Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc. – Mukhtasar Shahih Muslim

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

tvuran tilwahquran dan kajian islamalamillahmagillah [Musik] Hadah wa Ashadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluhallahu taala F kitabihin Karim ya ayyuhalladzina amanuttaqulaha haqqa tuqatih wala tamutunna illa Wa Antum muslimun Amma ba’d Islam saudaraku seiman kita lanjutkan mukhtasar sahih muslimnya bab Al isyarah Bil Isba F khutbah bab berisyarat dengan jari saat khotbah an Husain an umarah Bin ruaibah roa bis IBN Marwan Alal mimbar Rian Yada faqala qahallahu hail Yadin laqitu Rasulullah su Al wasam Ma yazidu ala an yaqua biadihi hak wa asarisisbii almabhah dari Husain dari umarah bin ruaibah Semoga Allah meridainya bahwasanya ia melihat bisr bin Marwan di atas mimbar mengangkat dua tangannya saat berdoa ya ketika khotbah Jumat lalu kemudian umarah berkata Semoga Allah memburukkan dua tangan ini sungguh aku melihat Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam tidak melebihi berisyarat dengan ini maka beliau pun berisyarat dengan jari telunjuknya hadis ini akhal Islam Iya kita ambil faedah bahwa seorang khatib Jumat ketika dia berdoa tidak disyariatkan mengangkat dua tangannya berkata Imam albahuti dalam kitab kasyafful qina wukrahu Lil imami ru yadahiad dua fil khutbah dan makruh Imam mengangkat dua tangannya saat berdoa ya dalam khotbah qal Majid berkata almajdu wa bidah Bahkan ia adalah bidah wifaq Lil malikiyah wasyafiiah wairihima ini sesuai dengan pendapat mazhab Malikiah syafi’iah dan selainnya wus bibii fiai khutbah dan tidak apa-apa dia berisyarat dengan jarinya saat berdoa dalam khotbah lima Rawa Ahmad wa muslim an umarah bin ruaibah roa Bisar bin Marwan raofaa yadai F khutbah waqala qobbahallahu wainil yadain waqad roitun Nabi Shallallahu alhi wasallam Ma yazidu an yaquula biadih hakad waasar biisbiihi almabbihah ini berdasarkan yang diriatkan Imam Ahmad dan Muslim Iya bahwasanya umarah bin ruaibah melihat bisr bin Marwan mengangkat dua tangannya ketika berdoa dalam khotbah kemudian umarah berkata Semoga Allah memburukkan dua tangan itu sungguh aku melihat Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak melebihi dari ini beliau berisyarat dengan apa jadi telunjuknya saat berdoa ini menunjukkan akhul Islam ya bahwa tidak disyariatkan ya khatib Jumat ketika berdoa itu mengangkat dua tangan saat berdoa Kenapa karena sahabat nabi Ini mengingkari Pak mengingkari Khatib saat itu yang mengangkat dua tangannya dan mengabarkan bahwa nabi tidak pernah melakukan itu ya nabi hanya berisyarat saja dengan apa E almusabbiihahnya itu kota Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullah Jamian Har di sini kita ambil faedah yang kedua seorang makmum boleh mengingkari khatib Jumat secara langsung iya kalau ternyata dalam khotbah Jumatnya itu dia melakukan atau menyampaikan sesuatu yang mungkar Pak I buktinya sahabat nabi ini mengingkat hari khatib Jumat saat itu bisir bin Marwan yang meng yang mengangkat dua tangannya ketika berdoa dalam khotbah Jumat ya hadis berikutnya bab atlim Lil Ilmi fil khutbah bab mengajarkan ilmu saat berkhotbah an was Ya rasulah Rasulullah rasulullaham wimuniamahullah Ata khbatahu faamma Akir dari Abu rifaah Semoga Allah meridanya ia berkata aku sampai kepada Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dalam keadaan beliau sedang berkhotbah Pak Lalu aku berkata Wahai Rasulullah Aku orang asing di sini datang untuk bertanya tentang agamanya karena ia tidak tahu Apa agamanya maka Rasulullah pun kemudian meninggalkan khotbah Jumat ya tidak disebutkan di sini khotbah apa Pak tapi kemungkinan besar ini khotbah Jumat dan kemudian menyambutku ya beliau turun dari mimbar dan beliau pun kemudian menyambutku lalu didatangkan kursi I kata Abu rifaah kaki-kakinya terbuat dari besi maka rasulah pun duduk di atas kursi tersebut dan beliau pun mengajarkan kepadaku apa yang telah Allah ajarkan kepada beliau ya berupa ilmu Kemudian beliau mendatangi lagi khotbahnya sampai beliau meng menyempurnakan khotbahnya sampai akhirnya KH Islam saudaraku seiman hadis ini ya kita ambil faedah hadis inii menunjukkan saudaraku seiman bahwa Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam di sini ya sampai-sampai meninggalkan khbahnya demi mengajarkan seorang yang minta diajarkan tentang agamanya kata Al Imam annawawi dalam kitab syarah Sahih Muslim tawad nabi sahu wasallamis ini menunjukkan akan tawadunnya Nabi Sallallahu Alaihi was dan kasih sayang beliau kepada kaum muslimin i di mana beliau saking sayangnya berusaha untuk mengajarkan orang yang datang ini minta diajarkan tentang agamanya sampai beliau tinggalkan khotbahnya demi untuk mengajarkan orang inihallahah sanjutnya kita petikili ibaraliilim kata Imam annawawi di sini menunjukkan orang yang bertanya hendaknya ya bertanya dengan ungkapan-ungkapan yang bagus dan lembut santun karena orang ini berkata kepada Rasulullah rulun gib yalui wahai Rasulullah Aku orang asing mau bertanya tentang agamanya karena tidak tahu tentang Apa agamanya itu ya Ini kata-kata yang menyentuh tentunya yang santun sekali menunjukkan akan adab orang yang bertanya kepada seorang Alim ya faedah yang ketiga kata Al Imam annawawi had DII menunjukkan hendaknya seorang Alim bersegera untuk menjawab orang yang meminta fatwa kalau memang punya ilmunya Adapun kalau dia masih ragu atau belum punya ilmunya jangan jangan segera jawab lebih baik ya katakan allahuam lah enggak tahu atau katakan Saya akan pelajari dulu permasalahan ini Insyaallah nanti saya akan berikan jawabannya sama Antum iya fedah Selanjutnya kata beliau watqdimu ahamil umur faahammuha yaitu disyariatkan mendahulukan perkara yang paling penting dari yang penting Kenapa karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam sedang khutbah sedang khotbah penting betul sahih tapi ketika itu ada orang yang datang yang tidak paham tentang Apa agamanya mau tanya tentang agama yang dia pengin tahu apa sih agamanya dia dan ini merupakan kewajiban yang fardu Ain Pak atas rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam iya Isam makanya kata Imam Nawi bisa jadi orang ini bertanya kepada Rasulullah tentang keimananak dan kaidah-kaidah iman yang paling yang sangat ur sek dan semua ulama kata Imam Nawawi sudah sepakat bahwa siapapun yang datang untuk bertanya tentang keimanan dan tata cara bagaimana masuk Islam maka wajib dijawab dan diajarkan ya saat itu juga tidak boleh diundurundur Iya ikhwat Islam saudaraku seiman hadis berikutnya bab fil jilsah bainal khutbataini fil Jumuah bab duduk di antara dua khotbah saat Jumat Arya disyariatkan Pak khotbah Jumat itu dengan dua khotbah Iya ini dengan ijma para ulama an Jabir bin samurah radhiallahu Anhu rasulullahu wasallam yajlisquumuu qimananaka anahu Yu jalisan FAQ Kab FAQ wallahi shitu maahu akar Min alftin dari Jabir binurah Semoga Allah lainya bahwasanya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam berkhutbah itu berdiri Kemudian beliau duduk Kemudian beliau berdiri lagi untuk berkhotbah maka siapa yang memberitahu kepada kamu bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam berkhotbahnya sambil duduk sungguh ia telah berdusta demi Allah aku salat bersama Rasulullah lebih dari 2000 kali salat ya kata Jabir bin samurah Iya hadis sini ahal Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullah Jamian menunjukkan bahwa yang pertama disyariatkan khotbah duduk khotbah Jumat itu sambil berdiri Pak disyariatkan ya khotbah Jumat itu sambil apa berdiri bukan sambil duduk saudaraku seiman Iya alhafiz Ibnu Hajar berkata dalam kitab fthul Bari Mir allziala alaiiu ahlilmi ulamailikata IBN Mir yang menjadikan para ulama mayoritas ulama ya berpendapat akan wajibnya berdiri ketika khotbah Jumat adalah hadis ini wqal giru Abi Hanifah analqiam fil khutbah sunah waisa Bi wajib sementara Abu Hanifah pendapatnya bahwa khotbah sambil berdiri itu hukumnya apa sunah saja tidak wajib wa Malik riwayat sementara dari Imam Malik ada satu riwayat berpendapat Beliau mengatakan bahwa khotbah Jumat Sil itu hukumnya apa wajib I kalau dia tinggalkan dia sudah berbuat buruk tapi khbahnya sah k Imam k salah sementara ulama yang lainnya berpendapat bahwa Berdiri dalam khotbah itu merupakan syarat sah khutbah Sama halnya dalam salat Iya ikhwat Islam saudaraku seiman nah ini ya apa namanya pendapat-pendapat para ulama tentang masalah ini saudaraku seiman Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam ya senantiasa khotbah itu berdiri dan muadamah muadabahnya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam yang menunjukkan bahwa itu hukumnya apa wajib kalaulah hukumnya sunah sekali-kali Nabi lakukan untuk menunjukkan bahwa hukumnya tidak tidak wajib ya faedah yang kedua hadis ini menunjukkan bahwa khotbah Jumat itu dua kali pak itu diselingi dengan apa duduk di antara dua khotbah apa apa bacaan saat duduk antara dua khotbah tidak ada adapun yang di masyarakat ya biasanya kalau duduk Imam duduk di antara dua khotbah selawatan Allahumma Shi wasallim ala muhammad dan yang lainlin lain lain kita Katakan Tidak ada dalilnya sama sekali Rasulullah menyuruh Bilal ketika beliau duduk di antara khotbah Jumat suruh baca ini baca itu gak ada laana Kiran laabqua ilaih kalau itu baik tentu mereka lebih mendahuluinya karena mereka generasi yang paling Semangat kepada apa kebaikan mereka generasi yang paling paham tentang apa tentang ya syariat ikat Islam saudaraku seiman Iya hadis berikutnya bab takfifi Shah Wal khutbah an Jabir bin samurah qal kuntu usolli Maa rasulillahi shallallallahu Alaihi Wasallam fakanat shatuhu qasdan wa khutbatuhu qasdan dari Jabir bin samurah Semoga Allah meridainya ia berkata aku ya selalu salat bersama Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam maksudnya Ya salat Jumat adalah salat beliau itu qasdan qasdan tu artinya tengah-tengah Pak enggak terlalu panjang enggak terlalu apa pendek wutbatuhu qasdan dan khutbahnya juga apa qasdan tengah-tengah enggak terlalu panjang tidak t juga teru apa pendek dan dalam hadis sebelumnya yang sudah kita pernah pelajari ya nabi menyebutkan bahwa pendeknya khotbah dan panjangnya salat itu mainatun Al fiq ya menunjukkan akan kefakihan seseorang di sini menunjukkan saudaraku seiman bwa seorang Imam seorang Khatib hendaklah tengah-tengah ya tidak terlalu panjang tidak terlalu apa pendek Kana inilah yang sunah yang sesuai dengan sunah rasulullahi Sallallahu was wasallam sebagaimana sudah pernah kita sampaikan ya sebagian khatib Jumat itu Pak ada yang khutbah Jumatnya panjang benar Iya tentu ini tidak sesuai dengan syariat rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam atau sunah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bab dakala Wal imamu yaktub yaumal Jumuah yarka bab apabila ia masuk masjid dalam keadaan Imam sedang khotbah di hari Jumat maka hendaklah ia salat maksudnya salat tahiyat Masjid An Jabir bin Abdillah radhiallahu Jumuah wa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam qidun Alal mimbar waqada Sula qbl an yusolliya faqala lahu nabi shallallallahu Alaihi Wasallam arokata rakatain qala la qala qum farkaahuma dari Jabir bin Abdillah Semoga Allah meridainya ia berkata datang seorang laki-laki bernama sulaik alghatfani pada hari Jumat dan saat itu Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sedang duduk di atas mimbar maka sulik pun datanglah dan langsung duduk sebelum salat maksudnya salat tahiyat masjid maka Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda kepada sulaik Kamu sudah salat belum kata sulaik belum kata Rasulullah bangun dan salatlah Iya sat yang lain watajawaz Fima dan ringankan salatmu hadis ini akhi kita ambil Faidah itu disyariatkan akal Islam orang yang masuk masjid dalam keadaan Imam sedang khotbah Jumat agar ia salat tahiyat masjid berkata Imam an-nawawi dalam Syarah Sahih Muslim hadil ahaditu kulluha shihatun Fid dalalatiadhabi Syafi’i wa Ahmad wa Ishaq wau wa fuqohail muhadditin annahu dakal Jami yaumal Jumuah hadis-hadis ini itu hadis sulaik tadi Pak dengan lafaz-lafaznya merupakan dalil untuk Mazhab Syafi’i dan mazhab Ahmad serta Ishaq itu Ishaq bin rahuyah jadi dulu itu ada mazhab Ishaq bin rahuyah Iya wuqail muhadditin dan para ahli fikih dari kalangan ahli hadis Di mana mereka berpendapat bahwa Apabila seseorang masuk ke masjid pada hari Jumat dan Imam sedang khutbah maka disunahkan buat dia untuk salat dua rakaat tahiyat masjid dan makruh hukumnya dia duduk sebelum salat tahiyat masjid Iya waahuahabuajaid Fima dan bahwasanya itu disunahkan Untuk meringankan salat apa tahiyat masjidnya Iya ini akal Islam sedangkan pendapat Imam Malik Abu Hanifah ya dan jumhur Salaf dari kalangan sahabat dan tabiin pendapatnya tidak disyariatkan untuk salat tahiyat masjid berarti dalam masalah ini ada ikhtilaf para ulama mereka yang mengatakan tidak disyariatkan tahiyat Masjid saat Imam sedang khotbah pak mereka membantah hadis ini Pak hadis yang sedang kita bahas ini at Apa kata mereka hadis ini tidak bisa dijadikan hujah karena pertama kata mereka ini waqiatu Ain kejadian yang menimpa seseorang sahabat sedangkan kejadian yang menimpa seseorang sahabat la umum Laha tidak bisa dijadikan sebagai kaidah umum Iya terlebih dalam riwayat yang lain yang sahih disebutkan tentang sebab kenapa rasulah Sallallahu alaii wasallam menyuruh sulaik untuk berdiri dan salat itu bahwa sulaik terlihat bajunya compang-camping terlihat miskin sekali susah hidupnya maka kemudian Rasulullah Sur menyuruh dia salat bangkit supaya yang lain melihat Pak dan mau sedekah membantu siapa sulaik Iya sehingga itulah Alasannya kenapa Rasulullah menyuruh sulaik untuk apa salat sehingga kata mereka ini tidak bisa dijadikan hujah Untuk apa salat tahiyat masjid dan bagaimana tahiyat Masjid itu disyariatkan sementara mendengarkan khotbah Jumat kata mereka wajib sedangkan tahiyat masjid hukumnya sunah tidak mungkin yang wajib kalah oleh yang yang sunah ini pendapat jumhur namun dijawab ya oleh Ibnu Hajar dan ulama-ulama syafiiah dan yang lainnya kata Ibnu Hajar dalam ful Bari ya bahwa hadis ini walaupun dalam riwayat tersebut menunjukkan bahwa seakan-akan orang ini disuruh diri supaya orang-orang melihat dan mau membantunya namun adalah ada riwayat-riwayat lain yang menunjukkan bahwa ini kejadiannya berulang sampai tiga kali kata Ibnu Hajar dan setiap kali ya dalam tiga kali ini dia langsung duduk maka Rasulullah menyuruh supaya berdiri lagi sampai tiga kali berturut-turut Rasulullah mengingkari sulaik yang langsung duduk kalau sebatas untuk membantunya akhal Islam kata Ibnu Hajar pasti rasulah su was mengatakan apa I bantulah dia dia orang susah Iya tidak perlu Rasulullah hanya sebatas menyuruh k bangun kamu salat dua rakaat udah selesai tentu Rasulullah akan menganjurkan seperti halnya ketika ada orang datang susah Rasulullah anjurkan supaya para sat lain untuk apa ya salat dua rakaat Adapun perkataan yang mengatakan tapi kan mendengarkan khotbah Jumat wajib dijawab bahwa ketika salat pun bisa sambil mendengarkan khotbah Jumat tidak bertabrakan Kok iya sehingga pada waktu itu ikhwat Islam saudaraku seiman wallahuam saya lebih condong kepada pendapat ya imam asyafi’i dan Imam Ahmad ini pendapat fuqaha almuhadditin ya bahwasanya tetap disyariatkan orang yang masuk ke masjid ketika imam sedang khotbah Jumat untuk salat tahiyat masjid Islam Iya di sini kita ambil faedah kedua akhi di sini menunjukkan bahwa salat tahiyat Masjid itu sunah yang S sangat ditekankan sekali bahkan Sebagian ulama sampai ada yang berpendapat hukumnya wajib Pak Sebagian ulama ya Dan ini yang di seingat saya ini pendapatnya Syekh Albani rahimahullah Syekh Albani membela pendapat ini Pak Beliau mengatakan bahwa KH salat tahiyat Masjid itu hukumnya wajib Kenapa kata di antara dalilnya hadis ini kenapa karena mendengarkan khotbah Jumat wajib dan tidak mungkin gugur sesuatu yang wajib kecuali dengan yang wajib lagi kata mereka iya namun pendapat yang sahih yang rajih pendapat jumhur yang mengatakan bahwa tahiyat Masjid itu hukumnya Sun sunah karena banyak kok riwayat-riwayat yang menunjukkan ya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ketika di antaranya riwayat tentang Rasul sedang duduk di masjid Taklim kemudian datanglah tiga orang yang satu langsung duduk di depan yang satu duduk di belakang yang satu lagi pergi kemudian Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam berkata Maukah aku beritahu kepada kalian tentang tiga orang adapun yang pertama Awa ilallah faawahullah dia berlindung kepada Allah Allah pun lindungi dia ya adapun yang duduk di belakang istahya minallah fastahyallahu Min dia malu kepada Allah Allah pun malu kepada dia adapun yang yang ketiga a’rad berpaling fa’aballahu anh Allah pun berpaling darinya Rasulullah tidak menyuruh pas dia duduk langsung depan Kamu sudah salat tayat masjid belum salat dulu sana Iya Rasulullah tidak mengingkari sepertinya dalam khotbah Jumat Berarti itu menunjukkan hukumnya apa Pak sunah muakadah ya sunah Nis ini jadikan dalil juga ya bolehnya mengingkari orang yang meninggalkan sunah muakadah seperti yang dikatakan Imam alqurtubi Berarti boleh hukumnya ya kalau kita melihat ada orang yang misalnya masuk ke masjid langsung duduk maka kita ingkari Pak kita bilang akhi bangun kamu belum salat tahiyat masjid kan belum Iya Ayo bangun salat Kenapa karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam mengingkari ya orang yang langsung duduk di masjid ya disuruh oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Untuk apa salat dan hadis ini juga menunjukkan akhal Islam ya bahwa orang yang duduk dan lupa untuk tahiyat masjid tetap tidak gugur ya tahiyat salat tahiyat masjidnya memang Sebagian ulama ada yang berpendapat seperti itu pak kalau dia duduk di masjid maka sudah gugur ya salat sunah tahiyat masjidnya tapi hadis ini membantah pendapat ini karena sulaik sudah duduk Pak sudah sudah apa duduk maka Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam berkata bangkit kamu dan salat dua rakaat dan ringankan salatmu Iya wallahuam Antum Silakan baca ya dalam Fathul Bari Ibnu Hajar mensyarah hadis ini panjang sekali dan beliau membantah dalil jumhur satu per satu pak ya menyebutkan dalil jumhur satu persatu dibantah satu persatu ada 10 ya hujah jumhur satu peratu beliau bantah dalam kitab Fathul Bari tersebut Kalau antum ingin secara detailnya Silakan baca aja kalau bisa bahasa Arab kalau enggak bisa ya gigit jari aja mas kita masuk ke bab berikut Babil ins khutbah bab diam untuk mendengarkan khutbah an Abi Hurairah radhiallahu Anhu an Rasulullah Sallallahu Alaihi wasallamq ibika q Dari Abu Hurairah Semoga Allah meridainya bahwasanya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda apabila kamu berkata kepada temanmu diam di hari Jumat sementara Imam sedang khotbah Sungguh kamu sudah melakukan perkara yang sia-sia ikhwat Islam saudaraku seiman Iya hadis ini kita ambil faedah saudara KUA Iman wujubul istima wajibnya mendengar khotbah apa Jumat Iya karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam saja mengatakan orang yang mengatakan kepada temannya diam ini saja sudah dianggap apa melakukan perbuatan apa sia-sia apa makna FAQ Sungguh kamu telah melakukan kesia-siaan kata Imam almunawiam artinya kamu berbicara di tempat yang enggak tepat karena khotbah itu ya seakan-akan sama dengan salat yang tidak boleh Berbicara saat itu Iya kata Imam annawawi dalam kitab majmu syarah muhadzab faqat wamtil artinya ucapan yang batil dan tertolak I ada yang mengatakan artinyaab ucapannya enggak benar bukan pada tempatnya Iya seingga hadis ini menunjukkan kata Imam Nawawi larangan ucapan saat apa khbah I karwahu karena kata-kata diam saja dilarang oleh Nabi sallallu wasallam maka ini mengisyaratkan kepada yang lainnya pun juga tidak boleh ya Islam saudaraku seiman kemudian ya para ulama berbeda pendapat F kalam hal Hua haram am makruh karata tanziih para ulama berbeda pendapat hukum Berbicara saat khotbah Jumat I Apakah dia hukumnya haram atau makruh Adapun Imam asyafi’i rahimahullah ada dua pendapat dalam masalah ini satu pendapat mengatakan haram satu pendapat mengatakan apa makruh kata alqadi Q Malik W Abu Hanifah wasfiiul ulama berkata Imam Malik Abu Hanifah dan asyafi’i Dan Hampir seluruh ulama wajib diam mendengarkan KH khbahuaj sementara sebagian Salaf seperti Imam dan asyabi ya mengatakan katanya tidak wajib ya namun hadis ini hujah pak yang mengatakan hukumnya apa wajib KH Islam saudaraku seiman Iya bab fad manistamaa wa yaumal Jumuah bab keutamaan orang yang mendengar khotbah Jumat dan diam an Abi Hurairah Radiallahu anhu Nabi Shallallahu Alaihi wasallamikala Atal [Musik] jumuahirahu Suma yusolli maah gufir lahu ma bainahu wa bainal jumuatil ukhro wafadlati ayyam Dari Abu Hurairah Semoga Allah meridainya i dari Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda Siapa yang mandi maksudnya mandi apa Mi Jumat kemudian ia mendatangi jumuat lalu ia salat sesuai yang ditakdirkan kepadanya salat apa namanya Hah salat apa salat intidar itu salat menunggu Imam sebagaimana sunah sudah pernah saya sampaikan Pak Dis syariatkan kita salat lagi dua rakaat dua rakaat 2A rakaat 2 rakaat dua rakaat terus sampai Imam naik mimbar dan ini termasuk sunah yang hampir hilang di zaman ini Pak jarang sekali yang melakukan ini ya smma ANS kemudian dia diam mendengarkan khutbah sampai selesai selesai khotbah kemudian ia salat bersama Imam maka akan diampuni dosanya antara Jumat tersebut dengan Jumat berikutnya ditambah 3 hari Masyaallah Iya ikhwat Islam hadis ini menunjukkan keutamaan Pak orang yang pertama mandi setelah mandi kemudian dia pergi apa ya pergi ke masjid dalam satu arti yang lain yang sudah pernah kita lewat ya Di mana dia memakai minyak wangi ya dia bersiwak apakah disyariatkan memotong mengkuku saat hari Jumat Pak tidak ada dalil yang sahih yang menyebutkan bahwa ya disunahkan memotong kuku di hari Jumat memotong kuku itu disyariatkan Pak kapan saja dan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam memberikan batasan enggak boleh lebih dari berapa 40 hari Iya sehingga lebih dari 40 hari itu hukumnya Apa dosa I harus dipotong ikhwat Islam saudaraku seiman kemudian dia salat dia salat terus salat Masyaallah sampai Imam naik mimbar baru kemudian dia mendengarkan khotbahnya Imam ya kemudian salat bersama Imam maka pahalanya luar biasa kata rasulah diampuni dosa-dosanya dari Jumat itu ke Jumat yang akan datang Iya dan ditambah lagi tiga tiga hari tentu ini merupakan ya perkara yang membuat orang yang beriman Pak kepada Allah dan kehidupan akhirat itu Jadi semangat Pak karena orang yang beriman itu lebih semangat ketika mendengar pahala apa akhirat daripada pahala Dunia pak Mala dunia kecil ya ak Adapun pahala akhirat itu sesuatu yang luar biasa Wal akhiratu Khairu wa abqo dan akhirat itu kata Allah lebih baik dan lebih apa lebih kekal Iya sudah masuk azan belum belum belum belum Isya Jam berapa sekarang hahi 5 menit lagi 5 menit lagi Alhamdulillah l kita masuk bab filiihi taala waidza ro tijaratan a lahwanadu ilaiha wataarokuka qaima bab tentang firman Allah Taala dan apabila Mereka melihat perniagaan A lahwa atau sesuatu yang lahu itu ya lahu itu artinya sesuatu yang tidak ada manfaatnya segera Mereka pun apa pergi kepadanya dan meninggalkan kamu dalam keadaan berdiriir Bin at ayahati Jumuah wajaran lahu ilaiha dari Jabir bin Abdillah Semoga Allah meridainya bahwa Nabi Sallallahu wasallam apabila nabi sallallahuaii wasallam pernah khotbah dalam keadaan berdiri pada hari Jumat tiba-tiba datanglah Pak kfilah dariam Iya melihat itu orang-orang pada pergi ya sehingga tidak tersisa kecuali berapa orang 12 orang saja maka Allah pun turunkan ayat ini menghardik para sahabat mengingatkan Iya maka dilaranglah jual beli ya saat khotbah jumaat sini kita ambil faedah Bapak sekalian faedah yang pertamais ini menyebutkan tentang sebab turunnya ayat sebab apa apa turunnya ayat dan mempelajari asbabun nuzul Pak sebab turunnya ayat itu penting sekali Pak karena dengan kita mempelajari asbabun nuzul sebab turunnya ayat semakin membantu kita untuk memahami ya makna ayat tersebut Apa yang dimaksud ayat tersebut Islam saudaraku seiman ya karena sebab nuzul itulah Iya yang memberikan kepada kita yang pertama apa tentang sifat turunnya ayat tadi iya walaupun tentunya Pak terkadang sebabnya khusus tapi ayatnya itu bersifat umum mana yang lebih didahulukan kekhususan sebabnya atau keumuman lafaz Um ayat para ulama memberikan kaidah Al ibratu biumumil laf laus bhusus sabab yang dianggap itu adalah yang dilihat itu adalah keumuman lafaz bukan kekhususan Apa sebabnya Iya sehingga pada waktu itu tidak bisa misalnya kita katakan itu khusus pada saat itu saja atau khusus untuk sahabat atau yang lain lainya tidak iya hadis ini kita ambil faedah ya akal Islam menunjukkan haramnya jual beli saat khotbah Jumat Pak maka Allah subhanahu wa taala juga mengatakan Demikian Ya warul B tinggalkan jual beli tinggalkan jual beli sekarang kalau ada laki-laki berjual beli sedang khotbah Jumat Iya maka pendapat yang sahih jual belinya tidak sah jual belinya apa tidak sah Kenapa karena Allah melarang jual beli saat khotbah Jumat dan yang dilarang itu adalah perbuatan jual belinya dan kaidah Ushul fikih mengatakan larangan kalau kembali kepada syarat ya perbuatan atau zat perbuatan maka membuat perbuatan tersebut tidak sah tidak apa tidak sah kalau perempuan sah tidak jual belinya ketika khotbah Jumat Hah sah Kenapa karena perempuan tidak wajib Jumatan ya Adapun laki-laki maka pada waktu itu tidak boleh BB sudah masuk Isya fadol Naam ikhwatan Islam untuk selanjut nya kita simak dukumanangkannya azan untuk salat Isya bagi daerah Jakarta dan sekitarnya allahu akbar [Musik] allahu akbar allahu akbar allahu akbar Ashadu Alla ilahaillallah [Musik] Ashadu Alla ilahaillallah Ashadu anna muhammadar [Musik] rasulullah Ashadu anna muhammadar rasulullah [Musik] ya Hayya [Musik] alah Hayya Alal Falah Hayya Alal Falah [Musik] allahu akbar allahu akbarahillallah allahumi Al Muhammad Wai Muhammad Ibrahim inid Majid allahuhammuh allahqim Muhammad wasil W berdoa Bagaimana dengan makmum kalau fatwa syh Bin bas mengatakan tidak tidak disyariatkan Kenapa demikian karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak pula menyuruh para sahabat dan tidak ada satupun riwayat para sahabat mengangkat tangan saat Imam berkhotbah para makmum menghadap ke Imam namun saat imam membaca doa di akhir khutbah Saya melihat mereka Langsung berpaling dari Imam dan menghadap ke arah kiblat apa ada dalilnya ya Ustaz enggak tahu mana yang lebih utama salat intidar atau baca Quran Ustaz yang disebutkan dalam hadis apa hah tadi barusan disebutin hadisnya yang dianjurkan oleh Nabi apa salat Kalau antum bertanya lebih utama Ya jelas salatlah karena nabi yang menganjurkan yang kedua salat sudah otomatis mengandung baca Quran Iya doa antara azan dan iqamah mengangkat tangan atau tidak ya sebaiknya begitu Pak Cuma masalahnya apa banyak teman-teman itu tidak menggunakan antara Aan dan iqamah itu berdoa saat salat Jadi mereka salatnya cepat-cepat baru kemudian karena pengin bisa apa berdoa Kita katakan alangkah lebih baiknya Antum memperbanyak doanya saat apa salat kata rasulu wasamal di antara dua azan disyariatkan salat kata Rasulullah salat antara azan dan qamat Iya nah ketika Antum salat dua rakaat berarti Antum sudah terkumpul padanya dua waktu mustajab iya Mana yang lebih bagus Pak bertepatan satu waktu mustajab atau dua waktu mustajab Tentu Dua waktu mustajab Mak Antum ketika sujud ketika sebelum salam Antum banyak berdoa saat itu Allah itu lebih baik Pak Lebih bagus ikhwat Islam saudaraku se iman Terkadang saya tidur saat dengar khotbah Jumat Ini kebanyakan Nih kayak gini nih Pak Bagaimana apakah harus Fu lagi iya harus harus wudu lagi Pak Iya pendapat yang paling kuat wallahuam bahwa tidur itu membatalkan wudu ada sebuah kisah ya seingat saya yaitu alqadi Ibnu Aqil beliau tadinya berpendapat bahwa orang yang tidur sambil duduk itu tidak batal Sampai suatu ketika beliau sedang duduk dengarin KH Jumat tiba-tiba temannya yang di sebelah tidur sambil duduk kentut makanya dia mengatakan pas mau salat Kamu tadi kentut keluar Iya kata dia loh kan katanya enggak batal gak kamu batal semanjak itu kata beliau aku pun rujuk iya Bagaimana kalau mengaminkan dengan jahar saat Khatib khutbah iya ee mungkin diaminkannya di akhirnya saja Pak Iya dan tidak dan tidak perlu dikeraskan Apa pendapat ulama mengenai qunut nazilah pada pada saat salat jumaat di rakaat kedua setelah ruku untuk mendoakan saudara-saudara kita di Palestina Qunut nazilah disyariatkan pada semua salat Iya Qunut nazilah disyariatkan Pak Bila masuk masjid saat azan apakah langsung salat tahiyat masjid sebaiknya begitu tapi kalau antum mau dengar kan mau jawab Azan dulu Enggak apa-apa enggak masalah silakan aja supaya ter terkumpul padanya dua kebaikan Iya bacaan doa saat sujud ya Apakah dilafazkan atau dalam hati dilafazkan ya akhi doa itu termasuk ibadah lisan Ibadah apa lisan Jadi ketika kita berdoa saat sujud sebelum salam itu dilafazkan Iya demikian wabillahi Taufik subhanakah wabihamdik Ashadu Alla ilahailla Anta asik salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh foreign

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *