Ustadz Mahfudz Umri, Lc | Ad Daa Wa Ad Dawaa

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

Fadil Yazid Bin Abdul Qadir jawaz Beliau mengatakan sesungguhnya ibadah itu berlandaskan pada tiga pilar pokok yaitu hub cinta khauf takut raja atau harap asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahiabbil alamin wasu wasamu asyaursalin waiiab Islam rahimani warahimakumullah memerhati R di manapun Anda bisa menyimak Siran kami kita memuji Seraya bersyukur k Allah atas segala nikmat dan karunianya kita dapat berjumpa kembali di qu tilawah al-quran dan kajian Islam TV dan radio Roja selawat dan salam Semoga senantiasa terlimpah dan tercurahkan kepada nabi kita Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam untuk keluarganya untuk para sahabatnya dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman nanti senang sekali kami dapat menghadirkan kembali kajian dan bimbingan ilmiah langsung kami hadirkan bersama guru kita Ustaz Mahfud Umri alss hafidahullahu taala dari masjidatus shihin Kota Bekasi guna melanjutkan pembahas kitab addwawa subtema maksiat melenyapkan rasa malu Seperti apa dan bagaimana pembahasan mengenai masalah ini kita simak kurang lebih 1 jam ke depan untuk k yang bertanya silakan di 021 8236543 atau melalui pesan singkat 0819896543 baiklah kepada Ustaz kami persilakan fatafadol maskuran ya Ustaz barakah Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh innalhamdulillah nahmaduhu waastainuhu waastagfiruh waudubillahi Min syururi anfusina Wamin sayiati aalina Man yahdihillahu Fala mudillalah waman yudlil Fala hadiyaalah Ashadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa Ashadu anna muhammadan abduhu waasuluh ya ayuhina amanlahqqi waantum muslimun yaumum w w uhammadahuaihi was para jemaah yang ada di masjid Ikhwan Wal akhwillah rahimani warahimakumullah para pendengar radio ra dan juga pemirsa Roja TV di mana pun anda berada Semoga Allah subhanahu wa taala selalu memberikan penjagaannya kepada kita sehingga kita dengan karunia Allah tetap istikamah di atas jalannya hingga kita menghadap Allah mudah-mudahan dalam keadaan Husnul Khatimah kita akan lanjutkan kajian kita dari kitab addwad Dawa di mana penulis Ibnu qayyim aljauziyah beliau menyampaikan dan menjelaskan tentang pengaruh-pengaruh buruk dari perbuatan dosa pada asalnya semua perbuatan dosa akan melahirkan berbagai macam keburukan di dalam kitab ini beliau memberikan perincian ya rincian-rincian penjelasan-penjelasan detail terkait pengaruh dosa di antaranya adalah ya almaasiibul haya flun ya bahwa maksiat akan melenyapkan rasa malu karena maksiat dengan rasa malu tentu dua perkara yang sangat bertentangan ketika orang berbuat dosa berarti dia tidak memiliki rasa malu karena [Musik] dia selalu akan bersama dengan pengawasan Allah rabbul alamin Ketika seseorang itu berbat dosa dan dia merasa diawasi oleh Allah berarti tidak punya rasa malu ya beliau mengatakanal muallif rahimahullah w batihaahabulziua madatu hayatilbi wahua asluirin wahuabulir ajma di antara akibat atau sanksi ya dari perbuatan dosa buah hasil buruk dari perbuatan dosa adalah lenyapnya rasa malu ya Di mana rasa malu itu merupakan madatu hayatilb merupakan bahan dasar bahan dasar ya dari apa dari kehidupan hati hati itu mau hidup harus punya rasa malu kalau sudah tidak ada rasa malu maka kehidupan hati terancam dari sakit parah parah Sampai Mati ya ini para jamaah wirin dan malu merupakan pangkal dari berbagai macam keburukan kebaikan ya dan sirnanya rasa malu menyapkan seluruh kebaikan ya jadi beliau di sini ingin menyampaikan kepada kita bahwa di antara sanksi ya akibat buruk dari perbuatan dosa yang dilakukan manusia adalah hilangnya lenyapnya rasa malu satu yang kedua rasa malu merupakan bahan dasar bagi kehidupan hati hati yang hidup kalau ingin hatinya hidup harus ada rasa malu ya malu kepada Allah dan juga malu kepada manusia dan malu bagian daripadaahaallah Iman Muslim nabi bersabda iman itu ada 60iway 70 cabang yang paling utama kalimat tauhid Lailahaillallah dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan dan rasa malu termasuk bagian dari iman dan iman bercokol di hati akan keluar dari neraka orang-orang yang masih ada iman dalam hatinya meskipun seberat biji Zarah malu bagian daripada iman iman bercokol dalam hati hidup dan matinya seseorang bergantung juga kepada sikap atau sifat malu yang dimiliki ketika sifat malu hilang maka hilanglah kehidupan hatinya ya karena malu itu akan mendatangkan kebaikan sebagaimana nabi bersabda kata beliau waahih Anhu wasallamahu Q alirun ku ya dalam hadis yang sahih ya yaitu Sahih Muslim di sini bahwa nabi bersabda rasa malu merupakan kebaikan seluruhnya ya lengkapnya hadisnya AD [Musik] semuanya kebaikan lalu busyar bin kaab mengatakan Kami mendapatkan para sebagian kitab ya atau hikmah ya kitab-kitab Samawi bahwa di antara malu sesungguhnya Sakinah wqar lillah di anara mal adalah sakinatan wq lillah ketenangan dan sikap tenang karena Allah dan diantaranya adalah ya Ada perkara yang lemah Ah di sini maksudnya ketika Imran Ibnu Husain menyampaikan hadis nabi busyair bin kaab mengomentari dengan sumber yang lain sehingga eh Imran bin Husain beliau marah nampak mata kedua matanya merah ya dan mengatakan Bagaimana aku sampaan kan kepadamu hadis rasul Sallallahu Alaihi Wasallam sementara kamu bantah ya kamu apa menghadapkan dengan yang lain sampai mengulangi hadis buir pun juga mengulang begitu Imran marah ya dan senantiasa terjadi perkataan seperti itu di sini tentu banyak faedah yang bisa kita ambil bahwa cukup ya dengan apa yang disampaikan nabi sallall sahu Alaihi Wasallam tidak memerlukan yang lainnya dan Ibnu qayyim aljauziyah rahimahullahu taala beliau membawa Syahid Alha Kirun kulluh rasa malu merupakan kebaikan semuanya ya jadi semua rasa malu merupakan kebaikan para jemaah semua rasa malu merupakan kebaikan di sini ya Nah Oleh karena itu di dalam hadis yang lain juga disebutkan Alha la Yati illa bhair bahwa rasa malu tidaklah datang kecuali mendatangkan kebaikan ya Ada sebuah hadis ya bahwa ada orang yang EE mencela saudaranya karena memiliki rasa malu sehingga gugur menggugurkan haknya nabi lewat ya biarkan saja dia malu karena apa Karena itu bagian dari iman hadis Abdullah bin Umar bukhibi wasam rasullahahuaihi was F Inal Haya minal iman ra Bukhari Nomor 61 18 dari Abdullah bin Umar nabi melewati seseorang ya yang sedang mencela saudaranya karena rasa malu jadi nabi melewati seorang sahabat sahabat itu sedang seorang itu mencera saudaranya ya disebabkan rasa malu yang dimiliki oleh saudaranya dicela Dengan mengatakan innaka tastahi kamu sungguh-sungguh benar-benar malu Hatta kaahu yaqul hingga dia seakan-akan mengatakan qod Adika ya bahwa rasa malumu itu membuat apa membuat kamu rugi mencelakakanmu apa kata Nabi rasulah bilang dahu biarkan ya karena malu termasuk bagian dari iman dijelaskan oleh para ulama ini orang ini karena malu sehingga diam saja dia tidak berbuat apa-apa padahal mencelakakan dia merugikan dia Lah ini kan hakmu minta saja enggak apa-apa gak saya malu kan ada orang begitu ya ya Nah ini enggak apa-apa enggak Saya malu ada orang yang bukan malu tapi apa malu malu-maluin Ada yang malu ada yang malu-maluin ini orang punya hak ini dia berhak dapat dijelaskan oleh para ulama ya mungkin atau atau warisan atau apalah ya Pokoknya dia malu nah itu pemalu orangnya pemalu ya tapi kayak Abu Sufyan saja juga punya malu Abu Sufyan ketika menghadap herklius menanyakan tentang Nabi Muhammad Sallallahu alhi wasallam dijawab dengan jujur dan dia mengatakanah Dar AB Abas abufan mengatakan ketika menadap heraklius ditanya tang nabi dijawab jujur dan dia mengati allahand bukan karena rasa malu di saat itu ya maka aku berbohong kepada tem-em u ya ketika herkus tanya tentang kepadaku tentang Nabi Muhammad tapi aku malu malu itu masih kafir itu malu itu malu ini penting dan malu ini ada dua dari sudut pandang pertama dari sudut pandang hasil dari mana malu Yang kedua malu yang terpuji dan tercela ya pertama malu itu para jemaah ada yang langsung benar-benar dari orok dari sananya ya karunia Allah Taala Ya seperti ee yang diberikan kepada seorang sahabat ya hadis Abdul Abbas Rasulullah Sallallahu was yaitu asaj Abdul qis in yaah nabi wasamad yaitu Asad abdulri inuhahma Ibnu Majah danani ya kamu memiliki dua kebaikan yang Allah cinta kepada keduanya yaitu alhilmu alhilmu alql ya atau asabr wal wal Haya dan rasa malu ya dan rasa malu itu sampai beliau berdoa ya berdoanya ketika di beritahu riwayah alilmuat alanat itu sikap yang tidak terburu-buru ya diberikan atau ketika diberitahu oleh Nabi seperti itu dia bertanya Ya rasulah wahai Rasulullah Saya memang memiliki akhlak seperti itu atau itu merupakan pemberian Allah allahah itu Pian Allah Alhamdulillah ya zat yang telah memberikan aku dua kebaikan yang Allah cintai dan juga rasulnya ahah yang kedua adalah memang dia bawaan ini ya yang terjadi kepada al-asaj ya kepada Al al-asaj bin Abdul Qais oke ya alasad ya Abdul qis jadi ini karunia bahasa orang sekarang adalah bawaan bawaan dari dari sana ada yang kedua yaitu apa almuktasab harus di apa diusahakan karena ada orang engak punya malu cuek emang gue pikirin nah ini emang gu pikirin ya Nah ini para jemaah nah perbuatan dosa inilah yang melenyapkan rasa malu sehingga kita harus kalau memang kita bawaannya memang enggak punya malu itu harus di diapakan dibiasakan ya dipelajari dilatih untuk memiliki rasa malu kalau al-asaj IBN Abdul qois memang dia merupakan apa karunia Ya seperti juga tadi seorang sahabat tadi ya Di mana Ketika Nabi melewati ya seorang karena celah mencela orang karena sifat malunya bahasa orang sekarang apa tidak tidak enakan ada yang enak banget ada yang tidak enakkan ada yang enak banget G ada yang Emang prinsipnya emang gue pikirin Nah di sini ya rasa malu ini penting Kenapa karena kalau hilang itu menunjuk kan bahwa kita ini berlumuran dengan dengan dosa ya karena dosa itu akan menghilangkan rasa malu ya itu hadis ya yang dibawa hadis Imran Ibnul Husain ya Imran Ibnu Husain yang diriwayat imam muslim dan juga Imam Bukhari juga meriwayatkannya kemudian berikutnya beliau baahwa hadis di anara pertama yang dikenal oleh manusia dari perkataan kenabian yaitu ucapan Kalau engkau tidak memiliki rasa malu maka berbuatlah ah berbuat diiah ya Kia DII ada pjelasan Adapun penjelasan pertama adalah malu di sini dalam rangka sebagai peringatan ya kalau kamu enggak punya malu silakan burbat semamu makna yang pertama adalah sebagai peringatan Apa maksudnya Barang siapa yang tidak memiliki sifat malu rasa malu maka dia akan berbuat seenaknya semaunya dari perbuatan-perbuatan yang jelek dan buruk ya dan yang membawa untuk meninggalkan atau jadi sebab untuk meninggalkan perbuatan buruk adalah rasa malu akun jika di sana tidak ada rasa malu yang bisa menahan dan mendorong orang tersebut untuk berbuat buruk dan jelek maka dia bisa terjatuh ke dalam perbuatan buruk itu ini merupakan penjelasan Abu ubaid ya artinya rasa malu ini akan menghalangi seseorang untuk berbuat dosa ya berbuat dosa bahkan ketika perbuatan itu ya tidak sesuai dengan fitrahnya manusia maka dia akan merasa malu apalagi perubuatan dosa Nah sekarang kita lihat perbuatan dosa yang dibiarkan menumpuk dan akan melenyapkan rasa malu ya Apa contohnya ya orang berbuat dosa B perbatan dosanya seperti nabi bersabda bahwaapat dimafkan orang yang menkan dosanya bar k w waq bata yasturuuhubihu yaksifu sitrahi anu rawahul Bukhari dari Abi Hurairah radhiallahu taala Anhu semua umatku dimaafkan kecuali orang yang menampak-nampakkan dosa memperlihatkan menunjukkan memberitahukan ya di antara orang yang menunjukkan dan memberitahukan nampak-nampakan dosa adalah seorang berbuat dosa di malam hari pagi hari sudah Allah tutup tapi dia ngomong sama orang Hei Fulan Tadi malam saya berbuat dosa begini dan begitu padahal ketika dia bermalam sudah ditutup oleh Allah sementara di pagi hari dia ungkap dia buka sendiri apa yang sudah ditutup oleh Allah ya Bahkan apa kalau saya enggak munafik nih saya minum-minum keras enggak munafik saya kan gitu gu itu adalah sudah sudah apa sudah puncak dari hilangnya rasa malu itu proses rasa malu itu hilang ya maka di sini seperti yang kita dengarkan tadi ya bahwa ada sahabat yang apa yang tidak enakan nah tidak enakan ini termasuk rasa malu tidak enakan ya tapi jangan tidak enakkan dalam kebenaran ya sebab eh sahabiah Anshar mereka tidak malu kepada kebaikan ya tidak malu mereka dengan kebaikan ya bagaimana nabi bersabda bahwa Allah tidak malu dengan kebaikan innallah la yastahi Minal Haq ya bahwa Allah tidak malu dengan kebaikan laahyi minalq tidak malu dari kebenaran ya Nah ini penting untuk tidak malu kebenaran makanya Sai Ansar Mereka bertanya kepada nabi ya tentang apa tentang eh kebenaran ya Dengan mengatakan bahwa Allah tidak malu dari kebenaran Ya Allah tidak malu dari kebenaran itu para jemaah rahmati Allah nah dengan demikian kita harus melatih diri ya kalau kita tidak kita enakkan ya sama orang ya enakkan dalam pengertian itu didasari tidak malu karena itu ada awal makanya nabi ketika melihat seorang mencela saudara nya karena punya rasa malu terhadap hal yang mubah hal yang biasa nabi Biarkan biarkan saja dahu yaal Iman Biarkan saja karena malu itu termasuk bagian dari dari iman ya Malu termasuk bagian dari dari iman nah ini ya ini para jemaah nah Oleh karena itu Mari kita apa kembangkan tumbuhkan rasa rasa malu ya anal ini makna yang kedua analahu minallah faalhu waamziuua maahi minhu minallah ya yang kedua maknanya adalah Kalau engkau ya yaitu rasa malu tadi tidak malu kepada Allah maka silakan berbuat Ya silakan berbuat Enggak ada masalah ya di sini maknanya Apa maknanya adalah kalau ini ini perkara yang benar ya ada orang mau Sal ke masjid malu ada orang mau pakai jilbab malu ada orang mau sedekah malu ya ini yang keduaah jadi kalau fiil perbuatan itu tidak malu ya dari Allah kerjakan karena kalau ditinggalkan karena malu pada Allah Taala ya W tafsir Al Imam Ahmad riwayti Ibni Hani ini penjelasan Imam Ahmad dalam riwayat Ibnu Hani ya aalakunahidanbahatan Adapun makna yang pertama adalah tahdid yaitu peringatan seperti berbuatlah semumu kalau kamu mau ini peringatan ada yang kedua merupakan izin ya merupakan izin ah Maksudnya di sini para J dirahmati Allah Ya baik makna yang pertama yang kedua itu bisa dua-duanya kata i qayim ya bisa dua-duanya namun Apakah bisa dibawa ka makna tidak dan juga dibawa kepada pendapat yang mengatakan bisa dibawa kepada banyak makna ya Kenapa karena tidak mungkin ya dua makna antara peringatan dan boleh ya mungkin digabung ya tapi ketika orang memakn yang pertama maka juga tidak boleh meng kedua ya ketika yang ka tidak Bole maksudnya DII itu yang Dar seor hamb bahkan sifat malu bisa lepas semuanya dari seorang hamba orang yang punya malu ini tidak bergeming tidak terpengaruh sedikitp ya dengan apa dengan orang pengetahuan orang orang tahu dengan kondisi dia ya dengan kondisinya dia yang buruk pemabok ya Penipu dan lain sebagainya dan la sebagainya orang sampai mengintai orang ini berbahaya ini tapi tidak apa tidak berpengaruh sampai seperti itu para jemaah ya Jadi kalau kalau sudah rasa malu menipis bahkan hilang orang tahu kalau dia punya sifat buruk emang gue pikirin sudah tidak sudah gak bergeming yang penting apa syahwatnya terpenuhi yang penting apa keinginannya terpenuhi ini ya Bahkan banyak dari manusia yang sudah memberitahu bahwa Fulan begini dia begini begini tentu kalau urusan pribadi tentu tidak boleh ya Ya karena harus ditutup aiblim ak Barang siapa menutup aib ya seorang muslim akan ditutup nanti aib kita di dunia dan akhirat tapi ini karena sudah rasa malu hilang berbuat dosa itu di depan manusia terang-terangan nah kalau yang terang-terangan ini sudah banyak orang tahu bahkan juga perbuatan dosanya itu membahayakan orang lain ya membahayangkan orang lain seperti tadi Pelangi dan lain sebagainya membahayakan orang lain maka di sini boleh sampai orang itu tahu orang sampai itila itulah sampai mengintai untuk diberitahu kepada orang lain tapi dia juga enggak bergemi ya Wik insilu Minal apa yang membawa dia bisa berbuat begitu ya tidak peduli cuek EGP emang gue pikirin apa terlepasnya dari sifat malu ya apabila seorang hamba sudah sampai pada titik seperti itu kondisinyaun maka tidak ada harapan kebaikan sedikitp kepada orang itu ya Ini Wa kudian menukil satuir ya Ba IQ apabila iblis ya menampakkan wajahnya apayau aku berkorban Siapa yang tidak bisa Selamat ya ini para jemaah ini kalau sudah tidak rasa malal kalau sudah iblis lihat ya orang tidak punya malu maka dia tidak akan selamat dari jerat-jerat iblis tersebut Wal must Minal haah Ini penting ini ya haya malu itu adalah pecahan kata dari kehidupan air jujan disebut dengan Ha kenapa karena dengan air hujan itu ya di situ ada keberlangsungan kehidupan bumi tanah tumbuhan dan juga hewan begitu pula dinamakan dengan malu Haya ya yaitu apa kehidupan dunia dan kehidupan akhirat sehingga orang yang tidak punya rasa malu ya maka dia mati di dunia celaka di ak akhirat ya Mari kita jaga rasa malu ini ya dan rasa malu juga ee sifatnya Allah subhanahu wa taala ya Allah itu juga Hayun Karimun Allah juga punya rasa ee beliau Allah Taala ya punya sifat malu ya bagaimana nabi bersabda Sallallahu Alaihi Wasallam inakumun jah dari Salman alfisiah sesungguhnya R kalian itu malu dan mulia dia malu ya kepada hamba yang mengangkat ka tangannya yaitu berdoa lalu ditolak kosong tidak dapat apa-apa jadi malu ya sifat Allah sesuai dengan ma yaliku bihi ya Ma yaliku bihi sesuai dengan keagungan Allah subhanahu wa taala ya manusia punya malu sifat malu Allah juga sifat malu tidak sama la wahu samul bir ya dan malu akan membawa kepada kebaikan sifat malu akan membawa kepada kebaikan semuanya dan kalau kita tadi ya kalau kita melakukan sesuatu kalau membuat jiwa kita hati kita tenang silakan lakukan tentu saja kalau ada syariat maka tentu syariat yang harus dikedepankan karena orang tidak tahu ini hukumnya Seperti apa tapi dia malu untuk melakukannya untuk mengucapkannya maka bertanyalah kepada hatinya ya sebagaimana ee hadis binad Al ya atau aladi ya kamu datang bertanya tang kebaikan dan Dosa Iya apa kata na mintaatwatim Yang hati tenang ya Adapun dosa adalah yang membuat Jiwa tidak tenang ya dan ragu dalam hati meskipun orang-orang ya memberi fatwa padamu atau kamu minta fatwa kepada manusia ya itu yang membuat hati tidak tidak tenang nah ini rasa malu iniemah akan hilang kalau kita berbuat dosa sementara malu bagian dari iman malu adalah karunia malu mendatangkan semua kebaikan kata nabi ya Malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan rasa malu kebaikan semuanya ya Adah bagian dariu dan Allah Mulia Nah kalau sudah tidak punya rasa malu memang menunjukkan tanda-tanda keburukan yaitu apa yang paling mengerikan sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan dalam hatinya ya Dan kalau sudah tidak ada tanda kehidupan dalam hati hati keras ya ya apa ayatnya Allah Taala berfirmanudti kalian mengeras seperti batu Ya seperti batu setelah itu bahkan lebih keras daripada batu [Musik] albaq 74 kemudian hati kalian keras setelah sudah ada banyak peringatan Ya seperti batu ya Bahkan apa bahkan lebih keras padahal batuadahalatu yang keras masih ada kebaikan memancar mata air ya kemudian Apa ada yang jug peahpahaat 74 ini menunjukkan kepada kita Allah Taala menjelaskan kondisi orang yang hatinya mengeras yang pertama yang kedua dikiaskan dengan batu yang keras yang ketiga batu yang keras masih ada kelebihan dan kebaikannya memancar air ya Antum kalau pergi ke tempat bebatuan keluar air apa yangtum lakukan mungkin ciduk airnya airnya bening bersih ya dingin di puncak-puncak Gunung selfie batu-batu keras itu bahkan baju jadi simbol-simbol kebaikan batu yang keras ya Bahkan orang bikin batu batu apa batu batu palsu ini para jemaah artinya apa batu yang keras itu masih banyak manfaat tapi kalau hati yang keras susah menerima kebenaran hati yang keras susah untuk mendapatkan kebaikan ya apa apa yang di sini yang menjadi penyebabnya adalah hilangnya rasa malu ya Apa penyebab Hilang Rasa malu ada kebiasaan membiarkan dosa ya akhirnya Coba kita lihat ya orang mau menjalankan sunah malu sebentar orang berbuat dosa depan umum tidak malu kelihatan auratnya tidak malu bonceng istrinya di atas motor auratnya kelihatan suaminya tidak ada keemburuangat ya orang tidakukiliat Allah di hari kiamat yang pertama apa anak durhaka kepada kedua orang tua yang kedua wanita yang menyerupai laki-laki yang ketiga adus siapa alladzi la Al ahlih kepala rumah tangga yang tidak memiliki kecemburuan agama kepada keluarganya anak tidak salat dibiarkan ya anak berbuat dosa maksiat dibiarkan istri kelihatan auratnya dibiarkan nah ini addayyus itu semua berangkat dari apa perbuatan dosa yang terbiarkan tidak langsung Segera untuk mohon ampun seger mohon ampun pada Tuhanmu P Allah dibiarkan ya dibiarkan dosa menutupi hatinya tertutup tertutup akhirnya tercabutlahyahlah lenyaplah rasa malu kalau sudahasa malu lenyap tidak ada kebaikan yang bisa diharapkan ya kata beliau antara dosa sedikitnya malu tidak adanya keceemburuan itu sama satu sama lain saling berpengaruh talazum saling berpengaruh ketika dosa rasa terangkat terasa Mas terangkat mudah berbuat dosa ketika mudah berbuat dosa tidak Ada girah kecemburuan ketika melihat dosa apalagi di luar di keluarganya saja tidak ada rasa galau ya sudahlah biasa itu biasa akhirnya biasa ya zaman sekarang mau apa lagi biasa itu jangan harus kita tangkap ketika Allah memberikan teguran ya gelombang dan hati kita sebagai radarnya sebagai sensornya tangkap diolah diproses ada input diproses output-nya apa macam-macam kebaikan ya istigfar tobat ingkarul mungkar Amar Makruf ya nahi mungkar itu kalau minimal apa sadar tahu itu salah istigfar ya istigfar para jemaah ya satu dengan yang lain saling mengajak kalau tidak Kalau tidak punya malu mudah berbuat dosa kalau suka dosa malunya akan hilang kalau berdosa akan hilang rasa kecemburuan agamanya ya Siapa saja yang malu kepada Allah ketika dia berbuat dosa Allah juga malu untuk mengadab ketika hari berjumpa dengannya Barang siapa yang tidak malu berbuat dosa maka Allah pun juga tidak malu untuk memberikan siksanya ya memberikan siksanya dan kalau sudah orang berbuat dosa akan dihinakan Allah subhanahu wa taala ya dan barang siapauhillah mukrim ya Barang siapa yang dihinakan Oh Allah maka tidak ada yang bisa memberikan kemuliaan surah alhaj ayat 18 ya mukrim inallaha yaalu Yasya Barang siapa yang dihinakan oleh Allah Allah menghinakannya maka tidak ada yang bisa memberikan kemuliaan kepadanya dan kehinaan itu para jemaah tidak lain karena perbuatan do dosa oleh sebab itu tidak ada jaran lain kecuali kita istigfar dan tobat kepada Allah rabbul alamin senantiasa memohon ampun Karena hati kita berbolak-balik ya hati kita berbolak-balik sehingga kita berharap hanya ampunan dan rahmatnya Allah subhanahu wa taala sekarang pagi Mukmin sore kufur sekarang bisa menjaga keehlasan sebentar lagi RI sebentar lagi sumah sebentar lagi kiber sombong ujub berbolak-balik maka selalu minta pada Allah Taala dan hatinya kalau ada rasa malu hatinya dia tetap akan hidup kalau hidup kita tahu kalau hidup apa ya terasa sebab unsur kehidupan hati terpenuhi menuh-menuh hati semakin sensitif hatinya ya Bukankah Syirik lebih ringan dibandingkan dengan Apa langkah semut ya ab bakrinum aki akuk Allah inniika W abuakar KBI sesgnyaik itu lebih ringan bagi kalian dibandingkan dengan langkah semut t tidak kitaut perar tidak tidakar Sulaiman tah bahasanya semutak t dengar nah Syirik lebih ringan daripada itu sampai nabi bersumpah demi zat yang jiwa Muhammad berada di tangannya Syirik itu lebih ringan dibandingkan dengan langkah semut lalu Beliau ber menyawarkan kepada Abu Bakar Maukah aku tunjukkan kepadamu sesuatu kalau kamu mau melakukannya akan sirna hilang bentuk kesyirikan ituun yatir sedikit atau banyak yang hilang baca apa Allah Coba kita tanya dalam hati kita ya Coba kita Muhasabah ketika perbuatan dosa yang sudah kita lakukan ada tidak di dalam bisikan hati bahwa itu tidak benar pasti ada tapi dibiarkan dibiarkan dibiarkan sembunyi-sembunyi akhirnya terang-terangan Kalau perlu apa dimasukkan konten Ya supaya dapat dapat viral dapat Juan dapat duit coba para Jem dan sekarang ada tidak begitu Iya telanjang minum-um keras makan babi baca bismillah coba ini hanya ingin apa ingin terkenal sudah enggak malu tidak malu ini nah Oleh karena itu Mari kita segera mohon ampun kepada Allah bertobat kepada Allah subhanahu wa taala karena apa sebenarnya Ya seperti yang disampaikan dalam Alquran wfsi wahaahujura waqwaha Q aflahakaha waqaha demi jiwa yang dan meluruskannya Allah berfirman demi nafsu Allah mengilhamkan kepada nafsu buruk dan baik dosa dan takwa Nah kita terasa itu tapi kita biarkan Biarkan biarkan tertutup hatinya ya tertutup Seperti apa ysu apa yang menutup hatinya dosa-dosa itu kalau sudah tertutup ya sudah tidak sensitif lagi bukan hanya tidak sensitif terbalik hatinya bisa terbalik ya AB nabi bersabda fitnah yaitu syubhat dan syahwat senantiasa ditawarkan kepada hati manusia ya Ada fujur ada takwa ditawarkan baik dan buruk seperti a sedikit demi sedikit seperti any mantikar dan hati siapa saja yang menerima fitnah syubhat dan syahwat fujur keburukan akan ada noda hitam terima lagi noda hitam terima lagi noda hitam dan siapa yang menolaknya akan membersihkan hatinya sampai hati terbagi Jadi dua macam hati yang hitam seperti belanga hitam yang Terbalik ya Sehingga apa kalau ini kan hati itu nerima ilmu kalau begini nerima air bisa kalau sudah kotor terbalik di sisi air Enggak bisa ya di sisi air begini tidak bisa terbalik jangankan ya di apa namanya Tidak kotor bersih kalau terbalik enggak bisa apalagi sudah kotor Terbalik itu permisalan yang diberikan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dengan hati yang suka menerima dosa fitnah syubhat dan syahwat akhirnya apa yang terjadi Hawa ya tidak bisa mengingkari yang mungkar tidak bisa mengenali yang Makruf kecuali mengikuti hawa nafsunya kalau memang sesuai dengan hawa nafsunya mau mungkar mau Makruf mau baik mau dosa terima Tapi kalau tidak sesuai dengan nafsunya hawa nafsu mau baik mau enggak diterima jadi ukurannya hawa nafsu yang pasti meskipun baik Kalau hawa nafsu jadi jelek dan buru apalagi yang buruk ya dengan lebikian Apa karena hati terbalik melihat segala sesuatu bisa terbalik melihat Syirik dianggap sebagai kebaikan melihat perbuatan bidah dianggap sebagai perbuatan baik melihat tauhid perbuatan sunah dianggap hal yang aneh dan asing Kenapa karena ukurannya hawa nafsu itu semua tercabut karena apa perbuatan dosa sehingga juga tidak malu-malu menilai sesuatu mengukur sesuatu tidak sesuai dengan yang seharusnya demikian para jemaah Alhamdulillah selesai ya terkait dengan ee pasal perbuatan dosa melenyapkan rasa malu Insyaallah ee almaasi yaif takimar perubuatan maksiat itu melemahkan keagungan atau mengagungkan Allah subhanahu wa taala pada pertemuan yang akan datang mudah-mudahan Allah berikan kepada kita rasa malu kalau kita barangkali merasa ya Kok saya ini kok tidak punya rasa malu berarti Apa perlu malu Yang kedua yaitu muktasab ya rasa malu harus dilatih harus dilatih nah bagaimana cara melatihnya untuk membedakan albir walm kebaikan dan dosa minta fatwa pada hatinya Kalau hatinya cenderung ini tidak tidak benar ini saya enggak enakan nih enggak enak seperti ini ya maluah tapi kalau sudah enggak Enakan itu hilang pelan-pelan sudah Semuanya serba enak mau diapakan orang sudah enak semuanya ya demikian para jemaah barang ali yang bisa saya sampaikan saya kembalikan kepada ikhwah yang ada di studio ffadol maskurb Ustaz Barakallah fikum jazakallahu Khairan Terima kasih atas pelajaran dan bimbingan yang telah disampaikan semoga menjadi tambahan ilmu untuk kita semuanya Selanjutnya kami akan berikan kesempatan bagi anda yang ingin bertanya seputar pembahasan yang telah disampaikan oleh Ustaz di kesempatan pagi hari ini silakan bisa menghubungi Nomor kami di layanan Telepon 0218236543 via telepon Kemudian untuk pesan singat di 0819896543 silakan bagi Anda yang bertanya kami berikan kesempatan dan waktu yang luas haloamikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Bapak mohon maaf dengan siapa Di mana ini ingin menanyakan masalah menjamak salat antara zuhur dengan asar ketika masih mukim ketika niat ingin berangkat setelah salat zuhur Ana tarik salat asarnya di salat zuhur karena niat berangkatnya setelah itu Ustaz karena ee apabila tidak dijamak akan kbotan untuk naik bus yang tidak mampir seketika waktu asar tiba Apakah boleh ditarik begitu Ustaz mohon nasihatnya kahiran asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh silakan Ustaz ya Jadi kalau kita berbicara ya tentang salat menjamak ya maka memang pertama ada salat jamak ya karena Safar ya karena hukum asal salat itu apa Inan ma ya hukum salat itu salat pada waktunya ya Sesungguhnya Allah telah menetapkan bagi orang beriman salat dengan waktunya nah tapi ada hadis yang menjelaskan bahwa nabi pernah salat ya tanpa apa tanpa ada rasa takut atau juga tanpa hujan ya itu nabi pernah melakukan ya Apakah itu boleh ya maka boleh ya seperti hadis Ibnu Abbas yang di muslim jemaah Rasulullah Sallallahu alhi wasallam asr Wal magrib Wal Isya madinahir khaufin W Mat ya mu abl Dar abasah Rasulullah menjamak zuhur dan asar Magrib dan Isya di Madinah berarti tidak Safar Tana tak tanaanya hujan di hadis waki dikatakan aku bertanya kepada Ibnu Abbas ya Kenapa Rasul melakukan itu ya supaya tidak berat bagi umatnya ya dalam hadis nabi muawiyah ditanya ditanyaas kenapa Nabi ban itu apa yang beliau inginkan supaya tidak berat bagi bagi umatnya ya maka boleh tapi jangan selalu dijamak tentu saja ya demikian Allah ik Ustaz Barakallah fikum W jaazakallahu Khairan Terima kasih atas jawaban dan nasihatnya khususnya untuk pennanya dan kita semua yang menyemak ber kesempatan kali ini Pertanyaan selanjutnya Ustaz dari hamba Allah yang bertanya Ustaz saat ini masyarakat pada umumnya banyak melakukan hal-hal yang mereka tidak ketahui Apakah ini adalah merupakan perbuatan dosa atau maksiat karena minimnya ilmu Sehingga lingkungan yang terbentuk cenderung membentuk orang-orang yang kurang rasa malunya bagaimana menyikapi hal ini khususnya dalam kita mendidik anak-anak kita yang berada di lingkungan seperti ini silakan Iya jadi banyak orang melakukan perbuatan-perbuatan dosa dengan tanpa malu dengan sebab minimnya ilmu bagaimana api hal itu yang pertama harus diketahui bahwa menuntut ilmu kewajiban bagi setiap muslim ya menuntut ilmu kewajiban bagi setiap muslim baik laki atau perempuan ya yang kedua yang kedua adalah harus mengetahui keutamaan keutamaan menuntut ilmu ilmu itu apa k k qim atau juga imamahabi ilmu itu Firman Allah sabda Nabi perkataan para sahabat nah Maka kalau ada tempat-tempat diajar ilmu kita belajar kalau tidak belajar kena ayat-ayat atau hadis-hadis yang terkait dengan apa ancaman orang yang tidak mau menuntut ilmu diantaranya Allah berfirman lamun Katakanlah Apakah sama orang yang tahu dan orang yang tidak tahu apakah sama orang yang menuntut ilmu dengan orang tidak menunut ilmu tidak sama pasti bahkan orang ibadah ahli ibadah tak Enggak pakai ilmu tidak sama fadlul Alim alalid kafil qaril Kawakib keutamaan orang berilmu dengan ahli ibadah tanpa ilmu seperti apa seperti keutamaan sinar bulan purnama dibandingkan dengan sinarnya Bintang Ya tentu bersinar bulan purnama meskipun bintang banyak di langit Kalau tidak ada sinar bulan susah untuk berjalan nah itu yang kedua ancaman orang tidak mau menuntut ilmu harus ketahui nah kemudian yang berikutnya baru kalau memang betul-betul tidak tahu tentu dimaafkan W ya tidaklah kami mengazab kecuali sampai kami mengutus rasul maksudnya sampai dia sampai kepadanya hujah Nah sekarang orang ada tidak tahu ada yang pura-pura tidak tahu ada orang yang tidak mau tahu ya kalau pura-pura tidak tahu dan tidak mau tahu itu yang kena ancaman kena ancaman dan orang belajar ilmu dalam rangka untuk membela agama Islam ini ya sebagaimana juga Allah berfirman arsau Wal musrikun dalam surah Alfat ya wfaillahi Syahida di akhirnya surah ass ayat ke9 adalah apa sama dengan Attaubah 33 dialah Allah yang mengutus rasulnya dengan membawa Alhuda petunjuk ya ulama tafsir Kir albagwi mengatakan apa Alhuda petunjuk alilmu anfi Wil haak Apa agama yang hak alamal Ash jadi Allah ngutus rasul dengan membawa dua ini ilmu bermanfaat amal saleh tujuannya apa Li lam lam llil Liu untuk memenangkan agama Islam di atas agama yang lain walau kihal musyrikun meskipun orang musyrik tidak suka jadi orang musyrik itu benci kalau kita itu ngaji ya dan mengamalkan ilmu dan rasul diutus untuk itu dan rasul contoh bagi kitaakumasulillahi Uswatun Hasanah Oleh karena itu kalau ingin membela Islam Bela dengan apa ilmu dan amal makanya Imam Bukhari ada bab alilmualal ilmu sebelum bicara sebelum berbuat Oleh karena itu menuntut ilmu adalah kewajiban setiap orang Islam ya dan kita diberi Iman diberi merasakan nikmat dan lezatnya ilmu itu karunia yang sangat-sangat besar yang wajib disyukuri ya diberi oleh Allah Taala kebaikan Dengan memahami ilmu itu adalah kehendak baik Allah kepada hamba mandillahiridin Barang siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah akan dipahamkan urusan agamanya tapi tapi kalau orang itu benar-benar tidak tahu apa inallahajisai bahwa Allah memaafkan umatku yang salah karena tidak tahu tidak sengaja atau lupa atau karena ter terpaksa tapi celaan-celaan bagi orang yang tidak mau menuntut ilmu sangat banyak di antaranya tadi firman Allah apakah sama orang yang punya ilmu dengan tidak punya ilmu tidak sama Ya tidak ssama ya ini ini penting bahkan bisa bicara tanpa ilmu W jangan kamu berbicara yang tidak ngti ilmunya pendengaran penglihatan akal semua akan dimintai tanggung jawab tapi kalau tidak tahu Allah maha pengasih dimaafkan ya tapi kalau pura-pura tidak tahu tidak mau tahu tidak mau cari ilmu tentu berada dalam ancaman Allah Taala dan yang pasti berada dalam siksaan batin karena apa Karena tidak punya ilmu ilmu itu kehidupan ya ilmu itu kehidupanillah ingat dengan berzikir kepada Allah hatinya tenang dan ilmu adalah zikir Majelis Zikir majelis [Musik] ilmu ya R Tirmidzi kalau kalian melewati taman-taman surga singgahlah Apa itu taman surga Hil zikirq Zikir wiiwayah majalisuliwayah almajid ya meskipun masing-masing ada lemahnya allahuamwab barangkali sampai di sini kajian kita mudah-mudahan Allah Taala menjaga kita memberikan istiamah ya rasa malu meningkatkan keimanan kebaikan demi kebaikan ingat hati itu berada di antara dua jarinya Allah Taala Kapan Allah memalingkan kita hanya memerlukan ampunan dan rahmat Ya Allah karena surga bisa dimasuki bukan karena amal kita akan tetapi karena rahmat Allah Adapun amal sebagai sebab dan bisa beramal juga karena rahmatnya Allah rabbul alamin wasallallahu ala Nabina Muhammadin waa alihi wasohbihi wasallam syukran wazakumullah atas kebersamaan ikhwah yang ada di masjid sejak subuh tadi kita bahas bulugul Maram dan juga kepada ikhwah yang ada di studio pada kaum muslimin di di Manap pun anda berada dan mudah-mudahan percobaan untuk TV digital di pagi hari ini sampai sebulan ke depan diberikan kemudahan oleh Allah Taala dan kepada semua para Muhsinin yang telah membantu mendukung ya dakwah tersebut dakwah terutama yang di roj TV dan radio Roja dibalas oleh Allah Taala jazakumullahu kir dengan balasan yang jauh lebih baik daripada apa yang diperbuat subhanakallahumma wabihamdik asadu Alla ilahailla Anta astagfiruka wasalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh jazakallahu Khairan wabarakallah fikum Ustaz Terima kasih atas kesediaannya untuk kembali meluangkan waktunya di tengah-tengah kesibukan Ustaz di dalam berdakwah dan mengajar hingga di kesempatan kali ini kita bisa mengambil pelajaran dari pembahasan kitab addwwa dan Islam di Manap pun anda berada demikianlah kaj ilmah yang kami hadirkan pada kesempatan pagi hari ini kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam menghadirkan program acara ini kamai akhiri subhanakallahumma wabihamdika Ashadu alla ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaik wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh than [Musik]

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *