[Musik] tvismillahahamikumah illam Wasi allahakum Para pendengar dan pemerhati ra di manaun Antum berada di kesempatan pagi hari ini kita bersyukur P Allah subhanahu wa taala hari ini masih kita diberikan kesempatan untuk mentaati Allah subhanahu wa taala dan juga kesempatan untuk bisa menyimak kajian yang penuh dengan manfaat dan faedah di kesempatan pagi hari ini ikhwat Isam azzani Allahu wyakum kami hadirkan kembali di ruang dengar anda dan layar televisi Anda satu kajian ilmiah yang tentunya sangat bermanfaat bagi kita semuanya dalam pembahasan Kitab fawaidul Fawaid buah karya dari sikul Islam Ibnu qayyim aljauziyah rahimahullahu taala dan ikhwat islamzani Allahu wakum sebagaimana biasanya kajian ini akan sampaikan dan dipaparkan secara mendalam bersama guru kita Al Ustaz alfadil Abdullah Taslim Ma hafidullahu taala Alhamdulillah kami telah terhubung dengan beliau yang saat ini beliau berada di studio Roja Kendari danani Allahu wakum setelah kajian disampaikan beliau kami membuka sesi interaktif soal jawab dalam rangka nomor dalam materi yang telah beliau sampaikan ataupun anda ingin bertanya dalam perkara-perkara lainnya Anda bisa ajukan dan dan tanyakan melalui layan telepon secara langsung di 021823 6543 ataupun Anda ada bertanya menchat wa di 0819896543 n Allah wakum kita simak bersama dan kepada Ustaz kami persilakan ffad Maskur Barakallah fikum asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh innalhamdalillah nahmaduhutainuhuastagfiruh waubillahiuri anfusina W sayiati aalinaahdihillahu Fala mudillalah Wam yudlil Fala hadialah wa Asyhadu alla ilahaillallahu wahdahu la syarikaalah wa Ashadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh Allahumma Shi wasallim wabarik ala Nabina Muhammadin wa ala alihi wa ashabihi waman tabiahum bisanin yaumiddin Amma Badu Alhamdulillah maasyiral Muslimin maasirul ikhwah Wal akhwat fiddin kaum muslimin para pemerhati Rojak TV dan radio Rojak di manapun Antum berada Barakallah fikum kita bersyukur kepada Allah subhanahu wa taala kita senantiasa memuji dan menyanjungnya atas semua limpahan nikmat dan karunianya Alhamdulillah segala puji bagi Allah subhanahu wa taala yang memudahkan kita kembali bertemu di dalam majelis ilmu ya Meskipun secara online di pagi hari ini di dalam lanjut pembahasan kajian kitab yang sangat bermanfaat kitab alfawaid buah karya dari Al Imam Abu Abdillah Syamsuddin Ibnu qayyim Al jauziyah rahimahullahu taala ya Barakallah fikum pembahasan kitab alfawaid ya masih di pembahasan tentang masalah akidah dan tauhid saat ini kita akan melanjutkan pembahasan masih e Bagaimana al-qur’an menjelaskan tentang keindahan sifat-sifat Allah subhanahu wa taala di dalam ayat-ayatnya yang ini semakin menguatkan pengenalan kita terhadap Allah subhanahu wa taala dengan nama-namanya yang maha indah sifat-sifatnya yang Maha Tinggi dan maha mulia yang tentu akan semakin menggerakkan hati kita untuk mencintai Allah senantiasa memuji dan menyanjung Allah subhanahu wa taala atas kesempurnaan dan kemaha indahan nama-nama dan sifat-sifatnya Ti Barakallah fikum Sekarang kita akan baca khitabul Qurani Fi wasfir Rahman ya penjelasan al-qur’an dalam menerangkan sifat-sifat kesempurnaan kemahatinggian Allah subhanahu wa taala baik sudah kita Jelaskan jemaah sekalian rahimakumullah bahwa ayat-ayat al-qur’an yang menjelaskan tentang Allah baik itu nama-namanya sifat-sifatnya maupun perbuatan-perbuatannya yang Maha Tinggi Yang Maha terpuji ini adalah ayat-ayat yang paling banyak yang mengandung hal ini di dalam al-quran Seperti penjelasan para ulama di antaranya syikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu taala bahkan lebih banyak daripada ayat-ayat yang menjelaskan tentang hari akhir tentang surga dan neraka berarti perkara ini memang yang paling penting dibutuhkan oleh manusia yang paling bermanfaat bagi hati mereka untuk mengenal dan mencintai Allah subhanahu wa taala untuk selalu mengenal kemahainahannya kemahatinggian sifat-sifatnya agar di hati seorang hamba itu benar-benar selalu ada kecintaan ketundukan ketakutan pengharapan ya Rida kemudian tawakal kepada rabbnya kepada Allah subhanahu wa taala karena Inilah kehidupan hati yang sesungguhnya bahkan hati manusia tidak akan bisa hidup tanpa tanpa ada hal-hal seperti ini di dalamnya maka makanya ini menjadi penjelasan yang paling banyak di dalam ayat-ayat Alquran karena inilah yang paling dibutuhkan untuk hati manusia agar bisa benar-benar menjadi hati yang hidup keimanan di dalamnya tumbuh yang menjadi sebab kebaikan kebaikan dalam ibadah seorang hamba barakallahikum diterangkan di sini oleh Imam IB rahimahullah taala Beliau berkata ka biadiaruaihi coba kamu renungkan penjelasan al-quran tentang sifat-sifat kesempurnaan Allah kamu akan dapati Allah adalah Malik ya Yang Maha Kuasa Yang Maha merajai alam semesta yang semua kerajaan dan kekuasaan adalah miliknya dan semua segala pujian adalah untuknya ya kunci-kunci Setiap perkara semua ada di tangannya sumbernya adalah darinya dan tempat kembalinya juga adalah kepadanya Coba Kita Renungkan sifat-sifat seperti ini disebutkan dalam banyak ayat Alquran Bukankah ini menjadikan kita semakin tunduk kepada Allah in pasr dan hanya bertawakal kepadanya semakin menyerahkan segala urusan kita semakin rajin kita berdoa meminta jalan keluar dari semua masalah kita tempat kita kembali dan mengadukan segala kesusahan kita karena kita tahu segala urusan ada di tangannya sumbernya adalah dari dirinya dan kembalinya juga adalah kepadanya yakni semakin menyempurnakan keterikatan hati kita ketundukan kita tawakal kita kepada Allah berarti semakin meny an tauhid dan penghambaan diri kita kepadanya mustawiaiiatun Fi mamakatiiman Bim nufusi abidihi isrim wahim kita dapati Allah subhanahu wa taala Maha tinggi beristiwa di atas singg sana kerajaannya yang maha luas yni di atas arsynya bersamaan dengan itu tidak ada satu pun ya yang luput darinya yang samar baginya di segala penjuru kerajaannya karena penglihatannya Maha Sempurna pengetahuannya Maha rinci dan sempurna karena pendengarannya pengawasannya Maha Tinggi dan Maha Sempurna tidak ada satu un yang luput dari pengawasan dan penglihatannya Innallaha la yakfa alaihiun fil ardhi W fama Sesungguhnya Allah subhanahu wa taala tidak ada satu makhluk pun yang luput dari pengawasannya yang samar baginya Ya baik di langit-langit maupun di bumi baik ini tentu akan menjadikan seorang hamba semakin takut dan selalu merasakan pengawasan Allah dalam semua keadaannya baik dia ketika sendirian maupun di hadapan makhluk lainnya dia akan selalu mengetahui Allah subhanahu wa taala tidak pernah luput dari mengawasinya maka ini akan menjadikan dia selalu ya tunduk dan bertakwa kepada Allah dalam semua keadaannya selalu menjaga bisikan-bisikan di hatinya selalu berusaha memperbaiki niatnya karena dia tahu Allah subhanahu wa taala maha mengetahui tentang dirinya lahir maupun batinnya tib jadi Allah subhanahu wa taala tidak ada satupun yang samar baginya di semua di segala penjuru kerajaannya Allah Maha Mengetahui apa yang ada di hati atau di dalam jiwa hamba-hambanya Maha Melihat apa yang mereka sembunyikan maupun apa yang mereka tampakkan munfaridanadbir aka yibu WIB waukrimu wuhinu waklzumitu wuhyi wirqabbir Allah subhanahu wa taala yang maha esa satu-satunya yang mengatur semua kerajaan di alam semesta ini dialah yang Maha Mendengar lagi Maha melihat Dia yang memberikan kepada siapa yang dikehendaki dan mencegah bagi siapa yang dikehendaki memberikan pahala kepada siapa yang dikehendaki memberikan iqaf atau siksaan kepada yang berhak menerimanya ya dia memuliakan dan menghinakan menciptakan memberikan rezeki mematikan dan menghidupkan dialah yang menentukan ketentuan mengatur takdir setiap makhluk serta mengatur segala urusan mereka yakni kalau seperti ini keadaan yang kita pahami di hati kita setelah kita mengenal Allah subhanahu wa taala maka tidak mungkin kita akan menujukan ibadah kita kepada selain Allah tidak mungkin kita mengharapkan mengarahkan pengharapan kita kepada selain Allah subhanahu wa taala tidak mungkin kita akan meminta kepada selainnya sementara kita tahu hanya dialah yang memiliki segala perbendaraan langit-langit dan bumi dialah yang memberikan kepada siapa yang di kehendaki dan mencegah kepada Siapa yang dikehendaki ya menjadikan kita akan selalu hanya menjadikan mengarahkan niat kita pengharapan kita permohonan kita hanya kepada Allah subhanahu wa taala dia yang memberikan pahala dan memberikan siksaan ini juga akan menjadikan kita selalu menghadapkan hati kita kepadanya dia yang memuliakan dan menghinakan berarti menjadikan kita selalu mencari kemuliaan dengan meminta dengan mengamalkan ketaatan mengikuti perintahnya menjauhi larangannya sementara kita mengetahui kehinaan itu adalah dengan menyelisihi perintah Allah subhanahu wa taala dialah yang menciptakan memberikan rezeki maka tidak pantas disembah kecuali hanya dia satu-satunya tidak pantas untuk diibadahi kecuali hanya Allah subhanahu wa taala sematamata dia yang mematikan dan menghidupkan ini juga menjadikan kita tidak akan beribadah atau menghambakan diri kepada selain Allah subhanahu wa taala semata-mata dialah yang menakdirkan menentukan ketentu serta mengatur urusan makhlukNya ya Ini juga yang menjadikan kita selalu tenang ketika menjalankan hidup kita karena kita tahu yang menetapkan segala ketentuan adalah Allah subhanahu wa taala dengan semua sifat-sifat kesempurnaannya dengan keadilannya yang sempurna dengan hikmahnya yang sempurna sehingga dia tidak mungkin salah dalam menap menetapkan ketentuan takdir setiap makhlukNya ini yang kita dapati ketika kita membaca dan merenungkan ayat-ayat al-qur’an tentang nama nama-nama dan sifat-sifat Allah subhanahu wa taala maasyiral muslimin para pemerhati roak TV dan radio Rojak di mana pun Antum berada ya ini gambaran yang menunjukkan kepada kita bahwa memang penjelasan al-qur’an ketika membahas dengan rinci tentang nama-nama dan sifat-sifat Allah ini tujuannya adalah agar menjadikan hati kita itu dipenuhi dengan pengagungan selalu kepada Allah selalu memuji Allah menyanjungnya karena ternyata semua sifat-sifatnya kesempurnaan tidak ada yang Allah subhanahu wa taala salah dalam menempatkan segala sesuatu maka dia dipuji dengan kesempurnaan sifat-sifatnya apalagi waktu kita baca tentang rahmatnya kasih sayangnya kebaikan-kebaikannya kepada kita pasti kita akan semakin mencintai Allah mengagungkan Allah dan memujinya dalam semua keadaannya ya tib kemudian fataammal Kaifa tajiduhu yutni ala nafsihi waumajidu nafsahu wahmadu nafsahu waahu ibadahu waaduhum ala Ma Fi saadatuhum waalahuhum waibuhum fihi wuhadiruhum mimma fihi halakuhum Coba anda renungkan bagaimana ya anda akan mendapati bahwa Allah memuji dirinya Karena tentu Allah sifat-sifatnya Maha Tinggi dan Maha Sempurna Ya Allah subhanahu wa taala menyebutkan dalam banyak ayat al-qur’an Alhamdulillah Alhamdulillahi rabbil alamin segala puji bagi Allah Rabb Yang Maha menguasai alam semesta Allah subhanahu wa taala mengagungkan [Musik] dirinya menyanjung dirinya menasihati hamba-hambanya menunjukkan kepada mereka segala sesuatu yang membawa kepada kebahagiaan dan keberuntungan serta memotivasi mereka melakukannya juga memperingatkan mereka dari sebab-sebab yang mendatangkan kebinasaan bagi mereka Bukankah ini menunjukkan Allah subhanahu wa taala itu Maha Baik Maha Sempurna karunianya rahmatnya ya kita ingat Sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam yang be beberapa kali kita bacakan di kajian-kajian kita yang lalu dalam Sahih Muslim ketika Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda lallahu arhamu biibadiiiadi sungguh Allah subhanahu wa taala lebih sayang kepada hamba-hambanya dibandingkan sayangnya seorang ibu kepada kepada anak bayinya Subhanallah Ya Allah subhanahu wa taala senantiasa menunjukkan kepada kita semua yang mendatangkan kebaikan kebahagiaan dan keberuntungan Allah memotivasi kita untuk melakukannya sedang segala sesuatu yang mendatangkan kebinasaan Allah subhanahu wa taala melarang memperingatkan kita untuk [Tepuk tangan] [Musik] menjauhinya um bimahum Minal Karti inuhu wahum Minal ubati Inu tib Allah subhanahu wa taala memperkenalkan diri kepada mereka kepada hamba-hambanya dengan nama-namanya yang maha indah sifat-sifatnya yang Maha Tinggi dan Allah subhanahu wa taala menarik kecintaan hamba-hamba kepadanya dengan menjelaskan berbagai macam nikmat dan karunia yang diberikannya kepada manusia ingat manusia punya Fitrah pasti akan menyukai atau mencintai pihak yang berbuat baik kepadanya yang punya jasa kepadanya ya di kalangan manusia orang tua kita yang paling banyak kebaikannya maka kita paling mencintai kedua orang tua kita apalagi ibu kita Nah sekarang bandingkan dengan Allah subhanahu wa taala yang kebaikannya tidak pernah berhenti bahkan sebelum kita lahir di dunia bahkan kebaikan yang Allah berikan tidak ada satuun yang bisa memberikannya seperti kebaikan-kebaikan memberikan Taufik dalam masuk Islam mengenal sunah mempelajari ilmu yang bermanfaat akhirnya kenal akidah kenal tauhid kenal kebaikan-kebaikan dalam agama ini tidak ada yang bisa membukakan hati kita untuk menerima Taufik dalam kebaikan ini selain Allah subhanahu wa taala satu-satu ya cukup kedua orang tua kita yang berbuat baik kepada kita sehingga kita sangat menyayangi mereka ya cukuplah kebaikan ini kasih sayang dari orang tua ini diberikan kepada anaknya itu karena Ilham yang Allah berikan ya kasih sayang yang Allah jadikan di dalam hati mereka sehingga sayang mereka sayang kepada anaknya Subhanallah ya Jangankan orang tua kita binatang buah saja sayang kepada anaknya kalau bukan Allah subhanahu wa taala yang menjadikan Rahmat Kay sayang di hati mereka mereka tidak akan bisa sayang kepada kepada anaknya Berarti semua juga bersumber dari kebaikan Allah subhanahu wa taala kepada hamba-hamb-anya nah Allah mengingatkan kepada mereka tentang berbagai macam nikmat yang Allah limpahkan Allah perintahkan kepada mereka perintah untuk mensyukuri nikmat itu yang ini menjadi sebab sempurnanya nikmat ditambahnya nikmat dan disempurnakan nikmat tersebut Subhanallah perintah Allah untuk mensyukuri nikmat ternyata manfaatnya juga untuk menyempurnakan nikmat itu sendiri serta Allah memperingatkan kita dari kerasnya siksaannya juga Allah mengabarkan kepada kita mengingatkan kepada kita dalam al-qur’an tentang berbagai macam kemuliaan yang Allah janjikan bagi orang-orang yang taat kepadanya juga Allah Ingatkan tentang siksaan atau azab yang Allah janjikan Allah siapkan bagi orang-orang yang durhaka kepadanya serta Allah mengabarkan kepada hamba-hambanya apa yang Allah perbuat kepada wali-walinya orang-orang yang selalu taat kepadanya hamba-hamba yang beriman serta apa yang Allah perbuat kepada musuh-musuh orang-orang yang durhaka kepadanya Bagaimana kesudahan dari hamba-hamba yang beriman atau wali-wali Allah ini kekasih-kekasih Allah ini Serta Bagaimana kesudahan bagi orang-orang yang durhaka yaitu musuh-musuh Allah subhanahu wa taala Allah Jelaskan dengan penjelasan yang seindah-indahnya yang sempurna dan sebaik-baiknya supaya Kenapa memberikan motivasi bagi hati orang-orang yang punya kehidupan untuk mengejar keutamaan yang Allah janjikan kebahagiaan sempurna yang yang jelas-jelas Allah subhanahu wa taala siapkan bagi hamba-hamba yang beriman serta menjadikan hati-hati yang hidup tentu untuk berusaha menghindari menjauhi segala sesuatu yang dibenci dilarang dan dimurkai oleh Allah subhanahu wa taala lihat Bagaimana sempurnanya petunjuk al-qur’an bagi siapa bagi yang membaca dan merenungkannya kita harus ingat membaca al-qur’an merenungkannya ini adalah tujuan besar untuk membuka keindahan keberkahan al-qur’an ya Di dalam kitab atatul lahfan Imam Ibnul qayyim rahimahullah taala menyebutkan hal ini beliau mengatakanakahmihu akan tetapi keindahan al-qur’an perbendaraan hikmah dan kebaikan yang terdapat di dalam al-quran itu tergantung dari sejauh mana kita membaca dengan merenungkan isinya mengenal kandungannya ya y apa Ini Ma apa ini tergantung dari sejauh mana kita memahaminya dan mengetahui kandungan isinya yaitu membaca dengan merenungkan menghayati artinya maka inilah keindahan al-qur’an Dan inilah cara untuk kita menggali mengambil keindahan tersebut untuk menguatkannya agar benar-benar menjadi keyakinan yang kuat di dalam hati kita tib kata beliau selanjutnya Allah subhanahu wa taala memuji wali-walinya para kekasihnya orang-orang yang beriman dengan amalamal yang merekaakan dan sifat-sat yang m miliki sebagaimana Allah subhanahu wa taala mencela musuh-musuhnya orang-orang yang durhaka kepadanya dengan keburukan-keburukan yang mereka lakukan dan sifat-sifat buruk yang selalu mereka tampakkan tujuannya Untuk apa Agar kita termotivasi Melakukan kebaikan setelah kita mengenal Allah kita pasti akan mencintai Allah selalu memujinya konsekuensi orang yang mencintai sesuatu dia akan pasti mencari sebab-sebab yang mendekatkan diri dia kepada kekasihnya serta berusaha melakukan hal-hal yang dicintai oleh kekasihnya tersebut maka Allah menjelaskan ini supaya kita termotivasi ya ketika Allah memuji hamba-hamba yang beriman melakukan amal-amal Saleh maka orang yang mencintai Allah pasti semangat ingin mengetahui kemudian melakukannya dengan sebaik-baiknya sifat-sifat terpuji maka dia akan berusaha untuk memiliki sifat-sifat tersebut sebaliknya hal-hal yang dicela dan dibenci oleh Allah ketika Allah Jelaskan tentang musuh-musuhnya yang melakukan perbuatan-perbuatan buruk menampakkan sifat-sifat buruk ini akan dijauhi oleh hamba-hamba yang beriman akan dihindarkan Karena Mereka takut mendapatkan kemurkaan Allah subhanahu wa taala Mereka takut Allah subhanahu wa taala berpaling dari diri mereka dan inilah bukti cinta yang benar kepadanyab Allah membuat di dalam al-qur’an permisalan-permisalan menyebutkan berbagai macam Dalil dan argumentasi tujuannya Untuk apa Agar kita paham al-qur’an karena inilah sebaik-baik petunjuk inilah kebaikan terbesar yang menjadi sumber kebaikan bagi hati manusia makanya Allah Jelaskan dengan sejelas-jelasnya sudah jelas dibuat lagi perumpamaan yakni permisalan yang didekatkan dengan keadaan di yang ada di sekitar kita dalam kehidupan kita agar kita mudah memahaminya contoh seperti Allah membuat perumpamaan ya pohon iman seperti pohon yang kita tanam di pekarangan rumah kita di taman atau di kebun alamahu matalan Kalimatan thibatanajarbatin k binibiha Tidakkah kamu melihat Bagaimana Allah membuat perumpamaan kalimat yang baik kalimat tauhid kalimat Iman kalimat ikhlas perumpamaan Iman ini seperti pohon yang baik yang pohon yang baik itu ciri-cirinya akarnya menancap kuat ke dalam tanah cabang-cabangnya menjulang ke langit kemudian buah-buahnya yang indah yang manis akan keluar setiap saat dengan izin Allah subhanahu wa taala agar kita mudah paham Allah Jelaskan agar kita semangat ternyata begini caranya menumbuhkan pohon iman di hati kita begini caranya untuk menghasilkan buah yang manis buah keimanan yang manis tentu ikhlas khusyuk dalam ibadah semangat Melakukan kebaikan berlomba-lomba ketundukan rasa takut cinta pengharapan kepada Allah pasti kita inginkan semua karena ini merupakan dambaan hati manusia yang paling tinggi Allah membuat perumpamaan untuk menjelaskan dengan sejelas-jelasnya bagi hamba-hambanya agar mudah untuk meraih keutamaan dan kebaikan ini tib wjibuubahi Adi ahsanal ajwibah kemudian Allah menjawab kerancuan yang dilontarkan oleh musuh-musuhnya dengan sebaik-baik jawaban di dalam al-qur’an jawaban tentang masalah ini itu jelas wala y’tunaka bimatsalin illa j’aka bilhaqqi wa ahsana tafsir tidaklah mereka orang-orang kafir musuh-musuhmu itu mendatangkan satu kerancuan kerusakan ya satu pemahaman yang menyimpang kecuali kami akan datangkan kepadamu kebenaran dan sebaik-baik penjelasan ini janji Allah semua syubhat dan kebatilan telah telah ada jawabannya di dalam al-qur’an dengan sebaik-baik jawaban bagi orang-orang yang membaca dan berusaha memahami merenungkan Makna al-qur’an tersebut nah Allah subhahu wa taala di yang membenarkan orang-orang yang jujur mendustakan orangorang yang berdusta Diah yang mengucapkan berfirman dengan kebenaranik petunjuk kepada jalan yang lurus di mengaj kepadagi keselamatan kenik aahu ausofaha wa husnaha wa naimaha dia yang mengingatkan tentang ciri-ciri surga ya kenikmatan-kenikmatan Di dalamnya kebaikan-kebaikannya serta berbagai macam kenikmatannya agar memotivasi bagi hamba-hamba yang beriman agar semangat untuk mengejarnya wuhadiru Min Daril bawar waakiru adabaha wabhaha wa alamaha sebaliknya Allah memperingatkan kita untuk menjauhi Negeri kebinasaan yakni neraka Allah mengingatkan tentang azabnya yang sangat pedih keburukan-keburukannya dan berbagai macam penderitaan-penderitaan di dalamnya agar apa orang-orang yang beriman menjauhinya berlindung kepada Allah darinya menjauhkan Dir dari amal-amal yang bisa membawa kita kepadanya naubillahalik Allah mengingatkan kepada hamba-hambanya tentang kekurangan dan besarnya kebuhan mereka kepada Allah dari semua segi Manusia diciptakan dalam keadaanemah penuh dengan kekurangan ini sifat asal mereka selalu butuh selalu lemah dan butuh pertolongan Allah [Musik] Hamid wahai sekalian manusia Kalian adalah hamba-hamba yang miskin penuh dengan kekurangan butuh kepada rahmat Allah dan Allah subhanahu wa taala dialah yang Maha kaya lagi maha terpuji Supaya apa kita hanya Bersandar kepada Allah kita hanya mengharahkan hati kita kepada Allah dengan sebab ini kita menyempurnakan ketergantungan diri kita kepada Allah inilah Puncak dan inti daripada keimanan tauhid kepada Allah subhanahu wa taala enah dan bahwasanya manusia tidak ada kecukupan bagi mereka tidak mungkin mereka bisa lepas dari ketergantungan kepada Allah meskipun sekejap mata ya wakirahuum wail maujudati juga Allah Ingatkan tentang kemahakayaannya ketidakputuhannya kepada makhluk bahkan semua yang ada ya wallahu hualaniul Hamid dan Allah subhanahu wa taala di Yang Maha kaya Maha tidak butuh kepada makhlukNya dan maha terpujiang Siapa yang kufur maka sungguh Allah tidak butuh kepada semua makhluk di alam semesta karena Allah padaatnya adalah Maha Sempurna mahaaya tidak butuh kepada kepada yang lainnya ya pada dirinya sendiri pada zatnya sehingga tidak butuh kepada yang lainnya Allah tidak butuh diibadahi ibadah itu untuk diri kita sendiri Allah tidak bertambah kemuliaannya dengan orang ibadah taat rajin mengamalkan amalan Saleh Ini kembalinya untuk hamba itu sendiri Allah tidak butuhkan semua itu sebagaimana perbuatan maksiat tidak akan mengurangi merugikan tidak akan mengurangi kekuasaannya sedikitp perbuatan maksiat hanya menjadi sebab keburukan bagi orang yang melakukannya sendiri man wajadahairahmadillah waman wajadaika falaalumna illa nafsahu kata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam Barang siapa yang mendapati kebaikan maka hendaknya dia memuji Allah karena itu adalah karunia Allah pertolongan dari allah Taufik dari Allah padahal allah tidak membutuhkannya itu untuk kebaikan hamba itu sendiri jadi Barang siapa yang mendapati kebaikan hendaknya dia memuji Allah dan barang siapa yang mendapati Selain itu janganlah dia mencela kecuali terhadap dirinya sendiri W Ma siwahu fakirun ilaihi binafsih sedangkan segala sesuatu selain Allah semua makhluk adalah miskin penuh dengan kekurangan butuh kepada Allah pada diri mereka sendiri waahu laalu ahadunan minaliruqa iahtih dan bahwasanya tidak ada seorang pun yang bisa meraih kebaikan meskipun sebesar biji Debu apalagi yang di atasnya yang lebih daripada itu tidak akan bisa ada yang meraihnya kecuali dengan karunia dan rahmat Allah kecuali dengan Taufik yang Allah berikan dan pertolongannya Wan minq BII W hikmati dan tidak ada seorang pun yang bisa meraih atau melakukan keburukan meskipun sekecil biji Zarah kecuali dengan keadilan dan hikmahnya ya maka ini hasil yang kita dapatkan dari perenungan terhadap sifat-sifat Allah menjadikan tumbuh kebaikan keimanan penyandaran diri ya rasa cinta takut dan berharap kepada Allah dan kebaikan-kebaikan yang lain secara luar biasa dalam diri hati seorang hamba ketika dia merenungkan ayat-ayat yang agung ini yang menjelaskan tentang kemahatinggian kemahasempurnaan kemahaagungan nama-nama dan sifat-sifat Allah subhanahu wa taala ya wajar kalau Imam IB rahaha mengatak orang yang paling sempurna penghambaan dirinya ketaatannya kepada Allah adalah yang beribadah kepada Allah dengan memahami kandungan nama-nama dan sifat-sifatnya baik Barakallah fikum ini penjelasan yang menjelaskan kepada kita tentang tingginya kedudukan ya ilmu ini yang merupakan mayoritas isi alquran kalau kita baca dan Kita Renungkan dengan sebaik baiknya baik Barakallah fikum Cukup sampai di sini Insyaallah kajian kita di kesempatan pagi hari ini untuk kita beri kesempatan bagi Antum yang ingin menanyakan hal-hal yang perlu ditanyakan sehubungan dengan materi ataupun di luar materi Barakallah fikumallahu wasallam wabak Al Nab Muhammadin wa ali waiuminalhamdulillahbilamin n Ustaz jazakumullah kir Barakallah fikum atas materi yang telah Antum sampaikan Ustaz kesempatan pagi hari ini ikhwatam Azani Allahu wayakum telah kita simak bersama pembahasan yang su yang sangat menarik buat kita semuanya tentang penjelasan al-qur’an tentang sifat Allah subhanahu wa taala dan kami membuka sesi interaktif soal jawab bagi Anda yang bertanya secara langsung Anda dapat menghubung kami di 021 8236543 ataupun Anda ada bertanyaan singkat di chat wa 0819896543 Nam kita angkat yang pertama mulai telepon terlebih dahulu silakan Ya silakan bagi Anda yang ingin bertanya Halo asalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa Bapak dan berada di mana dengan Pak jaaj di Kalideres Pak jaaj di Kalideres silakan pak Ja eh di buku doa dan wirid karya Ustaz Yazid Bin Abdul Qadir jawaz Rahmatullah alaih di situ ada bacaan zikir ketika masuk pasar nah saya kebetulan seorang pedagang jadi ada agen yang di pasar ya okelah itu dibaca diamalkan itulah ya Ada lagi agen yang bukan di pasar tapi tatnya di ruko di pinggir jalan Apakah zikir tersebut boleh diucapkan itu aja Barakallah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih Pak Jaja dan kepada Ustaz kami persilakan untuk menjawab silakan Ustaz ya Barakallah fikum pertanyaan yang sangat baik dari Pak Jaja tadi Semoga Allah subhanahu wa taala senantiasa melimpahkan keberkahan dan kebaikan bagi beliau keluarga dan bagi kita semua ya zikir yang dimaksud itu hadisnya sahih dan yang dimaksud dengan pasar di sini bukan hanya pasar tradisional Pak P juga menyangkut pasar modern artinya tempat yang di situ terjadi ya jual beli tukarmmenukar barang dengan e harga jual beli ya Ada peredaran barang-barang yang diperdagangkan di situ termasuk pasar tradisional termasuk juga tokoh-tokoh besar yakni ruko atau supermarket atau yang lainnya itu masuk semua dalam pengertian pasar dalam masalah ini maka termasuk yang katakan tadi sebuah ruko yang memperdagangkan banyak barang di dalamnya termasuk dalam pengertian pasar tadi jadi kita baca karena pasar itu adalah tempat yang melalaikan biasanya orang kalau sudah sibuk berjual beli itu akan lalai jadi keutamaan yang disebutkan di hadis ini ketika orang mengucapkan zikir tersebut ya la ilahaillallah wahdahu la syarika lahul Mulk wahul hamdu yuhyi waumitu wahua la yamutuadiir wahua qir ya maka dituliskan baginya 1 juta kebaikan diangkat dihapuskan 1 juta keburukan diangkat derajatnya 1 juta ini keutamaannya karena di saat-saat orang lalai dia tetap mengingat Allah di tempat yang di situ orang-orang lalai dia berusaha untuk selalu mengingat Allah subhanahu wa taala kita kan tahu disebutkan dalam hadis riwayat Imam muslim Rasulullah sallui Wasallam bersabda ahuladiahai tempat yang paling dicintai oleh Allah di setiap kota di setiap negeri adalah masjid-masjidnya angkan yang paling dibenci adalah pasar-pasarnya maksudnya karena pasar itu tempat yang melalaikan setan berkeliaran untuk menggoda manusia menjadikan mereka sibuk menjadikan mereka berbuat curang dan sebagainya dalam jual beli maka orang-orang yang beriman yang mengingat Allah subhanahu wa taala di waktu itu maka dia mendapatkan keutamaan yang besar seperti disebutkan di dalam hadis tersebut Nam Barakallah Fik Nam Ust Taufik Barakallah jazakumullah kir atas jawaban yang telah Antum sampaikan demikian zaman untuk Pak Jaja mudah-mudahan dapat dipahami dengan baik dan benar kita angkat kembali Islam aani allahuakum m telepon di 02182365436 silakan Ya silakan Ya silakan asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh dengan siapa Ibu dan berada di mana Perkenalkan nama saya ibu Istiqomah dari Bekasi silakan Ibu Istiqomah izin bertanya Pak ustaz Ya silakan e Saya pernah membaca bahwa A itu meliputi langit dan bumi kemudian sifat Allah itu ee berada di mana-mana dan tidak beremerlukan tempat maupun ruang kemudian apa ya fungsinya Allah itu menciptak ars kalau Allah itu berada di mana-mana itu aja ustazikmahik terima kasih banyak Ibu waikumam warmatah Kepada kamiilan silakah pertanyaan yang sangat baik dari ibu is ta Sema ya pemahaman yang menyebutkan bahwa Allah itu ada di mana-mana itu salah dan keliru ini pemahaman yang sangat rusak kalau Allah ada di mana-mana berarti Allah ada di tempat yang kotor ada di WC dan seterusnya naudubillah minzalik tidak mungkin Allah seperti itu Allah subhanahu wa taala Maha tinggi di atas semua makhlukNya Ya Allah menyebutkan di dalam banyak ayat al-qur’an arrahmanu Alal arsawa Allah Maha Tinggi Allah Maha Pemurah di atas arsnya kemudian di surat asajadah di surah alhadid banyak ayat-ayat al-qur’an yang menyebutkan Allah subhanahu wa taala Maha tinggi di atas arsynya Arsy itu adalah makhluk Allah yang paling besar dan paling tinggi dan Allah subhanahu wa taala Maha tinggi di atas di atas arsynya di atas Arsy jangan kita bayangkan seperti ruang karena tidak ada makhluk di situ yang ada Allah subhanahu wa taala ya dan yang seperti ini kita wajib Imani karena disebutkan di dalam banyak ayat-ayat al-qur’an dan hadis-hadis yang sahih dari Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam ya makhluk dan ruang itu adalah makhluk sedangkan Allah subhanahu wa taala bukan makhluk makhluk Allah yang paling tinggi dan paling besar adalah ars Kenapa Allah subhanahu wa taala menciptakannya karena Allah menghendakinya sebagaimana Kenapa Allah menciptakan makhluk padahal allah tidak butuh kepada makhluk makhluk yang butuh kepadanya karena Allah menghendakinya dan Allah menciptakan dengan hikmah makhluk dan semuanya butuh kepada allahara Allah tidak butuh kepada mereka jadi ar itu beradaannya Allah subhanahu wa taala yang menjadikannya tetap tegak sebagaimana langit-langit dan bumi Allah subhanahu wa taala jadikan tetap ya bumi tidak runtuh padahal tidak ada tiang yang menopangnya karena Allah yang menjaganya Allah menciptakan karena Allah subhanahu wa taala menampakkan kepada makhlukNya tentang kemahakuasaannya kemahatinggiannya kemahabesarannya Allah menciptakan malaikat-malaikat yang besar buat apa padahal allah tidak butuh kepada mereka Allah bisa mengatur semua urusan Kenapa Allah harus ada malaikat mencabut nyawa padahal Allah Maha Kuasa mencabut nyawa hamba-hambanya ini Allah kehendaki supaya Allah subhanahu wa taala menunjukkan kepada kita kemahakuasaannya bahwa dia memberikan perhatian kepada hamba-hambanya dengan menjadikan malaikat bertugas untuk mengurus urusan mereka dengan perintah Allah subhanahu wa taala Tentu saja Ini semua adalah hikmah yang harus kita benarkan dan kita harus terima karena ini diberitakan di dalam ayat-ayat al-qur’an dan hadis-hadis yang sahih dari nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Adapun pengawasan Allah ilmu Allah Pengetahuan Allah tentu meliputi semua makhlukNya ya jadi makna firman Allah subhanahu wa taala di surat alhadid wahua maakumama kuntum wallahu bimaal dan Allah di mana saja bersamamu di mana pun kamu berada ya dan Allah maha menyaksikan Maha Melihat semua yang kalian lakukan kebersamaan di sini maksudnya Allah pengawasannya bersama dengan kamu penglihat bersama dengan kamu karena dalam bahasa Arab itu kalimat bersama tidak mesti mengandungkan mengandung pengertian kebersamaan pada zat sama dengan bahasa Indonesia ya di dalam bahasa Arab syikhul Islam ibnuimiyah rahim Allah Taala mencontohkan ucapan penyair Arab yang mengatakan kami terus melanjutkan perjalanan kami di malam hari dan bulan menyai kami waktu kita mendengarkan kalimat seperti ini bulan bersama kami menyertai kami Apakah kita pahami bulan itu di langit turun di samping mereka jalan atau cahaya bulan yang menyinari mereka pasti cahaya bulan maksudnya ya ya sebagaimana kita mengatakan di dalam bahasa kita ya kalimat kata-kata bersama tidak menunjukkan arti kebersamaan pada kalau kita mengatakan hari ini kaum muslimin misalnya waktu Idul Fitri seorang Khatib mengatakan pada hari ini kaum muslimin bersama-sama melaksanakan salat idul fitri atau Idul Adha Apakah artinya mereka berkumpul semua satu lapangan atau masing-masing melaksanakan di lapangan-lapangan sendiri atau ada yang di masjid mungkin karena ada uzur ya masing-masing melaksanakannya tapi karena kebersamaan di situ kebersamaan waktunya atau kebersamaan semangat mereka dalam melakukannya ini diartikan bersama ya Pergilah kamu Nak doa ibu bersamamu Apakah ibunya ikut Dia berdoa di sampingnya atau Ibunya tetap di rumah berdoa tapi dikatakan berdoa bersamanya karena ibunya menyebutkan nama anaknya tersebut jadi kalimat bersama itu bisa mutlak artinya ya kebersamaan tadi kayak bulan dengan sinarnya kalau Allah subhanahu wa taala bersama dengan hamba-hambanya artinya pengawasannya penglihatannya pendengarannya pengawasannya selalu menyertai hamba-hamb-anya sehingga tidak ada satuun yang luput dari pengawasannya Yang Maha Sempurna itulah pengertian tentang memahami sifat Allah subhanahu wa taala dalam hal ini menurut penjelasan para ulama ahlusunah Wal Jamaah nah Barakallah fikum Nam Ustaz taufikq Barakallah jazakumullah Khair atas Jem sampaikan Ustaz dan kita angkat pertanyaan Meli pesan singkat Ustaz dengan pendengar kita di Cilodong Depok Ustaz Ustaz Benarkah Kak ungkapan kata yang berbunyi setiap takdir dalam hidup baik yang baik maupun yang buruk maksiat atau kebaikan semua adalah atas kehendak Allah namun tidak semua allah ridai Apakah ungkapan kata ini benar Ustaz silakan Ustaz Iya Barakallah fikum Ungkapan tersebut benar karena itu diambil dari makna hadis yang sahih dan ayat-ayat Alqur’an semua telah Allah Tentukan dengan takdirnya cuma ingat takdir itu tidak kita tahu sampai terjadinya ya dan Allah subhanahu wa taala menyampaikan tentang masalah takdir itu dalam bentuk berita bukan perintah atau larangan hanya berita saja yakni benarkanlah takdir Allah ini terima kita benarkan di sisi lain ada perintah dalam Islam lakukan kebaikan-kebaikan supaya kamu sampai kepada hasil yang baik tinggalkan keburukan-keburukan supaya kamu tidak celaka nah di sisi perintah dan larangan laksanakan perintah jauhi larangan kalau kita laksanakan perintah jauhi larangan Insyaallah kita akan sampai kepada takdir yang baik karena Allah subhanahu wa taala jadikan segala sesuatu mayoritas dengan Sebab barang siapa yang melakukan sebab yang baik maka dia akan dapatkan hasil yang baik Insyaallah ya Oleh karena itu ini semua benar tidak semua yang Allah kehendaki itu Allah ridai tidak semua yang Allah takdirkan itu Allah ridai manusia sampai dicontohkan oleh Syekh Ibnu utsimin rahimahullah taala ada hal-hal yang dilakukan oleh manusia dengan kehendaknya tapi mereka tidak mencintainya bisa artinya manus Manusia lakukan dengan dengan sadar kesengajaan tapi mereka tidak mencintainya ya Misalnya seorang ibu anaknya nakal Ibu itu mencubit Pah mungkin sehingga anaknya menangis ibu lakukan ibu tu lakukan dengan sadar karena dia punya punya niat baik supaya mendidik anaknya tapi anaknya menangis sakit anaknya Tanyakan sama Ibu itu apakah dia mencintai anaknya menangis anaknya disakiti jelas tidak tapi dia melakukannya ya contoh yang disebutkan oleh Syekh utimin misalnya rahimahullah taala seorang anak yang mengetahui ada sakit pada anaknya ada penyakit dia bawa ke dokter dokter mengatakan anak ini harus di dioperasi diangkat penyakit dalam tubuhnya bayangkan ya orang tuanya yang sangat sayang kepada anaknya membawa anak tersebut ke dokter dibayar sampai anaknya mungkin perutnya dibelah diambil sakit di dalamnya ya dioperasi dia lakukan dengan sadar padahal itu menyakiti melukai anaknya Tapi karena ada kemaslahatan yang dikehendaki maka dia lakukan ini jelas dia lakukan dengan kehendak dengan kesadaran tapi dia tidak menyukainya karena dia tidak ingin anak yang disukai apalagi sampai dibedak sampai di dilukai seperti itu dilukai yang sedikit saja dia marah tapi bisa manusia melakukan hal tersebut ya sesuatu yang dilakukan dengan kehendaknya tapi dalam keadaan dia tidak tidak menyukai hal tersebut ya maka ini contoh gambaran pada manusia apalagi Allah subhanahu wa taala yang berfirman bahwa dia adalah faal yurid Maha berbuat apa saja yang dikehendakinya coba kita Yakin segala ketentuan takdir Allah kan tidak pernah lepas dari rahmatnya ketika dia menakdirkan kebaikan-kebaikan kemudian hikmah dan keadilan ketika dia menakdirkan keburukan-keburukan Hikmah itu adalah artinya W Mai wajilq Allah selalu meletakkan segala sesuatu selalu tepat pada tempatnya tidak mungkin tidak mungkin salah nah barakallahu fikum Nam Ustaz Taufiq Barakallah jazakumullah Khair atas jawaban yang telah Antum sampaikan Ustaz dan kita angkat pertanyaan berikut melalui pesan singkat kembali dari pendengar kita atau pemirsa kita di Bondowoso Jawa Timur Ustaz asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz mohon dijelaskan Ustaz secara secara spesifik perbedaan sifat Allah yang maani dan maknawiah beberapa kali melihat tayangan kurang paham dan bahasanya jika disampaikan ke anak-anak juga kurang mudah dipahami m memberikan penjelasan yang lebih jelas agar saya bisa memahaminya jazakumah Kiran Ustaz wa ahsanallah ilaikum silakan Ustaz cob diulang Diulangi pertanyaannya baik Ustaz mohon dijelaskan Ustaz tentang perbedaan sifat Allah Yang maani dan maknawiah Ustaz agar mudah dipahami secara detail Ustaz silakan Ustaz I barakallahu fikum mungkin pertanyaannya perlu diluruskan tadi ya sifat-sifat Allah yang sifatnya maknawi maani dan maknawiah ini sama artinya maani itu jamak dari makna maani ya yang saya pernah ee baca dari penjelasan para ulama ada sifat Allah subhanahu wa taala yang disebut dengan maknawi itu artinya maknawi itu sifat yang tidak terlihat Contohnya seperti mencintai membenci tidak terlihat ya kan sekarang untuk contohnya di kalangan manusia cinta kan tidak terlihat kebencian kan itu semua sifat dalam hati semua itu maknawi namanya mencintai meridai Ya Allah subhanahu wa taala berfirman inallahuhirin Allah mencintai orang-orang yang bertobat B dan orang-orang yang mensucikan dirinya radallahu anhum Allah Rida kepada mereka dan mereka Rida kepada Allah ini sifat maknawi contoh sifat-sifat misalnya Allah membenci ya wiballahu alaihim Allah murka kepada mereka Wakin karallahum biahum akan tetapi Allah membenci perginya mereka orang-orang munafik itu ke Medan jihad karena mereka tujuannya merusak dan sifat-sifat seperti ini ya kita wajib menetapkannya bagi Allah subhanahu wa taala ya tanpa menyerupakannya dengan sifat-sifat makhluk tanpa membagaimanakannya tanpa menolaknya kemudian tanpa menyelewengkan maknanya mentahrifnya dari makna yang ditunjukkan di dalam bahasa Arab kemudian ada sifat-sifat zat yang ada pada zat Allah subhanahu wa taala seperti misalnya Allah subhanahu wa taala berfirman dan akan kekallah wajah rabmu yang memiliki keagungan dan kemuliaan Allah subhanahu wa taala memiliki wajah ini juga kita wajib tetapkan ya tapi dengan empat kaidah tadi tidak boleh kita menyerupakannya dengan makhluk Allah subhanahu wa taala memiliki wajah yang sesuai dengan keagungan dan kebesarannya tidak sama dengan makhluk makhluk saja punya wajah bisa berbeda-beda antara satu makhluk dengan makhluk yang lain bahkan yang satu jenis saja manus punya wajah yang berbeda-beda ya ini padahal di kalangan makhluk apagi Allah subhanahu wa taala yang berfirman tentanginya tidak ada satun yang Sera dengan Allah subhahu wa taala dan dia maha mendengar lagi maha melihat kemudian Conto firman Allah Subhanahu Wa taalaangan Bentang Ya Allah berinfak sesuai dengan kehendaknya ini juga merupakan ya sifat Allah subhanahu wa taala memiliki alyadan kedua tangan yang sesuai dengan kebesaran dan keagungan Allah tidak sama dengan apa yang ada pada makhluk sebagaimana Allah punya zat tidak sama dengan zat makhluk maka demikian pula sifat-sifat Allah ini contoh yang disebutkan tentang oleh para ulama tentang sifat-sifat zat yang ada pada Allah subhanahu wa taala yang kita yang kita harus pahami sesuai dengan penjelasan para ulama ahlusunah Wal Jamaah nah Barakallah fikum Nam Ustaz Taufik Barakallah jazakumullah Khairan atas jawaban sampaikan Ustaz dan kita akan angkat satu pertanyaan terakhir di perjumpaan kita pagi hari ini mulai telepon dan kita angkat mulai telepon silakan Iya Pak Rahmat ini Mas Ya silakan Pak Dengan siapa Bapak Bertanya Pak Rahmat di okis Baik Pak Rahmat silakan Pak Rahmad Ya silakan Pak Rahmat pertanyaannya pertanya Pak Ya silakan pak ya apa Fadilah daripada sifat-sifat Allah dan sekaligus Asmaul Husna apa fadilahnya Ustaz Terima kasih Ustaz Baik terima kasih Pak Rahmad baik Coba diulangi tadi Apakah Fadilah dari sifat-sifat Allah dan juga dari asma Asmaul Husna Ustaz silakan Ustaz Fadilah Ustaz Iya Adapun Fadilah dari yang disampaikan dalam pertanyaan tadi ya semoga Allah subhanahu wa taala senantiasa melimpahkan kebaikan bagi beliau yang bertanya eh keutamaan kita mempelajari nama-nama dan sifat-sifat Allah subhanahu wa taala jelas sekali ini kata para ulama merupakan ilmu yang paling Agung di dalam Islam secara mutlak karena dengan sebab ilmu Inilah kita mengenal Allah yang menjadikan kita akan mencintainya mengagungkannya takut dan berharap hanya kepadaNya sebagaimana yang Allah sebutkan di dalam FirmanNya di surat Fatir in sesungguhnya yang takut kepada Allah di anara hamba-hambanya hanyalah orang-orang yang berilmu kata Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya maksudnya berilmu ini adalahul orang yang berilmu dan mengenal Allah mengenal nama-nama dan sifat-sifat Allah jadi ini merupakan jalan utama yang akan menjadi menjadi sebab kita akan tunduk semakin takut semakin ikhlas Semakin Cinta semakin takut dan semakin menyempurnakan pengharapan kita kepada Allah makanya Allah perintahkan di dalam Alqur’an kita beribadah kepadanya dengan memahami nama-namanya dalam FirmanNya walillahil Asmaul husnaaduha dan Allah memiliki nama-nama Yang Maha indah maka beribadahlah kepada Allah berdoalah kepada Allah dengan nama-namanya yang maha Indah tadi sudah kita Sebutkan pernyataan Imam Ibnu qayyim juga kita nukilkan dalam kajian tadi bahwa orang yang paling sempurna ibadahnya adalah orang yang beribadah kepada Allah dengan kandungan nama-nama dan sifat-sifat Allah subhanahu wa taala maka inilah yang menjadikan semakin sempurna ibadah kita keimanan kita dan tauhid kita kepada Allah subhanahu wa taala Barakallah fikum n Nam Ustaz Taufik Barakallah jazakumullah Khairan atas jawaban yang tel sampaikan Ustaz demikianlah jawaban untuk pak Rahmad yang merupakan pertanyaan terakhir di kesempatan pagi hari ini Ustaz Sebelum kita akhiri perjumpaan yang penuh dengan faedah ini kami minta menyampaikan ihtitam silakan Ustaz Iya Barakallah fikum penjelasan tentang nama-nama dan sifat-sifat Allah subhanahu wa taala yang demikian Agung sebagaimana yang dibahas oleh para ulama kita seperti Imam Ibnu qayyim ini sesuatu yang benar-benar merupakan ilmu yang kedudukannya sangat tinggi bahkan paling tinggi dalam Islam untuk memotivasi bagi kita agar semangat mempelajarinya karena inilah yang akan menyempurnakan keimanan tauhid ketakwaan dan penghambaan diri kita kepada Allah Insyaallah kita akan dengarkan lanjutan dari pembahasan ini di kesempatan berikutnya Semoga Allah subhanahu wa taala mudahkan kita selalu untuk bisa mengikuti kajian yang menjadi sebab kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang mewariskan amalan Saleh Barakallah fikum semoga bermanfaat mohon maaf atas segala yang salah dan kurang kita akhiri Shallallahu wasallam wabarak Al Nabina Muhammadin waa alihi wa asihiamabiahumuminhamdulillahbil alamin wasalamualaikum warahmatullah Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih banyak jazakuman Barakallah fikum kami sampaikan dan kami haturkan kepada Al Ustaz alfadil Abdullah Tasim Ma hafullahu taala atas waktu yang telah beliau berikan dan juga materi telu sampaikan serta jawaban-jawaban yang telah beliau paparkan untuk kita semua di kesempatan pagi hari ini semoga Allah subhanahu wa taala senantiasa menjaga beliau di sana Dan juga keluarga beliau di sana serta meluaskan beliau sehingga semakin banyak faedah ilmu yang dapat kita ambil dari setiap perjumpaan bersama beliau Insyaallah allahum Amin dan kami juga ucapkan terima kasih banyak untuk rekan-rekan kami koroja calengsi dan Koja Kendari atas kerja samamanya dan pertolongan dari allah subhanahu wa taala acara berjalan dengan lancar ikatam aani Allahu wakum kami ucapkan juga terima kasih banyak untuk Anda semuanya yang telah bersama kami di kesempatan pagi hari ini dari awal hingga akhir kami ucapkan terima kasih banyak jazakumullah Kiran barak barall fikum nantikan kembali kajian beliau Insyaallah Pada hari Kamis yang akan datang untuk kita ikuti kelanjutan pembahasan Kitab fawaidul Fawaid buah karya dari syekhul Islam sysuddin Abu Abdillah Ibnu qayyim aljauziyah rahimullahu taala untuk kita ikuti pembahasan-pembahasan menarik lainnya yang penuh dengan faedah akhir kalam kami mohon Undu dan mohon maaf jika apa yang kami hadirkan masih terdapat kekurangan dan semoga Allah subhanahu wa taala memudahkan bagi kita semua untuk mengamalkan ilmu yang telah kita dapatkan Barakallah fikum subhanakallahum wabihamdika Ashadu alla ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaik wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] ini Alhamdulillah
Ustadz Abdullah Taslim, M.A. | FAWAIDUL FAWAID
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply