menyebar Cahaya [Tepuk tangan] sunahamdillah tvuranah Alquran dan kajian Islam [Musik] asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah wasalatu wasalamu ala rasulillah waa alihi wasohbihi wawala saudaraku seiman dan seakidah sahabat Roja di mana pun anda berada Masih bersama dengan kami di saluran tilawah Alquran dan kajian Islam dan Insyaallah sesaat lagi di pagi hari ini kami akan sambungkan anda dengan Studio di stti Ali Bin Abi Thalib Surabaya kembali kita akan mengkaji kitab penuh manfaat kitab Riadus shihin karya Al Imam annawawi rahimahullahu taala bersama Ustaz mubarokim LC MH hafidahullahu taala saudaraku seiman dan seakidah kurang lebih 90 menit kebersamaan kita Anda dapat berpartisipasi dengan menyimak tentu saja dan juga bertanya jawab Anda dapat mengirimkan pertanyaan melalui pesan Whatsapp di nomor 0819896543 atau melalui l telepon di 0218236543 Baiklah saudaraku seiman dan seakidah untuk selanjutnya kita akan simak nasihat dari Al Ustaz Mubarok B Mualim LC MHI hafidahullahu Taala kepada Ustaz fatafadol Maskur asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh inalhamdulillahiahmaduhuuagfirillah anusahillahah FA hadahahaallah wahu muhamm abduhu in uhammahuaihi wasah kesatan yangik ini kita k dalam pembahasan kitab Riyadus shihin Min kalami sayidil mursalin Sallallahu Alaihi Wi wasallam yang ditulis oleh Imam Abu Zakaria Yahya Bin syarf annawawi rahimahullah taala rahmatan wasiah ee Alhamdulillah pembahasan kita masih tetap pada ee hal-hal yang dilarang di dalam Islam ya dan sudah kita bahas ya tentang ee sebagian dari larangan-larangan yang ada di ee larangan-larangan suatu perbuatan di masjid ini hadis yang terakhir kita bahas yaitu sabda Nabi Sallallahu Ali wasallamqar inikrillahia Quran E kata beliau Sallallahu Alaihi Wasallam sesungguhnya masjid-masjid ini tidak sepatutnya ya atau tidak e bukan untuk sesuatu yang kotor seperti buang air kencing ya atau yang lainnya ya inamaikrillahi taala akan tetapi masjid-masjid itu dibangun hanya untuk berzikir kepada Allah Taala ya Quran membaca al-qur’an ya dan yang lainnya salat berjamaah dan lainnya nah ini kasusnya kejadiannya sudah saya jelaskan pada pertemuan yang yang lalu kemudian bab yang berikutnyausum masjid bab tentang dibencinya ya Atau makruhnya eh bertengkar bertikai ya di masjid demikian pula ee dimakruhkannya ya seorang berbicara dengan mengangkat suara di dalam masjid serta di antara hal-hal yang dimakruhkan di masjid adalah Wah ya yaitu mengumumkan barang yang hilang ya benda yang hilang itu tidak boleh diumumkan di masjid demikian pula jual beli di masjid juga dilarang atau penyewaan sesuatu dan yang semisalnya dari Minal Muamalat dari berbagai macam muamalah di masjid ini hal-hal yang termasudnya dilarang atau dimakruhkan dalam syariat Allah subhanahu wa taala karena masjid dibangun untuk salat berjamaah ya untuk beribadah pada Allah Taala baca al-qur’an ya untuk untuk kajian-kajian ilmiah ya Quran dan Sunah ya dan hal-hal yang e penting bagi kaum muslimin ya untuk musyawarah tentang suatu yang bermanfaat bagi kaum muslimin nah ini di antara ee masjid dibangun ya untuk ee diperuntukkan untuk yang disebutkan tadi kemudian ee hadis yang dibawakan oleh Al Imam annawawi rahimahullah taala dalam bab ini ya di antaranya yang pertama adalah hadis Abu Hurairah radhiallahu taala anhu Nawi rahimullah abiallahuuasah was Dari Abu Hurairah Radiallahu anhu Beliau berkata bahwasanya beliau mendengar Rasulullah S wasam bersabda Barang siapa yang mendengar seseorang diaum barang yang hilang di masjid ya maka orang yang mendengarkan ya Pengumuman itu hendaknya dia mengatakan Semoga Allah tidak kembalikan barang yang hilang itu kepada engkau kemudian kata nabi was ya Kara sesungguhnya masjid-masjid itu dibangun bukan untuk seperti seperti ini ini bukan untuk mengumumkan e benda yang barang yang yang hilang hadis ini hadis sahih riwayat Imam albukhari di dalam ee Maaf hadis ini riwayat Imam muslim dalam Sahih Muslim ee hadis ini menjelaskan kepada kita ya salah satu dari larangan-larangan e di dalam masjid adalah mengumumkan barang yang hilang kalau dahulu di zaman ras wasallam ya karena mereka misalnya kendaraan mereka unta diumumkan misalnya ada unta seseorang hilang itu ada orang mengumumkan Mawa kendaraannya hilang ya Nah itu zaman dahulu Nah kita berkembang di zaman kita ini ya Ada sebagian masjid ya bukan semua yau ada pengumuman tentang e barang yang hilang ya diumumkan misalnya jam tangan barang siapa menemukan jam tangan di apa di tempat wuduk hendaknya mengembalikan nah ini tidak tidak dibenarkan ya tidak di dibenarkan nah jadi itu contoh yang ada pada zaman kita ya jadi ee intinya bahwa mengumumkan barang yang hilang itu Ya tidak dibenarkan di dalam masjid nah Oleh karena itu misalnya ya Ini juga hal yang yang yang EE bisa dilakukan oleh kaum muslimin ee misalnya di masjid bagian depan ya atau bag yni di luar masjid di teras misalnya itu dibikin sebuah lemari misalnya ya lemari yang dikunci kalau misalnya ada jam yang ketinggalan di tempat wudu n bisa digantungkan di situ ya nanti kalau ada orang yang merasa kehilangan barangnya maka dia datang ya dan tanpa diumumkan ya Insyaallah yang demikian itu yaitu hal yang dibolehkan atau misalnya kunci motor kadang-kadang ada orang salat di masjid ya ketinggalan kunci motornya ya Nah ini juga ya itu Insyaallah Ee tidak mengapa selama papan bukan papan pengumuman tapi benda-benda yang ketinggalan di masjid itu ya diletakkan di sebuah lemari kemudian di dikunci ya kunci dan diletakkan misalnya ya di teras depan ya di teras di luar masjid sehingga dengan demikian Kalau mungkin ada orang yang kehilangan barangnya Nah dia bisa melihat situ nanti tinggal ee dkmnya atau takmirnya penanggung jawab Masjid itu kalau ada orang datang ngaku bahwa itu barangnya tinggal ditanyakan ya dengan baik ya kemudian diberikan kepada orang tersebut wallahu taala alam ee di dalam hadis ini yaahyu masjid hadis ini menjelaskan kepada kita tentang larangan mengumumkan barang yang hilang di masjid ya E Apa nama larangan mengumumkan barang yang hilang di masjid kemudian yang berikutnya bahwa masjid-masjid Allah itu dibangun adalah untuk beribadah pada Allah Taala untuk salat berjamaah untuk berzikir UN baca al-qur’an untuk menuntut ilmu ya kajian-kajian kitab al-qur’an dan sunah Nabi sah wasallam atau yang lainnya yang ya bermanfaat bagi bagi umat maka masjid bukan dibangun untuk mengumumkan benda yang hilang atau barang yang hilang kemudian juga hal ini menjelaskan kepada kita tentang dilarangnya ee membuat gaduh di masjid karena bisa jadi Pengumuman itu ya membuat orang ee pada yni saling lihat satu dengan yang lainnya atau mungkin pada bertanya-tanya sehingga timbul kegaduh kegaduhan dalam dalam masjid ya E kemudian eh apa yang dilakukan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam ketika beliau eh menyebutkan hadis ini ya masjid Barang siapa mendengar ada orang yang mengumumkan ya sesuatu barang yang hilang di masjid maka hendaknya ya orang yang mendengarkan yang mendengar tadi mengatakan laah Semoga Allah tidak kembalikan barangmu itu Ini barang yang hilang tersebut nah ini adalah juga bagian dari alamru Bil Ma’ruf W nahiil munkar bagian dari amar maruf dan nahi mungkar ya bimana yang dilakukan oleh Ar Rasul alaihiatu wasalam jadi beliau adalah orang yang ya senantiasa memerintahkan kepada yang Makruf dan beliau orang yang selalu mencegah dari kemungkaran-kemungkaran yang dilarang atau diharamkan oleh Allah subhanahu wa taala kemudian hadis yang berikutnya yang dibawakan oleh annawawi rahimahullah taala Wu dan juga dari Abu Hurairah Radiallahu anhu Rasulullah Sui wasam bahwasanya rasulam bersabdaid jika kalian melihat ada orang yang berjual beli ya di masjid maka katakan pada orang itu Semoga Allah tidak menguntungkan kamu dalam perniagaanmu danikaan mendengar at melihat ada orang yang mengumumkan benda yang hilang ya di masjid maka katakanlahoga Allah tidak mengembalikan barangmu yang hilang itu kepada kamu nah hadis ini hadis riwayat Imam Tirmidzi dengan sanad yang EE Hasan at sanad yang sahih nah ini juga ya salah satu larangan yang lain ee berkaitan dengan ee hal-hal yang dilarang dalam dalam masjid yaitu berjual beli ya Orang berjual beli di masjid ini jelas hal yang di dilarang ya dan dia tidak akan mendapatkan keuntungan karena didoakan ya Semoga dia tidak mendapatkan keuntungan dari jual jual belinya ya Atau paling tidak adalah tidak ada keberkahan dalam jual belinya Nah jadi ini termasuk yang dilarang di dalam dilakukan dalam dalam masjidah nah hadis ini menyebutkan tentang ee dua hal ya yang pertama orang yang berjual beli di masjid katakan pada dia Semoga Allah tidak memberikan keuntungan bagimu pada perniagaanmu ya kemudian bagi orang yang mengumumkan barang yang hilang benda yang hilang di masjid maka katakanlah laahu Semoga Allah tidak mengembalikan barang yang hilang itu kepada kepadamu nah ini lafaz-lafaz atau redaksi-redaksi yang langsung diajarkan oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dalam hal ee ketika melihat ada Orang berjual beli di masjid atau orang yang mengumumkan barang yang hilang di masjid nah hadis ini ee memberikan pelajaran P kita di antaranya adalah larangan berjual beli di masjid ya larangan berjual beli di masjid nah kemudian Yang kedua bahwa larangan ini ya pada hakikatnya bukan sekedar makruh tetapi larangan ini menunjukkan pada hal yang EE yang haram ya karena imam nawawi mengatakan di sini bab karahiti bab tentang dimakruhkannya ya namun pada asalnya larangan itu adalah untuk lahrim alasl nahi lahrim atau atahrim Jadi pada dasarnya suatu larangan itu ya untuk sesuatu yang haram kecuali kalau ada dalil yang lain yang menunjukkan bahwa ee bahwa larangan tersebut menurun derajatnya dari haram kepada makruh ya Namun apabila tidak ada Dalil yang menunjukkan hal tersebut ya maka tetap asal dari ee suu hal yang dilarang it Adah untuk untuk sesuatu yang yang haram kemudian juga hadis ini menjelaskan pada kita tentang bolehnya ya mendoakan keburukan bagi pelaku Kem maksatan ya bolehnya ee ee mendoakan yang jelek bagi pelaku kemaksiatan yang mereka mengikuti hawa nafsu mereka ya dan meninggalkan Apa yang diperintahkan oleh Rasul wasallam atau mengerjakan apa yang dilarang oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam oleh Allah dan dan rasulnya kemudian hadis ini juga menjelaskan P kita ya tentang alamr bilufah mungkar yaitu tetap ada Amar Makruf dan nahi mungkar ya tidak boleh kita biarkan Nah sekarang kita banyak melihat ya di antara sebagian masjid ya sebagian masjid kaum muslimin ada hal-hal yang yang yang sangat mengganggu ya di antar adalah merokok di masjid ya Ini juga akan apa menjadikan Masjid itu baunya tidak nyaman bagi orang yang masuk ke masjid ya Ini juga tidak di tidak dibenarkan ya tidak dibenarkan dan kita kadang-kadang menjumpai hal-hal tersebut ya iniu satu hal yang EE harus dijauhi tidak boleh dilakukan di di masjid ya sedangkan rokok itu sendiri berbahaya bagi seorang muslim baik dia lakukan di dalam di luar masjid ataupun dalam dalam masjid nah sementara di masjid itu ada malaikat-malaikat ya Dan mereka itu benci dengan bau yang tidak menyenangkan ya bahwa yang tidak menyenangkan Oleh karena itu hendaknya seorang ya yang masih melakukan apa namanya merokok misalnya hendaknya dia berhenti dari merokok itu karena jelas Merokok itu akan ee banyak dampak negatifnya ya yaitu membahayakan diri orang itu kemudian tabzir dalam masalah Harta Ya membuang-buang duit ya dalam e dari hartanya maka harta itu diberikan oleh Allah Taala adalah untuk hal-hal yang diamalkan ya eh digunakan dengan sebaik-baiknya ya Nah kemudian juga banyak hal-hal yang eh dampak negatif dari merokok itu ini salah satu contoh ya salah satu contoh yang terkadang kita jumpai ada di sebagian masjid-masjid kaum muslimin kemudian bahwa Masjid itu bukan pasar untuk hal-hal duniawi makanya dilarang berjual beli dalam masjid tetapi Masjid itu ibaratnya adalah sebagai pasar untuk akhirat beramal kita berbuat salat Ya berdoa kemudian berzikir ya Membaca al-qur’an ya mengajarkan ilmu ya dan itu semua adalah untuk akhirat maka dari itu masjid bukan tempat untuk ya perdagangan dunia duniawi ya makanya orang yang Berdagang di masjid ya kalau dia memang tidak punya ilmu yang diberitahukan kadang-kadang ada orang melakukan hal tersebut karena karena kejahilannya dia tidak tahu maka kita berkewajiban yang mengetahui untuk me menyampaikan kepada orang tersebut mengingatkan orang tersebut yang melakukan hal yang dilarang dalam masjid itu ya Nah karena dengan ilmu Insyaallah mereka akan mengetahui dan akan menjauhi apa yang dilarang tersebut kemudian hadis yang berikutnya [Musik] darah ada sorang dia ya mengumumkan sesuatu di masjid yaang yang yang h Ahmar ya Siapa yang bisa apa menemukan ya unta yang merah Rupanya dia punya unta tapi kemudian lari ya sehingga orang ini kemudian mengumumkan di di masjidqala Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mendengar ucapan orang itu ya yang mengatan siapa yang bisa menemukan unta yang merah yang unta yang merah maksudnya unta yang milik dia yang yang hilang maka Rasul sahu wasallam kemudian setelah mendengar ucapan itu beliau mengatakan Kamu tidak akan dapat kembalita tersebut sesungguhnya masjid ini dibangun untuk kegunaannya untuk fungsinyaagai masjid yau untuk beribadah Allah untuk salat berjah berzikir dan seterusnya hadisahihat imam muslim di dalamahih muslim hadis ini juga menjelaskan kepada kita Ya tidak jauh berbeda dengan hadis yang atau hadis-hadis yang sebelumnya tentang larangan mengumumkan barang yang hilang di masjid nah ee dari hadis ini kita mengetahui bahwa ya yang pertama larangan ya mengumumkan barang yang hilang di di masjid yang kedua bahwa Masjid itu dibangun untuk kemaslahatan kaum muslimin untuk hal-hal yang bersifat ya ya umum bagi kaum muslimin bermanfaat bagi mereka di dunia dan bermanfaat bagi mereka di di akhirat maka dari itu jangan kemudian masjid dijadikan untuk kepentingan-kepentingan pribadi barang yang hilang diumumkan ini contohnya itu untuk pribadi padahal masjid ini adalah untuk kemaslahatan kaum muslimin maka tidak boleh hanya digunakan untuk kepentingan seseorang atau kepentingan satu kelompok tertentu ya ini tidak dibenarkan kemudian juga kita dianjurkan dari hadis ini kalau ada atau kalau mendengar ada orang mengumumkan barang yang hilang di masjid itu hendaknya kita mengucapkan apa yang diucapkan oleh Rasul wasam seperti pada hadis yang pertama tadi Semoga Allah tidak mengembalikan ya barang hilangu itu kepada kepadamu atau dengan ee redaksi yang lain yang disebutkan dalam hadis ini La wajadta kamu tidak akan menemukannya Kamu tidak akan mendapat mendapatkannya nah jadi itu di antara ee redaksi-redaksi dari Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bagi orang yang EE mendengar jika ada orang yang mengumumkan barang yang hilang di di masjid kemudian hadis yang berikutnya ee kata Imam annawawi rahimahullah taala binai Radiallahu anhu dari Amar bin syaib dari ayahnya dari kakeknya radallah Rasullah was ya kata beliau bahwasanya Rasulullah wasallam melarang berjual beli di masjid waanttunan pula beliau melarang dari mengumumkan barang yang hilang atau juga termasuk yang dilarang adalah menjadikan masjid sebagai tempat untuk apa namanya membacakan syiir-syiir ya nah hadis ini hadis riwayat Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi at-tirmidzi mengatakan hadis ini adalah hadis yang yang baik sanadnya hadis Hasan nah hadis ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya yaitu larangan dari berjual beli di di masjid ya larangan berjual beli di masjid yang kedua larangan untuk me mengumumkan barang yang hilang di masjid kemudian yang ketiga yaitu larangan untuk membacakan syiir-syiir di masjid jadi ajang untuk ee apa namanya jawab penjawab syiir misalnya atau membacakan syiir di di masjid Sebagian ulama mengatakan kecuali ya syiir-syiir yang bait-bait syiir yang menimbulkan semangat ya pada seorang muslim ya kemudian juga untuk membangkitkan ya apa kecintaan kepada agama Allah atau hal-hal yang EE ada pengecualiannya karena pernah R wasallam juga ee memerintahkan kepada ee Hasan bin Tsabit ya radhiallahu Anhu untuk membuat syiir ya yaitu yang apa mencela orang-orang orang-orang kafir ya itu pernah beliau memerintahkan kepada Hasan bin Tsabit untuk melakukan ya untuk membuat bait-bait syiir yang mencela orang-orang kafir ya jadi di sini masalah syiir ini ya tidak semua syiir itu dilarang di masjid ya tapi kalau syir-syiir yang untuk membangkitkan semangat apalagi misalnya dalam suatu saat ya sebagaimana zaman ras wasallam ada peperangan ada jihad ya di jalan Allah ya maka ee boleh seorang itu membuat ee syiir ya atau bait-bait syiir yang menyemangatkan kaum muslimin dalam berjihad fisabilillah dan itu dibacakan di di masjid misalnya tentu demikian pula hal-hal yang akan mengganggu ya kekhusyukan dalam salat ya di masjid itu hal-hal yang yang juga di dilarang ya kita ini hidup di zaman yang mana hal-hal yang ada pada zaman ini tidak ada di zaman rasul sahu wasallam ya kita itu sering mendengar dan itu sangat mengganggu kekhusyukan salat yaitu musik-musik yang ada pada handphone pada HP ya yang tidak di-ilent atau tidak dimatikan sehingga ketika seorang sedang salat ketika kita sedang salat berjamaah misalnya kita mendengar suara-suara musik ya yang itu adalah maksiat pada Allah Taala ya Oleh karena itu kepada kaum muslimin ya yang masuk masjid haknya dia men-silentkan eh atau mematikan hp-nya ya atauatikan hp-nya Dan ada hal penting juga yang patut diketahui bahwa apabila seorang misalnya dia lupa men-silentkan hp-nya atau mematikan hp-nya kemudian di saat sedang salat itu ada suara panggilan ya Bunyi entah itu musik atau yang lainnya maka dalam hal ini seorang yang yang yang mengalami hal tersebut dia boleh mengambil hp-nya dan mematikan HP itu ya jangan di biarkan karena terkadang kita jumpai mungkin karena kejahilan ketidaktahuan sebagian jemaah kaum muslimin di dalam masjid sehingga apabila ada suara berdering ya atau yang lainnya ketika sedang salat itu dibiarkan sampai pada sampai selesai salat sehingga membuat orang-orang marah melihat semua kepada kepada dia nah jadi mematikan HP di saat berbunyi ketika sedang salat itu hal yang Dib dibolehkan gerakan yang dibolehkan karena mengganggu orang lain ya tidak hanya musik bahkan ada hal-hal lain yang dibunyikan dalam di di HP itu kadang-kadang suara azan kita sedang salat ya salat yakni sang salat wajib dengar suara azan ternyata itu panggilan ee apa suara entah itu panggilan dari dari orang lain nah nah ini juga termasuk meng Mengganggu ya Jang kan musik suara azan suara ngaji di tengah-tengah salat itu mengganggu orang yang yang salat ini hal-hal yang perlu di di yang perlu kami ingatkan kepada kaum muslimin ya jadi mematikan kalau misalnya seorang lupa dalam ee memadam e mematikan hp-nya kemudian di tengah salat muncul suara maka dia boleh bergerak yni mengambil kemudian dia Matikan dan ini tidak membatalkan salat ini tidak membatalkan salat ya ya karena ada sebagian orang yang meninggalkannya karena apa dianggap ya kalau bergerak banyak bergerak itu membatalkan salat ya Ini karena juga ya ketidaktahuan mereka Jadi intinya di situ hal-hal yang akan mengganggu kekhusyukan salat ya di masjid ya hendaknya di ee dihilangkan ya dan alhamdulillah memang ada sebagian masjid yang menulis di depan pintu misalnya ya Matikan H Anda ya nonaktifkan HP anda Nah itu juga peringatan-peringatan yang yang baik ya supaya tidak terjadi kegaduhan atau menghilangkan kekhusyukan orang-orang yang sedang beribadah di dalam masjid Ki hadis yang berikutnya WB bin Yazid asahabi radhiallah Anhu dari ass bin Yazid sahabat beliau mengatakan masjidi perah suatu ketika aku sedang di masjid F hasobani rjulun hasobani artinya ada seorang yang melempar aku dengan batu kecil ya Ada seorang di antara jemaah itu di antara sahabat yang mengambil batu kecil dilemparkan kepada kepada bin Ya Ya Ya Aku menoleh melihat ternyata yang melempari aku itu adalah Umar B khabadallah ya Mengatakan P bin Yazid ya kamong perang itu di sana ada dua orang sedang berbincang-bincang ya di masjid itu ada dua orang berbincang-bincang dengan suara yang keras maka Umar melemparkan batu kecil kepada assaib kemudian mengatakan kepada sab Panggil dua orang itu ya Panggil dua dua orang ituuhima maka aku memanggil dua orang itu dan aku membawa dua orang tersebut kepada Umar Bin Khattab ketika itu beliau menjadi yakni Amirul Mukminin ya khalifah kaum mukminin lalu Umar bertanya pada mereka ya Min Aina antuma kalian berdua dari mana ini apa kalian ini ahli Penduduk Madinah atau kalian dari dari mana kalian ini faqala Min ahli Thaif dua orang itu menjawab kami ya dua orang yang datang dari Thaif ke Kota Madinah mereka bukan penduduk asli mereka dari thab datang ke Madinah maka Umar bin KH mengatakan pada dua orang tersebut seandya kalian ya itu Penduduk Madinah ya Dar orang di kampung ini di Kota Madinah ini pulian ya sampai menyakitkananaraan masjid Rasulullah su Al wasallam di ini hadis riwayat Imam albukhari di dalam sahih Bukhari hadis ini ya hadis yang banyak pelajaran bisa diambil dari hadis ini ya antara yang pertama larangan e eh mengangkat suara di masjid berbicara dengan suara keras sehingga mengganggu orang yang sedang ibadah ya yang kedua yaitu tentang alamru Bil Ma’ruf wahiil mungkar yau sini ada mengandung perintah untuk Amar Makruf nahi mungkar ya Amar ma’ruf nahi mungkar yang ketiga juga di dalam amar ma’ruf nahi mungkar itu hendaknya seorang itu dengan dengan bijak ya sebagaimana yang kita lihat dalam hadis ini bagaimana Umar Bin Khattab radhiallahu taala Anhu sebelum beliau yakni menegur mereka ya mereka berdua itu beliau bertanya kalian Dari mana kalian ini ya karena eh dalam dalam eh kebiasaan orang-orang di Madinah tentunya di saat itu yang diketahui di masyarakat Madinah bahwa mereka kalau bicara di masjid tidak tidak mengar suara bicara dengan ya suara yang pelan Itu yang mereka lakukan maka ketika dua orang ini berbicara dengan suara yang keras Umar bertanya dulu kalian dari mana Nah di sini tentang arifq dalam amar ma’ruf nahi mungkar lemah lembut dalam amar maruf nahi mungkar jangan hantam keromo ibaratnya begitu ada orang Mungkin dia gak tahu mungkin dia gak paham jadi Ingatkan dulu orang itu ya dan langsung di disentak atau dibentak dan seterusnya ini hikmah dalam dalam dakwah ini bagian dari Hikmah di dalam dakwah ya Jadi tidak hanya kemudian ya melarang atau tanpa ee mengetahui Siapa Mereka orang ini bisa jadi mereka tidak tahu nah ini hikmah dalam ber berdakwah dalam amar amar maruf yang dilakukan oleh Umar Bin Khattab radhiallahu taala Anhu kemudian juga ee dalam hadis ini ada perbedaan antara orang yang sudah tahu dan orang yang belum tahu ya sikap orang yang Amar mak’ruf nahi mungkar juga tentunya berbeda berbeda antara orang yang Ya sudah tahu dan orang yang belum belum tahu ya dan ini adalah juga hikmah yang pernah dilakukan oleh Rasul alaihiatu wasalam karena beliau adalah quudwah beliau adalah contoh ketika ada orang badui ya sebagaimana dalam pertemuan yang lalu kita bahas orang badui masuk masjid kemudian Mungkin dia tidak tahan Apa nama kencing ya maka dia atau dia tidak tahu bahwa tidak boleh kencing di masjid maka dia lakukan hal itu para sahabat pada marah ya orang ini kok datang ke masjid kencing di masjid kemudian rasul wasam dengan tenang Beliau mengatakan biarkan sampai selesai ya biarkan sampai selesai dia kencing ya kemudian nanti Seles dia kencing disirami air satu satu ember di tempat kencingnya itu ya Kemudian beliau baru menasihati orang itu masjid ini bukan untuk ya tempat hal-hal yang kotor seperti ini tapi tempat ibadah kada Allah untuk salat baca Quran dan seterusnya ya dan sinilah pentingnya ya tentang Amar Makruf nahi mungkar dengan hikmah jangan asal bicara jangan asal mengikuti hawa nafsu kita cara seenaknya ya tanpa mengetahui siapa orang ini ya jadi di sini hikmahnya dakwah Umar Bin Khattab sebelum beliau yakni menegur orang-orang ini beliau bertanya kalian ini siap Siapa kalian dari mana Apa kalian penduduk kota Madinah Mereka bilang tidak kami orang dari dari Thaif ya langsung Umar Bin Khattab mengatakan Seandainya kalian orang Madinah Akuan pukul kalian ya tapi berhubung kalian orang dari Thaif yakni yang kalian tidak tahu tentang ya adab-adab di masjid atau belum sampai adab-adab di masjid itu maka yakni beliau Maafkan pada mereka supa mereka tidak mengulangi perbu perbuatannya ya Syekh alalbani Rahmatullah alaih ya pernah beliau itu bertanya dan beliau menjawab mengapa atau Apa hikmah di balik perintah Allah kepada Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam uik seruhlah manusia ke Jalan Tuhanmu dengan Hikmah ya kalau Peru berdebat dengan cara yang terik jadi asalnya itu himah diik allahintahkan rasnya was ya untuk menyeru manusia ke jalan Allah karena alhaqquqilun al Nafsi karena kebenaran itu berat bagi jiwa ini bagi hawa nafsu bagi jiwa seorang berat kebenaran itu Nah kalau kebenaran yang berat bagi jiwa manusia ditambah dengan cara yang tidak hikmah dalam berdakwah ini akan menjadikan manusia lari dari agama Allah ya menjadikan manusia menjauhi agama agama Allah itu hikmah ya di balik Allah memerintahkan rasulnya Sallallahu Alaihi Wasallam manusia termulia untuk menyeruh manusia ke jalan Allah Dica hikmah ya dan tugasorang Daim menyampaikan kita tidak mampu untuk membalik hati manusia tapi mengingatkan mereka silakan namun langsung membalik hati mereka untuk jadi orang-orang yang ngerti agama ngerti tauhid ngerti sunah bisa ya ada waktunya itu hanya hak Allah subhanahu wa taala Allah yang yang merubah hati manusia maka di sini pentingnya dakwah dengan Hik ya rasul sahui wasallam Adah contoh contoh teladan bagi kita ya contoh teladan bagi bagi kita ya dan tugas orang Dai menyampaikan ini sering saya katakan tugas orang dai dai ya mubaligh Adah menyampaikan risalah Allah bukan memaksakan orang untuk mengik mengikuti Mereka menerima Alhamdulillah wikmah ya Mereka menolak itu urusan urusan mereka ini yang harus di diingat termasuk bagaimana kita bersikap pada orang tua kita bersikap pada keluarga kita tatkala mereka mungkin belum mau menerima alhak kebenaran yang kita sampaikan pada mereka ya Sampaikanlah dengan cara yang yang baik Bersabarlah ya Bersabarlah nah ini hal-hal yang penting untuk di Diingat dan untuk di ya dikerjakan ya untuk dikerjakan jadi dalam hadis ini ada perbedaan ya bagaimana mensikapi orang yang sudah yang punya ilmu dan orang yang tidak punya tidak punya ilmu dua orang yang datang dari Thaif itu mereka gak tahu keadaan di kota Madinah mereka mengira boleh saja berbicara dengan keras di masjid nabi dengan suara yang keras ya ternyata mereka tidak tahu maka dari itu Umar pun bersikap lain ketika mengetahui bahwa dua orang ini bukan dari Penduduk Madinah lain halnya dengan orang yang ada di satu tempat dia tahu aturan di situ tahu disiplin di situ misalnya kemudian dia melanggar Ya ini yang perlu dikasih Apa sanksi yang yang berat kepada orang itu atau teguran yang keras ya ini semua ini adalah metode dan ajaran dalam dalam kita berdakwah dalam mensikapi membedakan sikap antara orang yang tahu dan orang yang tidak yang tidak tahu kemudian ee bahwa dari hadis e Umar Bin Khattab ini tadi menunjukkan dalam kondisi tertentu ya bahwa yakni memberi sanksi berupa ya Misalnya pukulan yang tidak membahayakan ya Ee yang tidak ee artinya bolehnya memberi sanksi pada pada fisik jika diperlukan makanya Umar Bin Khattab mengatakan kalau kalian ini bukan seandanya kalian aku tahu kalian Penduduk Madinah aku akan ajukum ini aku akan pukul kalian dengan dan kerasah ini menunjukkan bahwa bahwa dalam hal-hal tertentu kondisi tertentu ya bahwa sanksi punishment dengan fisik itu diboleh dibolehkan selama tidak membahayakan orang yang yang diberikan sanksi berupa ee sanksi badaniah yang berupa fisik ya dalam kondisi tertentu dibolehkan oleh oleh agama kemudi kemudian juga hadis ini menjelaskan tentang Ya sudah saya jelaskan tadi arfq Bil jahil ya agar lemah lembut pada orang yang jahil orang yang tidak tidak mengetahui ya kemudian bahwa ee di dalam masjid boleh kita mengambil menarik perhatian orang lain bagaimana yang dilakukanh Umar Bin Khattab kepada assaib yang melempari batu kepadab melihat ternyata Umar Bin Khattab yang melakukan hal tersebut karena Umar Bin Khattab membutuhkan assaib agar dia yang memanggil orang itu yaah ini dalam kondisi tertentu itu di dibolehkan itulah hadis-hadis nabi Sallahu alhi wasallam berkaitan dengan apa namanya dengan bab yang baru kita bahas dan ini menunjukkan bahwa Ya bersuara keras berbicara dengan keras di masjid itu bukan e bukan ee adab-adab masjid yang yang benar ya ber adab masjid yang yang benar apalagi di saat ada orang sedang beribadah baca Quran atau yang lainnya berzikir ya termasuk baca Quran yang suara keras itu pun tidak sepatutnya dilakukan ya kadang-kadang kita jumpai sebagian orang di masjid ada orang sedang salat sunah sedang ini ibadah sedang berdoa dia baca Quran dengan suara yang keras di masjid ya Sehingga mengganggu orang yang yang orang lain nah ini juga tidak sepatutnya dilakukan apalagi bicara masalah-masalah yang lainnya ya atau masalah duniawi dengan suara yang keras ini tidak dibenarkan di dalam Islam kemudian bab yang berikutnya babu anahyi Minan bananuatun katunuljid ya zawalitii ya bab ini juga berkaitan dengan larangan-larangan di di masjid kata annawawi rahimahullah taala bab larangan ya makan bawang putih Tum atau basol atau bawang merah atau quasan quasan itu kalau di Jawa Timur dikenal dengan istilah bawang peri ya bawang peri biasa ditaruh di soto ayam atau apalah misalnya ya kalau di tempat lain disebut dengan daun daun bawang ya kalau seorang lagi makan itu ya atau baru selesai makan itu gak boleh ke ke masjid sampai di hilangkan baunya baunya bawang putih atau bawang merah ya atau ee yaitu daun bawang itu ya atau hal-hal yang semisal dengan dengan itu yang akan mengganggu yang akan berdampak pada bau yang tidak nyaman bagi orang yang salat di masjid ya ini tidak tidak dibolehkan ya jadi bab ini bab tentang masalah tersebut hadis yang dibawakan oleh annawawi rahimahullah taala umaradallahu dari Abdullah bin umaradallahu an beliau berkatau was bahwasanya nabida yaknium ya Fal yaqranna masidana hadis muttafaqu alaih dikeluar oleh Imam Bukhari dan imam muslim dalam riwayat Imam muslim ya Fala yaqrobanna masajidana Artinya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda Man akala minajar barang siapa yang makan dari tanaman ini yang dimaksud sini adalah bawang bawang putih ya F masajidana Maka jangan sekali-kali Dia mendekati masjid-masjid kami ya tentu yang dimaksud ini saat akan mengerjakan salat ya ini lebih utama walaupun ini secara secara umum Nah kemudian hadis yang lain masih berkaitan dengan larangan iniahu dari Anas bin Malik radhiallahu Anhu Beliau berkata nabiallahu Alaihi wasall nabi wasam bersabda Ya Barang siapa yang makan dari tanaman ini yaitu bawang putih maka jangan jangan sekali-kali dia mendekati kami dan jangan dia salat bersama kami ya Jangan mendekati kami J salat bersama bersama kami kemudian hadis yang berikutnya Kalau tadi ini berkaitan dengan bawang putih searang hadis yang berikut ini berkaitan dengan bawang merah Jabir radallah Anhu dan dari Jabir Radiallahu Beliau berkata nabiallahu Alaihi was nabi Sallahu Ali wasallam bersabda ya Siapa yang makan Tum bawang putih atau bakolan bawang merah yailna maka hendaknya Dia menjauhi kami menjauhi kamiil masjidana dalam satu riwayat Atau Dia menjauhi masjid kami ya jangan datang ke masjid ya untuk salat ketika seorang baru makan daun ee makan bawang putih dan atau bawang merah kemudian hadis ini muttaf alai riwayat Imam Bukhari dan imam muslim Wii muslimin dan dalam riwayat Imam muslim ya kata nabi alaihiatu wasalam Man akalal Basha watuma Wal qujidana Barang siapa yang makan bawang merah bawang putih dan daun bawang ya ya Maka jangan sekali-kali Dia mendekati masjid kami kemudian katabi Adam karena sesungguhnya para malaikat merasa sempit merasa terganggu dan apa yang manusia merasa terganggu dari bau-bau yang tidak menyenang yang tidak menyenangkan ya manus ee para malaikat pun mereka merasa terganggu dengan hal-hal tersebut ya apa yang di yang manusia merasa ter terganggu dengannya ya hadis ini hadis rwayat Imam Bukhari dan imam muslim nah hadis-hadis ini ya adalah berkaitan dengan hal-hal yang yang dilarang dalam masjid ya yaitu seorang yang baru makan apa namanya E bawang putih atau bawang merah atau daun peri atau makanan-makanan serupa yang apa yang menimbulkan bau yang tidak menyenangkan ya itu jangan ya mendekati masjid ya sehingga dia betul-betul menghilangkan bau itu ya menghilangkan bau tersebut ya jangan sampai Dia mendekati masjid-masjid Allah ya alasannya adalah di anara apa yang disebutkan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam k malaikat merasa terganggu ya dan Apa yang dirasa akan terganggu oleh manus oleh manusia tentu dalam hal ini juga berkaitan dengan buang angin seorang kadangkadang perutnya gak enak Mungkin makan sesuatu ya Sehingga terkadang baunya ya bau angin yang keluar dari perutnya itu sangat tidak menyenangkan nah ini pun termasuk orang merasa ingin kentut ya dan dia tahu bahwa kentutnya ini bau ya maka hendaknya dia keluar Jangan tunggu anginnya sudah keluar baru kemudian keluar dari masjid ya hendaknya segera keluar sehingga dia buang angin di luar di luar masjid ya Alasannya pun sama kalauarena di masjid byak malaikat mereka terganggu dengan bau yang tidak nyaman ini hal-hal yang harus kita ingatkan kepada manusia ya termasuk ya masalah berkaitan dengan duren Tidak semua orang senang duren baunya ya kadang-kadang ada orang terganggu dengan bau duren apalagi kalau makan duren itu ketika seorang ee apa namanya istilah di sini itu gelegekan keluar apa E angin dari mulutnya kadang-kadang baunya itu menyebar ke ke samping orang yang juga senang salat ya seingga orang itu terg terganggu ya demikian pula bau-bau yang ada pada badan seseorang keringat seseorang yang dapat mengganggu seseorang dalam mengganggu orang lain dalam salat dalam salat hendaknya dia ganti pakaiannya ya bakainya wangi supaya hilang baunya karena betul sangat mengganggu ketika seorang berdiri di samping orang lain ada bau yang gak enak dari orang lain ini itu akan mengganggu kekhusyukannya Mengganggu kekhusyukannya ya maka inilah pentingnya seorang itu ketika akan ke masjid dia betul-betul memperhatikan ya ya memperhatikan tentang pakaiannya ya tentang badannya tentang apa termasuk mulutnya ya apa keluar bau yang gak enak ya atau yang lainnya supaya dia berusahausaha untuk menghilangkannya ya baru kemudian dia datang ke masjid ya Sehingga ya tidak mengganggu kekhusyukan orang-orang yang sedang atau orang yang salat di saat salat kemudian hadis yang lain masih berkaitan dengan bab ini Wa Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu ya dari Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu Beliau berkata ya Eh ini Ana eh pernah suatu saat hari Jumat R itu berkbah ya dan beliau Was dalam khbahnya bel menyampaikan ya kemudian kalian Wahai manusiaah orang kalian makan dua jenis tanaman ya Ma arohuma illa khit yang menurut aku dua tanaman ini adalah tanaman yang khabit ya yang jelek yaitu albashal wub yaitu bawang merah dan bawang putih eh maaf ya yang berkata ini adalah Umar bin Umar Bin Khattab ya bukan Rasul Al wasallam ya bahwa Umar Bin Khattab Pada suatu hari beliau berkhbah di Har hari Jumat Kemudian beliau mengatakan kepada jemahnya ya sahabat yang ada tempat tersebut di masjid bahwa kalian itu makan dari dua pohon ya dua tanaman yang aku lihat dua tanaman ini adalah jelek yaitu bawang merah dan puu K su alh was sungguh aku telah menyaksikan Rasulullah sahu Ali wasallam W minjuli kalau beliau merasakan bau dua jenis tanaman ini dari seseorang ya dari seorang yang ada di masjid masjidi amarhi maka Beliau menyuruh orang ini untuk keluar atau Beliau menyuruh orang lain mengeluarkan orang ini maka orang itu dikeluarkan disuruh pergi ke ke bqi ya lalu kata Umar Bin Khattab radhiallahu anhuan akalahumaalumuma maka Barang siapa yang makan dua jenis tanaman ini hendaknya dia menghilangkan baunya dengan memasaknya ya jadi bawang putih bawang merah itu kalau dibakar dipanggang atau dimasak direbus ya itu baunya akan jauh berkurang daripada dimakan mentah ya ini baunya sangat menyengat tapapi kalau dipanggang ya di api atau misalnya direbus maka hilang hilang baunya Yi paling tidak berkurang baunya sehingga tidak mengganggu yang yang lainnya hadis Umar B khab ini diriwayatkan oleh imam muslim di dalam Sahih Muslim hadis ini mengandung ya pelajaran di antaranya larangan memakan ee Bawang Putih dan Bawang Merah juga termasuk ya Ee bawang peri atau daun bawang ketika seorang akan pergi ke masjid ya Seorang akan pergi ke ke masjid untuk salat berjamaaah ya jadi jangan sampai dia menyentuh bawang putih bawang merah dan daun bawang itu kemudian larangan ini Tentunya adalah untuk mereka yang akan ke ke masjid bukan berarti haram makan bawang putih bawang merah tidak ya karena dalam hadis nabi wasam yang kita bacakan tadi yang kita dengar tadi ras wasam mengatakan Barang siapa makan bawang putih bawang merah berarti makannya halal boleh yang dilarang ketika makan langsung ke masjid untuk salat berjama Jah atau salat Jumat misalnya itu yang dilarang tapi makannya tetap Ha ini makanannya halal ya Bukan dilarang ya bukan haram hukumnya tapi dia dilarang ketika akan ke Mas ke masjid kemudian juga cara menghilangkan baunya ya bau tidak enaknya bawang putih dan bawang merah dengan memasaknya ya dengan memasaknya ya entah itu dipanggang ya api ataupun direbus ya atau digoreng intinya supaya baunya hilang kemudian eh larangan yang disebutkan dalam hadis ini karena ya makanan tersebut apa menimbulkan bau yang tidak tidak menyenangkan bau yang membuat orang benci G senang seorang kalau sedang salat kemudian merasa merasa bau yang tidak nyaman Jan terganggu salatnya ya Selain itu dia mungkin akan ya mengata-ngatai orang yang berbuat demikian ya Atau mungkin di ini di didoakan yang jelek pada orang itu ya maka dari itu and seorang mencegah ya atau E ketika akan ke masjid jangan sampai makan ya makanan-makanan yang mempunyai bau yang tidak menyenangkan ya karena ini akan merusak dari ee kekhusyukan salat juga juga akan mengganggu para malaikat ya Yang mana mereka ada di masjid ya mereka akan merasa Ee tidak nyaman dengan bau-bau tersebut otomatis dari hadis ini ya dipahami dari hadis ini hendaknya orang apabila akan ke masjid ya mengerjakan salat misalnya hendaknya dia pakai wangi wangi-wangian ya supaya terasa harum orang nyaman dalam salat ya orang yang di sampingnya tidak terganggu bahkan merasa nyaman dengan tau harum yang di digunakannya ya ini orang-orang ee anjuran ya dan Sunah bagi kaum muslimin dalam setiap pertemuan-pertemuan bersifat banyak orang hendaknya yaitu seorang muslim yang memakai minyak wangi ya anentar hari jumat ketika salat Jumat atau ketika salat wajib berjamaah atau yang lainnya pertemuan-pertemuan dengan sama kaum muslimin hendaknya juga dengan ee apa memakai minyak wangi yang Dengan demikian tidak akan mengganggu orang lain makanya Islam menyuruh Ya paling tidak seorang itu mandi seminggu sekali ya tiap hari Jumat jumti Walimin kata nabi alaihiatu wasalam mandi di hari jumat itu wajib bagi Bi setiap orang yang sudah dewasa ya yang sudah dewasa wajib mandi walaupun Sebagian ulama mengatakan sunah ya nah eh Mengapa Rasul Alaihi Wasalam menyebutkan setiap hari Jumat karena pertama di hari Jumat itu hari yang banyak manusia berkumpul di di masjid yang kedua bahwa yang perlu diketahui di kota Madinah itu itu kota yang kalau seorang tinggal di sana tidak mengeluarkan k keringat ya hawanya itu kering jadi kadang-kadang ya seorang mandi du hari sekali 3 hari sekali itu pun tetap tidak ada bau badannya karena apa Karena di sana hawanya kering tidak sama dengan misalnya di negeri kita misalnya beberapa kota ya itu kalau keringat ya basah termasuk di Mekah Makkah itu udaranya lembab ya seorang kalau panas di sana keluar k keringat tapi kalau di Madinah tidak ya kalau di Madinah itu tidak mengeluarkan keringat jadi panasnya panas kering ya Nah ini ini perlu diketahui ya tapi meskipun demikian Rasul alaih wasalam menyebutkan tentang paling tidak satu minggu satu satu kali kemudian ya hadis ini juga menjelaskan pada kita tentang bagaimana Islam berupaya untuk menyatukan kaum muslimin ya agar mereka tidak saling benci satu dengan yang lainnya hanya karena hal-hal yang dianggap kecil maka Islam ini agama yang sempurna dia mengatur segala sesuatu Islam tidak hanya akidah ya walaupun akidah nomor satu tapi hal-hal sampai yang kecil pun tetap di diingatkan oleh Islam ya bukti hadis-hadis Nabi Sallallahu alai wasallam ini yang kita pelajari sampai makan bawang pun dilarang seorang ke masjid ketika makan bawang bawang putih bawang merah ya Oleh karena itu marilah kita berdakwah ya hendaknya mencakup semua hal dalam dalam Islam ini baik itu akidah Iya Manhaj iya ya ibadah Iya akhlak Iya muamalah juga iya dan adab-adab yang mulia diajarkan pada umat ya Su mereka tahu betul jangan saya mengambil satu meninggalkan yang lainnya Ya ini tidak di dibenarkan Islam agama yang sempurna ya Islam agama yang sempurna nah ini yang dapat sampaikan pada kesempatan yang baik ini Insyaallah kita lanjutkan pada pertemuan akan datang dengan judul yang atau dengan bab yang berbeda demikian ak masih ada waktu kurang lebih 10 menit 15 menit untuk sesi berikutnya sesi tanya jawab kami kembalikan kepada Abu Luqman jazakullah Khairan demikian wazakumullahuir jazakumullahu Khairan kami sampaikan kepada Ustaz Mubarok Mualim LC MHI hafidahullahu taala yang telah membimbing kita di kajian pagi hari ini langsung dari Studio di STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya dan untuk tanya jawab Kami undang Anda sahabat Roja di manapun Anda berada untuk berpartisipasi Anda dapat mengirimkan pertanyaan melui pesan Whatsapp di nomor 0819896543 atau Mel telepon di nomor0 [Musik] 28236543 baik untuk yang pertama kita akan angkat pertanyaan Melu l telepon kami persilakan Iya asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa di mana bapak dengan Pak di Medan baik silakan Pak izin bertanya Ustaz mengumumkan orang meninggal Ustaz melalui mikropon masjid e dalilnya katanya muamalah kamu lebih tahu daripada aku kata Rasul gitu itu apakah dibenarkan dalam Islam ustazumkan kematian atau jenazah melalui Mik Masjid itu aja Ustaz semoga bertambah ilmu kami terima kasih asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh waalaikumalam warmah wabarakatuh silakan Ustaz e baik tentang mengumumkan ya Pengumuman kematian di masjid ini pada hakikatnya hal yang tidak pernah ada dalam arti ya ya tidak diumumkan seperti di Los spaker dan lain sebagainya karena pada umumnya kematian itu walaupun tidak diumumkan itu akan tersebar dari satu orang ke orang yang berikutnya kemudian kepada yang lainnya apalagi zaman kita sekarang ini misalnya ada WhatsApp ya ada WhatsApp itu banyak kita dengar mengetahui berita kematian itu ketika dikabarkan melalui WhatsApp maka ee pertama dari apa yang ditanyakan tadi bahwa mengumumkan ya kematian di masjid ituu juga bukan sunah rasul sahu alaii wasallam ya Jadi bukan dari tuntunan beliau ya Kemudian yang kedua yaitu hendaknya kita menggunakan sarana yang lainnya sarana yang lainnya ya dalam kita menginformasikan tentang kematian wallahu taala alam jazakallahu Khairan Ustaz atas penjelasannya dan berikutnya kita angkat pertanyaan melalui pesan Whatsapp Ustaz dari hamba Allah banyak sekali yang bertanya terkait dengan membatalkan salat berjamaah Ustaz Apakah diperbolehkan membatalkan salat berjamaah ketika kita mencium aroma yang tidak sedap dari jemaah di sebelah kita Ustaz mohon mohon nasihatnya Ustaz tafadol Ustaz ee baik tentang masalah ini ya kalau memang betul-betul apa bau yang kita rasakan sangat mengganggu kita dalam salat wallahuam ya kita yni membatalkan salat itu kemudian pindah ke tempat yang yang lainnya ya dalam kondisi darurat tapi kalau seandainya misalnya baunya tidak seberapa kadang-kadang cuma kurang enak ya tapi tidak sampai menyengat dalam ya dalam Apa rasa dalam e apa yang kita rasakan maka sebaiknya seorang bertahan ya seang bertahan ya dia supaya tidak membatalkan ee salatnya Kara memang ada ee ayat al-qur’an menyebutkan dan kalian membatalkan amal-amal kalian ya namun tentu dalam hal ini juga ada perincian ya tentang apa yang disebutkan atau dimaksud dengan ee hal tersebut ya jadi ee misalnya ada seorang yang dia itu ya Ee betul-betul merasa terganggu dengan bau orang di sampingnya ya karena mengganggu kekhusyukannya sampai dia mungkin tersiksa dengan bau tersebut maka pindah ke tempat tempat lain Ya dibatalkan kemudian pindah ke tempat lain wallahuam itu yang kami pahami dari apa yang kami pelajari wallahuam jazakallahu Khairan Ustaz atas penjelasannya dan untuk berikutnya kembali kita angkat pertanyaan Min telepon kami persilakan iya Halo asalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa Di mana ibu dengan hamba Allah di Karawaci baik silakan Saya mau bertanya Pak ustaz ini mungkin di luar dari tema ee tapi kan misalnya gini ada orang mempunyai gangguan pada otaknya Pak ustaz otaknya itu sering pelupa mungkin karena di dalam otaknya itu dia ada bersarang penyakit di otaknya membuat sedikit saraf-sarafnya atau memorinya agak terganggu tapi tetap beliau berusaha ingin salat lima waktu tapi eh Afwan Ustaz dia salatnya karena dia akhwat dia salatnya bacanya enggak disir tapi dijahar karena telinga pendengarannya dengan otaknya itu kurang conect gitu Pak ustaz kurang kect jadi dia bacanya dijahar tidak disir hingga terdengarlah oleh beberapa orang dan kalau misalnya beliau salat berjamaah mau cari Imam dia mau bertanya seperti ini Pak ustaz misalnya dia mengikuti imam di masjid dia ketinggalan satu rakaat sementara di sebelahnya ada orang lain tapi dia membisikkan ke orang lain yang di sebelahnya ini Nanti kalau saya ketinggalan satu rakaat Imam boleh ya saya menambah Imam dengan kamu yang ada di sebelah saya kalau yang seperti ini boleh enggak Pak ustaz kita sudah berimam dengan Imam di masjid tapi Imam lagi dengan orang yang di sebelah kita untuk meneruskan gitu Pak ustaz baik I mohon penjelasannya Pak ustaz syukr Asalamualaikum Waalaikumsalam Warahmatullahi wabarakatuhfad UST alahan e tentang ee masalah ya fikih ya Jadi pertama ya seorang wanita tidak dianjurkan salat di Mas di masjid Meskipun tidak boleh dilarang Ya ini yang pertama ya Jadi pada dasarnya salat seorang wanita lebih utama di di rumahnya daripada di di masjid Kemudian yang kedua ya yang kedua bahwa kalau misalnya dia salat di rumah itu ada tidak mengapa Dia menyuruh apa namanya salah satu anggota keluarganya untuk mendengarkan bacaannya Nanti kalau dia keliru diluruskan walaupun orang ini tidak salat dia mengikuti ya mengikuti salatnya orang yang terkena itu yang yang yang yang sakit tersebut kemudian yang ketiga ya Adapun apa namanya seorang salat berjamaah di Masjid misalnya kemudian ee setelah Imam salam lalu dia apa namanya dia karena dia tu masbuk misalnya ya dia ber makmum kepada orang lain yang mungkin sama-sama masbuk itu tidak ada contohnya dari Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dan para sahabatnya Karena setelah Imam salam makmum yang masbuk itu mereka menyempurnakan salat masing-masing ya ya mereka menyempurnakan salat mereka masing-masing Jadi tidak tidak apa tidak ada tidak ada contohnya kalau masbuk itu setelah Imam salam Mereka berdiri beberapa orang misalnya yang masbuk kemudian yang satu jadi imam ya ini wallahuam ya entah dari mana dasarnya atau sunahnya wallahuam maka dari itu e apa yang ditanyakan tadi sebaiknya wanita tersebut ya yang EE Semoga Allah memberikan kesembuhan pada beliau itu salatnya di rumah dan ada keluarga yang menemani Salatnya ya sehingga kalau dia keliru dalam bacaannya maka diluruskan dan tidak mengapa dia mengeluarkan suara ketika di rumah karena itu di rumah tidak di masjid ya dan suara dengan dia baca itu karena memang harus dia mendengar apa yang dia bacakan Insyaallah Tidak mengapa kalau dia ee keraskan bacaannya ya dan didengar oleh satu orang yang lain agar orang itu meluruskan bacaannya kalau memang keliru itu Wu taalaam jazakallahu Khairan Ustaz atas penjelasan dan nasihatnya dan berikutnya Ustaz kembali pertanyaan melepesan WhatsApp dari hamba Allah di Jakarta Barat Ustaz Saya pedagang keliling Jika waktu salat gerobak dagangan saya diparkirkan di halaman masjid namun setelah selesai salat ada pembeli sehingga saya layani posisinya masih di dalam pagar masjid Ustaz Bagaimana hukumnya dan bagaimana pula solusinya Ustaz barakallahu fikum tafadol Ustaz ee baik tentang masalah ini ya Insyaallah mudah-mudahan di kesempatan yang lain saya akan menjawabnya Ya karena memang ada pembicaraan di kalangan ulama tentang jual beli di halaman masjid karena masjid adalah wakaf ya itu milik Allah ya maka seorang dilarang mencari keuntungan di sampai di halaman pun dilarang tapi masalah ini perlu saya pelajari ya dan belum bisa saya jawab eh secara langsung pada kesempatan yang baik ini wallahu taala alamazakallahu Kiran Ustaz untuk berikutnya kita angkat kembali pertanyaan Mai lain telepon kami persilakan Halo iya Bismillahirrahmanirrahim asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh hormati bapak Ustaz narasumber S MH hafidahah taala juga yang kami hormati bapak MC begini Ustaz ini ya ada Imam tarawih di masjid ya terus ada kucing melompat ke pundaknya terus oleh Imam Itu kucing itu malah dipeluk itu Ustaz ya nomor satu nomor dua ngapunten Ustaz ini tentang Apakah doanya Ustaz supaya ini kan semua mesti berakhir kematian ya Ustazah apa doanya Ustaz supaya orang itu tidak sakit lama-lama Nun Sewu naubillahalik Jadi kembangamben bagaimana apa doanya Ustaz maksudnya tu nemen-nemen su-sui loro di kembangamben Bagaimana doanya supaya langsung baik begitu loh kalau meninggalahon Ma kata asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh tafadol Ustaz baik pertanyaan dari ibu yang bertanya tadi ya perlu diketahui bahwa kucing itu binatang yang tidak najis ya dia binatang yang tidak najis ya Oleh karena itu kalau misalnya kita ketika sedang salat kemudian ada apa namanya ada kucing mungkin duduk di sejadah kita kita atau mendekati kita ya itu Insyaallah y tidak ee termasuk binatang yang dekat dengan manusia dan dia termasuk tidak najis bahkan seorang misalnya berwudu dengan air yang ee apa namanya di di sudah diminum oleh oleh kucing itu termasuk hal yang tidak tidak mengapa meskipun tentu kotorannya kemudian ee buang apa kencingnya itu ee jelas najis tapi ee kucing itu sendiri binatang yang dekat Jadi apa yang dilakukan oleh sang imam yang Ibu tanyakan Insyaallah tidak tidak mengapa dan tidak membatalkan ee salat Imam maupun salat makmum Kemudian yang kedua yaitu tentang ee kematian ee yang harus kita Yakin P Allah Taala bahwa ya kita ini pada dasarnya memang ya hendaknya selalu memohon pada Allah Taala alafiah wasalamah mohon keselamatan ya mohon kita ampunan dari Allah ya Makanya dari itu ketika ee Abbas bin Abdul Muthalib radhiallahu Anhu itu bertanya kepada rasul sahu Alaihi Wasallam Ya Rasulullah ajarkan aku satu doa Ya untuk aku ini membacanya ya maka Rasul S wasallam mengatakan kepada Abbas ya ya Ami asullah alafiah Wal muafah wahai Pamanku mohonlah pada Allah ya alafiah keselamatan Fid dunia wal akhirat di dunia dan di akhirat maka saya anjurkan kepada ibu ya yang bertanya atau kepada penanya dan kepada pendengar juga perbanyak mohon P Allah Taala ada tiga hal Ya Allah inni asalal Wah W mu ya Dun W akhir Allah muun Akir ya sering baca doa itu ya insyaallahelamat dari ee hal-hal yang tidak di yang tidak diinginkan ya sering entah dalam sujud dalam doa-doa kita ya jangan lupa membaca doa tersebut Kemudian yang kedua yang patut kita juga beriman dan kita yakin bahwa Yang menentukan hamba-hambanya itu ya dia meninggal dalam keadaan apa namanya tidak sakit lama ya atau juga tidak memberatkan yang hidup dan lain sebagainya Itu semua ada Allah subhanahu wa taala ya yang terpenting kita Mohon pada Allah Taala Husnul Khatimah Ya Allah berikanlah aku atau matikanl aku dan mati yang baik ya Apa maksud Husnul Khatimah Husnul Khatimah artinya mati dalam keadaan akidah kita benar wafat dalam keadaan ibadah kita benar ya jadi eh Husnul Khatimah itu bukan sekedar seorang ketika misalnya sedang salat kemudian meninggal bukan itu yang lebih utama dari itu adalah mohon P Allah Taala agar kita husnulhatimah ID kita benar ibadah kita benar keyakinan kita benar pada Allah dan dan rasulnya Sallallahu Alaihi Wasallam ya minta pada Allah subhanahu wa taala Adapun Bagaimana seorang itu meninggal nanti itu semua kebijak itu semua yni Allah yang yang yang menentukan ya kadangkadang seorang tidak mau ya meninggal dalam keadaan sakit yang lama tapi bisa jadi itu ada hikmah di balik itu Allah Maha Mengetahui dan dia sakit yang cukup lama ya sebagaimana yang dikatakan oleh paya tadi menjadi kembang ranjang ya itu Allah mengampuni dosanya Allah mengangkat derajatnya Jadi kita gak tahu itu ada hikmah-hikmah yang Allah yang lebih mengetahui tentang hal itu tapi Intinya kita Mohon k Allah Taala ya tadi muaf ya Kemudian yang kedua kita Mohon P Allah Taala sebaiusnul Khatimah mati yang yang baik dan kita terus mempelajari akidah kita ibadah kita sehingga kita beragama yang yang benar ya beragama dengan apa yang EE al-quran dan sunah Nabi sahu Al wasallam sesuai dengan apa yang dipahami oleh para sahabat dahulu radhiallahu anhum dan ulama-ulama yang mengikuti mereka dengan yang baik dari kita betul-betul diwafatkan oleh Allah dalam keadaan yang terbaik ya wallahu taala alam jazakallahu Khairan Ustaz atas penjelasan dan nasihatnya dan tahnya pertanyaan tadi menjadi penutup untuk sesi tanya jawab kita di kesempatan pagi hari ini tafadol ikhtitam dari Antum Ustaz baik kaum muslimin kaum muslimat rahimakumullah para pemirsa pendengar televisi radio Roja di manapun Anda berada ya yang perlu lagi kita ketahui bahwa ya Islam ini ad agama yang sempurna Islam adalah agama yang memperhatikan semua Aspek kehidupan baik itu akidah baik itu ibadah baik itu muamalah baik itu dan akhlak dan yang lainnya ya Jadi kita jangan menj manusia muslim yang pincan ya yang hanya memperhatikan satu sisi kemudian kita lupakan sisi-sisi yang lain ya ingat firman Allah Azza waall Barang siapa mengerjakan satu amal kebaikan walaupun hanya sekecil satu titik debu dia akan melihatnya dia melihat balasannya dan siapa mengerjakan suu amal keburukan walaupun hanya satu titik z satu titik debu dia akan melihat balasannya Oleh karena itu marilah kita menjadi kaum muslimin ya yang disebut oleh Allah Taala Kaah masuklah dalam Islam ini secara Kafah ya Sehingga betul-betul mencakup Ya semua tuntunan dan ajaran Allah subhanahu wa taala dan Allah tidak mbani hal-hal yang kita tidak mampu untuk melakukannya Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi kita semuanya kemudian pula kami haturkan kepada ku r dan ku Aliman atas berjalannya dakwah ini atau kajian ini semoga semuanya mendapatkan ganjaran di sisi Allah Taala dan kami haturkan jazakumullah Khairan kepada semua pendengar dan pemirsa ya semoga ilmu ini menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariah Ya bagi kita semuanyaakumullahhair subhanakallah wihamdika asadu alla ilaha illa Anta astagfir waubu wasallahu wasallam Wak Al Nabina wa ajmain wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh kami ucapkan jazakallahu Khairan kepada Ustaz Mubarok Alim LC MHI hafidahullahu taala yang telah membimbing kita kajian edisi pagi hari ini langsung dari Studio di STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya dan kami ucapkan pula jazakumullahu Khairan untuk sahabat RO di manaun anda berada Semoga ilmu yang kita pelajari menjadi ilmu yang bermanfaat dan kami mohon maaf begitu banyaknya pertanyaan yang belum bisa kita angkat di kesempatan pagi hari ini semoga Allah pertemukan kita kembali di pertemuan-pertemuan berikutnya bersama Ustaz Mubarok B muim LC MHI hafidahullahu taala setiap hari Selasa pagi pukul 66.30 sampai dengan selesai dan kami undur diri wasalamualaikum warahmatullahi [Musik] wabarakatuh foreign
Ustadz Mubarok Bamualim, Lc., M. H. I. – Kitab Riyadhus Shalihin
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply