Ustadz Dr. Emha Hasan Ayatullah, M.A. – Muqaddimah Shahih Muslim

Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata
Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube

Cibubur kode bank 451 konfirmasi dan informasi melalui WhatsApp 0819896543 dana yang dibutuhkan sebesar Rp miliar jazakumullahir kepada para musinin Semoga menjadi amal saleh dan amal jariah beriman dan iman tidak mungkin lurus tanpa ilmu dan beramal TV [Musik] amdulillah TV saluran Tilawah Alquran dan kajian Islam [Musik] asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah alhamdulillahabbil alamin wasatu wasalamu ala sayidil mursalin Wain ba pemira RV dan pendengar radio roja yang dirahmati Allah subhanahu wa taala alhamdulah kesempatan malam ini kembali kita bertemu dalam kajian dan pembahasan ilmiah dalam pembahasan mukadimahah muslim dan alhamdulillah bersama kami Al Ustaz Dr M.H Hasan ayatullah Ma hafidahullahu taala langsung dari studio Mini stdi Jember dan pembahasan ini merupakan Le atau pertemuan kita kedua dalam pembahasan mukadimah Sahih Muslim kami memberikan kesempatan yang luas bagi ikhwat dan akhwat pemirsa dan pendengar radio Roja ee dalam soal jawab dan diskusi di kesempatan malam ini sesuai dengan materi pembahasan yang kami harapkan Anda bisa sampaikan pertanyaan seputar e faedah Faidah dari mukadimah Sahih Muslim di 0218236543 untuk pertanyaan via chat WhatsApp seperti biasa di 0819896543 baik kita mulai kajian dan pembahasan di malam hari ini dan kepada Ustaz kami persilakan fatafadal Masykur jazakumullah Khair Bismillahirrahmanirrahim alhamdulillahiabbil alaminallahu wasall Wak Al abdihii Nabi Muhammad wa alihibihi AJ ya Aina amahqqa W Antum muslimun ya aakumum Nas wahah w akumakumfirakum dunakumillahaahu faqanim am ikhwah sekalian pemirsa raja TV dan pendengar radio Raja kaum muslimin muslimat yang mengikuti kajian malam hari ini semoga beberapa menit ke depan waktu kita barokah dan ilmu yang kita pelajari bermanfaat untuk kita mendekatkan diri kita kepada Allah Azza waall dan membuat Allah Rida kepada kita dahulu dikatakan Ahlul had ahlun nabi waam yashabu nafsahu anasahuibu orang-orang ahli hadis adalah keluarga Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam golongan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam kalaupun mereka tidak menemani fisik beliau Sallallahu Alaihi was am maka nafas-nafas Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam mereka jadikan kawan seharian alias sunah ajaran dan semua yang dituntunkan beliau mereka kerjakan dan ahlul hadis bukan hanya orang yang mempelajari teorinya akan tetapi mereka yang berusaha untuk memahami mempraktikkan dan memperjuangkan ini ditegaskan oleh sikhul islamimiah rahimahullah dalam majmu fatawa Beliau mengatakan kita tidak maksudkan Ahlul had adalah orang-orang yang menulis atau hanya mendengar meriwayatkan saja tetapi yang dikatakan Ahlul hadis yang kita maksudkanal mereka adalah orang-orang yang bisa menjadi depan ketika memahami menghafalkan dan mengamalkan lahir maupun batin itulah Ahlul hadis dan mereka terhormat seperti yang sering kita sampaikan Dan ini menjadi tanggung jawab bersama setiap individu muslim karena sunah akan bisa menghilangkan semua tata cara yang tidak sesuai dengan sunah itu yang sering dikenal dengan bidah dan ketika hadis ini tidak dikenal maka lawannya akan kelihatan maka benar apa yang dikatakan oleh Alza rahimahullah beliau seorang ulama ahli Syam beliau meninggal tahun 157 Hijriah pernah beliau mengatakanidamkir Ahlul sebuah bidah ketika menyebar dan tidak diingkari oleh Ahlul ilm para ulama maka bidah itu menjadi sunah dan itu yang sekarang dialami oleh kaum muslimin kebanyakan ketika sunah menjadi asing dan yang tidak sunah menjadi kaidah dan kebanyakan kaum muslimin tidak mengerti hadis maka kita berkali mengatakan para muhaddin mereka berupaya mensosialisasi mengetengahkan hadis-hadis yang sahih agar tidak ada lagi ruang untuk hadis yang lemah tidak ada lagi peluang kaum muslimin mengamalkan hadis palsu dan itu semua gara-gara ketika mereka tidak mengerti hadis yang sahih maka Semoga seperti yang pertemuan sebelumnya kita sampaikan kita sabar mempelajari hadis dan mempelajari hadis itu adalah kehormatan seperti kita sebut dan itu merupakan ibadah yang paling Agung Di antara sekian ibadah yang sangat Agung disampaikan oleh sufyanauri rahimahullah Beliau meninggal tahun 161 Hijriah Beliau mengatakan Ma a’lamu ala wajhil Ardi Minal aali afdolu Minal Hadi Liman Ar bihi wajhallah Aku tidak mengerti Kalau ada amal yang lebih Afdal di muka bumi ini daripada belajar hadis kalau seandainya orang yangempelajari hadis itu ikhlas semua amal harus ikhlas orang mau salat harus ikhlas sedekah harus ikhlas ngaji juga harus ikhlas tetapi saat ini ketika hadis ini menjadi jarang menjadi asing orang barangkali tidak tertarik untuk belajar hadis bahkan sebagian mereka lebih fanatik kepada mazhab daripada hadisnya dan kita tahu bahwa ketika seorang akan salat dan tidak ngerti Bagaimana tata cara salat mazhabnya dia tidak berdosa tetapi ketika dia salat tidak sesuai dengan sunah ini yang akan ditanya sama Allah Azza waalla alaal Insyaallah kita akan mempelajari beberapa pernyataan imam muslim dalam Mukadimah sahihnya jadi para pemirsa sekalian yang kita akan pelajari bukan hadis-hadis dalam Sahih Muslim dan itu Alhamdulillah kita bersyukur Banyak kaum muslimin sudah mempelajari akan tetapi kita akan tarkiz atau fokus pada pernyataan Imam muslim dalam Mukadimah untuk menegaskan bahwa di sana ada pembahasan dan poin penting dalam masalah ilmu Hadis ketika kaum muslimin perlu memperhatikan hadis-hadis yang sahih baik itu orang yang mengerti maupun orang-orang yang awam Agar kita selamat dari beberapa kesalahan baik kita mulai dengan pembahasan ee kitab mukadimah yang ditegaskan sebagai sebuah khutbah kata para ulama ini adalah khutbahnya imam muslim ketika beliau menjadikan ini sebagai permulaan pendahuluan sahihnya dan kita ngerti bahwa di dalam Sahih Muslim hadis-hadisnya kebanyakan sudah tidak lepas dari ee apa namanya tidak ee sudah lepas dari kritikan ada beberapa ulama mengkritik memang akan tetapi secara umum hadis ini sahih hadis ini sahih dalam buku Sahih Muslim nah beliau sekarang ingin memberikan wawasan pencerahan kepada kaum muslimin bahwa hadis itu memang perlu dipilih yang sahih ketika justru banyak orang-orang yang ngerti tidak perhatian Dengan hadis yang sahih atau mencampurkan antara yang sahih dengan tidak sahih maka banyak masyarakat yang tidak mengerti baik kita mulai qal musonifu rahimahullahu taala Beliau mengatakan Bismillahirrahmanirrahim ya beliau Mengawali dengan basmalah dan Basmalah ini dijadikan sebagai permulaan untuk tabaruk Dengan nama Allah Azza waalla kemudian itu di apa namanya halaman kita lihat ada Basmalah itu Bismillahirrahmanirrahim yang dibentuk paligrafi dan memang di dalam e manuskripnya ada tulisan Basmalah ini dalam cetakan saja dibentuk kaligrafi seperti ini tapi memang tulisannya Basmalah dan para ulama dalam karya-karya mereka seringki menggunakan Basmalah yang pertama untuk tabarrukan untuk ee apa namanya mencari keberkahan nama Allah Azza waalla kemudian mengikuti al-qur’an yang dimulai dengan basmalah yang ketiga mengulangi atau meniru mengikuti surat-surat Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam yang ditujukan kepada raja-ra Ya seperti dalam sahihain dalam sahih Bukhari dan Muslim ee Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tulis Bismillahirrahmanirrahim Min Muhammadin abdillahi wa rasulihi Ila hirqla adimir Rum ini adalah tulisan setelah dimulai dengan basmalah ini adalah surat yang ditulis oleh Muhammad Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam kepada hiraql heraklius ee Raja Romawi dan ini ee apa namanya usaha para ulama untuk mengikuti tulisan-tulisan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam baik dalam cetakan yang kita apa namanya baca ini ada tulisan wasallallahu ala Muhammadin wa alihi wasohbihi wasallama taslima ya ini juga sama mengikuti al-qur’an dalam menggabungkan antara selawat dan salam selawat artinya doa apabila selawat itu diberikan oleh Allah Azza waalla maka artinya adalah Allah Azza waalla menyebutkan hambanya di depan para malaikat ini disebutkan oleh Imam Bukhari ketika menafsirkan firman Allah Innallaha wa malaikatahu yusalluna Alan Nabi Sesungguhnya Allah Subhanahu dalam surat alahzab Allah subhanahu wa taala berselawat berikut juga malaik malaikat berselawat kepada Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam kata Ibnu Abbas radhiallahu anhuma shatullahiikrikah ketika Allah Azza wall menselawati Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam maka maksudnya adalah menyebutkan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam di depan para malaikatnya Adapun eh selawatnya malaikat maksudnya adalah doa ini juga ditegaskan oleh alimam bukar rahimahullah dan selawatnya Malaikat adalah doa dan di eh apa namanya eh cetakan ini disebutkan digabungkan antara selawat dengan salam dan ini bagus sebagaimana perintah Allah ya ayyuhalladina amanu Shu Alaihi wasallimu taslima Wahai orang beriman berselawatlah kalian kepada Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dan berucapkan salam ini yang paling sempurna dan ini merupakan keistimewaan Ahlul hadis sufyanauri rahimahullah Beliau mengatakan illam Yakun liashhabil haditi illa annahum yukiruna Minati alaihiakfa seandainya tidak ada keistimewaan Ahlul hadis Kecuali mereka paling banyak berselawat kepadanya maka itu cukup fainnahu lam yazalusi alaihiama Fi kitab karena Ahlul hadis dia akan selalu berselawat setiap dia membaca satu hadis hadis kedua hadis ketiga karena memang di setiap hadis akan disebutkan nama Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam nabi berselawat seperti itu Kemudian beliau mengatakan Alhamdulillahi rabbil alamin dan EE di sini disebutkan segala puji bagi Allah subhanahu wa taala rabbul alamin RAB pemilik pencipta pemelihara memberi rezeki dan seterusnya alalamin semua selain Allah jadi semua yang sudah diciptakan namanya alalamin dan Allah Azza waall merupakan nama yang paling Agung hanya dimiliki Allah subhanahu wa taala Rabb adalah pemilik dan kata-kata Rabb ini juga boleh digunakan untuk makhluk tapi biasanya disebutkan dia pemilik apa tidak mungkin ada orang dikatakan Oh itu Rabb gak mungkin akan tetapi disebutkanlah orang ini rabbul Ibil Oh itu yang punya unta begitu dalam bahasa Arab kalau seandainya ada orang ee dimiliki atau dia sebagai kepala rumah tangga dikatakan rabbul bait Dia adalah seorang suami sekaligus kepala rumah tangga ini boleh dalam bahasa Arab dan dalam syariat boleh karena kata-kata Rabb boleh dinisbatkan kepada makhluk tetapi Allah Azza waalla adalah rabbul alamin semua selain Allah Azza wall adalah makhluk Dan Allah Azza waall eh sebagai rabnya alhamdu adalah segala pujian dan Al di sini eh disebutkan oleh para ulama memiliki makna yang mencakup semuanya sehingga semuaji semua pujian hanya milik Allah subhanahu wa taala nanti kesudahan yang baik kemenangan kesuksesan hanya milik orang-orang bertakwa meskipun ketika di dunia mereka bisa jadi tidak terlalu menonjol dalam keuntungan duniawi akan tetapi ketakwaan Ini Membutuhkan kesungguhan Nanti pada hari kiamat Allah Azza waalla akan memberikan semuanya Maliki yaumiddin raja Hari pembalasan Berarti semua akan Allah Adil adilkan seadil-adilnya yang belum mendapatkan dan hak dia akan dapatkan pada hari kiamat yang dulu pernah zalim akan diselesaikan oleh Allah Azza waalla dan orang-orang yang bertakwa merekalah orang-orang yang menggapai sebuah kemenangan yaanuh jann FAQ orang yang diselamatkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga dia adalah orang yang menang betul-betul wasallallahu ala Muhammadin khatimin nabiin dan semoga selawat dari Allah Azza waall diberikan kepada Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam penutup para nabi khatim atau khatam merupakan penutup dan ini tidak perlu diartikan dengan bahasa Arab artinya adalah cincin atau penghias para nabi dan seterusnya karena memang dalam hadis yang sahih Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menegaskan Ana khamun nabi nabi Aku adalah penutup para nabi tidak ada nabi setelah aku Maka kalau ada orangaku nabi jelas sudah kelihatan dia sesat dan dari sejak dulu orang-orang yang mengaku nabi banyak orang-orang yang ngaku nabi banyak dan rata-rata laki-laki kalau ada orang yang ngaku nabi perempuan ini sudah kelewatan yang lebih kelewatan lagi orang yang percaya itu ya dan wallahuam EE sepanjang sejarah baru di mana itu ada orang ngaku nabi perempuan ya dan repotnya lagi karena orang-orang yang percaya kok ada begitu dan ini menunjukkan kedangkalan akidah yang sangat ee dalam kemudian disebutkan waa jamiil aniyaai wal mursalin dalam eh apa namanya eh redaksi ini penulis atau imam muslim rahimahullah tidak menyebutkan selawat dan salam kepada keluarga Nabi Sallallahu Al i wasallam dan para ulama mengatakan ketika mengucapkan selawat dan salam kepada rasul Sallallahu Alaihi Wasallam beserta keluarganya ini sunah dan pahalanya lebih besar akan tetapi kalau seandainya tidak dikerjakan tidak apa-apa kalau seandainya tidak dikerjakan maka tidak apa-apa kalau seandainya ada orang hanya berselawat kepada keluarga Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam saja tetapi tidak berselawat kepada para sahabat nah ini yang repot karena ini merupakan kebiasaan beberapa sekte seperti Syiah ini seperti ditegaskan oleh Syekh Abdul Karim e aludir Beliau mengatakan demikian kalau Sebaliknya bagaimana ada orang yang hanya mau berselawat kepada sahabat tapi tidak untuk Ahlul Bait ini kebiasaan orang nawasib nawasib atau orang khawarij mereka hanya mau berdoa untuk para sahabat tapi tidak mau kepada Ahlul Bait baik sebelumnya eh ketika imam muslim rahimahullah memulai dengan basmalah Eh ada hadis yang sering dijadikan alasan dan disebutkan oleh orang-orang yang mensyarah kitab-kitab ada hadis yang menunjukkan syariat untuk Fadilah memulai Basmalah kalau tidak dengan basmalah maka semua amal ini tidak sempurna setiap amal kebaikan yang ada kedudukannya tidak dimulai dengan basmalah maka amal itu terputus dalam riwayat dikatakan abtar terpotong di belakangnya nah tetapi hadis ini lemah bahkan ditegaskan oleh banyak para muhaditin bahwa hadis ini lemah baik Amma ba’du Amma ba’du ini merupakan kalimat yang bisa dikatakan sunah untuk orang yang akan menyampaikan khutbah karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dalam khutbatul Hajah juga menggunakan ini bahkan Syekh Abdul Karim khudir Rahimah hafidahullah Beliau mengatakan ada sekitar 30 hadis yang menyebutkan tentang kata-kata Amma ba’du dan artinya setiap yang mau Ana sampaikan ini masih ber berkaitan dengan yang tadi tadi ana sampaikan apa memuji Allah berselawat kepada Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam nah Adapun setelahnya ini masih berkaitan dengan pujian kepada Allah dan selawat kepada rasul Sallallahu Alaihi Wasallam seperti itu Kemudian beliau mulai mengungkapkan Sebab kenapa beliau menulis sahihnya jadi dalam Mukadimah ini intinya beliau ingin menjelas kan beberapa pokok-pokok dan poin penting dalam hadis ada hadis yang tidak boleh diamalkan kalau lemah kemudian dosa ketika orang ee mengada-ada sebuah hadis dari Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam termasuk di awal tulisan mukadimah beliau ingin menjelaskan Kenapa saya harus menulis buku ini ternyata ada permintaan dari salah seorang muridnya dan murid ini dekat sekali murid ini namanya Ahmad Ibnu Salamah annisaburi Ahmad Ibnu Salamah annisaburi rahimahullah beliau menjadi kawan rihlah atau Safar perjalanan belajarnya imam muslim ini muridnya tetapi ke mana-mana Beliau ngikutin kemudian termasuk beliau yang membantu pula banyak Eh kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh imam muslim rahimahullah maka alkhatib Al Baghdadi rahimahullah menyatakan bahwa perbincangan atau tulisan yang beliau maksudkan ini yaitu Imam muslim rahimahullah beliau seolah-olah mengajak bicara Ahmad Ibnu Salamah anisaburi dikatakan fainnaka yarhamukallah Sungguhnya kamu semoga Allah subhanahu wa taala Semoga Allah merahmati engkau dan ini adalah ee teladan yang baik ketika seorang guru memang sepantasnya sering mendoakan muridnya murid itu bukan musuh dan mereka hanya seperti robot me apa namanya menjalankan perintah dan tugas kita saja akan tetapi seorang guru ini barangkali perlu kita jadikan sebagai teladan perlu banyak mendoakan murid-muridnya ketika murid ini sukses maka pahalanya mengalir kepada gurunya maka Apa kurangnya ketika seorang guru mendoakan murid-muridnya semoga Allah Azza waalla memudahkan mereka ee kemudian memberi keberkahan pada ilmu mereka Toh nanti juga yang akan membanggakan adalah guru dan alangkah banyaknya di zaman ini Guru tidak hanya berlaku seperti itu tidak lagi mendoakan murid kemudian ketika menyampaikan juga barangkali kurang profesional justru ketika ada yang membanggakan pada murid rupanya mereka membanggakan sesuatu yang tidak mereka kerjakan ini memprihatinkan ini murid saya fas hafalannya banyak padahal tidak belajar dari dia gu ini eh yang jelas kita ingin perbaiki dan banyak berbenahakamukallah engkau wahai muridku Semoga Allah merahmati engkau buf dengan petunjuk dari penciptamu ini juga sama ini ini guru selalu mengaitkan eh semua yang kita miliki kepada Allah murid ketika belajar a semua petunjuk allah subhanahu wa taala kamu karena Taufik dari rabmuaka anaka hamum ak rasulillahahu Alaihi Wasallam kamu menyebutkan kepada aku bahwa kamu sudah lama pengin untuk meneliti untuk memeriksa dalam mengenal hadis-hadis yang dinukil dari Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Wai wiqiiil dan engkau ingin lama mengenal hadis-hadis Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dalam pembahasan agama dan semua hukum-hukumnya dan termasuk dalam had-hadis ini yangel Jelaskan tentang aawab Wal iqab pahala maupun hukuman atarib motivasi atarhib ancaman whairalika minufil Asya Bil asanidati biha nuqilat dan semua pembahasan dalam hadis lainnya yang dinukil dengan sanad Kenapa dikatakan demikian karena berarti hadis ini bentuknya macam-macam ada hadis yang menjelaskan tentang akidah ada hadis yang menjelaskan tentang hukum halal dan haram ada hadis yang berkaitan dengan motivasi beramal ini yang disebut dengan fadhailul amal memang jumhur atau mayoritas ulama membedakan ketika pembahasan itu berkaitan dengan ibadah alhalal Wal haram kemudian termasuk masalah salat tata cara beribadah kepada Allah maka hadisnya harus sahih ataupun dalam penjelasan fadilul Aal atau motivasi kemudian pendorong untuk ee melakukan amal saleh dengan menyebutkan pahalanya seperti dan seperti ini mengancam agar orang tidak melakukan dosa dengan penyebutan hukumannya akan seperti seperti ini namanya fadilul ammal kalau seandainya dalam satu Hadis yang berkaitan dengan fadilul Aal ternyata ada kelemahan maka para ulama mengatakan boleh seorang beramal Dengan hadis yang lemah termasuk ketika membahas tentang masalah tafsir tentang masalah sirah Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam perjalanan beliau kisah sejarah yang bisa diambil keteladanannya kalau seandainya ada hadis yang memang tidak terlalu kuat maka mereka mengatakan tidak mengapa termasuk dalam sirah Nabi banyak diriwayatkan dari al-waqidi al-waqidi diambil muridnya seorang ulama ahli Hadis namanya Muhammad Ibnu sa’ad ya padahal alwaqidi menurut ulama ahli hadis adalah orang yang matruk ditinggalkan dicampak dicampakkan dia hadisnya tidak diterima tapi para ulama masih menggunakan riwayat-riwayat sirahnya untuk dijadikan referensi dalam pelajaran itu baik ee tetapi Sahih Muslim berisi hadis-hadis banyak ada hadis-hadis yang berkaitan dengan pahala berkaitan dengan hukuman berkaitan juga dengan ibadah dan berkaitan dengan yang lain tetapi imam muslim rahimahullah berupaya dengan kas untuk menyebutkan had yang sahih saja maka Beliau mengatakan di siniau juga bertanya tentang hadis yang sering digunakan oleh para ulama diantara mereka dan engkau ingin Semoga Allah memberikan Engkau petunjuknya kata imam muslim selalu mendakandnya engau agarunjkan riwayat-riwayat yang sudah disusun rapi ya mualafah tersusun muhsah yang betul-betul di apa namanya dihitung jadi tidak dicampur-campur maksudnya ini hanya hadis yang diriwayatkan saja tidak dicampur dengan pendapat ulama arar dari tabiin perkataan sahabat kemudian ditambah dengan ee riwayat-riwayat lain tidak Tapi engkau hanya pengin mengerti atau dikenalkan p hadis-hadis yang dan engkau minta kepada aku dan ini menunjukkan bahwa imam muslim ketika menyusun Sahih Muslim ternyata di antara faktor pendorongnya adalah permintaan dari muridnya ya Dan ini merupakan permintaan yang e berisi bermutu gitu murid bertanya kepada guru biasanya menunjukkan kadar pemahaman karena pertanyaan itu akan berbabat atau tidak nyambung sama pelajaran apa tidak begitu kalau ternyata ke sana kemari Oh kelihatan berarti ini enggak paham gitu nah ini murid sudah lama mulazamah mendekat dan juga paham dengan imam muslim dan ahli hadis juga maka beliau meminta kepada gurunya agar menyampaikan atau menyusun buku-buku hadis ya buku hadis-hadis Maksudnya yang ringkas ulakisoha artinya aku ringkas dalam penyusuhan ini bila tikrorin yakur tanpa ada pengulangan yang banyak dan ini ada poin penting disebutkan oleh Syekh Abdul Karim Al khudir hafidahullah dalam ee menjelaskan makna ini imam muslim rahimahullah merupakan seorang penulis yang tertata rapih dalam menyusun hadisnya dan ini lebih ee mudah untuk kita jadikan bacaan daripada Imam Bukhari Imam Bukhari barangkali akan menyebutkan satu hadis dan kebetulan hadis itu panjang dipotong-potong hadis ini berkaitan dengan pembahasan masalah ini dipotong dilemparkan ke sana pada bahasan masalah fikih salat misalkan kemudian sebagian yang lain cocok dalam pembahasan zakat dilemparkan bagian zakat Oh ternyata ini masalah Birul Walidain sebagian nanti akan disebutkan dan kadang-kadang hadis ini satu diulang karena apa Karena pembahasan ini cocok untuk ini untuk ini untuk ini nah imam muslim tidak imam muslim sangat jarang sekali melakukan seperti itu beliau ketika ada satu Hadis beliau akan kumpulkan dalam satu tempat kemudian kalau hadis itu rupanya memiliki jalur periwayatan yang banyak maka beliau kumpulkan dalam satu tempat ini Imam Bukhari enggak Imam Bukhari ketika dalam satu Hadis ternyata ada sanadnya lebih dari satu bahkan mungkin ada sampai lima sanad yang dimiliki oleh Imam Bukhari dalam meriwayatkan hadis itu maka Beliau bagi-bagi juga di sana dipakai riwayat ini di sana pakai riwayat yang ini begitu nah sehingga kadang-kadang ee orang susah untuk mempelajari sahih Bukhari sementara dalam mempelajari Sahih Muslim mudah karena satu tempat semuanya sudah rapih begitu baik Beliau mengatakan bila tikrorin yaksur aku akan sebutkan tanpa ada pengulangan yang banyak ini penting karena kadang-kadang kita melihat di dalam Sahih Muslim ternyata ada satu Hadis riwayatnya sampai empat bahkan lima sanad dan ini dikenal dalam metode imam muslim ketika menyebutkan hadis ya beliau sering menggunakan huruf ha qala akhbarani misalkan Muhammad IBN Abdillah IBN numair an abihi Ha qala waaddatani Abu Bakar Ibnu Abi syaibah jadi hadis pertama diriwayatkan dari Muhammad bin Abdillah Bin Umair dari ayahnya kemudian ada tulisan H itu H itu maksudnya saya juga punya sanad lain sanad lain diriwayatkan dari guru saya yang lain yaitu Abu Bakar IBN Abi syaibah dari gurunya siapa hak lagi tahwil itu artinya tahwil artinya pindah ke sanad yang berikutnya Nah itu beliau punya ciri khas beliau kasih hak itu maksudnya kalau seandainya beliau punya sanad lebih dari satu dalam meriwayatkan satu Hadis yang sama maka beliau akan gabungkan semua jalur-jalur itu tujuannya agar membaca mudah Oh ternyata hadis ini diriwayatkan dari lima jalan Misalkan baik lima Jalan masa banyak masa sedikit itu ya kan kata imam muslim Saya tidak akan menyebutkan hadis yang panjang dan terulang terus enggak Saya akan sebutkan sedikit saja gitu lah masa lima Jalan sedikit kata Syekh Abdul Karim alkudir hafidahullah ini kekurangan kita imam muslim menyebutkan satu Hadis dengan bahkan 10 jalur ini menurut ahli hadis ini sedikit karena ada satu Hadis yang barangkali bisa diriwayatkan sampai sekian ratus guru seperti yang dinukil dari eh hadis Innamal a’mal bin niyat itu ada di antara perawinya sampai 700 atau sekian ratus begitu nah kalau seandainya disebutkan semua itu akan panjang dan enggak kebayang orang di zaman sekarang Mempelajari satu Hadis tapi sanadnya sampai 200 begitu pusing dan jangankan begitu coba sekarang kalau kita perhatikan pengajian-pengajian yang ada kalau sampai membaca hadis dengan sanadnya mungkin bosan itu orang ini karena kekurangan kita jarang sekali menikmati sanad padahal disebutkan bahwa sanad itu merupakan rangkaian orang yang meriwayatkan dari penulis buku seperti Imam Bukhari imam muslim sampai ke Rasul Sallallahu alaihi wasallam dan ini merupakan senjatanya orang akan tahu hadis ini sahih apa tidak dilihat dari rangkaian rantai penyebaran hadis ini apakah mereka dipercaya dari sisi agama maupun kekuatan hafalannya apa tidak kalau seandainya Ternyata banyak kekurangannya ditolaklah hadis itu seperti itu dan ini disebutkan di dalam pembahasan para ulama alisnadu minaddin waulal isnadu laqala manyaa Masya ya ya sanad itu merupakan bagian dari agama Kalau tidak ada sanad orang akan ngomong ngawur itu mirip sama orang di Indonesia bilang ini hadisnya ada dalam sahih Bukhari ternyata hadis itu tidak ada redaksi Arab sama sekali adanya hanya redaksi Bahasa Indonesia seperti dulu yang di zaman SMS itu belum ada WhatsApp Mereka bilang apa setiap akan Ramadan mulai bermunculan hadis tentang doa Malaikat Jibril abaikan puasa umat ini yang tidak minta maaf orang tua kepada anaknya anak kepada orang tua suami kepada istri istri kepada suami abaikan puasa mereka yang tidak minta maaf akhirnya banyak orang yang nge-share itu mereka khawatir puasanya tidak bermanfaat padahal hadis itu tidak ada redaksinya bahasa Arab pun tidak ada tapi orang yang menyebarkan tanpa ragu dia mengatakan HR Bukhari nah ini karena enggak ada sanadnya kalau seandainya kita terbiasa dengan sanad maka kita tidak akan gampang tergiur dengan yang seperti itu dan ini merupakan ciri khas umat ini Abu Hatim arrazi rahimahullah beliau meninggal tahun 277 Hijriah Beliau mengatakan lam yakuni umatin Minal umamuqallah umana tidak ada di antara tatanan masyarakat umat generasi yang pernah Allah ciptakan sejak Nabi Adam sampai sekarang ada orang-orang yang akan terpercaya menjaga perkataan nabi masing-masing tidak ada kecuali umat ini ketika para ulama Allah ciptakan untuk menjaga nabi S hadis-hadis Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dengan sanadnya dihafalkan dijelaskan kalau ini palsu kalau ini orangnya Pendusta kalau ini orangnya tidak bisa diperc nah ini merupakan ciri khas umat ini mereka punya sanad dan bisa diteliti Kalau kemarin kita sebutkan bahwa ternyata hadis lemah dan palsu kebanyakan dibuat bahkan oleh ahli ibadah ya ini disebutkan ole aliraqi dalam kitab Alfiyah dan juga ditegaskan oleh Ibnu Rajab al-hambali dalam syarhul Ilal beliau katakan bahwa ternyata ada beberapa ahli ibadah tapi mereka tidak ahli hadis ketika ingin memberikan motivasi kepada masyarakat membuat hadis palsu mereka katakan kami berjasa dan kita berusaha membela Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tapi ternyata masuk ke dalam larangan dan dosa besar Ketika Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam mengatakan Man haddatai bihaditin yur annahu kadib fahua ahadul kadibain orang yang menyampaikan dari aku dan itu sudah kelihatan sebenarnya itu bohongnya maka dia adalah salah satu dari dua Pendusta atau bahkan satu dari sekian Pendusta baik ini menunjukkan ee bahwa memang ada ulama yang akan menyebutkan tentang hadis-hadis itu dengan sanad dan kita ingin sebenarnya belajar sampai menikmati sanad itu ya dan dalam Sahih Muslim Ana lihat Masyaallah ee banyak pengajian yang sudah mulai mengkaji hadis-hadisnya sebagian juga mempelajari mukhtasarnya atau ringkasan sahih muslimnya nah tetapi seandainya kita membiasakan untuk mengkaji hadis sahih Bukhari maupun muslim dengan sanadnya maka ini bagus sekali ya biar kita terbiasa mendengarkan siapa saja guru-gurunya Imam Bukhari kemudian riwayat-riwayat itu baik karena ketika banyak sanad-sanad yang berulang hadis-hadis yang juga terulang kamu menyangka atau kamu mengatakan itu bisa sibukkan kamu dari tujuan asal untuk memahami hadis-hadis ini termasuk mengambil kesimpulan dari hukum-hukum dalam dalil itu ini penting hukum asalnya seseorang belajar hadis untuk mengambil apa namanya faedah untuk menyimpulkan hukum yang ada di dalam hadis-hadis itu jadi seorang perlu menggabungkan belajar sanadnya benar apa enggak kemudian setelah itu fikih yang terkandung di dalam hadis itu apa Jangan hanya terlalu semangat mempelajari sanad mengambil ijazah kalau ada riwayat di sana dicari ada majelis S di sana dikejar sampai sanadnya banyak sekali Tetapi setelah itu dia enggak paham apa yang dibaca Bahkan dia jauh dari harapan penampilannya tidak mencerminkan Dia adalah seorang yang belajar hadis apalagi ahli hadis begitu baik at maudun dan apa yang kamu minta kepada aku semoga Allah Azza waalla memuliakan kamu ketika aku berupaya untuk eh berusaha mencermati dan memperhatikan akibatnya nanti atau masa depannya setelah aku seandainya Allah mudahkan untuk menyelesaikan ini ini ternyata memangingkas menyusun hadis tanpa banyak pengulangan aibatun Mahmudah ada hasil yang terpuji manfaatun maujudah dan manfaatnya akan besar W dan aku Sempat berpikir ketika kamu minta kepadaku itu berat sekali ya tajum itu artinya takalluf artinya berat Ana akan memaksakan Kalau Ana harus memenuhi permintaan kamu kalau seandainya nanti akhirnya Allah akan mudahkan aku untuk menyempurnakan permintaan kamu itu akan berat sekali untukku tetapi memang kalau seandainya memang itu akan jadi ini kan cerita tentang sebelum beliau akhirnya menyusun Sahih Muslim tapi akhirnya Alhamdulilah Allah kasih kemudahan imam muslim rahimahullah menyusun mengumpulkan menghimpun hadis-hadis yang sahih Beliau mengatakan kalau itu Alhamdulillah terjadi dengan izin Allah maka pertama yang akan menuai manfaat adalah Aku sebelum orang-orang dengan faktor yang banyak Aku enggak bisa ceritakan semuanya kata beliau Anna jumlika hanya saja secara umum ketika orang berusaha untuk menguasai yang sedikit dia berupaya untuk paham dan menguasai pembahasan sedikit akan lebih mudah untuk dia kerjakan daripada dia berusaha untuk memahami yang banyak Maksudnya bagaimana hadis yang sedikit ini tanpa ada pengulangan kalau seandainya dia kuasai dan dia amalkan itu akan lebih mudah daripada dia mempelajari hadis yang banyak ini berulang ini hadis yang lain apalagi kalau seandainya hadis yang sedikit itu sahih sementara hadis yang banyak campur ada yang sahih ada yang lemah maka ketika seorang mempelajari agama ini mencukupkan dengan hadis yang sahih itu sudah cukup Tetapi kalau dia berusaha untuk menguasai memahami mempraktikkan maka itu mungkin itu sangat mungkin daripada dia menyibukkan diri dengan banyak kegiatan banyak hadis banyak apa jalur-jalur periwayatan Ternyata campur-campur ada yang lemah ada yang sahih ya tetapi kata Syekh Abdul Karim khudir kalau seandainya orangnya mampu tidak apa-apa Masalahnya banyak di antara kita yang tidak mampu kalau seandainya kita maksakan diri maka semua tidak terkerjakan kita pengin kuasai semua hadis seperti para ulama dulu berat ya Maka kalau seandainya kita hanya mampu sedikit yang sedikit ini kita pilih yang ideal biar kita bisa e menguasai begitu kalau Imam Bukhari rahimahullah tidak apa-apa Beliau mengatakan ha al hadahih Imam Bukhari aku menghafal 100.000 hadis sahih 200.000 hadis yang tidak sahih kalau Imam Bukhari hafalannya kuat begitu tidak apa-apa kalau orang kayak kita ini akan kesulitan untuk mempelajari hadis akhirnya kalau kebanyakan begitu baik Kemudian beliau mengatakanbi orang yangang tidak terbiasa belajar ilmu Hadis seperti orang-orang awam dan subhanallah kata-kata awam begini ini maksudnya orang yang bukan khusus bukan orang khusus maksudnya orang khusus Siapa orang pilihan yang memang dia menyibukkan diri untuk hadis dan Syekh Abdul Karim khudir mengatakan orang awam itu maksudnya adalah orang yang belajar orang yang juga jugak paham bahasa Arab orang yang juga sempat mempelajari ilmu Hadis hanya dia belum menguasai kaidah-kaidahnya belum bisa paham untuk eh apa namanya continue fokus dalam mempelajari hadis dan bisa kebanyakan kita ini awam otomatis ketika kita ini sebagai orang awam tidak perlu ragu untuk taklid saja kepada para ulama yang sudah ahli Jangan seolah-olah karena sudah belajar sekali tahun aja begitu atau belajar di majelis-majelis pengajian umum saja seolah kita sudah seperti Imam Bukhari ini kan tidak tahu diri namanya ya Dan ini beliau mengatakan jangan dikira orang awam yang dimaksudkan imam muslim adalah orang-orang yang hanya bisnis aja atau orang yang enggak ngerti agama bukan yang dikatakan awam itu ya orang-orang pelajar tapi mereka tidak sampai apa namanya ee menghabiskan hidupnya untuk mengerti ilmu Hadis kecuali kalau memang ada orang lain yang membuat dia paham yaim kalau ini yang kita bahas dan ini merupakan kesimpulan yang kita bahas maka Memang betul ada orang yang berusaha mengumpulkan hadis yang sedikit tetapi sahih itu AFD daripada dia bahas had yang banyak tetapi banyak yang lemah orang yang bisa mengumpulkan semua hadis-hadis yang bercampur tadi ada yang diif ada yang Hasan ada yangahih dan dipelajari Semua ini hanya beberapa orang saja yang Allah pilih ya untuk orang-orang yang khususja ereka orang-orang yang memiliki kejelan keseriusan dan pemahaman yang tajam mengerti Sebab kenapa hadis ini tertolak had ini kenapa dikatakanah adanya PEB k ituail Asan dia punya pemahaman dan dia punya kejelian maka Insyaallah orang yang seperti ini akan bisa mendapatkan faedah ketika mempelajari hadis yang banyak tetapi kalau orang awam yang banyak itu akan justru melupakan yang dia pelajari begitu ya yamaamunas alladina Hum bikilfi maanil KH Min ahlay Wal marfah fumiilir waquatilil Adapun orang awam yang mereka bukan orang-orang yang disebutkan tadi oleh imam muslim orang-orang khusus yang EE mengerti tentang ilmu Hadis kalau dikasih hadis yang banyak apalagi campur tidak hanya hadis yang sahih saja tapi ada yang hadis yang tidak sahih maka mereka akan susah untuk mempelajari yang banyak itu bisa jadi enggak ada manfaatnya sama sekali Padahal mereka belajar yang sedikit saja susah apalagi belajar yang yang sedikit aja mungkin mereka tidak kuasai Bagaimana akan mempelajari hadis-hadis yang banyak kesimpulannya imam muslim rahimahullah ingin berupaya menyuguhkan hadis-hadis yang sahih kemudian seringkas mungkin tetapi ternyata hadis ini menjadi ee apa namanya kumpulan buku yang tebal dan hadisnya banyak tetapi kalau dibandingkan dengan hadis-hadis yang dulu pernah diriwayatkan oleh para ulama ini sangat sedikit tadi kalau kita sebutkan Imam Bukhari rahimahullah sampai mengatakan hafidtu miata Alfi haditin Shahih wa hafu al hadahih aku hafal 100.000 hadis sahih dan aku hafal 200.000 hadis yang tidak sahih dalam riwayat lain disebutkan bahwa Abu zur’ah mengatakan kepada Abdullah anaknya Imam Ahmad abua Alfi had Bapakmu menghafalkan 1 juta hadis maka para ulama ternyata mengatakan yang dimaksudkan dengan riwayat seperti ini adalah sanadnya hadisnya sama akan tetapi ketika memiliki sanad yang banyak maka ee para ulama dulu menghafalnya semua yang dihafalkan itu bukan hanya matannya akan tetapi sanad-sanad nya dihafalkan semua dan itu kebiasaan para ulama Dulu mereka menghafalkan itu semua ya dan sebagian mereka ngerti kalau hadis yang dia riwayatkan itu dibolak-balik itu ngerti dia oh ini bukan hadis Ana seperti yang dinukil dari kisah Abu nuaim alfadl Ibnu dukain rahimahullah dites oleh salah satu muridnya Yahya Ibnu ma’ain rahimahullah hadisnya yang diriwayatkan dari guru ini abu nuim alfadl dukain ada sekitar 40 hadis dari bagian akhir dirubah dari bagian 10 akhir kedua dirubah Abu nuaim alfadl dukain faham ini Kayaknya ana dites Ini pertama beliau mengatakan H min hadii fadrib alai ini bukan hadisku coret baca lagi aman hadis pertama kedua ketiga keempat sampai 10 hadis kedua diganti lagi oleh Yahya bnu main ketika dibaca seolah ada yang kebalik atau gimana kata Abul fadl IBN dukain Abu nuaim alfadl IB dukain ini bukan hadisku coret tapi ketika sampai berulang tiga kali kesalahan itu dalam sanad maka Beliau mengatakan ini kayaknya inti sengaja kamu mau ngetes aku ya ya waktu itu yang ada di majelis ada tiga orang yang belajar sama Abu nuaim alfadli bnkain yang satu Imam Ahmad bin hambal yang satu Yahya BN main rahimahumullah kemudian yang satu ada orang namanya Ahmad bin Mansur arramadi mereka ramai-ramai belajar ke Abdur rzaq asanani di Yaman kemudian pulang mampir ke rumah abu nuaim eh ternyata Yahya bnu main pengin ngetes maka kata Imam Abul fadl Abu nuim alfadl dukain kalau ini maksudnya Imam Ahmad maka dia enggak bakal berani untuk ngetes-ngetes saya seperti ini apalagi ini maksudnya Ahmad Ibnu Mansur arramadi ini pasti kerjaan ente akhirnya ditendang itu Yahya BN main oleh Abu nuaim ditendang sampai jatuh Kemudian beliau marah masuk ke rumahnya kata Imam Ahmad alam aklaka innarjula Hafiz Aku kan sudah bilang jangan tes-tes itu beliau itu hafal semua riwayat yang beliau sampaikan begitu ketika Abu nuaim keluar dari rumahnya disamperin lagi sama Yahya IBN m’ain rahimahullah kemudian Yahya IBN maain rahimahullah mengatakan jazakallahuil Islami khairanitluka yuhaddit Semoga Allah memberikan balasan yang baik atas jasa Antum untuk Islam orang yang seperti antumlah yang berhak untuk menyampaikan hadis innamaabartuka aku hanya pengin mengetes Antum wsatuka ahabbu ilaiya Min rihlati demi Allah tendanganmu tadi lebih aku sukai daripada perjalananku untuk mencari hadis ini dicium lagi kepala gurunya itu ini menunjukkan Bagaimana bahwa dulu para ulama menghafal hadis itu dan Allah Azza wajalla jadikan usaha dan perjuangan mereka menghafal riwayat itu menjadi sebab agama ini terjaga dan kita menikmati dengan mudah hadis-hadis ini sekarang mudawwan musonf Gampang sekali semuanya sudah ada dalam buku-buku kita tinggal baca saja Nah sekarang kita membaca aja malas apalagi menghafal padahal yang kita hafal kan hanya matannya saja gitu dan yang lebih parah lagi barangkali ada seorang pakar hadis dia enggak ngerti hadis enggak hafal matannya kalau baca susah-susah ketika khotbah Jumat juga yang diriwayatkan adalah artinya karena kalau baca lafaznya kelihatan kepontel-pontel bacanya itu artinya kita memang jauh sekali dari harapan kita masih harus banyak berbenah dan perlu banyak belajar biar kita akrab dengan hadis Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dan tentunya kita ingin lebih mengenal bagaimana seseorang mengerti hadis ini sahih atau tidak sehingga satu saat nanti kita akan terbiasa pula dengan sanad sebagaimana dulu para ulama terbiasa dengan sanad sufyanauri rahimahullah mengatakan Al isnadu silahul mmin faam Yakun Ma sanad adalah senjata untuk seorang beriman Kalau tidak ada senjatanya gimana perangnya nanti artinya bagaimana orang akan mengamalkan satu Hadis sementara Dia tidak ngerti sanadnya dan termasuk yang sering dikatakan oleh para ulama alamu ala fqil hadun orang ketika akan membahas fikih atau pemahaman atau pelajaran dari sebuah hadis itu hanya cabang dari hadis itu sudah diketahui sahih apa enggak maksudnya bagaimana orang bakal capek mempelajari hadis ini memberikan manfaat dan pelajaran apa saja Eh ternyata ujung-ujungnya hadis itu tidak sahih untuk apa orang capek-capek mempelajari sebuah hadis ternyata hadis itu tidak sahih demikian ee kajian dan pelajaran kita malam hari ini dan Insyaallah akan kita lanjut pada pertemuan selanjutnya biznillah tentang tulisan imam muslim rahimahullah eh kenapa beliau akhirnya menulis beberapa pembahasan dalam mukadimahnya barakallahu fikumallahu wasallam Nab Muhammadi Alhamdulillah jazakallah Khair kami sampaikan Ustaz MH Barakallah fik ya Ustaz jazakah kir demikian ikhwah dan akhwat Fillah ee satu alinya dan EE sejumlah kalimat yang begitu sangat bermanfaat dari mukadimah Sahih Muslim dari awal dari ucapan bismillah selawat kemudian masuk ke dalam bagian mukadimah dari ee kalimat-kalimat dan untaian hikmah dari Al imam muslim dalam Mukadimah Sahih Muslim kita sudah simak faedah-faedahnya demikian juga syarahnya dan di kesempatan yang kedua ini kami berikan kesempatan bagi ikhwat dan akhwat yang ingin bertanya dan kami harap pertanyaan ee secara khusus kita fokuskan ke dalam pembahasan mukadimah Sahih Muslim sehingga faedahnya lebih ee bertambah dan juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam baik Silakan diil telepon 0218236543 dan EE untuk pertanyaan via chat WhatsApp seperti biasa di 0819 896543 baik kita angkat untuk penelepon yang pertama Halo Asalamualaikum Pak ustaz Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Dengan siapa Bapak di mana ini Pak eh Iskandar Pak dari Kalimantan Timur Pak Iskandar Mohon untuk pertanyaan fokus kepada pembahasan sesuai dengan tema kita ya Pak ya Iya mungkin Masud juga itu pak masalah isbal Pak Artinya kan artinya samar-samar kepada kami pak ini mauu anu aja memantapkan aja bahwa ini memang isbal isbal itu adiknya pak Apakah kalau isbal tidak memang salat Pak itu aja masalah isbal aja masalah menutup mata kaki kalau salat apakah itu memang sahih hadisnya Pak ustaz itu saja kami tanyakan Pak ustaz asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Pak Iskandar jazakullah kir wabarakallah Fik Asalamualaikum warahmatullah nah silakan Ustaz Waalaikumsalam warahmatullah baik hadis yang berkaitan dengan isbal banyak sekali ya di antara ancamannya adalah Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menyatakan Ma asbala Ma asfala Minal ka Minal izariinar ya apa yang ada di bawah mata kaki dari pakaian ini Izar itu diartikan pakaian adalah di neraka kemudian Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menyatakanahuna golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat tidak akan dipandang dilihat dan juga tidak akan disucikan mereka akan mendapatkan eh apa namanya azab yang pedih di antaranya adalah almbilu orang yang isbal atau meleabuhkan pakainya di bawah mata kaki Adapun hadis yang mengatakan bahwa orang yang isbal salatnya tidak akan diterima wallahuam Ana tidak ingat hadis itu apakah sahih atau tidak akan tetapi Kendati pun demikian orang yang memperhatikan hadis yang tadi kita sebutkan tidak perlu dia memikirkan Apakah saya salat atau tidak salat untuk tidak isbal karena petunjuk Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak khusus untuk salat ketika di dalam salat dia perhatikan agar tidak isbal atau tidak turun di bawah mata kaki pakaiannya pun di luar salat seperti itu juga tidak ee dibolehkan untuk menjulurkan pakaian di bawah mata kaki dan ini yang dipahami oleh Umar Bin Khattab radhiallahu anhu ketika beliau akan meninggal sudah dibedel perutnya itu sama orang majusi itu sampai keluar semua isi perutnya kemudian waktu itu beliau dikunjungi seorang anak muda hadisnya dalam sahih Bukhari ada anak muda memuji beliau engkau beruntung sekali dulu engkau selalu bersama Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam kemudian engkau menjadi khalifah dan saat ini engkau akan mendapatkan kesyahidan alangkah bahagianya engkau ini anak muda memuji Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu memberikan e hiburan setelah itu anak muda ini keluar ternyata Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu melihat anak muda ini e faal ternyata sarungnya atau pakaiannya sudah turun sampai menyapu tanah maka Umar Khattab radhiallahu Anhu mengatakan ulam Tolong panggil lagi anak muda itu kemudian Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu mengatakan ya Ghulam Irfa tbak fainnahu fainnahu anqa litsaubika wa atqa lirabbik wahai anak muda angkat sarungmu angkat pakaianmu karena itu akan lebih bertakwa di sisi rabmu dan lebih bersih untuk bajumu dan kalau bukan ini karena hal yang penting dan dianggap sebagai ee keyakinan oleh Umar Bin Khattab radhiallahu Anhu sampai dalam kondisi sakarat yang sakit sakitsakitnya kenapa Umar Bin Khattab masih perhatian dalam masalah ini Ada orang datang menghibur dan beliau juga sudah akan meninggal ternyata beliau masih perhatian dalam masalah ini ini menunjukkan bahwa ini bukan hal yang mudah azzahabi rahimahullah dalam kitab alkabair dosa-dosa besar menggolongkan isbal termasuk satu bagian dari dosa besar maka ee inti jawaban tadi yang Antum tanyakan apakah hadis itu sahih atau tidak Ana tidak ingat Apakah hadis itu sahih atau tidak Dan ini juga disebutkan oleh azzahabi dalam Kitab alkabair Hadis tadi tapi yang tidak ingat Apakah hadis itu sahih apa tidak salat orang yang isbal akhirnya tidak diterima akan tetapi orang yang ingin mencontoh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak perlu perhatian masalah salat di dalam atau di luar sekedar Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam melarang sudah kita kerjakan semua ee yang ada dalam hadis itu kita tidak isbal baik di luar maupun di dalam salat barakallahu fikum Nam Ustaz jazakallah Khair atas jawaban dan juga pencerahannya Ustaz Barakallah Fik demikian Pak Iskandar semoga bermanfaat kami angat Pertanyaan selanjutnya via chat WhatsApp asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ee pertanyaan dari Umu Abdillah di Makassar sebagaimana kita ketahui bahwa istri Nabi Aisyah radhiallahu taala anha banyak menghafal hadis yang menjadi pertanyaannya Bagaimanakah e Aisyah menyampaikan hadis-hadis tersebut kepada para sahabat Bagaimanakah metode penyampaiannya Ustaz mohon pencerahannya dan jawabannya jazakahir bukan hanyaisanyak Istin seper Ummu Salamah kemudian Zainab kemudian Ummu Habibah banyak sekali Ummu Habibah yang meriwayatkan hadis tentang salat sunah dalam sehari ya Ummu Habibah yang mengatakan hadis Man shalla eh lillahi Azza wall fil yaumiai asrata rakatan banallahu lahu baitan fil Jannah orang yang salat du 12 rakaat dalam satu hari maksudnya sunah bukan salat fardu maka Allah akan bangunkan dia rumah di surga ya itu maksudnya salat sunah rawatib kemudian tentang mandi janabah dari Aisyah dari Ummu Salamah dari istri yang lain ya bagaimana cara menyampaikannya menyampaikannya seperti firman Allah waidza saaltumuhunna mataan fasaluhunna War hijab kalau kalian akan bertanya kepada istri-istri Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam maka sampaikan dari balik tabir seperti itu ini yang pertama yang kedua dari orang-orang khusus mereka contohnya seperti urwah bin Zubair urwah bin Zubair keponakannya Aisyah radhiallahu anha seringkiali urwah bin Zubair meriwayatkan hadis-hadis yang diriwayatkan Aisyah radhiallahu anha bahkan terkadang urwah bin Zubair sampai dekat sekali dengan Aisyah karena itu bibinya urwah bin Zubair anaknya Zubair bin awwam anaknya asma asma adalah wallahuam kakaknya Aisyah radhiallahu anhum ajmain maka urwah Gampang sekali ketemu dengan Aisyah radhiallahu anhum nah ketika urwah bertanya kadang-kadang ini siapa istri yang dicium oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam kemudian Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam apa namanya eh tidak wudu lagi kayaknya Antum aja Ini kata urwah bin Zubair begitu lalu Aisyah radhiallahu anha tersenyum nah ini karena kedekatan itu atau seperti tadi yang kita sebutkan ketika Aisyah radhiallahu anha menyampaikan di balik tabir seperti dalam beberapa hadis yang EE ee apa namanya berkaitan dengan masalah salat dalam masalah salat ada sebagian eh tabiin mereka menyampaikan kepada Aisyah rad ya Ummah zaama Abu Hurairah annahu k Abu Hurairah mengatakan seperti ini Apakah benar seperti ini tanyakan kepada Aisyah radhiallahu anha sambil mengatakan wahai Ibuku wahai ibunya orang-orang beriman Nah itu dibalik tabir seperti itu wallahuam bissawab Nam Ustaz jazakallah kir dan syukan Jaz atas jawaban dan juga pencerahannya demikian Umu Abdillah semoga bermanfaat Barakallah Fik baik kami angkat selanjutnya pertanyaan Ada sejumlah pertanyaan yang sama dan Sada Ustaz asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimanakah memberikan motivasi terhadap jiwa dan diri ini untuk bisa mengikuti jejak para ulama hadis terdahulu walaupun kita tidak akan mampu untuk mengikutinya akan Tapi minimal semangat untuk mempelajari ilmu hadis membaca sanad atau menghafal sebagiannya agar bisa konsisten dan istikamah jazakallah khhair Barakallah fik ya Ustaz warakallahu fikum Iya jawabannya ada Dalam Hadis Sahih Muslim ihris ala Ma yanfauk wastain Billah wala tajas Itu pilihannya jawabannya di situ tiga poin penting yang ini digaris bawahi oleh para ulama ini juga disebutkan oleh Syekh salh usaimi dalam kitab beliau eh muhimmatul ilm dan takzimul ilm beliau Sebutkan dalam kitab beliau takzimul ilm Bagaimana seorang betul-betul menjunjung tinggi ilmu yang dipelajari nah beliau Sebutkan di antara poin pentingnya seorang perlu memiliki tekad yang kuat untuk belajar syariat apa motivasinya hadis ini dalam Sahih Muslim yang pertama seorang perlu melakukan apa yang bermanfaat untuk dia orang cari duit aja dia enggak peduli pekerjaan Apa pekerjaan sesuai dengan ijazahnya sesuai dengan umurnya Apakah ini kuat aku bisa kerjakan atau tidak yang penting menghasilkan uang kerjakan dia karena apa tahu ada hasil yang baik maka orang belajar dia berupaya untuk mencari setiap yang bermanfaat yang pertama yang kedua asain Billah minta pertolongan kepada Allah subhanahu wa taala kemudian yang ketiga jangan gampang menyerah baik termasuk di antaranya ini dinukil oleh para ulama kita perlu eh mempelajari cara belajarnya para ulama terkadang kita ini merasa tidak bisa karena salah jalan saya baca Enggak paham-paham kayaknya saya bukan cocok untuk belajar Nah kesalahannya Kenapa kita baru belajar langsung baca kitab yang berat para ulama Mengatakan agar kita bisa mudah untuk membaca maka pertama yang kita ee coba adalah pembahasan ringan Coba baca buku-buku biografi para ulama sehingga kita termotivasi kemudian buku yang mudah-mudah bahasanya dan yang pendek-pendek Bahkan mereka Sebutkan seorang thbul ilm yang pemula ketika dia akan memulai jangan langsung yang berat ini juga dinukil oleh Syekh salh usaimi dalam kitab yang tadi Beliau mengatakan dari salah satu ulama kontemporer yang belakangan eh Beliau mengatakan ada seorang yang ngerti dalam masalah ilmu kesehatan mengatakan eh thamul kabiri makanan untuk orang dewasa bisa jadi berubah menjadi racun untuk anak kecil ini kalau seandainya makanan Bagaimana seandainya ilmu yang terlalu berat orang belum bisa langsung mengambil ilmu-ilmu yang berat gak paham Akhirnya bisa mutung dia mutung itu artinya dia justru trauma kemudian tidak belajar lagi melanjutkan semangat pertamanya maka cara yang tepat adalah seorang perlu memulai menapaki dari yang sedikit yang ringkas seperti menghafal hadis misalkan menghafal hadis ikuti nasihat para ulama yang penting pokok-pokok Islam Arbain Nawawi Arbain Nawawi selesai Alhamdulillah pindah ke umdatul Ahkam Arbain Nawawi 42 hadis hadisnya masyhur pentingpenting semua dalam syariat inamal binniat hadis tentang Islam iman dan ihsan kemudian tentang pokok-pokok keislaman kemudian penciptaan manusia kemudian dasar diterimanya amal adinun nasihah ini banyak semua bagus semua itu hadisnya 42 hadis selesai pindah keilatul Ahkam ada sekitar 430 tapi hadisnya semuanya sahih dan itu berkaitan dengan masalah fikih Halal Haram bagus sekali kalau ternyata sudah selesai dan bisa untuk menghafalkan yang lebih banyak lagi hafalkan Bulughul Maram Bulughul Maram karena itu kebanyakan yang dibutuhkan orang dalam Berniaga bisnis ketika mau beribadah dari Haji umrah mau puasa mau salat dia butuh hadis itu kebanyakan dis Sebutkan di dalam Bulughul Maram termasuk ketika akan nikah ketika akan mengadakan akad perjanjian Apa kebanyakan itu ada di dalam Bulughul Maram karena memang alhafiz Ibnu Hajar menyebutkan hadis-hadis itu untuk ee membahas tentang apa yang kebanyakan dijadikan dalil oleh para fuqaha Nah maksudnya apa sebagian orang mengatakan saya bisa hafal kuat saya akan hafalkan sahih Bukhari ya Kalau seandainya memang dia kuat sekali hafalannya silakan tapi kalau tidak dia menghafalkan 200 hadis dalam sahih Bukhari kemudian dia capek padahal dalam sahih Bukhari ada berapa ribu hadis capek sekali Dia belum dapat seberapanya kalau seandainya dipakai untuk menghafalkan umdatul Ahkam maka dia sudah mencapai setidaknya setengah dari kitab itu tinggal menyelesaikan setengahnya lagi Insyaallah dia sudah kebayang pembahasan fikih yang banyak bermanfaatlah begitu maka Cara yang ditempuh sesuai dengan arahan para ulama apa yang mereka sarankan dan Jangan dianggap menghafal hadis itu susah Alhamdulillah Allah Azza waalla kasih kemudahan Bulughul Maram disebutkan oleh assakhawi sakhawi ini rahimahullah beliau muridnya Imam alhafiz in hajar Beliau mengatakan Bulughul Maram ditulis dan disusun oleh alhafiz Ibnu Hajar untuk anaknya tetapi Subhanallah qadarallah Masya fa’al anaknya Hafiz B hajar tidak menghafal Bulughul Maram tetapi bulugul Maram ini dihafalkan oleh jutaan bahkan hampir setiap generasi ada yang menghafalkan kitab bulugul Maram dan ini merupakan kitab yang Insyaallah Ada keberkahannya banyak ada keberkahannya banyak ketika kita bisa menguasai itu maka setidaknya pokok-pokok permasalahan dalam Islam kita kebayang dan pelajari seperti itu dan Insyaallah mudah ya dan jangan langsung hafalkan banyak satu hari satu Hadis kalau seandainya kita lebih mampu untuk menambah satu hari bisa dua hadis sampai ketika kita mampu Insyaallah dalam satu hari kita bisa hafalkan lima hadis tapi terus-menerus dan perlu diulang di murajaah lima hadis ini besok mau nambah Li hadis berikutnya lima hadis Diulangi kemudian nanti nambah lagi lima nanti 10 hadis Diulangi nambah lagi lima 15 hadis Diulangi lama-kelamaan Insyaallah akan banyak faedah yang didapatkan bukan hanya hafal tetapi termasuk fasahah kalam kita akan terbiasa mengucapkan ee bahasa Arab karena hadis itu bahasa Arab dan itu kata-kata dan bahasa yang tinggi karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam adalah orang yang juga fasih dalam berbicara Insyaallah ya itu mudah untuk orang yang Allah beri kemudahan barakallahu fikum n jazakallah kir barakallahu Fik demikian jawaban yang disampaikan oleh Ustaz semoga bermanfaat kami angkat kembali Pertanyaan selanjutnya berkaitan dengan Pak pembahasan tadi disebutkan seorang bernama Ahmad Ibnu Salamah an-naisaburi ee Ustaz ee Bagaimanakah biografi beliau dan sejauh mana kedekatan Imam ini dengan imam muslim sehingga ee permintaannya dikabulkan oleh imam muslim berkaitan dengan penulisan kitab sahihnya jazakallah Khair W jaazakumullahu Khairan ee yang Ana ketahui ketika kita mempelajari mukadimah Sahih Muslim Imam Ahmad Ibnu Salamah annisaburi ini menjadi rofiud darb menjadi eh apa namanya kawan imam muslim dalam banyak safarnya safarnya imam muslim imam muslim Safar ke kemarin kita bahas tentang biografi beliau ke daerah Haramain Hijaz Makkah Madinah Kemudian beliau juga berkunjung ke daerah masr Kemudian ke daerah Yaman kemudian ke daerah Iraq kufah Basrah dan sekitarnya hanya di apa namanya di perselisihkan para ulama Apakah imam muslim rahimahullah sudah masuk ke negeri Syam atau belum Dan kebanyakan dari rehlah-rehlah ini ditemani oleh Ahmad Ibnu Salamah an-naisaburi karena memang Ahmad Ibnu Salamah an-naisaburi satu kampung sama-sama dari daerah naisabur Kemudian ee Beliau juga termasuk orang yang membantu penyusunan kitab itu bukan hanya sekedar ee beliau usul aja akan tetapi Beliau juga membantu dan kedekatan itu secara detail wallahuam eh seberapa dekatnya karena memang ada beberapa murid lain juga yang turut meriwayatkan setelah kitab ini di apa namanya ditulis oleh imam muslim rahimahullah kemudian kitab ini diriwayatkan ya artinya disampaikan diajarkan dan oleh para ulama kemudian Sahih Muslim ini diiwayatkan pula Nah ada salah satu murid beliau Namanya Abu Ishaq Ibrahim IBN Muhammad IBN Sufyan ini juga salah satu Rawi yang meriwayatkan eh Sahih Muslim kepada kaum muslimin ee seberapa besar kedekatannya wallahuam akan tetapi kalau ada murid khusus yang sampai ke mana-mana bersama kemudian sampai nulis pun dipercaya ini berarti ya kita bisa bayangkan kalau zaman sekarang mungkin kedekatan itu sudah jarang ada seorang murid yang sampai ke mana-mana belajar pun ikut e k Ketika ada seorang Dai misalkan ke mana-mana sampai murid ini menyertai dan dia karena memang sudah paham dengan karakter guru dalam membahas kitab misalkan nah ini ee menunjukkan kedekatan khusus bukan karena kedekatan kepentingan ee atau kebutuhan dunia seperti se ya yang kebiasaan orang-orang akanapi Memang karena murni dalam belajar seperti itu wallahuam bawab n Ust jazakallah Khair atas jawaban dan pencerahannya demikian ikhwah dan yang bertanya ini merupakan pertanyaan kami di e kesempatan terakhir Ustaz dan sebagai kesimpulan serta ikhtitam dari kajian kita malam ini kami persilakan Ustaz tib ikhwah sekalian pemirsa eh raja TV dan pendengar radio Roja di mana pun Antum berada eh ini merupakan pembahasan jarang dan kita berharap dengan kesabaran dan ketekunan kita kita akan semakin tertarik untuk mempelajari hadis dan EE hadis yang sahih cukup menyibukkan kita kalau seandainya kita terombang-ambing dengan khilaf di antara para ulama Apakah boleh beramal Dengan hadis dif atau tidak tetapi ketika akhirnya pada kesimpulannya Kita tuh tidak ngerti yang sahih bahkan Dulu ketika Ee kita belajar di fakultas hadis salah seorang dosen mengatakan Antum menghabiskan waktu untuk memilih jurusan ini ini tetapi di masa kehidupan Antum tidak pernah sama sekali mengkhatamkan sahih Bukhari dan Muslim ini aib sekali minimal Antum pernah mengenal hadis-hadis pilihan dalam Bukhari dan Muslim yang dikumpulkan oleh beberapa ulama seperti eh al-humaidi kemudian ada Kitab Ibnu kharat yang mengumpulkan ee apa hadis-hadis yang ada dalam sahih Bukhari maupun muslim artinya eh ketika kita sebagai seorang muslim juga eh sangat rugi kalau seandainya kita tidak pernah mendengar hadis-hadis yang ada dalam kitab yang para ulama sendiri bahkan seluruh kaum muslimin mengerti hadis ini adalah asutub kitabillah ya buku yang dikatakan ini Paling sahih setelah al-quran yau sahih Bukhari kemudian Sahih Muslim Nah kita enggak ngerti hadis-hadis itu mungkin karena kita kurang motivasi maka wallahuam Semoga apa yang kita pelajari ini bermanfaat dan kita berpahala semua dan kadang-kadang ada ee agak apa namanya membutuhkan waktu dalam memahami dan itu adalah ee syuabil ilm seperti itulah orang belajar tidak langsung paham kadang-kadang perlu membutuhkan eh keseriusan yang lebih Semoga itu semua ee dihitung oleh Allah Azza w sebagai pahala kebaikan kita semua barakallahu fikum semoga ee apa yang kita pelajari bermanfaat dan kurang lebihnya mohon maaf shallallallahu wasallam wabaraka Al abdihi wasasulih Muhammad waihi wasahbihi ajmain walhamdulillahiabbil alamin Alhamdulillah Kami mengucapkan jazakallah Khair pada Al Ustaz Dr M.H Hasan ayatullah m hafidahallahu taala atas kajian dan faedah ilmu yang sangat bermanfaat di malam hari ini Ustaz jazakallah Khair yang disampaikan secara langsung dari studio Mini STD jumber dalam pembahasan mukadimah atau faedah-faedah dalam Mukadimah Sahih Muslim ini merupakan pertemuan yang kedua kita akan lanjutkan kembali di kesempatan Kamis yang akan datang Kami mengucapkan jazakumullah Khaira kepada seluruh pemirsa rja dan juga pendengar radio roja yang EE bersama kami mengikuti pembelajaran mukadimah Sahih Muslim dan jangan lewatkan di Kamis yang akan datang kita akan Sambung kembali sejumlah faedah dan Mutiah hikmah yang termuat di dalam mukadimah Sahih Muslim semoga bermanfaat dan kami mohon maaf Ada sejumlah pertanyaan tidak bisa kami hadirkan karena keterbatasan waktu yang ada Semoga Allah memberikan Taufik dan semangat kita untuk terus belajar jazakumullah Khairan kami akhir dengan kafaratul majelis subhanakallahumma wabihamdik Ashadu alla ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaik asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik]

Kajian

pada

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *