Ustadz Abu Haidar As-Sundawy | Mukhtasar Ma’arijul Qabul

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

saluran tilawah al-qur’an dan kajian Islam kajian Islam Ilia di Roja TV dan radio Roja bahwa tidak ada yang terjadi di alam jagat raya ini kecuali apa yang Allah kehendaki Allahu Azza Wa Jalla infirad dalam hal iradah infirad itu as satu-satunya yang berkehendak hanyalah Allah Azza waalla saksikanlah kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio ro asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah wasalatu wasalamu ala rasulillah waa alihibihi Wal saudaraku seiman dan seakidah sahabat Roja di mana pun anda berada Masih bersama dengan kami di saluran tilawah al-qur’an dan kajian Islam dan Insyaallah sesaat lagi kami akan sambungkan anda dengan sebuah kajian ilmiah yang kami pancaruaskan dari Masjid Agung Al Ukhuwah Kota Bandung Jawa Barat bersama Ustaz Abu Haidar asundawi hafidahullahu taala dan kembali kita akan mengkaji kitab mukhtasar majul Qabul dengan sub pokok bahasan ketika catatan amal dibagikan saudaraku seiman dan seakidah untuk selanjutnya kita akan sambungkan anda dengan kajian ilmiah di Masjid Agung Al Ukhuwah Kota Bandung Jawa Barat kepada Ustaz ffadol Maskur Bismillahirrahmanirrahim asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahilladzi baumai in wa asadu Alla ilahaallahikulin waadu Anna Muhammad abduhuu alihi waashi ajmain Wan tabiahum biihsanin Ila yaumiddin W Ayal ikhwah baik hadirin jemaah Masjid Agung alukhwah Bandung yang Allah muliakan para pendengar radio tarbiah sunah Bandung juga pendengar radio Roja di beberapa kota dan radio-radio lain yang ikut gabung pemirsa rjat TV dan tvtv lain juga para netizen malu akun Manap pun di mana saja anda berada kembali kita berjumpa melanjutkan kajian kit mukhtasar maijil Qabul Kita sedang berbicara rukun iman yang keelima iman kepada hari akhir salah satu poin yang wajib kita imani dari iman kepada hari akhir yang sudah dibahas kemarin adalah beriman kepada adanya para saksi saksi itu dari banyak kalangan para malaikat menjadi saksi atas amal kita para nabi para rasul menjadi saksi atas umatnya masing-masing dan termasuk bumi yang kita injak menjadi saksi atas amal yang kita lakukan bahkan anggota badan kita bersaksi terhadap kita Kalau amal buruk anggota badan dipakai mengamalkan amalan yang buruk mereka akan memberikan kesaksian terhadap keburukan amal tersebut dan mencelakakan pemilik dari anggota badan itu ini sudah kita Terangkan ayatnya ataupun hadisnya kita teruskan salah satu yang pasti kita alami di akhirat yang wajib kita imani adalah nasrus dibagikannya lembaran-lembaran catatan amal ke masing-masing orang kita nanti akan nerima yang tercatat dalam catatan amal kita itu adalah seluruh amal yang kita lakukan baik yang baik ataupun yang buruk nanti akan dibagi makanya waspadai selama hidup di dunia apa yang kita ucapkan apa yang kita tulis dengan jempol kita di Jajat kita itu ditulis oleh para malaikat kanan dan kiri di kanan disebut Raqib di kiri disebut Atid ingat ketika ada dua malaikat yang selalu nempel ketat di kanan dan di kiri kita tidak ada satu kata pun yang keluar dari mulut kecuali dicatat oleh rqib dan oleh a termasuk yang kita tulis ya karena itu amal kita amal yang D lakukan seluruh anggota badan kita oleh lisan kita dicatat oleh kaki kita ke mana melangkah dicatat oleh tangan kita apa yang kita lakukan dicatat yang dilakukan oleh mata telinga kita semuanya dicatat apapun anggota badan yang dipakai alat berbuat amal baik yang baik ataupun yang buruk dicatat yang baik dicatat oleh rak yang Atid dicatat e yang jelek dicatat oleh Atid kita usahakan bikin sibuk rqib kita usahakan bikin nganggur Ati dan sampai sebaliknya setiap hari lebih sibuk aid daripada rqib menunjukkan yang kita lakukan lebih banyak yang buruk daripada yang baik ya Nah nanti buku catatan amal ini dibagikan ke masing-masing orang kita baca dengan melihat catatan amal kita kita sudah bisa menghisab diri kita kita ini akan ke surga atau ke neraka hanya dilihat catatan kita menjadi penghisab atas diri kita ya diterangkan dalam banyak di antaranya dalam banyak ayat dalam surah al-haqqah mulai ayat 17 sampai mulai ayat 18 sampai ayat 37 Allah berfirman yaumaidin turaduna la takfa minkum khofiah pada hari itu hari kiamat turuna kalian nanti akan didatangkan kepada Allah tak ada sesuatuun yang tersembunyi dari diri-diri kalian termasuk isi hati untuk apa mereka datang ditampilkan di hadapan Allah untuk dibagi catatan am Adun orang yang diberikanitab catatan amal dengan sebelah kanan nerimanya dengan tangan kanan dia menerima dengan sumringah dibaca bangga dengan isi catatan dan dipamerkan ke banyak orang dia berkataq kitab baca-baca catatan amal saya jadi bagus amal-amal yang tercatat amal-amal bagus ibadah amal saleh kebaikan mengerim diri dari dosa dan maksiat itu yang tercatat Kenapa dia berisi catatan amal baik inniantu Anni mulqin hisabi karena Dulu ketika di dunia zonantu makna zonantu yakin bukan menduga para ulama ketika menjelaskan was wasahirunh Mintalah kamu pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat karena salat itu suatu yang berat kecuali bagi orang yang khusyuk Siapa yang khusuk makna Y orang-orang yang yakin bahwa mereka kelak akan berjumpa dengan Allah Untuk apa berjumpa diminta pertanggung jawaban dihisab karena tahu yakin akan dihisab ketika berjumpa seperti orang ini in Kenapa catatan amal Saya baik kenapa amal-amal baik yang memenuhi catatan saya karena waktu di dunia saya yakin saya akan berjumpa dengan Allah untuk dimintai pertahun jawaban untuk dihisab untuk dibalas makanya saya penuhi hidup saya dengan iman ibadah amal saleh itu tercatat Apa akibatnya fahuaiah Dia akan berada dalam kehidupan yang senang yang Rida yang bahagia di mana Fi jannatin Aliah di surga yang tinggi ketinggian level surganya sangat tergantung kepada banyaknya pahala yang dia kumpulkan selama di dunia yang tercatat dalam catatan amal kata Imam Ibnu Hajar alasq rahimahah dalam kitab Fathul Bari rafatud Darajat ketinggian derajat di surga itu karena banyaknya pahala kebaikan yang dia lakukan selama di dunia makin banyak pahala makin tinggi derajat orang tadi dikatakan dia akan berada dalam kehidupan yang senang yang dia Rida yang dia bahagia di surga yang tinggi pohon buah-buahan di pohon itu begitu dekat untuk dipetik tak perlu naik tak perlu dilempar tak perlu di diajul di apa diajul pakai tongkat naon atuh diajul Teh disodok pakai tongkat nah lalu Dikatakan wasu [Musik] makan dan minumlah kalian dengan nikmat dengan Enak gitu ya enjoy nikmati itu semua Kenapa karena amal-amal baik yang kalian lakukan di waktu-waktu yang lalu Selama kalian hidup inilah golongan kanan yang [Musik] berbahagia semoga Allah memasukkan kita semua ke dalam golongan ini Amin ya Allah Allahumma Allahumma j’alna birahmatika Min ahlil Jannah Allahumma allahumma’alna birahmatika Min ahl Jannah Allahumma j’alna birahmatika Min ahl Jannah ini Jumat soreah satu saat di Jumat sore tak ada seorang pun yang berdoa di waktu itu kec pasti dikabul kita amink Semoga Allah masukkan kita semua ke dalam Ahli Surga karena rahmat Allah Az inilah golongan yang berbahagia menerima kitab catan amal dengan sebelah kanan Nah selanjutnya mengerikanillah amabi yaqah Adapun orang yang diberi kitab catatan amal dengan sebelah kiri Kenapa tidak dengan kanan karena tangan kanannya Terbelenggu disatukan dengan tengkuknya apa tangan kiri bebas enggak juga dibelenggu tapi dengan tangan kiri dari sebelah punggungnya dari belakang punggungnya dengan sebelah kiri dalam keadaan sulit menderita karena terbelengguakul dia akan berkata yaitaniuh celaka aku seandainya aku ini tidak diberi catatan amal begitu dibuka buruk terus Wam ad his dulu waktu di dunia Aku tidak tahu bahwa akan ada hisab seperti ini jadi kebodohan tentang akhirat menyebabkan dia tak peduli dengan kehidupan di akhirat bodoh sesuai dengan kadar kebodohannya masing-masing ada orang yang yakin akhirat ada tapi bagaimana keadaannya enggak peduli Enggak tahu makanya di dunianya dia enggak ngitung nasib dia di akhirat sebagai efek amal dia di dunia enggak enggak mikir sama seam aku tak tahu bahwa itu akan dihisab celaka Aku ini sudah berlalu sudah ditetapkan sudah diputuskan gak bisa diperbaiki tidak bisa diputar ulang enggak ada gunanya hartaku bagiku walaupun ketika di dunianya dia konglomerat punya uang ttean punya aset di mana-mana engak ada berguna enggak berguna enggak ada gunanya di sana Malah semakin membebani nasibnya karena semua kekayaannya di apa dihisab dipastikan orang seperti itu menggunakan kekayaannya bukan untuk kebaikan Kalau to untuk kebaikan dibagi-bagi itu ada udang Di Balik Bakwan pas biar dicoblos bagi-bagi gitu ya apa yang dibagi salah satunya beras sampai habis sekarang beras tuh ya Mahal ya habis tidak adanya mahal tapi ada agak Mending bisa dibeli ini yang sudah mahal ya tidak ada kasihan rakyat kecil curc jadinya ke sana Jadi tidak ada gunanya bagiku harta musnah seluruh kekuasaanku yang dulu di dunia aku miliki sekarang musnah walaupun pangkatnya Jenderal bintang 7pamanya kalau ada punya banyak pasukan jabatannya tertinggi dalam sebuah negara umpamanya kekuasaannya sangat luas itu di dunia di akhirat musnah tak ada manfaatnya tak bisa menolong Malah semakin membebani karena hasil kepemimpinan kekuasaan pangkat jabatannya kelak dihisab sekarang petatangpetenteng berkuasa nanti di akhirat paling paling paling menderita paling berat hisabnya tapi karena orang enggak Peru di akhirat berlomba di dunia ingin berkuasa dengan cara apapun pokoknya ya akhirnya apa yang terjadi kecurangan agar agar dirinya diberi kekuasaan dapat kekuasaan manipulasi data Serangan Fajar dengan beras sampai pas habis ke sana lagi ke sana lagi nah bayangkan kalau dobel ya dia banyak uang ya berkuasa ya pengusaha ya penguasa disatukan jadi penguasah nanti musnah hartanya musnah kekuasaannya yang tinggal hanya hisab yang berat apa kata Allah khu tangkap dia Belenggu dia belenggunya bukan dengan borgol di dunia borgol di dunia yang biasa dipakai polisi itu aja sudah bikin repot ada yang dengan tangan ada yang Dua jempol diikat dengan tali gitu kan itu aja sudah kelihatan ini dibelenggu sikutnya disatukan dengan tengkuknya ya di rantai dengan besi dari kakinya juga dari mulai mata kaki sampai lututnya dibelengguk dengan besi keduanya disatukan dengan rantai besi dari api neraka lalu masukkan dia ke dalam neraka jahim terus Sesampainya di neraka jahim tidak sekedar dimasukkan di api t lalu rantai dia dengan rantai besi yang panjangnya 70 Hasta Belenggu ikat erat dengan rantai itu di dalam neraka kebayang Kenapa dia bernasib seperti itu Allah menyatakan inahuana billahilim karena Dulu ketika di dunia dia tidak beriman kepada Allah yang Maha Agung miskin tidak menganjurkan kepada orang-orang untuk memberi makan orang miskin ini dikaitkan kepedulian kepada miskin dikaitkan dengan keimanan orang yang tidak beriman kepada Allah berefek tidak peduli kepada orang-orang fakir miskin orang yang beriman dengan iman yang benar kepada Allah pasti peduli kepada sesama tuh terus di hari itu orang itu enggak punya kawan W dan tidak memiliki makanan kecuali dari gislinlin ini tidak dimakan kecuali oleh orang-orang yang berdosa Apa itu gislin banyak penjelasan para ulama salah satunya Makna gislin adalah u ahlinar jus ahli neraka Jus itu apa perasan ahli neraka Jus itu kan kalau buah sayur diperas keluar apa airnya maka dalam bahasa Arab jz disebut Asir as ada ada adauk atau apel atau apa gitu ya Nah Asir itu gislin jadi gislin itu darah keringat nanah hasil cairan yang dihasilkan dari badan ahli neraka yang disiksa ituin dicekokkan disumpalkan kepada para ahli neraka itu tidak dimakan kecuali oleh orang orang yang berdosa itu nasib orang yang catatan amalnya buruk dia menerima dengan tangan kiri dari sebelah belakangnya karena ketika di dunia dia lebih banyak mengamalkan amalan-amalan buruk maka catatan amalnya buruk nasibnya kelak di akhirat juga buruk berkata Ibnu Said ketika menjelaskan Adapun orang yang diberi catatan kitabnya dari sebelah kiri dalam ayat lain disebutkan wa kitab Adapun orang yang diberi kitab catatan amal dari belakang punggungnya dua ayat ini tidak saling bertolakbakang walaupun beda pengungkapan satu ayat mengatakan dengan tangan kiri ayat lainnya menyatakan dari balik punggungnya ini saling melengkapi menerima dengan tangan kiri tapi diterima dari balik punggungnya seperti ini berkata Ibnu sab twaaduhul Yusro khf kitabah maknanya adalah tangan kirinya itu dilipatkan ke belakang dari balik punggungnya kemudian diberikan kitab catatan amalnya dari balik punggungnya diterimanya dengan sebelah kiri sesuai dengan ayat Allah yang terdapat dalam surah al-insiqaq mulai ayat 6 sampai ayat 15 Allah berfirman ya wahai manusia sesunguhnya kamu sudah berlelah-lelah menuju Allah dan pasti kamu akan menemuinya kita dalam hidup ini Se digiring berjalan menuju Allah sesuai dengan jatah usia kita masing-masi ada yang masih muda sudah sampai ada yang agak lama ada yang tua baru sampai tergantung ajal dia Kapan semua orang dalam kehidupan ini menuju Allahu Azza waalla makin panjang waktu hidup yang kita habiskan di dunia makin dekat ke titik finish dari kehidupan kita makin dekat dengan perjumpaan kita dengan Allah Azza waalla makanya bertambah usia mestinya bertambah takut tuh sebentar lagi sampai itu enggak bisa muar dulu ah sebentar lagi sampai putar lagi balik lagi biar lama ke garis finish ajaal enggak bisa ibarat eskalator gitu ya kita duduk diam itu berjalan enggak bisa mundur kita ma mundur tetap itu berjalan Jadi kamu telah berupaya bersusahaya berjalan menuju Allah maka pasti kamu akan [Tepuk tangan] menemuinya Adapun orang yang diberikan kitab catatan amal dengan dari sebelah kanannya dia akan dihis dengan hisab yang mudah ah dia akan kembali ke tengah keluarganya dalam keadaan berbahagia keluarga yang lebih baik daripada keluarga kita di dunia walaupun di dunia kita punya istri Shah cantik taat Setia peduli perhatian macam-macam menyenangkan Kita membuat kita AD memiliki istri seperti itu membuat kita betah di rumah anak-anak juga paraat saroleh turunan tapi keluarga kita di akhirat jauh lebih baik lagi daripada mereka berarti Apakah baru Enggak kalau istri kita Salehah kita Saleh du masuk Sur tetap menjadi istri kita bosen dong enggak kenapa berubah keadaannya makanya doa yang dibaca dalam salat jenazahirir waahlanir ah Wir Ya Allah ganti pasang apa E rumah dia dengan rumah yang lebih baik dibanding ketika di dunia keluarganya ganti dengan yang lebih baik istri atau pasangan nya ganti dengan yang lebih baik bukan berarti ganti orang kondisinya jauh lebih baik fisiknya psikisnya istri kita di dunia ini cantik jelita Miss Universe juga kalah pas ke surga mah Wah berlipat-lipat kecantikannya ketika DII lemah lembut menyenangkan romantis mesra ketika di menyenangkan Kita sampai di akhirat jauh lebih lagi daripada itu jadi jangan khawatir bosan Aduh di dunia juga sudah ingin jauh ini jadi isi lagi di akhirat enggak enggak akan begitu berubah dia akan kembali ke tengah keluarganya dalam keadaan bahagia punya istri yang Shah membuat kita bahagia di dunia rumah kita itu ibarat surga dunia kita di akhirat jauh lebih dahsyat lagi daripada itu Itulah orang-orang yang menerima catatan amal dari sebelah kanannya Semoga Allah memasukkan kita ke dalam golongan seperti ini semoga istri dan keluarga kita di akhirat sangat-sangat menyenangkan jauh lebih menyenangkan dengan dibanding keluarga kita yang sekarang di dunia ini Dan semoga keluarga kita di dunia ini adalah keluarga yang buat kita betah di rumah menjadikan rumah kita takubahnya seperti surga kita di dunia dan di akhirat Semoga Allah memberikan yang jauh lebih lagi daripada itu selanjutnya Adapun orang yang diberikan kitab catatan amal dari balik punggung dari balik punggung tangan kirinya dilipat ke belakang Lalu menerima catatan amal dengan tangan kiri Fau dia akan meneriakkan kecelakaan Aduh celaka aku seperti dalam surah al-haqqah tadi yauh celaka aku seandain aku enggak dikasih kitab catatan amal iniir dia akan masuk ke dalam neraka syair Kenapa demikian innahuana Fi ahlihi masr karena Dulu ketika dia hidup di dunia dia hidup lalai dengan bersenang-senang di tengah keluarganya lalai dari kewajiban yang dipikirkan itu apa wisata rekreasi heing kait ningah sing jauh dalam arti apa membuang uang membuang waktu hanya untuk bersenang-senang sampai lalai dalam masalah ibadah senang-senang dengan kehidupan dunia tanpa berpikir bagaimana nasibnya di akhirat dulu di dunianya begitu anak-anak nanti liburan Mau ke mana Mau ke Prancis mau kub Utara mau ke Gun Sahar ke mana PH semua angnya ada kan gu yang dipikirkan Jadi mereka ber mengenaskan di akhirat karena kelalaian mereka ketika hidup di alam dunia lalai dari kewajiban lalai dari ibadah lalai dari nasib mereka di akhirat kalau akhirat jauh lebih panjang masa hidupnya Bahkan tak ada akhirnya di dunia ada akhirnya di dunia hanya sebentar di dunia hanya sebentara di dunia kehidupan semua kenikmatan semu ada batasnya ada kadarnya berkata Imam albaghawi rahimahullah ketika menerangkan ayat ini surah alinsyiqaq ini waitab Adapun orang yang diberi kitab catatan amal dari balik punggungnya Apa maknanya kata Imam albagwi makna ayat ini adalah tangan kanannya dibelenggu sampai ke tengkuknya makanya gak bisa ngambil buku dengan tangan kanan karena Terbelenggu ya kemudian menjadikan tangan kirinya ini dilipat keik punggungnya dan diberikanatatan amalnya dari balik punggungnya dan diterima dengan tangan kirinya itulah nasib orang yang lebih banyak dosa daripada pahala lebih banyak catatan amal buruk daripada catatan amal baik menerima dengan tangan kiri dari balik punggungnya karena tangan kanannya Terbelenggu sampai ke tengkuknya dalam ayat lain dalam surah al-isra 13 dan 14 Allah berfirman ini yang saya bilang tadi ketika kitab dibagikan kita bisa menduga nasib kita baik apa bu sudah bisa menghisab diri dengan melihat buku catatan amal jangankan itu ketika kita sekolah SD SMP dibagi rapot kita ini enggak dulu Lihat naik kelas atau tidaknya rankingnya berapa lihat aja dulu nilainya warna ballpnya banyak hitam atau banyak merah nilainya berapaya lihat itu saja sudah diduga naik apa tidak kalau naik ranking berapa naik sih tapi enam semua nilainya ah itu paling ranking lima ke belakang dari belakang dari belakang The Big Five tapi dari belakang nah Allah berfirman wa insanin alzamuirui UN wahu yaumalqiamah kitaban yalqu Mansur Iqra kitabak Kafa binafsikalika hasiba semua manusia telah kami tetapkan buku catatannya digantung di mana di di di lehernya amalnya itu semuanya sudah ditetapkan wahu yaumalqiamati kitaban yalqahuur Nanti pada hari kiamat kami keluarkan bagi dia kitab catatan amal yang dia temui dalam keadaan terbuka Lalu Allah berfirman Iqra kitabak baca buku catatan amalmu ini Kafa binafsikba cukup pada hari ini kamu bisa menghisab dirimu sendiri dengan melihat catatan amalnya ini banyak yang baik atau banyak yang buruk celaka atau Bahagia itu bisa mengira-ngira setiap orang ketika menafsirkan ayat ini berkata Ibnu Abbas dan Mujahid guru dengan murid Ibnu Abbas oleh Ibnu Masud disebut nikmjumanul Quran sehebat-hebat penafsir al-qur’an sampai orang sekali ber Abu Bakar Umar Utsman Ali itu banyak bertanya tentang Tafsir kepada Ibnu Abbas karena beliau pernah didoakan allahummaim allahqihuidinim tafsir wil Ya Allah fakihkan Ibnu Abbas dalam masalah agama ajarkan kepada dia Ilmu Tafsir karena berkah dari doa Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Ibnu Abbas menjadi ahli tafsir yang paling terkemuka di kalangan para sahabat makanya ada Kitab Tafsir Ibnu Abbas Radiallahu anh nah di kalangan tabiin ada muridnya yang paling utama namanya Mujahid dia datang ke Ibnu Abbas mulai dari Fatihah terus sampai Anas balik lagi dari Fatihah terus sampai Anas setiap ayat satu ayat dibacakan dijelaskan tafsirannya oleh Ibnu Abbas tiga kali dibolak-balik sampai meninggal Ibnu Abbas makanya di kalangan tabiin yang paling utama dalam masalah tafsir Mujahid berkata Imam sufyanri rahimahullah jaaka tafsir Min Mujahid fahasbuk kalau datang tafsir kepadaMu dari Mujahid cukup jangan bertanya lagi kepada yang lain ini sudah paling jitu tafsirannya makanya sering diikuti pendapat Ibnu Abbas dan Mujahid ketika menafsirkan ayat kalau kita rajin membembaca buku tafsir ahlusunah tafsir Imam Ibnu Katsir tafsir Imam Ibnu jarir at thaabari tafsir alqurtubi atau tafsir yang lainnya selalu berkata Q Ibnu Abbas tafsiri hadil Ayah k w q Mujahid berkata Ibnu Abbas ketika menafsirkan ayat ini begini begini begini berkata Mujahid begini begini Itu S dikutip termasuk di sini Q Ibnu Abbas wa mujahiduma telah berkata Ibnu Abbas dan Mujahid dan yang lain-lainnya yang lain-lainnya tidak perlu disebut dengan menyebut dua tokoh tafsir yang paling terkemuka ini sudah lebih dari cukup sebab dalam ayat disebutkan masing-masing manusia telah kami tetapkan thirirnya di punduknya ditengkuknya dikalungkan gitu kata Ibnu Abbas menjadi maksud thirir di sini adalah apa yang diletakkan dari amal orang ini Baik amal baik ataupun yang buruk dikalungkan seperti kalungkannya kalung di lehernya su yujaz bihi Lalu nanti dia akan dibalas sesuai dengan apa yang tercatat Di sana kalau baik balasannya baik Kalau buruk balasannya juga buruk Oleh karena itu semua Insan semua manusia nanti akan memperoleh catatan amal sebagaimana dalam surah alkahfi Allah menyatakan Wul Kitab kami bagikan kitab ya kepada semua orang semua manusia lalu orang-orang yang lebih banyak catatan dosanya menatakan maal kitab la yiruiratan wala kabiratan illa ahs ahoha kitab catatan amal apa ini yang tidak melewatkan amal kecil atau amal besar baik yang baik atau yang buruk kecuali sudah tercatat semuanya di sana makanya jangan anggap enteng dosa sekecil apapun karena catatannya ada dan Jangan Anggap remeh kebaikan sekecil apapun karena catatannya ada la yiruiratan wala kabiratan Illa ahs tidak ada satuun amal yang kecil apalagi besar kecuali tercatat kalau sudah tercatat Pasti dibalas kata Allahu Azza Wa Jalla di dalam surah alzalzalah ketika menyatakan apa naltinir yaaltinar ya R Siapa orang yang mengamalkan amal baik sekecil Debu Debu itu tidak terlihat oleh mata telanjang kecil sekecil itu kebaikan tercatat dan akan dia akan melihat catatan dan balasan Siapa yang mengamalkan amalan buruk sekecil tebu juga dia melihat catatannya itu dan ada balasannya Andai Ini Andai Ini Dosa terkecil diazab dengan azab terenteng terendah di neraka tahu azab yang paling rendah di neraka cuma dikasih sepasang sendal dari api neraka yang begitu dipakai apa yang terjadi ubun-ubunnya mendidih dalam neraka padahal ubun-ubun bagian terjauh dari tempat sendal sendal dipakai di mana di telapak kaki bagian terjauh bagian terjauh dari tubuh kita bergejolak mendidih Bagaimana kakinya bagaimana pinggung itu terenteng dari azab yang ada di neraka Andai dosa terkecil diazab dengan azab yang paling rendah seperti itu Bagaimana dengan dosa yang lebih besar Bagaimana dengan dosa terbesar dahsyatnya azab di neraka jauh lebih dahsyat lagi daripada itu dan daripada yang kita bisa bayangkan nah dibagikannya buku catatan amal jelas nasnya tertulis dalam al-qur’an tersampaikan dalam hadis-hadis Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam yang sahih sebagai berita gaib yang pasti benarnya dari Allah dan rasulnya wajib kita percayai wajib kita yakini wajib kita imani dan tidak hanya sampai di sana konsekuensi dari keyakinan dari keimanan itu adanya antisipasi yang benar karena ada catatan amal yang dibagikan nanti gimana sikap kita sekarang ini kita harus berusaha agar catatan amal itu membanggakan diterima dengan sebelah kanan bangga dan dipamerkan Ha umq kitabiah kan gitu lihat-lihat catatan amal baik Saya lihat-lihat bangga dia dan ingin orang semua mengetahui kita harus berusaha seperti itu konsekuensi dari iman dan keyakinan kita kepada hal ini coba diminage tuh mulut kita dijaga jangan sampai keluar dari mulut itu kecuali dicatatnya oleh rqib Jangan biarkan ada kata yang keluar dari mulut lalu dicatat oleh Atid jangan jangan sampai ada langkah kaki kita dicatatnya oleh Atid jangan harus rqib yang menulis dibawa ke masjid ke pengajian ke tempat-tempat yang baik rqib nanti yang nulis tapi kalau dibawa ke tempat maksiat Ati nanti yang nulis dan itu membahayakan posisi kita nasib kita dunia apalagi di akhirat nanti ini konsekuensi dari apa keimanan kita kepada Adanya pembagian catatan amal bikin sibuk rqib eh malaikat rqib biarkan dia sebanyak mungkin mencatat amal-amal kita karena kalau rqib yang nulis berarti amal kita baik bikinurti Jan biarkan dia menulis Apun dari amal kita atau ucapan kita termasuk amalan hati Iya jangan biarkan dia nulis Kalau dia nulis bahaya bagi kita jadikan kitab catatan amal kita ketika dibagi membanggakan kita sehingga kita pun memamerkannya kepada setiap orang Adapun orang yang diberikan catatan kitabnya dengan sebelah kanan dia akan berteriak dia akan berseru baca-baca kitab catatanku ini kenapa aku catnya baik inantu karena ketika dulu hidup di dunia aku yakin aku akan berjumpa dengan Allah aku yakin akan mempertanggungjawabkan semua perbuatanku di hadapanilamin karena yakin mau berjumpa berdiri di hadapan Allah satuat yang menegangkan jangan sampai ketika jumpa dengan Allah Allah menyebut nama kita tapi dalam konteks mencela merendahkan dan memvonis dengan vonis yang buruk jangan sampai bangga nama kita disebut oleh Allah tapi disebutnya dalam konteks keburukan banyak dalam Alquran orang yang disebut oleh Allah tapi dalam konteks keburuk Bu Firaun disebut enggak dalam al-quran Iya tapi dijamin ahli neraka dia Abu Lahab orang yang masih hidup vonisnya sebagai ahli neraka sudah tabbatada Abi lahabiab disebut Jangan Bang Nama saya disebut oleh Allah walaupun ahli neraka Ih nauzubillah iya disebut tapi dalam konteks buruk kalau mau nama kita disebut dan kita bangga dalam konteks kebaikan itulah selawat Allah kepada manusia sawat Allah kepada hamba yang masih hidup pujian Allah kepada hamba itu di hadapan para malaikat Contohnya apa seperti yang kita lakukan tidaklah satu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Quran mempelajari isinya ngaji ada EMP yang terakhirah Allah menyebut-nyebut nama mereka di hadapan para malaikat yang ada di sekitar Nah ini bagus nama kita disebut oleh Allah tapi dalam konteks memuji karena kitanya melakukan ibadah dan amal saleh yang membanggakan Adapun kalau nama kita disebut tapi dalam konteks memvonis neraka mencela menghinakan merendahkan jangan bangga Firaun disebut l Abu Lahab disebut l personal itu hamman Qarun disebut namanya oleh Allah dalam Alquran abadi sampai hari kiamat ada terbaca oleh biaran umat Islam di seluruh dunia bangga enggak nauzubillah Kalau disebutnya dalam konteks memuji kebaikan Iya tapi dalam konteks Fis neraka harusnya mah takut atuh dengan bangga ya Nah berdasarkan hal itu maka sekali lagi wajib keimanan kita kepada adanya peristiwa dibagikannya catat amalan harus menyebab Kita takut ketika jumpa dengan Allah Allah murka maka yakin akan hal itu kita harus berjumpa dengan Allah dalam keadaan Allah Rida berbicara dengan Rida walaupun semua orang nanti berbicara dengan Allah secara langsung tanpa penterjemah tapi ada yang berbicara dengan murka orang-orang durhaka ada yang dengan Rida orang-orang Mukmin kita wajib memastikan bahwa Allah Rida ketika kita berjumpa dengannya dengan cara tahan diri kita dari hawa nafsu ketika di dunia Siapa yang demikian Allah janjikan surga maqbihi wahfsail hawaal Adapun orang yang takut kepada saat ketika dia berdiri di hadapan Allah takut tuh membayangkan itu takut makanya ketika di dunia W Hawa dia Tahan dirinya dari hawa nafsu dia jauhi dosa dan maksiat dia jauhi semua yang Allah haramkan dia jauhi semua amalan yang buat Allah murka nanti yang dia lakukan perintah Allah yang dia lakukan anjuran Allah yang dia lakukan Apun yang Dir oleh Allah makaal jann surga atu tempat kembali dia ya inilah ikhwah penjelasan tentang adanya ee pembagian kitab catatan amal sebagai bagian dari apa dari iman kita kepada hari akhir cukup sore ini sampai di sini nanti ee poin berikutnya berupa beriman kepada adanya Mizan timbangan nah ini lebih detail daripada tadi akan kita bahas di hari Jumat yang akan datang untuk sore ini cukup sampai di sini kita masuki sesi tanya jawab dan seperti biasa untuk hari Jumat dikhususkan bagi pendengar dan pemirsa TV dan radio Roja dipersilakan kepada Abu Lukman di studio radio Roja cileingsi untuk memandu tanya jawab dengan pendengar dan pemirsa wasallallahu ala Nabina Muhammadin wa ala alihi wabihi Wasallam silakan Abu lman jazakallahu Khairan Ustaz atas bimbingannya dalam kajian kita di kesempatan sore hari ini dan untuk berikutnya kami undang Anda sahabat rja di di mana pun anda berada silakan Anda dapat mengirimkan pertanyaan anda melalui pesan Whatsapp di nomor 0819896543 atau melalui la telepon di nomor 0218236543 baik Ustaz kita angkat pertanyaan pertama melalui pesan Whatsapp dari Muhammad Amin Ustaz di Ogan Ilir Sumatera Selatan ingin izin bertanya Ustaz saya sering berdoa yaitu Allahumma hasibni hisab Yas tapi saya sebetulnya tidak begitu mengerti arti doa tersebut Ustaz Bolehkah Ustaz dan Apa arti yang lebih tepatnya Ustaz dari doa ini Ustaz mohon penjelasannya Ustaz barakallahu Fik Bapak dari sumsalak Muhammad Amin ya doa itu bagus silakan dibaca hayati tapi itu sekedar salah satu ikhtiar Syari tunjang dengan ikhtiar lain Allahumma hasibni hisaba ya maknanya allahum Ya Allah hasibni hisablah aku his dengan hisab yang mudah kalau dihisab dengan hisab yang mudah Berarti dia akan mendapatkan catatan amal dari sebelah kanan karena Allah menyatakanituamauuhabu his Adapun orang yang diberikan catatan amalnya dengan sebelah dia akan dihisab dengan hisab yang mudah Nah kalau hisabnya sudah mudah dijamin selamat dia nanti akan kembali kepada keluarganya di akhirat di surga dalam keadaan bahagia makanya kita berdo Allah Hasib hisab Ya Allah hisablah aku dengan hisab yang mudah itu bagus jadi maknanya doa tadi agar kita bisa menghayati coba berkata Allahumma Ya Allah tapi terjemahan Allahumma tidak sekedar Ya Allah loh ada makna yang lebih mendalam dan ini memang tidak bisa diungkapkan kecuali dengan bahasa Arab asal mula allahum adalah Ya Allah makanya terjemahannya Ya Allah tapi ada makna yang lebih mendalam dari sekedar terjemah asal kata allahum Ya Allah lalunya itu dipindah ke belakang dan berubah menjadi mim jadi Allahumma Kenapa dipindah ke belakang ada dua maksud maksud pertama lzim untuk mengagungkan Allah menomor Satukan Allah memprioritaskanlah saking Agungnya Allah nomor satunya Allah prioritasnya Allah sampai Allah dikedepankan disebut di awal ituzim untuk mengagungkan kata yang tidak ada di depan pindah ke belakang untuk mengagungkan Allah ini makna pertama makna kedua diawalkannya itu lahsis kekhususan Bahwa ini khusus untuk Allah tidak kepada yang lain doa huruf y dalam arti berdoa hanya khusus kepada Allah enggak boleh ke malaikat kepada para nabi yang sudah wafat kepada Wali yang sudah meninggal enggak boleh berdoa hanya khusus kepada Allah Adapun dirubahnya huruf i menjadi mim mim di sana disebut liljami maksud lijam itu bukan jamak dalam segi bilangan tapi memadukan terpadukannya tiga unsur dalam diri kita Pertama unsur pikiran kedua unsur lisan ketiga unsur hati lisan mengucapkan pikiran menterjemahkan atau memahami maknanya hati menghayati Makanya kalau orang berdoa dengan Allahuma harus fokus perkataan Allahuma itu mengungkapkan fokusnya dia ketika berdoa jangan sampai kita bilang Allahumma Tapi pikiran ke mana-mana karena enggak paham makna yang terkandung dalam allahum disangkanya allahum itu terjemahannya hanya sependek Ya Allah sudah enggak selain Ya Allah wajib ada pengagungan kepada Allah pengkhususan doa kepada Allah dan fokusnya kita kepada Allah ketika mengatakan allahum dan makna enggak bisa diungkapkan dalam jemahannya ya Allahumma itu pertama Allahumma hayati fokus kepada Allah hasibni hisablah aku hisab Yasir dengan hisab yang mudah ini salah satu ikhtiar meminta kepada Allah sebagai bukti tawakal kita kepada Allah lalu barengi tunjang ikhtiar doa ini dengan ikhtiar secara Zahir dalam bentuk laksanakan semua perintah Allah jauhi semua yang Allah larang sehingga buku catatan amal kita hanya dipenuhi dengan kebaikan rqib yang lebih sibuk daripada Atid atidnya sekali-sekali saja nulis itu pun yang enteng yang ringan Jadi pas nanti buku catatan itu dibagi diambil dengan sebelah kanan bangga Haq kitab baca nih catatan amal saya orang inilah yang akan dihisab dengan hisab yang mudah sebagaimana firman Allah wama kitabahu biaminiaufa yuhasabu hisab yqibu ahlii masr Adapun orang yang menerima catatan amalnya dari sebelah kanan maka dia akan dihisab dengan hisab yang mudah dan akan kembali ke keluarganya dalam dalam keadaan berbahagia wallahuam silakan lagi Adar Abu luukman jazakallahu Khairan Ustaz atas penjelasan dan nasihatnya dan untuk berikutnya Ustaz kita akan angkat pertanyaan melalui line telepon kami persilakan Iya Asalamualaikum Pak ustaz Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Dengan siapa di mana Bapak saya Dino dari Medan Pak Baik silakanam Salamualaikum Pak ustaz Waalaikumsalam ini saya mau bertanya abang saya terkena penyakit wasos Pak ustaz sekitar udah lama juga sih ada 2 tahun gitu sambil Ngambil wudu dia hampir-hampir 1 jam Pak ustaz enggak selesai-selesai itu heah karena itu dia enggak bisa dia salat berjemah karena lama itu apakah itu sebuah hajab atau gimana Ya Pak ustaz mohon solusinya Asalamualaikum Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh tafadol Ustaz tolong diulang kurang jelas baik pertanyaan dari Dino di Medan Ustaz bahwa abangnya ini terkena penyakit was-was Ustaz sehingga wudu saja sampai membutuhkan waktu sekitar 1 jam Ustaz pertanyaannya Ustaz eh Apakah penyakit waswas ini azab Ustaz atau bagaimana mohon nasihatnya Ustaz tafadol Ustaz tib barakallahu Fik Pak Dino di e Medan Apa itu waswas Imam alqurtubi rahimahullah dalam kitab atazkirah menyatakan waswasah bisikan setan yang isi bisikannya muncul langsung dalam hati tak ada suara yang terdengar di telinga ujug-ujug aja muncul salah satunya wasas dalam hal wudu Wah tadi wudu tuh kayaknya kurang sah kurang ini diulang lagi Oh ada yang kurang begini diulang khawatir ada yang kelewat diulang lagi sampai se ahah berapa puluh kali wudu itu waswas ya yang membisikkan itu tidak sah siapa setan laknatullahi alaih nah bagaimana solusinya pertama waswas itu bagian dari syubhat Apa itu syubhat syubhat itu kesalahan kekeliruan penyimpangan yang lahir karena kebodohan karena ketidaktahuan karena enggak tahu batasan wudu yang sah maka dia tidak yakin sah Enggak tadi secara fikih gitu ya ada yang kelewat Enggak tadi bersih Enggak tadi kan gitu ya karena apa Karena tidak tahu kriteria dari sahnya sebuah wudu maka obat pertama dari waswas adalah ilmu dan kebodohan merupakan penyakit bersasarkan Sabda Rasul Sallallahu Alaihi wasallamajalal sesungguhnya obat dari kebodohan adalah bertanya Kalau obat dari kebodohan Adah bertanya berarti kebodohan itu penyakit obatnya adalah ilmu bertanya itu meminta penjelasan ilmu jadi waswas salah satunya lahir dari ketidaktahuan tentang batasan sa tidaknya sebuah amalan termasuk wudu tadi enggak tahu Sah apa tidak Tapi kalau dia belajar secara fikih syarat-syarat sahnya wudu dia tidak akan waswas seperti itu ya maka obat pertama dia harus belajar Belajar apa Belajar ilmu dalam hal yang dia masih waswas dalam hal itu seperti wudu tadi coba pelajari fikih wudu yang benar secara Syari dibimbing oleh ahlinya oleh Ustaz yang bisa membedah kitab penjelasan fikih dari para ulama tentang batasan sah tidaknya sebuah wudu ataupun salattin nanti ini akan merembet merembet ke salat Saya salat saya tadi sah ah khawatir enggak sah diulang sampai puluhan kali sampai adakan orang setelah Jumatan salat zuhur Kenapa khawatir Jumatan tadi tidak sah khawatir Jumatan tadi tidak diterima oleh Allah Azza waalla dengan banyak alasan Apa alasannya Oh k mazhab anu Jumatan yang diterima adalah Jumatan yang pertama kali diadakan di negeri tersebut kita mungkin kedulan sama orang jadi enggak sah salat zuhur lagi itu waswas karena ketidak tahuan tentang sah tidaknya sebuah ibadah atau mau salat takbir Allah Allah itu panjang Akbar karena dulu muutar di sini setelah baca Iftitah Aduh kayaknya tadi kurang mantap batalin lagi terus mantapkan lagi ada yang begitu ada yang paling konyol gitu kalau dia Imam sudah Takbir Allahu Akbar itu panjang Allah kita Allahu Akbar ternyata batal astagfirullah astagfirullah auzubillah dibatalin kita sudah baca Iftitah tadi ada yang begitu Itu waswas waswas dari setan Apa pokok pangkalnya ketidak tahuan maka obat yang pertama adalah pertama ilmu belajar belajar dengan belajar maka kebodohan hilang dengan hilangnya kebodohan maka hilang juga waswas inilah yang ditekankan oleh Imam Ahmad rahimahullah tentang niat mencari il kata beliauak ada bandingan kalau niat mempelajarinya benar bertanya bagaimana niat yang benar kata belia diauskanka jinya untuk menghilangkan kebodohan dari dirinya dan dari diri orang lain kalau hilang kebodohan hilang waswas orang lain masih belum paham kita share kita bagi kita Jelaskan hilang kebodohan hilang waswas yang pertama obatnya ya obat yang kedua Ketika itu terjadi taawuzlah dengan mengatakan auzubillahasyaitanirim atau dengan kalimat yang sen ak dengan itu diambil dari al-qur’an dari hadis boleh boleh auudubillahiminasyaitanirrajim boleh Rabbi audzubika Min hamazatitin waudubikabi aahdurun atau yang Senada dengan itu berlindung kepada Allah dari godaan setan maka Insyaallah Allah akan memberikan perlindungan setannya pergi waswasnya hilang ya itulah minimal dua obat bagi wasus pertama ilmu yang kedua taawud kepada Allah wallahuam baawab silakan lagi jazakallahu Khairan Ustaz atas penjelasan dan nasihatnya dan untuk berikutnya Ustaz kembali pertanyaan melalui pesan Whatsapp dari Abu Arfandi di Kota Batang Ustaz ingin bertanya Ustaz untuk orang yang mempunyai amal berimbang Ustaz antara dosa dan amal baik apakah akan menerima buku dari arah mana Ustaz Apakah kiri atau kan jazakallahu Khairan atas Jawabannya tafadol Ustaz barakallahu Fik ada perbedaan antara dibagi buku catatan amal dengan timbangan timbangan nanti akan kita bahas di Jumat yang akan datang yang jelas dua-duanya tercatat dan ini berkaitan antara catatan amal dengan timbangan kenapa karena salah satu yang ditimbang para ulama ketika menjelaskan apa yang ditimbang ada tiga pendapat pertama adalah pahala dari amal-amal kita bagaimana menimbang pahala Bukankah pahala itu sifatnya abstrak tidak berwujud gitu kan Bagaimana cara menimbang nanti seluruh pahala dari amal-amal kita akan berwujud itu penjelasan Ibnu Abbas kulluawabial Ibni Aman mujassimatun yaumalqiamah semua pahala dari amal-amal hamba itu akan berwujud pada hari kiamat kemudian itu ditimbang jangan bertanya gimana wujudnya jangan saya jawab sekarang enggak tahu kalau di akhirat Apakah berupa batu wallahuam tapi kalau di di di alam kubur amal kita menjelma menjadi orang hadis riwayat dari albarra bin azib radhiallahu anhuma ketika menjelaskan proses kematian seorang perjalanan ruh ke langit kemudian dimasukkan lagi ke jasadnya di alam kubur ditanya oleh malaikat Munkar dan Nakir sampai selesai Kalau dia orang mukmin tiba-tiba datang orang ekspresi wajahnya menyenangkan bagus Bajunya bagus aromanya wangi sikap bicaranya santun lalu orang itu bertanya orang mukmin itu kepada orang yang datang Man ant fawajhuka Al wajhadzi Yati bhairin Siapa kamu Kamu ini datang dengan dengan wajah yang membawa Kebaikan dia menjawab Ana amalukah aku amal salehmu ketika di dunia tuh amal di alam kubur menjelma menjadi orang pun di akhirat wallahuam tapi itu yang jelas ditimbang ini yang pertama yang kedua yang ditimbang salah satunya adalah buku catatan amal makin banyak catatan amal baik bukunya Makin tebal makin gede makin berat kalau buku catatan amal buruk gitu kalau sedikit ya tipis kecil nanti buku itu ditimbang kita tahu kan ada hadis bitqoh yang Masyur bitqoh itu kartu kartu kecil di hadapan seorang hamba dihamparkan 99 jilid buku berisi daftar dosa kesalahan orang itu satu bukunya sejauh mata memandang gede 99 isinya daftar dosa bayangkan lalu ditanya oleh Allah Azza waalla kamu at ada kamu mengakui dosa-dosau ini ini ini di hari ini seperti yang tercatat di buku ini dia menjawab Ya Saya mengakui Apakah malaikat pencatat amal zalim kepada kamu ada dosa yang enggak dilakukan tapi dicatat enggak Apakah kamu punya uzur enggak Apakah kamu punya kebaikan yang menghapus dosa enggak kata Allah bala inakana Hasan Iya kamu punya satu kebaikan menurut kami dikeluarkanlah satu bitoh kartu kecil F asaduaahadu Anna muhammasulullah di dalamnya itu tercatat kalimat tauhid dua kalimah syahadat orang itu bertanya ya Allah apa 99 Jid buku dan apa B ini Allah menjawab Kamu tidak akan dizalimi di hari lu ditimbang antara kartu yang kecil tipis dengan 99 catatan amal yang besar apa yang terjadi ringanlah buku yang 99 jilid ini dan beratlah di tokoh yang di dalamnya ada kalimat tauhid akhirnya dosanya terhapus dan orang ini selamat Nah jadi salah satu yang ditimbang adalah buku catatan amal makanya timbangan Mizan berkaitan dengan pembagian buku catatan amal tersebut ya bagaimana nasib orang seperti ini nanti Insyaallah secara detail akan kita bahas akan kita Jelaskan di hari Jumat yang akan datang wallahuam terakhirman ya silakan jazakallahu Khairan Ustaz atas penjelasannya dan berikutnya Ustaz pertanyaan terakhir melalui pesan Whatsapp dari hamba Allah di wonouh ingin bertanya Ustaz Bagaimana cara kita kalau terlanjur berbuat dosa yaitu membicarakan orang lain dan baru teringat kalau Apa yang dibicarakan itu berdosa mohon penjelasannya Ustaz barakallahu Fik bersyukurlah sadar terhadap dosa dan takut akan efek dari dosa itu kalau kita sudah berbuat dosa agar dosa itu hilang dalam catatan amal kita atau minimal tidak dibalas di akhirat dengan azab wajib tobat apapun bentuk dosa penuhi tujuh syarat tobat pertama berhenti dari dosa itu kalau dosa gibah ya berhenti dari gibah kedua menyesal ketiga bertekad tidak mengulang [Musik] kembali itu tiga syarat minimal dari tobat keempat kalau dosa yang berkaitan dengan hak orang lain ada hak orang lain yang terambil kembalikan hak itu termasuk gibah Iya karena gibah menghinakan orang itu kembalikan kehormatannya dengan cara apa ralat dibahannya jadi dia harus mengoreksi omongan buruknya tentang orang itu kumpulkan Kalau kemarin kita bicara tentang orang itu di hadapan lima orang kumpulkan lagi lima orang itu ralat kemarin saya bilang Syiah ini menyebalkan salah saya yang keliru saya kausap setan si anu itu baik diungkap kebaikannya dan didoakan kebaikan didoakan ampun itu tobatnya perlu bilang enggak bahwa kita sudah menggibahinya jangan kalau dia belum tahu kita menggibahinya karena memberitahunya akan menyakiti dua kali sudah digibahi kemudian bilang yang tadinya enggak ada rasa apa-apa ke kita jadi benci ke kita enggak perlu ngasih tahu cukup diralat di bahan kita dipuji kebaikannya didoakan ampun rahmat dan kebaikan untuknya gak perlu dan jangan diberitahukan sebab akanarat Ya itu syarat keempat syarat kelimanya lakukan sebelum sakaratul maut syarat keenamnya lakukan sebelum matahari terbit dari barat syarat ketujuhnya tobatnya ikhlas karena Allah bukan tobat karena ingin dipuji orang karena kepentingan dunia bukan itu sarat itu yang disebut taubatan nasuha tubu ilallahi taubatan nasuha ya Jadi kalau kita sudah terlanjur menggibahi orang lalu kita sadar at itu dosa mengurangi pahala kita menambah dosa kita gitu cepat tobat penuhi tujuh syarat yang tadi diterangkan ya Insyaallah akan terhapus catatan dosa tersebut dan tidak akan diazab di akhirat nanti cukup ya sampai di sini Insyaallah kita jumpa kembali ee hari Jumat yang akan datang sebagai lanjutan dari materi ini semoga Allah masih memberi Taufik Hidayah kepada kita untuk bertemu kembali di Jumat sore yang akan datang subhanakallahum bihamdik Ashadu alla ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaik walhamdulillahiabbil alamin wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh kami ucapkan jazakallahu Khairan kepada Ustaz Abu Haidar asundawi hafidahullahu taala yang telah membimbingi kita di kesempatan kajian sore hari ini langsung dari kota Bandung Jawa Barat dan kami ucapkan pula jazakumullahu Khairan kepada sahabat Roja di mana pun anda berada Semoga kebersamaan kita di kesempatan sore hari ini membawa ilmu yang bermanfaat dan semakin baiknya amal-amal kita kami mohon maaf atas segala kekurangan Sampai bertemu kembali di lain kesempatan wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *