Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. | Syarah Umdatul Fiqih

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

juga harus ada dalil saksikanlah kajian Islam ilmiah di rja TV dan radio Roja simak radio Roja Bogor 100.1 FM radio Roja Majalengka 93.1 FM radio Roja Palu 101,8 FM dan radio Roja Bandung 104.3 FM menyebar cahaya sunahalhamdulillahahm TV saluran Tilawah Alquran dan kajian Islam [Musik] asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah Alhamdulillahi rabbil alamin wasalatu wasalamu ala sayyidil mursalin wa alihi wa asabihi w tabiahum bisanin yaumiddin Amma bad t dan pendengar radio ro yang dirahmati Allah subhanahu wa taala Alhamdulillah di kesempatan pagi ini kembali kita bertemu dalam kajian ilmiah pembahasan muamalah dari kitab syarah humdatul fikqih bersama Al Ustaz Dr Wandi tmidzi hafidahullahu taala dan Insyaallah Pagi ini kita akan lanjutkan kembali e pembahasan dan bab yang sudah kita mulai di dalam Bab ijarah dan kita akan berikan kesempatan yang luas bagi ikhwat dan akhwat fillah dan pendengar serta pemirsa R TV Anda bisa bertanya dalam pembahasan ini di l tel 0218236543 pertanyaan via chat WhatsApp Anda bisa sampaikan di 0819896543 baik kita mulai kajian dan pembahasan pagi ini dan kepada Ustaz kami silakanah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahiabbil alamin wabihi nastain wusalli wusallim W nubarik ala nabiina Muhammadin wa alihi wasohbihi ajmain W bad ikhwani wa akhwati fillah di dalam kitab hamzatul fiq yang ditulis oleh Al muwafaq Ibnu qudamah kemudian ini disyarahkan oleh Prof Dr Abdullah bin jibrin masuk sudah kita sebelumnya tentang ijarah tentang beberapa hal mengenai akad ijarah juga mengenai aturan tentang jasa yang diijarahkan seperti apa aturannya Sekarang kita akan membahas tentang uang pembayaran dalam akad ijarah Syekh n bismillah muifahu taala rahimahahu taa ijatul ujrah sebagaimana disyaratkan dalam akad ijarah yaitu mengetahui nilai sewaaiuj ti miqar ujti nabiahu Alaihi was nahauah man dan disyaratkan dalam akad ijarah itu mengetahui nilai sewanya dengan bersepakat dua pihak atas satu barang sewaan atau e satu objek sewaan di mana nilai ujrah ini diketahui di umumnya manusia sebagaimana penyewaan tempat parkiran mobil atau penyewaan mobil e taksi ya ongkos e yang kecil maupun bus atau truk dan mobil pengangkut apabila suatu negeri atau negara pada tempat tertentu ditentukan nilai ujrahnya dengan jarak atau dengan tempat ee atau wilayah dan nilai sewanya tertulis atau dengan tertulisnya nilai sewa pada objek yang disewa sebagaimana yang terdapat pada tempat pemandian di kolam renang atau di sebagian tempat sebagaimana juga pada taman-taman taman-taman rekreasi dan yang semisalnya maka wajib diketahui nilai dari nilai sewa dari objek yang disewakan karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam melarang dari jual beli G GOR dan ijarah merupakan salah satu bentuk jual beli karena ini merupakan jual beli manfaat maka wajib diketahui nilai objek yang disewakan untuk hilangnya sifat garor pada objek sewaan 6 sekarang ee upah pembayaran ada aturannya nya pertama makrufah dikenal diketahui diketahui itu ada beberapa cara memang ada kesepakatan dari awal dengan ee mengatakan mau ke mana Pak saya mau ke sana ee berapa upahnya dia bilang umamanya sekian 100.000 lalu yang ingin menyewa menatakan r0.000 dah ya ohudah Pak 95 aja Pak 90 aja kalau enggak saya naik bebs aja umpamanya Oh ya sudah boleh Pak 90 r0.000 ini berarti diketahui dengan kesepakatan bisa jadi tidak ada kesepakatan ya tapi sudah semuanya tahu harganya sekian ya tidak ada kesebakan tapi semuanya ituanya sekian apalagi terkadang di beberapa negara masuk juga di Indonesia [Musik] itu tertulis di angkutan umum itu apa namanya peraturan daerah undang-undang sekian menyatakan per dari ee umamanya sewa ini bus dari kota ini ke kota itu harga sekian harga sekian harga sekian atau dengan menyatakan per kilometer sekian kalau untuk untuk taksi dan seterusnya ya walau anda tidak ada kesepakatan naik ketika naikinya makan dengan ujratus suuk maka haram bagi yang menyewakan jasa kalau dia diam aja dan pembeli jasanya atau yang penumpangnya diam aja tahu-tahu nanti dia minta harga yang tinggi padahal harga yang biasa seperti itu sama dahulu umpamanya dulu kalau di Riyad begitu juga se kira Mekah Madinah itu taksi jarang pakai Argo pakai tawarmenawar kalau dekat biasanya Rial lain 2 riyal jarak-jarak dekat 5 kilo 10 kilo 2 Rial kalau yang enggak jarak jauh kenang 10 riyal kalau yang jauh banget biasanya ada kesepakatan ya itu tanpa kesepakatan Sudah tahu orang ya ya maka ini maksudnya walaupun tidak ada tawar-menawar pada awalnya sebagaimana juga dalam jasa dalam barang juga begitu kalau seseorang tahu harga makan di umpamanya di wtek makan dengan nasi menu ee apa namanya tampai orek tambah sayur tambah sambal umpamanya di seputaran Jakarta RAB tabek umpamanya r.000 umpamanya masuk dia ke wartek yang itu biasa yang didatang dia masuk duduk makan ini makan ini pak itu sedorin lalu dia minta r25.000 ini tidak halal bagi si penjual ee barang tadi makanan tadi kalau umpamanya dibilang Oh sekarang ini beras naik Pak cabai naik dari awal bilang ya karena diketahui biasanya 15.000 di watatak AB dan C r.000 begitu juga kalau dia masuk di warung Padang umanya nasi sama rendang ya kuah-kuah biasanya Rp20.000 umumnya ya kalau dia harganya lebih tinggi kalau satu lain hal umpamanya rempah-rempahnya asli dari Sumatera Barat atau dari daah tertentu Ya terserah dia wajib dia sampaikan kalau dia beda harganya dengan pada umumnya bukan kita Tuliskan gak ada orang yang baca satu persatu situ ya sebelumnya ini katakan kalau anda harga harga anda berbeda dengan yang lainnya Ya begitu juga dalam akad sewa-menyewa ini bisa jadiadi dengan kesepakatan bisa memang sudah dikenal segitu harganya ya Atau memang dituliskan Dis basnya atau di angkotnya ya ya Itu uangnya sekian bayarannya ya seperti itu oke Kenapa karena Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam melarang menjual beli dengan akad garal G gak jelas ya Kalau tadi jelas jelas cara jelasnya Bagaimana memang ada kesepakatan dari awal dan itu yang paling aman kedua tidak ada kesepakatan 12 pihak tapi biasanya segitu banya anda tidak tahu genteng Anda bocor di lantai dua genteng lantai dua kan beda resikonya di lantai satu l satu bisa anda tahu paling bocor satu titik itu sekitar r.000 lah n biaya upahnya kalau ada yang rusak ya Anda yang beli lagi ya itu walau tidak ada kesepakatan tidak boleh bagi si yang memperbaikinya minta r50.000 r00.000 bisa r50.000 kalau dia memang beda Harganya dia karena dia mengatakan saya sekolahnya beda Pak S2 ini ya terus ya sav saya bukan seperti yang lain-lain perbaiki 50 savnya 150 Ya sudah berarti enggak jadi kalau dia mau bisa kalau enggak jadi gak diikan jasa J kan kemudian kamu kerjakan kemudian kau minta 150 dengan alasan kamu S2 ya karena ini keluar dari umumannya umumnya mau S berapa pun yang penting perbaiki genteng 150.000up jasanya ya maam marifatiha jahatitiadi maal jahalatil Ma dan apabila ee eh objek sewa yaitu ada pada satu benda yang e jelas maka wajib diketahui dan dijelaskan ya kalau sebelumnya objeknya adalah jasa n jasa dari orang sekarang manfaat dari barangust apabila objek sewaan ee barang ee dan jelas barangnya seperti hewan dan sayarah mobil rumah maka wajib diketahui pada saat akad sewanya dengan melihat apabila dapat dilihat secara spesifikasi sifatnya atau dengan eh sifat yang eh secara jelas terlihat atau terspesifikasitalif karena benda atau objek barang itu berbeda kemanfaatannya dengan perbedaan sifat sifatnya maka tidak sah ya menyewakan barang apabila tidak diketahui dan dijelaskan maka ketidakjelasan ini akan membawa kepada kemudaratan dan G seperti jual beli dengan ketidakjelasan objek yang diperjual belikan ya Bila yang anda Sewa adalah manfaat dari suatu barang ya barang itu harus anda ketahui ya dia mengatakan saya mau sewa mobil untuk pindahan siap berapa k dia sehar kata yang punya mobil sehari sewanya r00.000 yang n udah kebayang dia truk yang en en ban ya kalau Diel gitu datang pick up pick up pindahan bisa 3 hari ya kemudian tenaga pkatnya mungkin lebih banyak Nah ya tentu biayanya lebih besar nah ini gak boleh maka harus dilihat dahulu atau kalau tidak dijelaskan speknya dilihatkan fotonya Karena beda barangnya beda manfaatnya seperti tadi up kemampuannya barangnya sampai paling 1,5 m lebar dengan tinggi 1,5 m ya dengan panjang mungkin 2 M tapi kalau truk bisa 6 m bisa 4 M Maaf bisa 4 M ketinggian bisa 2 M ya sedangkan dia punya peratan yang tingginya 2 M kalau dengan pap sih bisa aja tapi kayak menarah mener Samsam Tower berjalan jad membahaya orang kiri kanan di samping ketakutan jangan-jangan e miring ke kiri miring ke kanan kita kena nanti ini ya itu kan membahayakan bagi yang menyewakan juga pemilik barang juga dan orang di sekitarnya ya maka harus jelas jelasnya Seperti apa kalau memang tidak bisa dijelaskan spek namanya hewan Ranya kebutuhannya mengangkut ee dia mengangkut padi angangkut padi itu ada sapi yang narik ada yang narik kebo Biasanya kalau kebo lebih kuat tenaganya lebih kuat sedangkan dia butuh padi yang dibawanya banyak dan dia punya gerobak sendiri dia ingin sewa ininya doang sewa hewannya doang Pak Saya sewa hewan untuk narik gerobak Ya siap Sehari berapa Pak r.000 yang di bawanya ternyata sapi bukan kerbau Pak saya sekali angkat 2 ton loh pakai ini enggak kuat sapi ya tadi kan hewan katanya Ya harus di Jelaskan Minta kebo bilang kebo jangan hewan kalau mamanya sapi mamanya Liatlah Pak ini saya gerobaknya gede ini gak apaapa Sipi Saya pernah aduh kebb jatuhudahu sa genduted bisa narik Yaudah silakan pentinguspakati harus dijelaskan dengan rinci [Musik] pada Ain zat yang objek yang disewakan juga yaitu dimiliki ole yang menyewakan atau diberikan izin objek sewa tersebut untuk disewakan karena ini merupakan jual beli manfaat maka disyaratkan di dalamnya demikian yaitu kepemilikan seperti jual beli barang-barang maka itu diperbolehkan untuk menyewakan rumah imam dan muadzin yang EE berada bersamaakfkan oh diwakafkan 6 sahih yang diwakafkan ya bersamaan dengan masjid dan semisalnya maka diperbolehkan untuk disewakan yang memang dikhususkan untuk mereka karena yaitu mereka hanya memiliki kemanfaatannya semata Nam Iya kemudian syarat selanjutnya setelah manfaatnya diketahui khusus untuk ee manfaat dari jasa dari barang barangnya harus jelas ya syarat selanjutnya bahwa jasa atau barang yang akan disewakan tadi itu sudah menjadi milik dia ya jasanya ya jasa milik dia lah memang ada manusia bisa diperjual belikan dan milik manusia maksud anda sourcing souring itu kan ee Anda jualkan orang-orang itu ke sana kemari itu dia bukan menjual orangnya dia membeli jasa orang itu lalu jasa itu dia jual kembali ya ketika ee perusahaan Ning umpamanya perusahaan ya penyalur tenaga kerja dia sifatnya bukan ada yang penyalur ada yang sourcing bukan penyalur dia memang menyewakan kalau ada yang penyalur umamanya perusahaan penyalur art atau PRT atau babyitter dan sopir pribadi umpamanya dia hanya menyalurkan dan dia minta Fe ketika ada yang menyewa sekali umpamanya sekali atau dua kali atau angka yang disepakati baik dibayar oleh yang menyewa jasa ya ataupun nanti si pekerja ini yang menyewa kepada dia itu penyaluran kalau sourcing bentuknya hendak ini perusahaan sourcing ya Dia mungkin sudah Ee tahu beberapa perusahaan yang butuh jasa a a b c d dia sewa jasa orang-orang dahulu sebelum dia sewakan ya kami butuh namanya keahlian ini ahli ini ahli ini ahli ini ketika orang-orang itu datang kepada mereka dia bersepakat kami gaji anda per bulan sekian terus kekuensinya ya kerja kalian sebulan 8 jam Maaf per hari J 8 jam di mana kerja kami itu gak ada urusan Kalian di mana kerja kami yang jelas sesuai dengan spek masing-masing saya gajiek keahlian masing-masing saya gaji dengan gaji umumnya sekian juta Maya R juta yang speknya yang ini keahlian ini keahlian R juta dan seterusnya gaji kalian tetap R juta atau R juta atau R juta walau Saya tidak menggunakan jasa kalian Ya Halal ini halal berarti sudah dimilikikah jasa mereka oleh outsourcing sudah karena sudah dimiliki mereka boleh dong jual jasa-jasa itu ke pusan-pusaan yang membutuhkan bisa jadi jual jasanya per bulan per hari per pekan per tahun dengan harga tentunya lebih tinggi daripada yang dia sewa jasa orang-orang tadi Kalau ada yang tadi dia sewa 5 juta per bulan Dia mungkin menyewakan ke pengguna Nasa itu mungkin sampai R juta atau 20 juta terserah dia ya karena risiko dia besar enggak dapat dia mencari perusahaan yang membutuhkan Jasa Ini dia tetap gaji orang-orang itu ya jangan rasa itu Ma jual beli manusia gak hanya jasana sudah disepakati beli juga harus dimiliki sebelumnya barangnya atau minimal dia diizinkan untuk menyewakannya Kenapa ini sama dengan jual beli barang sebagaimana disyaratkan dalam jual beli barang bahwa barang yang akan dijual sebelumnya harus dimiliki oleh penjual Atau Dia mendapat izin dari pemilik barang begitu juga yang menyewakan barang atau jasa Sebelumnya dia sudah memiliki barang tersebut atau Dia mendapat izin yaah dengan demikian ini mungkin di Indonesia Enggak banyak yang kasus Rumah Imam rumah muadzin diwakafkan bersama masjid kalau di Arab Saudi biasanya kaum muslimin di sana kalau dia punya wakaf tanah dan bangunan untuk masjid mereka bangun Masjid itu harus ada standarnya Berapa luas masjidnya kemudian luas Parkirannya harus jelas ya kemudian ee sesuaikan parkiran dengan luas Masjid kemudian Imam biasanya ada rumah tempat tinggal karena kalau tinggalnya ja capak capek dia bolak-balik ya 20 kilo jarak masjid di rumah 5 kali sehari 100 kilo pulang pergi itu n haah 20 kilo tib maka mereka buatkan rumah ya Yang yang buat masjid buat rumah imam buat rumah Muazin ya untuk Marbot biasanya terkadang dibuatkan juga kadang gak bisa membuat sekitaran Hm karena itu enggak keahlinya enggak terlalu tinggi yang Begu sekalian tinggi adalah Imam kadang Imam itu sudah punya rumah Cuman karena ditempatkan di situ rumahnya kosong ya maka itu rumah disewakan nah dan Harganya miring bnya Az Masyaallah Kalau antum ke Saud Arab Saudi cari mau nyewa rumah cari rumah imam Harganya miring dan Kalau Anda suaranya bagus dan hafalannya bagus kadang ganti gantiin dia juga kalau terlambat biasanya imamnya ngasih fee lagi itu sudah sewa rumahnya umamanya setahun 30.000 realal nanti kalau pas lagi enggak ada dia dia Wa ke Antum Antum menjadi imam hari ini ya H biasanya mereka ngasih uang karena mereka digaji ya sana digaji ya Tergantung ee gajinya berdasarkan e strata pendidikannya kalau sarjana basnya 5.000 riyal Hm Masyaallah selain pekerjaan lain ya anda bebas mau dagang mau ngapain Tapi jadi imam 5 waktu itu gaji 5.000 riyal jadi 5.000 riyal itu sekalian khutbah Jumat sana enggak ada khotbah Jumat yang ngiter-ngiter kayak di kita Imam langsung sebagai Khatib itu yang gaji negara he ya sekitar 20 juta cukuplah ya cukup 20 juta jadi imam Antum bisa bikin gorengan mungkin makanan Hah lain waktu nulis juga bisa dan seterusnya kemudian dan diperbolehkan bagi peseorangan atau Yayasan atau lembaga keuangan untuk membuat janji he menjanjikan janjikan kepada Amil atau nasabah untuk menyewakan ee sebuah apartemen tertentu Muid makan properti apartemen bisa bangunan bisa mobil dan barang-barang yang lain yang telah tertentu setelah dimiliki karena ini hanya sebatas janji sebagaimana diperbolehkan untuk mewakilkan nasabah untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan dari ee berbagai macam bentuk barang yang telah ditentukan sifat dan juga nilai harganya maka diberikannya barang tersebut sebagai wakil dengan harapan akan disewakan setelah dimiliki ee oleh objek barang tersebut oleh wakil sebagai eh niabatan Anhu wakil atau pengganti dari e nasabah Nam Liah wakalah mujarah karena ini hanya sebatas akad wakalah dan kedudukan wakil yarju y dengan mengharapkan adanya e akad sewa menyewa yang akan terjadi pada barang tersebut maka ini tidak membahayakan tidak memudratkan sebagaimana posisi pembeli yang meniatkan untuk menyewakan barang tersebut kepada wakil maka ini tidak memudaratkannya juga karena ini hanya sebatas ee harapan dan niat tidak belum terlaksana dengan sebab itu akad takjir akad sewa- menyewa maka diperbolehkan setelah barang dimiliki oleh pembeli dan EE EE adanya kesepakatan untuk menyewakan barang tersebut kepada wakil lalu dibuat akad tijarah dengan akad yang terpisah dari akad wakil wakalah dan janji sebagaimana diperbolehkanir Al mustajir yaitu pemilik barang yang menyewakan memberikan janji kepada penyewa untuk menghadiahkan atau menghibahkan objek barang yang disewakan pada berakhirnya masa sewa maka ini Hadad biakdin munfasil maka dibuat akad yang terpisah ya dengan akad e dengan akad tersebut Nam ya Bagi pemilik dana atau sebuah lembaga keuangan atau BMT atau koperasi he Nam kalau yang butuh objek adalah nasabah tapi dia tidak mau beli diaya butuh sewa ya kar satu lain hal lah namanya op B operasinya operasionalnya tinggi dan seterusnya Ranya ada kontraktor butuh ee dam truk h d truk kalau dibelikan mahal harganya dia hanya butuh mau butuh untuk angkut barang tambang ya maka dia tidak mau beli datang dia ke lembaga keuangan kata dia Saya mau menyewa dap truk sebanyak 10 unit ya sewa sebulan per unitnya 10 juta banya 10 berarti 100 juta iya siap atau lembaga tadi ya kami akan menyewakan berarti belum dan nasabah pun tidak boleh diminta DP pada saat itu Kara ini belum akad hanya janji dan harapan dari para pihak Asabah tidak boleh dia diambil DP darinya Lalu ada dua kemungkinan kungkinan pertama lembaga tadi yang cari Dam truknya Lembaga ini sudah profesional ya memang adanya dekat dari daerah tambang ya sering kasus ini sering orang yang menyewa ee dalamam truk ke mereka Maka mereka tinggal angkat telepon sepakat S ya sudah bawa D trukmu kemari setelah itu dia sewakan bisa jadi ini lembaga keuangan koperasi atau BMT atau Bank BPR Syariah dan lainnya tidak punya kolega belum punya relasi menam truk tadi atau mereka baru buat sedangkan yang akan menyewwa ini memang ee kontraktor tambang yang sudah biasaa dari A dan B dan C ini sekarang kebetulan cash flownya lagi terganggu aja ya maka lembaga keuangan tadi bisa mengatakan ya sudahah kami enggak ee kenal baik dengan pihak dam truk kira-kira spesifikasi yang kalian butuhkan Seperti apa dia Jelaskan begini- begegini dan truknya di atas ee di bawah umurnya 5 tahun karena 5 tahun operasionalnya tinggi berartianya apa solarnya banyak segala macamlah ya Ya sudahah kami wakilkan kepada kalian Biasanya kalau sewa langsung berapa ya kalau sewa Langsung biasanya harus bayar untuk kalau kebutuhannya kami butuh setahun Apanya namanya 10 unit tadi harus bayar 30% kami enggak punya cash flow untuk ngasih R juta ya sudah sewa ini uang bukanya sewakan ke mereka atas nama kami ya atas lembaga kami 10 unit setelah itu boleh kami pakai langsung Oh gak boleh Kalian pakai langsung itu kan masih punya kami belum ada kita akad sewa dengan kalian ya Lalu gimana ya bawa ke sini 10 Dom truknya ya adaduh kata dia kalau bawa ke sini Itu posisinya dia lebih dekat ke tempat tambang kami daripada lembaga kalian ya sudah kalau gitu Kami tunjuk orang kami sama kalian datanga kami terima dulu dalam truknya ya Kalian cari dulu yang pas pas nanti berh tahu luncur dari sini orang kami bagian keting atau apa untuk ngecek barangnya unitnya dan seketarah mereka cek bagus dan dan Sega macam mereka bayar kemudian baru kami bikin baru wakil kami tadi berakad dengan anda Ya tandatanganilah bayar DP H ya pada saat itu juga atau keesokannya boleh ber DP dan unit boleh dibawa boleh dipakai hari itu juga ak alhasil harus diterima dulu baru disewakan lagi buat akad lagi bukan m langsung dipakaikan ya juga boleh ijalah mentahiyah Tablig ini yang kedua yang dikatakan oleh Syekh Jibril ABD Abdullah bin bin Abdul Aziz Jibril kata beliau boleh sewa- menyewa kemudian dibuat janji terpisah bahwa umpamanya dia mengatakan yang Lembah Keuangan saya atau BPR tadi BMT tadi ya sudah Bagaimana kalau dalam truk itu kami beli aja Oh kami enggak mau beli tapi karena enggak ada uang tadi enggak gampang kami beli dulu namanya 1 unit 1 miliar kami beli satu unit ya kalian sewa selama 10 tahun bila 10 tahun kalian sewa ber buulannya beda Harganya ya Kata dia per bulan harganya umpamanya kalau yang sewa doang itu 10 juta kalau yang ini programnya 15 juta atau 17 atau berapalah dipertimbangkanlah tapi setelah 10 tahun itu menjadi milik kalian C beli tapi kami buat perjanjian janji menghibahkan terpisah sekarang buat akad sewa dulu aja berarti Mungkin kalian hibahkan Mungkin tidak ya namanya terpisah Ya iyalah ya karena kalau langsung menjadi milik kalian setelah 10 tahun itu tergabung dua akad yang konsekuensinya bertentangan antara jual dan beli itu ya itu juga boleh dan di sini Syekh meyaratkan merujuk kepada Fata kesepakatan dari para ulama konferensi ulama fikih Islam internasional yang berada di Jeddah Alhamdulillah jazakahir atas pembahasan dan juga Syarah yang disampaikan oleh Ustaz ikhw dan akatakumullah kita buka sesi soal jawab bagi Anda yang ingin bertanya dan baru bergabung dalam akad atau persyaratan akad sewa menyewa kita berikan kesempatan diin telepon 021823 3 6543 pertanyaan via chat WhatsApp seperti biasa di 0819896543 kita akan angkat pertanyaan via telepon terlebih dahulu silakan di 0218236543 baik e kita angkat kembali Halo silakan n silakan di 0218236543 eh baik masih terhubung kami angkat kembali selanjutnya Waalaikumsalam warahmatullah dengan siapa Di mana saya dengan Abu Wildan Ustaz Nam Abu Wildan silakan pertanyaannya Abu Wildan eh mau tanya tentang Asuransi Ustaz Adakah di Indonesia ini asuransi yang tidak atau yang diizinkan atau yang diperbolehkan oleh agama jika kita masih bisa memilih Artinya kita misal punya kendaraan terus kendaraan kita pengin kita asuransikan terus yang kedua Az sebagai pegawai di sebuah instansi saya mengepalai unit Ustaz Nah qadarullah kan E setiapat itu akad kerjanya kan Um secara umum walaupun tidak di tidak diverbalkan tidak ditulis secara umum kan akad kerja itu kan jam 800 sampai jam 16 qadrullah kan jamnya salat itu maju Ustaz suka maju suka diam 12an nah jam kadang sekarang ini misalkan di pekan ini jam 11.44 Artinya kita meninggalkan kantor itu untuk salat itu ee sebelum jam istirahat Apakah ini tidak menyalahi aturan agama Ustaz terkait dengan meninggalkan kantor dan juga kadang-kadang kan kita ada worklet yang besar dan juga worket yang ringan kalau lagi besar mungkin e kadang-ang di luar luar jam 16.00 kita masih kerja tapi kalau lag ringan apakah bisa digunakan ee untuk membaca buku yang di luar ee pekerjaan sat atau dengar-dengarin kajian gitu Sementara saya mengaw unit Artinya saya punya diberikan keluasan untuk memutuskan boleh dan tidaknya Makasih Ustaz Waalaikumsalam Warahmatullahi warakatuh silakan Ustaz ya dalam kasus tadi ya hak untuk salat ee zuhur dan asar bagi karyawan yang dia muslim itu hak yang di akui oleh negara ya negara kita berasaskan ketuhanan yang maha esa ya k yang Esa berarti itu menetapkan adanya tuntutan di mana ketika Allah Azza walla Tuhan yang mahaa tadi mewajibkan k umat muslim salat lima waktu berarti kewajiban paling tinggi mengalahkan semua kesepakatan di bawahnya maka harusnya peraturan pekerjaan Anda itu di tempat tadi itu yang dibuat sedikit ee renggang artinya diberikan waktu istirahat kalau umpamanya maju tinggal salat siang S 1 jam kalau salatnya maju ya dimulailah dari azan 1 jam dari azan sampai 1 jam selesai umpamanya jam kalau jam biasanya jam 12.00 berarti jam .00 selesai kalau maju azan salatnya 1144 ketika azan berarti sudah istirahat masuk lagi nanti 1244 ya Sehingga haknya tidak bertentangan ya dengan kondisi pekerjaan kecuali ada pekerjaan yang kalau tidak diselesaikan di jam 12.00 akan terjadi hal yang membahayakan memudaratkan ya kerugian yang besar umpamanya mesin pekerja produksi umpamanya harus bekerja sekian jam boleh kurang walau umpamanya 20 menit karena merugikan perusahaan karena Bi operasionalnya hidup mati itu listriknya segala macam kok begitulah atau kadang membahayakan jiwa ya sehingga tidak boleh itu berhenti tinggal hak salat tadi zuhur tadi sat 1 jam tadi di fleksibelkan sesuai orangnya ya seperti itu ya namanya salat kan enggak mesti ke masjid keluar dari tempat pekerjaan itu yang membuat apa namanya yang membuat waktu banyak terpakai Iya saya ya sediakan tempat ruangan salat ada Ha Ada apa kalau umpamanya ruang meeting Hm saya bisa digunakan UNT tempat salat H para karyawan tersebut karena kalau dia harus ke musalah ke masjid waktu berjalannya pergi sudah 5 menit kemudian pulang 5 menit ngobrol di jalannya itu kadang 10 menit kalau nampak ada jajanan di luar Nah itu 10 menit lagi itu yang menghabiskan Iya saya ya tapi kalau semuanya ditempat ada masalah artinya itu mudah untuk dikelola dan tidak akan bertentangan antara kewajiban salat dengan pekerjaan kemudian mengenai tadi ketika kod longgar boleh mendengar kajian dan lain-lainnya atau baca Quran kalau itu tidak menyebabkan Anda yang jelas kaidahnya jelas bahwa anda tidak digaji untuk mendengar kajian untuk baca al-qur’an anda untuk bekerja kalau Anda lihat pekerjaannya di waktu sedang tidak ada memang tidak ada kerja beda jadi pekerjaan ada yang pekerjaannya ada ada pekerjaannya ada seperti namanya administrasi itu pekerjaan ada terus Enggak mungkin enggak ada tapi bagian lain ya sesuai bila ada kerja dia kerja bila kalau tidak santai standby ya kalau dia di bagian yang standby tadi ya kalau dia menggunakan persiapan kebugaran dia jangan tidur renda ya mungkin apa namanya jalan sini jalan sana atau membuat Buga tubuh anda kan dengan kajian tadi gak ada masalah kalau yang jenis pekerjaan seperti itu ada jenis pekerjaan seperti administrasi ya itu ada terus saja sahih engak bisa berhenti-berhenti Nah itu tidak boleh dia tadi Ya tapi kalau dia bekerja sambil bekerja sambil murajaah hafalan surat-surat pendeknya silakan atau sambil mulutnya berzikir tidak akan terganggu nah wabillahi Taufik ah asuransi yang diperbolehkan asuransi wallahuam ya Bagi saya saya belum menemukan asuransi di Indonesia yang memenuhi kriteria yang dibuatkan oleh para ulama dunia islam Hm Insyaallah tib Ustaz jazakallah kir demikian Abu Wildan Semoga menjadi pencerahan dan jawaban bermanfaat Barakallah fiq jazakallah Khair baik kita masih berikan kesempatan kembali yang kedua bagi ikhwat dan akhwat fillah silakan di 0218236543 Nah kita angkat kembali halo a enam silakan Iya sudah masuk silakan asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh nah Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa Umu di mana dari ibu Sukma di Pasar Minggu Baik Ibu Sukma silakan tanya begini Pak ustaz ee Alhamdulillah setelah dapat ilmunya ee maka tabungan di bank konvensional ditutup dan Insyaallah sudah bertobat tapi bagaimana dengan e bunga-bunga yang didapat selama ini kan enggak dihitung-hitung engak dipertiin dan jumlahnya ggak tahu juga Ah sekian puluh tahun gitu itu Bagaimana itu dengan bunganya itu Pak ustaz apa cukup sekalian dengan bertobat dengan tutup bank itu Pak ustaz Ibu tahunya bahwa menabung di B Sejak tahun berapa Kenapa Pak ustaz Ibu tahunya bahwa menabung di bank konvensional itu berapa tahun yang lalu eh ya sejak dapat ilmunya kira-kira 4 tahun yang lalu ya sudah e ikutin kajian-kajian setelah mulai paham baru diusahain pergi nutupnya Pak ustaz 4 tahun yang lalu iya i 4 tahun yang lalu ibu perkirakan saja berapa saldo ibu kalau tabungan biasanya sekitar 2% bunganya Oh jadi yang tahunun pertama umamanya ada tabungan sekitar 100 juta kali 2% keluarkan R juta tahun ketiganya ya naik kayaknya tabungan di tahun itu ada 500 juta k 2% kemudian di tahun kedua ya naik 1 miliar kali 2% berarti 20 R juta Iya di tahun yang ini Masyaallah 10 miliar haah Berarti kali 2% berarti r0 juta Iya Pak ustaz Oh jadi yang sebelum tahu itu e enggak di enggak dihitung gitu ya Pak ustaz ya sebelum tahu Semoga Allah maafkan Heeh jadi eh 4 tahun tuh saya baru tahu ilmu-ilmu ini baru tapi untuk mengetahui tentang bank konvensional ini ee enggak boleh ya setelah belajar dulu berapa tahun dengan Pak ustaz gitu nah Semoga Allah mudahkan Bu terkait dengan Terus bagaimana dengan ini Pak ustaz orang yang sudah meninggal gitu dia kan juga punya bank konvensional gitu juga ggak tahu gitu sementara sementara dia e punya Hart lah buat waktu dia meninggal gitu tadi kan Allah mengatakan Siapa yang datang kep peringatan lalu dia tobat meninggalkannya yang telah berlalu Allah maaf snya kepada Allah Oh gitu berarti Allah maafkan itu yang di surat Albaqarah itu ya Pak ustaz Iya Ibu Oh iya Oh ya makasih ya Pak ustaz I asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh jazakumullahir jazakhair Ibu Sukma ya semoga Allah berikan keistikamahan dan kemudahan Barakallah fikik kita berikan kesempatan kembali di telepon 02182365 543 bagi Anda yang baru bergabung pembahasan pagi ini berkaitan masih dalam persyaratan akad sewa- menyewa baik kita berikan kesempatan kembali via telepon yang ingin bertanya silakan di 0218236543 Ya baik Halo Nam silakan baik kami berikan kesempatan kembali via telepon di 0218236543 ya kita angkat kembali Halo tib kami akan angkat via chat WhatsApp sambil menunggu asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ee pertanyaan berkaitan dengan ee pembahasan sewa menyewa yang berakhir dengan kepemilikan apabila dalam akad ada ee bentuk komitmen dan janji yang disertai dengan DP akan tetapi DP ini nanti akan dimasukkan ke dalam nilai sewanya Ustaz Apakah ini diperbolehkan jazakallah Khair JP pada saat menyewa namam barang sudah dimiliki atau belum tidak dijelaskan kalau barang sudah dimiliki gak ada masalah Hm baik jazakallah Khair demikian ikhwah dan akhwat yang bertanya Barakallah Fik baik kita angkat selanjutnya kembali via telepon Halo jazakah Nam silakan sudah masuk iya halo Halo asalamualaikum Ustaz Waalaikumsalam warahmatullah dengan siapa Umu di mana Alhamdulillah sudah masuk ee saya hamba Allah di Jakarta Ustaz baik silakan pertanyaannya izin mau bertanya beberapa tahun yang lalu eh saya bekerja di salah satu Stasion TV nah eh ada persyaratan Ustaz jadi eh kalau misalnya mau masuk untuk program itu gitu Ya kita harus ee apa apa menyimpan ijazah kita di sana dan kalau misalnya kurang dari waktu yang ditentukan Nah itu kita harus membayar Rp10 juta kadarullah ee Saya tidak meneruskan Ustaz ee karena memang ee apa ya TV itu apa ya malam pulangnya gitu ya Ustaz jadi ee Saya tidak teruskan untuk programnya ayah saya ke sana rencananya ee beberapa tahun yang lalu ya araham ayah saya ke sana untuk meminta apa namanya ee keringanan keringanan gitu Ustaz cuma memang tidak dikasihkan oleh e pihak TV jadi harus menunggu ee waktunya gitu atau membayar senilai ee persetujuan R juta itu Nah sudah waktu berjalan Az ini sudah lebih dari 10 tahun Saya mencari konteksnya lagi mencari kontek TV kemudian hrd-nya di mana gitu ya Eh ini tidak ketemu Ustaz dan pernah konk juga cuma HRD yang sekarang itu tidak apa namanya tidak e mengetahui ya eh historinya seperti apa gitu Saya sudah tunjukan juga itu surat persetujuan untuk penahanan ijazah gitu nah ini seperti apa ya Ustaz Apakah saya e terhitung punya hutang atau apa yang saya harus lakukan Ustaz seperti itu sebentar Anda hutang dari mana kan ijazah Anda yang dipegangnya eh ijazahnya disimpan Ustaz kemudian kalau E ini karena saya tidak meneruskan program itu Ustaz jadi saya berhenti dan harus bayar sebenar Ustaz cuma Anda Heeh Masud Anda hutang yang R juta itu ee r10 juta itu harus dibayar kalau misalnya mau ambil ijazah sebentar atau lewat Dari kerjanya itu ini R juta atas atas dasar apa karena anda berhenti sebelum waktu berapa tahun ada kesepakatan kontrak kerja untuk mengambil ijazah itu Ustaz jadi sebentar ketika Anda kerja kontraknya itu per tahun per bulan atau per 2 tahun per 5 tahun atau karyawan tetap ee 3 tahun programnya Ustaz kalau programnya 3 tahun itu berarti selesai 3 tahun Anda bisa mengambil semua hak Anda tidak ada hak mereka menahanahan kalau mereka tidak mau itu Anda Bawa aja ke pihak merwenang bawa ke pengadilan lapor jadi untuk perhitungan saya karena selesai sebelum waktunya itu bukan terhitung hutang ya Ustaz Anda selesai sebelum 3 tahun sebelum 3 tahun g betul Anda selesai sebelum 3 tahun di kusanya ada setelah anda keluar baru 10 tahun setelah itu diambil betul cuma sampai sekarang saya hubungi belum tidak Sebentar dan harus dikenakan denda 10 juta Iya betul Iya kalau mau diambil lebih cepat itu kalau mau diambil lebih cepat R juta kalau tidak 10 tahun tidak ada denda harusnya iya ya Ustaz saya Pasalnya enggak tahu saya ibu ibu jelaskan gak ada pasal kasa perjanjiannya sudah lewat 10 tahun ya tapi ini ya bu sudah sudah sudah Nah Ibu tidak ada hutang Alhamdulillah kalaupun itu dicantakan hutang kalau ibu merasa tidak nyaman dan Seal macam ada risiko tidak sesuai dengan syariat maka bagi perjanjian itu sesuai syariat Islam itu perjanjian yang batal baik Ustaz berarti tidak ada Ustaz Ee tidak ada hutang ya Ustaz perhitungannya Ustaz tidak ada nah Alhamdulillah jadi saya tidak perlu mencari-cari lagi ya Ustaz ee apa namanya iaz Anda yang penting sudah diambil belum belum belum masih di sana baik Semoga Allah mudahkan Bu bisa DII kalau enggak perlu jugah enggak apa-apa Makasih banyak Ustaz baikazakah kir nah Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Semoga Allah mudahkan baik kita berikan kesempatan kembali via telepon silakan di 0218236543 Ya baik kita angkat kembali Halo Nam silakan sudah masuk asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa Bapak di mana saya Mawa yunaldi di Lubuk Basung Ken Agam Sumatera Barat silakan Mbak silakan pertanyaannya saya pertanyakan saya misalnya meminjam di bank e jangka berapa bulan itu 89 bulan kalau kalau melunasi ee dalam perjanjian membayar bunganya Del kali itu kan tiba yang berlipat ganda Bagaimana caranya kalau saya masih ada uang untuk melunasi kan tibaak Pak ustaz cukup bapak itu saja pertanyaannya Pak pertanyaanya itu bisa kita hanya membayar satu kali bunga saja atau tanpa bunga bagaimana kita sudah buat perjanjian dengan mereka oke baik pertanyaannya Iya ada tambahan pak pertanyaannya itu saja Nah itu saja Pak baik Cukup jelas Ustaz baik kita akan semak jawabannya Pak kita akan semak jawabannya silakan Ustaz Iya wallahualam bapak nengo dulu ke mereka saya Mas sekarang kalau mereka katakan Bapak ada denda segala macam maacam sudah nanti nanti jelas las H Nah ya rugin juga mereka kan ya [Musik] H penundaan tidak ada masalah Ustaz ya Gak ada masalah demikian pakaldi semoga biasanya mereka mau eh ti dinegosiasi dulu ya dengan pihak lembaga keuangannya ya untuk bisa dimudahkan untuk pelunasan demikian Diusahakan Pak semoga Allah mudahkan Insyaallah Ya baik kita berikan kesempatan kembali via telepon di 0218236543 ya kita angkat kembali Halo silakan Nam sudah masuk silakan Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa akhi di mana dengan Abu Umar Abu Umar silakan Ustaz mau tanya kalau misalkan Ee kita jual tanah dengan tidak tunai misalkan harganya R juta terus si pembeli bayar DP R juta di awal terminnya sekitar 8 bulan misisanya Rp0 juta Nah itu kalau misalkan setiap bulan dia komitmen bayar ee sekian misalkan terus ee kalau dia meleset dari komitmen itu apakah boleh dikenakan denda atau atau bagaimana Ustaz denda tidak boleh ya tapi dia beli silakan pakai tanahnya tap balik nama nanti setelah lunas jelas jadi sama sekali enggak boleh ada denda di itu tiap bulan itu riba itu riba Nah maka cara Anda untuk mengamankan hak anda anda sampaikan bila terlambat dan belum masuk bulan selanjutnya Ya maafkan tapi masuk bulan selanjutnya belum ada pembayaran dan tidak ada uzur yang betul-betul berat berhak dan seterus dan seterusnya maka objek kita jualkan dibuat di klausarnya perjanjiannyaualkan ke piak ketiga saya ambil sisa saya berapa yang sisa kalau ada kelebihan saya kasih ke kamu baik Az asalamualikum warahmabakatuhikumsam warahmatullah wabarakatuh demikian tambahan dari eusi yang yang diberikan semoga dipermuda baik kita berikan kesempatan kembali masih di laine telepon 0218236543 baik Halo Halo asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa akhi di mana dengan Ridwan di Karawang pakidan silakan pertanyaannya eh Saya ingin bertanya tentang barang dagangan misalkan saya belanja antara 5 sampai 10 juta per hari ya karena khawatir ada Bond yang hilang jadi zakatnya itu dikeluarkan per hari perbon itu boleh atau tidak tidak nunggut 1 tahun terima kasih asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalikumsalam warahmatullah waratuh sudah sampai nisab atau belum Pak Ridwan Iya kenapa Barangnya sudah sampai nisf e jadi tidak Ditunggu 1 tahun Jadi kalau misalkan pertanyaan saya bapak bapak barang dagangannya kalau di nilai sekarang itu berapa juta Harganya 5 setiap belanja itu antar bonnya R juta per hari sampai R juta tidak tentu Iya barang Bapak sekarang kalau bapak hitung bukan bon-bon sekarang barangnya habis atau nol atau ada Oh barangnya habisnya tidak tentu jadi belanjanya per hari yang sekarang Bapak kalau bapak hitung Berapa harga barang Bapak itu yang ada di gudang di rumah di mana-mana Oh dihitung semuaya perkiraan berapa mencapai berapa Pul juta Pak ada R juta ee kurang lebih adalah 30 tidak sampai kalau karena tempatnya terbatas maka belanjanya setiap hari ya enggak 30 ya I uang bapak yang ada baik tabungan ataupun uang dagang ada berapa uang tabungan yang bukan modal terserah masuk semuanya modal dan bukan modal penting milik Bapak ada berapa ee 100 lebihlah Kalau uang casnya lebihnya berapa lebih buat apanya 100 lebih lebihnya berapa Kalau 150 atau 110 at 105 beda sekitar sekitar kalau sama barang dagangan kira-kira 150 kalau dengan barang50 itu kena nisab mencapai nisab dengan semua harta gitu ya yang ditabungan bukan walaupun tidak dipakai dagang iya oh iya ya ini kalau dia kalau tadi barang dagang cuma R juta Bapak tidak punya uang tabungan 120 juta itu tidak ada zakat Sekarangnya 140-an tetap keluarnya tahun sebentar masalah ngeluarinnya kapan aja boleh Oh boleh kapan Iya kapan aja boleh cuma niatnya zakat yang penting sudah sampai atau belum Oh disatukan sama semua yang walaupun pakai modal begitu ya yangikah ya kalau sudah sampai nisab berarti niatnya zakat Sebelum jatuh tempoh itu dibolehkan h i Iya [Musik] ya tapi kalau tidak sampai nisab tidak boleh Bapak tinggal niatkan zakat boleh demikian Pak dan itu berlebih jadinya h n karena Bapak belum tentu barang laku belum tentu untung tapi sudah bapak zakatkan iya iya ya Belum lagi B opesional dan lain-lain boleh atau tidak sebenarnya kan saya bilang bolehh cuman Bapak dari sisi bisnis rugi Iya zakat itu di akhir tahun kalau sekarang Bapak zakat S sudah Manya Bapak sudah keluar setahun itu ada sebanyak 10 juta kalau bapak hitung pakai akhir tahun ya itu di akhir tahun itu kemungkinan dari R50 juta zakatnya cuma 2 jutaanah Oh ya berarti kan selisih ada 7 juta kalau bapak niatkan sedekah boleh Iya demikian Pak Cukup jelas pertanyaan jawabannyaik Alhamdulillah jazakah kir Barakallah Fik jadi ada du dua persyaratan Ustaz ya Selain haul yaitu nilai nisab ya Az ya dalam zakat itu yang mungkin perlu diper ikan Bapak Barakallah Fik kita angkat kembali Pertanyaan selanjutnya masih di via telepon 0218236543 baik silakan Halo I Asalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah dengan siapa Umu di mana i Punten Nama saya Heni di Cilandak Baik Ibu Heni silakan pertanyaannya Iya eh mohon arahan bimbingannya Pak ustaz eh saya kalau memiliki emas ee itu Ibu kalau atau milik sudah ada atau kalau e sudah maksud saya mohon maaf saya punya ee Mas ee batangan itu yang satu 25 gram Nah yang satu ee 10 GR sama beberapa cincin Apakah saya harus membayar ee apa namanya eh zakat Iya zakatnya I namun saya juga punya hutang eh saya maksud saya saya tuh nabung-nabung biar saya bisa melunasi hutang gitu Apakah saya ee diwajibkan untukayar zakat cincinnya cincin dipakai apa tidak eh kadang dipakai kadang enggak tidak ada zakatnya yang Mas B tangan ada zakatnya tapi Ibu punya uang lagi yang lain Ee tidak tapi saya punya apa namanya eh apartemen gitu ya itu yang salah saya Pak ustaz gak ada masalah uang yang apartemen tidak ada ibu punya apartemen tujuannya jual- beli apartemen dibeli dijual dibeli dijual atau dibeli Saya mau sewakan maksudnya Pak ustaz itu apartemennya tidak ada zakatnya Iya apartemennya tidak ada zakatnya yang ada zakat hanya uang sewa apartemen Iya makanya saya tanyakan uang uangnya uang sewanya ngumpul ee ya itu kalau kumpul langsung saya beli Em gitu berarti sekarang uangnya nol uangnya Alhamdulillah di tabungan juga ada Pak ustaz sampai nisab 12 juta enggak enggak ee di bawah 50 Pak ustaz berarti tidak ada kjian zakat Ibu Subhanallah ya Pak ustaz i i itu aja Pak ustaz I Doakan saya ya Pak ustaz mudah-mudahan saya bisa melepas hutang-hutang saya Pak ustaz I am Semoga ibu yang bertanya dan kaum muslimin muslimat lainnya Allah angkatkan hutang-hutang yang melilit mereka Amin Selain Kita saya berdoakan masing-masing kita masing-masing anda minta kepada Allah di pagi dan petang untuk berlindung dari galabatain dari lilitan hutang amin amin Allah Iya terima kasih Pak ustaz jazakullah Asalamualaikum Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh jazakillah Khair umudan Semoga Allah mudahkan urusannya Barakallah Fik baik kita berikan kesempatan kembali masih Fa telepon silakan di 021 8236543 dan bagi Anda yang baru bergabung dalam pembahasan persyaratan akad sewa- menyewa dan kita berikan untuk sesi soal jawab silakan Halo asalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah dengan siapa Di mana dengan ahmadanyaal War silakan Pak Ahmad silakan Pak Halo silakan Pak monitor via telepon saja Pak dimatikan dulu volume TV atau radionya ada feedback iya i asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhalikumsalam warahmatullah wabarakatuh silakan Ahmad di jakarta silakan Pak Ahmad langsung mau bertanya perihal waris orang tua saya meninggal Ayah yang sekitar 4 tahun yang lalu sampai sekarang warisnya belum sampai S sekarang warisnya belum bisa dibagi karena berupa tanah dan bangunan di beberapa tempat tanah dan bangunan itu ada yang ditempati sama saudara dan ada yang disewakan bangunannya rumah sewa atau rumah k Jadi kami kesulitan untuk membaginya eh mohon saran Gimana cara untuk membaginya gitu dibagi dulu sesuai syariat apa yang Allah jelaskan dalam kitabnya nanti kemudian masalah eksekusinya disesuaikan dengan ee harta masing-masing harta Ayah itu masing-masing Ayah wafat istrinya masih hidup waktu itu ee sebelum Ayah meninggal Ibu meninggal duluan Iya sebentar ituah orang tua ayah masih hidup ee sudah enggak ada semua anaknya berapa orang laki berapa perempuan ee setelah Ibu meninggal Ayah nikah lagi H dan pada saat Ayah meninggal ibu yang kedua itu masih ada Iya berarti ada istri itu namanya itu pada saat Ayah meninggal dua dua wanita Bapak Bapak harus pakai langsung Bapak pakai telepon jangan pakai televisi ada jeda waktu Iya saya ini pakai HP Az pakai apa ya sudah coba saya tanyakan lagi ya yang meninggal ini punya tanah yang banyak ini Siapa namanya Bapak apa namanya eh Haji Mas Latif hajimas Latif mas rafi Latif Latif Mas Latif Haji Mas Latif ini Iya ketika beliau wafat istrinya ada ada istri yang kedua ya satu orang Iya dia mendapatkan seperdelapan dari harta Haji Mas Latif Iya Ayah Ibu dari Haji Mas Latif sudah wafat sudah enggak ada sudah wafat anak Haji Mas Latif Berapa orang dari dua istri tadi laki berapa perempuan berapa ee dari istri yang kedua tidak ada anak Heh dari istri pertama 10 laki-laki tiga perempuan hidup semuanya ketika Haji mastif wafat meninggal tinggal dua perempuan 10 laki-laki ah berarti perempuan dua laki-laki 10 anak dari Haji Mas latil Iya yang 10 tadi masing-masing du bagian 20 + 2 22 22* Del berapa Ustaz en Ustaz 2* 8 sama 176 haranya dibagi kalau kalau pembagian mungkin ya saya masih ngertilah yang saya minta sarannya karena itu tanah peninggalan orang eh peninggalan orang tua itu berupa tanah dan bangunan di beberapa tempat Jadi kami mohon saran Gimana cara membaginya karena kesulitan tanah dan bangunan itu ada yang sudah ditempati sama saudara gitu kan bangunannya ada yang ayah buatkan dan ada yang dibuat oleh saudara ee udah gitu tanahnya itu ada yang melebihi dari bagian dari jika nanti dibagi waris gitu sedangkan kami semua tidak punya uang untuk apa untuk bukan tidak punya enggak ada uang untuk apa untuk mengganti kelebihan-kelebihan itu dihitung dulu hak masing-masing dari waris nanti dinilai barang yang dipegang masing-masing paham Iya ya kalau barangnya sama dengan hak warisnya selesai betul bagi barangnya kelebihan mahal daripada hak warisnya dia wajib memberikan kepada yang dia pegang barang lebih kurang dari hak warisnya Mungkin dia jual sebagian atau dia cari uang yang lain yang halal sudah selesai iya jelas ee untuk penghitungan nilainya itu menggunakan NJOP atau gimana Ya tnya kesepakatan berdua ini kan jual beli antara Anda berdua bukan dengan ini gini untuk penilaian apa untuk menjumlahkan harta seluruh orang tua itu gimana gitu caranya apa dengan NJOP atau gimana kesepakatan semuanya kesepakat mau pakai NJOP NJOP heeh iyaetujuan Dar semu ahli waris iya iya Cukup jelas Pak Baik Ya jelas nah Alhamdulillah semoga Allah mudahkan Pak artin disepakati semuanya dengan tim baik jazakallah Khair wabarakallah Fik n Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Semoga Allah mudahkan Pak untuk pembagian warisannya kita berikan kesempatan untuk selanjutnya pertanyaan via chat WhatsApp yang sudah banyak ya masuk kami angkat kembali asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhikumsalam War terkait dengan ee hibah Bagaimanakah akad hibah yang EE bisa saya berikan kepada anak-anak Ada sejumlah aset Ustaz ee baik anak laki-laki dan anak perempuan pertanyaan yang pertama Apakah akad ibah akad ibahhibah ini dibagikan secara merata adil bagian laki-laki dan bagian perempuan Kemudian yang kedua terkait dengan penyerahan Asad R hibah ini apakah diperbolehkan ee dengan mencantumkan ee hibah akan diberikan setelah wafat orang tua jazakallah Khair yang pertama rata boleh Baik itu dengan nilai bukan dengan objek kalau rumah Semuanya sama nilainya boleh Mana ada rumah semua nnya sama beda posisi beda Harganya sahih Ustaz ya kalau harganya sama ketika dinilai boleh dihibahkan dan hibah dia akan mengikat bila sudah ada sudah terima kalau rumah dengan balik nama ya bila belum terjadi setelah terima nanti suungguh meninggal maka hibahnya tadi menjadi batal dan berubah dia menjadi harta waris dibagi 1 banding du antara laki perempuan dan dapat ahli waris yang lain H Ustaz yang jadi batal hibahnya menjadi ahli waris ya he bab demikian pendengar dan ikhwah yang bertanya Barakallah Fik Semoga Allah mudahkan dan menjadi pencerahan kami angkat kembali pertanyaan berikutnya asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ee Bagaimanakah hukum dari bapak Zulkifli di Jayapura dan juga pendengar dan pemirsa yang lain di Jakarta Bagaimanakah hukum mencicil emas di lembaga keuangan Ustaz e Apakah diperbolehkan ee setiap bulan dan tercantum nilai gramasi ee emas yang kita Cicil pada ee pencatatannya pencatatan di bukunya jazakallah Khair Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam mensyaratkan untuk tukar emas dengan perak yadan biadin tunai dan di masa itu emas dan perak adalah alat tukar atau uang H dan perkembangan uang kemudian muncul uang kartal yaitu rupiah dolar lain-lain lainnya itu awalnya uang itu emas uang di Indonesia uang emas uang raja-raja Kesultanan Indonesia uang emas ya dan pun ketika awal dicetak uang digara-gara tadi orang mana mau emasnya ditukar dengan kertas nah Anda mau tanah Anda ditukar dengan kertas Kalau tidak ada nilai emasnya di dalam ya maka ditulis di dalam dolar dalam realy dahulu cetakan pertama itu tertulis di sana bahwa dolar ini membawanya bisa ditukar ini bernilai emas bisa ditukar di semua bank pemerintahan Nah setelah orang percaya dengan itu baru kemudian dilepas cetakannya dengan emas tentu membuat semraut ekonomi karena ini kertas ya enggak sama dengan emas ya berarti para ulama dunia pun mensepakati bahwa hukum uang kertas itu disamakan dengan emas dan perak uang emas dan perak berarti yang ada disebutkan nabi mana kenal rupiah segala macam begitu tidak ada kenal ya semua para ulama di dunia menyamakannya dengan emas dan perak ketika dia disamakan dengan emas dan perak berarti dia harus mengikuti sabda Nabi tadi i ya yaitu harus tunaiadan biadin Maka menukar rupiah dengan rupiah syaratnya seperti tukar emas dengan emas sama nominalnya dan harus tunai Hm menukar rupiah dengan dolar tidak harus sama nominalnya tapi harus yadan biadin sama seperti menukar emas dan perak sekarang menukar rupiah dengan emas dan atau perak ya pasti Samalah karena dia ngikut kalau dia tidak samaain terjadi riba oke ya begitu logika syariatnya yang dijelaskan oleh para ulama dunia H ya Adapun Ulama Indonesia Saya gak tahu logikanya Nah karena mereka menganggap boleh mereka memfatwakan boleh membeli emas dengan Cicil ya karena dia dianggap emas bukan uang lagi H ya emas uang atau tidak nabi kan yang bilang emas dengan perak sah yang harus tunai ya mau jadi ditukar men Jadi bukan uang lagi tidak nabi mengatakan emas Kalau anda beli beras dengan rupiah tidak tunai gak ada yang masalahkan ya atau beli emas tadi dengan beras Hm Boleh silakan tapi anda transaksikan emas dengan rupiah tidak tunai jangankan orang muslim jangankan Lembah keuangan yang dibutuhkan untuk risiko kecil orang nonmuslim saja itu mereka transaksi emas dengan rupiah mereka enggak mau enggak tunai nah karena harga itu yang pedagang ya Iya karena fluktuasi as itu begini Akir per detik Iya apalagi kondisi sekarang saya bisa pastikan lembaga-lembaga yang selama ini menjual emas dengan cicilan dan harga tetap bisa dipastikan bangkrut ya dia jual emas R juta sekarang emas mana ada R juta sahih ya 1,4 sekian bahkan mau sampai masuk keela dan menurut perkiraan itu akan terus naik terus ya karena ekonomi enggak stabil orang-orang akan mencari emas ya bisa dipastikan bangkrut atau mendekati bangkrut nah utangnya terlalu banyak hutang emasnya sekarang kan mereka enggak punya emas ya Cicil emas Nanti kalau sudah Cicil ya orang mau cicil lebih murah dia beli emas Anda yang jualkan kelimpungan H Harga emas naik sampai 50%. bisa dipastikan Anda enggak dapat untung bahkan mungkin rugi n ya begitu Islam menjaga ya akhi ya standar emas dunia ada namanya ee ee dewan emas dunia itu ada dan dewan em dunia itu bekerjaasama dengan Avi untuk membuatkan akad standar transaksi emas di sana dijelaskan bahwa tidak boleh tidak tunaiah ya tidak boleh tidak tunai dunia sa sudah mengklaim Ustaz Ya sudah membuat aturan orang yang berakal paham nah yang tadi non muslim ya akhi Kalau anda beli emas kepada mereka bayar besok ya Jangankan bayar besok Anda bayar sekarang dia belum mau kalau belum ada keluar harga emas dari Antam karena resiko dia tinggi sahih dia jual dengan hargaanya pagi ini jam 0. Antum ini jam 0. pergi ke toko emas Alhamdulillah sudah ada yang buka H ya Pak membeli emas Pak Emas datangan dia enggak akan jual Pak nanti dah jam 11. siapa ya harga belum keluar sekarang Kara Bil transaksi dengan 1,4 naik 1,5 dia Rp100.000 Iya kalau per gram belinya kalau 100 gram kalau sekilo Iya sahih ratusan juta dia rugi dia enggak bisa lagi beli emas hm k dia dagangnya emas itu cuman berapa jam tadi itu jam .00 sampai jam 11. 4 jam Iya cicilan emas itu bulan-bulan bertahun aki Semoga Allah kembalikan kita kepada agamanya ya sehingga ekonomi kita dunia kita harta kita selamat di dunia berguna di akhiratik Alhamdulillah jazakallah Khair demikian teman pendengar dan pemirsa di Jayapura dan juga yang lainnya jawaban cukup ee spesifik ya dan semoga bermanfaat dan menjadi pencerahan jazakallah Khair kami angkat kembali Pertanyaan selanjutnya Ada sejumlah pertanyaan masih berkaitan dengan hibah ada orang tua yang menghibahkan rumah belum ee belum dibalik nama sudah diserah terimakan Ustaz dan sudah ditempati oleh anak-anaknya Apakah ketika wafat dan belum dibalik nama hibah tetap ee ya tetap menjadi hibah atau berganti kepada hukum waris jazakallah Khair belum ditempati sudah diserah terimakan sudah ditempati oleh anak-anaknya tapi memang belum di balik nama Apakah setelah wafat tetap statusnya sebagai hibah atau berubah menjadi waris kembali Ustaz tetap hibah itu H Masyaallah tetap hibah ya akhi Alhamdulillah demikian jawaban dari Ustaz Semoga menjadi jawaban bermanfaat dan pencerahan Barakallah Fik kami angkat kembali Pertanyaan selanjutnya asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Eh saya akan ee menyelenggarakan sebuah seminar Ustaz dan di antara pesertanya ee pembayaran melalui kartu kredit memang tidak ditentukan ee dari sisi pembayaran Dari mana saja bisa dan apabila eh tim panitia menerima pembayaran dari kartu kredit Apakah diperbolehkan jazakallah kir ulangi saya akan menyelenggarakan suatu seminar di mana para peserta ditarik pembayaran sebagian peserta membayar dengan kartu kredit Bagaimanakah hukumnya ee panitia yang menerima pembayaran dengan kartu kredit Apakah diperbolehkan jazakah kir boleh gak ada masalah dosa dosanya dosa si pemilik kartu kredit membuat akad riba H tapi uangnya halal Alhamdulillah demikian akhi Barakallah Fik jazakallah Khair kami akat kembali Pertanyaan selanjutnya asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhikumsalam ee Apakah yang harus dilakukan orang tua apabila anak-anak memiliki kebutuhan khusus yang tidak mampu ee ee yang tidak mampu mengelolah harta sedangkan orang tua khawatir Ketika nanti wafat atau orang tua wafat tidak ada yang mengurus mereka dan mengurus harta-harta mereka anaknya berkebutuhan khusus anda buat surat wasiat cari Wasi H Wasi orang yang saleh dan profesional dan baik dengan anak-anak anda H mungkin Saudara anda Abang Anda atau mungkin bahkan ipar Anda ya Atau abang dari atau anak yang paling tua memong ke adik-adiknya yang berkbutan khusus itu boleh alhamdul jazakallah Khair demikian ee ibu yang bertanya atau bapak Semoga menjadi pencerahan jazakallah kir baik kami angkat kembali Pertanyaan selanjutnya Masia WhatsApp asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ya pertanyaan berkaitan dengan akad sewa ee Apakah akad sewa yang ya tertunaikan dan sudah berjalan prosesnya yaitu akad sewa rumah tiba-tiba di pertengahan ada ee kenaikan yang di ee yang diakadkan atau yang diminta pihak ee pemilik rumah Ustaz ee Bagaimanakah hukumnya Apakah diperbolehkan jazakallah Khair tergantung akadnya kalau akadnya pertahun di tengah tahun gak boleh dinaikkan Oh ya Masyaallah kalau akadnya per bulan ya Habis bulan dia mau naikkan boleh Hm kan akadnya per bulan baik Ustaz kalau akaknya per tahun bayaran per bulan itu tetap per tahun hitungnya demikian akhi barakah jazakallah Khair kami angkat kembali selanjutnya pertanyaan dari pemirsa dan pendengar radio R Asalamualaikum warahmatullah bertanya Ustaz saya pembagian waris saat pembagian waris sebuah rumah pembeli rumah eh adalahb mohon maaf kami minta untuk pertanyaan mungkin lebih terperinci pertanyaan kami angkat kembali selanjutnya asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kaitan dengan zakat Apakah diperbolehkan memberikan atau membayarkan zakat ke masjid Ustaz ee mohon nasihatnya jazakallah Khair kalau masudnya ke masjid DKI masjid menerima dan diberikan kepada mustahik secjarah syarin gak ada masalah cuma secara hukum legal itu dilarang kalau dkm-nya tidak berailiasi atau bekerja sama dengan lembaga ambil zakat yang sudah ditunjuk oleh negara Kalau anda beli Batak itu dari uang zakat Anda zakat anda tidak sah karena dalam al-qur’an itu tidak ada untuk masjidnya ada untuk fakir miskin dan seterusnya wabillahi Taufik jazakallah kir demikian akhi Barakallah Fik eh semoga menjadi pencerahan kami angkat kembali dari Umu kasih di Bandung beliau bertanya apakah yang harus anda lakukan Ustaz jika mengetahui ada yang akan membeli rumah Ana dengan cara KPR Ana tidak ikut serta dalam proses pencairan dana KPR yang diajukan oleh calon pembeli ini tapi Ana pada dasarnya tahu bahwa sumber dana untuk pembeli adalah dari KPR bank konvensional jika Ana setuju beliau akan membeli beliau membeli dan apakah e hal ini termasuk ke dalam kategori saling tolong-menolong dalam kebatilan mohon nasihatnya jazakallah Khaira nolongnya dari mana Hm kan Engak ada kan Nah tadi bilangnya enggak ada tidak ada dalam sekarang tolong menolong gak l ya cuman kewajiban Anda ada kalau pembelinya muslim Anda nasihati dia hmm BAB ya Apakah transaksinya halal transaksinya halal baik Masyaallah Allah transaksinya halal dan artinya boleh dilanjutkan Ustaz ya prosesnya boleh baik demikian Umu kasih Barakallah Fik kami angat kembali Pertanyaan selanjutnya dari Asri di Batam Asalamualaikum warahmatullah Ustaz untuk zakat dagang Bagaimana perhitungannya Ustaz kami toko online memiliki stok barang juga menjual dengan sistem po barang po seringnya habis karena kami order sesuai permintaan Customer dari barang yang ada dan nilai dengan harga perolehan tambah dengan uang anda pribadi atau uang dagang sekali Kan hasilnya kalau tidak ada hutang dikali langsung 2,5% itu yang di zakatkan tib dihitung dari stok barang yang ada dan ditambah uang ya demikian jazakallah kir wabakallah Fik kamat kembali Pertanyaan selanjutnya dari Abu salam di Cipinang Muara Asalamualaikum warahmatullah Ustaz Bolehkah bunga bank untuk membayar pajak PBB Ustaz jazakallah Khair kalau anda tidak ada kemampuan untuk bayar pajak boleh tapi kalau tidak berarti Anda dapat manfaat dari uang itu riba tadi maka tidak boleh wabillahi Taufik Alhamdulillah demikian Barakallah W jazakallah Khair namah kami angkat kembali Pertanyaan selanjutnya via chat WhatsApp Asalamualaikum warahmatullah Afwan Ustaz izin bertanya apakah hukumnya tidak memberikan hak karyawan yang sudah tidak bekerja Apakah hukumnya tidak memberikan hak karyawan yang sudah tidak bekerja apakah termasuk piutang dan dosa besar hutang dan dosa besar Iya betul hutang dan dosa besar Nabi mengatakan salah satu khmuhum yaumalqiamahajulun istar ajiranastfahu walam Yufi tiga kelompok Pendosa yang nanti di akhirat aku sebagai penuntutnya aku yang akan menuntutnya di hadapan Allah andak kalau dituntut sama orang biasa a di depan Allah dan dia benar Anda akan kelimpungan karena yang nuntutnya Kekasih Allah sudah anda dipermalukan di hadapan semua miliaran manusia dari semenjak Adam sampai hari kiamat dianttaranya kata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam seseorang yang ber aksi upah mengupah lalu orang yang bekerja sudah menyelesaikan pekerjaannya Sesuai dengan kesepakatan Lalu dia tidak membayarnya maka saya ingatkan kepada kaum muslimin yang memiliki orang-orang yang digajinya mungkin art mungkin yang kerja di rumahnya sopir tukang kebunnya atau kalau dia memiliki perusahaan karyawan-karyawannya atau kalau dia kepala instansi pemerintahan bawahan-bawahannya bila anda melambatkan saja sudah menjadi dosa apalagi tidak membayarkannya wabillahi Taufik jazakallah Khair demikian akhi Barakallah Fik dan menjadi pencerahan dan jawaban bermanfaat semoga demikian dan kami angkat selanjutnya pertanyaan berikutnya dari Umu Riz di balikpan Barakallah fik ya Ustaz dan bertanya tahun lalu Ana mempunyai tabungan ee sejumlah uang di e di bank sudah mencapai haul dan sudah mencapai nisab dan sudah juga dikeluarkan zakatnya Hana juga memiliki logam mulia kurang lebih 15 gram pertanyaannya Ustaz Apakah emas logam mulia 15 gram tersebut juga dikeluarkan zakatnya Iya karena dia digabung dengan rupiah sampai nisabnya maka anda kalikan 15 gram dibagi 40 atau dikali 2,5% berapa gram keluar kalau gramasi itu ada dijual anda beli Anda berikan ke parakir miskin Kalau anda ingin menyerahkan uang anda nilai berapa umanya 15/ 40 berapa itu 02 0,2 GR ada cetakan 0,1 Kalau anda beli dua kasihin pakai miskin atau Anda nilai 1 GR 1,4 sekian kalau beli harga beli tentunya kali du masyaallahik demikian pendengar dan pemira ro TV semoga bermanfaat dan menjadi pencerahan Bapak Rizki di Jakarta Kami angkat pertanyaannya Asalamualaikum warahmatullah Saya memiliki usaha toko perhiasan emas dan berlian Masyaallah saat ini toko saya tutup Ustaz dan kemungkinan bisa setahun karena menunggu lokasi lain yang lebih baik Apakah saya tetap bayarkan zakatnya selama setahun ini yang pertama kemudian Apabila saya sudah mulai di toko yang baru Maka wajib zakatnya setelah buka kembali atau setelah berjalan sat tahun ke depan jazakah kir ya ini Pertanyaan beliau bagus sekali tergantung Bapak reek kalau bapak semenjak tutup tadi sama sekali engak jualan Anda niatkan kalau ada yang beli Saya menunggu sampai tahun depan semoga emas naik 2 juta per gram ya ya itu tidak ada kewajiban zakat H eh maaf yang emas ada kewajiban zakat yang berlian tidak ada n karena emas mau dijual mau tidak Yang batangan sah kena zakat nah Ustaz dan enggak mungkin juga anda suruh istri anda pakai emas perhiasan semuanya sebanyak toko tadi Nah sahih ya yang berlian tidak ada zakatnya kalau maksud anda kalau ada orang mau nanya beli Anda enggak jual tapi kalau niatnya masih jual juga ya di mana Kalau ada yang nanya beli jualah itu ada zakatnya maka tergantung niat anda dengan demikian Kalau Anda tutup tokonya Anda jual online yang untuk belian tetap ada yang untuk Mas jual online gak boleh ni S ya Tapi bisa dibuatkan konsep syariahnya agar bisa jual beli emas online itu umpamanya Anda minta kurir Anda datang ketika anda nelepon dan transfer Anda minta kurir sahkan uangnya dan transfer tadi adalah dari hutang disepakati untuk dirubah menjadi pembayaran H Masyaallah Nam Ustaz yang setelah dibuka baru kemudian terhitung haul gak ada gak mempengaruhi haul dia kalau masih niat dijual TB Ustaz Alhamdulillah jazakallah Khair Ustaz dan Barakallah Fik demikian pencerahan dan jawaban dari Ustaz semoga bermanfaat Bapak Rizki Ya baik demikian beberapa pertanyaan dari pesan chat WhatsApp dan di penghujung kajian kami buka kembali bagian ingin bertanya via telepon silakan di 0218236543 baik kita terima kembali Halo silakan Nam sudah masuk oh sudah masuk silakan Asalamualaikum Ustaz Waalaikumsalam warahmatullah dengan siapa Bapak di mana Eh dari Abu Ihsan di Bekasi n silakan akhi ya Eh ini tadi terkait dengan e penunaian zakat Maul ya Ustaz Eh tadi kan kita berpatokan pada eh apa namanya harga emas Nah harga emas ini kan ee apa ada dua versi nih Ustaz J yang sering kita lihat di layar an apa logam mulia ataupun di penjualan emas ada harga beli dengan harga jual nah Katakana kita punya emas Nah apakah kita berpatokan harga emas kalau kita jual ke penjual emas tadi misalnya ke Antam atau berpatokan dengan harga yang dijual oleh si Antam tadi untuk kita bisa tunaikan zakatnya jadi ada istilah harga sebentar Antum punya emas atau punya rupiah punya emas punya emas ya sudah emas keluarkan Anda enggak mau keluar emas keluar rupiah kan ya iya keluar rupiah Bayar Iya berarti anda mau beli emas atau jual emas jual emas Gimana saya jual emas Anda jual emas Anda ke Antam rupiahnya Anda kasih ke fakir miskin itu boleh Iya betul betul begitu tapi Kalau emasnya di tangan anda hanya anda konversikan ke Rupiah berarti anda beli emas betul Ya jelas sekarang dengan harga beli Bapak kan tadi saya katakan emas langsung berikan ke fakir miskin kalau fakir miskin bilang tolong jualkan Pak ya and jualah di toko ya gak perlu antam-antaman di toko Anda jual ya dapat 1,3 sekian Anda kasih Sekian ke fakir miskinnya tadi oke jelas kalau kita keluarkan dalam bentuk rupiah kita cairkan dulu ke rupiah ee berdasarkan patokan harga si Antam tadi ya Ustaz ya Anda sekarang punya emas yang ini anda keluarkan keakir miskin rupiah n betul emas Anda mau berkurang apa tidak mau ee mau berkurang tapi ya sudahud kasih emas ke fakir miskin lebih baik fakir miskin dapat emas Oh kalau pakai tabungan uang gitu Ustaz kalau uang ya tabungan uang ya uang kasih Nah kalau nilai uang Ustaz Mas saya tidak mau berkurang tapi dikeluarkan lewat konversi uang Yaga belah dengan harga beli Bapak harga beli harga beli kita ke Antam atau harga beli Antam ke kita Ustaz harga beli mana Pak Yang pertanyaan Ustaz Ihsan tadi anda enggak mau keluar emas Heeh ya berarti anda kan beli emas Anda berikan ke fakir miskin Sekarang Anda mau keluar as apa tidak Pak ee intinya kan saya punya tabungan emas tapi saya mau tunaikannya tidak ngurangi tabungan emasnya tapi Kara enggak mau ngurangi dari tadi saya katakan iya kalau anda katakan Saya ambil beli emas ke Antam andak intinya Anda enggak mau berkurang tabungan emas iya jelas he ya ber harga beli iya harga beli kita ke Antam ya Ustaz patokannya tersah Anda Meli ke mana oh nah kalau patokannya Antam ke Antam Pak dan bisa dilihat dari nilai harga belinya nanti ya kalau anda pas sebelum ke fakir miskin mampir dulu ke toko em Totok tanyain Berapa harga sekarang sekian udah demikian Pak ada beberapa kemungkinansi Terima kasih Ustaz jelasyaallah ya alhamdulillah jaakahakallahikan jawaban yang disampaikan oleh Ustaz semoga bermanfaat dan menutap kajian kita sebagai kesimpulan kajian fad Ustaz iwatiillah agama Allah Mudah ya tinggal anda tanyakan kasus Anda ikutkan kepada ikutkan apa yang difatwakan oleh ulama yang memfatuakan kepada Anda selesai urusan Anda pada Allah salah yang fatwakannya anda sudah selesai yang mfatwakan itulah yang akan masuk neraka maka karena Abdullah bin Abbas berkali-kali ditanya oleh orang dan beliau tidak tahu dan orang itu maksa juga kata dia Saya tidak mau engau jadikan aku batu lompatan ke surga ya karena hendakkan melewati Sirat neraka serat Buu surga kalau dia jawab halal Anda halal tapi yang menjawab tadi batu lompatan Anda lompat ke surga dia ke neraka ya kan gampang bagi anda untuk masuk surga bagi orang yang awam Ya bagi para ahli ilmunya dialah yang akan bertanggungjawabkan pahalanya dia di situ dengan menjawabnya itu wallahu Taufik wasallallahu ala Nabina Muhammad wa alihi wasahbihi Wasallam jazakallah Khair kami sampaikan kepada Al Ustaz Wandi Tarmidzi hafidahullahu taala menutup dan kesimpulan kajian menutup kajian kita di kesempatan ee pagi hari ini dan Insyaallah kita akan Sambung kembali di Kamis yang akan datang dalam pembahasan ketentuan-ketentuan syarat dalam akad ijarah dan kami mohon maaf Ada sejumlah pertanyaan tidak bisa kami hadirkan baik via telepon ataupun chat WhatsApp cukup banyak dan tidak bisa kami angkat semuanya semoga yang sedikit ini bermanfaat dan menjadi pencerahan silakan n bisa ajukan kembali pertanyaan berkaitan dengan bab muamalah di kajian berikutnya demikian dan kita mohon kepada Allah Taufik dan hidayah serta kemudahan dalam mengamalkan ilmu yang telah kita pelajari Allah lindungi dari berbagai macam bentuk penyimpangan dalam akad-akad ya Gor riba dan lain sebagainya yang menyimpang demikian dan kita tutup pembahasan dengan kafaratul Majlis subhanakallahumma wabihamdik Ashadu alla ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaik asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] [Musik] donasi pendirian Roja TV digital saluranah pema TV TV digital terestrial adalah jenis siaran televisi yang bisa diakses tanpa perlu parabola atau langganan khusus untuk menikmatinya anda hanya memerlukan antena UHF biasa yang mungkin sudah ada di rumah anda untuk menonton sayuran TV lokal siaran yang diterima dengan TV digital terestrial lebih jernih dan stabil dibandingkan dengan TV analog hanya dengan antena UHF dan televisi yang mendukung siaran digital anda sudah bisa menikmati berbagai saluran dengan kualitas gambar yang baik praktis dan terjangkau yang menyer semua layanan ini memungkinkan anda untuk menikmati siaran Roja TV kapan saja dan di mana saja TV dengan kebersamaan anda di saluran yang kita cintai saluran Tilawah Alquran inihah matlabun Syari ikwani wa akhwati fillah kaum muslimin kaum muslimat yang dimuliakan oleh Allah Azza waalla ada kesempatan yang baik di depan kita semua di mana televisi Roja atau Roja TV akan membuat televisi berbentuk antena biasa yang ada yang jangkauannya jabudetabek ini membutuhkan danaingalkan Seperti yang anda ketahui sekitar angka 6 miliar dan Alhamdulillah sudah terkumpul dari Anda dan dariid ditemukan ada harta baru sepertiganya kurang lebih tadi kesempatan masih ada di depan kita untuk menanamkan saham mendapatkan addu alalhairi Kaf mendapatkan janji Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bahwa orang yang menunjukkan kepada kebaikan sama dengan pelaku kebaikan tersebut Anda yang membantu tersiarnya agama Allah ini materi-materi kekeluargaan materi keislaman materi dakwah materi kitabullah sunah Nabi dari televisi ini materi keluarga ceria anak-anak akanmati oleh puluhan juta kaum muslimin yang tinggal di jabod tabek tanpa harus menggunakan parabola maka setiap kebaikan yang sampai kepada mereka bagi anda para donatur dituliskan pahala untuk Anda disisi Allah jalli taawun dan infak dapat transfer melalui rekening bank syariah Indonesia nomor rekening 7561717006 atas nama yayasan cahaya sunah rja TV cabang Cibubur kode bank 451 konfirmasi dan informasi melalui whatsapp08 543 dana yang dibutuhkan sebesar R mil kepada Semoga menjadi amal dan amal jariah ber dan iman tidak mungkin lurus tanpa ilmu dan beramal donasi pendirian R TV digital simak radio Roja Bogor 100.1 FM radio Roja Majalengka 93.1 FM radio Roja Palu 101,8 FM dan radio Roja Bandung 104.3 FM menyebar cahaya sunah kajian Islam ilmiah di

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *