berdosa ini tidak saya transaksikan karena tidak dalam akad kita dari awal jelas jelas J syukran asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhal Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh jazakah kir kami angkat e selanjutnya dari pesan chat WhatsApp dari pendengar di Bandung Asalamualaikum warahmatullahikumsalam warahmullah wabarakatuh Ustaz e Apakah halal apabila kita ikut daurah suatu kajian dengan ee yang bisa daftar hadirnya dari titipan langs langs ke panitia kajian ulangi ulangi izin bertanya halalkah mengikuti daurah suatu kajian di mana harus mendaftar dan kami mendaftar dengan menitip langsung ke panitia kajian sementara banyak harus mendaftar dan Kami menitipkan minta didaftarkan ke panitia langsung sementara banyak jumlah peserta yang membeludak dan banyak yang tidak kebagian untuk ikut daurahnya karena tidak langsung ke panitia melalui jalur pendaftaran yang disampaikan enggak paham saya pertanyaannya apa ee menghadiri daurah kajian yang memang harus berdaftar akan tapi pakai orang dalam ya pakai orang dalam Ustaz sedangkan yang lain harus ngantri dan kebanyakan tidak mendapat bagian kena meludak meludak asal tidak berbayar boleh pakai orang dalam karena panitianya adik anda Ya enggak mungkin orang lain lebih didahulukannya daripada Anda ah kepala panitianya mertua Anda yang enggak mungkinlah menantu orang didahulukannya daripada menantunya G ada masalah asal tidak berbayar wallahuam Masyaallah selama tidak membayar selama selama tidak berbayar ya selama tidak ada bayarannya yab demikian pemirsa dan pendengar yang ada di Bandung jazakah Khair kami angkat kembali Pertanyaan selanjutnya dari pemis Reja di Bone Sulawesi Selatan Asalamualaikum warahmatullaham Ustaz Apakah zakat mal bisa dialokasikan untuk pembangunan jalan Tani yang kalau musim hujan tidak bisa dilewati kendaraan dan kondisi kami tidak bisa atau belum ee bisa mengeluarkan infak sedekah untuk pembangunan jalan tersebut kecuali dari zakat mal mohon nasihatnya jazakallah Khair tib sebetulnya itu adalah tanggung jawab negara tapi Qadar allahah umpamanya anggaran negara tidak cukup Anda mau berwakaf bagus dapat pahala terus selagi jalan itu dimanfaatkan oleh manusia dalam kondisi negara tidak memperhatikan kemudian tidak ada wakaf yang ada hanya zakat mal ini termasuk fisabilillah hukumnya boleh wabillahi Taufik Masyaallah Nam jazakallah kir kami angkat kembali Pertanyaan selanjutnya masih dari pesan chat WhatsApp Nam asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhsalam izin bertanya Ustaz kalau saya jual barang misalkan cash R juta dan kredit 10 bulan 1,3 juta dan 12 bulan 1,5 juta Bolehkah seperti itu Ustaz menjual atau menawarkan kalau menjual tidak boleh tapi kalau menawarkan boleh ya dia mengatakan ini penawarannya 1 juta cash pembayaran 2 bulan 1,1 pembayaran 3 bulan maksimal 1,2 ya itu boleh penawarannya Lalu ada yang bilang saya beli kamu beli yang mana yang cash yang sebulan apa yang 2 bulan yang cash ya sudah 100 juta 100 juta R juta ambil t dia saya enggak ada uang saya DP dulu aja setengahnya Rp500.000 sisanya saya bayar sebulan lagi Ya sudah saya kalau begitu harganya 1 koma s setuju setuju sudah boleh begitu juga yang ketiga wabillahi Taufik namah jazakallah kir demikian Barakallah Fik kami angkat kembali dari Ruri di payaakumbuh beliau bertanya apa hukum bekerja di perusahaan adventage yang bergerak di bidang memfasilitasi pengantaran uang-uang untuk semua ATM yang dimiliki oleh bank baik yang konvensional maupun yang syariah tidak ada masalah wabillahaufik boleh jazakah kir pertanyaan dari radio Roja Bandung Ustaz Bagaimana hukumnya dengan sistem War tiket yang sekarang Sedang marak baik untuk konser musik atau kajian-kajian Islam di sebuah gedung skema misalnya panitia menyiapkan tiket masuk 1000 peserta dan tiket dengan harga yang berbeda sesuai dengan kelas-kelasnya di mana sudah ditawarkan sebulan sebelum acara berlangsung War tiket nah War tiket Mas artinya ada kegiatan kajian ilmiah namam tapi berbayar dan pakai tiket n ya kemudian hanya 1.000 misalnya 1.000 Ustaz 1000bar 1000 peserta ya peserta 100 peserta VIP harga sekian Iya dengan kelasnya 1 juta ada yang r00.000 dan yang paling murah Rp300.000 r300.000 kalau yang konser tadi pinggirkanlah ya umumnya konser adalah maksiat kepada Allah Jalla Fia gratis pun haram Anda hadir ini sudah pergi dosa membayar lagi akhi kasihan banget Antum ya kalau yang kajian ini kalau kajian umumnya kan para Ustaz yang mengisi kajian tersebut ada yang berbayar kajian yang sama juga ada yang tidak berbayar iya atau tidak Apakah Ustaz itu kalau kajian tidak berbayar di masjid ilmunya disimpankan kan ini yang khusus ilmu yang ini untuk yang berbayar aja pernah ada Ustaz begitu ya gak ada jelas saya umpamanya kalau ada nanya saham nanti kapan ada ee seminar berbayar tentang saham silakan tanya di sana ada yang nanya tentang umpamanya investasi dalam bentuk sukuk dan saham nanti enggak bisa di kajian yang gratis yang berbayar ya ada yang menanya tentang waris nanti harus yang berbayar Apakah begitu para Ustaz kita enggak ada ya cuman Kenapa mereka berbayar satu lain hal ada kebutuhan saya secara pribadi umpamanya kalau ingin gratis silakan tapi andanya capek ya cari-carilah waktu lowong Saya mau ke kajian di mana n di sini ya lihat di parkiran sebelum masuk ke kajian Cegat itu nunggunya kan capek mungkin di parkiran yang anda tunggu Mungkin dia lewat atas tidak parkiran Anda atau mungkin Lewat Pintu khusus leat pintu belakang ya atau kalau kita dulu di Saudi Arabiah itu kalau ingin ketemu orang-orang penting nyarinya di masjid salat magrib di masjid yang biasa dekat dari rumahnya sering salat salat di sana atau salat subuh Insyaallah ketemu itu enggak perlu pakai ditelepon di appoinmen enggak perlu walau statusnya dia direktur pejabat menteri apa bisa ya Kitalah yang cari pada waktu-waktu itu Alhamdulillah ustaz-ustaz kita tidak pernah menolak orang yang bertanya sambil dia keluar dari kajian atau masuk kajian ya nanya apapun mau waris mau yang bisnis tingkat kelas tinggi dijawabnya Ya tapi kalau anda minta Space waktu khusus itu yang merepotkan mereka dan itu juga yang saya alami minta spes waktu khusus berapa menit 1 jam ping saya spes waktu khusus 1 jam tentu untuk appointment mengatur waktu Tentu saya menyesuaikan jadwal dengan dia Dia juga menyualikan jadwal dengan saya kemudian butuh alat komunikasinya Apakah online atau bertemu langsung saya harus menyediakan PC atau admin untuk itu ya tentu mau gak mau orang saya kerjakan harus saya beri fee atau gaji karena itu diterapkan berbayar gak ada masalah dua-duanya boleh ada orang yang mengatakan ada ikhwan yang jauh-jauh dari Sulawesi datang ke masjid tempat saya perumahan saya subuh-subuh bertemu dengan saya di Masjid langsung Nanya setengah jam lalu dia bilang Ustaz Saya mau pulang ke Sulawesi Ustaz ahah Kapan kamu datang dari Sulawesi tadi malam bes terakhir saya enggak bisa enak nyaman semenjak saya bekerja di tempat ini ya makanya saya datang bela-belain ambil tiket pesawat ke mari setelah Ustaz jawab seperempat jam saya pulang lagi selesai Sudah itu tanya ke dia r0 rupiah tidak ada berbayar ya cuman capek apa tidak ya saya malah anjurkan hubungi saja admin saya pc saya ada bisa menggunakan fasil seperti sekarang Zoom online anda tidak perlu susah-susah dan juga sama live-nya beda Ustaz k Ya sudahudah terserah anda jelas n begitu juga tadi yang seminar tadi Mungkin pic-nya atau panitianya atau eo-nya ingin membuat Cara yang berbeda dari yang biasa ya sehingga membutuhkan sarana dan prasarana dan mereka tidak bisa memberikan gratis kalau mereka bisa memberikan gratis kajian berah sama Ustaz Fulan seminar atau apa atau konsultasi bisnis segala macam sesuai syariat di hotel itu gratis Siapa yang bayarin ada seorang Muhsinin seorang donator Ya Alhamdulillah jelas bagi saya gak ada masalah kalau anda tidak bisa yang berbayar karena tidak ada kemampuan atau tidak nyaman ah masa berikan ilmu aja berbayar ya Gak ada masalah juga Anda tidak ikut karena Anda bisa mendapatkan yang gratis bahkan yang online yang rekaman di YouTube pun bisa anda carikan ya Kenapa diributkan ada ustaz-ustaz yang membuat pola seperti itu yang bisa diyakini tujuannya bukan harta tujuannya memudahkan memfasilitasi beberapa segmen orang yang waktunya tidak bisa datang menemui Ustaz seperti tadi salat subuh di tempat Ustaz salat ya alhamdulillah saya tidak sedang Safar kalau saya sedang di luar kota sedang Safar balik lagi dia Hah nanya-nanya ke DKM e enggak ada kelihatan bisaan di situ enggak ada kelihatan ah Ya sudah saya pulang lagi kata dia besok kapan lagi dia mau datang datang kan capek ya seperti itu ya Ikhwan nah Ustaz jazakallah kir allaharik demikian dan kami angkat satu karena dari satu sisi dari satu sisi Kalau anda ingin Intens dengan tokoh-tokoh tertentu dan dia mengajar di kampus itu berbayar apa tidak Di kampus berbayar hah anda ingin belajar ilmu Hadis ilmu Quran ilmu fikih ilmu macam-macam ilmu syariat di kampus berbayar kan Ya ya boleh apa tidak lah bedanya dengan seminar tadi apa dengan War tiket tadi Bedanya apa kan sama ya untuk masuk kampus tadi War juga karena seat terbatas seat umamanya 40 yang pendaftar ada sebanyak 4.000 calon mahasiswa sama semuanya ya sebagaimana yang itu boleh yang insidentil yang event event gak ada masalahnya itu pendapat saya Anda suka silakan Anda tidak suka gak ada masalahb jazakullah kir ustazas jawabannya kami angkat pertanyaan terakhir dan dari pemirsa Roja di Bandung baik asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalikumsalam warahmatullahi wabarakatuh terkait dengan waris di mana ee meninggal ee suami meninggalkan seorang istri dua anak laki-laki dan satu anak perempuan Pembagian warisan Ustaz Kapan Pembagian warisan dilakukan apabila anak masih di bawah 17 tahun dan selama belum dibagikan Apakah boleh dikelola seperti diberikan e bangunan untuk disewakan misalnya Ustaz Pembagian warisan dimulai semenjak yang memberikan warisan wafat dalam kasus ini semenjak laki-laki suami Ayah itu wafat langsung Allah Yang membagikan dari langit untuk istrinya se/delapan tuuh per8 anak laki-laki dua orang masing-masing dua dua anak perempuan satu satu berarti dibagi 5 berarti dibagi 5 * 8 40 istri mendapatkan 5/40 anak laki-laki masing-masing dapatkan 14/40 anak perempuan mendapatkan 7/40 langsung tapi eksekusi penerimaan tunainya kapan itu tidak diatur dalam syariat jelas ya tergantung kebutuhan kemampuan penerima waris tersebut untuk memegang dan mengelolanya ya ketika dia sudah baligh tapi tidak mampu belum mempunyai kedewasaan memegang uang puluhan juta bahkan ratusan juta tadi dia dapat 14/40 Andai harta yang wafat itu 4 miliar dia dapat 1,4 umur 17 tahun uang 1,4 dibeliin apa oleh dia digunakan apa oleh dia 17 tahun sudah balig tapi biasanya digunakan apa Hah buat makan makan setiap hari 10.000 r.000 atau makan setiap hari 2 juta 2 juta 2 juta ya tentu ini Dilihat kondisi kemampuan si anak tadi untuk menggunakan dana kalau dia cerdas finansial cerdas menggunakan dananya Bahkan dia bisa mengembangkannya karena dahulu Alhamdulillah sudah dididik oleh ayah ayahnya atau oleh pamannya diajak pergi berdagang ya sama-sama susah ya bagaimana cara membeli barang ke supplier kemudian setelah barang datang bimana cara mengeluarkannya dari tempat pengiriman kalau dari luar negeri pakai kontainer Bagaimana cara pengurusannya sudah dilalui sampai barang datang diantar ke gudang dari gudang diistribusikan ke masing-masing outlet bisa dia bahkan cara mengelola outlet pun sudah ini Masyaallah anak 17 tahun pengalamannya banyak banget ya ya kalau seperti itu kasih dana semua kepada dia tapi umumnya anak generasi sekarang 17 tahun itu baru di SMA cerdas finansialnya berapa kecerdasannya paling di bawah lima dari 10 ya ya Secara umum karena mereka tidak bergelut dengan kehidupan R pagi sebelum sekolah nadah uang ke Bapak umur sudah 17 tahun ya Ada kebutuhan sekolah nagih ke ibu ke bapak minta-minta ya umur 17 tahun di zaman Rasulullah orang yang cerdas secara finansial cerdas dalam mengelola kehidupan umur 18 tahun jadi panglima perang di belakangnya ada Abu Bakar Siddiq radhiallahu taala Anhu ada Umar Bin Khattab ada Utsman ada Ali ada sahabat-sahabat besar karena memang dididik oleh Rasul dia dia hidup di rumah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dididik untuk menjadi orang besar orang yang siap memimpin ya itu beda masa beda waktu beda budayaah di sebagian budaya anak sekolah iya tapi pulang sekolah bukan les bukan privat ke warung n turun ke toko bapaknya turun ke perusahaan BAP baknya dikasih diamanahi dari bawah dari keliling service naik ke CS customer service bahkan satu kali naik sehari du hari pernah nempatin kursi di road ini anak Taman SMA cerdas mula keuangan bisa dia terima warisan bapaknya miliaran bahkan triliunan pun bisa ya maka itu yang penting diperhatikan dalam eksekusi penyerahan Adun pembagian hak langsung hak masing-masing ya kalau si Ibu orangnya amanah dan orangnya cerdas mengelola keuangan silakan dia kelola ya kalau azan sedikit lagi 2 menit lagi Ustaz ya kita Cut aja Insyaallah di waktu lain Assalamualaikum jazakallah Khair dan Ini pertanyaan kami terakhir di kesempatan sore hari ini sebagai iktitam serta kesimpulan kajian silakan Ustaz I ikhwani akhwati fillah para ulama kita sudah menjelaskan dengan rinci dari sumber al-quran dan Sunah tentang setiap akad-akad transaksi Tugas anda pelajari pahami dengan baik prakkkan dalam kehidupan anda selamat keuangan anda di dunia di akirat jazakah Khair kami sampaikan kepada Ustaz Dr wmidzi hafidahullahu taala dan Insyaallah kita akan lanjut kembali di kesempatan pekan awal bulan depan Insyaallah ya pekan pertama demikian dan kita akhiri dengan kafaratul majelis subhanakallahumma wabihamdik asadu Alla ilahailla Anta astagfiruka waubu alalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ikhwat Al Islam untuk selanjutnya kita simak dikenangkannya azan untuk salat magrib bagi daerah Jakarta dan sekitar

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *