Ustadz Dr Muhammad Nur Ihsan | Amalan Hati

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

dan kajian Islam kajian Islam [Musik] asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahiabbil alamin wasalatu wasalamu ala asrofil anbiyaai wal mursalin waa alihi wa ashabihi waman tabiahum bsanin Ila yaumiddin Amma ba’d ikhwat Al Islam pemerhati rja di manapun Anda bisa menyimak siaran kami kami ucapkan jazakumullahu Khairan Barakallah fikum Terima kasih atas kesediaan Antum semuanya untuk kembali bersama kami di kesempatan Jumat pagi hari ini di saluran tilawah al-quran dan kajian Islam TV dan juga radio Roja kita memuji dan bersyukur k Allah atas segala nikmat yang telah Allah limpahkan k kita semuanya selawat dan salam semoga terlimpah dan tercurahkan kepada nabi kita Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam untuk keluarganya para sahabatnya dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman nanti Pada kesempatan kali ini kembali kami hadirkan bimbingan dan pelajaran bersama guru kita Ustaz Dr Muhammad Nur Ihsan Ma hafidallahu taala dari studio Al Iman di setaya Ali Surabaya dari lanjutan ammalul Qulub dan Pada kesempatan kali ini kita masuk dari bab at-taubah bagian yang pertama dan bagi Anda yang bertanya seputar pembahasan nanti silakan di 0218236543 atau pesan singkat di 0819896543 selanjutnya kepada Ustaz kami persilakanad Maskur Ustaz bmillahirahmanirrahim asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahibabbil [Musik] m Allah Allah Allah anum muslimin dan muslimat para pemirsa dan juga Para pendengar di mana saja Antum berada Semoga senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa taala senantiasa mendapatkan kemudahan pertolongan serta dicurahkan berbagai nikmat dan karunia Semoga itu semua menjadi bekal persiapan kita untuk meningkatkan budiah kepada Allah yang semua hal itu adalah bekal yang sesungguhnya menghadap Allah Subhanahu Wa taal allahum aminan para pemirsa rahimakumullah sesungguhnya dalam perjalanan hidup ini sebagaimana yang pernah kita sampaikan pada dasarnya kita sedang melakukan sebuah Safar perjalanan menuju negeri akhir Oleh karena itu kita harus membosiapkanal dan bekal yang paling utama adalah takwa dan semua hal itu dibangun di atas keterusan hati dan jiwa telah dijelaskan sebelumnya tahapan-tahapan yang harus ya diperhatikan tahapan yang pertama seorang hamba hendaklah sadar bangun dari Kelayan sadar ya kemudian setelah Dia memiliki kesadaran dia akanpikir ya dengan berpikir dia akan memiliki pengetahuan Apa yang harus dilakukan apa yang harus ditinggalkan bagaimana sarana untuk mewujudkan kebaikan dan sarana untuk meninggalkan kejahatan kemudian dia memiliki Azam untuk berbuat kemudian melakukan lalu dia menjalani hidup ini dalam rangka berub kepada Allah subhanahu wa taala kemudian dalam perjalanan hidup tersebut dia harus selalu Muhasabah mengintrospeksi diri nah sebagimana yang pernah disampaikan pada pembahasan sebelumnya di antara tingkatan ubudi adalah Muhasabah kita introspeksi diri kita dengan demikian kita akan mengetahui sisi-sisi kelebihan di sisi kekurangan kelebihan dipertahankan dan ditingkatkan kekurangan kesalahan kekurangan dilengkapi kesalahan diperbaiki yahingga kita akan termotivasi untuk terus beramal dan begitu kita melakukan Muhasabah pasti akan menghasilkan satu kesimpulan bahwa kita ini sungguh berada dalam kondisi yang sangat berbahaya di hadapan kita ada ancaman karena kita ternyata Lebih banyak lebih dominan yang negatif pada diri kita daripada positifnya Sega kita memiliki kesadaran dan sadar siapa diri kita nah kata Imam Ibnu qayyim rahimahullah tatkala seorang hambat telah melakukan Muhasabah maka Muhasabah tersebut akan melahirkan satu ubudiah yang ini menyertai kehidupan kita dari pertama sedang dalam perjalanan sampai akhir perjalanan nantinya kita akhiri dengan datangnya kematian maka tingkatan yang selanjutnya ubudiah yang selanjutnya setelah Muhasabah yaitu Attaubah bertaubat kepada Allah subhanahu wa taala ini merupakan salah satu dari tingkatan ubudiah kepada Allah subhanahu wa taala tatkala seorang telah melakukan Muhasabah dia akan mengetahui kekurangan-kekurangan dosa-dosa kesalahan-kesalahan yang ada pada dirinya maka lahirlah udah yang selanjutnya dia bertaubat kepada Allah subhanahu wa taala Karena bila tidak bertaubat dia akan celaka dan sengsar kata Imam Ibnu qayyim rahimahullah wzilatbah aalil waa wa akhira ya kedudukan Taubah tingkatan Taubat yang merupakan satu tingkatan ubudiah ibadah kepada Allah Ya ini adalah awalul manazil awal dari fase kehidupan seseorang wausatuha dan pertengahannya kemudian wa akhir dan akhir dari perjalanan hidup artinya apa bahwa bertaubat kepada Allah subhanahu wa taala ya salah satu Diah yang senantiasa menyertai kehidupan seorang hamba selama hayat di kandung badan ya dia membutuhkan Taubat dari awal perjalanan hidup hidupnya di pertengahan Jalan dalam rangka mengarungi kehidupan dunia ini dan sampai akhir kehidupannya yang diakhiri dengan datangnya ajal kematian maka perjalanan hidup senantiasa disertai dengan Taubat kepada Allah subhanahu wa taala ke mana saja dia pergi ke mana saja dia pindah maka senantiasaallah bertaubat kepada Allah menyertai hidupnya sehingga kata imamqay dalam ungkapan yang lain beliau mengatakanid tbat tersebut adalah awal dari perjalanan hidup seorang hamba dan akhir dari kehidupannya beliau melanjutkan wajatuhu ilaiha nihayatiah Kama Anna hajatahu ilaiha bidayatialik kebutuhan hamba kepada Taubat kebutuhan seseorang kepada Taubat merupakan perkara yang sangat urjen ya kebutuhan primernya ya kebutuhan yang darurat sebagaimana ya yang demikian itu adalah kebutuhan di awal perjalanan hidup kemudian Al Imam Ibnu qayyim rahimahullah menyebutkan Kenapa kita harus bertaubat ya apa dalilnya Adakah ayat yang menjelaskan urgensi Taubat Kenapa ini harus menyertai kehidupan kita dari awal sampai akhir bkan dalam segala kondisi dan keadaan beliau menyebutkan sebagian ayat dan hadis yang menjelaskan urgensi Taubat dan sebelum saya menyampaikan sebagian ayat dan hadis yang disebutkan beliau Kita semua harus sadar dan kita memaklumi bahwa kita adalah hamba yang banyak melakukan dosa dan kesalahan ini poin pertama yang harus kita Aku ini adalah buah dari Muhasabah kita ya bahwa kita adalah hamba yang banyak melakukan kesalahan dosa begitu Yang disabda Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Bani Adam KH W seluruh anak cucu Adam seluruh manusia yang selalu ya melakukan kesalahan bukan hanya sekali atau dua kali selalu khat yang menunjukkan istimrar khat selalu berbuat kesalahan dan banyak melakukan hal itu karena kalau selalu melakukan kejahatan kejelekan dosa pastilah akan banyak dosa dan ya kemaksiatannya tapi kata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sebaik-baik manusia melakukan kesalahan melakukan dosa adalah orang-orang yang bertaubat Ikhwatul Iman para rahimakumullah karena itu Allah subhanahu wa taala menjelaskan bahwa keberuntungan kebahagiaan keselamatan hanya ada dalam bertaubat kepada Allah subhanahu wa taala dan ini yang dijelaskan oleh Allah sebagaimana dinukil Imam Ibnu qayyim rahimahullah waqad qallahu taala wataubu ilallahi Jamian ayyuhal mminun laallakum tuflihun dalam surat Annur ayat 31 yang artinya dan bertobatlah kali selurnya Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah mudah-mudahan k menjadi orang yang beruntung orang yang bahagia orang yang selam rahimahullahikan penjelasan dan mengomentari ayat inijelasan yang perlu menjadi renungan kita kata beliauat merupakanat yangun setelah hijrah ya di fasih Al Madinah bukan ayat makkiah yang diturunkan sebelum hijrah jadi ayat Surah Annur surah Madaniah surat Madaniah tentunya setelah hijrah ras Sallallahu Alaihi Wasallam ke Madinah dan di sanalah para sahabat kaum Muhajirin Wal Anshar ya orang-orang yang beriman manusia yang terbaik adalah manusia yang terbaik lahirkan ya untuk manusia pujian Allah subhanahu wa taala para sahabat Rasul juga mengatakan turun kemudian yang mengikuti kemudian setelahnya ya jadi para sahabat yang Ahlul Iman ahlut takwa Ahlul ibadah Ahlul ilm Lur kebaikan yang ada pada diri mereka Allah subhanahu wa taala memerintahkan kepada mereka untuk bertaubat dan kita Maklumi setelah perjalanan perjuangan hidup mereka bersama Rasul bada imim wriim wijratihim wajihadiim kata Imam Ibnu qayyim setelah keimanan mereka kesabaran mereka dan hijrah mereka bersama Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dan Jihad yang mereka ikuti bersama Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam mereka lakukan bersama Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Allah perintahkan mereka untuk bertaubat ya Allah perintahkan mereka untuk bertaubat ya kemudian Allah subhanahu wa taala ya mengkaitkan dengan toubat tersebut Alfalah hal ini menjelaskan bahwa Imam Ibnu qayyim ada korelasi yang sangat kuat antara sebab dan akibat sebab adalah Taubat dan akibatnya adalah keberuntungan sehingga kesimpulannya seseorang yang bertaubat kepada Allah pastilah dia mendapatkan keselamatan keberuntungan kebahagiaan karena Allah menyebutkan laalla itu harapan dan laalla dalam Allah itu suatu kepastian harapan yang mengandung kepastian pastilah dia itu beruntung Dan ini juga dari satu sisi memberikan satu pemahaman kepada kita bahwa sesungguhnya orang yang mengharapkan keberuntungan dan keselamatan yang Hakiki ya adalah orang-orang yang senantiasa bertauat kepada Allah subhanahu wa taala jadi ingin selamat yang berharap keselamatan itu adalah orang-orang yang Bert kepada Allah Adapun orang yang tidak bertaubat kepada allaham dalam kemaksiatan dosa kejahatan maka sesungguhnya diaah orang-orang yang berharap kebaikan keselamatan ini surat Annur ayat 31 Oleh karena itu maasyir muslimin para pemirsa Para pendengar rahimakumullah tiada jalan untuk selamat dengan bertaubat tiada jalan untuk bahagia ya kecuali dengan bertaubat kepada Allah wuah Jan Abat seluruhnya beriman kepada Allah kembali kepada Allah mudah-mudahan k menjadi orang yang ber ayat yang pertama Jelaskan kedudukan Taubat dan urgensi Taubat dalam kehidupan seorang hamba di antara ayat yang disebutkan oleh Imam Ibnu qayyim rahimahullah firman Allah dalam surat al-hujurat ayat 11 Q subh wamam yatub faika Hum ya Barang siapa yang tidak bertaubat ya Barang siapa yang tidak bertaubatam yatub siapa saja dan barang siapa yang tidak bertaubat faulaika humzalimun merekalah orang-orang yang zalim merekalah orang yang berbuat kezaliman ya Imam Ibnu qayim menjelaskan dalam ayat ini Allah membagi manusia kepada dua golongan yang pertama taibin orang yang bertaubat dan yang kedua orang yang zalim beliau menambahkan WMA qismunitun alb tidak ada golongan yang ketiga selain mereka hanya ada dua golongan yang bertaubat dan yang zalim ya Dan Allah ya memberikan nama atau sifat kezaliman kepada mereka yang tidak bertat kata Imam tak ada yang lebih zalim dari orang yang tidak bertaubat kenapaahlihi birbihi Wi wfsihi waatiali ini dua penyebab tidak ada orang yang lebih zalim daripada orang yang tidak bertaubat Kenapa demikian karena dua hal karena kejahilan dia terhadap Ya Allah rabnya dan pada hak-hak Allah yang wajib tunaikan mtaati Allah akan perintah menatkan larangan jadi orang yang tidak bertobat orang yang paling zalim dan paling jahil terhadap apa jahil kepada Allah dan setiap pelaku dosa pada hakikatnya orang jahil ya walu kata Imam tidak ada orang lebih zalim dari orang-orang yang tidak bertaubat Kenapa karena dia orang yang paling jahil karena kejahilannya terhadap Allah terhadap RAB Maha Agung yang maha perkasa Yang Maha Mulia Ya danak Allah dia tidak mengetahui Allah yang wajib ditaati yangajaksanakan berubudiah kepada Allah melakukan ketaat Allah yang wajib ditunikan Kemudian yang kedua dan kekuranganinya kejelekan amalannya orang tidak mengetahui tentang dirinya sendir ungkapan lain mungkin bisa terhadap dirinyati Dia memiliki berbagai ya kedudukan atau gelar akademik yang yang tinggi ya Atau mungkin ditokohkan oleh masyarakat yang dialukan oleh masyarakat ya yang dikultuskan Tapi selama dia tidak Bert at kepada Allah maka sesungguhnya Dia adalah orang yang zalim karena kejahilan terhadap hak Allah dan serta ya kejahilan terhadap dirinya sendiri kekurangan dirinya serta kejelekan amalan-amalannya Oleh karena itu Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ya ya menjelaskan di dalam hadis yang sahih hadis yang diriwayatkan oleh Imam albukhari dan Muslim Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda Ya ayyuhanas tubu ilallahallahi inni laatubuaihi F yaumi akar Min sab marah wahai sekalian manusia bertobatlah kalian kepada Allah demi Allah Sesungguhnya aku bertaubat kepada Allah di setiap hari lebih dari 70 kali ini Siapa yang mengatakan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam beliau menyatakan bahwa ibadah Taubat ini beliau lakukan dalam setiap hari lebih dari 70 kali ya lebih dari 70 kali dan siapa beliau alaihiatu wasalam orang yang paling berilmu orang yang paling bertakwa paling takut kepada Allah ya inni wallahi laamukum Wa aksakum lillah begitu kata Rasul wasallam dengan riwayat Inna aamakum wa akakum lillahi an demi Allah kata Rasul wasam Aku adalah orang yang paling ilmu dan bertakwa kepada Allah di antara kalian Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ya maka beliau melakukan menjadikan tbat sebagai rutinitas harian beliau jadi amalbah ber kepada Allah merupakan rutinitas harian atau dengan ungkapan lain mungkin bisa kita katakan Tiada hari tanpa Taubat Tiada hari tanpa Taubat itu rutinitas yang menjadi ibadah kepada Allah subhanahu wa taala Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam yang Allah jamin selamatannya yang Allah ampuni dosa taqadama minambika W taak di dosa yang telah berlalu dan yang akan datang dan beliau dibimbing oleh allahin jika seandainya ada kesalahan yang muncul dari beliau Ya tentu dalam dosa-dosa yang kecil yang tidak berkaitan dengan risalah kenabian sebagai manusia Basyar tapi langsung diperbaiki oleh Allah dibenarkan atau diluruskan oleh Allah dan itu pun Allah mengatakanah artinya semua dosamu diampuni oleh Allah subhanahu wa taala itu Rasul kita alaihiatu wasalam kemudian lihat Bagaimana kondisi beliau dalam bertauat kepada Allah kata beliau Inah bersumpahwallahi demi Allah inni La atubu lagi dengan ya huruf lam yang Dik dengan harfut takid yang mempertegas makna yang memperkuat pernyataan la atubu demi Allah ini sumpah beliau tentunya mengandung makna penegasan makna ya memperkuat perkuat yang memperkuat kenyataan fawallah demi Allah inni ditambah lagi inni sesungguhnya Inna harfut takid lagi di sini ya Ada tiga ini ya huruf atau kalimat yang mengandung makna ya mempertegas dan memperkuat pernyataan wallahi inni la demi Allah su sungguh ya sungguh aku bertauat kepada Allah Silakan baca hadis ini berulang kali kemudian introspeksi diri kita yang tiada jaminan dosa kita diampuni dan dimaafkan oleh Allah ya dan kepastian an setiap kita memastikan pasti yakin dia banyak melakukan dosa dan juga kepastian bahwa kita ini sangat sedikit amalannya ya ini kondisi kita kemudian bertanyalah kepada diri kita berapa kali saya bertaubat dalam satu hari bahkan berapa kali saya bertaubat dalam kehidupan ini yang telah saya jalani mulai dari saya balik sampai saat ini di antara manusia ada orang-orang yang senantiasa tenggelam dalam maksiat dan dosa dia belum sad masih mabuk syahwat ya tenggelam dalam kelalaian mabuk syahwat nafsu ya belum mendapatkan HID hiah untuk bertaubat dalam sebagian hadis Ibnu Umar menyebutkan inasulahiahu Alaihi Wasallam mengatakan kami menghitung-hitung perhatikan menghitung ya bahwa Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dalam satu hari dalam satu majelis dalam satu majelis Satu hari satu majelis beliau mengucapkan 100 kali doa permohonan untuk bertobat dan beristigfar kepada Allah allahumagfirli Al anaburahim ya Allah ampuni dosa-dosahimau adalah yang maha gfur pengampun dan Rahim maha penyayang ini Rasulullah sallahuaihi was Bagaimana dengan kita Mak sudah sepantasnya ya kita yang berlumuran dengan dos limang dengan kemaksiatan yang banyak kekurangan dan begitu banyak kemalasan kita dalam beribadah maka sudah seyogyanya sepantasnya kita yang harus lebih banyak bertaubat beristigfar setiap hari dan setiap majelis-majelis yang kita hadiri ikhwat Im rahimakumullah ya Dan Bila seorang bertobat kepada Allah tentunya akan diterima taubatnya oleh Allah subhanahu wa taala imamq menjelaskan ada syarat Taubat yang perlu dietahui dan harus dilaksanakan dipenuhi sebelum hal itu beliau ya memberikan mengajak kita untuk merenungi dan berusaha mengkorelasi kan antara maknaal Hidayah yang selalu kita panjatkan kita memohon kepada Allah dalam setiap salat kurang 17 kali sehari semalam 17 rakaat ihdiniratal mustaqim beliau memberikan kepada kita sebuah penjelasan yang harus menjadi ya perhatian kita semua beliau menjelaskan bahwa manakala tbat tersebut ya itu adalah rujuah kembalinya seorang hamba kepada Allah dan kata beliau dan meninggalkan jalan orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat dalam firman Allah ya jalan ada dua jalan kesesatan orang dimurkai oleh Allah berilmu tapi tidak diamalkan Jal orang-orang yang sesat beramal tanpa ilmu ya itulah pola hidup prinsip hidup ya konsep hidup kaum Yahudi dan Nasrani di kalangan umat ini ada juga orang mencontoh hal ituillah ada yang suka beramal tapi tanpa ilmu Maka muncul berbagai kesesatan bidah khurafah dalam amalannya ada yang suka belajar ya belajar ilmu tapi takak berakal maka ilmunya tidak membawa kepada ya kebaikan bahkan semakin sombong dan hanya ingin memperkaya wawasan keilmuannya ya menambah pengetahuan nah nah bertaubat kepada Allah dan meninggalkan dua jalan kesesatan tadi magdubi alaihim wadin yang demikian itu kata beliau La yahsul illa bihidayatillahahutilim yang demikian itu tidak akan terrealisasi kecuali bila Allah menunjuki hamba kepada siratul mustaqim nah dan petunjuk dan petunjuk tersebut tidak akan terisasi juga ya didapatkan kecuali bila Allah menolong hamba tadi hamba tadi mentauhidkan Allah i Nau Allah i pertolong kepada hamba sehingga kata beliau surahfa cakup ya makna yang disampaikan tadi dengan cakupan yang komprehensif yang begitu indah se sehingga Barang siapa yang buat-bat memberikan perhatian yang serius di dalam memahami surah al-fatihah sehingga dia memiliki pengetahuan ya memiliki ya pengetahuan tentang Alfatihah dan apa yang terkandung di dalamnya dari berbagai hikm dan pelajaran maka kata beliau membaca Alfatihah tidak cukup hanya begitu saja t disertai diiringi dan disertai dengan bertaubat kepada Allah subhanahu wa taala karena sesungguhnya apa yang kita panjatkan kepada Allah Hidayah maka suesungguhnya Hidayah tersebut tidak akan tererealisasi untuk kita kecuali bila disertai dengan selalu bertaubat kepada Allah ya bertaubat dari berbagai dosa bertobat dari berbagai kejahatan dan kesesatan yang terkandung dalam dua jalan kesesatan tadi yang dalam dua jalan kesesatan tadi yaitu orang yang berilmu tapi tidak diamalkan orang yang beramal tanpa ilmu dimurkai dan sesat ya kan beliau melanjutkan Fa Innal Hidayat tamah ilatil mustaqim la takunu maal jahli bidzunub sesungguhnya Hidayah Yang Sempurna kepada siratul mustaqim tidaklah terwujud teralisasi terlaksana bersama kejahilan dengan dosa jadi artinya nya apa bila seseorang tidak mengetahui tentang dosa dan kesalahan maka pasti tidak akan bertaubat karena dia merasa di orang yang baik orang yang saleh ya maka kata beliau dia belum mendapatkan hidayah yang sempurna Hidayah Yang Sempurna itu akan didapatkan bila seang itu sadar ya dan tahu tentang dosa dan kesalahannya dan sadar bahwa dia itu banyak melakukan kesalahan dan dosa begitu juga kata beliau tidak akan didapatkan Hidayah secara sempurna kalau dia terus-menerus dalam berbuat dosa ya Dan ini Tentunya ya efek dari karena dia tidak mengetahui dosanya sehingga terus-menerus berbuat doa enggak sadar mengira orang yang baik mengira telah berbuat kebaikan tapi ternyata dia berbuat kejahatan dan kesalahan maka yang pertama kata beliau ya yaitu yang tidak mengetahui tentang dosanya maka ini adalah kejahilan yang bertentangan dengan mengetahui petunjuk sementara yang kedua yang terus-menerus berbuat dosa ini adalah ya gayun penyimpangan ya kesesatan ya i yang bertentangan dengan niat dan keinginannya yang baik jadi ada dua hal dalam diri kita ada keilmuan pengetahuan dan ada keinginan ini dua hal harus selalu dijaga ilmunya harus benar dan iradahnya keinginan harus tulus dan baik nah orang yang tidak mengenal dosa ke bermasalah dalam Sisi keilmuannya dan orang yang tidak meninggalkan dosa maka bermasalah dari sisi keinginan dan maksud karena selalu melakukan dosa tidak ada keingin untuk meninggalkan dan keduanya itu adalah kesesatan yang nyata dan hidayah yang sempurna adalah dengan mengetahui kebenaran dan melaksanakan Mengetahui kejahatan dan meninggalkannya itulah alhidah Amah hidayahwan itulah Hidayah yang sempurna yang terkandung dalam doa yang kita panjatkan kepada Allah ih karena hakikat Hidayah Mak Kal kebenaran mengetahui kebenaran dan mengamalkan maka kesesatan kebalikan dan dua hal tadi yaitu jahil terhadap kebaikan termasuk jahil terhadap dosanya ya karena kejahatan ya lawan dari kebaikan maka dia tidak mengetah Bagaimana akan meninggalkan kemudian terusus dalam berbuat dosa tidak ada keinginan untuk meninggalkan maka ada pengetahuan ada keinginan ada ilmu ada Irah ilmu dengan Al kemudian keinginan untuk mengamalkan itulah Hidayah Yang sesuhnya makael dosa kemudian mengakui itu kesalahan ya suatu kesalahan kemudian dia berusaha untuk ya menyelamatkan dari attakalus ya Min akibatihi dari ya akibat ya kejelekan akibat dari perbuatan dosanya tersebut dia berusaha untuk menyelamatkan dari hal itu Nam ikwat Iman rahimakumullah oleh karena itu ya kesengsaraan ya diri seseorang bila dia tidak mengenal Alhaq dan tidak mengenal dosa dan kesalahan begitu juga tidak ada usaha untuk menyelamatkan diri dari Sehingga terusmenerus dalam kesalahan dan dosa tersebut sehingga tidak akan ada usaha untuk amal itulah orang yang orang yang celaka maka benar kata Allah subhanahu wa taala ya tubuallahi Jamian ayyuhal mminun laakum wahai seluruh orang-ang beriman ya bertaubatlah kalian kepada Allah agar kalian menjadi orang yang beruntung Mari kita berusaha mengkorelasikan anar antara Hidayah tadi kita selalu mohon Hidayah kepada Allah tapi Sudahkah kita memahami hakikat Hidayah hakikat Hidayah adalah mengenal kebenaran mengenal hak ya dan mengamalkannya mengenal kejahatan dan meninggalkannya dan merupakan kejahatanalah dosa ya maka ikhwat Iman Imam Ibnu qayim rahimahullaha Allah subhanahu wa taala ya tidak mem seorang hamba dan membiarkan dirinya sendiri berjalan di permukaan bumi ini melakukan tanpa bimbingan dari Allah subhanahu wa taala maka sesungguhnya dia akan celaka maka tatkala Allah tidak membimbing hamb untuk bertobat pasti dia celaka pasti binasa sengsara ya tapi tatkala Allah subhanahu wa taala membimbingnya memberikan pengetahuan tentang kebenaran dan kekuatan untuk mengamalkannya berikan pengetahuan tentang kejahatan dan kekuatan untuk meninggalkannya Maka itulah sesungguhnya makna taufahi subhanahu wa taala beliau menyebutkan di sini ungkapan yang sangat bagus sekali ya tentang hakikat dari attaufik yang lawannya adalah alkudlan k sering memohon kepada Allah sering mendengar permohonan ya di setiap Penghujung ya at begitu Ya Allah berikanlah Taufik dan hidayah kepada itu Taufik ya Sudahkah kita memaklumi mengetahui hakikat Taufik dan lawan dari kalimat kata beliau orang-orang yang arah pengetahuan yang benar kepada Allah orang-orang yang berilmu ya memiliki makrifah kepada Allah yang meng tentang keagungan kebesaran Allah ya orang arifun Billah tentya lahir dari pengetan ters orang yangiliki ibadah nah mereka sepakat dalam mendefinisikan khudlan dan juga ataufi kata mereka aludlan kata imamq ahuaka waain nafsik wataufik allaakahu nafs ya kata beliau ulama alarifuna Billah ahli marifah Billah Azza waalla sepakat bahwa aludlan maksudnya adalah Allah yukalliaka W Allah membiarkan ya antara bainak antara anda dan dirimu sendiri dibiarkan oleh Allah itu namanya khudlan artinya apa ya udah tidak dipedulikan oleh Allah dibiarkan Terserah mau berbuat apa saja kejahatan kemas dibiarkan oleh Allah tidak dibimbing oleh Allah tidak ditolong oleh Allah subhanahu wa taala naubillahik sementaraaufaufillah Taufik Hidayah Ya Allah berikan Hidayah dan Taufik kepada kami kan begitu Apa itu Taufik ya kata beliau Imam menjelaskan menukil perkataan ahliillah Azza bahwa Allah tidak ya menyerahkan dirimu membiarkan dirimu kepada dirimu sendiri Allah tidak membiarkan dirimu kepada dirimu sendiri Allah tidak membiarkan kamu kepada dirimu sendiri tidak menyerahkan dirimu atau menyerahkan kamu kepada dirimu sendiri inilah makna Taufik artinya apa selalu mendapatkan pertolongan kemudahan dan bimbingan dari Allah ya rahimakumullah sesungguhnya dijelaskan oleh Beliau menukil ijma ya ahlil makrifah Billah aajal sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam kepada kita untuk diucapkan setiap pagi dan sorei di pagi dan di petang hari untuk membaca doa yang di dalamnya terkandung permohonan untuk mendapatkan Taufik dan diselamatkan dari khudlan Apa itu doanya Insyaallah para pemirsa dan para pendengar sudah menghafal doa tersebut dan sudah banyak mempraktikkan tapi perlu kembali kita merenungi ya kalau mengucapkan menghadirkan maknanya dalam diri kita dan ada perenungan agar semakin mantap dan kita semakin yakin tentang kebutuhan kita kepada Taufik Allah subhanahu wa taala apa kata nabi alaihiatu wasalam tiap pagi dan petang hari Zikir pagi dan petang hari Rasul mengatakan ya di anara doanya ya Hayyu ya Qayyum ya Hayyu ya Qayyum birahmatika astagit aslihani kullah W nafsifat itu satu kedipan ya Tu thfah apa artinya ya Hayyu ya Qayyum ini bertawasul Dengan nama Allah ini tawasul yang benar ya hayyuayyum Ya Allah yang Maha hidup alqayyum yang berdiri sendiri dan yang mengatur urusan hambanya tib ini dua nama yang agung dari as Husna bahkan disebutkan sebagai rwayat ya a’zamu ismaillah dua nama yang paling Agung di antara nama-nama Allah subhanahu wa taala birahmatikaag aku beristighasah memohon pertolongan dengan rahmatmu Ya Allah pertolongan UN apa ada perbedaan antara istighasah dengan Istianah istighasah itu biasanya ya pertolongan memohon pertolongan untuk menghadapi berbagai ancaman dan kesan ya seorang hamba tahu ini dia dalam ancaman bahaya pagi dan petang hari berbagai ancaman ya di sekitarnya maka dia butuhkan pertolongan kepada Allah butuhkan pertolongan dari allah subhanahu wa taala kalau ist itu biasanya dalam hal kebaikan untuk melaksanakan kebaikan makanya Allah ya dalam surah al-fatihah menyebutkan setelah beribadah permohonan atau pernyataan beribadah kepada Allah dengan menggunakan ya istilah iaka nabudu waaka Nain karena ibadah kebaikan yang kitaembuhkan pertolongan untuk melakukannya adapun dalam menghadapi ancaman ya dalam kondisi yang genting menghadapi ancaman dan kesulitan maka di sini kalimatnya digunakan istighasah maka tatkala Rasul diperang Badar Bagaimana ya ancaman yang beliau hadapi dan jumlah yang tidak ya kekuat tidak sebanding secara fisik dan persenjataan dan amunisi tidak sebanding maka Rasul istighasah kepada Allah istagakum fastajabakum dan ingatlah kalian memohon pertolongan untuk perlindungan ya kepada kalian maka Allah mengabulkan doa kalian memberikan pertolongan dan melindungi kalian diutus malaikat untuk ya membantu ya pertolongan P kaum muslimin Nah kita menghadapi ancaman dalam hidup but Pertolongan Allah untuk menyelamatkan kita berbagai ancaman tersebut kalau tidak kita akan celaka ya ancaman tadi dibiarkan oleh Allah tidak diperbaiki urusan kita kita memohon pertolongan untuk merbaiki urusan kita aku beristighasah dengan rahmatmu memohon pertolongan ya dalam menghadapi berbagai rintangan kesulitan dan hambatan dengan rahmat ini adalah tawasul dengan nama dan sifat Allah kemudian kita memohon kepada Allah asli aslih ya Allah perbaiki ya Allah S Apa itu artinya S seluruh urusanku Ya Allah seluruh urusanku Ya Allah seluruh perkaraku Ya Allah urusan dunia dan akhiratku keluarga Harta Ya dan semuanya anakbaiki ya Allah ibadahku Ya Allah As Perbaiki seluruh urusanku duniaku agama bagaimana dalam hadis lain ya Allah aslihliani allahum aslihli Dini wa Dun wa ahli Wi perbaiki ya Allah Agamaku duniaku hartaku keluargaku kemudian Wi ya jangan serahkan aku ya Allah kepada diriku Kendati hanya dalam durasi sekejap atau sekedip satu kedipan Bagaimana kalau ya bermenit-menit berjam-jam berhari-hari berbulan-bulan bertun tahun Allah biarkan Dir kita sendiri nauzubillahalik Allah ya rahmanunumahti w maka siapa yang akan bahagia siapa yang akan selamat Jika Allah membiarkan diri nya sendiri tanpa diikan tauhid Pertolongan Allah subhanahu wa taala Oleh karena itu tatkala seorang tidak Bert kepada Allah maka Allah Sedang dalam membiarkan dia tidak kembali kepada Allah Mungkinkah akan selamat tidak akan mungkin kecelakaan yang ada diapan dirinya dapan matanya kesengsaraan kecelakaan kenistaan kehinaan ya seluruh makna yang bertalian dengan makna kegagalan tersebut Semoga Allah subhanahu wa taala selalu membimbing kita semua dan memberikan pertolongan kepada kita untuk melakukan amal keajikan dan meninggalkan kejahatan serta menjadikan kita orang-orang yang senantiasa bertobat dalam setiap kondisi dan keadaan allahum Amin demikian wallahuam n baik Ustaz Barakallah fikum wazakallahuiran Terima kasih atas pelajaran serta bimbingan yang telah diberikan kepada kami kesempatan pagi hari ini Semoga Allah memberikan Taufik rahmat dan keberkahan di pertemuan kita ini agar kita bisa mengambil faedah dan mengamalkannya dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa taala berikut ini kami akan sampaikan pertanyaan telah masuk dari Ummu Ayu di Jakarta yang bertanya Ustaz Bagaimana tips agar kita agar tobat kita terus eh berkontinu dan kita tidak kembali melakukan dosa tersebut hingga akhir hayat kita silakan ustazih kepada pertanyaan Seles dari ehahad barakallahu Fik wakallaham para pema dan para pendengar Bagaimana tips ya agar kita k dalam bertaubat ya yang pertama Taubat adalah ibadah ya mohon pertolongan k Allah subhanahu wa taala memohon kepada Allah dengan bahasa yang kita bisa ya panjatkan kepada Allah ya Allah ya berikan kesempatan kepada diriku untuk bertobat sebelum kematian karena tidak ada kemuliaan yang diraih seorang hamba daripada kesempatan yang bisa dia bertauat sebelum ajal datang yang pertama yang kedua ingat pada kematian Ingat kepada kematian Allah merahasiakan Kapan kematian itu karena hikmah karena kalau semua tahu kematian itu datang maka dia akan bersiap-siap dirasiakan oleh Allah sebagai ujian maka ingatlah ya tidak seorang pun mengetahui kapan ajalnya datang tapi dia yakin pasti datang di mana tempatnya Kapan dalam kondisi Bagaimana ya sang terbangkah sedang di daratkah di lautkah ya dalam kondisi ibadahkah dalam kondisi Wali Billah berbuat dosa dan maksiatkah enggak ada yang tahu maka hendaklah seorang menghadirkan bahwa Taubat atau kematian tersebut yaar kematian tersebut senantiasa memantau ya seseorang membenti seseorang sungguh penyesalan kesengsaraan ya kehinaan tatkala seesorang sedang berbuat dosa dan maksiat Kemudian datang ajalnya nauzubillah Min nauzub minzalik ini kemudian karena sesungguhnya Apa yang membuat seorang selalu termotivasi untuk bertobat karena dia sadar sadar ya tent kondisi dirinya bahwa dirinya adalah diri yang banyak berbuat zalim ya Banyak Berbuat zalim banyak berbuat kesalahan dia sadar itu pernah kita sampaikan harus sadar kita introspek harus sadar ya harus selalu memiliki persepsi yang negatif terhadap diri sendiri ya maka dia akan selalu termotivasi untuk bertaubat namam kemudian tadi juga disebutkan memahami hanya ada dua pilihan tbat atau zalim enggak tobat berarti zalim Kenapa karena jahil jahil Nah jadi yang pertama tadi mohon kepada Allah memohon kepada Allah ya dikaruniakan Taubat sebelum ajal sebelum kematian yang kedua ingat kematian nah kematian ingat akhirat kemudian tentunya bagaim mana keutamaan Kemuliaan bagi orang yang bertobat keberuntungan keselamatan ya setelah itu ya dan setiap saat setiap waktu kita memohon agar kita ditukkan dalam kebaikan ditegukan dalam kebaikan yaubbi ya disebutkan Imam ibnuqayyim taub menyertai diri kita dari perjalanan hidup yang pertama sampai terakhir bahkan sepanjang kehidupan kita selama mahyat di kandung badan semua harus disertai dengan Taubat bahkan nabi tadi mengatakan setiap hari tidak kurang bertaubat dari lebih tidak kurang dari 70 kali dalam satu majelis tidak kurang mengucapkan ya allahumfli W alahim ini kita hadirkan makna-makna yang seperti itu jikau demikian rasulku yang diampuni dosanya dimaafkan kesalahannya siapa saya siapa jaminan Adakah jaminan bagi tidak ada ya maka itu dihadirkan makna-na seperti itu ya dan yang terakhir pada kesempatan yang mulia ini hendaklah selalu mencari lingkungan yang baik teman yang baik ya komunitas yang baik karena itu akan memotivasi kita untuk memperbaiki diri dan mengingatkan P kematian dan menyemangati kita untuk berbuat kebaikan sehingga terus kita akan menuju kepada arah yang lebih baik meninggalkan kejan Nam demikian Allah baik Ustaz Terima kasih atas Jawabannya berikutnya kami bacakan kembali dari pesan singkat Muhammad Amin di ogani hilir Sumatera Selatan Asalamualaikum Ustaz Saya mencintai karena Allah izin bertanya Benarkah ada seorang yang salat tobat atau dibenarkanah orang yang salat tobat setiap malam sebelum salat tahajud syukran Ustaz silakan terima kasih kepada saudara Muhammad Amin barakallahu fik ya salat toubat adalah ya salat yang dilakukan ya setelah seorang terjerumus dalam perbuatan dosa dan maksiat kemudian dia sadar dia berwudu dan bersuj kemudian salat dua rakaat memohon dalam doanya atau setelah dia salat memohon ke ampunan kepada Allah subhanahu wa taala maka itu dinamakan dengan salat taubat I tapi jika yang ditanyakan dia mengkhususkan sebelum tidur dia salat namakan salat taubat yang seperti ini tidak dicontohkan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ya dicontohkan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ya tapi Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam memintahan kita untuk selalu banyak bertaubat karena bertauat tersebut ya dengan mengucapkan beristigfar kepada Allah subhanahu wa taala dan dengan banyak melakukan amal kebajikan sebagaimana Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam membuktikan hal itu dengan ya ucapan beliau mohon keampunan kepada Allah subhanahu wa taala na menyesali mengajak atau berbicara kepada diri sendiri mengingatkan wahai diri apa Muhasabah ya tapi secarah khusus ya Sebelum tidur dia salat dua rakaat yang bertauat ya merutinkan hal yang seperti tidak ada tuntunannya tapi tatkala dia terj katan dosa dia kembali kepada Allah kemudian ee Taubat kemudian ee salat dua rakaat kemudian dia memohon keampunan kepada Allah subhanahu wa taala maka dalam hal ini sebaik-baik petunjuk-petunjuk nabi Alaihi salatu Wasalam akan tetapi ini yang harus kita pahami semua hal itu akan terwakili Bila seseorang ya Sebelum tidur dia membaca doa-doa yang diajarkan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam ya di situ akan mengingatkan dia akan penting kembali kepada Allah Berserah diri kepada Allah ya Jika Allah kau wafatkan diriku ya Allah maka rahmatilah dan jika seandainya masih dikembalikan roh Ya Allah bimbinglah ini kan semua kembali kepada Allah ya Berserah diri kepada Allah Naam kemudian membaca ayat yang diperintahkan itu yang dilakukan kemudian hendaklah dia berusaha bangun ya sebelum subuh agar bisa salat ya Witir atau tahajud kan Berti mungkin salat satu rakaat di situ kesempatan dia untuk berdoa kepada Allah Allah membuka pintu tbat ya membuka pintu rahmat dan juga permohonan doa Allah mengatakan ya dalam hadis nuzul ya hadis turunnya Allah ke bumi sepertig malam terakhir ya rasul bersabda Siapa yang berdoakan ak kabul kata Allah Siapa yang memohon meminta akan aku beri dan siapa yangohon keampunan kepadu akan aku ampuni Nam demikian wallahuam Ti Ustaz Barakallah fikum Selanjutnya kami akan bacakan dari hamba Allah yang bertanya asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz Afan Ustaz Bagaimana cara bertobat dosa [Musik] yang banyak kita kerjakan Apakah caranya harus disebut satu persatu dosa tersebut di dalam Taubat kita silakan kasih cara bertobbat dari dosa yang banyak kita lakukan Apa disebutkan satu persatu ya tentunya karena dosa kita sangat banyak pasti adalah suatu kesulitan bagi kita Saya yakin Siapa yang ingat terhadap dosa-dosa yang dia lakukan ya kita lupa sementara kita yakin banyak mukan dosa maka dalam hal ini tentu kita memohon kepada Allah agar Allah mengampuni semua dosa kita yang berlaluya akan datang yang ya tampak yang tersembunyi besar dan kecilnya ya ini kita memohon kepada Allah dan begitu diajarkan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam karena siapa yang akan bisa menyebutkan satu persatu kecuali kalau kita mungkin ya begitu terjerumus ke dalam dosa ya ingat apa yang pernah dilakukan ya Sebutkan tapi jika dosa yang telah berlalu telah kita yang banyak dilupakan ya maka di antara doa yang diajarkan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dan itu juga dibaca beliau di waktu sujudnya ya beliau memohon kepada Allah dan kalimat yang singkat dan mencakup seluruh permohonan terhadap ya keampunan terhadap seluruh dosa nya apa redaksi ya doanya allahumfambiahu perlu dihafal ini Peru dicatat allahumfirliiahu ya Allah ampuni seluruh dosa allahfiahuillah diahu yang kecil ya wajillah dan yang besar waalahu wa akhir yang pertama dan yang terakhir ya Allah wasu wa Sir yang tersembunyi yang tampak tiga kondisi dosa yang kita lakukan ya kemudian semua pertama ras mengatakanahu tanpa terkecuali ambil pulpen ya ditulis nih Doa ini saya ulangi lagi tiga kali saya akan ulangi ya dan diamalkan itu sujud juga sebelum salam diamalkan waktu Penghujung malam memohon kepada Allah apa redaksi doanya allahummagfirli dambi kullahuambi kullahu allahumfirli kullahu ya Ya Allah ampuni semua dosak Kemudian sedikit dirinci Apa itu semua dosa tadi ada dosa yang bentuknya besar dan kecil yang pertama dan yang terakhir dan yang tampak danembunyi diu waillah dikah itu yang kecil jillah yang besar ak yang pertama dan yang terakhir yang tersembunyi yang saya ulanganya Allah terakhir juga mengakhiri pertemuan kita pada hari ini ak Ya Allah ampunilah seluruh dosaku yang kecil dan yang besar yang pertama dan akhir dari awal-awal ya kehidupan kita sampai akhir kehidupan kitauh dengan dosa dan maksiat kita memohon agar Allah mengampuni semuanya yang tampak dan tersembunyi Bera banyak dosa tersembunyi yang kita lakukan ya dan yang begitu juga maka kita mohon kepada Allah semua hal itu ya ya Rahman ya Rahim aham wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ja terima atas kuangan waktu yang diberiktuk k duduk bersama kami dan menyampaikan pembahasan juga menjawab beberapa pertanyaan yang telah masuk Semoga menjadi tambahan ilmu untuk kita semuanya dan kami yang bertugas mohon pamit untuk diri mohon maaf apabila ada kekurangan dalam menghadirkan program acara ini subhanakallahumma wabihamdika asadu alla ilaha astagfiruka wa atubu ilaik asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh foreign

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *