agfiruhu wa naubillahiuri anfusina wiatialinaillah F millalah waman yudlil Fala hadiyaalah wa asadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa asadu Anna muhammadan abduhuasul Allahu Taala F kitab Karim ya ayyuhalladina amanuaqulaha haqqa tuqatih W tamutunna illa wa Anum muslimun am ba saudaraku seiman Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah atas karunia dan nikmat yang Allah berikan kepada kita kita lanjutkan kaidah yang ke berapa ya lupak ke-11 alkaidah alhadiata asyar kaidah yang ke-11 anahumqiduna as Al musliminamaatin syaksinir rasulillahi Sallallahu Alaihi wasallamahabatih Kir bahwasanya ahlusunah Wal Jamaah meyakini bahwa sebab terbesar ya sebab terbesar munculnya perpecahan yaitu berkelompok-kelompok dan bergolong-golongnya sebagian kaum muslimin dan fanatik kepada kelompok atau jemaah atau orang selain rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam dan para sahabatnya di sini beliau saudaraku seiman menjelaskan tentang Sebab utama Kenapa kaum muslimin berpecah belah Apa itu yaitu fanatik golongan fanatik kelompok fanatik individu mana dalilnya dalilnya firman Allah dalam surat alanam ayat 159 Allah berfirman inina sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi kelompok-kelompok engkau tidak termasuk dari mereka ya sedikitp Berk k yang tampak yang Zahir bahwa ayat ini umum untuk setiap orang yang memecah belah agama Allah dan menyelisihi agama allahallah rasu biludaqu karena Allah mengutus rasulnya dengan membawa Hidayah dan Din yang hak agar Allah memenangkan di atas seluruh agama wasyaruhu wahidun laktilafai fihi wtiraq dan syariat Allah itu satu tidak ada padanya perbedaan tidak pula perpecahan di sini Allah tegas mengatakan Pak bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berpecah belah Iya tapi kok terjadi perpecahan pertama apa ini sudah sunah kauniah ini sudah apa sunah kauniah artinya sudah ketentuan Allah bahwa umat Islam itu pasti akan pecah dan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mengabarkan dalam hadis-hadisnya yang [Musik] sahih ya beliau bersabda satftariqu umati altin wasabina firqoh umatku akan berpecah belah menjadi berapa 73 golongan tapi Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam Allah dan rasulnya melarang kita berpecah belah ini tidak bertabrakan Kenapa karena perpecahan itu adalah takdir Allah yang bersifat kauni qadari sedangkan larangan untuk berpecah belah itu masuknya dalam takdir Syari Dini Terus kenapa harus ada perpecahan akhi ketahuilah perpecahan itu ya mempunyai hikmah yang banyak kenapa Allah menginginkan adanya perpecahan padahal yang namanya perpecahan kalau kita lihat mudarat gitu Pak yang harus kita pahami Pak Allah itu punya sifat ingin menguji hamba-hambanya dengan ujian itu ya Allah ingin memilah dan memilih nah di antara ujian itu adalah perpecahan dengan adanya perpecahan Allah ingin memilih dan memilah antara orang yang mengikuti Wahyu dengan orang yang mengikuti hawa nafsu dengan adanya perpecahan akan tampak antara orang yang sungguh-sungguh mencari kebenaran dengan orang yang tidak punya kesungguhan Iya makanya apa dengan adanya perpecahan ini kelihatan tuh pak Siapa yang ilmunya kokoh kuat dia dalam berpegang kepada sunah Siapa yang dia mudah sekali pak ya tertium angin syubhat makanya Subhanallah perpecahan itu memilah dan memilih Pak ikhat Islam saudaraku seiman rahimani rimakumullah Jamian tapi bukan berarti kita diizinkan untuk berpecah belah tidak dan perlu kita untuk memahami juga Apa makna perpecahan perpecahan itu disebut perpecahan apabila menyimpang dari jalan yang lurus jalan Allah dan rasulnya Jalan Rasulullah dan para sahabatnya itu perpecahan Pak mana dalilnya dalilnya firman Allah dalam surat alanam ayat 153 Allah Taala berfirman must dan bahwasanya inilah Jalu yang lurus Ikutilah dan jangan kamu mengikuti jalan-jalan selainnya niscaya jalan-jalan itu akan memecah belah kalian dari jalan yang lurus tu lihat dalam hadis yang dikat Imam alhakim dari hadis Abdullah bin Mas’ud Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam menulis sebuah garis lurus Pak ditulis garis lurus kemudian menggambar garis sebelah kanan kirinya banyak kemudian Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam menunjuk Galis yang lurus tersebut sambil berfirman e sambil membawakan firman Allah wa Anna hadzaati mustaqima fattabiu dan inilah jalanku yang lurus maka Ikutilah dan rasulah menunjuk kepada jalan-jalan yang ada di kanan kirinya apa kata rasulullah jangan kamu ikuti jalan-jalan yang iniikum niscaya jalan-jalan yang ini nih yang di kanan kiri inifum memecah belah kalianili dari jalan Allah tadi ayat ini tegas sekali Pak memberikan kepada kita pemahaman bahwa perpecahan itu adalah yaitu ketika seseorang menyimpang dari jalan yang lurus makanya Abdullah bin Mas’ud mengatakan apa aljamaatu Alhaq waainunta wahdak Al jamaatu Ma wafaqal Haq disebut aljamaah adalah yang sesuai dengan Alhaq kebenaran wahak walaupun kamu hanya satu orang tuh lihat walaupun kamu hanya satu orang tapi kamu sesuai dengan jalan yang lurus Kamulah yang disebut dengan apa aljamaah ikhat Islam saudaraku seiman nah Apa sebab berpecahan di sini beliau menjelaskan Kenapa muncul perpecahan tadi sudah kita sebutkan bahwa perpecahan sebabnya adalah fanatik golongan fanatik individu Antum fanatik sama organisasi di mana Antum memberikan loyalitas dan permusuhan ya berdasarkan organisasi Antum pakai Antum pemecah belah iya bikin apa perkumpulan entah itu perkumpulan goeser perkumpulan apa ee motor dan yang lainnya bikin perkumpulan hukumnya apa boleh saja pada asalnya mubah-mubah saja pak cuman perkumpulan-perkumpulan ini jangan sampai disertai dengan fanatik Iya di mana mere yang ada di perkumpulan itu loyalitas dan permusuhannya di atas kelompoknya perkumpulannya ini yang bahaya Pak ini yang tidak boleh dan kenyataan banyak seperti itu seseorang memberikan loyalitas dan permusuhannya di atas perkumpulannya di atas yayasannya di atas organisasinya bahkan di Indonesia organisasi bagaikan mazhab Iya kalau situ enggak masuk organisasi saya situ bukan ahlus sunah Waduh sudah kalau sudah sampai seperti ini Pak sudah pasti pecah Kenapa karena yang di yang dibanggakan itu benderanya benderanya ini sebuah kesalahan saudaraku seiman kemudian dalil berikutnya yang kedua yaitu surah Rum ayat 3132 Allah Taala berfirman wala takunu Minal musyrikin minalladzina farraqu dinahum wau syya’a Kullu hizbin Bima ladahim farihun dan janganlah kalian seperti orang-orang musyrikin siapa dia yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka berkelompok-kelompok bergolong-golong dan setiap kelompok bangga dengan apa yang ada pada kelompoknya tu lihat perhatikan Pak kata-kata terakhir dari ayat ini Pak Apa kata Allah Kullu hizbin Bima ladaihim farihun setiap kelompok berbangga dengan ada yang dengan apa yang ada pada diri mereka ini sumber perpecahannya di sini pak ketika setiap kelompok itu lebih membanggakan apa kelompoknya I makanya ya akhi Hatta Antum ngaku Salafi kalau loyalitas dan permusuhan antum atas dasar ya perkumpulan Antum atau Yayasan atau organisasi Antum bisa disebut hizbi disebut apa hizbi I atau Antum memberikan loyalitas dan permusuhan atas dasar Ustaz yang Antum nge-fan padanya untuk ngfend sama seorang Ustaz sehingga semua yang diucapkan Ustaz itu Pak bagaikan Wahyu dari langit siapa yang setuju itu teman saya siapa yang enggak setuju dia Musuh saya hibi Antum Iya karena Islam tidak pernah mengajarkan seperti itu kalau pendapat Ustaz Antum itu didukung didukung oleh al-qur’an hadis dan ijma Naam tapi kita mengikuti Ustaz itu karena dalil bukan semata-mata karena Apa ustaznya bukan kalau si Ustaz tersebut punya pendapat dan ternyata pendapat tersebut tidak ada nasnya sebatas pendapat ijtihad beliau saja dan diselisih oleh Ustaz yang lainnya seperti ini enggak boleh jadi Apa sumber perpecahan P itu enggak mau ikut pendapat Ustaz Fulan di situ bermasalah manhajnya Ajib ya ber masalah manhajnya hanya karena tidak ikut pendapatnya ijtihadnya Ustaz Fulan justru yang menuduh seperti ini bermasalah manhajnya Pak Kenapa karena bukan manhaj salaf memaksakan pendapat dalam permasalahan yang masih bersifat ijtihadiah yang tidak ada nasnya iya ikhwat Islam saudaraku seiman maka Allah mengatakan di sini Kullu hizbin Bima ladaim farihun setiap kelompok berbangga dengan apa yang ada pada kelompok-kelompoknya ini Q Ibnu Katsir berkata Ibnu Katsir Wil umatu aidtalfu Fima bahum Al nihalin kullihaah illa Wahidah dan umat ini juga berselisih di antara mereka ya menjadi beberapa kelompok yang Rasulullah Sebutkan Ada berapa kelompok 70 t golongan semuanya tersesat kecuali satu kelompok saja wahum ahlusunahi wal jamaah merekalah yang disebut ahlusunah Wal jemah siapa ahlusunah Wal Jamaah almutamikuna bikitabillah wasti rasulallahu Alaihi Wasallam yaitu Yang berpegang kepada sunah Rasulullah Ya berpegang kepada kitabullah dan Sunah rasulullahi wasallam Wim Al Aal dan berpegang kepada apa yang dipegang oleh generasi pertama berupa sahabat tabiin dan para ulama kaum muslimin dari semenjak zaman dahulu sampai sekarang I itulah yang disebut dengan ahlusunah Wal Jamaah Cuma masalahnya Pak penamaan ahlusunah itu jadi rebutan rebutan enggak rebutan di Indonesia banyak kok yang mengaku dirinya Aswaja saya ahlusunah Wal Jamaah Cuma masalahnya apa sebatas pengakuan saya ahlusunah enggak cukup Mas semua orang mah kalau cuma ngaku mah gampang Semua orang bisa masalahnya siapa sebetulnya ahlusunah Wal Jamaah ketika Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mengabarkan umat Islam berpecah belah 73 golongan semua di neraka kecuali satu siapa dia kata Rasulullah Ma Ana alaihil Yauma wa ashabi yaitu yang siapa yang aku dan para sahabatku di atasnya berarti siapapun yang akidahnya ibadahnya manhajnya tata cara beragamanya sesuai dengan ya Rasulullah dan para sahabatnya dialah ahlusunah wal jamaah dan siapa yang menyimpang dia bukan ahlusunah Wal Jamaah Bagaimana disebut ahlusunah sementara dia doyan bidah Iya paling kreatif soal masalah bidah Apakah itu disebut ahlusunah tentu tidak ahlusunah adalah yang berpegang kepada Sun sunah rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam Bagaimana akan disebut ahlusunah Pak sementara dia punya keyakinan seorang wali itu enggak mungkin salah Enggak mungkin seperti ini ahl Islam kalau ahlus sunah punya keyakinan Wali manusia yang tidak lepas dari Apa kesalahan yang Maksum hanya rasulullahi sallall Alaihi wasat Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Ibnu Abbas pernah ditanya antaati aliati utman Hai Ibnu Abbas kamu ini pengikut Ali apa pengikut Utsman apa kata Ibnu Abbas rasulillah Sallallahu Alaihi Wasallam Aku adalah pengikut rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam ikhwat Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu jamiah jadi saudaraku seiman ya jangan pernah fanatik kita kepada apa kelompok mazhab fanatik mazhab itu enggak boleh pak tercela dalam Islam tapi banyak di zaman sekarang nih pak sebagian para penuntut ilmu yang ilmunya masih setengah setengah ya menyeru supaya fanatik mazab katanya enggak boleh banyak-banyak kalau kamu Mazhab Syafi’i Syafi’i aja kalau kamu mazhab Hambali Hambali aja enggak boleh banyak-banyak kita katakan Subhanallah Apakah kebenaran itu terbatas pada Mazhab Syafi’i orang yang mengatakan Harus satu mazhab sama saja mengatakan kebenaran semua ada pada sebuah mazhab tidak mungkin pak tidak ada satupun ulama mazhab yang mengklaim bahwa semua ijtihadnya benar ada Imam Syafi’i saja tegas mengatakan apa pak ya wumitabasul rasulahui wasallam kalau kalian mendapatkan dalam kitabku ini pendapatku yang bertabrakkan dengan sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam yang harus kalian ambil adalah Sabda rasulullahi Sallallahu Alaihi wasam ya dan pendapatku buang ke tembok enggak usah diambil ini Imam Syafi’i yang ngomong seperti itu Subhanallah kemudian tiba-tiba ya di akhir zaman ada orang yang mewajibkan harus ikut satu mazhab enggak boleh banyak-banyak bermazhab boleh yang enggak boleh itu fanatik apa mazhab kita menuntut ilmu Dar dalam dari satu mazhab dulu bagus enggak masalah untuk memudahkan saja tapi mazhab itu wasilah Pak mazhab itu apa wasilah bukan tujuan jangan kamu jadikan mazhab sebagai Apa tujuan mazhab itu hanya sebatas wasilah untuk kita naik ya keilmuan kita dan mempunyai kemampuan dalam memahami al-qur’an dan Sunah rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam tujuan kita adalah memahami Quran dan Sunah fanatik kita kepada Allah dan rasulnya bukan kepada mazhab ikhwat Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jamian Iya maka makat Islam saudaraku seiman jadi kata beliau di sini kaidah yang ke-11 bahwa sumber terbesar munculnya perpecahan apa tadi hah fanatik golongan iya bukan fanatik kepada Allah dan rasulnya sedqah seiman kemudian kita masuk ke alqidah asaniata asar kaidah yang ke-12 anahumqiduna analarah la takunu imamin muslimin bahu ahlulli walqdi Wu taun lahum ahlusunah meyakini bahwa baiat yang sesuai dengan syariat tidak boleh kecuali kepada pemimpin muslim yang dibaiat oleh Ahlul hilli Wal [Musik] aqdi Iya siapa Ahlul hilii Wal aqad Ahlul Hili Wal aqad adalah sebuah lembaga yang berisi ulama dan orang-orang Yang berpengalaman ya di mana tugas Ahlul Hili Wal aqad ini Pak untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan kriteria dan syarat-syaratnya karena dalam Islam Pak Tata cara pemilihan pemimpin itu ya dengan dua dalam Islam ya Tata cara pemilihan pemimpin itu dengan dua cara cara yang pertama yaitu wasiat dari pemimpin sebelumnya wasiat dari siapa pemimpin sebelumnya kalau seorang khalifah berwasiat ya bahwa yang akan menjadi khalifah setelahku nanti adalah Si Fulan sah contohnya Umar Bin Khattab Umar Bin Khattab menjadi khalifah berdasarkan wasiat Abu Bakar dan Abu Bakar berwasiat bahwa nanti yang akan menjadi pemimpin setelahku siapa Umar maka Umar pun diangkat menjadi khalifah berdasarkan wasiat khalifah sebelumnya atau yang kedua itu dipilih oleh Ahlul hilli Wal aqdi seperti ya contohnya siapa Utsman ketika Umar hendak meninggal Umar menyebutkan ada en orang calon khalifah silakan dipilih ya Siapa yang milih yaitu lembaga yang disebut dengan Ahlul Waldi yang kemudian dari enam orang ini lima orang semua mengundurkan diri maka Utsman pun kemudian diangkat menjadi apa khalifah ini dalam Islam Pak Adapun dengan tata cara seperti di Indonesia pemilihan umum ya itu bukan dari Islam itu adalah tata cara yang disebut dengan demokrasi siapa rakyat yang milih Iya rakyat yang milih berdasarkan suara yang ter terbanyak kalau suara terbanyaknya Garong berarti yang jadi pemimpin garong kalau yang suara terbanyaknya orang-orang Saleh yang jadi pemimpin Saleh kalau yang suara terbanyaknya bencong ya jadi pemimpin ya Sesuai dengan suara terbanyak P ya maka dari itu saudaraku seiman kalau Islam tidak seperti itu tapi ya ahlusunah Wal Jamaah meyakini siapun yang menjadi pemimpin walaupun caranya tidak sesuai dengan syariat Islam wajib diakui hasilnya i betul Pemilu memang tidak sesuai dengan syarat Islam tapi hasilnya tetap wajib kita apa akui dan kita yakini bahwa dia seorang pemimpin dan kita baiat sama dia Ya dalilnya mana hadis nabi sallallahui wasallam bersabda k ras hendaklah kalian mendengar dan taat walaupun kalian dipimpin oleh hamba sahaya Etiopia yang apa telinganya buntung padahal dalam pemilihan pemimpin syarat pemimpin dalam dengan ijma para ulama adalah harus seorang yang merdeka tidak boleh hamba saya tapi nabi mengatakan di situ apa walaupun kamu dipimpin oleh apa hamba sahaya mana mungkin hamba sahaya menjadi pemimpin kecuali dengan cara yang tidak sesuai syari syariat pasti itu pasti caranya tidak sesuai syariat maka dari itulah saudaraku seim ahlusunah ya tetap menerima pemimpin dari cara yang tidak halal memberontak dalam Islam haram haram dengan ijma para ulama semuanya tapi ketika ada pemberontakan dan dia berhasil menjadi pemimpin semua ulama ijma juga wajib menerima hasilnya seperti yang terjadi ya di di zaman dulu ketika Abdul Malik bin Marwan ya memerangi Abdullah bin Zubair sebagai khalifah ya di Hijaz yang kemudian Abdullah bin Zubair pun terbunuh sehingga Abdul Malik bin Marwan pun mengambil tampuk apa kepemimpinan barulah kemudian Abdullah bin Umar baiat kepada Abdul Malik bin Marwan saakiman rahimani warahimakumullahu nya ini akhi saudaraku seiman rahimani warahimakumullah nah baiat ini untuk siapa baiat itu adalah untuk pemimpin muslim ya pemimpin negara yang punya kemampuan untuk menjalankan roda ke pemimpinan ra pemerintahan bukan pemimpin kelompok bukan karena masalahnya apa di zaman sekarang ini banyak sekali orang bikin kelompok lalu biat kepada apa pemimpin kelompoknya Pak Indonesia banyak sekali tuh yang baiat-baiatan yang 11 baiat Islam jemaah baiat jemaah muslimin baiat terus khalifatul muslimin bat ya di Bekasi itu ada namanya nya Hasan Baraja tuh dulu apa Abdul Qadir Baraja saya lupa namanya Bayat juga dia mengaku dirinya khalifah banyak Pak dan masing-masing mewajibkan harus baiat sama pemimpinnya dan mengklaim bahwa orang yang tidak baiat kepada pemimpinnya matinya bangkit jahiliah lalu berdalil dengan hadis Man Matata jahiliah Siapa yang mati dalam keadaan tidak berbaiat maka matinya bangkai jahiliah Saya pernah Pak didatangin sama seorang yang dari anggota jemaah muslimin itu dan memberikan kepada saya sebuah diktat wajibnya ban dibawakan Alquran dan hadis-hadis yang sahih betul hadisnya sahih betul cuman cara baiatnya yang salah Imam Ahmad sebagaimana dalam Rat almuhanna pernah ditanya tentang hadis Man mata waaisa Alaihi baiah makatan jahiliah Siapa yang meninggal dalam keadaan tidak berbaiat maka matinya bangkai jahiliah apa kata Imam Ahmad atadruna Mal Imam tahukah kalian Siapa Imam yang berhak dibaiat itu waakul k muslim H Imam itu yang setiap muslim mengatakan ini Imam bukan kelompok tertentu saja Pak I makanya dalam satu riwayat Bukhari Rasulullah sah wasallam Sabda dengan lafaz begini Man khora Al sult sibronata itah jahiliah Siapa yang memberontak kepada Sultan penguasa sejengkal saja lalu ia mati maka matinya bangkai jahiliah di situ nabi menyebutkan dengan kata Sultan penguasa berarti pemimpin itu yang berkuasa di negeri tersebut pak selama dia seorang muslim maka wajib kita akui dia sebagai seorang muslim Iya dan yang membaiatnya siapa Ahlul waldilul Waldi Adapun rakyat ngikut mereka ngikut siapaul Wal Islam saudaraku seim I nah ini saudarakuimanah rahimakumullah Jamian jadi akhi baiat ya itu hanya diperuntukkan untuk siapa hah penguasa Mus muslim yang sah yang mempunyai wilayah kekuasaan ya Ikat Islam saudaraku seiman Terus bagaimana apakah syaratnya penguasa muslim itu harus menjalankan noda pemerintahan sesuai dengan Hukum Allah ya kita katakan menjalankan noda pemerintahan sesuai dengan Hukum Allah memang wajib Tapi kalau ternyata ada pemimpin yang tidak berhukum dan hukum Allah Apakah mutlak kita katakan kafir dan dia bukanl bukan pemimpin kita tidak tetap dia adah in dalilnya mah Hadis Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabdaun baimah yah [Musik] wasub akan ada setelahku nanti pemimpin-pemimpin yang mengambil petunjuk selain petunjukku dan mengambil sunah selain sunahku lihat mengambil petunjuk selain petunjuk Rasulullah petunjuk siapa Pak petunjuk bikinan sendiri undang-undang manusia mengambil sunah selain sunah Rasulullah sunah siapa sunah buatan manusia ya kemudian Rasul bersabda apa dan akan ada nanti orang-orang ya pemimpin-pemimpin qulubuhum qulubu sayatin hati mereka berhati setan futmanil ins tapi badannya manu Manusia hatinya setan badannya manusia Maksudnya gimana Pak jahat itu pemimpin ketika Rasulullah ditanya oleh hudzaifah Ibnu Yaman apa yang harus kami lakukan terhadap pemimpin seperti itu ha Rasulullah apa kata rasulullah Pak Isma tetap dengar dan taat tentunya selama Bukan maksiat kata Rasulullah walaupun hartamu diambil dan punggungmu dipukul Subhanallah saudaraku seimanahimani warahimakumullahuam maka dari itu ya Ak Ini keyakinan ahlus sunahamaah walaupun itu pemimpin zalim tetap kita wajib Bayat sama pemimpin itu kata para ulama ya imamunum Arbain Sanah sab Sanah Kirun ya Min fitnatin [Musik] tadum pemimpin yang zalim 70 tahun itu lebih lebih ringan mudatnya dibandingkan tidak ada pemimpin sehingga apa fitnah yang luar biasa kalau gak ada pemimpin engak jelas saling bunuh saling ini dan yang lainnya rusak Semuanya hancur ikhat Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu jam Mak Rasul Siapa yang melihat pemimpinnya melakukan sesuatu yang ia tidak suka sabarlah sabar disuruh sabar oleh rasulullahkan rasulah mengabarkan akan muncul pemimpin yang lebih mementingkan dirinya daripada rakyatnya Pak akan muncul al-atarah Siapa al-atarah itu kata Imam Nawawi itu orang-orang yang lebih mementingkan dirinya daripada orang lain ini pemimpin ini Pak enggak mikirin hak rakyat Bodoh amat yang dia pikirin cuma hak dirinya saja kepentingan dirinya saja kepentingan partainya kayak di zaman sekarang apa kata Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam fasbiru sabarlah Sampai kapan Ha Rasulullah sabar kata rasulullahbiru hattai alud sampai kalian berjumpa denganu di Telaga haud jadi sabarnya Sampai kapan Mas sebagian orang Pak Ketika saya bawakan hadis suruh sabar langsung bilang apa sampai kapan kita sabar I yang namanya kesabaran kan ada batasnya kita bacakan hadis ini sabarlah Sampai berjumpa denganku di Telaga haud Kamu mau enggak berjumpa dengan Rasulullah di Telaga haud kalau kamu mau berjumpa dengan Rasulullah Telaga haud sabarlah berarti pemahaman kebalikannya apa kalau kamu tidak sabar Kamu tidak akan berjumpa dengan rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam di telaga haud isamudu seimanahumah mendengar dan taat kepada pemimpin baik dalam perkara yang suai maupun kepada maksiat Fa Amar bsiatin kalau ia memerintahkan kepada maksiat Fala W thah tidak boleh ditaati dalam maksiat itu tapi bukan berarti kita membangkang memberontak tidak sabar terhadap pemimpin zalim itu Pak bukan Artinya kita setuju sama kezalimannya bukan sebagian orang ada yang memahami begitu Oh berarti kalau kita sabar menghadapi pemimpin zalim kita setuju dong kezalimannya kita katakan kita tidak setuju dan tidak boleh setuju tapi kita sabar karena melaksanakan perintah rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam dalam hadis-hadisnya yang sahih Iya tapi hati kita tidak boleh Rida tidak boleh Rida tentunya Pak yang yang terbaik bagi kita adalah mendoakan Mereka supaya dapat Hida Hidayah Iya berkata Ibnu Taimiyah rahimahullah dalam kitab minhajus sunnatin Nabawiyah jis 1 halaman 527 almaqsudu Minal imamati inamaahti wasultatanult Iman maksud tujuan dari adanya kepemimpinan adalah terhasilkan dengan adanya kemampuan dan kekuasaan Apabila seseorang dibaiat dan ia punya kemampuan dan kekuasaan maka dialah yang menjadi imam dialah yang menjadi pemim pemimpin Oleh karena itu para ulama Salaf berkata Siapa yang memiliki kemampuan dan kekuasaan di mana dengan kemampuan dan kekuasaan tersebut dia bisa menjalankan maksud tujuan kepemimpinan maka dia termasukulil yang Allah perintahkan kita ya untuk menaati merekaam selama mereka tidak memerintahkan kepada maksiat berarti kepemimpinan itu hakikatnya apa mulkun ya kajaan dan kekuasa dan seseorang tidak menjadi raja hanya kalau disetujui o sat atau dua atau T atau EMP [Musik] tidak kecuali kalau S 3 ini sangat berpengaruh kepada rakyat yang sangat umum sehingga ketika ia dibat oleh beberapa orang semua jadi ikut maka pada waktu itu enggak masalah Iya Ini saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jamian kaidah ini penting sekali untuk dipahami zaman ini pakar zaman sekarang ini banyak pertama yang tidak paham tentang hakikat Siapa yang disebut dengan ulil amri orang-orang khawarij di zaman sekarang pak takfiri mensyaratkan Ulil Amr itu harus yang betul yang hanya apa berhukum dan hukum Allah kalau tidak berhukum dan hukum Allah maka dia bukan Uli Amri ini mazhab khawarij Iya mazhab khawarij kalau ahlusunah Wal Jamaah mengatakan setiap yang menjadi pemimpin dan punya kekuasaan dan kemampuan maka dialah pemimpin makanya ya kalau syaratnya Pak pemimpin itu harus seperti Abu Bakar dan Umar susah sistem pemerintahan tuh sudah berubah pak semenjak zaman Banu Umayyah muawiyah yang tadinya Khilafah ala minhajin nubuwah berubah menjadi apa kerajaan ya zaman muawiyah turun kepada anaknya nya Yazid bin muawiyah turun kepada anaknya lagi turun temurun ini jadi apa sistem apa Hah kerajaan Iya tapi apakah para ulama mengingkari sistem ini enggak Banu Umayyah digulingkan oleh Banu Abbasiyah Banu Abbasiyah pun berkuasa selama berabad-abad lamanya dan Banu Abbasiyah banyak ya pemimpin-pemimpinnya yang sesat Pak seperti khalifah Makmun almuktasim Billah Alwa Billah di mana ia memberlakukan hukum dan undang-undang muktazilah dan mewajibkan seluruh rakyat dan ulama wajib punya keyakinan muktazilah Siapa yang tidak mau ikut disiksa atau [Musik] dibunuh tapi apakah ada ulama yang memberontak tidak bahkan Imam Ahmad beliau disiksa 2 Tahun Lamanya demi untuk disuruh untuk meyakini keyakinan muktazilah Imam Ahmad tidak mau dan istikamah terus Masyaallah sampai akhirnya beliau pun dibebaskan Ketika pulang ke rumahnya para fukqaha Baghdad ulama-ulama Baghdad berkumpul di rumah Imam Ahmad dan mereka mengajak untuk memberontak tapi Imam Ahmad tidak padahal beliau sudah disiksa 2 Tahun Lamanya Pak maka beliau pun menyuruh mereka sabar sabar menghadapi pemimpin zalim itu sampai akhirnya Allah pun memenangkan ahlusunah Wal Jamaah naik kemudian naik tahtalah almutawakil alallah dan dia kemudian ternyata punya keyakinan ahlusunah Wal Jamaah ikhat Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jami Ini saudaraku seiman jadi ini kaidah yang harus kita pahami betul karena zaman sekarang ini banyak pemikiran-pemikiran takfiri Pak dan banyak yang terpengaruh masalahnya Pak bahwa katanya yang disebut ulil amri itu hanya kalau berhukum dan hukum Allah ya berdasarkan sebuah riwayat yaak ah yang memimpin mereka berdasarkan kitabullah kita katakan bahwa betul hadis itu sahih tapi bukan syarat mutlak dalam artian itu sangat dikedepankan Adapun kalau ternyata dia tidak ya menghukumi manusia dengan kitabullah alias dia berdasarkan hawa nafsu kita tidak boleh menaati sesuatu yang tidak sesuai dengan al-qur’an dan sunah rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam coba Antum lihat di zaman sekarang pakur Antum negara kita ini 100% bertabrakan dengan al-qur’an dan Sunah tidak seperti yang diklaim oleh orang-orang takfir itu katanya pemerintah Indonesia membabat syariat Islam 100% Kata siapa dulu dia nikah dinikahkan sama siapa tau a tau a cara menikahkannya gimana tetap mengikutin syariat Islam ya yang ada di KUA bagin agama tentang masalah warisan juga masih sesuai dengan syariat Islam Pancasila Emangnya bertabrakan dengan al-qur’an dan hadis enggak Silah satu apa Hah Ketuhanan Yang Maha Esa Yang punya keyakinan bahwasanya yang maha esa itu Allah hanya kaum muslimin Pak ketuhanan yang maha esa itu hanya kaum muslimin yang punya keyakinan ini yang lain Nasrani Trinitas Hindu Tri Tri juga yang lain hanya Islam yang punya keyakinan bahwa Tuhan Itu Satu satu Esa itu Allah subhanahu wa taala silat Silah kedua apa kemanusiaan yang ada beradab sesuai enggak dengan Islam Islam menganjurkan keadilan tidak ya Islam menjunjung adab yang tinggi Pak Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda Pak aku diutus untuk menyempurnakan makarimul AKL akhlak yang muliaru ya satu-satunya agama yang menjunjung adab dan Akhlak Yang Mulia hanya Islam walaupun ya pemeluknyaakak is Islam tidak bisa mewakili apa Islam banyak orang ngaku Islam Tapi ngomongnya kasar banyak mengaku Islam tapi suka nyuri sendal di masjid banyak yang ngaku Islam tapi kalau ngutang enggak bayar-bayar ya kita katakan mereka mereka tidak bisa mewakili Islam dan tidak boleh dinilai Islam hanya karena Hah pemeluk-pemeluknya yang tidak menjalankan is Islam silat yang ketiga apaau yang kesil yang ketiga persatuan Indo Islam menganjurkan persatuan tidak persatuan tapi Islam memberikan ikatan persatuan itu jangan sampai di atas kesesatan jangan sampai persatuan itu di atas kemaksiatan persatuan itu harus di atas ketaatan kepada Allah subhanahu wa taala Iya persatuan pun tidak boleh merusak tonggak-tonggak Islam dan akidah Islam sebab kalau demi persatuan akhirnya akidah Islam Jadi runtuh hancur tidak boleh Iya seperti masalah apa toleransi Pak dalam Islam toleransi itu sebatas membiarkan membiarkan saja enggak ganggu tapi masalahnya kan mereka mintanya lebih dari itu disuruh kita Hah mengucapkan selamat hari raya mereka Iya apa seperti itu toleransi bukan bukan toleransi saudaraku seiman nah ini ya akal Islam hanya sebatas mengingatkan saja ir mukminin Antum kalau berkhayal pengin punya pemimpin kayak Umar Bin Khattab ya Coba kita mikir Pak kita sebagai rakyatnya sudah seperti rakyat Umar belum makanya Abdul Malik bin Marwan berkata kepada rakyatnya Ya masyaraiah ansifuna wahai rakyatku bersikap Adillah kalian kepadaku Min Sir Abi bakr wa Umar kalian ingin aku seperti Abu Bakar dan Umar Wima tapi kalian sebagai rakyat tidak seperti rakyatnya mereka kita pengin punya pemimpin yang adil enggak zalim tapi kita sebagai rakyat zalim Pak banyak enggak Pak orang di Indonesia ngaku Islam tapi cara nikahnya aja enggak mau ngikutin syariat Islam banyak enggak banyak masih nanggap Apa itu dangdutan belum lagi campur Baur laki-laki perempuan anaknya pengin sesuai syariat Oh dimusuhin banyak enggak kaum muslimin yang tidak mau menjalankan warisan sesuai warisan syariat Islam banyak Pak maunya bagi rata enggak perlu pakai syariat Islam makanya kita jangan berkhayal dulu deh ya yang terpenting bagaimana memperbaiki diri sendiri dulu Pak Allah berfirman innallah la yugiru ma biquumin Hatta yugayiru Ma bianfusihim Sesungguhnya Allah tidak mengubah suatu kaum sampai mereka mengubah apa Hah sampai mereka merubah dirinya sendiri Allah tidak mengatakan sampai mereka mengubah pemimpinnya pemerintahnya enggak tapi Allah mengatakan sampai mereka mengubah dirinya sendiri berarti perubahan harus dimulai dari mana Dari sendiri ya perubahan dalam Islam mulai dari individu-individu setiap individu harus mau berubah kalau individu-individunya sudah berubah Allah berikan pemimpin yang sama Pak Allah berikan pemimpin yang sama karena pemimpin itu bagaikan cermin Buat suatu bangsa makanya para ulama sah mengatakan ya bahwa Ari miraturiah pemimpin itu cermin suatu bangsa Kalau pemimpinnya hebat kuat Saleh adil itu cermin memang insyaallah Allah bangsanya juga seperti itu Kalau pemimpinnya zalim ya karena bangsanya juga apa zalim Allahnya mengatakan begitu dalam Alqur’an walika NU Ba’im ba’ bimau yaksibun demikianlah kami jadikan untuk orang zalim itu pemimpin dari kalangan orang zalim juga bimau yaksibun disebabkan oleh perbuatan-perbuatan mereka ya makanya tugas kita ini masih panjang Pak untuk mendakwahi orang supaya menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa kepada Allah ya kalau semuanya sudah bertakwa Insyaallah Allah berikan juga pemimpin yang bertakwa kepada Allah subhanahu wa taala saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu jaman ini saudarakuiman kaup sampai di sini kita buka tanya jawab Bolehkah membaca doa Nabi Ibrahim ini rabbanagfirli waliid pendapat jumhur ulama mengatakan bahwa doa-doa yang ada dalam al-qur’an boleh dibaca saat sujud dengan syarat syaratnya adalah dengan niat doa bukan dengan niat baca Quran Kenapa karena Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam melarang membaca Quran saat rukuk dan sujud ya Jadi kalau antum mau baca ini Boleh tapi dengan syarat niatnya bukan dalam rangka membaca Alqur’an Iya apa arti dari sekufu misal pendidikan istri lebih tinggi dari suami akhi kufu yang paling kufu itu adalah dalam Din dalam apa Din agama kalau istrinya S1 suaminya esteler tapi suaminya bertakwa agamanya bagus ilmunya Masyaallah sekufu itu disebut apa sekufu iya Adapun kalau suaminya agamanya rusak istrinya bagus enggak sekupu engak sekuu saudaraku sekalian makanya sekufu yang paling menjadi tolak ukur itu adalah masalah agama Din makanya kata Rasul wasallam tunkahul marahar wanita itu dinikahi karena empat Karena kecantikannya atau karena apa keturunannya atau karena apa hartanya atau karena apa agamanya kata Rasulullah Din taratada pilih yang karena Apa agamanya walaupun Abu Hanifah P berpendapat apa Cantik juga penting karena tujuan nikah kan supaya mata kita apa bertunduklah kalau istri kita enggak cantik gimana bisa nendungit pandangan katanya Ya itu masalah Kecantikan itu sifatnya relatif Pak Iya apa sih Habib itu Ustaz zaman sekarang itu Pak Habib itu identik dengan orang-orang yang mengaku dirinya keturunan nabi Iya dan tentunya Pak sebatas keturunan nabi tidak cukup sampai agamanya pun sesuai dengan yang dibawa oleh rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam kalau dia ngaku keturunan nabi tapi akhlaknya bejat akidahnya menyimpang ibadahnya bidah maka kita katakan orang seperti ini ya adalah orang yang wajib kita benci karena Allah walaupun dia keturunan rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam karena masalah wala dan Baro itu pak ya harus pada setiap orang-orang yang beriman karena orang yang manusia itu ada tiga yang pertama orang yang kita berikan loyalitas 100% siapa dia para nabi para sahabat yang kedua orang yang kita Barok berlepas diri 100% siapa dia orang kafir dan yang ketiga orang yang dari satu sisi kita cintai tapi dari satu sisi lain kita benci siapa dia setiap muslim yang melakukan dosa-dosa besar kita cintai karena dia masih muslim masih mencintai Allah dan rasulnya dan kita benci karena apa perbuatan dia semakin semakin dekat kepada sunah semakin kita cintai semakin jauh dari sunah semakin kita tidak cintai Walaupun dia keturunan mengaku keturunan apa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam Cuma masalahnya sekarang kan lagi ramai pak ya tentang nasab mereka diragukan ternyata I itu ramai banget Kiai siapa Kiai imad saya baca ya membawa sebuah apa namanya tesis Oh ternyata ba Alwi itu terputus ya apa nasabnya ya yang jelas Pak kalau kita ahlusunah Wal Jamaah menilai seseorang itu dengan dari kesesuaiannya dengan al-qur’an dan sunah dan pemahaman Salafus Saleh Siapa yang sesuai dengan al-qur’an dan sunah dan pemahaman Salafus Saleh kita hormati dan siapa yang menyimpang kita tidak mau ambil karena parameter kita jelas ya parameter kita apa jelas Bagaimana dengan orang yang menjustifikasi bahwa kita itu Wahabi mau disebut Wahabi kek wahaboy kek apa kek Pak yang terpenting yang kita pegang ini sudah sesuai belum dengan al-qur’an sunah dan apa yang dipahami oleh para sahabat generasi Salafus Saleh kalau kita merasa Dan kita punya hujah kuat ya silakan Kalian mau menuduh silakan Rasulullah pun juga dituduh kok sama orang musyrikin Quraisy dituduh apa ah syairun Majnun penyair Yang gila itu dua apa lagi Hah dukun Iya tuduhan-tuduhan itu Pak tidak akan membahayakan kita tidak Silakan ya kalau ternyata dia menuduh dengan kata Wahabi kita nanya siapa yang dimaksud oleh Antum Wahabi itu itu yang suka ngebidah-bidahin tahlilan dan yang lain-lain kita katakan Ya kebidahan tentang tahlilan jelas kok para ulama mengatakan dalam ya kitab-kitab mereka bahkan dalam kitab-kitab mazhab Syafii jelas kok makam atau tahlilan itu bidah silakan buka dalam kitab ianatut tholibin jilid du Ya jelas di situ disebutkan fatwa Syekh Ahmad dah apa Syekh apa Syekh Ahmad dalan bukan Ahmad dalan ya Iya muftinya syafi’iah ituut disebutkan jelas di situ disebutkan ya bahwa makam Matam itu artinya kumpul-kumpul di kelu kematian dan makan-makan itu termasuk bidah bahkan kalau antum baca hasil muktamar Nahdlatul Ulama di tahun [Musik] 1926 jelas banget di situ disebutkan tahlilan bidah baca sama Antum ya Kenapa mereka tidak katakan itu ulama mereka tahun 1926 masih Wahabi ya Subhanallah kalau dikatakan Wahabi adalah yang tidak mau ikut akidah Abul Hasan al-asy’ari kita mau tanya Abul Hasan al-asy’ari Duluan mana dengan Imam mazhab duluan Imam mazhab duluan sahabat tabiin tabiut [Musik] tabiin akidah Abul Hasan al-asy’ari siapapun yang mempelajarinya baru muncul setelah munculnya beliau dan itu pun terpengaruh banyak oleh akidah klabiyah Ibnu klab Imam Syafi’i tidak punya keyakinan Asy’ari Imam Ahmad tidak juga Imam Malik tidak juga apalagi sahabat tabiin dan tabiun tabiin Iya Ik Islam saudaraku seiman makanya mereka selalu berkata begini Pak ya fikih kami fikih Syafi’i akidah kami akidah as’ari ibadah kami ibadah Sufi ya kan fikihnya Syafi’i akidahnya Asari berarti Imam Syafi’i akidahnya apa ya maka dari itu saudaraku seiman zaman sekarang ini memang kata-kata Wahabi ini P sebagai alat dan senjata untuk menyerang orang-orang yang apa berusaha tegak di atas tauhid dan Sunah rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam ya mereka sekarang menambahnya dengan kata-kata Salafi Wahabi lalu kemudian memberikan tuduhan-tuduhan yang dusta terhadap Syekh Muhammad bin Abdul Wahab mengatakan Syekh Muhammad bin Abdul Wahab itu takfiri suka mengkafirkan Mana buktinya justru beliau orang yang paling hati-hati dalam mengkafirkan dalam kitab-kitab beliau ada ya kalau dikatakan Syekh Muhammad bin Abdul Wahab memerangi kebidahan memang bagus beliau menegakkan tauhid Iya sahih terus Kalian maunya berbuat Syirik ikhat Islam saudaraku seiman rahimani warahimakumullah jamiah masalahnya yang itu pak ya kebencian kebencian itu menutup semua kebaikan Iya apa durhaka jika niat mondok pindah makan hah Maksudnya apa ini niat mondok pindah [Musik] makan coba Antum baca benar enggak yang Jan C matanya yang salah apa maksudnyaakerti niat mok pindah makan maksudnya gimana Enggak pahamlah nah niat mondok pindah makan cuma makan doang terus masalahnya diizinin engak sama yang punya pondoknya bolehkah memakai masker saat salat jemaah karena mulut bau atau karena di samping kita bau kalau kita tahu mulut kita bau upayakan dihilangkanlah sebelum pergi ke masjid banyak k sekarang ya untuk bisa hilangkan mulut apa bau mulut ada itu buat kumur-kumur Pak menghilangkan bau mulut itu kumur-kumur pakai itu apa Laserin Laserin ya Laserin bukannya obat batuk pak Listerin kali yang mana yang benar ini kalau di samping kita bau ya boleh enggak Kita pindah boleh kalau memang mengganggu kekhusyukan kita karena kekhusyukan salat lebih di kedepankan Iya maka pakai masker saat itu enggak tidak disyariatkan Karena nabi melarang menutup mulut saat salat ya Bolehkah bermakmum kepada Imam dari kelompok JT boleh enggak masalah selama dia muslim dan tidak melakukan apa kesyirikan-syirik besar maka seluruh ulama sepakat masih boleh salat di belakang ahli ya bidah yang tidak sesuai dengan Sun sunah Iya ini keyakinan ahlusunah Pak bahwa salat dibelakang orang fasik ahli bidah Jaiz boleh selama dia tidak melakukan bidah yang mengeluarkan pelakunya dari is Islam Bolehkah membaca Zikir pagi atau petang sambil beraktivitas tas misalnya sambil berolahraga atau menuju ke kantor di kendaraan kalau di kendaraan enggak masalah mas kita sambil baca Zikir pagi dan petang tapi kalau ambil olahraga Antum bisa enggak tuh ngos-ngosan loh sambil lari ya sulit Pak Apakah di zaman rasul S salat jenazah itu tidak dilakukan di masjid tapi di tempat khusus betul memang ada di zaman Rasulullah itu di bagian pinggir masjid Tempat khusus untuk mensalatkan jenazah tapi pernah sekali-kali Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam melakukannya di dalam masjid sekali-kali tapi kalau kita malah kebalikan sering kali di masjid jarang sekali di tempat jadi kalau bisa Pak Antum punya masjid ada sediakan Tempat khusus untuk mensalatkan apa jenazah sunahnya begitu seperti yang ada di zaman rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam yaitu tempat terbuka begitu Iya demikian masih ada Bagaimana cara kita membaca al-fatihah di saat salat subuh magrib Isya Apakah bacaannya dibaca bareng sama Imam atau setelahnya dibaca saat ada saktahnya imam diamnya imam contoh misalnya ketika imam mengucapkan Alhamdulillahi rabbil alamin kan ada saktah tuh diam sebelum mengucapkan arrahmanirahim kita ucapkan alhamdulillah amin arrahmanirrahim diam kita juga ucapkan apa arrahmanirrahim Maliki yaumiddin diam kita juga bacakan baca Maliki yaumiddin begitu Pak wallahuam Apa hukum Nazar kalau lamaran saya sama akhwat diterima Saya mau puasa Senin k Waduh berat loh mas saya katakan Pak hukum Nazar itu kata Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ya biasanya dilakukan oleh orang bakhil innama yakju Minal bakil kata Rasulullah jadi yang lebih baik jangan deh hanya karena diterima lamarannya sama akhwat sampai n nzar I memberat-beratkan diri sendiri sebab konsekuensinya ketika Antum tidak melaksanakan Antum wajib bayar kafarat Antum wajib bayar apa kafarat Nazar itu itu sama dengan kafarat sumpah ya waktu saya menikan ibadah haji Saya pakai masker sah enggak Haji saya sah yang penting kan Antum lakukan ya Ibadah apa namanya ritual-ritualnya kayak wukuf di Arafah mabit di Muzdalifah melempar jumrh ya Dari mana asal usul sebutan Wahabi Kenapa Syekh Muhammad bin Abdul Wahab dihujat Syekh Muhammad bin Abdul Wahab itu mendakwahkan tauhid ya melarang bidah melarang Syirik marah orang-orang yang tidak suka orang-orang yang doyan berbuat Syirik doyan berbuat bidah enggak suka Kepada beliau maka kemudian dibikinlah hujatan-hujatan itu di zaman beliau masih hidup pun sudah ada hujatan itu Pak dan sudah dibantah oleh Syekh Muhammad bin Abdul Wahab Kemudian dari zaman ke zaman ya orang-orang yang benci itu terus membuat apa tuduhan-tuduhan dan Alhamdulillah sudah dibantah juga oleh para ulama-ulama ikhwat Islam saudaraku seiman itu Jadi kalau dikatakan Kenapa beliau dihujat jawabannya itu Pak karena beliau berdakwah kepada tau tauhid menjauhkan kesyirikan berdakwah kepada sunah menjauhkan kebidahan Masalahnya banyak yang yang doyan Syirik dan Doan apa bidah akhirnya merasa kepentingannya terusik memang sudah sunatullah orang yang berdakwah kepada tauhid itu akan dimusuhi Memang betul Iya saat di jalan azan selesai Bolehkah langsung berdoa dan Mustajab atau menunggu datang ke masjid Boleh silakan Anda berdoa walaupun di jalan yang sedang berjalan gitu Iya Yang jelas kata Syekh Syekh Abdurrahman ass’di orang yang paling besar pahalanya saat pergi ke masjid yang paling banyak berzikirnya kepada Allah iya demikian subhanakah wabihamdih Ashadu alla ilaha illa Anta astagai Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh for
Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc. | Manhaj Salaf dalam Tarbiyah dan Perbaikan
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply