Ustadz Dr Muhammad Nur Ihsan | Amalan Hati

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah Hamdan Kiban muan F asadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa asadu Anna muhammadan abduhu rasuluh W nabi Islam pemerhatiahimahimumah kita memuji dan bersyukur k Allah atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah limpahkan P kita semuanya sehingga di kesempatan pagi hari ini kita dapat berjumpa kembali duduk bersama guna mengambil faedah dan ilmu yang akan disampaikan oleh guru kita Ustaz Dr Muhammad Nur Ihsan Ma hafidallahu taala yang kali ini kembali disampaikan secara langsung dari studio Mini sekolah tinggi di rosah Islamiyah Imam Syafi’i jembber untuk melanjutkan dari pembahasan ammalul Qulub Seperti apa dan bagaimana kita simak kurang lebih 1 Seteng jam ke depan dan kami juga berikan kesempatan untuk bertanya via pesan singkat dan via telepon pesan singkat di 0819896543 via telepon di 081 di090819896543 selanjutnya Islam Kamulan kembali via telepon di 0218236543 selanjutnya Islam kita akan simak dan ikuti bimbingan dan pelajar bersama beliau kepada Ustaz kami persilakanadkuran ya Ustaz Nam Bismillahirrahmanirrahim asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahiabbil alaminahu was am nabiina Muhammadin wa waa alihi wasahbihi ajmain waman tabiahum biihsanin Ila yaumiddin Amma ba’d ikhwatal Iman kam muslimin dan muslimat para pemirsa dan juga Para pendengar rahimakumullah Jamian kita bersyukur memuji dan memuja Allah subhanahu wa taala atas limpahan rahmat dan karunia yang tidak terhitung banyaknya terutama Allah Azza wa Jalla telah memuliakan kita dengan nikmat iman dengan nikmat Islam dengan nikmat sunah kemudian menanamkan dalam diri kita kenikmatan untuk senantiasa belajar ilmu agama dan ini merupakan indikator utama kebaikan dunia dan akhirat Alhamdulillah atas segala nikmat dan karunia Allah subhanahu wa taala Alhamdulillahi awwalan wa akhir wahiran wa batina selawat dan salam Mari kita perbanyak ucapkan untuk nabi yang mulia Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam terkhusus di hari yang mulia ini sayidul ayyam Yaumul Jumuah Allahumma sholli wasallim ala abdika wa rasulika Muhammad dan kita memohon kepada Allah semoga kita menjadi orang-orang yang tulus cintanya kepada Rasulullah yang dibuktikan dengan mengikuti tuntunan hidup beliau dalam mengarungi liku-liku kehidupan dunia yang penuh dengan berbagai cobaan dan ujian yang tentunya tidak akan ada yang selamat kecuali yang mengikuti jalan dan tuntunan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam para pemirsa ikhwat Al Iman kaum muslimin dan muslimah rahimakumullah pada kesempatan yang mulia ini kita akan melanjutkan pembahasan yang kita sadur dari kitab ringkasan madarijus salikin karya Imam Ibnu qayyim rahimahullahu taala yang berbicara tentang tazkiyatun nafs tentang amalan-amalan hati yang memberikan kepada kita penjelasan resep atau obat untuk mensucikan hati sucikan jiwa sehingga dengan demikian seseorang akan memiliki bekal di dalam perjalanan menuju Allah subhanahu wa taala sesungguhnya Imam Ibnu qayyim rahimahullah ingin menjelaskan kepada kita bagaimana konsep perjalanan seorang muslim pola kehidupan seorang muslim apa yang harus dia miliki di dalam mengarungi kehidupan dalam rangka berubudiah kepada Allah yang akan mengantarkan dia kepada Rida dan rahmat Allah Azza waalla kesuksesan dunia dan akhirat apa yang harus diikuti langkah-langkah apa yang harus di pelajari dan Imam Ibnu qayyim rahimahullah subhanahu wa taala ingin mengajak kita semua untuk bertafakur dan merenungi Hakikat kehidupan ini dan juga di waktu yang sama beliau ingin mengajak kita untuk mengintrospeksi diri apakah kita telah sesuai dengan konsep hidup yang benar yang tentunya berlandaskan al-qur’an dan sunah dan bagaimana perhatian kita terhadap jiwa yaitu merupakan modal utama dalam perjalanan hijrah kita menuju Allah dan rasulnya hijrah kepada Allah dan hijrah kepada Rasulullah itu mengikuti sunahnya beliau beranjak dari makna yang terkandung dalam firman Allah iyaka na’budu wa iyaka nastain beliau memulai pembahasan setelah menjelaskan hakikat ibadah dan hakikat Istianah Kemudian beliau menjelaskan tingkatan-tingkatan ibadah yang kita semua tentunya diciptakan untuk ber ibadah dan tidak ada waktu pensiun untuk beribadah maka selama hidup kita selama hayat dikandung badan kita selalu berubudiah dan ibadah tersebut ada tingkatan-tingkatannya yang semua tingkatan tingkatan tersebut merupakan tahapan demi tahapan yang kita lewati Yang kita jalani untuk meraih Rida Allah subhanahu wa taala untuk untuk sampai kepada rahmat Allah Azza waalla pada pembahasan Sebelumnya kita telah menjelaskan apa yang disampaikan oleh Imam Ibnu qayyim yaitu tingkatan alyaqazah [Musik] kesadaran hendaklah seorang sadar dan bangun dari kelalaian dan tidurnya Apakah tidur mata Insyaallah kita yang tidur di malam hari di pagi hari atau sebelum fajar bangun tapi apakah setiap orang yang bangun dari tidur fisiknya hatinya telah bangun dari tidur yang berkepanjangan Telah sadar dari kelalaian yang menyertai kehidupannya ini menjadi permasalahan ya boleh jadi seseorang matanya tidak tidur tapi ternyata hatinya tertidur tenggelam dalam kelalaian dan boleh jadi seseorang matanya tertidur tapi hati dan jiwanya senantiasa berjalan menuju Allah subhanahu wa taala ikhwat Al Iman para rahimakumullah dalam perjalanan hidup ini tatkala kita ingin menuju suatu tujuan maka ada tahapan-tahapan yang kita lewati yang setiap tahapan tersebut kita harus mengetahui rambu-rambu aturan-aturan agar tahapan demi tahapan dilewati dengan dengan selamat itulah sesungguhnya perumpamaan hidup kita di dunia yang tujuan kita semua adalah ingin meraih Rida Allah sampai ke negeri akhirat kita telah berjalan kita telah melewati berbagai tahapan-tahapan tapi apakah tahapan-tahapan langkah-langkah yang kita lakukan sudah sesuai dengan bimbingan Allah dan rasulnya sudah sesuai dengan konsep nabi Alaihi shalatu Wasalam dan sudah sesuai dengan konsekuensi dari ubudiyah yang selalu kita ucapkan iyaka na’budu wa iyaka nastain ini yang menjadi pertanyaan kata Imam Ibnu qayyim rahimahullah setelah seorang hamba sadar bangkit dari kelalaiannya ternyata dia sedang berada dalam kelalaian dan dia bangkit maka dia akan ber berusaha ya akan bersungguh-sungguh ternyata dia dalam kondisi yang bahaya jika tidur yang berkpanjangan kelalaian yang senantiasa menyertai diri itu yang menemani atau yang membersamai hidupnya maka dia akan celaka tatkala Dia Telah sadar maka tentunya akan muncul dari dirinya kemudian dia akan berpikir maka di sini ada namanya namanya kata Imam manzilatul fikrah dia akan berpikir menggunakan akalnya yang telah diberikan oleh Allah subhanahu wa taala karunia akal digunakan untuk berpikir tentunya berpikir yang positif dia akan selalu berusaha untuk mengetahui hal-hal yang positif dalam hidupnya kemudian Imam Ibnu Qayyum rahimahullah apa sesungguhnya yang menjadi objek pemikiran seorang muslim dalam menjalani hidup ini ya dalam melewati tahapan demi tahapan dalam rangka berubudiah kepada Allah subhanahu wa taala yang ini tentunya akan melahirkan persepsi yang positif dan tentu juga hasil yang positif Kalau boleh diistilahkan inilah yang sesungguhnya ya pemikiran atau positif thinking dalam hidup seorang muslim ikhwat Al Iman para rahimakumullah Mari kita memahami Ya berusaha mencerna apa yang Jelaskan Imam Ibnu Qayyum rahimahullah beliau menjelaskan apabila sifat atau kesadaran ya kesadaran telah muncul dalam diri seseorang dan telah bangun dari tidur berkepanjangan kelalaian perlu ditanamkan di sini atau dipahami tidur maksud di sini bukan tidurnya mata tapi jiwa yang tertidur yang terlelap dalam kelalaian nah tatkala dia telah bangkit dari kelalaian itu dan sadar dari bangkit dari tidur jiwa yang berkepanjangan dan Sada dari kelalaian yang terus-menerus dalam hidupnya maka yang demikian itu akan melahirkan pemikiran aujabat lahul fikro dia akan berpikir ya Lalu apa yang dipikirkan maka hati hatinya karena antara pikiran dengan hati tidak bisa dipisahkan maka hatinya akan tertuju kepada suatu yang ingin dia cari lalu dia berpikir bagaimana caranya apa yang ingin saya cari dalam hidup ini ya dalam rangka perjalanan menuju Allah safaru alhijrah illallah perjalanan menuju akhirat apa yang saya pikirkan apa yang harus menjadi prioritas utama untuk saya ketahui maka kata Imam Ibnu qayyim rahimahullahu taala ada dua hal Wal fikratu fikratani ya pemikiran tersebut ada dua hal kata beliau dua bentuk ya yang pertama fikratun tataallaqu Bil Ilmi Wal marifah dia berpikir pemikiran yang berkaitan dengan ilmu dan pengetahuan dengan ilmu dan pengetahuan ini yang pertama yang kedua fikratun tataallaqu bolabi Wal irodah fikrah pemikiran dia berpikir yang berkaitan dengan Tab dia mencari Wal iradah dan keinginan Apa maksud dari perkataan Imam Ibnu qayyim ini kembali kita P ya bentuk atau bagian pertama dari pemikiran yang dimaksud oleh Imam ibu Ibnu qayyim yang pertama dia akan berpikir dia akan selalu berusaha untuk memahami ilmu dan makrifah ilmu yang bermanfaat yang bermanfaat bagi dirinya karena dia sadar selama ini tenggelam dalam kelalaian selama ini dia tidur yang berpanjangan tidak sadar lalu muncul kesadaran melahirkan pemikiran l dia sadar Jika saya tidak berpikir yang positif saya akan celaka lalu Apa yang dipikirkan apa yang dipelajari alilm Wal makrifah ilmun Nafi pengetahuan yang bermanfaat Apa itu ilmu nafi’ ilmu yang bermanfaat dia berpikir dia berusaha untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentunya ilmu yang bermanfaat ilmu yang bersumberkan qallah waqala rasuluh ilmu yang bersumberkan al-qur’an dan hadis-hadis nabi alaihialatu wasalam dan apa yang dipahami oleh generasi terbaik umat ini maka dia akan berpikir dia akan berusaha apa yang telah saya pelajari ilmu yang bermanfaat yang saya telah dapatkan dalam hidup ini ilmu Nafi yang merupakan warisan Rasulullah tujuan Rasul Allah diutus untuk menyampaikan mengajarkan kepada umat-umat manusia ilmu Nafi ya maka dari sini kita memahami betapa pentingnya kita ini untuk selalu belajar orang tidak mau belajar yang tidak mau menuntut ilmu tidak mau bertanya maka dia masih dalam ya kelalaian yang berkepanjangan Belum sadar ya Belum sadar bahwa dia dalam kondisi bahaya dia masih dalam tidur yang berkepanjangan belum bangun dari tidur yang berkepanjangan Belum sadar ya dia rasa bahwa hidup ini hanya untuk makan dan minum saja maka jika hanya demikian tentu tidak ada perbedaan dengan ciptaan Allah yang berkaki empat makan minum makan minum manusia tentunya tidak seperti itu memiliki akal sadar dia ya dia bangun dari tidur yang berkepanjangan jiwanya kembali hidup lu dia berpikir apa yang harus saya lakukan agar saya selamat maka yang pertama kata Imam bnu qayyim dia berpikir ilmu mempelajari ilmu ilmu qalallah waqala rasuluh ilmu yang bermanfaat dan sebagaimana kata nabi alaihialatu wasalam mayuridillahu bihair yufaqqihu fiddin Barang siapa yang Allah hendaki kebaikan baginya Allah menjadikan hamba tadi yufaqihuhu Fakih tentang agama paham terhadap agamanya ya Ini pikiran yang pertama dan ini bagian dari tingkatan ubudiyah ya ya dia gunakan akal yang atau pikiran yang Allah berikan akal yang Allah berikan untuk berpikir yang positif ini objek pemikirannya ilmu ilmu yang akan menyelamatkan dia ilmu yang bermanfaat ilmu yang mendatangkan kebaikan bagi hidupnya ya dan kalau kita ingin ya memberikan perbandingan sesungguhnya perjalanan hidup dunia ya sama begitu juga seorang yang tidak Sadan tidak mau belajar dalam urusan ya kemaslahatan dunianya dia akan tetap dalam kejahilan kehidupannya tidak akan pernah berubah ya terlebih lagi dalam kehidupan perjalanan kita menuju akhirat maka kita harus belajar tapi belajar yang benar jangan belajar yang hal-hal yang syubuhat hal-hal yang khurafat hal-hal yang tidak bermanfaat bertahun tahun ya mengaji mengaji tapi tidak tambah cerdas ya tidak ada peningkatan dalam ilmu dalam Ibadah dalam perilaku belajar-belajar tapi ternyata juga yang diamalkan tradisi dan budaya berarti dia tidak belajar ini pertanda Dia tidak belajar ilmu yang bermanfaat tidak ada perkembangan dalam sisi akhlak tata cara ibadah yang benar perilaku yang baik ya sikap yang baik ya bertahun-tahun tidak ada perubahan dalam hidup Kenapa tidak belajar hajinya tidak benar yang dipelajari bukan qalallah waqal Rasul Ya maka ikhwat Al Iman Bila kita ingin memiliki pemikiran yang positif maka belajar ilmu yang bermanfaat ilmu qalallah waqala Rasul ilmu yang benar mencakup akidah tauhid mencakup amal ibadah yang Saleh Akhlak Yang Mulia Itu yang harus kita pelajari dengan hadir ke majelis [Musik] ilmu atau [Musik] mendengar bertanya membaca semua itulah sarana untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat Buka pintu hati kita untuk mendengarkan kebenaran sebelum kita membuka telinga kita untuk mendengarkan perkataan Buka pintu hati kita untuk mendengarkan kebenaran sebelum kita membuka dua telinga kita untuk mendengarkan perkataan ini yang harus dilakukan ya maka demikian seorang Insyaallah dengan Taufik dari Allah akan mendapatkan kebaikan pikiran yang melahirkan ya perilaku yang baik perubahan yang positif dalam hidupnya belajar ilmu ini yang pertama Kemudian yang kedua fikratun tataallqu babi Wal Irah pemikiran yang berkaitan dengan menuntut dan menginginkan dan ini yang mendorong dia untuk berpikir untuk mengamalkan ilmu sehingga dia bisa membedakan antara Haq dengan albatil antara Keban dan kebatilan kemudian dia terdorong untuk melakukannya kemudian Imam BN khayim melanjutkan penjelasan ya kata beliau wallati tataallaqu Bil Ilmi wal marifah fikratun fikratut tamyiz bainal haqqi wal batil abit Wal manfi kata beliau pemikiran yang berkaitan dengan keilmuan adalah pemikiran yang berusaha untuk bisa membedakan antara yang hak dengan yang batil mana yang benar yang jelas landasan hukumnya dan mana yang salah yang tidak ada dalilnya mana Yang ditetapkan agama mana yang diingkari agama ini yang pertama fikratun maka yang demikian itu tidak akan mungkin terealisasi kecuali dengan belajar ilmu annafi’ yang sebagaimana di dalam ya setiap doa yang diucapkan nabi setiap pagi Allah asaluka Ilman nafi’an jadi bila kita mempelajari ilmu tapi ternyata belum bisa membedakan mana yang hak dengan yang batil maka perlu dipertanyakan ilmu apa yang kita pelajari yang seharusnya ilmu yang benar ilmu yang Nafi ilmu yang membedakan antara hak dengan batil kita mengaji mengaji mengaji tapi ternyata amalan keseharian kita masih juga amalan-amalan yang tidak ada landasannya tidak juga bisa membedakan mana Yang yang hak mana yang batil dari perilaku dari akidah dari ibadah berarti perlu dipertanyakan ilmu yang dipelajari ilmu yang bagaimana ilmu apa yang dipelajari Ya jangan-jangan hanya sebuah tradisi ya bukan warisan Nabi Ya jangan-jangan itu hanya taklid buta ya bukan firman Allah Taala nah J jangan-jangan itu hanya fanatisme kelompok dan golongan kepada seorang ulama bukan pemahaman Salafus salh maka apa yang terjadi gak ada perubahan tamb semakin belajar belajar belajar tapi ternyata fanatik taklid buta ya maka belajarlah yang benar Kita sadar bangun dari kelalaian kita kemudian muncul pemikiran untuk belajar apa yang kita pelajari Alhaq ya ar kita bisa membedakan antara yang hak dengan yang batil yang telah ditetapkan agama yang diingkari oleh agama ini yang berkaitan dengan ilmu Nafi dan kembali semuanya kepada al-quran pada Wahyu qallah waq Rasul Ya kemudian Imam Ibnu qim melanjutkan wall Irah dan pemikiran yang berkaitan dengan atalab dia menuntut mencari Wal iradah dan keinginan apa maksudnya fikratun pemikiran berpikir memikirkan ya sehingga bisa membedakan antara yang bermanfaat dan yang memudaratkan antara yang baik dengan yang tidak baik nah ini harus dipelajari kita berpikir mana yang baik ya karena sesungguhnya seorang yang cerdas orang yang menggunakan akal yang sehat adalah orang yang bisa membedakan mana yang bermanfaat untuk dirinya sehingga dia lakukan dan mana yang tidak bermanfaat kemudian dia tinggalkan itulah orang yang memiliki pemikiran yang cerdas orang yang memiliki akal yang sehat Karena itulah fungsi dari akal fungsi dari akal yang Allah berikan kepada kita adalah kita bisa membedakan Oh ini bermanfaat dikerjakan Oh ini merusak ditinggalkan Oh ini mengganggu orang lain tinggalkan Oh ini berikan kemanfaatan bagi masyarakat dikerjakan itulah fungsi akal tapi tatkala akal tidak difungsikan maka kebatilan akan dianggap sebagai kebenaran dan Kebenaran akan dianggap sebagai kebatilan kebaikan akan dianggap sesuatu kejelekan kejelekan akan dianggap sesuatu kebaikan yang Makruf akan dianggap sebagai dihukumi sebagai mungkar dan mungkar dianggap sebagai kebaikan yang bermanfaat akan dianggap sebagai yang merusak dan yang merusak akan dianggap sebagai bermanfaat Kenapa karena akal yang Allah berikan tidak lagi berfungsi untuk membedakan yang Nafi dan yang darah yang bermanfaat yang merusak itulah sesungguhnya orang yang cerdas yang bisa membedakan yang lebih cerdas lagi adalah yang bisa membedakan mana yang lebih besar kemanfaatannya dari dua hal yang bermanfaat mana yang lebih besar kemudaratannya dari dua hal dari dua kejahatan itu lebih cerdas lagi dan tidak semua orang bisa melakukan hal itu ikhwat Al Iman para pemirsa rahimakumullah kata Imam Ibnu qayyim rahimahullah tatkala seorang menggunakan pikirannya untuk membedakan mana yang bermanfaat mana yang tidak bermanfaat maka akan lahir dari pikiran tersebut ya pemikiran yang kedua Apa itu dia akan berpikir dia akan berusaha untuk mengetahui atq Ila husuli ma yanfa fayaslukuha Wat thq ma yaduru fayatrukuha dia akan berusaha mengetahui ya Jalan sarana media untuk yang bermanfaat agar bisa dia mengikuti karena kalau sesorang hanya tahu suatu kemanfaatan ini baik nih tapi kalau tidak tahu sarana untuk mendapatkan kebaikan juga tidak tahu cara atau jalan untuk membawa kepada kebaikan maka dia tidak bisa meraiik kebaikan tersebut kata Imam atau kata sahabat yang mulia Ibnu Mas’ud radhiallahu Anhu Kam min muridirusib banyak orang menginginkan kebaikan tapi tidak tahu caranya maka dia tidak mendapatkan maka tatkala akal kita telah memahami bahwa ini suatu yang bermanfaat ini suatu yang baik maka Setelah itu kita harus berpikir bagaimana cara yang baik untuk mendapatkan kebaikan itu bagaimana jalan untuk sampai kepada kebaikan itu untuk diikuti kemudian juga juga dia mengetahui Jalan kejahatan sarana kejahatan media kejahatan kerusakan kejelekan untuk ditinggalkan untuk dijauhi untuk diwaspadai maka inilah sesungguhnya objek ya berpikir orang-orang yang cerdas Kenapa kita ketahui atau kita berusaha untuk mempelajari atau Mengetahui kejahatan Agar kita selamat dan secara otomatis tatkala kita Mengetahui kejahatan Ya kita harus berusaha untuk mengetahui bagaimana menghindari kejahatan tersebut agar kita tidak terjerumus dan terjatuh pada kejahatan tersebut kata Imam Ibnu qayyim rahimahullah fusam inilah enam perkara yang tidak ada e yang ketujuhnya enam perkara enam perkara Hiya majalu afkaril uqala adalah objek pemikiran orang-orang yang memiliki akal jadi orang-orang yang cerdas orang-orang yang memiliki akal pemikiran yang yang baik dia akan berpikir tentang enam perkara ini ya Apa itu tentang ilmu ini yang pertama ilmu dia akan berpikir bagaimana saya bisa mengetahui kebenaran kemudian bisa membedakan antara hak dengan yang batil kemudian dia berpikir Ya bagaimana bisa membedakan yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat mengetahui kebenaran dan kebatilan mengetahui yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat enam ini Empat kemudian mengetahui jalan ya Jalan kebaikan agar bisa sampai kepada kebaikan mengetahui jalan untuk diikuti agar sampai kepada kebaikan mengetahui jalan kebatilan ya untuk dihindari nah orang-orang yang cerdas orang milik akal yang selamat yang masih sempurna dia akan selalu berpikir tentang hal ini karena dalam hidup ini ya disadari atau tidak Dan itu merupakan takdir dari Allah subhanahu wa taala ada hal yang baik Ada hal yang jelek ada hal yang bermanfaat ada hal yang merusak ada jalan kebaikan ada jalan kejelekan faalhamaha fujuraha wa taqwaha Allah telah mengilhamkan pada jiwa tadi mana ketaatan mana ya kefasikan Nah tugas kita yang memiliki akal yang membedakan kita dari hewan ya yang membedakan manusia dari yang berkaki empat yang hanya diciptakan makan minum makan minum Allah memuliakan Bani Adam dengan memiliki akal maka fungsikan akal kita gunakan akal kita untuk apa memikirkan enam perkara yang disebutkan Imam Ibnu qayyim Bila seseorang berpikir tentang enam perkara yang disebutkan Imam Ibnu qayyim itulah sesungguhnya pemikiran yang positif itulah yang namanya positive thinking dalam kacamata Islam ya dia akan berpikir yang positif dia pelajari ilmu kemudian dengan demikian dia akan bisa membedakan antara hak dengan yang batil ya antara yang benar dengan kesalahan kemudian dia berpikir bagaimana membedakan antara yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat kemudian sudah berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan kebaikan begitu juga Bagaimana cara atau jalan untuk meninggalkan kejahatan ini harus menjadi perhatian kita semua Inilah pemikiran yang positif nah bila kita berpikir tib kita semua akan mati sudah kita akan memikirkan apa yang bermanfaat bagi kita dalam kehidupan dunia dan akhirat Insyaallah mayoritas telah memikirkan hal itu tapi Sudahkah kita mengetahui jalan untuk mendapatkan manfaat itu kita semua ingin selamat berarti ingin kebaikan kita semua ingin terhindar dari kejahatan berarti kita punya iradah keinginan untuk apa untuk selamat makrifah yang berkaitan dengan thaab Wal iradah keinginan untuk mewujudkan sesuatu tapi Sudahkah kita mengetahui jalan untuk m hal itu kalau kita perhatikan di dunia ya ini ya begitu banyak jalan-jalan yang diikuti oleh manusia yang katanya dia ingin selamat tapi kenyataannya semakin jauh dia berjalan semakin jauh dari jalan keselamatan banyak sekali jalan-jalan penyimpangan simpang-simpang kebatilan ya dan itulah yang dijelaskan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dalam hadis an umat bahwa nanti akan terjadi perpecahan 73 golongan yang satu selamat yang 72 celaka nah 72 tersebut adalah jalan kebatilan kita berusaha untuk mengetahui untuk apa dihindari dan satu jalan selamat itu yang harus kita bersungguh-sungguh untuk mengetahuinya Q Subhan mustqim W ini Jalanku Yang Lurus kata Allah Apa itu mustim itulah jalan yang lurus jalanah waq itulah ilmu yang bermanfaat itulit ilmu yang bermanfaat dan amal yang Saleh Sudahkah kita mengetahui hal itu Sudahkah kita pelajari Lalu bagaimana cara atau jalan untuk merealisasikannya tidak ada jalan untuk bisa selamat untuk bisa meraih kebaikan dan terhindar dari kejahatan kejelekan kecuali jalannya [Musik] Rasulullah ya Allah mengatakan mustaqimani in Jalanku Yang Lurus Ikuti kata Allah jangan ikuti jalan yang di kiri kanan yang banyak yang bersimpang siur di kiri kanan jangan ikuti hal itu pemikiran pemikiran yang macam-macam ya jangan diikuti karena akan memecah belah kalian dari mengikuti kebenaran itulah kenyataannya tatkala masing-masing dengan kesombohan kesombongannya ya mengatakan atau dengan segala namam kesombongannya dia bangga terhadap suatu pemikiran pemahaman aliran organisasi lembaga yayasan yang dia ikuti dan merasa dia yang benar lalu dia berloyalitas terhadap apa yang dia Kagumi dan apa yang dia ikutti tadi Dia mengira itu suatu kebenaran ternyata suatu kebatilan apa yang terjadi penyimpangan makanya nabi Alaihi shalatu Wasalam menjelaskan dalam hadis yang sahih ya penjelasan tentang golongan yang selamat tadi firqatun najiah kata beliau Ma Ana alaihil Yauma Wa ashabi apa yang aku ikuti dan para sahabatku itulah jalan yang harus kita pelajari itulah jalan yang harus selalu kita berusaha untuk mengetahui mengenal untuk diikuti karena kalau hanya diketahui tidak diikuti akan celaka juga dia telah menyimpang makanya kata nabi alaihialatu wasalam alaikum bisunnati ikuti sunahku Ikuti sunahku jalan hidupku Nam itulah jalan hidup Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sunah beliau kemudian tinggalkan perkara-perkara yang baru karena perkara-perkara yang bukanlah Jalan Hidup rasulah bukanlah sunahnyaakumtil umur tinggalkan perkara-perkara yang baru yang tiada landasannya dalam agama yang tidak ada penjelasan dalam agama Nah itu harus dipelajari harus diketahui agar dihindari dan ditinggalkan nabi juga dalam hadis la menjelaskanukum Alal baid laah ku telah tinggalkan kan di atas jalan yang lurus jalan yang terang benderang ya tidak ada yang menyimpang dari jalan tersebut tidak ada yang melenceng dari jalan tersebut tidak ada yang keluar dari Jalan kecuali halikun celaka dan binasa maka kembali kepada apa yang Jelaskan Imam Ibnu qayyim rahimahullah ada enam objek pemikiran kita agar kita selalu berpikiran atau memiliki positif thinking dalam menjalani hidup ini dalam rangka berubudiah kepada Allah yang pertama berpikir gunakan akal kita kemampuan mencerna menganalisa ya memahami untuk memahami kebenaran bisa membedakan antara hak dengan batil hal yang benar dan yang salah yang Makruf dan yang mungkar kemudian berpikir tentang yang bermanfaat untuk diri kita dan yang akan membahayakan diri kita semua ketaatan hal yang bermanfaat semua dosa maksiat hal yang akan merugikan kita kemudian kita mengetahui berusaha mengetahui jalan ya untuk mewujudkan kebaikan tadi mendapatkan kemanfaatan tadi untuk diikuti dan kita juga berusaha mengetahui Jalan kebatilan Agar kita selamat dan bisa menjauhi jalan kebatilan tadi Kenapa demikian karena banyak dari kalangan manusia yang terjerumus ke dalam kebatilan karena dia tidak mengetahui bahwa hal itu suatu kebatilan maka di sini pentingnya kita mengetahui kebatilan setelah kita mengetahui kebenaran dan ini konsep belajar yang benar ya metodologi yang benar dalam belajar mengetahui kebenaran kemudian mengetahui apa yang menjadi lawan Dar dari kebenaran itu dari kebatilan tadi maka kita mempelajari tauhid maka pelajari Syirik untuk ditinggalkan mempelajari tentang sunah-sunah nabi maka kenali bidah-bidah untuk ditinggalkan mempelajari tentang keimanan maka mempelajari tentang jenis-jenis kekufuran Agar kita selamat mempelajari tentang ketaatan amal saleh kemudian mempelajari hal-hal kemaksiatan kabair itu yang harus di pelajari banyak dari kel kaum muslimin yang terjerungus dalam kebatilan kesesatan karena dia tidak mengetahui itu suatu kebatilan Bahkan dia memiliki persepsi yang negatif atau memiliki persepsi bahwa itulah yang kebaikan menurut dia nah ini yang bermasalah ini yang bermasalah tentu hal itu ada pun penyebabnya di antaranya fanatisme taklid buta tentunya kejahilan sumber dari kejahatan tersebut oleh karena itu ya Ini penting sekali setelah kita sadar sudah sadar nih atau masih belum sadar nih masih tenggelam dalam kelelaian masih terlelap masih tidur berkepanjangan ingat tidur yang saya maksud di sini bukan tidur mata hati yang tertidur gak pernah bangun sadar umur bertambah sebenarnya berkurang bukan bertambah sih berkurang karena jatnya telah berkurang hanya angkanya saja yang bertambah tapi belum juga kita sadar nah Ikhwatul Iman rahimakumullah tentunya kita memohon kepada Semoga Allah membalas kebaikan imamunuk menjelaskan kepada kita konsep hidup yang benar inilah konsep hidup seorang muslim yang benar masih banyak ya hal-hal yang lainnya akan dijelaskan oleh Beliau Insyaallah ini akan menjadi pembahasan yang selanjutnya ya mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi Membuka pikiran kita di waktu yang sama ya menjadi sekaligus menjadi renungan kita kemudian kita berusaha untuk melaksanakan apa yang dijelaskan tadi Nah demikian mudah-mudahan bermanfaat wallahuam ba Ustaz Barakallah fikum jazakallahu Khairan Terima kasih atas bimbingan dan pelajaran telah disampaikan khususnya di kesempatan pagi hari ini semoga menjadi tambahan ilmu untuk kita semuanya dan kita memohon kepada Allah untuk diberikan Taufik untuk bisa memahami setiap pelajaran dan mengambil faedah ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan k Allah subhanahu wa taala Selanjutnya kami persilakan untuk anda ingin m seputar pembahasan ini untuk bertanya via telepon di 0218236543 dengan menyebutkan nama dan dari mana anda berasal untuk pesan singkatnya 0819896543 silakan untuk menelepon yang pertama Halo silakan yang pertama asamualaikum warahmatullah wabarakatuh waalsalam warahmatullahi wabarakatuh Pak Mul silakan pertanyaannya di Medan izin izin izin bertanya Ustaz ee Apakah zikir dalam hati tanpa lisan itu termasuk Amalan hatiikir kita sedang duduk-duduk di rumah ataupun setelah salat setelah selesai salat kita berzikir tapi enggak pakai lisan Ustaz dalam hati aja apak ini termasuk amalan hati ustazu aja Ustaz semoga bertambah ilmu kami dan kami dapat ilmu yang bermanfaat alalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh silakan Waalaikumsalam warullah wabarakatuh Tera kepada pertanyaannya Apakah zikir dalam hati merupakan amalan hati ya terlebih dahulu kita harus memahami apa maksud zikir dalam hati Iya dan apa itu amalan hati pertama ya amalan hati adalah amalan-amalan perbuatan amalan yang berkaitan dengan hati ya yang berupa keyakinan kecintaan khusyuk tawakal ya berharap cinta itu semua berka dengan hati dia tidak tampak tidak diucapkan tapi bisa di terjemahkan dalam kehidupan di buktinya nah Adapun zikir secara prinsip ini amalan lisan ya secara hukum masalah amalan lisan karena zikir diucapkanum kata nabi was ah berzikir ya Yang banyak berzikir amalan lisan nah amalan lisan maka diucapkan Apa yang diucapkan Subhanallah Ar kalimat kalimat berarti kalimat k dengan diucap kalau apa yang di ada di hati bukan kalimat ya lihat Arba kalimat ahabul kalamallah Arba ahabul kalam kalam itu apa yang diucapkan ya Arba empat subhanallah alhamdulillah wallah Allahu akbar kalimatani kalimatani dua kalimat yang ringan m ya habah ringan diucapkan itu yang zikir itu hukum asalnya akan tapi kata para ulama zikir yang sempurna itu yang mengkombinasikan antara Keyakinan Hati dan ucapan lisan Nah kalau itu yang dimaksud yaitu aman dari hati keyakinan tadi tatkala dia mengucapkan Subhanallah Lailahaillallah hatinya meyakini bahwa tiada Ilah yang berhak diibadahi kecuali hanya Allah kemudian diucapkan Lailahaillallah mengkombinasikan antara apa yang diyakini di hati diucapkan Maka jangan sampai kita mengucapkan kalimat-kalimat tauhid la atau tasbih hanya sebuah ucapan lisan semata jangan yakini isi kandungannya Ucapkan dengan lisan tatkala kita mengucap Allahu akbar di hati kita pengagungan kepada Allah Allah yang Maha Besar Allah yang Maha Agung pengagungan maka kita ucapkan Allahu akbar Subhanallah hati meyakini Allah Maha Suci Subhanallah Amma yasifun dari segala kejelekan yang dinisbatkan oleh orang-orang kafirin orang musyrikin kepada Allah kenapa Allah Maha Suci karena Allah Maha Sempurna tidak ada kec kekurangan sedikit pun yang menyerupai makhluk Maha Sempurna itu yang diyakini itu adalah amalan Lis amalan amalan hati kita kemudian diucapkan Subhanallah La haula wala quwwata illa Billah lisan La haula wala quata illa Billah Apa maksudnya tiada ada dan upaya ke dengan Allah ya Allah hati meyakini hamba abdun yang lemah tidak memiliki daya dan upaya tanpa PertolonganMu Ya Allah itu dia yakini di hatinya hamba akan celaka dan binasa maka dia berlepas diri dari kekuatan dia kepintarannya kecerdasannya dia yakini itu karena dia lemah selemah-lemahnya lalu dia ucapkan La haula W quata illa Billah itu zikir yang benar seperti itu adapun diam gini itu bukan berzikir namanya ya maka tidak tepat hati zikir di hati dia berdiam lisannya gak bergerak itu bukan begitu yang baca al-qur’an harus diucapkan Ya jangan baca al-qur’an dalam hati dilihat dengan mata jangan seperti itu diucapkan ya satu huruf dibaca ya qiraah atau tilawah faqra Ma tayar Minal Quran faqrau Bukan Diam saja Mata melihat ya mengikuti ya huruf demi huruf bukan faqrau Jadi maksudnya amalan hati ya cinta kepada Allah begitu Tam cinta kepada Allah pengagungan kepada Allah ya Maka akan muncul ya alhamdulillah betul enggak Alhamdulillah Alhamdulillahi rabbil alamin pujian amalan lisan Kenapa kita meyakin maka akan lahir kecintaan tadi karena yang dipuji yang sempurna yang dipuji yang memberikan rezeki nikmat maka pastilah kita mencintai Allah cintanya kita kepada Allah Itulah amalan hati kita keyakinan bahwa seluruh nikmat datang dari Allah Itulah amalan hati kita lalu diungkapkan dalam bentuk zikir atau syukur lisan itulah zikir kita Alhamdulillah alladziamani wasqani wawani wafani nah seperti itu allahuam Barakallah fikum jazakallahu Khairan Terima kasih atas nasihatnya Selanjutnya kami masih memberikan kesempatan kembali untuk menghubungi Nomor kami di 0218236543 halo silakan Halo Halo asalamualaikum Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh ibu dengan siapa Di mana Mohon maaf dengan ibu Y di diangin silakan Ibu y pertanyaannya ya Asalamualaikum Ust waalaikumsalam Saya orang a sudah mengikuti sunah jadi setiap yang ilmu saya dapatkan langsung saya praktikkan seperti ee dikir-dikir mau tidur zikir ke kamar mandi apa itulah yang saya lakukan setiap harinya untuk yang lain-lainnya karena saya nih orang awam takut jadi kesalahan jadi saya cuman e mengerjakan yang itu Ustaz gimana zikir nya e tidurnya Rasulullah sebelum tidur zikirnya apa Ah semua yang di yang saya ketahui itu saya praktikkan termasuk dengan eh yang ke kamar mandi semuanya itu Ustaz keluar rumah segalanya Apakah itu ee cukup Ustaz atau gimana Ya Ustaz Apakah salah apa benar saya ini Ustaz asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh silakan diberikan nasihat Ustaz Waalaikumsalam warahmatullah ya terima kasih kepada Ibu y ya di berangin ya barakallahu Fik atas pertanyaannya eh pertama sekali Alhamdulillah ya wasyukrulillah atas nikmat hidayah yang Allah curahkan kepada ibu dan kita semua ya semoga Allah menjaga nikmat tersebut tentunya dengan usaha kita juga ya harus menjaga nikmat bersyukur kepada Allah dan mempertahankan ya ee apa yang disampaikan oleh ibu Yani itulah yang harus menjadi ya Semangat hidup seorang muslim berusaha untuk mengikuti sunah Rasul Kendati ilmunya terbatas ya tapi dia memiliki semangat maka semangat itulah yang akan melahirkan keinginan untuk dia terus mencari dan bertanya dan menghukumi dirinya diri Saya ini orang yang bodoh semua kita orang yang jahil semakin kita belajar kita semakin mengetahui kejahilan diri kita maka bila ada orang yang belajar merasa sombong dialah orang yang paling jahil dialah orang yang paling bodoh itulah kita semua kita belajar maka semakin tahu kekurangan kita semakin tahu keterbatasan kita tapi kita punya spirit punya semangat apa yang kita pelajari sunah rasul kita amalkan beliau membaca di setiap pagi dan petang zikirnya kita berusaha mengamalkan Ya tentu yang paling utama yang wajib yaitu salat lima waktu ini jelas ya puasa Ramadan kalau punya harta kelebihan sampai nisab dan juga ee datang haulnya dikeluarkan punya duit ya Mungkin kesempatan pergi haji umrah dan bersedekah yang lainnya itu semua amal jadi sunah rasul itu adalah pola atau mungkin ya jalan hidup beliau ya itu banyak sisinya ada Sisi akidahnya Sis ibadahnya akhlaknya dan semua Lini kehidupan di antara hal yang sering dan kita selalu ya Melakukan hal itu salatnya kemudian zikir makanya zikir ini dikatakan Amalul yaumi Wila amalan harian kita rutinitas kita amalan hari kita dan malam hari kita begitu maka para ulama menulis Amalul yaumi waila amalan hari di siang hari hari dan malam hari artinya apa kehidupan kita ini tidak terlepas dari zikir dan bila itu yang telah Ibu Yani lakukan Bersyukur kepada allah Naam dengan terus pelajari Oh iya dapat zikir ini ternyata ini zikir Rasulullah amalkan lagi tapi perhatikan hati-hati Jangan sembarang membeli kitab-kitab atau zikir dan doa terkadang isi zikir dan doanya enggak ada landasannya selektiflah belajar ya kritislah dalam berilmu rugi duit dikeluarkan membeli tapi zikirnya ternyata enggak ada ketentuan dari nabi sudah cukup zikir-zikir nabi sudah cukup enggak perlu zikir-zikir yang lain salwat-sat yang lain enggak perlu sudah cukup yang diajarkan nabi cukup bahkan gak ada umur kita tidak cukup umur kita untuk mengamalkannya maka para rahimakumullah semangat yang dimiliki Ibu Yani tadi itulah yang harus kita miliki kita mengamalkan apa yang kita dapatkan diamalkan sedikit yang dapat diamalkan lebih banyak dari banyak yang didapatkan tapi enggak diamalkan Karena tujuan di belajar kita mengamalkan apa sulitnya tatkala kita mendengar Rasul mengatakan dua kalimat kata rasul yang ringan diucapkan Barat Dalam timbangan sangat dicintai Allah Apa susahnya bagi kita mengucapkan dalam setiap kesempatan dalam perjalanan kita subhanallah wabihamdih subhanallah sulitkah itu ya ya sulitkah kita sejenak setiap pagi begitu salat subuh duduk kurang lebih 10 menit membaca Zikir pagi itulah sunah rasul sulitkah bagi kita sementara kita berjam-jam terkadang melihat ngecek itu ya pesanan-pesanan di media sosial kita Facebook kah telegram kah WhatsApp kah dan macam-macam tiktok kan macam-macam sulit kan ya segitu pelitnya kita pada diri kita Ya bakilnya kita pada diri kita maka urusan kita dipersulihi oleh Allah karena kita bakhil pada diri kita bakil di sini bukan berartinya bakhil dengan harta engak bakhil terhadap dirinya juga enggak mau berbuat amal padahal amalan-amalan zikir amalan yang ringan merugi kita ya makaah W Naam itu spirit yang harus kita miliki semangat kita untuk mengamalkan ya alhamdulillah Bu Yani ya Ibu Bersyukur kepada allah dibimbing oleh Allah maka tetap semangat Itu yang pegang ya dapat zikir Nabi satu hari ini dapat diamalkan besok diamalkan lagi mudah-mudahan Demikian Ya kita diwafatkan di atas Husnul Khatimah itulah sesungguhnya Kendati kita belum mampu semua melakukan sunah-sunah nabi tapi kita memiliki semangat untuk kebaikan mengikuti sunah beliau dan diwafatkan kita dalam kondisi seperti itu Kendati belum sempurna mengamalkan siapa yangan sempurna mengamalkannya itulah sesungguhnya Husnul Khatimah Nah mudah-mudahan apa yang menjadi eh pertanyaan Bu yang tadi memberikan ya motivasi P semua Alhamdulillah ya kita bersyukur kepada Allah masih ya atau Allah subhanahu wa taala memuliakan kita dengan sunah ini hidup dalam sunah ini ya enggak macam-macam simpel praktis dan besar pahalanya berkah tapi kalau menyelisi sunah capek memaksakan diri enggak ada manfaatnya celaka nauzubillah minzalik n demikian wahuam tiik Ustaz Barakallah fikum Terima kasih atas nasihatnya Selanjutnya kami berikan kesempatan kembali silakan di 0218236543 halo silakan I Asalamualaikum Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Bapak dengan siapa Di mana Pakak roak nih di Tangerang silakan Pak Rojak [Musik] pertanyaannya di luar dari tema bisa engak pembahasan ini Pak silakan Ini kan mau pertanyaannya tentang apa Pak Mohon maaf tentang ini kan saya kan sering mimpi almarhum Iya itu pertanyaannya Apakah betul dari almarhum apa yang yang saya impikan atau itu setan apa apa gitu maksudnya gitu oh jadi Bapak sering bermimpi ketemu orang yang sudah meninggal Iya itu kan almarhum Kan istri saya gitu Istri saya iya he Heeh dia dia sering datang itu masih mimpi saya kan ngajak berjalan-jalan itu apakah Dar Apakah itu dari Allah langsung Apa itu setan gitu yang saya tanyakan iya pak terima kasih atas pertanyaannya Pak itu munasehat dari Ustaz saja Iya ini lagi lagi yang on ya I padal silakan Ustaz tib Barakallah Fik Pak Roja ya barakallahu Fik ya Ee pertama perlu diampaikan bahwa B ee mimpi itu bukan landasan hukum ya karena ada sebagian ya menjadikan landasan hukum E menjadi ya standar pendan benar atau salahnya dengan mimpi tidak seperti itu ya Nah tapi kalau mimpi itu Mimpi yang baik itu di antara bisyarah kabar gembira Tapi itu bukan penghibur ya seorang mukmin Nah tapi dia bukan landasan hukum tidak akan merubah hukum tidak akan menambah dan mengurangi dan terkadang mimpi itu ya seseorang yang mungkin sebelum tidur dia mungkin pulang kerja dalam hidupnya Banyak permasalahan kemudian terbawa terus tidak bisa ya sampai ke rumah pun permasalahan urusan kantor yang lainnya terus masih melekat dalam benak pikirannya sampai pun tidur seperti itu Nah biasanya muncul hal-hal yang seperti itu ya ada yang terkadang ya Nam sesuatu yang baik diperlihatkan oleh Allah kepadanya kadang Mungkin dia tawaf di Ka’bah gitu ya padahal belum pernah umrah dan haji Nah mudah-mudahan takwilnya ya mudah-mudahan bisa saya berangkat umrah itu kan bisyarah buat kebaikan dia Nam tapi hal yang seperti mungkin pak ra mungkin Serang ya mengingat gat istrinya begitu cinta dan sayang sering mengingat yang pernah mungkin mengingat di waktu masih hidup berjalan-jalan bersamanya sehingga di waktu tidu terbawa itu yang muncul Mimpi tadi ya ya mudah-mudahan itu sebagai apa ya Bapak banyak berdoa saja untuk istri atau yang meninggal untuk kebaikan tapi tatkala ada mimpi seperti itu ya mungkin sedikit menghibur Bapak rja ya k karena Oh I kok istri saya mengajak untuk jalan-jalan Tapi itu bukan jadikan sebagai standar ya Ee landasan hukum tidak ya Jadi intinya mungkin pak Roja ya sering Ingat kepada istrinya ingat di waktu masih hidup sering berjalan dibawa berjalan yang mungkin rekreasi maka itu yang mungkin terbawa tidur maka bermimpi seperti itu Jadi intinya tidak merubah hukum tapi yang jelas yang terbaik ya Ee tidak perlu terlampau dihiraukan itu yang jelas berdoalah kebaikan untuk kita yang hidup dan yang meninggal nah wallahuam baik Ustaz Barakallah fikum jazakallahu Khairan Ustaz Terima kasih atas ee nasihatnya Selanjutnya kami akan bacakan mengenai pesan singat yang telah masuk asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz pertanyaannya di perusahaan tempat suami bekerja istri para staf diwajibkan ikut berbagai kegiatan seperti kegiatan senam dan lain sebagainya dan saya sudah mengatakan saya tidak bisa ikut di kegiatan Sam karena ada hal-hal yang tidak diperbolehkan seperti musik-musik kemudian pelatihnya juga bukan laki bukan perempuan dan bisa bercampur baurlah kata ibu pimpinan hadir saja tak perlu ikut senam Tapi saat foto-foto ikut saja berfoto Akhirnya saya datang tapi saat mereka senam dan olahraga atau joging jalan santai di kesit perumahan dengan memakai headphone Apakah perbuatan Ana dibolehkan Ustaz Ana hadir Tapi dengan mengingkari perbuatan mereka dengan jauh saat mereka senam jazakallahu Khairan silakan Ustaz ya ee terima kasih terhadap pertanyaannya Ini ya fenomena di masyarakat atau sebagai perusahaan gitu ya atau di berbagai ya tempat ee bekerja Nah pertama ee secara hukum kalau hanya senam saja untuk olahraga Itu kan hal yang boleh-boleh saja ya tapi tatkala disertai dengan berbagai hal-hal yang terlarang ada musiknya nya kemudian bercampur Baur ya ikhtilat lawan jenis kemudian pakaian wanita ketat begitu ya menampakkan semua Apaan tubuhnya wanita situ juga ada lelaki campur Baur kemudan semuanya juga mungkin yang mimpin Senamnya itu juga ya Ee terbuka auratnya maka ini jelas terlarang hal yang mungkar jelas mungkar suatu kungkaran ya saya berpikir ya kalau ada yang membolehkan itu bukan suatu itu bukan satatu kemungkaran saya ini perlu dicek kembali ya pola pikirnya itu jelas mungkar itu maka dalam hal ini Seharusnya perusahaan itu mengkali ibu-ibu mungkin ya khusus mereka saja di ruangan tertutup mereka untuk ibu-ibu ya seperti itu adapun dalam hal ini ya Kalau mungkin sekali dua kali mungkin dalam kita belum mungkin ya bisa atau mungkin belum mampu untuk mengingkari Ya tapi kalau untuk selamanya seperti itu tidak lagi nilai keingkaran di situ ya maka pandai-pandailah di sini ya Ibu atau mungkin seorang yang dalam masih apa bekerja di perusahaan tersebut untuk dengan bijak mengingkari ya dengan bijak sampaikan Saya seorang muslimnya ingin ya apa namanya itu ee e melaksanakan dan ingin menjauh melaksanakan yang lebih e yang baik dan menjauhkan dari hal-hal yang kemungkaran sampaikan dengan baik seperti itu kemudian ya jika seandainya demikian itu membuat seseorang sebabkan Mungkin dia ee di PHK atau mungkin dikeluarkan maka biinnillah gak usah diragukan bahwa sesungguhnya tatkala seorang meninggalkan sesuatu karena Allah Allah akan memberikan ganti yang lebih baik na meemang itu sulit membutuhkan dia betul bisa meyakinkan diri dan itu suatu pengorbanan dan kesabaran yang harikuti jadi Kenapa demikian ya kemungkaran tetap mungkar kemungkaran tetap mungkar tapi mungkin cara mengingkari ini yang harus kita bijak kalau tidak meng terpaksa tidak bisa diingkari dengan lisan atau sebelumnya dengan tangan tidak bisa karena tidak punya ya eh seorang tidak punya hak untuk seperti itu dengan perkataan telah disampaikan kemudian juga tetap dipaksa maka tingkatan terendah dengan hati mengingkari tidak meresu perbuatan yang seperti itu tapi jika itu terus berkelanjutan Maka sangat berbahaya bagi Iman bagi hati seseorang ya Oleh karena itu bersikap bijaklah dan memohon kepada Allah yang terbaik semoga I diselamatkan dari Ki yang tempat kerja yang tidak kondusif seperti itu Nam demikian wallahuam Ustaz kami berikan kesempatan terakhir untuk Anda yang bertanya via telepon silakan di 0218236543 Halo Halo Halo asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa Di mana ibu mohon maaf denganah di Riau silakan pertanyaannya Tera kasih eh ketika kita telah memperoleh suatu ilmu yang dari penyampaian dari ustazustaz sunah dan kita Alhamdulillah melaksanakannyakemampuan kita akan tetapi Berjalan seiring waktu ketika kita terus dalam mengikuti pengajian yang dianjurkan kemarin untuk kita mengamalkannya ada pula Ustaz yang mengatakan bahwa itu tidak dianjurkanhnya seperti ee membaca Surah alkahfi dan doa setelah selesai wudu eah Jadi sekarang ee ada pula Ustaz yang mengatakan bahwa hadis itu sahih dan EE dianjurkan jadi sebagai orang awam yang ingin akan ilmu yang bermanfaat Bagaimana kita menyikapi hal seperti ini dan apa yang harus kita ambil dari pengajian-pengajian seperti ini Ustaz mohon pencerahannya asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh silakan Ustaz Mohon maaf saya dari awal enggak mendengar suara gak kedengar di telinga saya Makanya jawaban saya tidak bisa menangkap pertanyaan dari awal mungkin pertanyaan dari Ibu tadi Ustaz bisa diringkas ya Bagaimana kita menyikapi tentang hal-hal yang kita dapatkan dari kajian-kajian para Ustaz yang menganjurkan tentang misalnya membaca surat alkahfi terus kemudian membaca doa setelah wudu akan tetapi ada bantahan mengenai bahwa hadis itu tidak sahih dan tidak perlu diamalkan Bagaimana seorang awam menyikapi hal tersebut karena tentunya orang awam ingin beramal kebaikan sedekat mungkin dengan sunah Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam silakan Ustaz Nah tib ya terima kasih ee di dalam hal yang seperti ini dalam Rana yang yang itu masuk ke dalam Rana al-ijtihad karena menghukumi sahihnya sebuah hadis tentang suatu amalan atau dif itu dalam Rana ijtihad ya kecuali hadisnya telah jelas sahihnya disepakati oleh Bukhari Muslim dan mayoritas para ulama mensahihkan ya maka dalam hal ini tentu yang lebih utama di sini mengikuti apa yang telah sahih tersebut nah adapun dalam amalan-amalan fadilul amal membaca keutamaan surat tertentu yang di situ ada hadis yang dikritisi ya kita harus bisa berlapang Dada ya dalam menyikapi hal itu Dan bagi kita yang mungkin terbatas keilmuannya ya kita bertanya kepada seorang yang lebih kita ya Ee percaya atau kita mungkin ee akui tentang keilmuannya tentang disiplin ilmu yang tentang atau dalam perkara yang kita ket ingin amalkan tadi Naam Kendati demikian kita harus memahami konteksnya juga tentang masalah surah Kahfi Sus Itu yang dipermasalahkan itu kan mengkhususkan hari Jumat Kalau membaca surah al-qur’an kapan saja engak ada yang ulama yang mendhaifkan ada yang mensahihkan jadi dalam hal ini ya kalaupun seorang membaca kena ee mengikuti pendapat ulama yang mensahihkan dari kumpulan riwayat-riwayat yang ada maka gak ada masalah karena juga ya baca al-qur’an Naam secara Um baca al-qur’an adalal diperintahkan tapi permasalahan dikhususkan pada hari Jumat itu menjadi permasalahan Jadi bukan baca al-qur’annya Nam begitu masalah zikir tadi jadi dalam hal ini tentang fadhailul amal amalan-amalan keutamaan tadi yang bukan hal yang wajib sifatnya bila ada landasan secara umum keutamaan berzikir keutaman baca al-qur’an ya maka dalam hal ini Insyaallah perkaranya ya hal yang ee apa namanya itu ada Rana untuk toleransi dalam hal itu jika kita yang terbatasi ilmunya ya Ee dari dengan segala keterbatasan ya dan sedikit memiliki bacaan referensi membaca tentang ee apa yang dijelaskan oleh para ulama tentang hukum tersebut Ya silakan diamal kan gak ada masalah yang menjadi permasalahan mengkhususkan sesuatu yang tidak terdapat dalil yang sahih mengkhususkannya dalam waktunya atau tata caranya ini menjadi permasalahan secara Um baca al-qur’an silakan ya jadi baca aja al-qur’an ya kalau yangin baca al-qur’an hari Jumat surah Kahfi atau membaca surah J gak ada masalah ya Semua ada keutamaan Kenapa membaca al-qur’an ya Sama juga baca surah Yasin Kenapa dikhususkan pada hari Jumat meang tidak ada sahih mengkhususkan pada hari Jumat ya baca saja mau Surah Yasin Albaqarah dan yang lainnya Kenapa pada hari Jumat malam Jumat yasinan gitu Kenapa apa dalilnya enggak ada nah mengkhususkan tersebut itu jelas tidak dalil begitu juga yang dikritisi mengkhususkan membaca surah Kahfi pada hari Jumat itu mengkhususkannya kalau membaca surat secara al-quran secara umum ya Gak ada masalah Kapan saya baca saja apa yang bisa kita baca di al-quran sebanyak mungkin Nah itu menjadi permasalah n jadi dalam hal ini kita harus bisa berlapang dada dan bisa ya saling memahami argumentasi dari setiap ee apa para ulama atau itu permasan juga bukan yang hal yang baru karena mungkin dalam pengetahuan kita saya yang baru karena ya para ulama juga ada yang mendaifkan ada yang mensahihkan maka ini Rana jihad jangan sampai hal-hal yang seperti itu membuat kita saling menyalah Oh Si Fulan ini salah amalanmu Si Fulan salah Enggak karena itulah yang sampai kepada dia silakan dia mengamalkan begitu tapi yang jelas ini termasuk ada fadhail amal yang ada landasan hukum asalnya secara umum yaitu qiraatul Quran adalah amalan yang diperintahkan yang sangat utama Nah demikian wallahuam Naam Ustaz Barakallah fikum jazakallahu Khairan sebelum kami akhiri mohon iktamnya Ustaz Fadila terbatasnya waktu kita suaranya Pak Mohon maaf Ustaz karena Terbatas Waktu kita di kesempatan pagi hari ini sebelum kami akhiri mohon Ustaz memberikan iktitam fadal ya ustazib ya alhamdulillah ya tidak terasa jam telah menunjukkan 7 ya 31 menit Jadi Alhamdulillah mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi menjadi pembelajar bagi kita semua ingat Mari kita semua berpositive thinking tentang en perkara tadi pikirkan tentang ilmu tentang keinginan mengamalkan ilmu kemudian Jalan Kebenaran kemudian kekuatan berusaha untuk mengikutinya kemudian mengetahu tilan kemudian jalan untuk meninggalkannya ya cara untuk meninggalkannya dengan demikian Insyaallah kita akan selalu dalam keadaan e orang yang memiliki positive thinking dalam mempersiapkan bekal menuju Allah subhanahu wa taala Semoga senantiasa dalam bimbingan Allah subhanahu wa taala mohon maaf at segala khilaf dan kekurangannya wabillahi taufik wal hidayah wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh jazahirakikum Terima kasih atas kes ya untuk kembali hadir dan menyampaikan pembahasan Amalul Qulub Semoga Allah subhanahu wa taala memberikan Taufik dan rahmat serta keberkahan untuk Ustaz sekeluarga kami yang bertugas mohon pamit undur diri subhanakallahumma wabihamdika asadu Alla ilahailla anta astagfiruka wa atubuaik wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh a

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *