[Musik] asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahibbil alamin wasatu wasalam asilursalin wa Allah merhati rja di manapun saat ini anda bisa menyimak siaran kami senantiasa lisan kita memuji Seraya bersyukur pada Allah atas segala nikmat dan karuniaanya kita dapat kembali berjumpa di saluran tilawah al-quran dan kajian Islam radio dan TV Raja selawat dan salam Semoga senantiasa terlimpahkan dan tercurahkan kepada nabi kita Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam untuk keluarganya untuk para sahabatnya dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman nanti di kesempatan Rabu Pagi hari ini kembali akan kami hadirkan bimbingan dan pelajaran secara langsung bersama Ustaz Ahmad saainuddin alsc hafidallahu taala dari kediaman beliau di bajarmasin Kalimantan Selatan untuk melanjutkan dari pembahasan kitab Fathul Majid saruhu kitabid tauhid dan bagi Anda yang bertanya seputar pembahasan ini kami berikan kesempatan Insyaallah di sesi kedua nanti di 0218236543 via telepon kemudian di 0819896543 Via pesan Whatsapp semoga kajian dapat menghadirkan kebermanfaatan untuk kita semuanya selanjutnya Ustaz kami persilakanuran ya Ustaz asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bismillahirrahmanirrahimalhamdalillah nahmaduhuuagfirah had wa asadu ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa asadu Anna muhammadan abduhuasul ya auhina amanlahqqqahi Wun illa wa Anum muslimun ya ayuhqubakumadziums wahah ah ah had muhammadinahu Alaihi Wa alihi wasam wa m bidah wa bidah wa Alhamdulillah kita bersyukur k Allah subhanahu wa taala pada hari ini hari Rabu Pagi 25 Jumadil Ula 1446 Hijriah bertepatan dengan 27 November 2024 kita dimudahkan oleh Allah subhanahu wa taala untuk duduk bersama mengkaji kembali kitab Fathul Majid syarhu kitab tauhid yang ditulis oleh fadilat Syekh Abdurrahman Bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullahu taala selawat dan salam semoga selalu Allah berikan kepada nabi kita Muhammad Sallallahu Alaihi wa al alihi wasallam P keluarga beliau para sahabat serta orang-orang yang mengikuti beliau sampai hari kiamat kel dengan nama-nama Allah yang Husna dan sifat-sifatnya yang Ulia kita berdoa Allah amum muslimin para pemirsa R TV para pendengar radio r dan seluruh kaum muslimin yang mengikuti kajian ini di mana pun berada masih kita di dalam Bab yang [Musik] ke39u Pul Kakan eh bab Illahi taala alamumanu bimil wzilqik waqiruakahum ba bab ke-39 penulis membawakan di dalam babnya surat Annisa ayat [Musik] Allah subhanahu wa taala berfirman Apakah kalian tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepada kalian dan kepada apa yang diturunkanpada sebelum kalian mereka hendak berhakim kepada Padahal mereka telah diperintah untuk mengingk dan setaksud menyesatkan mka dengan penyesatan yang sejauh-jauhnya pada pertemuan atau Pada bab ini sebagaimana sudah kita sebutkan bahwa makna dari bab ini adalah menjelaskan tentang berhukum kepada selain hukum Allah itu adalah perbuatan yang merusak tauhid karena konsekuensi dari bertauhid adalah wajib mengembalikan segala hukum kepada Allah dan rasulnya Sallallahu Alaihi Wasallam dan tidak menyerahkan hukum kepada allah termasuk perbuatan kesyirikan di dalam ketaatan dan Syirik Akbar ya Jadi kita juga sudah sebutkan bahwa taat kepada hukum selain hukum Allah dibagi menjadi tiga yang pertama yaitu Syirik Akbar taat dan berhukum kepada selain hukum Allah dengan meyakini di dalam qbu bahwa itu adalah boleh ini Syirik Akbar keluar dari agama Islam kemudian yang kedua Syirik asghar taat dan berhukum kepada selain hukum Allah karena mencari dunia maka ini Syirik asghar dan yang ketiga ee taat dan berhukum kepada selain hukum Allah karena dipaksa maka ini tidak membahayakan tauhid dipaksa yang mengakibatkan atau dikhawatirkan mengakibatkan kepada ee hilangnya nyawa baik pada pertemuan sebelumnya kita sudah sampai kepada dalil yang kelima sekarang kita membaca dalil yang keen di halaman 57 pada eh buku Fathul Majid Syar kitab tauhid yang saya pakai e cetakannya adalah muasasah qurtubah halaman 577 penulis hafidahullahu taala atau rahimahullahu taala berkata yang artinya asya’bi rahimahullahu taala Amir bin sarahil asyabi asya’bi adalah Amir bin asarahil’i menuturkan pernah terjadi pertengkaran antara orang munafik dan orang Yahudi berkatalah orang yah itu Mari kita berhakim kepada Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam karena mereka mengerti bahwa Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam tidak mengambil riswah sogokan atas hukum sedangkan orang munafik itu berkata Mari kita berhakim kepada orang Yahudi e karena itu karena orang-orang munafik mengetahui bahwa orang Yahudi mena riswah untuk pemutusan keputusan maka bersepakatlah mereka berdua untuk datang kepada hakim dari ee juhainah yaitu seorang dukun malah berhakim kepada dukun ya lalu turunlah ayat tidaklah kamu memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu dan seterusnya dari ayat baik kita ambil pelajaran dari ayat ini sebagaimana disebutkan oleh penulis penulis rahimahullahu taala berkata wau asyabi wa Amir binarahil Alfi nama asya’bi adalah Amir Bin syarahil alkufi dan beliau seorang Alimun ahli Zamani beliau seorang ahli ilmu di masanya wanaam dan beliau termasuk orang yang menghafal ayat-ayat Alquran dan hadis hadadis Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dan hafalannya sangat kuat Da funun dan memiliki ilmu dalam berbagai macam bidang ilmu agama Kana yaakul Ma katabtu Sauda Fi baid illa Amir bin syarahil atau Imam assya’bi rahimahullah mengatakan aku tidaklah menulis menulis Di Atas Kertas Hitam kecuali aku langsung menghafalnya ya Subhanallah ini adalah kekuatan hafalan dan Amir binahil atau Imam mendapati sahabat nabi yang banyak menunjukkan bahwa beliau adalah termasuk tabi ya [Musik] danibab termasuk dari tabi yang tua dan Amir binarahil atau imamyai hidup sekitar 80 tahun 80-an tahun dan ini dikatakan oleh Imam azzahabi rahimahullahu taala baik kemudian para ikhwan yang dirahmati oleh Allah waubay munakun asillah sebagaimana yang dikatakan oleh Imam asyabi bahwa hal ini menunjukkan orang-orang munafik itu lebih benci kepada hukum Allah dan rasulnya daripada hukum kaum Yahudi dan Nasrani dan orang-orang munafik sangat membenci terhadap orang-orang beriman sebagaimana yang terjadi pada zaman-zaman ini dan sebelumnya seperti pertolongan orang-orang munafik terhadap musuh-musuh kaum muslimin dan kegigihan orang-orang munafik untuk memadamkan Cahaya Islam dan cahaya keimanan itu adalah eh berita yang dis disampaikan oleh Imam asyabi rahimahullah dan berita ini adalah benar adanya Siapa yang mentadaburi memperhatikan apa yang disebutkan di dalam sejarah dan apa yang terjadi dari mereka ya ya berupa kejadian-kejadian maka pasti dia mengetahui bahwa ini adalah keadaan orang-orang munafik seperti ini dariulai dahulu sampai sekarang yaitu membenci orang-orang beriman dan sangat e loyal terhadap orang kafir dan musyrikahu Azza wbiuhi was Allah Allah subhanahu wa taala telah me mererintahkan mereka atau memperingatkan Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam untuk tidak mentaati mereka dan tidak dekat-dekat dengan mereka tidak mentaati mereka dan tidak dekat-dekat dengan orang-orang munafik dan dan Allah subhanahu wa taala memerintahkan untuk memerangi orang orang munafik di beberapa ayat di dalam al-qur’an seperti misalkan dalam surah attahrim ayat 9 qa taala ya ayyuhan nabi jahidil kuffar Wal munafikin wagl alaih wahai nabi terangilah orang-orang kafir orang-orang munafik dan berbuat keraslah terhadap mereka wa qti Umar anhu dan tentang kisah Umar Bin Khattab dan juga terbunuhnya beliau oleh orang munafik yang meminta untuk berhukum kepada kaab Iin alas seorang Yahudi ini adalah dalil atas [Musik] ee diperbolehkannya dibunuh bagi siapa yang memperlihatkan kekufuran dan kemunafikan ya dalam kisah Umar Bin Khattab bahwa Umar Bin Khattab membunuh orang-orang munafik yang meminta berhukum kepada seorang Yahudi nah kisah ini boleh sebagai dalil tentang bolehnya membunuh orang-orang munafik yang memperlihatkan kekufuran dan [Musik] kemunafikanemud dan kaab bin Yahudi ini sangat membenci dan sangat memusuhi rasulullahi was terhadap Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam maka dengan seperti itu eh batallah perjanjian W dan halallah pembunuhan terhadap warwa muslimahihru jabiran yaak radhiallahu an qa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam man’ asf dan diriwayatkan oleh imam muslim dalam kitab sahihnya ya dari Amar aku telah mendengar Jabir berkata Rasulullah Sallallahu Alaihi wasam bersabda Siapakah yang berani membunuh kaab binas sungguh dia telah menyakiti Allah dan rasulnya Sallallahu Alaihi wasam Muhammad ibnulamah ya rasulah Muhammad bin maslamah mengatakan wahai Rasulullah Maukah aku beritahu ke engkau untuk e apa Apakah engkau menginginkan agar aku membunuhnya kemudian Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam menjawab Na iya Lalu setelah itu Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam eh Muhammad bin maslamah berkata ehil qtil Ya wahai Rasulullah izinkan aku untuk membunuhnya alqil ini Sepertinya falqil yaqil itu diambil dari kata untuk membunuhnya G ya artinya buuhah lalu Muhammad binlamah mendatanginya dan berkata kep dan ia berkata Sesungguhnya orang ini menginginkan sedekah dan orang ini maka ketika ia mendengar langsung maka berkata dan juga Demi Allah sungguh kalian akanakan akan benar-benar membosankan Sesungguhnya kami akan mengikutinya sekarang meninggalkannya sampai kita lihat Seperti apa terjadi perkaranya waq salfan eh aku eh sungguh engkau telah menginginkan agar Engkau memberikan kepadaku pinjaman kemudian ia berkata kalau begitu apa yang menjadi jaminannya untukku Apa yang kau inginkan kemudian kalian gadaikan kepadaku sebagai jaminannya adalah istriistri KUD Muham mengatakan engauahbaik-baik laki-aki dari parasnya dari orang Arab apakah pantas kita menjadikan istri-istri kita sebagai jaminan kepada engkau maka ia berkata lagi kalau begitu anak-anak kalian sebagai jaminan I ah maka nanti salah seorang dari anak kita akan dikatakan bahwa kami dijadikan sebagai ee jaminan dalam sebuah dua wasak dari kurmaakin tidak kita tidak ingin memberikan jaminan kepada engkau orang istri kami Kemudian anak-anak kami tetapi kita memberikan jaminan kepada engkau ee senjata-senjatakan na kalau begitu ya wahu Wa Abi Abas Ibni Jab wa Abbad Ibni bisr dan ia menjanjikan untuk mendatanginya dengan membawa alhit dan Abu Abbas Ibnu Jabar dan Abin lalu I berkata lalu ia datang dan eh dia biarkan di malam hari lalu ia turun kepada mereka qfanu eh berkata sufan berkata selain Amr berkata istrinya Sesungguhnya aku mendengar suara seakanakan dia suara darahnya adalah Muhammad bin dan yang menyusuinya ya atau temanu yang mulia kalau seandainya diajak kepada peperangan di malam hari maka dia akan memenuhi Muhammad sesungguhnya jikaa datang maka aku akan menggal lehernya kalau aku sudah menangkapnya makajauhlah kalian darik mutawas mutawasih ketika turun maka dia turun dalam keadaan mutawasih yaitu penuh dengan Kebagusan pakaian mereka berkata kami mendapati dari engkau bau wangi yang wangi Iya aku memiliki istri si fulanah wanita Arab yang paling wangi Apakah engkau mengizinkan aku untuk mencium maka akhirnya kata iya berkata i silakan cium lalu dia memegangnya dan [Musik] mencium Apakah engkau mengizinkan aku untuk kembali kemudian setelah itu dia Muhammad bin Mas bisa memegang kepala dari kaab bin as kemudian setelah itu Muhammad blamah mengatakan menjauh kalian kemudian Muhammad IBN maslamah membunuh kaab IBN al-asf nah ini para ikhwan yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa taala ee Wi Um radallahu dan di dalam kisah Umar Radiallahu anhu terdapat B terdapat Penjelasan bahwa orang-orang yang benar-benar munafik Jika dia menampakkan kemunafikannya maka dibunuh [Musik] [Musik] muhammaduatahi wasamu alai hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitabahih dan selain keduanya bahwa Nabi Muhammad sall Al wasallam sesungguhnya meninggalkan membunuh orang yang menampakkan kemunafikan dari mereka sebagai bentuk menggait mengait hati-hati manusia agar masuk dalam agama Islam Sesungguhnya jika ia berkata jangan sesungguhnya Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda jangan sampai orang-orang menceritakan bahwa Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam membunuh para sahabatnya Sallallahu Alaihi Wa alihi Wasallam baik ee apa yang kita bisa ambil dari dari riwayat ini yang kita bisa ambil dari riwayat ini adalah bahwa contoh perbuatan yang merusak tauhid dan termasuk Syirik di dalam ketaatan adalah berhukum kepada selain hukum Allah karena di dalam riwayat tersebut disebutkan bahwa kebiasaan orang munafik tidak berhukum kepada hukum Allah subhanahu wa taala para ikhwan yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa taala jadi kisah yang panjang tadi sebenarnya berkaitan dengan berhukum dengan Hukum Allah subhanahu wa taala Siapa yang tidak berhukum dengan hukum allaha berarti ee apa namanya ee dia merusak tauhid karena ee seorang muslim yang bertauhid dia wajib untuk taat kepada Allah subhanahu wa taala sedangkan berhukum kepada selain hukum Allah ini menunjukkan ketidaktaatan dia kepada Allah subhanahu wa taala n kemudian para ikhw yang dirahmati oleh Allah ee di sana ada dalil tadi bahwa ketika terjadi perselisihan dan rasul sahui Wasallam telahutus hukum lalu ada seorang yang tidak rela dengan hukum dari Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ia menghadapkan permasalan kepada kaab binas ketika Umar radhiallahu Anhu diberitahu kejadian tersebut beliau memenggal leher yang tidak rela dengan hukum dan keputusan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam kaab Al asf adalah seorang Yahudi dari badi Nadir yang sangat memusuhi Rasulullah Sallallahu Alaihi wasam intinya hubungan dalil dengan bab adalah menunjuk Bu contoh perbuatan yang merusak tauhid dan termasuk Syirik dalam ketaatan yaitu berhukum kepada selain hukum Allah Subhanahu karena di dalam riwayat tadi disebutkan bahwa kebiasaan orang munafik tidak berhukum dan taat kepada hukum Allah dan rasulnya Sallallahu Alaihi wasallamah Alhamdulillah selesai bab yang ke-309 semoga yang disampaikan bermanfaat ee silakan kepada akhirari jika ada beberapa pertanyaan n ba Ustaz Barakallah fikum W jaazakallahu Khairan Terima kasih atas bimbingan dan pelajaran telah disampaikan khusus di kesempatan pagi hari ini dan selanjutnya kami buka kesempatan untuk bertanya secara langsung via telepon silakan di 0218236543 atau via pesan sikat WhatsApp di 0819896543 kami akan coba untuk memberikan kesempatan bagi anda yang bertanya via telepon silakan halo halo belum [Musik] terhubung kami akan bacakan Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Ustaz Ustaz Bagaimana hukumnya kita mengambil ee perasaan sebagai hukum agar semuanya tidak ribut dan nyaman membagi waris antara kakak perempuan dan saudara-saudara laki-laki itu sama Bagaimana hukumnya mengenai hal ini Ustaz silakanatam rasulillah waa alihi waashabihi W Amma ba hukumnya ee harus mengikuti apa yang disebutkan dalam al-quran dan ilmu waris tentang pembagian harta waris setelah itu baru Jika memang sudah dibagi sesuai dengan yang disebutkan dalam syariat Islam maka jika ingin dihadiahkan kepada yang dianggap e apa namanya berhak maka dia boleh untuk menghadiahkan maka dia boleh untuk menghadiahkan Adapun dari awal tidak menggun syariat Islam dalam pembagian harta waris karena alasan a b c d maka ini tidak diperkenankan dalam agama diharamkan dalam agama wallahuam baik Ustaz Selanjutnya kami akan bacakan dari saudara kita bapak Agus di Tangerang mohon maaf di Tanjung Priuk Asalamualaikum Ustaz Apakah boleh kita mendoakan kecelekan kepada orang yang menzalimi kita Mohon pen silakan Ustaz wasillah boleh seseorang yang dizalimi untuk mendoakan keburukan atas orang yang menzalim makanya Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda [Musik] eh doa orang yang zalimi Tidak ada batas antara dia dengan Allah Subhanahu waala menunjukkan bahwa orang yang terzalimi berdoa untuk keburukan orang yang menzaliminya dan itu tidak mengapa seperti juga misalkan dalam hadis riwayat Bukhari Muslim dalam kisah Saad bin Abi waqqas beliau mendoakan seorang yang mencela beliau ya kata beliau Ya Allah jika hambu ini yang mencela aku berdusta dan dia mengerjakannya dengan r dan sumah maka panjangkan umurnya panjangkan juga kemiskinan dan kenakan dia terhadap godaan-godaan di dunia ini menunjukkan bahwa orang yang teralim diperbolehkan untuk mendoakan orang yang e menzaliminya wallahuam Ustaz Barakallah fikum Terima kasih atas Jawabannya dan selanjutnya kami akan coba angkat untuk penanya via telepon silakan Halo asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa Bapak di mana Mohon maaf eh saya hamba allahatung k Agam silakan Pak yang in pertanyakan sekarang sekarang kan e di pengadilan Indonesia itu tidak memakai hukum Allah misalnya mencuri tidak dipotong tangannya misalnya berzina tidak dicampu I Apakah itu perbuatan yang dimurkai Allah bagaimana dan lainnya baik cukup kemudian undang-undang demokrasi itu apakah sesuai dengan eh peraturan saran Islam dalam pemilihan einan kita di rakyat di mmp dprak Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh silakan Ustaz Alhamdulillah was wasamasulillah yang pertama adalah ee hukum-hukum yang ada di dalam undang-undang yang belum sesuai dengan syariat Islam seperti potong tangan kemudian hukum rajam ee maka sudah kita katakan di awal bahwa Apabila ada orang yang berhukum kepada selain hukum Allah subhanahu wa taala karena dia menghalalkan hukum selain hukum Allah atau dia membolehkan hukum selain hukum Allah atau dia mengatakan hukum selain hukum Allah lebih baik maka ini kufur keluar dari agama Islam Adapun apabila mengerjakan hukum selain hukum Allah karena jabatan karena situasi politik karena ee keinginan duniawi karena ter e kondisikan dengan sebuah keadaan ya maka di dalam hatinya dia tetap mengatakan bahwa hukum al-qur’an dan hadis rasul Sallallahu Alaihi Wasallam hukum Allah ee lebih baik hukum Allah lebih sempurna hukum Allah lebih ee wajib untuk diikuti orang seperti ini adalah melakukan Syirik asghar orang seperti ini melakukan Syirik asar ya adapun yang terjadi di tengah negara kita ini adalah yang kedua dan yang kedua ya Jadi mereka tidak melakukan hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan hukum had hukum rajam hukum potong tangan ini karena keinginan duniawi dan itu dosa besar dan itu kezaliman dan kefasikan wajib bertobat kepada Allah subhanahu wa taala Adapun sampai kepada kekufuran tidak karena Abdullah bin Abbas radhiallahu Anhu mengatakanirun Barang siapa yang tidak berhukum dengan Hukum Allah maka mereka adalah orang-orang yang kafir kufur di sini kufrun duna kufur kekufuran dibawa kekfuran artinya tidak sampai mengeluarkanabang Islam kecuali kalau seandainya menghalalkan hukum selain hukum Allah atau membolehkan hukum selain hukum Allah atau mengatakan hukum selain hukum Allah lebih baik daripada hukum Allah atau mengatakan hukum selain hukum Allah sama dengan Hukum Allah nah ini termasuk kekufuran yang mengukkan dari agama Islam dan sekali lagi yang terjadi di tengah kita ini tidak sampai kepada kekufuran Akbar akan tetapi dia ee kekufuran dia kezaliman kefasikan dan wajib untuk bertobat kembali kepada hukum Allah yang ada dalam al-qur’an atau hadis-hadis Rasul Sallallahu Alaihi Wa wasallam Adapun Sistem pemilihan pemimpin berdasarkan ee suara terbanyak maka ini tidak ada dalam syariat Islam tapi yang ada adalah yang pertama yang dicontohkan oleh EE Abu Bakar Siddiq radhiallahu Anhu dan diisyaratkan oleh Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam Abu Bakar asiddiq radhiallahu Anhu yastaklif memilih pemimpin sepeninggal beliau dan itu juga isyarat dari Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam kepada Abu Bakar assiddiq radhiallahu Anhu bahwa yang memimpin salat meninggal E ketika beliau sakit adalah Abu Bakar asiddiq yang memimpin Haji ketika angg apa tahun 9 E Hijriah adalah Abu Bakar assiddiq ini semua isyarat-isyarat dan rasul Sallallahu Alaihi Wasallam bahwa ee istikhlaf setelah beliau yang menjadi pemimpin setelah beliau adalah Abu Bakar asiddiq radah begitu juga Abu Bakar asiddiq ketika mau meninggal beliau istif Umar Bin Khattab yang menggantikan beliau ini Cara yang pertama cara yang kedua adalah dengan cara ahlusul itu orang-orang yang EE memiliki kasitas kesalehan keilmiahan ketakwaan ya di tengah-tengah kaum muslimin mereka berkumpul kemudian memilih salah satu yang ada di dalam diri mereka tersebut ya Dan ini benar-benar orang-orang yang Saleh orang yang takwa ilmiahnya tinggi Tidak sembarangan adapun yang sekarang dengan suara terbanyak kita tidak tahu kadang-kadang ee orangor yang ahli maksiat mendapatkan suara yang banyak maka dialah yang jadi pemimpin itu buruknya dengan suara yang banyak kemudian yang e tiga adalah dengan cara memberontak tetapi memberontak ini asal hukumnya tidak diperbolehkan tetapi jika terjadi pemberontakan lalu istal kemudian terjadi keamanan atas pemberontakan tersebut maka yang memberontak wajib ditaati ya kalau sudah aman tapi tidak boleh memberontak asal hukum kalau terjadi juga kemudian terjadi keamanan maka pada saat itu wajib untuk Dita demikian itu cara yang diajarkan dalam syariat Islam untuk memilih p kasih atas jawaban dan nasihatnya kembali kami akan berikan kesempatan silakan untuk Ani bertanya baik itu via telepon maupun pesan singkat silakan di 0218236543 atau pesanan singkat di 0819896543 kami akan coba E untuk membacakan dari saudara kita Ahmad di Kebumen Jawa Tengah Ustaz apabila orang tua sudah meninggal dan dalam hidupnya melakukan ritual kesyirikan anaknya selalu berusaha mendoakan kepada orang tua tersebut Apakah doa-doa kesyirikan tersebut bisa diampuni silakan bismillah whamdulillah wasatu wasalam rasulillah jika memang orang tua tersebut terbukti mati di atas kesyirikan maka tidak boleh didoakan untuk mendapatkan ampunan ini dilarang oleh Allah subhanahu wa taala alquranah tidak pantas di Seorang nabi dan orang-orang yang beriman untuk memintakan ampun bagi orang-orang musyrik ya Meskipun mereka para kerabat jika sudah jelas mereka adalah penghuni Ner maka jika memang mati di atas kesyirikan tidak dapat untuk di ee doakan mendapatkan ee apa ampunan karena itu syariat dari Allah subhanahu wa taala tetapi yang terjadi sekarang adalah kadang kita hanya mengira bahwa dia melakukan kesyirikan ya belum begitu pasti dia melakukan kesyirikan dan belum begitu tahu apakah mati di atas kesyirikan ataukah sudah bertobat makanya saya diatakan jika memang mati di atas kesyirikan dan benar-benar tahu ya tidak ee pengetahuannya tidak ee bohong atau tidak ragu-ragu maka tidak dapat untuk didoakan untuk mendapatkan ampunan wallahuam Terima kasih atas nasihat dan jawabannya kembali kami berikan kesempatan silakan untuk and yang bertanya baik via telepon maupun pesan singkat Kami tunggu di kesempatan kali ini Halo silakan kembali Kami coba angkat di [Musik] 0218236543 atau melalu pesan singat di 0819896543 halo kami akan bacakan dari pesan singkat asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dari hamba Allah Ustaz fenomena saat ini banyak kita lihat di Instagram quote-kote dari orang-orang yang notab ini bukan beragama Islam tapi inspiratif dijadikan sebuah panduan bagi anak-anak muda sekarang untuk menjalani kehidupan dengan kuot-kuot tersebut dan mengabaikan nilai-nilai agama bagaimana kita membentengi anak-anak kita yang memang hari-harinya bersama platform-platform seperti itu silakan Ustaz Alhamdulillah wasalatu wasalam ala rasulillah wa ala alihi wa ashabihi wwalah Amma ba wallahi di zaman sekarang yang paling utama diajak anak untuk menuntut ilmu agama itu salah satu cara yang paling bisa kita lakukan untuk menjaga anak-anak kita menuntut ilmu agama berdasarkan al-qur’an hadis rasul Dengan pemahaman para sahabat kemudian setelah menuntut dibimbing untuk mengamalkan dan yang paling utama bimbingan adalah bimbinganbu di anaranya yaitu rasa khasyatullah takut kepada Allah subhanahu wa taala karena kita sebagai orang tua terbatas kemampuan kita ya Kita sebagai orang tua terbatas kemampuan kita pandangan kita terbatas telinga kita terbatas kekuatan kita terbatas tangan kaki terbatas maka salah satu yang harus kita tenamkan adalah khat takut kepada Allah subh di para ulama mengatan eh sesungguhnya ilmu adalah khatah dan asal ilmu adalah pokok ilmu adalah KH KH itu Arya takut kepada Allah disertai dengan mengenal Allah Subhan Allah alimir ya Allah Allah mengetahuala S nah Dengan begitu kita bisa menjaga anak-anak kita yang memang benar-benar di zaman dia Ee tidak ada lagi rasa ingin tahu karena semuanya sudah terpampang bebas bagi dia maka pada saat itu yang wajib kita lakukan adalah ee mendidikan agama yang benar berdasarkan al-quran hadis rasul Sallahu Ali wasallam dipami ole para Salaf Saleh k setelah itu membimbing dia untuk beramal wallahuam n Ustaz Barakallah Fik jazakallahu Khairan atas Jawabannya dan nasihatnya selanjutnya kami berikan kesempatan kembali silakan masih di telepon 0218236543 atau pesan singat di 0819896543 silakan bagi Anda yang secara langsung ingin bertanya kepada Ustaz di kesempatan pagi hari ini pertanyaan dari Pak Agus Asalamualaikum Ustaz Afan Apakah di sunah ee di dalam sunah ini kita mengenal dosa jariah sebagai sebagaimana ada amal jariah Syukron Ustaz silakanatuam rasulillah wa al Apa yang dimaksud dengan dosa jari kalau yang dimaksud adalah dia menjadi pelopor atas dosa sehingga orang-orang setelahnya berdosa gara-gara pelopornya Dosa tersebut [Musik] Ian Barang siapa yang mencontohkan keburukan lalu dia diikuti keburukan tersebut maka dia akan mendapatkan ee dosa atas percontohannya tersebut dan dosa orang-orang yang mencontoh keburukannya tadi dia memelopori keburukan dan kemudian orang-orang mengikuti dosa tersebut maka dia akan mendapatkan dosa dan orang-orang yang mengerjakan dosa atas pelopornya tadi ee kemudian tidak dikurangi dosa orang-orang yang berdosa tadi sama-sama dia mendapatkan dosa Nah kalau yang dimaksud dosa jariah ya seperti itu ya tetapi kalau yang dimaksud dosa jariah adalah ee Karma Karma itu Bahasa Indonesianya artinya adalah perbuatan manusia ketika hidup di dunia hukum sebab akibat maksudnya Sang Bapak berzina Maka anaknya akan berzina Mak ini tidak tidak demikian atau kalau orang tua mengerjakan maksiat Maka anaknya juga akan kecipratan dosanya tidak ya kalau tidak ada andil sama sekaliang anak terhadap orang tuanya maka tidak dapat artinya eh orang yang berdosa tidak menanggung dosa orang lain dia menanggung dosanya sendiri jadi maksud dari dosa jariah apa dulu kalau yang dimaksud tadi adalah seperti amal jariah yang diambil manfaatnya maka selama diambil manfaatnya berarti dia dapatkan pahala sama juga selama dia ee perbuatan dia itu melakukan maksiat kemudian diikuti oleh orang lain akibat dia akhirnya orang bermaksiat dia mendapatkan pahala atas eh sebab kenapa orang akhirnya bermaksiat kepada Allah Subhanahu Wa taalaitu tapi yang dimaksud dengan amal jari Apa dosa jariah adalah ee keluarganya akan merasakan juga dosa tersebut padahal tidak tahu apa-apa maka ini tidak termasuk dan tidak ada dalam Isam seperti ituah kami akan bacakan kembali untukan singkat yang terakhir di pertemuan kita ini asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz dari hamba Allah seorang pemuda yang saat ini bingung karena pilihan pendidikan di negara kita agar untuk mendapatkan sebuah kesempatan bekerja pelajaran yang harus kita pilih di fakultas-fakultas misalnya hukum di mana kita tidak mempelajari hukum Allah dan rasulnya tapi hukum undang-undang yang berlaku untuk memberikan kesempatan bagi kita untuk nanti bisa mendapatkan pekerjaan dan menafkahi diri kita bagaimana menyikapi kebingungan hal ini Ustaz silakan Alhamdulillah wasalatu wasalamu ala rasulillah ee jika seseorang ingin belajar di tingkat perguruan tinggi atau pasca sarjana maka carilah yang di dalamnya Dia belajar belajar ilmu-ilmu atau hukum-hukum yang tidak bertentangan hukum Allah subhanahu wa taala asal hukumnya seperti itu akan tetapi jika memang dia diwajibkan atas materi pelajaran tersebut materi kuliah tersebut dan tidak bisa tidak Kalau tidak maka dia akan Ee tidak lulus atau yang semisalnya maka dia berbenteng diri dia untuk ee syubuhat-syubuhat dan juga ee pikiran-pikiran yang merusak akidahnya Adapun pembelajaran dia terhadap itu e sebatas pengetahuan dan dia bisa kounter dengan akidahnya maka ini tidak mengaku tapi asal hukumnya seharusnya seorang muslim belajar hukum-hukum Allah subhanahu wa taala yang berdasarkan al-qur’an dan hadis rasul Sallallahu Alaihi Wasallam demikian wallahuam ee nampaknya Ini pertanyaan terakhiri pertemuan kita Sebelum kami akhiri mohon Ustaz memberikan iktitam dari pertemuan ini silakan bismillah walhamdulillah wasalatu wasalam ala rasulillah sebagian orang ingin memuliakan dirinya dan tidak mau dirinya dihinakan ketahuilah Pak bahwa seorang akan Mulia ketika dia bertakwa kepada Allah taat kepada Allah mengerjakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah saat itulah dia sedang memuliakan dirinya dan sebaliknya ketahuilah sebenarnya ketika seorang hamba me hinakan dirinya adalah saat dia bermaksiat kepada Allah saat dia melanggar yang dilarang melalaikan yang diperintah itu dia sedang merendahkan dirinya kali ini kita dapati dari perkataan para ulama Salaf di antaranya Yahya Bin Abi ksir rahimahullah beliau berkataa yqal ada orang dahulu berkata Ma akramal ibadu tidak pernah ada orang-orang yang memuliakan dirinya dengan cara melebihi ketaatan kepada Allah subhanahu wa taala dan tidak pernah ada orang-orang yang merendahkan dirinya dengan cara bermaksiat kepada Allah Azza Walla jika ingin engkau memuliakan dirimu taatilah Allah jikaau ingin engkau merendahkan dirimu maka bermaksiat kepada Allah subhanahu wa taala adalah cara untuk merendahkan Dir wallahuam Nab muhammadhamdulillahbilamin wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuham warahmatullahi wabarakatuh barakallahikumahirust Terima kasih atas pelajar dan bimbingan yang telah disampaikan di kesempatan Rabu Pagi hari ini semoga yang singkat ini dapat menambahkan ilmu kita Dan Allah berikan Taufik untuk kita bisa mengamalkannya dalam rangka meningkatkan keimanan serta ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa taala jazakumullahuiran atas kebersamaan Antum semuanya memerhati rja di manaun anda berada dan kami yang berugas mohon pamit undur diri kami akhirihakallaham laaha an asagfira wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik]
Ustadz Ahmad Zainudin, Lc | Kitab Fathul Majid Syarah Kitab Tauhid
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply