Ustadz Ahmad Zainudin, Lc | Kitab Fathul Majid Syarah Kitab Tauhid

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

256 1717006 atas nama yayasan cahaya sunah rja TV cabang Cibubur kode bank 451 konfirmasi dan informasi melalui WhatsApp 0819896543 dana yang dibutuhkan sebesar R miliar jazakahir kepada parain Semoga menjadi amal dan amal jariah dan beramal TV [Musik] saluran tilawah al-qur’an dan kajian [Musik] Islam asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah wasalatu wasalamu ala rasulillah Nabina Muhammadin wa alihi wasahbihi aman ikhwat Islam pemerhati rja rahimani warahimakumullah kita memuji Seraya bersyukur k Allah atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah limpahkan pada kita semuanya sehingga di kesempatan Rabu Pagi hari ini kita dapat kembali hadir ke ruang dengar anda dan layar kaca Anda guna menghadirkan kajian dan bimbingan ilmiah live langsung dari studio Mini di kediaman Ustaz Ahmad zaidudin LC di Banjarmasin Kalimantan Selatan selawat dan salam semoga terlimpahkan tercurahkan kepada nabi kita Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam untuk keluarganya untuk para sahabatnya dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman nanti danat Islam bagi Anda yang nanti ingin bertanya seputar pembahasan ini kami berikan waktu dan kesempatan bertanya silakan di 0218236543 via telepon untuk PES singkat di 0819896543 langsung saja kita menyimak dan mengikuti bimbingan dan pelajaran bersama beliau kepada Ustaz kami persilakan fatafad Maskur Ustaz asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bismillahirrahmanirrahimalhamdillah nahmaduhuuagfir naubillahi minuri anfusinaiatialina Man yahdihillahu Fala mudillalah waman yudlil Fala hadialah wa Ashadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa Ashadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh ya ayyuhalladzina amanutaqulah haqq tuqatihi W tamutunna illa wa Anum muslimun ya [Musik] [Musik] aumumah [Musik] Inah ahuhamahuaii [Musik] Alhamdulillah kita bersyukur k Allah subhanahu wa taala pada hari ini hari Rabu Pagi 29 Safar 1446 Hijriah bertepatan dengan 4 September 2 24 kembali kita duduk bersama mengkaji kitab Fathul Majid syarhu kitab tauhid yang ditulis oleh fadilat Syekh Abdurrahman Bin Hasan alu syikh rahimahullahu taala selawat dan salam semoga selalu Allah berikan kepada nabi kita Muhammad Sallallahu Alaihi wa alihi wasallam pada keluarga beliau para sahabat serta orang-orang yang mengikuti beliau sampai hari kiamat kelak dengan nama-nama Allah yang Husna dan sifat-sifatnya yang ua kita berdoa Allahumma inna nasaluka Ilman nafian waizqaniban waalan mqala allahum amin ahibati fillah afanillah wakum kaum muslimin yang saya cintai karena Allah semoga Allah subhanahu wa taala selalu memberikan afiat kepada kita di dunia dan di akhirat masih kita di dalam Bab yang ke-37 yaitu penulis rahimahullahu taala berkata pada bab yang ke-37 babu minasirki iradatul Insani biamalihid Dunya bab termasuk Syirik motivasi seseorang dalam amal ibadahnya adalah kepentingan dunia dan kita sudah jelaskan bahwa bab ini maknanya adalah menjelaskan bahwa beramal ibadah dengan niat menginginkan dunia termasuk daripada perbuatan Syirik dan menunjukkan bahwa amal ibadah tersebut adalah Syirik asghar yaitu sebagian dari amal ibadah niatannya untuk menginginkan dunia kemudian kita juga sudah sebutkan bahwa amal menginginkan dunia ada dua macam satu hanya menginginkan dunia dari seluruh amalannya tidak ada niat sama sekali beribadah kepada Allah subhanahu wa taala maka ini adalah Syirik Akbar seperti orang-orang munafik kemudian munafik Akbar Maksudnya ya munafikqadi yang kedua ininkan dunia dari sebagian amal maka ini adalah Syirik asghar jadi sebagiannya untuk Allah dan sebagiannya untuk dunia maka ini Syirik asal baik pada pertemuan sebelumnya kita sudah membaca ee ayat atau dalil yang pertama Ya yang di dibawakan oleh penulis sekarang kita masuk kepada dalil yang kedua abiallahuu rasulullahahu Alaihi wasam ABD Dinar taa ABD dirham taa Abdul kham taa Abdul kham in baik kita pelajari apa yang disebutkan oleh penulis di dalam hadis ini beliau mengatakan bahwaahihahih Bukhari sahih yang dimaksud adalah sahih albukhari di dalam hadis tadi disebutkan bahwa Rasullah S Alaihi Wasallam bersabda Taisa abdud Taisa penghamba emas penulis mengatakan yang dimaksud dengan Taisa adalah dengan memberikan harakat pada huruf ee harakat kasrah pada huruf Ain ta Isa dan boleh juga taasa ya dan artinya adalah jatuh sedangkan maksud dari Sabda Rasul Sallallahu alaii wasallam tersebut adalah binasa jadi kalau kita Terjemahkan secara bebas binasa penghamba emas ya dan ia termasuk juga di dalamnya adalah eh penghamba perak ya penghamba emas atau penghamba perak dan para ikhwah yang dirahmati oleh Allah Subhanahu taala disebutkan di dalam tempat yang lain oleh al-hafiz Ibnu Hajar al-asqalani rahimahullah Taisa adalah kebalikan dari said’a bahagia a syaqi maksudnya Taisa adalah sengsara sengsara penghamba uang menenghamba emas berkata abu sa’adat disebutkan Taisa yataasa Jika dia eh ter jatuh pada wajahnya jadi dia berjalan kemudian jatuh wajahnya dan ini gambaran orang tersebut didoakan keburukan oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam itu arti dari taa dan rasul wasam tadi Sada taa abdud Dinar uhu abdud Dinar hual Ma’ruf [Musik] minzahabqal fil wazn yang artinya eh abdud Dinar dia adalah yang sudah dikenal yaitu emas dan dia seperti timbangan misqal di dalam perkara timbangan Abam sengsara celaka penghamba emas wham adalah terbuat dari f ya yaitu [Musik] perak Bani Umayah w wa khumsan wa habbah yang artinya orang para ahli fikih membatasi bahwa yang dimaksud dengan ee dirham adalah [Musik] ee 1 dirham para ahli fikih membatasinya dengan gandum sebagai Timbangan dan bagi kita darinya 1 dirham adalah yang disebutkan oleh Bani Umayyah [Musik] dan EE beratnya khamsina habbah syaain 50 biji gandum dan se/lima biji intinya dirham itu eh penulis menceritakan tentang para ahli fikih membatasi satu dirham itu berapa beratnya begitu ya tapi yang dimaksud adalah di sini penghamba perak yaitu eh samahu Abdan lahu Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam menamainya dengan hamba terhadap perak Karena itulah yang dimaksud dari amalnya Karena itulah yang dimaksud dari amalnya maksudnya dia hanya menginginkan perak atau emas dari amalnya tersebut maka setiap yang menghadap bermaksud untuk mengerjakan Ibadah kepada selain Allah maka Allah subhanahu wa taala telah menjadikannya sebagai sekutu baginya dalam ibadah sebagaimana yang terjadi pada kebanyakan manusia quluhu Taisa Abdul khamisah celaka hamba kain abu saadat abu saadat berkata Hun khinin mu dia adalah kain ataupun domba e apa namanya W yang sudah diberikan tanda ada yang mengatakan bahwa kain tidak Dian khah kecuali kalau dia itu adalah hitam dan diberi tanda maksudnya ada tandanya dan kata khah jika dalam bentuk jamak adalaham amilah adalah pakaian ya pakaian yang terbuat dari apa saja itu namanya quu huauhmalahadu aadahu yang artinya taas kata alhaf Ibnu hajarq rahimahullah dia tidak ada harakat pada pada dua kata ini ya kafnya muhnya juga tidak ada titiknya ainnya juga tidak ada titiknyanya tidak ada titiknya J semuanya huruf asli maka dia adalah doa keburukan dari Rasul sahu wasam untuk orang tersebut ya [Musik] yang artinya kata imamahullah seorang ulama yangyarah hadis Beliau berkata di dalam hadis ini terdapat meningkatkan diri dengan doa kepada Allah Subhanahu Wa taal dikarenakan ja maka akan tersungkur pada wajahnya dan jika ia berbalik maka dia maksudnya adalah Jika dia intas maksudnya adalah kepalanya di bawah dan kakinya di atas kepalanya di bawah dan kakinya di atas dan ini terlarang dalam AG Islam [Musik] q disebutkan dalam hadis maksudnya ad Jika dia mendapatkan sesuatua tidak boleh tidak ada yang berkuasa untuk mengeluarkannya dengan [Musik] dengan debat ya Jadi kalau orang berdagang kalau seandainya sudah kena musibah maka jangan dia mendebat yang musibah yang sudah datang yahi an Alaihi bimau wanat hadiahdda anaja had daw Fi Ali fiha faaduru fijili dunyahuj aku dan yang dimaksud adalah bahwa barang siapa yang keadanya demikian maka berhak dia berdoa keburukan atasnya atasnya dengan apa yang memberikan keburukan pada akhir hidupnya dan barang siapa yang keadaannya Demikian maka wajib baginya untuk mencari bekas doa-doa ini di dalam terperosokannya dalam apa saja yang membahayakannya baik di dunia ataupun di akhirat e Jadi maksudnya kalau ada orang dalam keadaan yang disebutkan oleh doa tersebut maka hendaknya dia keluar dari keadaan tersebut jangan sampai dia didoakan keburukan oleh EE Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sebagaimana dalam hadis ini nah ee jadi sekali lagi ketika Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam mengatakan Taisa abdud Dinar maka siapa yang beramal ibadah dengan menghambakan ee ee uang dalam amal ibadahnya tersebut maka dia akan mendapatkan keburukan sebagaimana doa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam atasnya kesengsaraan baik itu dia dapatkan ee akibat dari doa Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam tersebut di dunia ataupun akibat dari doa Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam tersebut di akhirat maka hati dengan doa ini lalu penulis mengatakan Q sikhul Islam rahimahullahahun nabi shallallallahu Alaihi Wasallam ABD Dinar W dirham wa abdal khalifah wa abdal khamah lalu makanya Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam menamai dengan budak emas budak perak budak [Musik] ee kain pakaian wa dan di dalamnya disebutkan doa dengan laf kabar yaitu dia sengsara dan dia akan goncang dan jika diuji maka dia tidak bisa menjawab ke sorang Jika dia mendapatkan keburukan maka dia tidak keluar [Musik] keada orang yang menadik dan Allah subhahu wa taala telah mereka yang seperim di diaah dan dari mereka ada yang menghinamu di dalam perkara sedekah jika mereka diberikan darinya mereka akan rela R kalau seandainya mereka tidak diberi maka mereka akan Mur surahaubah ayat 58 ah maka akhirnya mereka meridai karena selain Allah dan eh apa namanya mereka murka kepada selain Allah subhanahu wa taala demikianlah keadaan orang yang tergantung dengannya kepuntuk Gar [Musik] Dar seorang hamba yangahwahu minik seorang hamba [Musik] eh yang menginginkan apa saja yang dihawa nafsui olehnya wahu Padahal dia adalah budak untuknyaah karena perbudakan dan peribadatan di dalam hakikatnya adalah eh kelembutan kalbu dan ibadahnya maka apa saja yang kalbunya tertawan dan dia beribadah kepadabunya tersebut beribadah kepada e benda maka dia adalah e budaknya dari yang dia ibadahi tersebut ul maka sesungguhnya hal itu menjauhkan diinya dan perk Sep ini maam di yang dihapkanor hamb hamba menginginkan sesuatu darinya Bagaimana I mengharapkan makanan minuman dan juga pernikahan tempat tinggal dan lain-lainnya di sering berdoa kepada Allah subhanahu wa taala maka akhirnya ibadah di sisinya itu digunakannya untuk dalam ketaatan keperluannya dengan keduduk dengan kedudukan [Musik] e apa keledai keledaya yang ditungganginya W dan berdasarkan apa permadani ataupun karpet yang dia duduk di atas tanpa dia mengingkarinya yang akhirnya menyebabkan dia halu yaitu ee manja ya dan di anaranya ada yang tidak diharapkan seorang hamba maka iniya tidak harus terputbunya dengannya lillah maka tidak tersisa bersamanya hakikat beribadah kepada Allah dan tidak tersisa kepadanya hakikat tawakal kepada Allah subhahu tapi di dalamnya ada bagian dari ibadah kepada selain Allah subhanahu wa taala teras juga bagian dari bertawakal kepada S Allah ini kebaikan dari manusia ini yanging harus didapatkan oleh manusia dirham celaka penghamba perak ta Abdul kham celaka penghamba Eh pakaian tais Abdul khamilah celaka pghamba kepada gamis atau abaya atau kain W dan ini adalah penghamba untuk perkara-perkara ini wah meskipun dia meminta dari Allah subhanahu wa taala sebelumnyaah karena Allah subhanahu wa taala jika memberikan kepadanya Allah akan Rida karena dan Allah subhanahu wa taala jika menahan darinya ee sesuatu tersebut maka dia akan murka wa Inama abdun abdullahardallah sesungguhnya hamba Allah adalah yang Rida dengan apa yang Allah men apacintai Allah dia MCI Apa yang apa yang membuat Allah subh Dia menolong wali-wali Allah Allah dan dia memerangi musuh-musuh Allah inilah orang yang sempurna keimanannya Nah itu para ikhwan yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa taala ya ini panjang masih panjang lagi [Musik] dan kalau kita lanjutkan akan panjang maka ee Sepertinya kita cukupkan dulu ya karena waktu tidak mencukupi maka saya kembalikan kepada pembawa acara karena kalau dilanjutkan akan panjang penjelasan ee penulis wallahuam nah Ustaz Barakallah fikum waazakallahu Khairan Terima kasih atas bimbingan dan pelajaran yang telah disampaikan berikutnya kami akan berikan kesempatan untuk Anda yang ingin memperdalam seputar pembahasan ini silakan bisa langsung masuk di kesempatan kali ini untuk bertanya via telepon 021 8236543 dengan menyebutkan nama anda dan dari mana anda berasal untuk pesan singkatnya di 08 19896543 silakan untuk telepon yang pertama halo halo belum terhubung kami Coba bacakan dari pesan singkat yang telah masuk dari Ummu Abdillah di Jawa Tengah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz izin bertanya Bolehkah wanita bercadar untuk jadi penerima tamu di sebuah resepsi pernikahan tetangga yang Nasrani jazakallahu Khairan Ustaz atas nasat dan jawabannya silakan Ustaz ala rasulillah wa ala alihi wa ashabihi wanwala Amma ba’d ahibbati Fillah eh Bolehkah wanita bercadar menjadi brism penerima tamu di dalam resepsi pernikahan tetangga yang EE Nasrani maka yang pertama para ikhwan yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa taala di kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang selain Islam akan ada hal-hal yang terlarang seperti adanya khamar sedangkan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam berdoa Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia duduk di atas sebuah meja yang yusru alai yang di minum secara bebas minuman yang memamukkan kemudian yang kedua di dalam kegiatan seperti itu terjadi kemungkaran yang banyak seperti wanita-wanita yang tidak berjilbab karena memang acaranya selain Islam maka seorang muslimah wajib dia untuk mengingkari sebuah kemungkaran karena Rasul Sallahu Ali wasallam bersabda dalam hadis riwayat Muslim manana siapa dari kalian yang melihat kemunkaran maka hendaklah dia rubah dengan tangan nyais dan jika dia tidak sanggup maka dengan lisannya kalau tidak sanggup maka denganbunya dan itu adalah selemah-lemah imanb kemudian yang ketiga jika di dalamnya adalah terdapat eh ikhtilaf percampuran antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dan seorang wanita muslimah yang bercadar maka lebih baik Dia ee tidak menampakkan dirinya di hadapan orang lain terutama laki-laki yang bukan mahramnya dan apabila dia menjadi ee penerima tamu maka terkhusus di negeri kita susah untuk tertutup ya apalagi lag itu ee kegiatan yang dilakukan oleh seorang selain Islam maka jelas-jelas tidak tertutup antara laki-laki dan perempuan maka dalam keadaan seperti ini dia tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut menjadi penerima tamu nah Adapun hukum menghadiri ee ee pernikahan kafir Bagaimana maka para ikhwan yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa taala ee jika di dalam resepsi pernikahan yang mengadakan resepsi pernikahan itu adalah orang kafir maka gugur kewajiban untuk hadiri undangan jika yang mengundang adalah atau terjadi walimah resepsi pernikahan seorang kafir gugur kewajiban dan ini mazhab jumhur mazhab Maliki Syafi’i dan Hambali Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda dalam hadis riwayat Bukhari muslim haql muslim Alal muslimi khams hak seorang muslim atas Muslim lainnya ada lima radus salam menjawab salam wadatul Mar menjenguk orang sakitul Jiz mengantarkan jenazah waijabat dakwah dan menghadiri undangan watasmitul dan mendoakan orang yang Alhamdulillah orang yang bersin dan mengucap Alhamdulillah Seperti yang saya katakan tadi Nah itu hak nah Sisi pendalilan dari hadis ini adalah ketika Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda hak muslim atas Muslim lainnya nah ini berarti hukumnya tergantung pada sifat Islam maka seakan-akan hak-hak ini tergantung dengan orang yang disifati sebagai seorang muslim maka seorang selain Islam keluar dari hukum-hukum ini Kemudian yang kedua resepsi pernikahan yang dimaksudkan adalah untuk memuliakan dan untuk loyal untuk rasa cinta dan ini tidak boleh terjadi antara selain Islam dengan Islam nah yang disebut dengan alwala wallahuam tib Ustaz jazakallahu Khairan Terima kasih atas nasihatnya khususnya untuk penanya dan kita yang menyimak pada kesempatan pagi hari ini selanjutnya pertanyaan dari hamba Allah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz kita saat ini sering melihat beberapa orang yang beribadah umrah berangkat umrah dan di sana dia memang bertujuan untuk berdoa supaya agar cepat kaya dimudahkan kehidupan dunianya bagaimana tentang fenomena yang saat ini kita lihat yang ada di meds silakan bismillah walhamdulillah wasalatu wasalamu ala rasulillah wa ala alihi wa ashabihi waaman Walah Amma ba’d eh ahibati Fillah afanillah wyakum Apabila seseorang beramal ibadah lalu dia menginginkan dengan amal ibadahnya tersebut dunia dan tidak terbesit akhirat di dalam kalbunya sama sekali maka yang seperti ini tidak sah amalnya dan tidak diterima darinya amal sampai dia menginginkan wajah Allah subhanahu wa taala ya kalau hanya dunia dia tidak sah amalnya umrah agar ingin kaya tidak ada niatan umrah sama sekali kecuali hanya ingin kaya tidak sah amal ibadah Kenapa karena Allah subhanahu wa taala berfirman manana yuridul Hayat Dunya wiinatahai ilaihimum Siapa yang menginginkan kehidupan dunia dan perhiasannya kami akan berikan amal-amalnya ganjaran atas amalnya di dalam di dalam dunia secara sempurna tetapi di akhirat tidak ada pahalanya mereka tidak akan dikurangi Barang siapa yang menginginkan kehidupan dunia dan perhiasannya maka kami akan berikan kepadanya secara sempurna dan mereka tidak akan dikurangi tetapi mereka inilah orang-orang yang tidak mendapatkan apa-apa di akhirat kecuali ee api neraka dan amalan mereka terhapus Adapun jika beramal dan menginginkan kebaikan dunia dan akhirat maka ini tidak mengapa kebaikan dunia dan akhirat tetapi harus ee pahala dari Allah lebih besar dibandingkan dunia yang dia [Musik] ingin ya lebih besar dibandingkan dunia yang dia [Musik] inginkan Allah berfirman di dalam Alquran Siapa yang menginginkan pahala di akhirat maka akan kami tambahkan untuknya pada kekayaannya di akhirat dia dapat dunianya kalau dia akhirat dia dapat dunia dan akhirat tapi kalau seandainya dia inin Dun yaitu keindahan dunia maka kami akan berikan tadinya tapi di akhirat Dia tidak memiliki nasib apa-apa Ar bagian apa-apa tidak memilikinya maka siapa yang niat nya baik dan amalannya baik untuk wajah Allah nah ini yang terbaik kalau tidak maka amalannya rusak atau amalannya untuk selain wajah Allah maka ini batil Bagaimana Allah subhanahu wa taala berirakumta sesungguhnya amalan-amalan kalian itu ee banyak tetapi batil semua karena tujuannya hanya dunia saja Maka kalau seandainya ingin beramal beramallah untuk mendapat Rida Allah kemudian berdoa agar mendapatkan dunia ini yang paling Afdal tapi kalau beramal ingin ee Rida Allah tapi juga ingin mendapatkan dunianya maka boleh tetapi harus tinggi niat Rida Allahnya dibandingkan untuk dunia ya wallahuam Nah tib Ustaz jazakallahu Khairan Selanjutnya kami berikan kesempatan untuk anda kembali baik itu via telepon maupun pesahan singkat silakan penelepon yang pertama halo halo belum terhubung [Musik] 0218236543 bagi Anda yang bertanya via telepon kami persilakan Halo Halo asalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa ini di mana Mohon maaf dengan Pak Jaja di Kalideres silakan pertanyaannya Bapak jajah ee Gimana hukumnya menyuruh anak kita untuk menghafalkan beberapa juz al-qur’an supaya bisa uk ke Universitas tertentu apakah termasuk hamba dunia atau bukan itu ajaakah alalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh silakanillah [Musik] wasah seorang menghafal al-qur’an agar bisa masuk ke Universitas tertentu maka jika di Universitas tertentu tersebut dia belajar ilmu agama maka niscaya hafalan al-qur’annya bermanfaat dan dinilai ibadah insyaallahu taala karena dengan hafalan al-qur’an tersebut dia akhirnya bisa melanjutkan menimba ilmu agama tetapi tentunya menghafal al-qur’an dengan niatan untuk beribadah dan mendapat Rida Allah secara murni lebih Afdal daripada menghafal al-qur’an hanya sebatas agar melengkapi syarat untuk masuk ke Universitas tersebut dan jika menghafal al-qur’an tujuannya untuk mendapatkan beasiswa di universitas-universitas umum yang tidak ada ikatannya dengan atau kaitannya dengan menuntut ilmu agama maka dikhawatirkan yang seperti ini adalah untuk dunia hafalan Alqurannya tersebut dia menghafalnya dikhawatirkan untuk dunia karena tidak ada kaitannya dengan ee apa ee menuntut ilmu agama Setelah dia masuk Universitas tersebut dan rasul Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda inamalalu binniat amalan tergantung niatnyaat hijratuhuallahijratu [Musik] Barang siapa yang hijrahnya amal ibadahnya untuk dunia yang ingin dia dapatkan untuk perempuan yang ingin dia nikahi maka e dia akan mendapatkan sesuai dengan niatnya Tidak Dianggap sebagai ibadahallahu baik Ustaz Terima kasih atas nasihat dan jawabannya Selanjutnya kami berikan kesempatan kembali silakan di 0218236543 halo halo belum terhubung kami akan Coba bacakan pesan singkat yang telah masuk dari warjono di Bangka Belitung Afan Ustaz Bagaimana dengan kondisi anak 6 tahun di pondok setelah selesai selesai kuliah di Universitas umum sebagai orang tua Apa yang harus kita lakukan padahal kita sudah Arahkan dan cita-citakan agar dia berkuliah di Universitas Islam mohon pencerahannya para Ustaz silakanamdulillah wa alihi Wai pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang sangat penting terkhusus di zaman sekarang seorang orang tua me masukkan anaknya ke dalam lembaga pendidikan pesantren agar belajar ilmu agama setelah 6 tahun jenjang SMP dan SMA maka ada beberapa kemungkinan sang anak melanjutkan menimba ilmu agama melanjutkan ke jenjang Universitas maka ini yang sangat diharapkan karena anak tersebut akhirnya akan menjadi penuntut ilmu yang lebih tinggi lagi ilmunya yang diharapkan dia menjadi ulama pewaris para nabi alaihatu wasalam dan para nabi tidak mewariskan emas dan perak tapi mewariskan ilmu agama dan diharapkan anak tersebut terus jenjang S1 melanjutkan ke jenjang S2 melanjutkan ke jenjang S3 sampai dia menjadi ahli di dalam perihal Urusan Agama menjadi ahli di dalam pemberi fatwa dalam urusan agama yang diperlukan oleh masyarakat dan anak yang seperti ini sangat diharapkan dia menjadi anak yang Saleh yang mendoakan orang tuanya dan seluruh ilmu yang diajarkan nanti oleh anak ini maka orang tuanya sebagai penyebab anak ini menimba ilmu agama akan mendapatkan pahalanya Alangkah indahnya menjadi anak yang seperti ini dan wallahuam ini salah satu tafsiran dari quratu Ain anak yang menjadi penyejuk mata pandangan orang tua anak yang Zuriah thayibah keturunan yang baik dan anak yang Saleh Nah ada keadaan dan pilihan yang kedua setelah anak tersebut bersekolah di pesantren selama 6 tahun sampai jenjang SMA lalu antara dua keadaan orang tuanya yang takut anaknya tidak punya pekerjaan akhirnya disekolahkan ke sekolah umum dengan harapan nanti bisa mencari pekerjaan yang tetap menurut orang tua dan keadaan ini akhirnya sebagian orang tua dalam tanda kutip mempengaruhi ee pengurus-pengurus pesantren sehingga membuat kebijakan yang akhirnya menyebabkan Pesantren tersebut menyediakan fasilitas fasilitas agar anaknya sebelum lulus di jenjang SMA untuk disediakan pembekalan-pembekalan agar bisa melanjutkan sekolah jenjang universitas di universitas umum yang tidak ada sama sekali kaitannya dengan agama maka yang seperti ini adalah sebuah hal yang kurang Elok tidak seharusnya demikian apalagi dengan alasan dengan syubuhat Tidak semua orang harus jadi Ustaz keadaan seperti ini nasihat saya adalah menuntut ilmu agama bukan untuk menjadi Ustaz akan tetapi menuntut ilmu agama adalah untuk menjadi manusia yang terbaik karena yang terbaik dari manusia adalah yang beriman dan beramal shh inina amanu wailihat Sesungguhnya orang yang beriman dan beramal saleh mereka adalah orang-orang yang sebaik-baik manusia dan menjadi orang yang beriman dan beramal saleh tidak cukup belajar ilmu agama hanya sampai pada jenjang SMA tidak cukup belajar ilmu agama hanya sampai pada jenjang SMA apabila si anak akan melanjutkan ke jenjang universitas di umum dan tidak pernah belajar agama sama sekali secara sistematis dan secara khusus maka itu berarti terputus pembelajaran ilmu agamanya setelah sma-nya dan ini tidak selayaknya orang tua berpikiran demikian ya kemudian pilihan yang lain adalah setelah jenjang SMA orang tua tetap menginginkan anaknya untuk melanjutkan ke jenjang universitas yang di dalamnya ia menuntut ilmu agama akan tetapi anaknya yang tidak mau pada hal yang seperti ini maka para ikhwah yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa taala nasihatilah sang anak banyaklah berdoa kepada Allah agar anaknya tetap menuntut ilmu agama dan tugas orang tua untuk tetap mengarahkan anaknya agar menuntut ilmu agama apabila memang sang anak tidak bisa dipaksa untuk melanjutkan ke jenjang universitas untuk menuntut ilmu agama dan dia ingin menjadi dokter misalkan menjadi e tentara polisi menjadi ee pengusaha atau yang lain-lainnya yang tidak ada hubungannya dengan ilmu agama maka tidak dapat dipaksa akan tapi tetap kewajiban orang tua untuk memberikan fasilitas dan memotivasi sang anak agar tetap belajar ilmu agama yang sistematis sehingga terciptalah anak yang quratu ain zuriyatan thayibah dan saliihin anak yang sejuk dipandang mata kemudian keturunan yang baik dan Saleh nah ini adalah nasihat saya tentang kasus seorang yang belajar ilmu agama sebagai santri selama 6 tahun kemudian setelah itu kelanjutan belajarnya setelah 6 tahun tersebut di jenjang SMA semoga yang saya sampaikan bermanfaat wuam n Ustaz Barakallah fikum W jaazakallahu Khairan Terima kasih atas kesediaan Ustaz untuk menjawab beberapa pertanyaan yang telah masuk di kesempatan kali ini semoga menjadi tambahan ilmu untuk kita semuanya dan kita cukupkan sampai di sini pertemuan ini terima kasih kepada kaum muslimin dan muslimat pemerhati Roja di manapun Anda berada Insyaallah kita akan berjumpa kembali di lain kesempatan kami akhiri subhanakallahum wabihamdik ag wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *