Ustadz Abu Haidar As-Sundawy | Nashihati Lin-Nisa

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

menyebar cahaya sunahamdillah TV suranquran dan kajian Islam id wa asadu Anna muhammadan abduhu wa rasuluh Sallallahu Alaihi waa alihi wa ashabih wasallama tasliman mazida wa ba hadirin jemaah Masjid Agung alukhuwah Bandung yang Allah muliakan para pendengar radio tarbiah sunah Bandung pendengar Roja di beberapa kota pemirsa Roja TV dan tv-tv lain di Kamis kedua ini kita kembali berjumpa seperti biasa dalam kajian yang diselenggarakan oleh radio Roja Cilengsi cuma bertempat di sini membahas tentang kewanitaan khusus pengajian akhwat tapi Ikhwan tidak terlarang untuk menghadirinya kita Sedang membahas beberapa penyimpangan lisan yang banyak dilakukan oleh para wanita tapi tidak sedikit juga dilakukan oleh para laki-laki pertemuan terakhir bulan yang lalualah bar Hook atau berita bohong berita dusta kita terus ke penyimpangan lisan yang berikutnya iniak banyak muda-mudi mustahil juga masih menjadi penyakit ikhwan akhwat yang rajin ngaji Apakah penimpangan lisan yang maksud di hari ini akan kita bahas dua semoga cukup waktunya kalau engak ya satu aja dulu panan yang kita bahas sekarang adalah beri dan ini merupakan sesuatu yang efeknya Dahsyat efek buruk Maksudnya ya bisa menumuhkan kemunafikan seperti perkataan IB radhiallahu an Alina yitun nifaqilqb k yitul Maar nan itu bisa menuhkan kemunafikan di dalam hati sebagaimana air bisa menumbuhkan tumbuh-tumbuhan Karena itulah maka al-quran dan hadis yang sahih mengharamkan para sahabat sepakat tentang pengharamannya ini ayat Allah dalam Alquran dalam Surah Luqman Ayat yang keen di antara manusia ada yang menggunakan lahwal hadis kata Ibnu Masud sampai bersumpah tiga kaliallahadzi laahaui Allah yang tidak ada sesembahan yang hak selain Dia bahah Wal hadis di sini adalah Alina n Karena itulah imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya ketika menafsirkan ayat ini menyatakanzil hadil ayahah ayat ini diturunkan untuk mengharamkan nyanyian untuk apa untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah tanpa ilmu dan mengambilnya menjadikannya sebagai permainan sebagai kesenangan hiburan lihat akhir ayat ini bagi mereka akan memperoleh azab yang sangat menghinakan Karena itulah maka para ulama menyebut dengan sebutan yang sangat buruk bagi nyanian Bahkan bukan hanya para ulama Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam pun menyebut nyanian itu dengan sebutan-sebutan yang buruk sebagaimana hadis riwayat alhakim dan albaihaqi alhakim dalam kitab almad menyatakan sahih berdasarkan Sahih Muslim walaupun imam muslim tidak mengeluarkan imamzahabi menyetuahihan alhakim ini berkata nabi itu ah aku tidak melarang kalian dari menangis tapi aku melarang dari dua jenis suara yang bodoh dan fajir asik kedurhakaan dua suara yang dilarang oleh Nabi sallallah wasallam pertama daritinjuhin wasq juyubin warit dua suara yang bodoh dan fajir ini pertama adalah suara nyanyian main-main dan Seruling setan alat-alat musiknya dan suara lagiah suara ketika musibah berupa niah beratap gitu dan disebutan itu rintihan setan itu ucapan nabi alaihiatu wasalam yang menjelaskan bahwa musik dan nyanyian itu adalah suara yang bodoh dan fajir Imran Bin Husein radhiallahu Anhu dalam hadis riwayat Imam at-tirmidzi dan attirmidzi menyatakan hadis ini Hasan sahih berkata Rasul Sallallahu Alaihi Wa alihi wasallam kata beliau Inil Umah khasfun wa maskun waqf di kalangan umat ini nanti akan ada tiga jenis azab pertama khasfun diamblaskannya terkubur di dalam tanah kedua mashun dirubahnya menjadi kerak-kerak dan babi-babi dan ini para ulama menjelaskan dengan dua makna makna Hakiki makna majazi Hakiki itu benar wajahnya seperti kerak dan babi ataua majazi karakternya ini ikhtilaf yang ketiga qf qf itu angin yang menerbangkan orang angin angin puting beliung angin apa ribut kayak gitulah muslimin ya rasulah maka berkata salah seorang sahabat di kalangan kaum muslimin wahai Rasulullah Kapan itu bakal terjadi itu turunnya kapan beliau menjawab W maazam kalau sudah munculinat itu para biduan biduanita penyanyi dan maazif alat-alat musik dan sutil khumur dan sudah dikonsumsinya khamar maka itu menjadi hiburan yang berubah menjadi industri yang menguntungkan jualan lagu nyanyi itu laku enggak laku mahal apa murah mah ha tapi peminatnya banyak orang yang bekerja di dunia musik dan lagu kaya-kaya penyanyinya grup bandnya sutradara dan produsernya kaya-kaya dari bisnis tersebut makanya berupaya mencari pembenaran ada beberapa Dai Ustaz yang mencoba mengotak-atik ayat akhirnya halal janganan jangan dibantah engak perlu dibantah nasnya sudah jelas cukup katakan sodqah Rasul Alaihi Wasallam benarlah Rasul Sallallahu Wasallam ketika beliau bersabda Wal maazif sahihiwayat Imam Bukhari dalam kitab sahih Bukhari nanti pasti pasti pasti akan muncul nabi sallahaih wasallam menekankan kepasiannya ini dua kali penekanan pertama adanya huruf lam taukid di awal kedua ada nunilah di akhirad Yu yakunu itu akan terjadi nanti di masa yang akan datang masuk huruf la pendek lakunu masuk huruf nun taidilah di akhirnya lakun dua-duanya taukid dua kali taukid dua kali penegasan penekanan memastikan pasti pasti akan munculti dari kalangan umatku beberapa kaum yah wal walamar wal Ma mereka akan menghalalkan empat hal yang diharamkan apa saja itu alhir alhir itu pergaulan bebas perzinaan asal suka sama suka atau tak ada yang dirugikan bahkan ini saling menguntungkan simbiosis ini untung itu untung dan enggak ada yang dirugikan di mana haramnya kan gitu ya dihalalkan alhir Wal Harir pakaian Sutra Wal khamr minuman keras Wal maazib dan alat-alat musik bahkan tiga-tiganya menjadi industri yang menguntungkan perzenahan jadi industri kemudian pakaian Sutra khamar dan alat-alat musik maka dari sinilah kita meyakini betapa dahsyatnya pengaruh buruk musik dan nyanian tersebut sehingga apa yang terjadi yang terjadi kerusakan di mana-mana lalu apa yang kitaw irkan bahwa Allahu Azza waalla akan menurunkan azabnya ini bisa benar-benar terjadi teralami di kalangan kaum muslimin berdasarkan hal itu maka wajib setiap kita ini menjauhi salah satu penyimpangan lisan yang dahsyat sekali efek buruknya yaitu itu alat-alat musik dan nyanyian tak heran apabila para ulama di kalangan mazhab yang empat sepakat mengharamkannya termasuk kalangan ulama Syafi’i Iya salah satunya umpamanya dikatakan oleh seorang ulama syafiiah namanya Syamsudin asyarbini dia menyatakan almaazif alatul lahwi Wal maaz Arab wal wal junk la istimalu Zar wuanahatalika jafiha kata beliau alazifah alat musik contohnya adalah rebab bahasa kitanya ribab termasuk huk dan sababah itu termasuk beberapa alat musik dan beliau menyatakan bahwa seluruh yang disebutkan tadi telah disepakati keharamannya oleh para ulama sahabat-sahabat kami berkata Imam an-nawawi rahimahullahu taala kata beliau ketika menjelaskan tentang masalah alat-alat musik dan nanyian ini beliau katakan qulu Al asahu tahrimuhu wallahuam pendapat yang lebih sahih tentang masalah ini adalah pengharamannya wallahuam berkata Abu Hamid al-ghazali rahimahullah dari segi fikih alghazali termasuk pengikut Mazhab Syafi’i beliau menjelaskan ketika menerangkan tentang nyanyian dan alat-alat musik kata beliau almaazib Wal autar haramun wahuaar Wam tasyabuh bihim kata imam alghazali almaazib dan sitar dua-duanya alat-alat musik hukumnya haram karena mereka Kedua alat musik ini membuat seseorang menjadi ingin mabuk dan mabuk ini adalah syiarnya setan serta lagu-lagu merupakan syarnya khamar lalu Beliau menyatakan maka hukumnya diharamkan menurut kalangan ulama kami oleh karena itulah maka tinggalkan musik-musik dan nyian karena keharamannya dengan tegas dikatakan oleh al-qur’an oleh hadis-hadis yang sahih dan diberi dengan sebutan-sebutan yang buruk Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menyatakan itu adalah suara yang bodoh fajir lalu di bagian lain nabi sallallahuaihi wasallam juga menyatakan itu pengundang turunnya azab al-qur’an menyatakan lahal hadis atau musik dan nyanyian ituah memalingkan orang dari jalan Allah tanpa ilmu dan teranam bagi mereka akan diberikan azab yang menghinakan karena itu wajib bagi setiap kita menjauhi musik-musik dan nyanyian-nyanyian Karena itu adalah keburukan dan menyeret kita pada keburukan yang jauh lebih besar setelah kita terjeramus ke dalamnya inilah yang pertama yang kedua anniahah Alal mayit yang kedua penyimpangan lisan yang kedua yang kita Jelaskan pada sore hari ini adalah anniaha Alal mayit meratapi mayit meratap termasuk di antara adat jahiliah yang dilarang dan diharamkan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bahkan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam orang yang melakukannya tidak diakui sebagai umat Nabi alaihiatu wasalam sebagaimana diterangkan dalam salah satu hadis yang sahih riwayat Imam Bukhari dan imam muslim kata Rasul Sallallahu Alaihi wasallamis Minal khud wasq juy widakwah jahiliah bukan golongan kami orang-orang menampar-nampar pipi mengoyak-ngoyak pakaian dan menjerit atau mengatakan perkataan perkataan jahiliah perkataan jahiliah di sini maknanya adalah meratap itu bukan golongan kami ini hadis konteksnya ketika menerima musibah ketika menerima musibah orang kemudian stres seolah-olah tidak menerima musibah tersebut teralami oleh dirinya seperti kehilangan orang yang dicintai akibatnya Dia meretap Mer menjerit-jerit disertai dengan menampar-nampar pipi menjambak-jambak rambutnya sendiri mengoyak-ngoyak pakaiannya guling-guling menjerit-jerit maka kata nabi sallallahuaii wasallam itu adalah adat jahiliah yang kedua tidak diakui oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam sebagai umatnya ketiga ada ancaman dari nabi alaihiatu wasalam kata beliau an mautiha wanita yang suka yang muratap disebut wanita karena umumnya yang meratap itu wanita Apakah berlaku bagi laki-laki apalagi kalau laki-laki mengalami musibah lalu merap meraung-raung menjerit-jerit maka lebih besar lagi dosanya karena secara Fitrah dia itu lebih kuat mental lebih bisa tahan wanita yang biasanya mentalnya lebih lemah tidak kuat menanggung penderitaan akibat musibah laluaha meraung-erung makanya disebutkan annaihatu wanita yang meratap mauha kalau dia itu tidak bertobat sebelum meninggalnya kelak dia akan dipakaikan diberikan pakaian dan jarab dari api neraka jarab kuman-kuman yang memenuhi apa namanya seluruh kulitnya ya sakit ya gatal ya perih kemudian setelah itu diberi pakaian dari logam yang mencair Kenapa logam mencair itu pasti karena panas dan suhu panasnya mungkin bukan ratusan derajat lagi tapi ribuan derajat celciius itu yang kemudian dijadikan sebagai pakaian sebagai azab bagi dia kalau tidak tobat dari hal tersebut maka niahah adalah ucapan lisan yang merupakan penyimpangan yang memperoleh apa memperoleh sanksi yang dahsyat berupa berupa azab yang dahsyat tadi dan ini termasuk di antara salah satu godaan setan ketika para mufasirin para ahli tafsir menjelaskan al-qur’an surah al-isra ayat 64 kata Allah was waaia kata Allahu Azza waalla kepada iblis ketika iblis sudah dilaknat lalu iblis bersumpah manusia apa kata Allah a silakan hasah manusia yang kamu mampu untuk dihasung dengan suara kamu untuk menggoda mereka dengan mengerahkan pasukan berkuda dan pasukan pejalan kaki pasukan kavaleri ya berkuda kavaleri dan Infantri silakan silakan guda silakan rayu silakan ganggu itu manusia anak Adam dan pertama Allah mengatkan was silakan Belenggu mereka Pasung ikat mereka kendalikan mereka dengan suaramu dengan suara setan yang dimaksud dengan suara setan kata Imam Ibnu qayyim rahimahullah pertama nyanyian tadi Imam IBN qim menafsirkan ayat itu Bah suara setan adalah nyanyian orang yang sudah terpesona dengan nyanyian dia tercandu dia seolah-olah kecanduan tidak bisa lepas karena apa Karena memang hatinya tertawan terhasu oleh suara nyanyian yang diakibatkan dari godaan setan ini yang pertama dan yang keduanya termasuk juga adalah anniaha jadi baik nyanyian ataupun niahah dua-duanya disebut sebagai suara setan oleh Allah Azza waalla di dalam surah al-isra ayat 64 tadi was hasung mereka itu siapapun yang engau mampu di kalangan mereka dengan suaramu tawan hatinya dengan suara agar tergoda agar terikat terpasung terhasung sehingga tidak bisa lepas dan rata-rata orang yang sudah terikat dengan nyanyian kan gitu ya Di mana-mana lagi nyapu nyanyi ya lagi nyir nyci piring-ak Nani lagi naik motor lagi mobil Coba lihat radio yang di di di di di mobil atau mungkin CD masih ada gitu ya enggak ada pakai USB sekarang ya Disambung ke internet Coba lihat di hpnya isinya apa Apakah murotel kajian atau musik dan nyanyi Oleh karena itu terhasung mereka terenggu mereka tertawan dan itu realisasi dari firman Allah yang sukses besar dilakukan oleh setan laknatullahi alaih makanya Imam Ibnu qayyim dalam atulfan menyatakan suara setan adalah musik dan NY SY alalani khusus menulis suatuah kaib tentang hukum musik dan nyanyian Danul dengan dengan judul Tahrim haramnya alat-alat musik dan tabuhan-tabuhan seperti itu di sana dijelaskan beberapa ayat dan hadis yang menjelaskan keharaman itu dan ucapan para sahabat dan kesepakatan para ulama jadi suara setan mencakup nan dan juga anaha Adapun menangis dengan tangisan yang wajar maka tidak apa-apa ketika kita memperoleh musibah lalu menangis apapun musibahnya terutama kehilangan orang yang kita cintai orang tua pasangan anak kita yang sedang luusu-lusunya lalu meninggal lalu menangis boleh boleh selama tangisannya adalah tangisan yang wajar yang lumrah ini dibolehkan ya karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam sendiri ketika putri-putrinya meninggal bel menangis semua putra-putrinya meninggal selama beliau masih hidup kecuali satu orang yaitu Fatimah kalau Fatimah ketika beliau wafat Fatimah masih hidup 6 bulan setelah nabi wafat barulah Fatimah pun wafat selain Fatimah meninggal semua termasuk putranya Ibrahim itu meninggal dan nabi salluaii wasallam menangis berurai air mata diciuminya jasad putranya tersebut maka itu tangisan yang wajar boleh tidak masalah adapun yang melebihi kewajaran baik dari segi volume keras menjerit-jerit ataupun dari segi jedak waktu terus tiap hari enggak menjerit-jerit tapi nangis terus tiap hari siang malam enggak mau makan enggak bisa tidur seminggu sampai kata orang Sunda mah carindul carindul itu matanya itu pengkak dan merah karena apa Karena Nais terus-terusan maka ini disebut niah maka tidak boleh dan itu diharamkan termasuk adab jahiliah dah inilah yang membuat bisa menyebabkan mayit yang ditangisi dengan tangisan yang meratap terazab tersiksa dengan ratapan keluarganya atas dirinya sebagaimana dalam sahih Bukhari dan Muslim ketika Umar bin Khatab di ditusuk dari belakang dalam keadaan berlumuran darah ada seorang pemuda masuk namanya suhaib menangis kata Umar ya suaib atab Al wahai suhaib engkau menangisi aku rasulahu wasam Inal Rasul Sallallahu wasallam bersabda bahwa mayat akan disiksa karena sebagian tangisan keluarganya atas dirinya it akan disiksa karena tangisan hadis ini sahih riwayat Bukhari dan Muslim dari Umar Bin Khattab radhiallahuu walaupun ucapan Umar ini diingkari oleh Aisyah Radiallahu anha sampai menyatakan wallahi demi Allah Rasul S wasam tidak mengatakan begitu beliau hanya ahuuk ah alai orang-orang kafir akan ditambah azabnya karena tangisan keluarganya atas dirinya itu kata Aisyah ini hanya berlaku bagi orang kafir tidak berlaku bagi orang-orang muslim tapi kata Imam alqurtubi perkataan Aisyah ini tidak menggugurkan kesahihan riwayat Umar tadi karena bukan hanya Umar yang mengatakan demikian beberapa sahabat lainnya juga mengatakan demikian bahwa mayit akan diadab karena tangisan keluarganya atas dirinya tapi Bukankah yang bersalah itu keluarganya yang dimaksud tangisan di sini tangisan yang meratap yang meraung-raung yang menjerit-jerit makanya disebut buka ah Al karena sebagian tangisan bukan seluruh tangisan sebagian tangisan yang dimaksud tangisan yang melewati batas kewajaran kalau masih wajar enggak Kalau melewati batas kewajaran itu meratap nah baru kena tuh jadi yang salah kan Yangnya mayitnya tidak salah Enggak kenapa mayit nya diazab karena kesalahan orang yang menangisinya meratapinya para Allah menyatakan dalam Alquran wuk seseorang tidak bisa menanggung dosa yang dilakukan oleh orang lain ini yang nangis keluarganya yang meratap keluarganya Kenapa yang diazab adalah mayitnya kan mayitnya tidak bers diterangkan oleh para ulama ini terjadi pada beberapa kondisi kondisi pertama kalau si mayit ketika hidupnya terbiasa meratap suntihi itu dijelaskan oleh Imam Bukhari di dalam kitab sahihnya ketika menjelaskan hadis-hadis ini beliau memberikan judul minnati kalau meratap ini sudah menjadi kebiasaan diwariskan ke anak istri akhirnya anak istri juga meratapi kematian melanjutkan kebiasaan Bapak makanya dia terkena azab akibat ratapan keluarganya karena apa dia lah yang punya Andil sehingga keluarganya meratapinya padal meratap adalah dakwah jahiliah tidak diakui oleh Nabi Sallallahu alaii wasallam sebagai umatnya ini kondisi yang pertama kondisi kedua kalau si mayit berwasiat ke keluarganya atau ke orang lain kawan-kawannya pengikut-pengikutnya tetangganya untuk menunjukkan dia ini punya banyak penggemar gitu loh Nanti kalau saya nak nangis kalian teriak-teriak merau-rau meratap-ratap ya nanti siapa yang paling kencang meratapnya dibayar oleh keluarganya sekedar untuk pencitraan saja di di diwasiatkan baik untuk kepentingan dunia pencitraan atau memang dia mau mewasiatkan ke keluarganya ke kawan dekatnya untuk meratap lalu diratapilah mayitnya ketika kematiannya ya si mayit diazab karena apa Karena punya andil di dalam ratapan keluarganya keluarganya meratap atas wasiat dia maka ya Manna Islam sunatan sayiatanil Siapa orang yang menunjukkan satu jalan kesalahan di dalam Islam dia akan memikul dosa ditambah dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa para pengikutnya sedikit pun diazab juga dia ini makna yang pertama Adapun kalau si mayit selama hidupnya tidak pernah meratap dan tidak mewasiatkan bahkan mengajarkan enggak boleh meratap karena itu kebiasaan jahiliah kalau Bapak mati sabar tegarlah kalian enggak boleh diwasiatkan begitu eh ternyata keluarganya meratapinya maka Sang Bapak ini lepas dari dosa Karena dia sudah menunaikan kewajiban menyampaikan kebenaran tapi tidak digubris maka berkata Abdullah B Mubarak rahimahullahu taala kata Ibnu Mubarak kalau si mayit itu ya kalau dia tidak mewasiatkan untuk meratap kepada keluarganya ketika siit ini masih hidup maka dia tidak akan l yusib Minu tidak akan terkena ancaman yang terdapat dalam hadis tadi dia tidak akan diazab walaupun keluarganya merat karena dia tidak mengajarkan itu tidak mewasiatkan itu tidak menjadi kebiasaan bahkan melarang jangan meratap ya nangis biasa boleh wajar tapi meratap tidak boleh maka si mayat tidak akan diazab inilah makna pertama dari hadis tadi bahwa mayit diazab karena tangisan keluarganya atasnya yang dimaksud tangisan di sini ratapan makanya disebutkan Diab karena sebagian jenis tangisan tangisan yang menyebabkan Diab adalah tadi ratapan kalau menangis normal wajar enggak masalah ini makna yang pertama jadi betul dia diazab kalau kebiasaan dia selama hidup begitu atau dia mengajarkan ke keluarganya untuk tapi kematiannya ya Adapun kalau tidak biasa tidak mengajarkan bahkan melarang keluarganya dari meratap lalu keluarganya meratap setelah kematiannya maka dia tidak akan terkena azab karena dia tidak berdosa inilah makna pertama makna kedua yang dimaksud dengan diazabnya mayat karena ratapan keluarga nya adalah terazab secara psikis artinya Dia menderita melihat keluarganya menangisinya dengan meratap ketika kematiannya pernah kita Jelaskan bahwa roh setelah dicabut itu masih melihat jasadnya kata Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam almin atau Abdu ketika seorang hamba jasadnya diletakkan di atas keranda kemudian dipikul oleh orang-orang yang memikulnya maka berkatalah roh si hamba ya di manu dibawa ke mana jas itu celaka aku ma dibawa Mau dibawa ke mana jasadku itu suaranya ceritanya terdengar oleh semua makhluk kecuali dua jin dan jin dan manusia binatang datang mendengar Seandainya kalian mendengar kalian ak pingsan kata Nabi Sallallahu alaii wasallam jadi di awal terpisahnya roh dengan jasad masih melihat masih menyaksikan termasuk ketika mayatnya itu digotong di atas keranda menuju ke pemakaman ya Oleh karena itu ketika awal dia keluar siruh itu dari jasadnya melihat jasadnya dia melihat termasuk keluarganya meratapinya maka itu akan menjadi penderitaan serap psikis bagi dirinya pernah engak kita sebagai kepala rumah tangga pergi jauh dan lama meninggalkan anak dan istri untuk satu keperluan umpamanya Haji pertama atau umrah pertama yang pertama Ya kalau sudah berkali-kali sudah biasa cuek aja keluarga kita juga tap pertama 40 hari jauh belum tentu pulang dengan selamat gitu kan belum tentu masih hidup zaman kita sekarang apalagi zaman Kakek kita dulu setahun ngji tuh Pep pakai kal-kapal laut gitu ya hampir setahun pas berpisah apa yang terjadi istrinya anaknya yang ditinggalkan apalagi yang berangkat suami istri anak-anak ditinggalkan anak-anak nangis nangis orang tua nangisnangis tersiksa tersiksa atau di antara yang hadir pernah punya anak mondok diantar keelar kota ke pondok pesantren pas mau pulang coba anaknya menangis meraung-ung menjerit-cerit Abi jangan tinggalkan aku di sini ikut lagi gitu nangis perasaan kita sebagai orang tua gimana tersiksa I menderita I menderita sedih jangankan anaknya menangis anaknya tidak menangis Tegar aja Abi hati-hati di jalannya Semoga selamat sampai di rumah Iya Sayang balik Langsung menangis ayah ibu menangis anaknya kadang-kadang Tegar ya apalagi kalau anak-anaknya pas ditinggal menjerit-jerit engak mauondok gak mau lagi tapi ya sudah bayar puluhan juta sudah diantar sudah ini itu ya masa dibawa lagi akhirnya tega apa yang terasa akhirnya dia tersiksa dengan perasaan orang nanti akan ketemu lagi nanti juga ya bayangkan ini mati enggak akan ketemu lagi sampai akhirat belum tentu ketemu lagi itu oleh karena itu ketika dia melihat keluarganya meratap-ratap meraung-raung menjerit-jerit karena kematiannya Dia menderita dan itulah yang dimaksud mayit tersiksa secara psikis dengan ratapan keluarganya atas dirinya sehingga hadis iniil ikhbar hadis ini dalam Raka ahukan bukan ancaman akan diazab tapi pemberitahuan bahwa mayit pun tersiksa l dengan ratapan keluarganya atas kematian dirinya tersiksa secara psihis karena kesedihannya luar biasa yang dia rasakan ya lihat betapa besarnya dampak dari meratap tidak hanya berdampak pada si pelaku tapi juga berdampak kepada mayat diratapinya apabila mayit tersebut selama hidupnya memang demikian kemudian mayit tersebut mewasiatkan selama hidupnya untuk diratapi ya si mayit akan terkena dengan azab baik di alam kuburnya ataupun di akhirat nanti lihat bahaya dari dua penyimpan dengan lisan yang kita bahas pada hari ini yang pertama adalah alghina yaitu nyanyian dan musik yang kedua anniaha alias merata jauhi kedua ini karena ini membahayakan nasib kita dunia sampai di akhirat nanti ya pada sore hari ini cukup dua penyimpangan lisan yang kita bahas penyimpangan lisan yang berikutnya itu agak panjang yaitu zinahnya lisan-lisan bisa berzina Bagaimana Lis ee zinnya lisan yang wajib kita jauhi kita akan bahas ini di bulan yang akan datang untuk sekarang Cukup sampai di sini dan kita masih punya sisa waktu untuk bertanya jawab Apabila ada pertanyaan dipersilakan waallahu ala Nabina Muhammadin Wa aliam kalau bapak-bapak ada yang mau langsung boleh kalau akhwat cukup pakai tulisan Asalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah Afan izin bertanya jika kita ingin menemukan suatu jawaban dari suatu masalah dengan cara istikharah maka salat istikharahnya harus dilakukan sekali aja atau berulang kali tetapi saya merasa semakin benci dengan orang yang dimaksud Apakah itu jawabannya barakallahu Fik Cukup Sekali saja saya Hasan dalam kitab alqu Musin beberapa kesalahan orang salat di antaranya salah satu kesalahan orang yang salat dalam salat istikharah ada melakukan istikharah berkali-kali hanya karena menunggu jawaban lewat mimpi dikiranya akan ada jawaban lewat mimpi padahal enggak mungkin jawaban itu sudah ada tapi dia tidak menyadarinya ya J tidak selalu harus leat mungkin mungkin tapi tidak selalu ya Nah cukup satu kemudian silakan putuskan Nah kadang-kadang ya seperti tadi setelah istiarah yang tadi Suka Jadi tidak suka Kenapa tidak suka mungkin ada petunjuk dari Allah yang membuat kita tidak suka tadinya sebelum istikharah orang ini kelihatan sempurna baik setelah istiarah tiba-tiba mendengar aibnya begini begini atau menemukan aibnya akhirnya enggak suka mungkin itu jawaban mungkin itu adalah petunjuk dari Allah atas istikharahnya mungkin iya mungkin begitu istikharah besoknya dapat cat dari dia dan chatnya itu menunjukkan aib dia kebobrokan dia ah akhirnya W enggak jadi enggak suka mungkin mungkin itu salah satu di antara hasil dari istikharahnya wallahuam Asalamualaikum Waalaikumsalam War saya nikah dengan nonmuslim yang sudah mualaf bukan muslim kalau sudah mualaf sudah muslim tapi belasan tahun dia engak mau belajar agama Islam salat bolong-bolong sunah enggak dijalani sama sekali kalau saya mau cerai tapi beban dia sudah masuk Islam dosa enggak Kalau saya minta cerai Iya jangankan masuk Islam kalau dia Islam dari lahir tapi pertama dia nyataanyaata meninggalkan kewajiban yang Allah tetapkan dalam al-qur’an seperti tidak salat atau salatnya bolong-bolong tahu enggak dosa satu kali salat lebih dosa meninggalkan satu kali salat lebih besar daripada mencuri merampok membunuh Kenapa karena kalau merampok membunuh Mencuri itu mengambil hak sesama manusia kalau tidak salat mengambil hak Allah hak Allah untuk diibadti dengan cara salat tidak dia tunaikan maka Imam azzahabi rahimahah dalam kitab alkabair alkabair itu dosa-dosa besar memasukkan salat ke dalam dosa besar kedua setelah Syirik dosa terbesar kedua tarikus salah meninggalkan salat baik sebagian apalagi seluruhnya ya lalu di jangankan meninggalkan salat melalaikan salat saja sudah besar dosanya terancam fawailil Musin alladinaahum shati ini orang melaksanakan salat tapi l suek asal-asalan Ala kadarnya ituah dosa besar apalagi meninggalkan walaupun tidak semua ditinggalkan mungkin subuh kelewat karena masih tidur mungkin zuhur asar atau magrib Isya sudah keburungan untuk ditinggalkan itu dosa besar atau tidak saum Ramadan atau tidak zakat para sudah terkena kewajiban zakat atau tidak Haji para sudah mampu Haji tapi tidak haji itu dosa besar atau dosa besarnya melanggar larangan dia mencuri korupsi Dia mabuk dia berjudi terlibat pinjol riba dia berzina dosa terkecil riba sebanding dengan dosa terbesar zina dosa zina yang paling besarah Bila seorang berzina dengan ibunya itu dosa zina terbesar dibanding dengan tetangga lebih besar dengan ibu sendiri bukan berarti dengan tetangga kecil bukan gede dosanya haram tetap tapi lebih haram lagi dengan ibunya nah ternyata dosa zinaah terbesar sebanding dengan dosa riba terkecil terkecing sudah segede itu apalagi yang lebih besar ya kalau pasangan kita melakukan apa yang Allah haramkan Atau meninggalkan apa yang Allah wajibkan dan sudah dinasihati diingatkan untuk tobat untuk berhenti dari itu tapi tetap tidak ngaruh maka itu sudah menjadi alasan Syari untuk menceraikan kalau dia suami ya diceraikan istrinya yang seperti itu kalau dia istri untuk mengajukan gugatan curai Walaupun dia Islam dari lahir ya wallahuam bisawab tapi dakwahi dulu Semoga dia tobat Semoga Allah memberikan Hidayah kepadanya Afan Bagaimana jika ada keperluan ke muall di mall ada musik apakah jika mengingkari di hati termasuk dibolehkan karena ada berapa teman menyampaikan jika olahraga seorang akhwat seperti senam aerobik tidak diperbolehkan karena ada Mus kalau kita ada keperluan ke suatu dan di tempat itu ada musik yang di luarwenang kita boleh enggak kita ke manajemen tolong musiknya dimatiin bisa engak akan bisa dicekin paling kata Man kalau mau ke sini silakan kalau enggak pergiunya engakar tapi kita perlu ke sana untuk membeli sesuatu ataup kita ke dokter buang tunggu di setel musik atau naik angkot disetel musik kalau bisa usul pasokir bisa enggak dimatikan musiknya Iya atau kita makan di restoran ada musik kadang-kadang live ya bisa engak kita tolong Selama saya makan di sini berhenti dulu bisa begitu enggak bisa ya Nah kalau ke tempat-tempat yang di luarang kita maka itu La yukallifulahu nafsan illa wusaha itu bukanunang kita bukan kemampuan kita kita enggak mampu maka bukan tanggung jawab kita dosa enggak kita selama di sana musik diputar tergantung kalau musik diputar ternyata kesenangan kita lalu kita merasa terhibur unggut-unggutan sengaja berlama-lama enak lagunya ya dosa karena menikmati Ya tapi kalau kita ke sana enggak sama sekali enggak menikmati terus hanya sebatas keperluan setelah keperluan keluar lagi Ya enggak masalah ya demikian juga di B disetel musik enggak bisa ketika kita protes dimatiin oleh sopir penumpang lain protes Setel lagi P kan gitu ya sudah di luar Saya pernah begitu pas saya ke dalam ke sopirar bisa dimatikan bisa to langsung Setel lagiel lagi kita enggak bisa ngapa-ngapain ya asal kita tidak menikmati hal itu ya maka tidak apa-apa ikhtil bercampur Baur antara laki dan perempuan kalau kita buat suatu acara di bawah tangung jawab kita wajib kita pisah seperti pengajian seperti pernikahan itu di bawah tanggung jawab kita dan kita bisa mengkondis mengkondisikannya maka harus kita pisah tapi di tempat-tempat umum yang di luarenang kita di pasar di mall di supermarket laki sama perempuan dipisah enggak itu di luarwenang kita di luar kemampuan kita Ya beda hukumnya ya enggak masalah atau tuh lihat ketika tawaf Sai laki perempuan bisah enggak tidak karena tempatnya di sana-sana juga enggak ada umpamanya tawaf khusus jalur laki-laki Sai khusus Dar laki-laki perb karena ka’bahnya satu tempat sainya satu enggak bisa dipisah Ya itu mah sesuatu yang di luar kemampuan kita enggak apa-apa tapi suatu yang kita mampu hindari hindarkan tidak berarti kalau umpamanya Wah kita di pasar enggak bisa menghindari dan akhirnya kita iktilf terus pagg terus ya enggak bisa di setiap tempat enggak bisa enggak boleh apa yang kita mampu hindari hindarkan yang di luar kemampuan kita yaitu la yukah nafsan saha ya termasuk musik dan nyanyian Bagaimana hukumnya Memberi uang kepada pengamen atau alat haram tidakwan ya tidak boleh karena itu akan melanggangkan mereka di dalam dosa dan maksiat karena hasilnya Terus akhirnya beli alat-alat lengkap kayak konser jadinya di pinggir-pinggir jalan akhirnya orang yang sudah dagang halal uh lebih gede itu akhirnya banting setir dijual tu dagangannya dibelikan alat musik setiap jalan ada gitu ya Untuk apa kita diciptakan ke dunia ini untuk ibadah kepada Allah kata Allah W khalqtul jinna Wal Insa illa liya’budun Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku tapi ada tapi di dalam ibadah terkandung banyak kesenangan dan kenikmatan itulah cara terbaik menikmati hidup bersenang-senang di dalam kehidupan itu ibadah baik fisik ataupun psikis dan ibadah tidak hanya salat baca Quran zikir saum enggak Seluruh aktivitas harian kita ibadah berkata syekhul Islam ketika mendefinisikan ibadah alibadahuya aliir Wal batin ibadah ini satu sebutan yang mencakup segala suatu yang dicintai dan diridai oleh Allah baik ucapan atau perbuatan baik Zahir ataupun batin seperti Um kita melakukan perbuatan dalam bentuk bersih-bersih Di rumah Di pelataran di jalan kita bersih-bersih itu dicintai dan dirid oleh Allah Iya Karena menyenangkan orang lain merapikan membuat lingkungan jadi nyaman itu ibadah seorang kepala rumah tangga mencari rezeki untuk anak dan istrinya itu dicintai Dir oleh Allah Iya dicintai Dir oleh Allah itu ibadah dan seterusnya kita berolahraga hari kek berenang kek kalau berenang berkuda memah jelas ada hadisnya sekarang yang tak ada hadisnya lari main bola sekarang main badminton basket Untuk apa Agar kita bugar sehat untuk menopang kualitas-kuantitas IB ada karena kita bugar ngaji kayak gini 2 jam tidak sakit pinggang tidak ngantuk tidak lah karena kita Fit salat malam bisa kuat 2 jam baca al-quran 1 jam nonstop bisa tapi kalau kita sakit-sakitan baru 5 menit sudah ngantuk sudah panas pinggang enggak jadi mau saum Lemas enggak jadi saumnya mau tahajud kena angin dikit sudah bersin-bersin sudah batuk-batuk engak jadi tahajudnya makanya harus bugar untuk bugar olahraga olahraga diniatkan untuk itu dicintai oleh Allah dan Rid itu bisa bernilai ibadah dan di dalamnya kesenangan jadi hidup untuk ibadah dalam bentuk melakukan apapun ucapan perbuatan Zahir batin yang diridai dan dicintai oleh Allah Allah Azza waalla diniatkan untuk itu Itulah ibadah Ya untuk itu kita diciptakan Adapun kalau kita mengejar atau melakukan aktivitas dunia tapi mengikan ibadah kita mencari rezeki tapi melalaikan ibadah saatnya salat kita masih cari duit untuk apa itu duit kalau bukan ditujukan untuk menopang ibadah kita olahraga tapi Az masih a lari terus tanggung satu putaran lagi olahraga itu untuk menopang ibadah tapi pas ibadah ada sudah ada panggilan masih tetap olahraga sudah beda itu niatnya ya Karena itulah niatkan segala sesuatu untuk ibadah ya itulah Untuk itulah kita diciptakan oleh Allah Apakah bagi laki-laki salat suruk harus setiap hari tidak harus dan tidak wajib walaupun setiap hari tidak enggak masalah tapi lebih sering lebih bagus ya atau alangkah baiknya di rumah kalau di rumah bukan syuruk lagi karena syaratnya salat subuh di rumah eh di masjid Berjamaah dengan Imam lalu berzikir sampai syuruk sampai matahari terbit Lalu setelah terbit salat dua rakaat salat suruh kalau di rumah enggak memenuhi syarat yang ditetapkan oleh hadis soalnya Ana di rumah punya bayi oh ini akhw kalau akhwat enggak perlu ke masjid boleh ke masjid boleh tapi lebih utama di rumahnya apalagi punya bayi dan harus menyiapkan sarapan makan siang sedangkan suami dari masjid sampai pulang ke rumah jam 61 sedangkan perjalanan ke sekolah 3040 menit Jadi anak-anak selalu kesiangan kalau sampai ke sekolah ya janganah akwat jangan sampai salat suruk di masjid itu sunah sedangkan ngurus suami anak-anak wajib dahulukan yang wajib pahala melayani suami anak anak lebih besar daripada salat suruk ya Jangan Kalau begitu nah yang Ana tanyakan apakah Ana dosa membatasi Suami Suami saya untuk syuruk setiap hari di masjid Oh ini untuk laki-laki jadi kalau suami salat syuruk dulu mengakibatkan timbul mararat anak-anak jadi terlambat sekolah dihukum oleh gurunya Eh sekarang enggak ada guru yang beraniukumnya bisa para apalagi yang dihukum anak polisi lagi aduh Lailahaillallah nanti kalau guru menghukum anaknya takut bisa-bisa udah jangan jadi guru aja anak mau berantem mau maling ma apa kalau dicareet dihukum bisa terkena pidana aknya enggak berjalan sistem pendidikan di sekolah membina mental moral akhlak ya perilaku murid-muridnya karena begitu muridnya melanggar takut untuk menegur menghukumnya takut dipenjara Jadi kalau menunggu suruk maka enggak boleh syuruk itu sunah menghindarkanarat wajib maka kejar yang wajib walaupun dengan meninggalkan yang sunah ya bagaimana hukumnya anak kecil masuk ke dalam baris salat Apakah Salat kita tetap sah tetap sah enggak masalah ajak anak-anak salat masuk SF ajari untuk tidak main-main tidak teriak-teriak ya ada proses kalau diajak ternyata main-main dan seterusnya ya biarkan anak-anak namanya ya di zaman Nabi Ada enggak anak-anak yang ke masjid kemudian ikut salat dan mengganggu ada pertama Nabi Sallallahu alaii Wasallam memb cucu-cucunya Hasan Husein ketika sujud ditunggangi itu di punggungnya nabi si wasallam enggak berani bangkit lama sujud ada sahabat kaget kenapa nih pas dilihat Oh ditunggang sama Hasan Husein sujud lagi dia mengganggu enggak mengganggu tapi nabi Sai melakukan menyatakan Saya ingin memanjangkan salat saya ketika ber tiba-tiba terdengar tangisan seorang anak lalu saya percepat salat saya saya tidak mau ibunya terganggu dengan Tangisan Anak bukan hanya ibunya Tapi semua terganggu kan dengan tangisan anaknya itu menunjukkan anak saat itu ada yang dibawa ke masjid dan mengganggu Iya makanya para ulama salah satunya dalam kitab bahjatun Nin Syarah riadim syh Salim ketika menerangkan ee hadis ini menyatakan waal aba asru alaum dan bagi bapak-bapak yang membawa anak-anaknya ke masjid untuk salat wajib sabar dalam menerima gangguan mereka godaan mereka selama salat ya Jadi boleh boleh saja terakhir ini diprint ini mungkin dipersiapkan dari kemarin Afan Ustaz Minggu kemarin saya melihat seorang akhwat kesusahan motornya motornya dari mana Dari rumah gitu hati saya ingin sekali membantu akhwat tersebut Namun Saya khawatir dan takut jika terkena fitnahnya meskipun si akhwat itu memakai cadar dan akhwat itu mungkin emak-emak mungkin nenek-nenek karena saya melihat sekilas akhwat itu bersama anak perempuan maka dari itu saya enggak membantunya tapi ini terus membuat saya kepikiran dan menyesal tidak membantunya saya merasa bersalah pada diri sendiri dan akhwat itu saya ingin minta maaf pada akhwat itu baperan ini Ikwan nya tapi saya tidak tahu siapa itu modus sekali lalu Ustaz Apakah tindakan saya Ini salah atau jika Ustaz di posisi saya bagaimana ini mengeluarkan motor dari mana Kalau dari rumahnya Suaminya ke mana mengeluarkan apa nemplung keesolkan gitu terus mau dikeluarkan kalau itu ya Bantu Bu biar saya iu nkir dulu 2 me lu dia angkat ya Bisa aja lalu sering kali ketika saya melihat suatu kebaikan di jalan Saya ingin membantu tapi selalu saya hiraukan dan berakhir dengan penyesalan mohon beri nasihat atau teguran untuk saya beran ni Makanya diprint takut ketahuan tulisannya nah di sini mungkin ya Ikhwan kalau tidak hanya akhwat termasuk laki-laki kakek-kakek atau Pemuda butuh pertolongan di tengah jalan dan kita mampu menolongnya tolong umpam ada Pemuda mau menaikkan barang yang dia bawa ke pundaknya enggak bisa kita ada kita angkatkan jangan hanya akhwat yang dijadikan perhatian akhwat butuh pertolongan tapi kalau laki-laki yang pertolongan cuek enggak jadi baper gitu siapun termasuk akhwat Adapun takut terf atau tidak urusan teknis kalau tadi umpamanya akhwat itu terguling motornya ya ya kita bisa tanpa menyentuhnya mengangkat motornya memberdirikan Ibu kepinggir aja dulu motornya biar saya kepinggirkan gitu enggak perlu motornya dibiarkan ibunya yang diambil itu modus itu Nah kalau ternyata si Ibu itu pingsan akhwat itu pingsan tergeletak di pinggir jalan Apakah boleh kita menyentuhnya memangkuknya kalau memang membahayakan iya daripada nanti ketabrak mobil ketabrak toronton yang remnya blong gitu kan daripada begitu tarik saja itu darurat nyawa taruhannya ya kalau toah umpah harus diangkut ke mobil taksi atau ee taksi online atau angkat angkat ke mobil kemudian bawa ke rumah sakit motornya selamatkan amankan ya kalau ada polisi di sana bilang polisi pasti dia akan menangani mengontak orang pihak tertentu yang memang bertanggung jawab atas hal itu kalau enggak ada polisi Enggak ada apa-apa enggak ada siapa-siapa kita aja Angkut ke rumah sakit Allah nanti akan akan mudahkan untuk mengurus-urus tersebut ya Insyaallah pokoknya yang kita mampu lakukan untuk menolong orang Lakukan enggak perlu melihat siapa dia termasuk agamanya Walaupun dia nonmuslim kelihatan ada salalib gitu ya celaka lihat Oh salib engak jadi jangan bantu bantu Ya karena membantu sesama tanpa memandang agama itu diperintahkan ya enggak apa-apa Allahu alam bwab cukup ya sampai di sini Insyaallah kita jumpa kembali di hari esok hari Jumat melanjutkan kajian kita mukhtasar marijul Qabul jam subhanakallah bihamdik Ashadu alla ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaik walhamdulillahiabbil alamin wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *