dan radioja kitab syahusunah Imam muzani ini merupakan kitab yang sangat luar biasa berharga tentang masalah akidah muifu rahimullahu taala masailal akidah ARD mukhtas Imam muzani memaparkan pembahasan-pembahasan akidah dengan ringkas saksikanlah kajian Islam ilmiah di rja TV dan radio Roja bismillah asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahilladzial rasulahu all wdahu wau Anna muhammadan abduhu na isakumullah para pemerhati rja di manapun Anda bisa menyimak siaran kami Alhamdulillah di kesempatan Sabtu Siang pekan Kedu yang berbahagia ini kembali kita akan simak program kajian ilmiah disampaikan oleh guru kita Ustaz Abdurrahman thib l hafahullah dari kota Surabaya pembahasan di kesempatan ini masih melanjutkan Syarah kitab almzumah arah funah oleh Imam Abdul qasim Saad bin Ali bin Muhammad bin alhusin azzanjani asyafii dengan Syarah Syekh Abdur roq bin Abdul muhin albadarfahumullah Nam islamakumullah ya kitab ini merupakan kumpulan bait-bait syair tentang asunah tentang akidah ahlusunah wal jamaah dan seperti biasa setelah penyampaian materi silakan nanti anda dapat bergabung bersama kami untuk tanya seputar pembahasan di Line telepon 0218236543 atau Anda dapat mempersiapkan pertanyaan melalui pesan singkat di chat WhatsApp di nomor 0819896543 Berikut kita akan simak penjelasan materi yang akan disampaikan selanjutnya kita persilakan kepada Al Ustaz fatafadol Masykur Ustaz Nam asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh inalhamdalillah nahmaduhuuhuagfirubillahiu anfusina wtiina Man yahdihillahu Fala mudah W yudlil Fala hadialah asuaahaallah wahdahu antum muslimun ya ahaii wasl P dan puji bagi Allah subhanahu wa taala yang mempertemukan kita kembali dalam kajian kitab almzumah arraah Fi asunah kumpulan bait-bait syair tentang akidah oleh Al Imam azzanjani asyafi’i rahimahullahu taala dengan Syarah atau penjelasan dari fadilat Syekh Dr Abdur Razak bin Abdul Muhsin Al Abbad albadr hafidahullahu taala Semoga Allah Subhanahu taala senantiasa memberikan kepada kita keistikamahan dalam belajar akidah Salaf dan berpegang teguh dengannya sampai akhir hayat kita nanti kita sampai sekarang pada bait yang ke-13 Al Imam azzanjani rahimahullah berkata fafil ak Bil ijmai falam Saadah dan dalam berpegang teguh dengan ijmak para Salaf terutama ijm para sahabat ketahuilah di situ ada kebahagiaaniil Minal KH sebagaimana dalam mengikuti ucapan yang menyimpang itu adalah bentuk alkatar bahaya laattin kita baca Syarah dari Syekh Abdur Razak hafidahullah taala alak ijma kata-kata Imam azzanjani berpegang dengan ijmak Saadah itu adalah kebahagiaan Ma muslimin pemirsa t raja dan pendengaraj rahimani warahimumullah tidak ada kebahagiaan yang Hakiki kecuali seorang hamba kembali mengikuti petunjuk allah subhanahu wa taala Allah berfirman Barang siapa kata Allah berpegang teguh dengan petunjukku al-quran dan sunah dan ijma para Salaf maka kata Allah dia tidak akan tersesat dan tidak akan sengsara ini jaminan dari Allah subhanahu wa taala namun sebaliknya kata Allah Barang siapa yang berpaling dari peringatanku dari petunjukku dari Alquran dan sunah dan IJ para sahabat maka kami berikan kehidupan yang sempit naubillah seorang muslim muslimah yang sejati pasti dia menginginkan kebahagiaanun Akir dan tidak ada kebahagiaan yang ak kec dengan mengikuti ajaran Allah dan rasulnya Sallallahu Alaihi wasam yang bisa membahagiakan kita adalah Allah subhanahu wa taala yang menjadikan hati kita bahagia t adalah Allah subhanahu wa taala dan Allah yang paling tahu bagaimana hati ini bisa bahagia yang hakikiun ak Dan Allah telah menjelaskan jalannya tadi dengan kita mengikuti petunjuk allah mengikuti al-qur’an dan sunah dan ijma para asalaf di antaranya ijma para sahabat rasul Sallallahu Alaihi was wasallam Imam azzanjani mengatakan berpegang teguh dengan ijma yaitu ijmak para sahabat karena bait sebelumnya berkaitan dengan ijmaak para sahabat yang merupakan hujah itu adalah Saadah kebahagiaanana alaiiul Aal karena barang siapa yang mengikuti ijemak generasi pertama yaitu generasi para sahabat maka dia mengikuti jalan orang-orang yang beriman ini berkaitan dengan ayat 115 dari surat Annisa yang sudah kita bahas pada kesempatan yang lalu dan juga dibawakan oleh Syekh Abdur razq nukilan dari Imam Ibnu kir rahimahullah taala tentang tafsir ayat ini barang siapa yang menyelisihi Rasul setelah jelas baginya petunjuk dan dia mengikuti selain jalannya orang-orang yang beriman dan di antara Jalan orang beriman jalannya para sahabat Rasul alaihi wasallam yang tidak mengikuti jalan para sahabat ancamannya NU tawalla kami palingkan ke mana dia berpaling kami sesatkan ke mana Dia tersesat dan kami masukkan dia ke neraka jahanam naudubillahialik maka seorang muslim muslimah yang bijak harus betul-betul memahami akan hal seperti ini kalau dia mau merasakan kebahagiaan yang Hakiki F dunia wal akhirat yaitu dengan mengikuti jejak para Salafus Saleh mengikuti ijmak para sahabat di situlah ada kebahagiaan yang Hakiki Adapun menyimpang dari ajaran para sahabat yang ada adalah kehidupan yang sempit kesengsaraan meskipun dia punya kedudukan punya harta dunia dan seterusnya namun ini sekali lagi yang dikatakan oleh Allah subhanahu wa taala tadi Barang siapa yang berpaling dari petunjukku baginya kehidupan yang sempit maka sebaliknya yang mengikuti petunjuk allah Alquran dan sunah dan IJ para sahabat baginya kebahagiaan semoga Allah memberikan kepada kita kebahagiaanun ak KUD Kang Siapa yang berada di atas jalan orang-orang yang beriman di atas jalannya para sahabat rasul maka mereka di atas jalan kebahagia Apalagi kita ingat para sahabat rasul Sallahu wasallam telah Allah berikan berbagai macam kenikmatan dan kebahagiaan di antaranya surga Allah subhanahu wa taala was Allah janjikan surga bagi para sahabat rasul S wasallam dan yang mengikuti mereka dengan baik yautama mengikuti para sahabat dalam masalah alqidah Li namun Barang siapa yang keluar dari jalannya para sahabat rasul SH wasallam maka Allah palingkan ke mana dia berpaling dan Allah masukkan dia ke neraka jahanam ini keadilan Allah subhanahu wa taala dan karunia Allah atas orang-orang yang mengikuti jalannya para sahabat Allah berikan kebahagiaan fun ak sadrul Aal kebahagiaan itu ada pada berpegang teguh dengan ajaran para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam asahabah waman tabiumsan Dan inilah yang dikatakan oleh adakwah Salafiah adakwah Salafiah hanyalah seruan untuk mengikuti ajaran para Salaf ajaran para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Allah berfirman Wasi aalun Minal muhaj orang-orang pertama lagi terdahulu masuk Islam dari kalangan Muhajir dan kaum alansar dan yang mengikuti mereka dengan baik ini adalah perintah dari Allah agar kita mengikuti dengan baik jalannya para sahabat rasul sallahuaihi wasallam agar kita menggapai Rid dari Allah radallahu Anhu agar kita menggapai surga Allah tidak mungkin kita bisa meraih surga Allah tanpa mengikuti jalannya para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam makanya Rasul S wasallam dalam hadis perpacan umat mengatakan umat Islam terpecah menjadi 7 kelompok Semuanya masuk neraka kecuali satu ini yang dijamin masuk surga oleh Allah subhanahu wa taala kata para sahabat Ya Rasulullah Siapa yang selama itu W Rasulullah Rasul [Tepuk tangan] mengatakan yang mengikuti aku dan para sahabatku ini janji dari Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam yang mengikuti beliau mengikuti para sahabat beliau akan menggapai keselamatanun ak yang mengikuti para sahabat Menelusuri jejak para sahabat mengikuti Manhaj para sahabat maka dia mengikuti jalan kebahagiaan dan dia mengikuti jalan keberuntungan kemenan mendatkan yang di dunia maupun di akhirat makanya kata Imam Malik rahimahullah taala lanusli Akil Umah illa Ma aslaha awalaha tidak akan mungkin memperbaiki generasi akhir umat ini kecuali dengan mengikuti generasi pertama umat ini yaitu para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam kalau umat Islam sekarang mau Jaya mau menang mau Mulia tidak ada jalan lain kecuali dengan mengikuti jejak para sahabat rasul Sui wasallam mengikuti akidah para sahabat Bagaimana ibadah para sahabat bagaimana tamasuk mereka dengan Sunah Rasul S wasallam dan mereka tidak mengada-ada hal yang baru dalam urusan agama sekali lagi Imam Malik Imam Dar hijrah gurunya Imam asyafii mengatakan Lus tidak akan mungkin iki generasi akhir umat Islam ini kecuali dengan apa yang memperbaiki generasi awal umat ini yaitu para sahabatasul Sallallahu Alaihi wasam kata imam azzanj tadi sebagaimana Kalau mengikuti ucapan yang menyimpang dari jalannya para sahabat itu dalam bahaya yang besar bahaya laten Adapun mengikuti ucapan yang nyel yang menyimpang yang mungkar yang menyelisihi ajaran para sahabat yang diaja-ajakan setelah para sahabat rasul wasam yang diada-adakan yang dibuat-buat oleh orang-orang yang ekstr ya Adapun ucapan yang menyimpang yang dikatakan oleh orang-orang yang berkata atas Allah tanpa ilmu maka ini dalam bahaya yang besar bagaimana tidak dalam keadaan bahaya besar sedangkan ancamannya adalah kesesatan di dunia dan kebinasaan kesengsaraan di akhirat dimuk ke dalam api neraka ini Allah yang mengancang ini Allah yang mengatakan yang menyelisi jalan para sahabat diancam sesat dan diancam masuk ke dalam api neraka naubillah ini sangat berbahaya bagi Agama seseorang kalau dia menyelisih ajaran para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dan sudah sudah kita pernah sampaikan ajaran para sahabat di antaranya masalah akidah dahulu para sahabat tidak pernah Nala berkah di kuburan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dahulu para sahabat ketika Rasul masih hidup para sahabat minta didoakan oleh Rasul ketika Rasul masih hidup namun setelah Rasul meninggal dunia tidak ada satuun sahabat rasul yang minta-minta di kuburan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Entah dengan nama bahwas dengan nama sfat tidak ada mereka contohnya di zaman Al khalifat Rasyid dikala kemar paklik dikala Genting Al khalifat Rasyid Umar Bin Khattab datang kepada pamannya rasul yang masih hidup alabbas bin Abdul Muthalib untuk berdoa minta hujat istisa kepada Allah subhanahu wa taala ini Manhaj para sahabat tidak mengkeramatkan kuburan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam tidak minta-minta kepada rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ketika Rasul sudah meninggal meninggal dunia maka ikuti jejak para sahabat ya nauzubillah minalik kalau menyelisihi Alal khatar kata Imam azzanjan assyafi’i dalam bahaya yang besar ya demikian pula di antara akidah para sahabat mereka meyakini Allah fama Allah di atas langit bahkan budak perempuan yang hidup jauh dari majelisnya Rasul dengan fitrahnya yang Salimah ketika ditanya ainallah di mana Allah sang budak perempuan menjawab fama Allah di atas langit ini akidah yang sudah menyebar di tengah para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ya tidak ada yang menyelisihinya semua sepakat mengatakan Allah fama maka ikuti Ijem para sahabat rasul Allah fama Allah di atas langit Barang siapa yang menyelisihnya Alal KH dalam bahaya yang besar demikian pula para sahabat tidak boleh ya mereka melarang mencaci maki Pemimpin kaum muslimin Anas bin Malik radallah Anhu pernah berkatai rasulallallahu Alaihi Wasallam para pembesarpembesar senior-senior para sahabat rasul sahu Alaihi Wasallam melarang kamiakum jangan kalian mencaci maki pemimpin kalian ini adalah Ijem para sahabat Rasul hati-hati yang menyelisihi i para sahabat di atas Bah k Syekh orang yang menyelisih ijemak meninggalkan ijemak para sahabat dan mengikuti ucapan-ucapan yang menyimpang yang nyeleneh ya maka dia telah menjatuhkan dirinya dalam bahaya yang sangat besar dalam agamanyamin Bahkan dia membinasakan dirinya dengan meninggalkan jalannya orang-orang yang beriman yaitu para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Adapun ketika dia mengikuti jalan-jalan atau ucapan yang nyeleneh yang menyimpang dari ajaran para sahabat maka itu hanyalah apa kotoran pemikirannya ataupun prasangkanya ataupun perasaannyaah ta dan itu bentuk berkata tentang Allah tentang agama Allah tanpa ilmu dan itu termasuk khut W inumyaahiamun Jangan engkau mengikuti jejak langkah-langkah setan kemudian kata Allah Sesungguhnya setan menyeru kepada kejelekan keburukan dan kepada perkataan perkata tentang Allah tentang agama Allah tanpa ilmu naudubillahialik dan demikian pula Allah mengatakan katakan Nabi Muhammad Sesungguhnya Allah rabk mengharamkan bagi kalian kekajian yang nampak maupun yang tersemui dosa dan melampaui batas dan untuk kalian berbuat Syirik kepada Allah yang tidak Allah turunkan keterangan padanya dan untuk kalian berkata tentang agama Allah tentang Allah tanpa ahli ilmu naubillahik Maka seorang muslimmlimah yang bijak mengikuti jejak para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dan sudah kita sampaikan ucapan ya HF bin Yaman dan yang lainnya I was setiap ibadah yang tidak pernah dilakukan oleh para Sahab Jangan dilakukan itu bukan ibadah namun itu bidah yang sesat menyesatkan Imam albukhari sudah kita sampaikan dalam akidah beliau yang dinukil oleh Imam alalikai mengatakan bahwasanya yhauna mereka para ulama guru-guruam Bukhari yang lebih dari 1000 eh ulama yhaun was semuanya sepakat melarang dari perbuatan bidah yaitu yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasul ataupun oleh para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ini Baik Yang ke-13 sekarang kita lanjutkan ba yang ke-14 Al Imam azzanjani asyai rahimullah berkataun orang yang menentang yang menyelisihi yang menyimpang dari ajaran para Salafus salh ajaran para sahabat rasul maka tinggalkan ucapannya dan orang tersebut menyelisihi juga ucapan para tabiin dan juga yang sebelum mereka Ma muslimin pemirsa t raja dan pendengar Radi Raja rahimani warahimumah kewajiban setiap muslim muslimah mengikuti jejak para asalaf ya di antaranya para sahabat dan para tabiin mereka inilah generasi-generasi yang terbaik ya di antara generasi umat Islam kata Rasul sebaik-baik manusia kata Rasul adalah generasiku yaitu para sahabat kemudian yang setelah mereka yaitu para tabiin kemudian setelah mereka para tabiabi merekalah yang paling paham tentang Islam rasul yang mengajarkan para sahabat langsung Islam ini murni bersih tanpa ada kotoran-kotoran tanpa ada penyimpangan-penyimpanganum aku tinggalkan kalian di atas Islam yang putih bersih malamnya seperti siangnya tidak menyimpang darinya kecuali akan binasa ini Islam yang dulu pernah Rasul ajarkan kepada para sahabat ini yang selayaknya diikuti oleh kaum muslimin kemudian Islam yang putih bersih tersebut diajarkan oleh para sahabat kepada para tabiin tanpa ditambah-tambahi tanpa dikurang-kurang ini yang kita wajib ikuti ya kataekh nabi wasam orang-orang yang menentang di sini Maksudnya yang menentang menyelisihi ajaran para sahabat dari mengikuti sunah dan berpegang teguh dengan petunjuk Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Ahwa Ya dan mereka tidak meninggalkan kebidahan dan hawa nafsu yaitu orang menentang tadi Kalau tidak mengikuti sahabat dan mengikuti para tabiin tidak mengikuti Rasul maka otomatis mengikuti hawa nafsu mengikuti kebidahanum arah sunahku dan tinggalkan segala kebidahan kalau tidak berpegang dengan Sunah berarti berpegang tu dengan albidah kalau tidak berpegang dengan ijma para sahabat atau ajaran para Salafus Saleh maka berarti dia mengikuti kebidahan ya mengikuti jalan yang sesat menyesatkan baalqial kata Allah subhanahu wa taala tidaklah setelah kebenaran kecuali kesesatan Rasul sahu Alaihi was sebagaimana kata Abdullah bin perahgis satu garis yang lurus atau sebelumnya di kanan dan di kiri beliau Seraya berkata ini jalan-jalan yang banyak yang sesat menyesatkan jalan yang sesat banyak jalan kebenaran cuma satu yang wajib diikuti hanya satu yang lurus yang kanan kiri kata Rasul tidaklah jalan yang banyak itu kecuali ada setan yang menyeru kepadanya ini sekali lagi yang wajib diyakini oleh setiap muslim muslimah yang benar Cuma Satu yang mengiku Rasul dan para sahabat rasul atau yang mengikuti mereka dengan dengan baik orang yang menentang ajaran para sahabat tinggalkan ucapannya Conto tadi siapun yang menyis sahah sakan di atas langit ya para tabiin juga demikian sebagaimana kata Imam alai rahimahullah taala seperti yang dinukil oleh imamabi dalam kitab beliau Alul bahwasanya Beliau mengatakan kami dan para tabi sepakat mengatakan Allah di atas langit bahkan Imam dahahabi dalam kitabnya alulu di akhir kitab atau di akhirakhir kitab alulu menukil apan as Syekh Abdul Qadir aljailani yang yang mengatakan dalam kitabnya alhunya Allah itu fisama Allah di atas langit maka yang menyelisihi akidah para sahabat akidah para ulama Salaf Al khatar dalam Bah yang sangat ya ya besar sekali maka tinggalkan ucapan mereka yang menyelisih ucapan para sahabat yang mengatakan Allah tidak di ruang tidak di waktu atau bahkan ya mengatakan Allah di mana-mana atau yang mengatakan tidak boleh menanyakan Allah ya Di mana sedangkan rasul yang mengatakannya pertama kali ainallah dan hadisnya sahih dalam Sahih Muslim bahkan kata Imam assabuni assyafi’i rahimahullah dalam kitab akidah Salaf Ashabul hadis bahwasanya Imam assyafi’i nukil meriwayatkan hadis tersebut dalam kitabnya Alum dan itu karena beliau meyakini Allah fisama Allah di atas langit ya bahkan kata Al Imam Abdul Ghani almaqdisi dalam kitab bel alikqtisad fqad dan Syekh atau Imam Abdul Ghani almaqdisi beliau murid dari Syekh Abdul Qadir aljilani rahimahullah taala Beliau mengatakan dalam kitabnya tersebut bahwasanya orang yang tidak membolehkan bertanya di mana Allah ini adalah orang yang paling dumuh Bagaimana tidak rasul yang ngajarkan pertanyaan tersebutah kok ada orang sekarang yang melarasul was Apakah anda lebih tahu daripada Rasul Sallahu Alaihi wasam dan para sahabat pun tidak pernah memprotes pertanyaan tersebut ya dan pendengar di yang sudah adaar dari Rasul dan para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam watuk a maquiban tinggalkan ucapan orang-orang yang menyelisih ajaran para sahabat rasul sallai wasallam seitar yang mencaci maki pemimpin tinggalkan ucapan jangan diikuti ini menyelisih ijmak para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam atau bahkan yang memboikkan kudeta terhadap pemimpin kam ucapannya ataupun akidahnya tidak bisa dioleh sama sekali Kalau menyimpang dari ajaran para sahabat rasul Sallallahu Alaihi wasallamuhar bahkan ditinggal bahkan di alhajr dibikot had ini adalah sifat orang yang menentang tadi dia juga menyelisihi menyimpang dari ucapan dari ajaran [Tepuk tangan] paraabiin orang itu menyelisihi ucapan para tabiin dan juga para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam seperti yang kita nukilkan tadi dari ucapan Imam alauzaai rahimahullah Beliau mengatakan kami dan para tabiin tentunya juga dengan para sahabat rasul sepakat mengatakan Allah di atas langit ya maka yang menentah menyelisih menyimpang dari ajaran sahabat otomatis dia juga menyimpang dari ajaran para atabiin dan dia menyelisi yang telah mendahuli para tabiin yaitu para sahabat rasul Sallallahu Alaihi wasam k Syekh menyebutkan kata-kata Gar maknanya ya orang-orang Yang sebelumnya Yang telah mendahului imamahawi punya kitab judulnya alibar alibar pelajaran-pelajaran Akbar dalam kabar-kabar ceritaerita orang-orang yang Gar yang telah mendahului yang dimaksud adalah ya dari kalangan paraulama kata Syekh ABD Siapa yang berbuat hal yang baru Entah dari ucapan perbuatan keyakinan yang menyelisihi ajaran para sahabat yang menyelisihi para tabiin maka tinggalkan ucapannya contoh dalam Bab tafsir misalnya surat Almaidah 44 wamam yahkum Bima anzalallah Faik humul Kafirun Barang siapa yang tidak berhukum dengan Hukum Allah maka mereka kafir sebagian kelompok kaum muslimin mereka mengatakan kafir pasti mutlak luar dari Islam ya ini ajaran kelompok alkhawarij sepanjang masa ya dengan mungkin berbagai macam retorika dan seterusnya namun kalau kita lihat tafsir para sahabat atau tafsir sahabat tafsir para tabiin sepakat mereka mengatakan kufrun kufrin Abdullah bin Abbas dari kalangan para sahabat mentafsirkanir kufur kecil kekafiran yang tidak mengeluarkan dari Islam bin Abi dari kalangan tabiin mentafsirkan sama dengan AB Abas kuf maka yang menyelisih tafsir ini maka tinggalkan ucapannya terutama tadi dari kelompok arid atau Mbahnya teroris sepanjang masa kelompok khawarid sebagaimana kata para ulama kata Imam alajuri asam alqurtubi bahwasanya syubhat kelompok khawarij sepanjang masa surat tadi Almaidah 44 yang mereka pahamiul Kafirun itu maksudnya kufur besar keluar dari Islam murtad dari Islam secara mutlak tanpa ada perincian sama sekali ini ajaran kelompok alkhawarij ya namun sekali lagi ini Tentunya menyelisihi ajaran tafsir dari sahabat rasul Abdullah bin Abbas yang beliau mendapatkan doa dari Rasul Allahumma faqihu fidin waimuwid Ya Allah pahamkanlah Abdah Abbas tentang agamamu dan ajarkan dia Tafsir al-qur’an dan beliau menjadi ahli tafsir al-qur’an dari kalangan para sahabat rasul Sallallahu alhi wasallam maka sesat yang menyelisihi tafsir beliau tadi ya dan demikian pula yang men tafsir para tabiin contoh yang lain ya Allah berfirman Arrahman Al asawa Allah istawa di atas ars Abdullah bin Abbas tabiin Mujahid Abul Aliah seperti yang dinukil oleh ibnuabari dalam tafsir dan juga Imam albukhari para tabiin mentafsirkan Abdul Abbas mentafsirkanwa bertafa Allah tinggi di atas al-arsy kalau ada yang mentafsirkan istawa artinya istawah menguasai ini menyelisihi tafsir ajaran para sahabat dan para atabiin ya Maka sekali lagi seorang muslim muslimah yang bijak kembali kepada ajaran para sahabat dan para tabiin yang sekali lagi mereka yang paling paham tentang Ajaran alislam karena mereka yang langsung belajar Rasul para Tabin langsung belajar para sahabat rasul sahu Alaihi wasam k syek w hati-hati dengan ucapan yang menyelisihi ajaran para sahabat danab jauh Dir anda dari ucapan-ucapannya ini adalah bentuk tahzir peringatan dari Imam azzanjani Rahimah dari segala ucapan yang baru yang menyelisihi ucapan ajaran para sahabat dan para attabiin bmillah kita lanjut bait yang ke-15 Imam azzanjani berkata ulama yang paling top ya yang paling baik ya Jalannya di tengah-tengah kami dan yangingany ilmunya adalah orang-orang yang mukimun Alal asar yang tegar di atas ajaran Rasul ajaran para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Maaf muslimin pemirsa TV raja dan pendengar Raja Di mana saya berada rahimani warahimakumullah Barometer Kebenaran bukan karena banyak-banyaknya maklumat ya namun menyimpang dari ajaran para sahabat rasul Sallallahu alaii wasallam ya makanya kata Imam barbari juga alilmu riwayat Wal kutub ilmu itu ukurannya bukan banyak-banyakan riwayat atau hafalan-hafalan ataupun kitab-kitab namun namanya ilmu itu tadi sebagaimana kata Imam azzanjani berpegang dengan alasad ini sekali lagi maas muslimin rahimani warahimakum allahah apalagi di dunia gelar sekarang ukuran ilmu bukan dengan gelar Profesor Doktor namun bagaimana itibaknya kepada ajaran Rasul Sallallahu Alaihi Wasalam terutama dalam Bab al-qidah ya Apalah artinya Profesor Doktor kalau tidak paham akidah salah tidak paham Manhaj salah bahkan menyimpang dari akidah salah seperti tadi mencaci maki Pemimpin kaum muslimin nauzubillah minalik Ini kata Imam azzanjani ulama yang mulia ulama yang banyak ilmunya itu kalau mukimun alalar berpegang teguh dengan aja Rasul dan para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam khususnya tadi dalam masalah alqidah k usuludin ya pondasinya agama k syek abdal katakata makn ulama yang paling baik yang palingd yang paling pakar yang palingik yang palingik manhajnya yanging banyak ilmunya ya Siapa Mereka apakah yang tadi punya banyak gelar akademik atukah yang paling banyak karya-karyanya tidak kata beliau Yang Yang betul-betul berpegang teguh dengan alar ya Rasul dan para sahabatasulahu Alaihi was Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dan asal di sini maksudnya yang di ajarkan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam atau yang diambil dari Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam kamailah sebagaimana dalam ungkapan yang lain ini kalau gak salah baik syair yang diucapkan oleh Imam Ahmad rahimahullah dinun nabi Muhammadin Akbar agama Nabi Muhammad adalah Akbar hadis-hadis beliau Al sebaik-baik yang dipegang erat oleh para pemuda atau oleh seorang pemuda adalah alasar ajaran Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dan beliau juga mengatakan lagi jangan kalian berpaling dari hadis dan Yang berpegang teg dengan alhad u akal pikiran manusia itu ibaratnya seperti malam yang gelapgelita sedangkan hadis itu seperti siang yang terang benderang ikuti hadis ikuti sunah jangan ikuti akal yang bertentangan dengan hadis rasul Sallallahu Alaihi wasallamar Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam alasar adalah apa yang diriwayatkan dari nabi sallallah alaihi wasallam yang diambil dari Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam baik berupa ucapan perbuatan ataupun ya keyakin Wali Badul ulama kutub hadis almwi nabi Sui wasallamutubilar oleh karena itulah Sebagian ulama menamai kitab-kitab mereka tentang hadis yang diriwayatkan dari nabi sallallahu alaii wasallam dengan kitab al-atar ya Kalau enggak salah di antaranya Muhammad Bin Hasan asyaibani ya murid dari Imam Abu Hanifah rahimahullah punya kitab tentang hadis judulnya kitabul ararit ada lebih dari satu kitab intinya atau banyak Kitab yang ditulis dengan judul kitab alasar tentang kumpulan hadis-hadis Nabi Sallallahu Alaihi wasallamar dan kata-kata asar juga terkadang dimaknai apa yang diambil dari para sahabat para tabiin baik berupa ucapan perbuatan atau keyakinan mereka Sallallahu Alaihi Wasallam yang pada hakikatnya itu juga sama mengikuti ajaran Rasul salluaii wasallam karena rasul yang memerintahkan kita mengikuti para salafumah Muhammad bin rahimullah taala seorang ulama tabiin yang bernama Muhammad bin rahimahullah berkata dahulu para salah berkata Apabila seseorang di atas asar itu tadi di atas ajaran Rasul para sahabat para tabiin maka dia di atas di atas jalan yang lurus makanya Imam Ibnu qayim rahimullah ketika mentafsirkanim ya dalam kitab beliau majikin ketika mentafsirkan Ya Allah tunjukkan kami ke jalan yang lurus kata beliau Sallallahu Alaihi Wasallam jalan yang lurus yang kita tiap hari memohon kepada Allah ketika salat itu adalah jalannya Abu Bakar jalannya Umar Bin Khattab dan jalannya para sahabat radhiallahu taala anhum maka setiap muslim-muslimah yang bijak yang menghendaki memperoleh siratal mustaqim maka wajib untuk mengikuti jalannya para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dan itu tidak akan mungkin terwujud kecuali dengan belajar dan belajar bagaimana ajaran para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam baik dalam masalah akidah ataupun dalam masalah alibadah contoh misalnya Abdullah bin Mas’ud radhiallahu Anhu ketika beliau mendapati sebagian orang berzikir Berjamaah dengan ada pemimpinnya ada bebatuan yang dipakai maka beliau pun marah udutikum itu aku menam keikananis Allah bejananya Rasul masih belum pecah pajunya Rasul masih belum usah artinya kalian baru ditinggal mati oleh Rasul para sahabat rasul masih hidup namun Kenapa kalian kok sudah berbuat kesesatan ya menyimpang dari ajaran Rasul dan para sahabat rasul dan para sahabat tidak pernah mengajarkan zikir berjamaah kalian kok melaksanakannya Kemudian beliau mengatakan demi Allah yang jiwaku ada di tangannya kalian yang berikir jam ini ada dua kemungkinan kalian merasa lebih mendapatkan petunjuk daripada nabi S wasam atau yang kedua kalian sengaja membuka pintu-pintu kesesatan orang-orang itu yang membalas kata-kata ya aba Abdurrahman mair wahai aba Abdurrahman wahai Abdullah Bin Masud kami niatkan ya berbuat ini kecuali kebaikan apa jawab Abdullah bin Mas’ud radah sahabat rasul suai wasallam yang mulia Berapa banyak orang yang menghendaki kebaikan tidak mendapatkan kebaikan tersebut karena apa salah jalannya tidak mengikuti jalan Rasul dan para sahabat asul sahu Alaihi wasam maka musliminaj dan pendengaraja Di mana saya berada rahimahimullah cukuplah apa yang Rasul ajarkan cukuplah bagi kita apa yang diajarkan oleh para sahabat rasul Sallallahu Alaihi wasam Adapun orang yang meninggalkan alar Aar Rasul ajaran para sahabat dan dia mengikuti hawa nafsunya atau dia mengikuti akal pikirannya atau mengikuti pendapat Fulan dan ya maka orang itu tersesat ya sebagaimana kata Allah t Barang siapa yang mengikuti petunjukku dia tidak akan tersesat dan tidak akan sengsara Maka sebaliknya yang mengikuti selain ajaran Allah ajaran Rasul ajaran para sahabat rasul maka dia dia akan sesat setiap bidah itu sesat ibnuimiyah rahimahullah sering mengatakan manqilil Barang siapa yang memisahkan diri siapa yang meninggalkan dalil yaitu al-quran dan sunah dan Ijem para Salaf maka Dia tersesat jalannya Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dan tidak ada dalil apa apa yang diajarkan olehaii alajhal W setelah Imam azzanjani menyebutkan tadi siapa ulama yang paling baik atau yang dikatakan sebagai pakarnya ulama atau yang dikatakan sebagai telajangnya ulama yaitu tadi yang betul-betul mengikuti al-asar ajaran Rasul dan para sahabat rasul ya Kemudian beliau melanjutkan pada bait yang ke-16 Siapa orang yang paling bodoh dari mereka dari manusia yang mengaku mungkin punya ilmu waalu dan orang yang paling jahil yang paling bodoh yang engkau temui dari manusia adalah orang yang ujud yang dia merasa punya ilmu yang merasa punya ya segala-galanya ya namun tidak mengikuti dalil tidak mengikuti alasar ya bikhatii Atau dia mukjab dengan akal pikirannya ya seolah-olah apa akalnya lebih baik daripada Alquran dan Sunah Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam hjalas kata Syekh ini adalah orang yang paling bodoh ya Meskipun mungkin punya gelar akademik yang panjang lebar ya yang sangat banyak namun kalau tidak mengikuti alar waal ajal Al ya mentang mentang punya gelar akademik yang e buanya asal ngomong saja asal berijtihad saja Meskipun mungkin dalam masalah yang ya bertabrakan jelas dengan Q allahah waqal arasul Sallallahu Alaihi Wasallam eh bahkan dari mereka pula ada yang mengatakan para sahabat Rijal Hum Rijal wahn Rijal ya mereka mengatakan para sahabat lelaki kami juga lelaki kalau para sahabat ya punya ajaran kita juga boleh punya ajaran sendiri naudubillahalik ya kata Sebagian ulama kalau ada orang yang mengatakan demikian katakan Hum Rijal para sahabat lelaki yang tentunya Allah pilih pilihan Allah subhanahu wa taala manusia yang paling mulia setelah para Anbiya W Rasul Hum Rijal Wa Antum Dajal ya mereka Rijal sedangkan kalian adalah Dajal para Pendusta kalau menyelisihi ajaran para sahabat rasul Sallallahu Alaihi wasam orang yang takjub dengan apa yang terlintas dalam pikirannya ya seperti di zaman sekarang ini kadang ada bisikan di benaknya di hatinya langsung ditulisos dan juga ditambah dengan retorika-retorika yang indah meskipun jelas menyelisih al-qur’an dan Sunah Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam mengikuti bisikan ya hati ataupun akal pikirannya tanpa ditimbang kembali apakah itu sesuai dengan Q Allah waqala Rasul Asbun saja naudubillah Min ini ajhalunas orang yang paling jahil yang apa merasa takjub dengan akal pikirannya ataupun k dengan terlena dengan gelar-gelarnya naudubillahialik ah a dia takjur dengan akal pikirannya dengan inovasi-inovasi barunya dalam urusan agama Sedangkan kata Syekh Alquran ada di hadapannya yang penuh dengan ilmu dan petunjuk tidak membuka lagi apa firman Allah tidak membuka lagi W nabi wasallamar Huda Padahal di hadapannya ada sunahnya Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ada sahih Bukhari Muslim Sunan Abi Dawud Tirmidzi Nasa Ibnu Majah musad Ahmad mufak Imam Malik misal enggak ditoleh sama sekali nauzubillah Minal merasa Apa sudah bisa mengarang atau sudah punya hak untuk mengarang ajar Allah menciptakan dan mensyariatkan mengajarkan yang ya disyariatkan engkau mendapatinya berpaling dari Alquran dan Sunah Rasul Sallallahu Alaihi wasam contoh kata para ulama banyak orang-orang sekarang ini kadang ya Enggak 100% dia meninggalkan al-qur’an dan Sunah contoh kata P ulama banyak orang-orang sekarang kalau dibacakan ayat tentang salatimat tentang zakat wa Zak lapang dadah menerima Sam ya kalaupun dikaji Meskipun mungkin berjam-jam mereka nyaman duduk di majelis tersebut Namun coba kalau yang dibahas ya Wahai orang-orang yang beriman taatilah Allah taati Rasul dan pemimpin di antara kalian kemudian dibahas hadis-hadis rasul dalam sahih Bukhari kitabul akam Hadis Sahih Muslim dalam kitab imarat tentang kepemimpinan wajibnya mendengar dan kepada pemimpin meskipun pemimpinnya zalim Meskipun tidak berhukum dengan Hukum Allah dan rasulnya banyak yang bubar banyak yang apa sempit hatinya tidak terima dengan pembahasan tersebut padahal hanya menukil qah waqasul wasallam Kenapa karena akalnya menentang ya kata mereka bagaimana pemimpin yang zalim ditaati nauzubillah ini rasul yang mengatakan ya kata Rasul saya akan muncul pemimpin-pemimpin yang tidak mengikuti sunahku tidak yang contoh meneladani ajaranku Jal dan akan muncul di tengahtengah mereka pemimpin yang berarti setan dalam jasad manusia kata hudaifah Ya Rasulullah Ya Rasulullah apa yang aku perbuat kalau mendapati pemimpin yang zalim yang tidak berhukum dengan hukummu dan hukum Allah subhanahu wa taala apa jawab rasulti tetap engkau dengarkan dan tetap engkauti namun banyak orang-orang yang menentang dengan berbagai macam alasan Oh ini peraturannya enggak sesuai dengan selera saya ini ya kemaslahatannya Ya hanya untuk yang di atas banyak sekali ya Akan tetapi akan tetapi alasan tidak beda dengan pembahasan W ini yang sangat anehelen waii asyaaaku biha yabu wawatiradi apabila orang itu berkata berbicara ceramah atau mungkin juga menulis di mesos tanpa ayat tanpa hadis atau enggak sesuai dengan ayat tak sesuai dengan alhadis namun berbicara ya asal sesuai dengan akalnya saja atau perasaannya saja dia ngarang-ngarang sendiri naudubillahalik dan dia pun apa takjub Sal Wah sudah bisa apa sejajar dengan para sahabat para tabi naudubillah ini sangat berbahaya dan ini yang Rasul telah peringatkan dalam Sahih Bukhari inallah Allah tidak mencabut ilmu agama ini secara langsung namun Allah mencabur ilmu agama dengan mewafatkan para ulama ketika Allah sudah tidak menyisakan para ulama atau sedikit para ulama yang hidup mereka menjadikan tokoh agama mereka sebagai mereka menjadikan mengangkat tokoh agama mereka dari orang yang jahil ya orang yang bodoh meskipun tadi Mungkin gelarnya bak namun mereka bodoh ketika ditanya tentang urusan agama mereka berfatwa tanpa ilmu sesat dan menyesatkan naudubillah ini sekelag bahan koreksian bagi kita semuanya Al Ilmu Wal amal ilmu sebelum berucap dan sebelum beramal dan ilmu kata k Ibnu qayim rahimahullah maqah waq Rasul waqahab ilmu agama itu adalah Firman Allah Sabda Rasul ucapan para asalaf kemudian kata syekhan ya tadi postingannya atau ceramahnya Asbun saja ya tidak ditimbang lagi dengan qallah waqa Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam yang penting apa yang dibisikkan oleh benaknya itu yang di sampaikan yaknihatir ya dia telah menjamakkan antara kebodohan dan ujub dengan dirinya naubillahik dan ini termasuk hal yang paling anehyeleh di tengah-tengah manusia orang bodoh orang jahil namun enggak tahu dirinya jahil ya Bahkan salahalah mengalahkan para sahabat para tabiin naudubillahalikillahi ya orang itu jelas di atas jalan yang sesat namun dia merasa takjub dengan end ini banyak Mena ulama-ulama Ah ya pengikut kelompok filsafat orangorangers ya ketika sudah mendalami ilmu kalam ya yang tidak pernah diajarkan oleh para sahabat mereka merasa takjub Wah ya seolah-olah apa kalah para sahabat karena para sahabat tidak pernah tahu ilmu kalam tersebut padahal sebagaimana kata para ulama Al Ilmu Bil kalam jahlun memahami ilmu kalam itu kejahilan Wal jahlu Bil kalam ilmun sedangkan tidak tahu ilmu kalam itulah ilmu inilah ajaran para sahabat Sallahu Alaihi Wasallam ya makanya para ulama semua mengecam ilmu kalam di antaranya Imam asyafii rahimahullah hukuman yang aku berikan kepada pengikut ilmu kalam dipukul denganepah kurma dengan terompah kemudian Dik di kampung-kampung di kabil-kabilah Seraya diumumkan inilah balasan bagi yang meninggalkanan dan diaaju mudmriduru dosen-dosen mereka ya ataupun yang mengajari mereka ilmu kalam Ilmu Filsafat na bahkan Terkadang ini menimpa orang-orang yang pernah belajar sunah yang ya tahu sunah ketika belajar ilmu kalam dari ahli kalam seolah-olah apa ini ilmu yang baru ini ilmu yang Wah luar biasa padahal sesat dan men setan menghiasi amal perbuatan mereahah imamahah berkataah ah ketika hawa nafsu mereka telah menguasai mereka mereka tidak mempedulikan Apun dan tidak mempedulikan apa yang menyelisihi mereka tidak pernah mengi akal yang jelas-jelas itu tidak sehat ya karena menentang Alquran dan Sunah Rasul intinya mereka tidak Sar diri kalau mereka jahil murakab ya sesat dan menyesatkan ini ada kisah lucu menarik ya tentang hal ini ada tokoh kalam yang bernama pernah suatu saat dia berjalan bersama para murid-muridnya kemudian melewati seorang perempuan yang tua ya ajuza yang tidak mengenal siapa Arzi itu lalu Sang Perempuan itu bertanya mungkin karena dikawal ya kayak sudah ya orang terkenal orang yang ya ditokohkan maka Sang Perempuan tua tadi bertanya kepada salah satu muridnya Siapa orang ini sang murid merasa apa dilecehkan Ma masa ya gurunya yang ya dari ahil kalam tidak dikenal oleh Sang Perempuan tadi ya Tidakkah engkau tahu ya muridnya mengatakan Tidakkah engkau tahu ini adalahah sang murid Dengan bangg mengatakan ini adalah atau beliau adalah AR yang dia punya 1000 dalil tentang wujudnya Allah ini ini pembahasannya seang perempuan yang Alal Fitrah menjawabqitratiha wallahiunibi demi Allah Seandainya dia yaitu R dalam hatinya tidak ada 1000 keraguan tentang wujudnya Allah maka tidak mungkin dia mendapati 1000 dalil tentang wujudnya Allah kata para ulama Maksudnya masalah wujudnya Allah ini enggak perlu banyak-banyaknya ini fitrah manusia Allah maujud ya yang istilahnya berlebih-lebihan sampai mempunyai 1000 dalil tentang wujudnya Allah kata Sang Perempuan ini karena dalam hatinya ada 1000 keraguan makanya Syekh membawakan ucapan penyair ya tidaklah masuk akal kalau siang itu masih butuh penerangan ya kalau di tanah lapang ya matahari sangat terang bener gak perlu pakai senter enggak perlu pakai sama dengan wujudnya Allah terang bener enggak perlu ya sampai cari-cari dalil sampai 1000 tentang wujudnya Allah subhanahu wa taala intinyaa mana ahli kalam mereka sangat takjub dengan penemuan baru mereka yang tidak pernah didahului oleh para sahabat ataupun para atabiin itu seolahah ilmu yang ya mampaui para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam padahal itu kesesatan yang nyata wallahu taalaam ini yang mungkin bisa kita sampaikan Insyaallah kita lanjutkan penjelasannya pada kesempatan yang akan datang wallahu ta Nam jazakallahu Khairan Barakallah fikum Ustaz atas penjelasan materi yang sangat bermanfaat di kesempatan ini ikwat Islam wazakumullah silakan bagi Anda yang ingin bertanya secara langsung Dian telepon 0218236543 atau pertanyaan melalui pesan singkat di chats WhatsApp di nomor 0819896543 baik pertanyaan pertama kita coba angkat dari pesan singkat di kesatan ini dari pakan di Bogor asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz Ustaz mohon nasihatnya Saya mempunyai tetangga yang katanya sudah hijrah dari amalan-amalan bidah ke amalan sunah tapi yang saya lihat kesehariannya tetangga belum seutuhnya mengamalkan sunah contoh masih doyan merokok dan pakai celana pendek di atas lutut kalau keluar rumah Bagaimana cara menashatinya dan apakah beliau bisa termasuk sebagai orang yang munafik mohon nasihat dan pencerahannya Ustaz Terima kasih jazakumullah pertanyaannya yang pertama kewajiban setiap muslim dan muslimah watiw kita tidak cukup hanya ya beramal untuk kita sendiri namun Allah katakan ciri orang yang tidak merugi wqw apalagi dia masih baru hijrah butuh terkadang apa proses ya yang paling penting ajarkan akidah tauhid yang paling utama ya Adapun kalau masih ada Penyimpangan atau kemaksiatan atau seperit tadi ya ini butuh waktu terus nasihati terus nasihati doakan semoga dia betul-betul bisa meninggalkan kemaksiatan-kemaksiatannya tersebut ya Dan mungkin barangkali di antara kita dulu juga demikian enggak langsung meninggalkan semuanya butuh proses satu ditinggalkan besok satu ditinggalkan dan seterusnya ya maka tidak boleh kita sampai menuduhnya munafik ya atau kita bahkan menghajar memboikotnya apalagi maksiat sebagaimana ulama ahlusunah ya mereka masih Istilahnya ya lebih memberati ya kesalahan dalam Al bid ya daripada apa maksiat kata Sufyan ass alidatu ahu iblis maksiah bidah lebih dicintai oleh iblis daripada maksiat Al maksiatab minha widat Min perbuatan bidah ini pelakunya susah tobat sedangkan pelaku maksiat banyak harapan untuk tobat karena dia merasa salah ya maka butuh ya untuk terus dinasihati ab Tunya bilikm Alanah beda dengan pelaku kebidahan apalagi tadi ya Dai yang menyuru kepada kebidahan ini berat ya makanya dulu para ulama Salaf di anaranya alubaid dalam seperti yang dinukil oleh Imam albarb dalam kitab syahusunah ketika mewasiati anaknya lebih baik engkau berteman dengan pelaku maksiat daripada berteman dengan pelaku ahli ahli bid ya jazakahuir Barakallah fikum atas jawaban yang telah disampaikan semoga bermanfaat untuk penanya dan kita semua yang menyimak masih pertanyaan melalui pesan singkat di kesempatan ini dari Pak Muhammad Amin asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz Waalaikumsalam Apakah ada benarnya seorang Ustaz atau Dai mengajak para pelayat mayat setelah selesai dikb untuk membaca surat al-ikhlas alfalaq dan Annas masing-masing sebanyak tiga kali kemudian setelah itu Ustaz atau Dai tersebut memimpin doa mohon nasihatnya Ustaz syukran baik ma muslimin pemirsa TV dan pendengar Di mana saya berada rahim warahimakumullah seperti yang sudah kita sampaikan Islam adalah apa yang diajarkan oleh Rasul dan apa yang diajarkan oleh para sahabat Rasul wasam dan Islam sudah sempurna apa saja dari ritual ibadah sudah komplit ajarannya oleh Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam diantaranya masalah pengurusan jenazah ya maka ketika tidak ada dalilnya dari ajaran Rasul ataupun para sahabat rasul maka Tinggalkanlah dan yang disampaikan tadi baca sebagainya tidak ada setelah apa disembahyamkannya jenazah Rasul sallahuaii wasallam setelah menyemahyamkan jenazah para sahabatnya beliau hanya mengatakan kepada para sahabatagfakum mohonlah ampun kepada Allah untuk saudara kalian yang sudah meninggal ini dan mohonlah ketetapan kepada Allah baginya karena dia sekarang ditanya tidak ada membaca ya ayat-ayat ataupun surah-surah tadi apalagi di pemakaman yang dikatakan oleh Rasul sallallu alaii wasallamumir jangan kalian menjadikan kuburan ya atau rumah kalian sebagaimana kuburan karena setan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Albaqarah baca al-qur’an di rumah jangan baca di kuburan rasul tidak pernah mencontohkan hal tersebut wallahu taala Nam jazakallahu Khairan Barakallah fikum Ustaz atas jawaban yang telah disampaikan semoga bermanfaat untuk penanya n ikhwat Islam wakumullah silakan bagi Anda yang ingin bertanya secara langsung di telepon 0218236543 Ya silakan halo asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh dengan Ibu siapa di mana dengan Umu Zah silakan Zah Terima kasih Eh ini Eh dalam rangka kita melaksanakan ketaatan danb mengikut perintah Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam hari Kamis kemarin eh ketika kita melaksanakan puasa senin kamis ada seseorang yang mengatakan kalau hari ini tidak boleh berpuasa katanya itu adalah hari nahar nah Apa yang dimaksud dengan hari nahar itu atau memangkah ada atau memang tidak boleh berpuasa di hari itu mohon pannya Ustaz asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabak Ust wallahuam saya belum pernah mendengar istilah Hari apa hari nahar iya hari nahar wallahuam nahar Apa artinya Apa artinya siang ya Setahu tidak ada larangan puasa hari sen atau hari Kamis kecuali kalau memang pas itu hari raya ya Adapun hari-hari biasa seperti hari Kamis kemarin tidak ada ya berbanturan dengan Apun yang dilarang maka sikap seorang muslim muslimah kalau misalnya mendengar ada orang mengatakan jangan puasa hari ini karena ini Pu ini namanya hari nahar maka Selayaknya Untuk bertanya apa dalil Anda melarang Ya beda misalnya puasa hari Sabtu meskipun ada khilaf di antara para ulama ya Misalnya orang itu puasa Daud ya sampai hari Sabtu ya Kamis Sabtu misalnya Sabtu Rasul mengatakan laasumuabat ikum jangan kalian puasa hari Sabtu ya kecuali yang diwajibkan atas kalian meskipun ada khilaf di para ulama ada yang membolehkan secara mutlak puasa sunah hari Sabtu ada yang melarang ya Intinya kalau yang hari kamis wallahuam kita tidak pernah tahu ada larangannya kecuali tadi seandainya jatuh pada hari raya misalnya Idul Adha atau hari tasrik ya ataupun hari raya Idul Fitri wallahu taalaam coba tadi tanyakan kepada yang melarang Apa dalil Anda melarang tersebut wallahu taalaam Nam jazakahuir Barakallah fikum UST atas jawaban yang disampaikan semoga bermanfaat untuk penanya Um Zahra yang berada di Riau kita beralih ke pertanyaan melalui pesan singkat kembali dari Abu SIM di Bogor asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz Apakah doa bisa merubah takdir Ustaz dan bagaimana penjelasan mengenai hal ini dan Apa yang dimaksud dengan jemah qadariah dan jemah jahmiah apakah dua kelompok ini masih ada di di Indonesia syukr baik Rasul wasam mengatakan tidaklah yang menolak takdir kecuali doa kata para ulama penjelasannya bahwasanya doa itu bagian daripada usaha ya sedangkan Allah berfirman inallah Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sampai mereka merubah diri mereka dan rentetan ini semuanya ada di lahul Mahfud misalnya orang itu dulunya miskin kemudian dia berusaha keras berusaha dan dia juga berdoa berusaha berdoa berusaha Ya berdoa berusaha terus sampai Allah takdirkan dia kaya rentetannya ini sudah ada dalam lahul mahfuz itu makna daripada la Q ada bukan maknanya misalnya diahul mahfuz dia selalu miskin sampai meninggal ya kemudian tiba-tiba ada doa ya kemudian merubah ini enggak mungkin karena semuanya sudah termaktub di laul mahfuz ya Adapun kelompok alqadariah kelompok aljahmiah masih eksis semua kelompok-kelompok sesat yang dahulu ya Meskipun namanya sekarang mungkin tidak ada namun pikiran mereka akidah mereka masih eksis contoh kelompok jahmiah ya di antara ke lakuan ataupun kesesatan mereka penyimpangan mereka mereka mentakwilkan ya istawa dengan istaula ya dan itu masih banyak Arrahman alasistawa kata Imam Abul Hasan al-as’ari dan yang lainnya bahwasanya yang mentakwilkan istawa arrahmanawa dengan istaula menguasai itu adalah tafsir kelompok aljahmiyah dan itu masih banyak dai-di yang me tafsirkan istawa dengan istawa di negeri kita banyak mereka pengikut kelompok aljahmiyah yang mentafsirkan kedua tangan Allah dengan kedua nikmat kedua kekuatan itu kata Imam assabuni assyafi’i dalam akidah Salaf Ashabul hadis itu kelakuannya muktazilah dan jahmiah dan itu masih ada di kita ya yang meyakini adanya wihdatul wujud Manunggal Kal Gusti itu ajaran Jami dan itu masih ada ya demikian pula kelompok alqadariah di antaranya yang mengatakan Ya Allah tidak mentakdirkan perbuatan hamba itu juga masih ada atau kelompok alqadariyah yang ekstriim sekaligus ya yaitu kelompok yang mengatakan Allah tidak mengetahui sesuatu sampai terjadinya sesuatu itu dan akidah ini masih dipakai kelompok syiar rafidah dan syiar rafidah banyak di negeri kita ya qahumullah dan akidah syiar rafidah mengatakan Allah tidak mengerti sesuatu sampai terjadinya sesuatu itu yang mereka namakan dengan akidatu albada wallahu taala alam nah Terima kasih jazakallahu Khairan Ustaz atas jawaban yang disampaikan dan itu merupakan pertanyaan kita terakhir di kesempatan ini mungkin ada sebagai ikhtitam atau penutup silakan Ustaz Ma muslimin pemirsa TV ra dan pendengar Radi ra Di mana saya berada rahimani warahimakumullah kita semuanya tahu umat Islam dalam keterpurukan umat Islam dalam keterhinaan kekalahan ya maka solusi dari keterpurukan keteringan ini harus umat Islam sadar solusinya kembali ke pada ajaran para sahabat rasul Sallahu Ali wasallam para sahabat dulu yang pernah menguasai dunia ini mereka pernah menaklukkan dua negara dikuasa Romawi dan persia kalau kita mau Jaya sebagaimana mereka ikuti ajaran para sahabat rasul dan jangan menyimpang dari ajaran para sahabat rasul sallallahuaih wasallam ingat ucapan Imam Malik tadi tidak akan memperbaiki generasi awal umat ini kecuali dengan apa yang memperbaiki generasi pertama yaitu para sahabat rasul sallu alaih wasallam di antaranya tentang masalah akidah ikuti akidah para sahabat ikuti tata cara ibadah para sahabat Jangan ngarang-ngarang sendiri atau bahkan nauzubillah minarik sampai mencaci maki para sahabat naudubillah minalik Bagaimana mungkin akan Allah tolong umat Islam sedangkan mereka menghinakan Pahlawan Islam pertama para sahabat Rasul S wasam Sekali lagi Tidak akan mungkin memperbaiki generasi akhir umat Islam ini kecuali dengan mengikuti jejak para sahabat rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Semoga Allah subhanahu wa taala senantiasa memberikan Taufik Hidayah kepada kita untuk berpegang teguh dengan ajaran Rasul dan para sahabat rasul sallallahuaih wasallam dan semoga Allah mengumpulkan kita bersama para sahabat dan rasul sallahaihi wasallam di surga kelak ak ang lebihnya mohon maamualikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih jazakahuir barakallahikum kepada guru kita Ustaz abdurahmanibah atas ilmu yang sangat bermanfaat dan waktuang yang telah diberikan untuk kita semua demikian tadi program kajian ilmiah dalam pembahasan rutin kitab syarah ah berkaitan dengan masalah akidah dan semoga apa yang telah kita simak dengarkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam bagi kita semua dan tentunya kita pun berusaha sebuah tenaga untuk mengamalkan dari ilmu kebaikan yang kita dapatkan Semoga Allah subhanahu wa taala selalu memberikan kemudahan bagi kita dalam beramal saleh allahum Amin Nam kami yang bertugas mohon pamit undur diri mohon maaf atas segala kekhilafan Terima kasih jazakumullahu Kir warakallah fikum atas kebersamaan anda wabillahi taufik wal hidayah subhanaka Allahumma wabihamdika asadu alla ilaha illa Anta astagfiruka waubu ilaik Selamat beraktivitas wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ustadz Abdurrahman Thoyyib, Lc. | Syarah Al-Manzhumah Ar-Raiyyah fi As-Sunnah
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply