Ustadz Mahfudz Umri, Lc | Ensiklopedi Larangan

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

radio Roja setiap yang memiliki taring ya dari hewan-hewan buas maka haram hukumnya dimakan saksikanlah kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio Roja [Musik] Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh inalhamdulillah nahmaduhu wastainuhu wasastagfiruh wa naudubillahi minuri anfusina wamtialina man yahdihillahu Fala mudillalah waman yudlil Fala hadialah Ashadu allaahaillallah wahdahu la syarikah Wa asadu an muhamm ahuaihi was ik ahimani warahimumullah para pemirsa raja dan juga pendengar radio Rojak yang dirahmati Allah yang dirahmat Allah di mana pun anda berada Semoga Allah menjaga menjaga kita kita masih membahas dua hadis yang ada di dalam Kitab ya yaitu almanhiat yang disis ole Syekh Abdurrahman asalh almahmud ada poin yang EE 94 Ya masih poin 94 masih membahas hadis Abu Malik al-asy’ari ya di mana Di dalam kitab ini ada dua hadis pertama hadis Abi Malik alas’ari yang diriwayatkan oleh imam muslim dan juga hadis Abi Hurairah yang juga diriwayatkan oleh Imam Imam Tirmidzi ya kita dalam pembahasan hadis Abi Malik alasari yang berbunyi arbauni umati Amril jahiliah Al ahsabjum 934 EMP perkara yang ada pada umatku dari perkara perkara jahiliah Di mana mereka bisa ya atau belum bisa meninggalkannya yang pertama adalah berbangga-bangga dengan prestasi dirinya dan juga nenek moyangnya dan ini sudah kita bahas ya yang kedua adalahab yaitu mencela nasab yang ketiga minta air hujan dengan bintang dan yang keempat adalah anniahah ya niaha adalah kalau orang yang melakukan niahah belum bertobat sebelum meninggal maka dipakaikan kepadanya yaitu pakaian yang terbuat dari Tir di aspal ya dan juga pakaian yang menutup kulitnya seperti penyakit kulit yang menutupi dirinya ya Nah kita membahas sekarang yang kedua yaitu Wat fil ansab mencela nasab ya mencela nasab mencela nasab ini para jemaah para ulama mereka memberikan penjelasan ya Yang pertama adalah mencela nasab itu mengejek ya bahwa kamu keturunan yang tidak memiliki prestasi keturunan yang tidak membela orang-orang lemah keturunan yang bukan keturunan pahlawan nenek moyamu tidak punya andil itu ya mengejek makna yang kedua para ulama menjelaskan bahwa mencela nasab adalah menafikan nasab orang lain apa maksudnya menafikan tidak mengakui nasab ini termasuk Atan Fin nasab sementara nasab itu benar misalkan ya Nah kalau salah ya harus mendatangkan bukti ya Oh nasabnya tidak seperti ini termasuk nanti ada hadis ya itu Saad radhiallahu taala Anhu di mana hadis tersebut menjelaskan kepada kita orang yang menyeru kepada bukan keturunannya ya menisbatkan bukan kepada bapaknya jadi ini masuk juga dalam pembahasan nanti Bi ya Barang siapa yang menyeru menisbatkan menyandarkan kepada bukan bapaknya dan dia tahu bahwa itu bukan bapaknya bukan kakek nenek moyangnya Fal jannatu Alaihi haramun maka surga haram bagi orang tersebut ya Nah jadi di sini ada beberapa perkara yang harus kita perhatikan ya pembahasan hadis tersebut yaitu ansab mencela nasab satu mengejek keturunannya ya bukan keturunan bangsawan bukan keturunan orang-orang yang pemberani bukan keturunan orang-orang yang dermawan Nah itu mengejek seperti itu termasuk atanil Fin nasab ya termasuk mencela nasab an yang kedua adalah menafikan meniadakan nasab orang lain perahal benar kalau salah ya Enggak apa-apa boleh dijelaskan bahwa kamu bukan keturunan ini kamu bukan keturunan ini ini buktinya lah itu boleh Nah berarti di sini di sini terkait dengan sikap ya Atil anab ini adalah sikap kepada orang lain nanti ada sendiri sikap kepada dirinya dalam masalah nasab dalam masalah nasab ya yaitu orang yang ngaku-ngaku nasabnya kepada nasab yang bagus nasab bangsawan atau yang lainnya manir abih ya sampai dalam judul bab dalam sahih Bukhari bab maniddaairi abihi orang yang menyeru kepada bukan Abinya bukan bapaknya nah ini kalau itu untuk dirinya sendiri kalau yang sedang kita bahas ini adalah hadis Abu Malik alasy’ari adalah menyikapi orang lain ya at fil ansab seperti yang sudah kita bahas pada sebelumnya nasab itu ya sudah kita bahas sudah hadis sudah kita bahas ya bahwa nabi mengatakan kepada Bani Hasyim Bani Hasyim kepada juga kepada Quraisy kepada bahkan kepada Fatimah bahwa tidak bisa berbuat apa-apa Ya masing-masing silakan Fatimah Engkau Minta Padaku dari hartaku yang kup punya tapi aku tidak bisa membantumu di hadapan Allah itu semua terkait dengan masalah keimanan ya kalau sudah imannya beda kafir sama muslim kafir sama musyrik sudah tidak ada nasab ya surat almukminun ayat 101 ketika sangkakala ditiup maka tidak adaas n tidak berlaku nasab itu antara mereka ya yaumaidin pada hari itu wasaalun dan mereka tidak bisa saling meminta pertolongan ya tidak ada laatanfa alanssab ya bahwa orang tua tidak bisa membela anaknya kalau itu beda beda agama ya ya kalau satu iman ya Insyaallah masih ada harapan untuk bisa saling memberikan ee pertolongan satu dengan yang lain tapi tetap nabi bersabdau ya l Barang siapa yang amalnya lambat maka nasabnya tidak akan bisa mempercepatnya ya sebagaimana hadis imam muslim jadi di sini ya artinya yang pertama adalah mencela keturunan orang lain ya Dengan mengatakan nenek moyangmu tidak begini tidak begitu ya Kemudian yang kedua adalah menafikan nasab orang lain tidak mengakui ya nasab perlu diketahui di sini bahwa manusia itu diukur dari ketakwaannya surat al-hujurat ayat 13 ya ayyuhanas innaqnakum minakarin waum Wa in akakumallahium Ya wahai manusia wahai manusia sesungguhnya kami menciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan dan kami jadikan kalianqil ya berbangsa-bangsa dan berkabilah kabilah Agar kalian saling mengenal laru in akrakumallahum sesungguhnya yang paling mulia dari kalian yang paling bertakwa ini ya yang paling mulia yang paling bertakwa nabi juga bersabda sallahi wasallam ya auhanas [Musik] Sallallahu Alaihi Wasallam apa kata nabi ya wahai manusia ingat sesungguhnya Tuhan kalian satu RAB kalian satu Ayah kalian satu Ingat tidak ada keutamaan bagi orang Arab atas orang Ajam dan tidak juga orang Ajam atas orang Arab tidak pula orang yang berkulit merah dibandingkan dengan yang berkulit hitam tidak pula orang yang berkulit hitam melebihi orang yang berkulit merah illa bittqwa kecuali dengan ketakwaan ya kecuali dengan ketakwaan takwanya ini ya maka nabi mengatakan pada para sahabat Bukankah aku sudah sampaikan ini apa kata para sahabat mereka mengatakan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam telah menyampaikan ya tidak ada darah apa darah biru darah biru ya Darah Biru Ya semua dulunya dari tanah Nabi Adam dari tanah ya Ayah kita Nabi Adam dari tanah wahai manusia ingat Tuhan kalian satu semua mengatakan ya bukanah aku kalian R kalian maka semua menjawab bala syahidna betul kita semua bersaksi Ya semua manusia ketika berada di sulbinya anak anak Adam ya sebagaimana terdapat dalam surah al-a’raf ya semuanya bersaksi ya maka dari itu kita tidak ada bedanya ya al’raf 172 Allah berfirman tika tuhanm mengambil perjanjian dari anak-anak Nabi Adam dari punggungunggung m yaunan air mani ya yang turun ke bawah Allah Taala bersaksi dan mempersaksikan kepada mereka apa kata allahum bukanah aku Tuhanmu kalian kita semua yang beriman atau tidak beriman mengatakanahid betul kami telah bersaksi itu maksudnya bahwa nabi mengatakan R kalian satu yang dipanggil Man semuanya juga dalam Sur 13 W manus kami ciptakan kalian dari perempuan dan laki-aki dan perempuaniad kabilah ada bangsa Eropa ada Asia ada Australia benua ya Ada Afrika ada berbagai macam negara ada berbagai macam suku berbagai macam bahasa apa hikmahnya laru saling mengenal saling mengenal di sini saling berhubungan ya dan berhubungan di sini saling apa saling memberikan pengaruh untuk apa untuk beriman Kenapa Karena setelah itu disebutkan inum sesungguhnya yang paling mulia dari kalian bukan yang paling banyak harta bukan keturunan bangsawan bukan keturunan Darah Biru ya bukan terah ini terah itu yang paling mulia di antara kalian adalah di sisi Allah yang paling bertakwa inallahumum muslim Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada harta dan juga bentuk fisik kalian tapi ya Allah lihat adalah hati kalian dan juga amal-amal kalian yang merasa memiliki keturunan yang terhormat ingat Man B amaluhu lam Yusri nasabuhu rahu muslim Barang siapa yang lambat amal ibadahnya maka nasab keturunannya tidak akan mempercepat dia kalau orang itu mati dalam keadaan syirik musyrik kepada Allah Syirik kepada Allah maka tidak akan pernah bisa mendapatkan syafaat satu dengan yang lainnya ya sebagaimana tadi firman Allah subhanahu wa taala ya tidak akan ada nasab ya tidak akan berlaku nasab ketika ditiupkan sangkakala oleh Allah rabbul alamin ya surat almukminun ayat 101 ya Barang siapa yang bangan Amal nya berat merekalah orang yang beruntung dan barang siapa timbangan amalnya yang ringan maka merekalah orang yang merugi berada di neraka jahanam kholidun kekal nah Berarti kekal di sini nasab di sini tidak akan berpengaruh kepada apa kepada keimanan kalau memang beda ya maka Apa keimanannya beda tidak akan ada manfaatnya yang namanya nasab ya pada hari itu yang bersaudara bahkan dulu sangat rapat pada hari itu akan menjadi musuh ya dalam surah azzukru ayat 67 orang-orang yang dulunyaing Berkasih yang di dunia yaumidin di hari kiamat ba’duhum’din adu satu sama lain jadi musuh illal Muttaqin kecuali orang yang bertakwa ini para jemaah ya kecuali yang bertakwa kecuali orang yang bertakwa ya maka Ap apalah artinya nasab kalau masing-masing dirinya tidak mau memperhatikan akidah iman dan ketakwaannya tidak ada artinya para jemah ya semuanya iman dan takwa yang yang berlal manilihanakarin w ya Barang siapa beramal saleh ya baik laki atau perempuan dan dia beriman ketika beramal saleh kami akan berikan kup kehidupan yang baik wahumumun dan kami balas perbuatan mereka dengan lebih baik apa iman dan amal saleh kita lihat Bagaimana Bilal hitam lebam mulia di hadapan Allah karena takwa iman dan takwa ya kita lihat Bagaimana Bilal terompahnya sudah terdengar di di surga budak hitam tapi tempatnya di surga Kenapa ketakwaannya itu kita lihat siapa Abu Jahal Abu Lahab punya garis keturunan yang terhormat bahkan juga keluarga dari keluarga Nabi wasam apa tidak ada ya tidak ada Manfaat itui kita semua masing-masing beramal dengan sendirinya jangan menggantungkan pada orang lain nanti masing-masing berasi tias orang-orang yang diikuti dari orang-orang yang mengikuti semuanya ya kemudian apa kata orang-orang yang mengikuti seandya Kami punya kesempatan untuk berasu Darian maka ber Sekan berlepas diri ya dalam surah Albaqarah ya Albaqarah Albaqarah 166 166 sampai 100 67 ketika berlepas diri ya orang-orang yang diikuti dari orang-orang yang mengikuti dan orang-orang mereka melihatab dan putus hubunganus hubungan yaus terputus maka apa 167nya berkatalah orang-orang yang mengikutiandya dulu Kami punya kesempatan masiat mereka tidak bisa keluar dari api neraka Ya tapi kalau orang beriman satu sama lain Insyaallah akan menjadi wali satu sama lain ya akan menjadi wali satu sama lain ya Sehingga Insyaallah mudah-mudahan juga ee bisa apa namanya ee menjadi syafaat ya Bagi keluarganya seperti hadis riwayat Imam Tirmidzi bahwa dan juga Ibnu Hibban juga ya asyahid yasfaain Min ahli Baiti orang yang mati syahid bisa memberikan syafaat kepada 70 orang dari keluarganya itu termasuk orang yang matiahid itu akan memilikibang [Musik] aman ketika nanti di hari kiamat diberikan di atas kepalanya mahkota ya Dar yang lebihik Darun dan dan isinya iniah dinikahkan dengan Bidadari memberikan syaat kepada Kabat ini ya artinya kalau orang beriman Iya orang beriman tapi tetap tidak boleh mencela nasab tadi tidak boleh meremehkan tidak boleh meniadakan Oh kamu bukan keturunan Fulan Gu Jadi kepada orang lain tidak boleh begitu tapi juga kalau memang Kan ada nih bukan keturunan dianggap keturunannya seperti Yazid bin haritah dipanggil dengan Yazid bin bin Muhammad ya Yazid memang dibeli oleh Beliau di pasar dicintai oleh Beliau sampai Usamah bin Zaid ya Zaid bin haritah ya Zaid bin bin haritah sampai Ziad dipanggil ziid bin Muhammad ya Zaid bin Muhammad maka turun ayat Allah subhanahu wa taala ya turun firman Allah rabbul alamin ketika ee Zaid bin haritah dipanggil Zaid bin bin Muhammad Ya turun ayat ya surah al-ahzab ya ma jaallah w awum Yaum dan pada ayat walakum abakum ya Wal surat alahzab ayat yang keempum [Musik] AB dan juga dalam surah ya al-ahzab ya dalam surah e apaana Muhammad mamm Allah berfirman Muhammad itu ayah dari seorang kalian ayah dari seorang kalian surat al-ahzab ayat 40 makaana Muhammadun abikumak Rasulullah Wam nabiin turun ayat itu ya Nah ini para jemaah nah terkait dengan hadis yang keduail anab ini termasuk juga orang yang ngaku-ngaku bukan bapaknya Mungkin dia diangkat anak seperti Zaid bin haritah ya Sehingga dipanggil Zaid bin Muhammad termasuk ee apa albigdad Ibnu Aswad albigdad Ibnul Aswad al-aswad bukan bapaknya ya tapi yang apa namanya ee mengangkat anaknya Tapi nanti ada cerita sendiri ya ada cerita sendiri dalam hadis saat ya atau hadis Abi Hurairah yang di Imam Bukhari nomor 6766 6768 nabi bersabda manidair abihi wahua yamahu abihiu Alaihi Har Barang siapa yang memanggil atau menyandarkan kepada bukan bapaknya dan dia tahu ini catatannya dia tahu dia sadar anah abih bahwa dia bukan bapaknyauaii Har maka surga baginya haram ya dalam hadis Abi hurairahang kalian tidak suka kepada bapak nenek moyang kalian barang siapa tidak suka dengan ayahnya fahua kufrun maka itu termasuk kekufuran ya termasuk kekufuran ya termasuk juga dalam hadis ya Ee Abu Hurairah juga ya bahwa ada dua perkara yang termasuk kekufuran ya termasuk kekufuran dua perkaraatan finasi humhifrunasabah alalit dua perkara termasuk kekufuran mencela nasab dan juga termasuk yang tadi itu aniahah terhadap mayit ya Nah sekarang ada orang diangkat oleh orang kaya dikasih dia namanya dan dia tahu sadar dia tidak mau mengubah atau tidak mau menyatakan bahwa saya bukan anaknya maka masuk ke dalam Man abih Wam abih Har Barang siapa yang menyandarkan memanggil kepada Bukan ayahnya nya dan dia tahu bahwa itu Bukan ayahnya maka baginya surga haram baginya ya surga haram baginya Kalau tidak tahu ya tentu saja tidak ya Oh Ternyata saya bukan anaknya dia tidak tahu selama tidak tahu tidak tapi setelah tahu harus menyatakan makanya ketika Zaid bin Muhammad padahal Zaid B haritah akhirnya apa turun ayat-ayat tersebut makana Muhammadun aba ahadijalikum Wakin Rasulullah waman nabiin Muhammad bukan Ayah seorang dari kalian ya dan dia adalah nabi ya dan juga rasul dan nabi penutup ini para jemaah nah bagaimana dengan orang yang sudah dikenal namanya seperti almqdad Ibnul Aswad di sini disebutkan oleh dalam makna dua hadis ya hadis yang barusan kita dengar pertama hadis Saad yang kedua hadis Abi Hurairah bukanlah maknanya orang yang sudah dikenal nisbah kepada bukan bapaknya masuk kepada ancaman ini seperti almigqdad Ibnul Aswad ya alasad bukan bapaknya ya bukan bapaknya tapi almqdar di sini ya Bapaknya si siapa namanya almqdad adalah Amr Bin tabah ya alkindi bukan al-aswad ya dia cuma di diambil anak kemudian terkenal dengan nama itu dan dia tidak hanya dikenal dengan nama itu dan tetap menisbatkan diri kepada bapaknya adaapun orang yang ngubah apalagi ngerubah sendiri agar dapat warisan agar mendapatkan sesuatu yang diharapkan dari kehormatan orang yang disandarkan kepada dirinya maka itu masuk ke dalam hadis ini ya Saya keturunan Fulan Saya keturunan wali Saya keturunan nabi maka yang menafikan keturunan masuk kepada atanil anab harus bawa bukti alayin Alal walaminkar bukti bagi orang yang menuduh sementara sumpah bagi orang yang mengingkari ya Jadi ada dua nih orang satu menafikkan nasab orang lain kamu bukan keturunan nabi misalkan apa buktinya atau dia bukan keturunan nabi ngaku keturunan nabi maka masuk ke dalam hadis ini lebih berat lagi AB W abannu Alaihi haram bagi yang ngaku-ngaku keturunan Fulan Ternyata bukan surga haram bagi dia termasuk bagi orang yang nuduh kamu bukan keturunan ini sementara Dia tidak punya bukti apa masuk ya nasab satu sama lain tidak berguna kelak pada hari kiamat Ya sudah tidaki ya tapi itu memang orang orang kafir dengan orang Islam ya l orang Islam tidak bisa mewarisi dari orang kafir orang kafir juga tidak bisa mewarisi dari orang Islam baik sampai di sini Insyaallah mudah-mudahan bermanfaat e bisa nanti kita teruskan setelah azan dan tanya jawab wasallallahu ala Nabina Muhammadin waa alihi wasohbihi Wasallam [Musik]

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *