Radio Roja Bandung 104.3 FM menyebar cahaya sunah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh inalhamdulillah [Musik] nahmaduhuastill ahlil Fala hadialah asadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa asadu Anna muhammadan abduhu [Musik] rasuluh Allahu Taala kit yainaah [Musik] uml kita lanjutkan saudaraku seiman kita masuk ke poin yang [Musik] keen ahlilbltiti islamumlahin firkah-firkah ahli kiblat yang keluar dari sunah mereka diancam dengan api [Musik] neraka dan hukum mereka sama dengan hukum orang-orang yang terkena ancaman waid kecuali orang yang di hatinya menyimpan kekafiran sedangkan firkah-firkah yang keluar dari Islam maka mereka kafir secara global dan hukumnya sama dengan hukum murtadin jadi di sana ada firkah yang keluar dari sunah ada lagi firkah yang keluar dari Islam yang Rasulullah Kabarkan dalam hadis umati firqoh umatku akan berpecah belah menjadi berapa golongan ya 73 golongan kulluhum finar semuanya di neraka kata Rasulullah a Wahidah kecuali satu firqah nah 72 yang Rasulullah ancam dengan neraka itu Pak hukumnya bagaimana apakah mereka kekal di neraka atau tidak jawabnya tidak siapapun yang mati di atas tauhid di atas lailaha illallah dia tidak akan pernah kekal dalam api neraka Iya jadi firkah-firkah yang sesat itu Pak tidak kita katakan bahwa mereka murtad dari agama Islam tidak kecuali kalau keyakinannya jelas-jelas keluar dari pokok-pokok agama Islam seperti misalnya mengingkari adanya malaikat mengingkari adanya hari kiamat mengingkari para nabi dan rasul yang merupakan pokok-pokok agama Islam maka yang seperti ini kita katakan ini murtad dari agama Islam tapi yang keluar dari sunah dan tidak tetap ya mereka meyakini dengan pokoh-pokoh Islam mereka beriman kepada Allah malaikatnya kitab-kitabnya beriman kepada hari kiamat beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk mereka Imani ini tapi ada akidah-akidah mereka yang menyimpang dari sunah se khawarij murjiah Syiah jahiah ya muktazilah qadariah Jabariah maka mereka tidak dihukumi murtad dari agama Islam tapi mereka disebut sebagai apa Pak Ahlul waid orang-orang yang terancam dalam api neraka Iya makanya saudaraku sekalian pernah saya singgung di sini jangan Samakan antara menghukumi seseorang dengan neraka dengan menghukumi seseorang sebagai firqah sesat jangan Samakan Pak Orang yang jatuh kepada keyakinan yang menyesatkan dia terancam masuk neraka tidak boleh kita katakan Dia pasti masuk masuk neraka bedakan Pak kata-kata terancam dengan neraka dengan pasti masuk neraka beda iya kenapa apa bedanya karena kalau memastikan ini namanya memastikan perkara yang gaib yang kedua itu hak Allah saja itu siapa Allah subhanahu wa taala sedangkan terancam masuk neraka ya itu tidak memastikan tapi pelakunya diancam dengan neraka Dan orang yang terancam masuk neraka Apakah pasti masuk neraka jawab belum tentu orang yang terancam masuk neraka kata syaikhul Islam timiah bisa jadi tidak masuk neraka Kenapa Ak bisa jadi di Taubat di akhir ayatnya atau yang kedua mahah atau karena dia punya kebaikan di sisi Allah yang besar sehingga Allah menggugurkan dosa-dosa dia atau yang ketiga dia ditimpa musibah yang sangat berat upan dunia ini sehingga musibah itu menggugurkan dosa-dosa dia atau yang keempat yang mendapatkan syafaat rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam makanya apa ya para ulama dalam hal ini menyebut firkah-firkah sesat itu sebagai Ahlul waid Apa itu Ahlul waid orang yang Teran masuk apa neraka karena kan terkadang Pak ketika kita menghukumi ini firqoh sesat ini bidah ada orang yang tidak paham ya berkomentar begini Wah itu pengadilan akhirat katanya seakan-akan kalau kita mencap memvonis bahwa ini punya pemikiran sesat Bah Si Fulan tersesat seakan-akan kita sedang memastikan dia masuk apa ke neraka memonis dia masuk neraka salah ini ya mereka menuduh kita seperti itu dengan mengatakan pengadilan akhirat dan yang lainnya akibat ketidakpahaman mereka makanya ya para ulama selalu mengatakan mereka itu terancam masuk neraka karena beda antara tadi sudah kita sebutkan terancam masuk neraka dengan pasti masuk neraka beda karena ahlusunah Wal Jamaah tidak pernah memastikan siapapun dengan surga atau neraka kecuali dengan dalil kalau Abu Lahab kita pastikan masuk neraka karena ada dalilnya tidak ada dalilnya Allah berfirman tabbatada Abi lahabin Abu Bakar Umar Utsman Ali kita pastikan masuk surga ada dalilnya tidak Pak ada dalilnya jelas kalau yang tidak ada dalilnya tidak boleh kita pastikan karena itu masalah gaib kita hanya sebatas mengatakan pelaku dosa besar orang-orang yang menyimpang dan tersesat mereka terancam masuk neraka perhatikan pahami baik-baik ya atau yang disebut dengan tadi apa istilahnya Ahlul waid Ahlul waid orang-orang yang terancam masuk neraka saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jamian kemudian akal Islam pembahasan yang berhubungan dengan ini ingin membahas tentang masalah berfirqah ketahuilah bahwa perpecahan yang terjadi dalam tubuh umat Islam itu adalah merupakan sunah kauniah sudah ketentuan Allah dan ketetapan Allah bahwa umat Islam itu pasti akan berpecah belah bahkan Allah tegas mengatakan dalam Alquran w [Musik] mereka senantiasa berselisih kecuali yang dirahmati oleh rabmu saudaraku seiman rahimani warahimakumullah Jamian namun Allah dan rasulnya melarang kita berpecah belah P Naam Rasulullah mengabarkan umat Islam berpecah belah bukan artinya berpecah belah itu sesuatu yang diizinkan dalam syariat bukan karena Allah melarang dalam al-qur’an dalam beberapa ayat waasimu biblillahi Jamian wala tafarraqu peganglah tali Allah semuanya dan jangan bercerai berai jangan berpecah bel Allah juga berfirman wahasul W taati Allah dan rasulnya dan jangan berselisih Allah juga berfirman W takun Minal musrikin surah Rum ayat 3031 jangan kalian seperti orang-orang musyrikin ituitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka berkelompok kelompok dan setiap kelompok berbangga dengan apa yang ada pada kelompoknya ikhwat Islam saudarak seiman lalu Apa hikmah Kenapa Allah menghendaki umat Islam berpecah belah padahal Allah melarang perpecahan tapi Allah menghendaki umat Islam berpecah belah ketahuilah Saudaraku di antara sifat Allah adalah ingin menguji untuk menyaring Allah menguji untuk apa menyaring dan perselisihan Min jumlati al-ikhtibar perselisihan itu termasuk ujian Allah ingin menyaring memilah dan memilih dengan adanya perpecahan dengan adanya perselisihan akan tampak Pak antara orang yang mengikuti Wahyu dengan orang yang mengikuti hawa nafsu akan tampak itu Pak dengan adanya perpecahan akan tampak orang yang bersungguh-sungguh mencari kebenaran dengan orang-orang yang tidak mau mencari kebenaran akan tampak kebenaran apa akan tampak kepada kita dengan adanya perpecahan tuh pak orang-orang yang kuat berpegang kepada sunah dan orang-orang yang ternyata ya mudah Terhempas dengan syubuhat-syubuhat bidah itu merupakan ah kauniah yang mempunyai hikmah-hikmah yang agung dan Allah yang menghendaki adanya perpecahan karena di sana ada hikmah yang Allah inginkan tadi saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jamian Lantas apa sebab Apa yang menyebabkan kaum muslimin berpecah belah saudarak penyebab perpecahan itu banyak saudara penyebab perpecahan yang pertama lebih mengedepankan hawa nafsu daripada Wahyu orang kalau lebih mengedepankan hawa nafsunya dan tidak mau mengikuti Wahyu dari Allah subhanahu wa taala pasti pecah pasti itu makanya perpecahan itu saudaraku seiman biasanya munculnya kapan kapan munculnya perpecahan munculnya perpecahan terus biasanya setelah datangnya ilmu setelah datangnya apa ilmu Antum baca aja firman Allah dalam surat aljasiah Contohnya apa kata Allah waahum bayinatin Minal Amr walfu illa Min ba’di Ma jaah dan kami berikan kepada mereka keterangan-keterangan dalam perkara itu Dan tidaklah mereka berselisih kecuali Setelah datang kepada mereka ilmunya Akibat apa kezaliman di antara mereka biasanya begitu Pak sebelum datangnya kebenaran sebelum datangnya ilmu adam-adam aja tapi ketika datang pembawa kebenaran datang ilmu pecahlah antara pengikut Wahyu dengan pengikut hawa hawa nafsu Selama masih ada yang mengikuti hawa nafsunya dan tidak mau mengikuti Wahyu pasti pecah Pak pasti pecah Cuma masalahnya kita yang membawa ya orang-orang yang membawa kebenaran nasibnya selalu dituduh pemecah belah kenapa karena tadi perpecahan itu muncul ketika telah datang apa kebenaran maka pembawa kebenaran itulah yang dianggap apa pemecah belah makanya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dituduh dukun enggak Pak Kenapa rasulah dituduh dukun karena dukun memecah belah antara Anak sama Bapak orang tua antara su suami dengan apa istri ketika Rasulullah berdakwah di Makkah anaknya masuk Islam bapaknya enggak atau orang tuanya masuk Islam anaknya enggak mau istrinya masuk Islam tapi suaminya enggak atau kebalikan akhirnya pecah gara-gara itu rasulullah dituduh apa dukun pemecah belah Islam saudariman ini penyebab yang pertama kena apa Muncul apa perpecahan yaitu lebih mengikuti hawa nafsu daripada mengikuti apa Wahyu yang kedua lebih mendahulukan keyakinan nenek moyang daripada mengikuti al-qur’an dan Sunah Allah mengatakan aiiana dalam surat Albaqarah ya apabila dikatakan kepada mereka Ikuti apa yang Allah turunkan apa jawab mereka Pak kami lebih mengikuti apa yang kami temukan dari bapak-bapak kami dari nenek-nenek moyang kami ketika disuruh ikut apa yang Allah turunkan berupa al-qur’an Mereka menolak dan mengatakan Kami lebih senang mengikuti keyakinan nenek moyang kami banyak enggak yang keginian Pak zaman sekarang banyak disuruh ngikut syariat ah enggak Maaf saya lebih mendahulukan adat kalau adat tidak bertentangan syariat Enggak masalah yang masalah itu kalau adat bertabrakan dengan apa syariat ikhat Islam saudaraku [Musik] seiman penyebab yang ketiga Kenapa terjadi perpecahan dalam tubuh umat Islam yaitu mendewakan akal di atas naqal dianggap akal segala-galanya Pak sehingga akhirnya dalil ditolak hanya karena diklaim Katya tidak masuk apa akal kalau akal yang menjadi sandaran kalau dalil pun ditolak karena tidak sesuai dengan akal pasti pecah pasti apa pecah kalau orang yang memahami ya agama hanya sebatas dengan akal belaka Subhanallah yang namanya manusia kan akal nya beda-beda ada 1000 kepala ada 1000 pendapat Pak sekarang akal mana yang jadi sandaran coba tapi aneh Pak banyak orang yang seperti ini k di zaman ini Mereka menolak syariat hanya karena katanya enggak masuk di akal ada yang menolak hadis Allah turun ke langit dunia pada sepertiga Malam Terakhir katanya apa ini hadis enggak masuk di akal karena sepertiga malam tuh kan ada terus kalau di sini sekarang sudah selesai sebelah sana septig malam septig malam akan ada terus berarti Allah berada di langit terus gimana ini wah ini enggak masuk di akal kita katakan akhi akal kita itu punya keterbatasan sedangkan Allah pencipta akal tidak terbatas jangan tolak dalil hanya karena akal kita yang belum sampai kewajiban kita harusnya menuduh akal bukan malah menolak da dalil tapi banyak Pak yang kayak gitu Pak makkan saya pernah dengar ada orang yang berkata apa ketika disampaikan yang kepada dia hadis tentang larangan isbal enggak boleh abal kata dia apa belum masuk Nalar Nalar saya Apa bahayanya kain melebihi mata kaki Memang kenapa Katanya kita katakan Subhanallah rasulullah yang melarang kok ya masalah akal masalah akal kita belum sampai Berapa banyak syariat kita itu Pak tidak bisa dicerna oleh akal kita makanya Ali Bin Abi Thalib mengatakan [Musik] apaana kalaulah agama ini hanya berdasarkan akal tentu bagian bawah khuf lebih layak diusap daripada bagian atasnya tapi ak melihat Rasulullah Sallallahu Ali wasallam mengusap bagian atas bukan bawah padahal yang nginjak kotoran bagian bawah apa bagian atas bawah banyak perkara yang kalau kita pikirkan dengan akal kita sulit untuk dicerna Pak Antum [Musik] kentut terus yang dicuci kepala apa wajah tangan kepala kaki kenapa enggak pantat Harusnya kan yang dicuci pantat Iya kalau pakai akal-akalan memang banyak perkara agama yang tidak masuk apa di akal sulit untuk dicerna oleh akal kita saudaraku seingat ibadah rata-rata kita terkadang sulit untuk mencernanya pak Kenapa salat subuh Hanya dua rakaat salat zuhur justru empat rakaat kenapa enggak dibalik saja zuhur dua rakaat subuh empat rakaat kita katakan itu urusan Allah kewajiban akal adalah apa sam’an wa thatan mendengar dan taat saja sudah ikat Islam saudaraku seiman sebab selanjutnya yang menyebabkan munculnya perpecahan yait tidak mau mengikuti pemahaman Salaf siapa Salaf Salaf artinya generasi utama yaitu sahabat tabiin dan tabiut tabiin yang paling utama para sahabat I akibat tidak mau mengikuti pemahaman para sahabat generasi Salaf dan lebih senang untuk mengikuti pendapat masing-masing pecah Pak sebagaimana Umar Bin Khattab pernah bertanya kepada Ibnu Abbas apa kata Umar kepada Ibnu Abbas kaftalifuil Umah witabuha wahidun wa nabiyuha wahidun waiblatuha wahidat Bagaimana umat ini berpecah belah sementara kitab sucinya satu nabinya satu kiblatnya juga satu gimana Kok bisa pecah apa kata Abdullah bin Abbas ya Amirul Mukminin Inal Quran Nazala Alaina faqarah wa fahimna al-qur’an turun kepada kita ha Amirul Mukminin dan kita sudah membacanya dan memahaminya dengan benarunliin fun dan nanti kata Ibnu Abbas setiap orang akan memahami al-qur’an Dengan pemahaman sendiri sendiri waanain fun iktalfu kalau setiap orang punya pemahaman sendiri-sendiri terhadap al-qur’an pasti mereka berpecah belah waalualu kalau mereka sudah berpecah belah pasti mereka akan berperang satu sama lainnya saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jamian makanya lihat munculnya firqah khawarij di zaman siapa zaman Ali Bin Abi Thalib khuarij itu muncul ketika terjadi peperangan antara pasukan Ali dan pasukan apa muawiyah yang kemudian terjadilah kesepakatan untuk berdamai di mana Ali mengirimkan Abu Musa al-as’ari dan muawiyah mengirim Amr Bin al-ash untuk perdamaian apa yang terjadi Ya sebagian orang-orang yang bodoh memahami Dengan pemahaman yang dangkal katanya Ali menyerahkan hukum kepada manusia muawiyah menyerahkan hukum kepada manusia sedangkan hukum milik Allah in hukmu lillah Apa kata mereka berarti Ali tidak berhukum dan hukum Allah muawiyah tidak berhukum dan hukum Allah sedangkan Allah mengatakan Wam yahkum Bima anzal Allah Kafirun Siapa yang tidak berhukum dan hukum Allah maka dia kafir maka mereka pun mengkafirkan Ali mengkafirkan muawiyah saudar k seimanemah seperti ini dibantah oleh Ibnu Abbas dibantah oleh para sahabat akibat memahami al-quran Dengan pemahaman sendiri Makanya Rasulullah ketika mengabarkan tentang sifat kaum khawarij apa kata rasulullah Quran mereka membaca Alquran tapi tidak sampai ke kerongkongan Apa maksudnya enggak sampai ke kerongkongan Pak dalam riwayat Abu Daud dijelaskan yahsabuna annahu lahum wahua alaihim mereka mengira al-qur’an mendukung pendapatnya padahal al-qur’an tidak mendukung pendapat mereka sama sekali kenapa kok bisa seperti itu tadi karena memahami sendiri tidak mau merujuk pemahaman para sahabat rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam Makanya kalau kita perhatikan para ulama yang mereka di atas manhaj salaf Ya seperti Imam Syafi’i Imam Ahmad Imam Malik dan banyak lagi para ulama-ulama yang kuat di atas manhaj salaf Pak karena mereka merujuk dan menjadikan para sahabat sebagai apa parameter dalam memahami al-qur’an dan Sunah rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam para tabiin saja ketika muncul pemikiran sesat itu firqah qadariyah itu mereka langsung bertanya kepada para sahabat Yahya Bin ya’mar sebagaimana imam muslim meriwayatkan dalam Sahih Muslim di hadis nomor satu pak kata Yahya Bin ymar Aal takqar maad [Musik] aluhani adalah yang pertama kali berbicara tentang masalah takdir di kota basr seseorang yang bernama mabad aljuhaniadar dia punya pendapat katanya takdir tidak ada dan bahwa segala sesuatu itu belum ditakdirkan oleh Allah baru muncul pemikiran ini di zaman itu pak apa kata Yahya Bin yarid Bin Abdurahman alimyari makah maka aku bersama humid Bin Abdurrahman Al pergi ke Makkah untuktanak tentangem Piran ini rupanya mereka berdua bertemu dengan Abdullah bin Umar seorang sahabat Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam lalu mereka bertanya ya aba Abdurahman inarqar waal Wah aba Abdurahman telah muncul di negeri kami suatu kaum yang mencari ilmu-ilmu yang aneh mereka mengatakan katanya takdir tidak ada dan bahwa segala sesuatu belum ditakdirkan apa kata Abdullah bin Umar qulaakbirumum [Musik] Wah kalau kamu bertemu dengan mereka kabarkan kepada mereka bahwa aku berlepas diri dari mereka dan mereka berlepas diri dariku alladzi nafsu Ibni Umar biyadih maakbalullahu minhum amal Hatta yminu bilqadar demi zat Ibnu Umar yang berada di tangannya Allah tidak akan menerima amal mereka sampai mereka beriman kepada takdir lihat Pak tabiin rujuk kepada para sahabat ketika muncul pemikiran yang sesat makanya penting banget pak merujuk pemahaman para sahabat tu penting sekali Bagaimana tidak Rasulullah wasam sudah menjadikan para sahabat sebagai keamanan untuk umat Islam dalam hadis Rat muslim dalam sahihnya Rasul bersabda apaakahat untuk umatku tu lihat para sahabatku adalah keamanan untuk umatku keamanan dari apa dari berbagai macam fitnah dari berbagai macam kesesatan dan [Musik] penyimpangan Siapa yang ingin aman ambil dari para sahabat maka dari itulah saudaraku seiman ya Akib dari keyakinan para sahabat dari tata cara beragamanya para sahabat pasti muncul pemikiran sesat pasti berpecah belah Pak makanya Allah mengatakan dalam surat Albaqarah itu Pak Fain amanu bimitla amantum bihi faqodtada Wain tawallau fainama Hum fiq jika mereka beriman dengan seperti apa yang kalian Imani jika mereka beriman dengan seperti apa yang kalian Imani kalian di sini waktu itu siapa para sahabat FAQ maka mereka mendapatkan hiday hidayahain tawallau tapi jika mereka berpaling faama maka sesungguhnya mereka pasti berada dalam perpecahan mereka pasti berada dalam apa perpecahan ayat tegas banget pak bahwa mereka yang tidak mau mengikuti para sahabat dalam beragama Ya Allah pastikan mereka berpecah belah ikhwat Islam saudaraku seiman rahimani [Musik] warahimakumullaham Ini saudaraku seiman ini di antara sebabnya dianttara sebab munculnya perpecahan tidak mau mengikuti pemahaman siapa salaful Umah terutama dari kalangan para sahabat rasulillahi Sallallahu Alaihi Wasallam makanya Pak setiap pemikiran setiap pemahaman wajib kita timbang Dengan pemahaman para S Sahabat kalau ada sahabat yang berpendapat dengan itu silakan pegang tapi kalau tidak ada satuun sahabat yang mempunyai pemikiran seperti itu pemahaman seperti itu tinggalkan Pak karena itu pasti sesat itu Pak pasti sesat Islam saudaraku seim saya berikan contoh saja Pak ada tidak sahabat yang punya keyakinan bahwa Allah berada di mana-mana tidak ada Anda tidak akan bisa mendapatkan satupun perkataan sahabat yang mengatakan Allah berada di mana-mana tidak ada ada enggak sahabat yang menolak Allah beristiwa di atas arasy Antum tidak akan temukan asar dari sahabat justru yang Antum akan temukan dari arar para sahabat mereka menetapkan Allah beristiwa di atas arasy seperti Zainab bintu jahsy yang berbangga di hadapan para istri Nabi yang mengatakan zawajakunna ahlikun wajaniallah Min fauq samawat kata Zainab bintu jahasyab kalian dinikahkan oleh ya bapak-bapak kalian aku dinikahkan oleh Allah dengan Rasulullah langsung dari tujuh Langit Dari apa langit yang ketujuh Bukankah itu menunjukkan mereka yakin bahwa Allah berada di atas arasy makanya keyakinan yang menolak Allah beristiwa di atas arasy itu belakangan jauh Pak setelah sahabat setelah tabiin tabi tabiin bahkan setelah imam yang ya Imam mazhab yang empat saja punya keyakinan Allah beristiwa di atas arasy saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu jamiah ini akhi kemudian di antara sebab munculnya perpecahan apalagi yaitu fanatik golongan itu apa fanatik golongan itu ditunjukkan oleh firman Allah dalam surah arrum ayat 3031 tadi Allah Taala berfirman w jangan kalian seperti orang-orang musyrikin yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka berkelompok kelompok setiap kelompok berbangga dengan apa yang ada pada apa kelompoknya jadi yang dibanggakan kelompoknya p fanatik golongan kewajiban kita fanatik hanya kepada Allah dan Rasul Adapun kita fanatik kepada mazhab tertentu atau golongan tertentu atau seorang Ustaz misalnya itu bisa menimbulkan perpecahan Pak di negeri kita ini pak Berapa banyak mereka yang sangat fanatik dengan organisasinya S di antara mereka mengatakan kalau kamu tidak tidak masuk organisasi saya kamu bukan ahlus sunah Wal Jamaah karena organisasi kami yang mendapat jaminan masuk surga Aduh yang lain masuk neraka Lailahaillallah ikhat Islam untuk selanjutnya kita simak dikangkannya azan untuk salat magrib bagi daerah Jakarta dan sekitarnya Allahu Akbar [Musik] Allahu Akbar Allahu akbar Allahu akbar Ashadu Alla ilahaillallah Ashadu all [Musik] ilahaillallah asadu Muham [Musik] mmasulullah Ashadu anna muhammadar rasulullah Hayya [Musik] alah Hayya Al [Musik] hayyaal Falah Hayya Alal [Musik] Falah Allahu akbar Allahu akbar Lailahaillallah [Musik] karena organisasi kami yang mendapat jaminan masuk surga Aduh yang lain masuk neraka Lailahaillallah ini ahal Islam Kalau antum bikin Yayasan lalu Antum memberikan wala dan baroknya ya loyalitas dan permusuhan di atas Yayasan antum Ana katakan ente hizbi anda sudah melakukan perbuatan hizbiah ya yang dilarang oleh al-qur’anul Karim Kalau antum nge-fan banget sama seorang Ustaz sehingga menjadikan ucapan Ustaz ini bagaikan Wahyu dari langit siapa yang sesuai dengan pendapat Ustaz saya itu teman saya yang tidak sesuai itu Musuh saya saya katakan Anda hizbi I kalau kalau ucapan Ustaz itu jelas dalilnya dari Alquran Hadis ijma na kita ikuti dalil bukan semata-mata karena itu pendapat siapa Ustaz tapi kalau tidakas itu hanya sebatasad seorang Ust lalu kita jadikan sebagai parameter untuk menilai siapa Teman siapa kawan Siapa musuh ini sudah tercela Pak dalam syariat para sahabat tidak pernah memaksakan pendapatnya kepada siapapun pernah suatu ketika Umar bertanya kepada ya suik apa yang diputuskan oleh Ali Kau syq Ali memutuskan begini dan begitu kata Umar kalau aku yang jadi Ali aku akan memutuskan beda kata suai Kenapa engkau tidak putuskan saja engkau kan Amirul Mukminin kata Umar apa Kalau ada Nas aku akan putuskan tapi masalahnya ini hanyalah pendapat ijtihad sedangkan yang namanya pendapat itu semua orang bersekutu Umar tidak memaksakan pendapatnya lalu Ibnu Abdil bar setelah menyebutkan riwayat ini dalam kitab Jami Bayan mengatakan apa ya dan perkataan Salaf tentang masalah ini sangat banyak tak terhitung memberikan kepada kita sebuah pemahaman Pak bahwa para sahabat tidak pernah memaksakan pendapatnya kepada siapa orang lain ya kecuali kalau ada apa Nas yang tegas dari Allah dan rasulnya baru saudaraku seiman rahimani warahimakullahu Jamian makanya hati-hati ya yang namanya ngefans ini pak hati-hati pak Antum nge-fans sama seorang Ustaz silakan saja tapi jangan sampai tingkat kultus menganggap bahwa pendapatnya si Ustaz Fulan ini pasti benar bagaikan Wahyu dari apa langit ini yang jadi masalah kita lihat ya para pembela Ya sebagian Ustaz kita lihat begitu sangat fanatiknya Pak tentu ini tidak dibenarkan dalam Islam saudaraku seiman fanatik kita hanya kepada Allah dan Rasul at para imam mazhab saja tidak pernah Pak mengklaim bahwa pendapat ijtihad mereka pasti benar tidak ada Imam Syafi’i enggak pernah mengatakan ambil semua pendapatku Imam Syafi’i mengatakan malah kalau kalian temukan dalam kitabku ini pendapatku yang tidak sesuai dengan pendapat rasulullah yang wajib kalian ambil pendapat rasulullahi Sallallahu alaih wasallam Imam Syafi’i tidak pernah mengatakan ambil semua pendapatku jangan keluar dari mazhabku G ada ulama yang mau ngomong begitu apa saudara kiman rahimani rahimakumullahu Jamian nah ini saudaraku seiman ya di antara sebab-sebab yang menyebabkan terjadinya apa perpecahan dalam tubuh umat Islam saudaraku seiman Iya magrib jam berapa 5 menit lagi Kemudian saudaraku seiman tentunya ya sikap kita terhadap adanya firqah firqah ini Bagaimana sikap kita dalam masalah menghadapi firkah-firkah ini Pak kewajiban kita bersungguh-sungguh mencari mana yang sesuai dengan pemahaman para sahabat rasulullahi wasam karena ketika Rasul S wasam mengabarkan bahwa umat Islam akan berpecah belah dari 73 golongan semuanya di neraka kecuali apa satu Rasulullah ditanya Siapa yang satu itu rasulullah kata Rasulullah apa ma alaihii yang aku dan para sahabatku di atasnya nah ini yang kita car Pak bagaimana cara nyarinya dong tentu dengan membuka kitab-kitab para ulama mereka sudah menulis dalam kitab-kitab mereka tentang keyakinan para sahabat dengan sanad-sanadnya yang sahih kepada para sahabat kepada rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam ya akal Islam dengan munculnya pecahan kita kewajiban kita Menggali Menggali Menggali Menggali Man Jadda wajad Siapa yang sungguh-sungguh dia dapat Kenapa ada orang bingung Pak dengan adanya perpecahan wuh Saya bingung nih ah mana yang benar ini karena setiap kelompok pasti merasa yang paling benarnya enggak Mas ada enggak kelompok yang merasa paling sesat Pak ada Hah Enggak ada kelompok yang merasa paling sesat Hatta Firaun enggak merasa dirinya sesat apa kata Allah tentang Firaun qala Firaun Ma ukum illa Ma Ar W ahikum illbil rasyad aku tidak memandang untuk kalian kecuali yang aku pandang baik dan aku tidaklah membimbing kalian kecuali ke jalanu kebenaran Ini yang ngomong siapa Firaun merasa dirinya di atas kebenaran Apakah setiap orang yang merasa dirinya di atas kebenaran pasti benar belum tentu parameter kita harus jelas untuk menilai mana pemikiran yang benar mana pemikiran yang tidak benar enggak mungkin pak dua pendapat yang Saling bertabrakan dua-duanya benar enggak mungkin kebenaran di sisi Allah hanya apa satu nah itu yang kita cari yang satu ini saudaraku seiman rahimani warahimakumullah Jamian ba Saya kira kita cukup dulu ya kita lanjutkan Insyaallah setelah Magrib Nam [Musik]
Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc. | Mujmal Ushul Ahlussunnah wal Jama’ah fil Aqidah
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply