kajian Islam ilmiah di rja TV dan radio R Allah berfirman dalam surah alqar 49 inq Sesungguhnya kami telah menciptakan seluruh makhluk dengan takdir-takbir saksikanlah kajian Islam ilmiah di rja TV dan radio R [Musik] asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah wasalatu wasalamu ala rasulillah waa alihi wasohbihi waala saudaraku seiman dan seakidah sahabat Roja TV di mana pun anda berada Masih bersama dengan kami di saluran tilawah al-quran dan kajian Islam dan Insyaallah sesaat lagi kami akan sambungkan anda dengan kajian ilmiah yang kami Pancar luaskan dari Masjid Agung alukhuwah Kota Bandung Jawa Barat bersama Ustaz abuidar Sundawi hafidahullahu taala dan kembali kita akan membahas kitab mukhtasar ma’rijul Qabul di kesempatan sore hari ini kita akan mengkaji terkait dengan keutamaan Khulafaur Rasyidin saudaraku seiman dan seakidah kurang lebih 90 menit kebersamaan kita Anda dapat berpartisipasi tentu saja dengan menyimak dan juga bertanya jawab Anda dapat mengirimkan pertanyaan melalui pesan Whatsapp di nomor 0819896543 atau melalui line telepon di nomor 0218236543 Baiklah saudaraku seiman dan seakidah untuk selanjutnya kita akan simak nasihat dari Al Ustaz Abu Haidar asundawi hafidahullahu Taala kepada Ustaz falatafadal Maskur 10 menit kebersamaan kita Anda dapat berpartisipasi tentu saja dengan menyimak dan juga bertanya jawab Anda dapat mengirimkan pertanyaan melalui pesan Whatsapp di nomor 08 199896543 atau melalui laine telepon di nomor 0218236543 Baiklah saudaraku seiman dan seakidah untuk selanjutnya kita akan simak nasihat dari Al Ustaz Abu Haidar asundawi hafidahullahu Taala kepada Ustaz falyatafadol Maskur Bismillahirrahmanirrahim Asalamualaikum warahmatullah warakat alhamdulillahilladzi bail Um Rasul minhum yatlu alaihim ayatihi wakihim wimumul kitaba Wal hikmah wau minqblalim mubin wa asadu Alla ilahaallahikul haquin waadu Anna Muhammad d Amin wasalatu wasalamu ala asrofil iya wal mursalin waa alihi wa ashabihi ajmain waman tabiahum biihsan Il yaumiddin hadirin jemaah Masjid Agung alukhwah Bandung Allah muliakan para pendengar radio sunah Bandung pendengar radio Roja di beberapa kota dan radio-radio lainnya ikut gabung pemirsa Roja TV dan tv-tv lain serta para netizen di mana saja anda berada kembali kita berjumpa melanjutkan kajian kitab mhtasar maarijil Qabul tema yang kita angkat adalah Siapa orang yang paling utama meninggal Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam serta penjelasan tentang sahabat beliau dan di dalam pasal ini ada lima poin yang kita akan bahas yang pertama masalah khilafah setelah wafatnya Nabi alaihiatu Wasalam poin kedua keutamaan para sahabat baik para sahabat secara umum dibanding generasi selain mereka atau keutamaan sebagian sahabat di atas sebagian yang lain poin yang ketiga loyalitas para sahabat kepada Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dan ahlul bait serta kecintaan mereka kepada nabi dan ahlul bait serta pembelaan yang keempatnya menjelaskan beberapa kebaikan sahabat serta kewajiban kita untuk menahan diri dari beberapa kesalahan personal sahabat dan dan poin terakhir sikap kita terhadap perselisihan yang terjadi di kalangan para sahabat sampai kepada taraf peperangan wajib kita meyakini semua sahabat tah mujtahid dan perselisihan sampai peperangan itu akibat dari perbedaan ijtihad di kalangan mereka bukan karena hawa nafsu siapa saja di antara mereka yang ijtihadnya benar mereka dapat dua pahala satu pahala dariadnya satu pahala dari kebenaran dan siapa saja yang ijtihadnya keliru Salah maka dia dapat satu pahala dari ijtihadnya dan kesalahannya di inilah lima poin yang kita bahas di dalam bab ini dan kita akan mulai dari poin Pertama Dan mungkin pertemuan kita kali ini hanya sampai pada poin pertama saja karena terbatasnya waktu Apakah poin pertama ini yaitu masalah Khilafah terutama keutamaan para Khulafaur Rasyidin yang empat dalil-dalil yang melegitimasi kekhalifahan mereka serta urutan tertib kekhalifahan mereka yang pertama Khalifah pertamaalah Abu Bakar asiddiq radhiallahu anu nama aslinya Abdullah Abu Bakar itu Kun yahnya Dia anak dari Utsman bin Amir bukan Utsman bin Affan bin Amr Bin ka’ab Bin sa’ad Bin murah Ati dan legitimasi kekhalifahannya secara Syari didalili oleh banyak dalil baik Quran ataupun hadis yang sahih nama dalam sahihain riwayat Bukhari dan Muslim riwayat yang Masyur selama Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam sakit tidak bisa ke masjid maka nabi alaihiatu wasalam menyuruh Abu Bakar sebagai imam salat sebagai pengganti beliau dan ini mengisyaratkan beliaulah pengganti Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam setelah wafat kedua masih dalam Bukhari dan Muslim dari jubair bin mim radhiallahu anu Dia berkata atat imatun nabi alaihiatu wasalam faamara anjai Qita inuam ajidka kaahl alut alaihatu wasalamam tajidniti aba bakrin ada seorang wanita datang kepada Nabi Sallallahu wasam konsultasi bertanya setelah selesai nabi S wasam menyuruh wanita ini kembali kapan-kapan di lain waktu lalu berkatalah wanita ini Bagaimana pendapatmu jika aku datang engkauada engkau sudah tiada mengisyaratkan Kalau engkau kepada siapa lagi aku harus datang apa kata Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Kalau engkau tidak menemui aku tidak menemukan Aku datangi olehmu Abu Bakar ini juga isyarat Abu bakarlah yang akan meneruskan posisi beliau sebagai pemimpin umat dan bukan sebagai nabi Ini yang kedua ketiga masih dalam hadis yang sahih dari Aisyah radhiallahu anha diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Aisyah ditanya mana Rasul Sallallahu Al wasallam mustaklifanfahu qat Abu Bakar faqil laat Umar Laha bda Umar qat Abu Ubaidah bin aljarrah Aisyah ditanya Siapa orang yang akan diberikan jabatan kekhalifahan Bila Nabi kelak mewasiatkan hal [Musik] itu maka Aisyah menjawab Abu Bakar ditanya lagi setelah itu siapa dia menjawab Umar ditanya lagi setelah Umar siapa Aisyah menjawab Abu Ubaidah bin aljarrah itu beberapa Nas hadis yang menjelaskan legitimasi Abu Bakar sebagai khalifah berdasarkan isyarat yang diberikan oleh Nabi sallallahuaii wasallam dalam banyak kasus Adapun [Musik] Bagaimana sikap Abu Bakar sebelum beliau diangkat menjadi khalifah setelah kematian nabi sallallahu alaihi wasallam terlihat pengaruh besar beliau ditaati oleh sahabat-sahabat lain dan didengar sebagaimana hadis sahih riwayat Imam Bukhari dari Aisyah radhiallahu anha Anna Rasul sallallah a Abu bakrinq Umar sahabat-sahabat lain dan didengarimana hadahat Imam bukhi Abu Bakar rasah was Muham muhammah kata Aisyah rasulf ketika Abu Bakar berada di Sun sunah itu daerah tempat tinggal Bani harit dari kalangan khajraj jaraknya dari Masjid Nabawi kira-kira 1 mil dan itu rumah Istri Abu Bakar assiddiq radhiallahu anu sebagaimana yang dijelaskan Imam Ibnu Hajar dalam kitab fathulal jadi ketika nabi wafat Abu Bakar berada S mil dari Masjid Nabawi dari rumah Rasul alaihiu wasam Abu Bakar maka berdirilah Umar lalu berkata demi allah Rasulullah tidak wafat Umar berkata demi Allah bukan itu dariid dari rumah kata Umar maka tidak ada yang terbersit dalam dadaku kecuali itu nabi tidak wafat Allah pasti membangunkan kembali beliau lalu Nabi Sallallahu Al wasallam kelak akan memotong tangan makan dan kaki orang-orang yang mengatakan bahwa beliau itu mati kecuali itu ketika Umar sedang berpidato begitu datanglah Abu Bakar assiddiq radhiallahu beliau menyingkapkan kain yang menuti wajahnya kemudian mencium lalu berkatai Anta ketika Umar bukan sumpah sering beberapa Dai atau Ustaz yang kurang memahami ilm nahu menganggap ini sumpah lalu diartikan Abi anta wa Umi demi Ayah Abi an keliru besar ini bukan sumah karena bersumpah dengan bea selangyat lalu [Musik] diarti bersu di ak bahkan keringatnya pun wangi keringatnya ada yang menampung salah seorang sahabiah dan dijadikan parfum kata Abu Bakar demi Allah yang jiwaku berada genggaman tangannya Allah tidak akan kan engkau dua kali selama-lamanya kemudian Abu Bakar keluar lalu berkata Wahai orang yang bersumpah Diam kau maksudnya Umar tadi Umar bersumpah demi Allah b rasul sallallu was yang jiwaku berada dalam genggaman abuakar berbicara tidak akan mematikan engkau dua kali selamaat orang sehebat Umar kemudian abakar keluar laluata Wahai orang yang bersumpahuji Allah men berkata Umar bersumpah demi Allah Rasul jiwaku berada dalam genggam engkau dua kali sel siapa meny Allah Allah selalu ersar ayat bersumpahi [Musik] Allah a diacakanan surah Muhammad ini Apakah kalau dia mati Atan akanac Siapa yang kembali ke belakang tidak bacakan dua ayat ini bahwa nabi was pasti apa yang terjadi makaers kalau dia Ma kalian akan lalu berkata yang Abu bakariddiq Umar KH radallahu Anah binallahuahin [Musik] sa perg [Musik] merekaah itu adalah kelompok Ansar orang-orang Madinah mereka berkata di kalangan kami ada satu Amir di kalangan Kalian juga ada satu Amir kalian yang dimaksud Muhajirin lalu Abu Bakar Umar dan Abu Abu Ubaidah bin aljarrah pergi ke mereka ke kelompok Ansar di sqifah Bani Saidah lalu Umar berbicara tapi disuruh diam oleh Abu Bakar asiddiq radhiallahu Umar pun diam kelompok anicara salah satu manusia f di kalangan bangsa Muhajirin maksudnya Abu Bakar lalu Umar berbicaraah satu apannya diam oleh Abu Bakar assiddiq radhiallahu Anhu Umar pun diam kamilah Umar para berbicara salah satu manusia terfasih di kalanganzar itu menteri-menteri Wazir Muhajirin maksudnya Abu Bakar assid habab Bin Sal satu dari kalangan Muhajir dari kalangan an kamilah Umar engak demi Allah kita tidak melakukan itu dari kita ada pemimpin dari kalian juga ada pemimpin ketika kalian mengomentari perkataan habab itu menteri-menteri Wazir almunzir ini berkata para ulama di anar berkata habab bin almunzir dari kalangan muhaj dari kalangan Ansar wa inamaqatil ansor Minna amirun winkum Amir Al Ma Aru mintil Arab allaar alqilah akun minha orang Ansar hanya mengatakan kita punya pemimpin Kalian juga punya pemimpin ini karena kebiasaan bangsa Arab seseorang tidak boleh menjadi pemimpin di kabilah lain yang menjadi pemimpin suatu kabilah adalah orang terbaik di kabilah itu sendiri masing-masing kabilah ada pemimpin sedangkan Ansar dengan Muhajirin berbeda kabilah dari kalangan Ansari ketika Abu Bakar radallahu anhuy dan hadis ini juga menyebar di kalangan orang-orang ketika Abu Bakar asiddiq Radiallahu anhu menyampaikan hadis dan hadis ini juga menyebar di kalangan orang-orang Ansar Alim adalah jugaar ini orang ini adalah kan Allah dan rasulnya Wahyu orang setiap Kab satuuj rujuk pemimpin itu lalu mereka tunduk kepada pendirian mereka sebelumnya bahwa setiap kabilah harus punya satu pemimpimp dari Quraisy kitab Fathul Bari Syarah sahih bukh penjelasan Ibnu attin ini dan ini Mashur riwayat Imam Bukhari Imam IBN haarab Syarah sahih Bukhari berkata Abu Bakar [Musik] lalu Belu Jelaskan Abu Bakar Roja TV saluranam quan kajian Islam ilmiah TV dan radio Allah berfirman dalam surah alqamar 49 in ciptakan seluruh makhluk dengan takbir-takbir saksikanlah kajian Islam ilmiah di rja TV dan radio Roja kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio Roja Allah subhanahu wa taala memerintahkan kita untuk ya mendengarkan ayat-ayat yang dibacakan nasihat-nasihat yang disampaikan yang demikian itu adalah sesuatu yang menjadi rutinitas dan kebiasaan ahl Iman saksikanlah kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio Roja bukan demikian pula bagian daripada bentuk cinta kepada kita kepada Rasul wasam adalah membela ajarannya membela sunahnya membela sunahnya dari orang-orang yang ingin meninggalkan sunahnya lalu mempromosikanpromosikan hal-hal yang tidak sesuai dengan sunahnya ini adalah bagian dari jihad kita bagian daripada cinta kita kepada Rasulullah sahai wasam saksikanlah kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio Roja Allah berfirman dalam surah alqamar 49 Inna kqahuqarin Sesungguhnya kami telah menciptakan seluruh makhluk dengan takbirtbir saksikanlah kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio Roja setiap yang memiliki taring ya dari hewan-hewan buas maka haram hukumnya dimakan saksikanlah kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio Roja lembar doa secarik permohonan hamba doa dan zikir dari asunah doa dan zikir sehari-hari zikir pagi dan petang [Musik] [Musik] [Musik] Hai orang-orang yang beriman berzikirlah dengan menyebut nama Allah zikir yang sebanyak banyaknya dan bertasbihlah kepadanya pada waktu pagi dan petangubillahiminasyaitanirjim Allahu La ilaha illa huwal hayyul Qayyum la takhudzuhu sinatun wala naahu manadzi [Musik] yfahu illa biidnih yalamu Maa Baina aidihim w khalfahum w Yuh B [Musik] Wasia qusiyuhus samawati Wal ARD Wal yauduhu hifuhuma wahualiiyulim Allah tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar lain dia yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhlukNya Tidak mengantuk dan tidak tidur miliknya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisinya tanpa izinnya dia mengetahui apa yang dihadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu Apun tentang ilmunya melainkan apa yang dikehendakinya kursinya meliputi langit dan bumi dan dia tidak merasa berat memelihara keduanya Dan Dia Maha Tinggi Maha Besar Quran surat Albaqarah ayat ke-255 dibaca pagi dan sore satu kali lembar doa secaramillja tvan dan kajian Islam [Musik] kajian Islam ilmiah di Roja TV dan radio Roja mendengarkan ayat-ayat yang dibacakan nasihat-nasihat yang disampaikan ter jadi di kalangan para sahabat sampai kepada taraf peperangan wajib kita meyakini semua sahabat adalah mujtahid dan perselisihan sampai peperangan itu akibat dari perbedaan ijtihad di kalangan mereka bukan karena hawa nafsu siapa saja di antara mereka yang istihadnya benar mereka dapat dua pahala satu pahala dari ijtihadnya satu pahala dari kebenarannya dan siapa saja yang izhadnya keliru Salah maka dia dapat satu pahala dari ijtihadnya dan kesalahannya diampuni inilah lima poin yang kita bahas di dalam bab ini dan kita akan mulai dari poin Pertama Dan mungkin pertemuan kita kali ini hanya sampai pada poin pertama saja karena terbatasnya waktu Apakah poin pertama ini yaitu masalah khilafah terutama keutamaan para Khulafaur Rasyidin yang empat dalil-dalil yang melegitimasi kekhalifahan mereka serta urutan tertib kekhalifahan mereka yang pertama Khalifah pertamaalah Abu Bakar assiddiq radhiallahu anu nama aslinya Abdullah Abu Bakar itu kuniahnya dia anak dari Utsman bin Amir bukan Utsman bin Affan bin Amr Bin ka’ab Bin Saad bin murah ataimi dan dan legitimasi kekhalifahannya secara syar’i didalili oleh banyak dalil baik Quran ataupun hadis yang sahih pertama dalam sahihain riwayat Bukhari dan Muslim riwayat yang masyhur selama Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam sakit tidak bisa ke masjid maka nabi alaihiatu wasalam menyuruh Abu Bakar sebagai imam salat sebagai pengganti beliau dan ini mengisyaratkan beliaulah pengganti Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam setelah wafat kedua masih dalam Bukhari dan Muslim dari jubair bin mu’im radhiallahu anu Dia berkata atat imroatun an nabi alaihiatu Wasalam faamara anarai aid alut alaihiatu wasalamamajidni Aba bakrin ada seorang wanita datang kepada Nabi S wasam konsultasi bertanya setelah selesai nabi sall wasam menyuruh wanita ini kembali kapan-kapan di lain waktu lalu katalah wanita ini Bagaimana pendapatmu jika aku datang engkau Tiada engkau sudah tiada mengisyaratkan Kalau engkau mati kepada siapa lagi aku harus datang apa kata Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Kalau engkau tidak menemui aku tidak menemukan Aku datangi olehmu Abu Bakar ini juga isyarat Abu bakarlah yang akan meneruskan posisi beliau sebagai pemimpin umat dan bukan sebagai nabi Ini yang kedua ketiga masih dalam hadis yang sahih dari Aisyah radhiallahuu anha diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Aisyah ditanya mkanana Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam mustaklifan la istaklafahu qat Abu Bakar faqila Laha Tum Man qolat Umar Il Laha Mam ba’da Umar qat Abu Ubaidah bin aljarrah Aisyah ditanya Siapa orang yang akan diberikan jabatan ke khalifahan Bila Nabi kelak mewasiatkan hal itu maka Aisyah menjawab Abu Bakar ditanya lagi setelah itu siapa dia menjawab Umar ditanya lagi setelah Umar siapa Aisyah menjawab Abu Ubaidah bin aljarrah itu beberapa Nas hadis yang menjelaskan legitimasi Abu Bakar sebagai khalifah berdasarkan isyarat yang diberikan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dalam banyak kasus Adapun Bagaimana sikap Abu Bakar sebelum beliau diangkat menjadi [Musik] khalifah setelah kematian nabi sallallahu alaihi wasallam terlihat pengaruh besar beliau ditaati oleh sahabat sahabat lain dan didengar sebagaimana hadis sahih riwayat Imam Bukhari dari Aisyah radhiallahu anha Anna Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam mata Abu bakrin bisunah faqala Umar faqom Umar yaakul wallahi Ma mata Rasul S wasam QQ Umar wallahi Ma Abu Bakar rasulahuqi Anta [Musik] tak jalasa Umar radhiallahuamallah Abu Bakar waaiq Al mananabudu muhammadan muhammadan was muhammadas illahakirin kata Aisyah Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam wafat ketika Abu Bakar berada di sunah sunah itu daerah tempat tinggal Bani harit dari kalangan khajraj jaraknya dari Masjid Nabawi kira-kira 1 mil dan itu rumah Istri Abu Bakar asiddiq radhiallahu Anhu sebagaimana yang dijelaskan Imam Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bari jadi ketika nabi wafat Abu Bakar berada sat mil dari Masjid Nabawi dari rumah Rasul alaihiatu wasalam maka berdirilah Umar lalu berkata demi allah Rasulullah tidak wafat Umar berkata demi Allah bukan itu ee kata Umar makaq Nafsi tidak ada yang terbersit dalam dadaku kecuali itu nabi tidak wafat Allah pasti membangunkan kembali beliau lalu Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam kelak akan memotong tangan dan kaki orang-orang yang mengatakan bahwa beliau itu mati ketika Umar sedang berpidato begitu datanglah Abu Bakar ashiddiq radhiallahu anu beliau menyingkapkan kain yang menutti wajahnya kemudian menciumnya lalu berkata Bi Abi anta wa Ummi ini bukan sumpah sering beberapa Dai atau Ustaz yang kurang memahami ilmu Nahwu menganggap ini sumpah lalu diartikan biabi anta wa Ummi demi Ayahku engkau dan ibuku keliru besar karena bersumpah dengan menyebut nama selain Allah tidak boleh nabi sahui wasallam menyatakan Man halafa bhairillah faqad asroka Au kafaro siapa orang bersumpah dengan menyebut nama selain Allah dia telah Syirik atau kufur biabi anta wa Ummi maknanya ja’altu Abi wa Ummi fidaan lak Ya Rasulullah aku jadikan Ayah Ibuku sebagai tebusan bagimu wahai Rasulullah ini menunjukkan Agungnya kedudukan Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam di mata orang yang berbicara melebihi orang tuanya ke orang tua wajib hormat Mulia berbakti tapi Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam di atas kedua orang tua jadi itu makna Bi Abi anta wa Umi tibta haan waita engkau tetap harum baik ketika hidup ataupun setelah mati tadi Abu Bakar mencium Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam di keningnya dan tercium wangi dari parfum yang beliau pakai bahkan keringatnya pun wangi keringatnya ada yang menampung salah seorang sahabiah dan dijadikan parfum kata Abu Bakar demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tangannya Allah tidak akan mematikan engkau dua kali selama-lamanya kemudian Abu Bakar keluar lalu berkata Wahai orang yang bersumpah Diam kau maksudnya Umar tadi Umar bersumpah demi Allah P Rasul sallahui wasallam tidak mati ketika Abu Bakar berbicara Umar pun duduk lihat orang sehebat Umar tunduk kepada Abu Bakar assiddiq radhiallahu anu lalu Abu Bakar memuji Allah menyanjungnya lalu berkata Siapa yang menyembah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam maka sesungguhnya beliau sudah wafat sudah mati tapi Siapa yang menyembah Allah Allah tidak akan pernah mati Allah selalu hidup tidak akan pernah mati lalu dibacakan al-qur’an pertama surah azzumar ayat 3 innaka mayyitun Wa innahum mayyitun kata Allah engkau hai Muhammad pasti mati mereka juga pasti mati Allah menggunakan Isim innaka mayyitun tidak dengan fi’il innaka satamut karena Isim itu jazam Isim itu memberi kepastian pasti kamu mati mereka juga mati lalu juga dibacakan al-qur’an surah Al Imran ayat 144 Allah menyatakan wama Muhammadun illa rasulun Muhammad ini tiada lain kecuali hanya seorang Rasul asul telah berlalu sebelum beliau beberapa Rasul lain tapi semua Rasul sudah mati afaim Mat qutila inabtumikum Apakah kalau dia mati atau terbunuh kalian akan mundur lagi ke belakang akan murtad lagi siapa yang kembali ke belakang murtad lagi dia tidak memadaratkan Allah sedikitp dan Allah pasti memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur jadi bacakan dua ayat ini bahwa Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam itu pasti mati apa yang terjadi maka histerislah orang bersuaralah orang sesegukan nangis lalu berkataad bin ubadahqifah B Said FAQ Minna amirun wum amirahabaaiim Abu Bakar asiddiq wa Umar Bin Khattab radhiallahu anhuma wa Abu Ubaidah Bin aljarah radhiallahu anaha umaru Abu Bakar takallama ablaganas faqala Fi kalami nahnul umaro wa antumul wuzaro lalu orang-orang Ansar saat itu berdiri pergi mereka ke rumah Saad bin ubadah di saqifah Bani Saidah nama perkampungan itu adalah kelompok Ansar orang-orang Madinah mereka berkata di kalangan kami ada satu Amir di kalangan Kalian juga ada satu Amir kalian yang dimaksud Muhajirin lalu Abu Bakar Umar dan Abu ubaid Abu Ubaidah bin aljarrah pergi ke mereka ke kelompok Ansar di saqifah Bani Saidah lalu Umar berbicara tapi disuruh diam oleh Abu Bakar asiddiq radhiallahu anh Umar pun diam berbicara salah satu manusia terfasih di kalangan bangsaan e Muhajirin maksudnya Abu Bakar asiddiq dan salah satu ucapannya nahnul Umar wa anumul wuzar kamilah Umar para pemimpin kalian wuzar itu menteri-menteri Wazir para pembantu berkata habbab bin almunzir dari kalangan Muhajir dari kalangan Ansar la wallahi la naf’al Minna Amir winkum Amir enggak demi Allah kita tidak melakukan itu dari kita ada pemimpin dari kalian juga ada pemimpin ketika mengomentari perkataan habab bin almunzir ini berkata para ulama di antaranya Ibnu Tin bukan ibutin Ibnu Atin amirumir allakun Min orang ANS hanya mengatakan kita punya Kalian juga punya pemimpin ini karena kebiasaan bangsa Arab seseorang tidak boleh menjadi pemimpin di kabilah lain yang menjadi pemimpin suatu kabilah adalah orang terbaik di kabilah itu sendiri masing-masing kabilah ada pemimpin sedangkan Ansar dengan Muhajirin berbeda kabilah tapi ketika Abu Bakar assiddiq radhiallahu Anhu menyampaikan hadis dan hadis ini juga menyebar di kalangan orang-orang Ansar alaimmatu Min Quraisy imam-imam itu dari Quraisy ini ketetapan syariat ini adalah ketetapan Allah dan rasulnya Wahyu orang Ansar juga mendengar ini Waru mereka rujuk dari pendirian mereka sebelumnya bahwa setiap kabilah harus punya satu pemimpin rujuk pemimpin itu dari Quraisy lalu mereka tunduk kepada hal ini penjelasan Ibnu attin ini dinukil O Imam Ibnu Hajar Al dalam kitab Fathul Bari Syarah Sahih Bukhari dan ini masyhur riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa Al aimmatu Min Quraisy maka berkata Abu Bakar la Wakin nahnul umarantum wuzar Inna quraisyan Hum ausatul a’ab daron wauhum ahsaba fabayiu Umar Bin Khattab Abu Ubaidah bin aljarrah kata Abu Bakar asiddiq tidak tidak begitu tapi kamilah bangsa Quraisy para pemimpin kalian para wuzara para pendukung lalu disampaikan alaimmat bin Quraisy lalu Beliau Jelaskan B sungnya Quraisy orang Arab yang paling pertengahan letak geografisnya dibanding suku-suku lain di kalangan Jazirah Arab dan Pak paling Arab dari segi kesukuan maka baiatlah oleh kalian Umar Bin Khattab atau Abu Ubaidah aljarrah silakan pilih salah satu di antara dua ini dua-duanya bangsa Quraisy mendengar itu berkata Umar Bin Khattab radhiallahu anu bal nubayiuka Anta faanta sayiduna wahairuna waabbuna il rasulillahi amak Umar biyadihi wayahunas kata Umar enggak enggak begitu kami malah membaiat engkau sebagai khalifah ya Abu Bakar karena engkaulah Sayid kami orang terbaik di kalangan kami orang yang paling dicintai oleh Rasul Sallallahu alaih wasallam di antara kita lalu Umar pun mengambil tangan Abu Bakar dan membaiatnya melihat itu lalu orang-orang pun semua mengikuti membaiat Abu Bakar ass-siddiq radhiallahu Anhu Dan inilah kronologis pembaiatan Abu Bakar as-siddiq radhiallahu Anhu di hadapan Muhajirin dan Ansar dan Ansar juga seluruh kabilahnya hadir kaum Aus kaum khjraj itu bersepakat untuk membaiat Abu Bakar ash-iddiq radhiallahu Anhu Dan inilah legitimasi kekhalifahan Abu Bakar di mata para sahabat apalagi jauh-jauh sebelumnya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam pun sudah mengisyaratkan ya itulah pertama tentang kekhalifahan Abu Bakar as-siddiq kedua Adapun keutamaan dari Abu Bakar dijelaskan di dalam ayat apalagi hadis yang banyak ayat adalah surah at-taubah ayat yang ke-40a ada dua orang ada orang kedua di antara dua orang ketika kedua-duanya ada di gua gua yang dimaksud adalah gua tur ketika saat itu para sahabat sudah banyak yang hijrah dari Makkah ke Madinah ada berapa yang belum Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam belum diperintahkan Abu Bakar Ali itu belum berhijrah ketika turun Wahyu nabi diperintahkan berhijrah di siang harinya beliau memberi kabar kepada Abu Bakar nanti malam siap kita hijrah Abu Bakar pun mempersiapkan sementara itu orang-orang kafir Quraisy sudah mengetahui bahwa nabi akan hijrah mengikuti para sahabatnya ke Madinah dan itu mengkhawatirkan mereka khawatir di Madinah menggalang kekuatan lalu menyerang mereka karena itu mereka musyawarah dan salah satu yang ikut musyawarah seorang tokoh Syekh dari najd padahal itu jelmaan iblis laknatullahi alaih ketika datang Saya dari najad sebagai orang tua yang berwibawa Boleh saya bergabung boleh kami aku dengar kalian membicarakan tentang Muhammad Iya lalu dimusyawarahkan ada yang diusul yang yang ada yang mengusulkan ee dibunuh ada yang mengusulkan disiksa dan seterusnya semua ditolak sampai muncul ide Bagaimana kalau masing-masing kabilah yang ada di Makkah mengirim Satu pemuda terkuat ada beberapa kabilah bunuh ramai-rami kalau keluarganya menuntut kita tinggal patuh saja keluarganya mustahil memusuhi memerangi seluruh kabilah dan ini yang diterima akhirnya diterima termasuk si iblis ini ide yang bagus diutuslah beberapa pemuda terkuat dengan pedang terhunus lalu mengintip rumah Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dari kejauhan menunggu nanti malam beliau biasanya keluar ke Ka’bah ketika keluar akan di surga termasuk si iblis ikut mengintip ikut ikut mengintip saat itu apa yang terjadi Allah pasti tahu memberitahu Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam beliau sejak sorenya sudah menyuruh Ali untuk datang tidur di kamarnya di tempat tidurnya Lalu Allah menidurkan semua orang kafir Quraisy yang sedang mengintipnya yang sedang bersiap untuk menyergapnya termasuk si iblis lalu Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam keluar melewati mereka yang sedang tidur kalau kita khawatir mereka bangun jalannya pasti Kata orang Sunda mah ke ketyepan pasti apakah ket pantai pasti me mengenap-ngenap khawatir mereka bangun Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak di ambilnya pasir ditaburkan ke kepala mereka ke badan mereka ke wajah mereka enggak takut bangun sampai berlalu Sudah lalu ke rumah Abu Bakar asiddiq radhiallahu Anhu Abu Bakar sudah siap lalu malam itu mereka berangkat tapi mereka tidak langsung pergi ke arah Kota Madinah Mereka pergi bertolak belakang dengan arah Kota Madinah Lalu naik ke bukit Tsur di sana ada gua di puncaknya enggak Puncak banget pokoknya di atas gua itu masih perawan belum ada yang memasukinya lalu Abu Bakar menyuruh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam untuk nunggu dulu di luar beliau masuk memastikan bahwa itu aman didapatinya lubang-lubang ular lalu Beliau menyobek bajunya disumpal itu semua lubang ular sudah tertutup tinggal satu tapi pakaiannya sudah habis akhirnya yang satu itu ditutup oleh kaki Abu Bakar beliau duduk lalu menyuruh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam masuk begitu masuk dari luar ke dalam itu turun ngegjlik gitu Apa nggejliknya meng menggejlik ke bawah Turun lalu Abu Bakar asiddiq radhiallahu anh menyuruh beliau berbaring di pangkuannya lalu tidur ternyata si ular yang ada di dalam itu kayaknya enggak suka tuh mulut lubangnya itu ditutup apa yang terjadi gewak itu kaki Abu Bakar di digigit digigit apa dipatuk dipatuk lalu digigit kita tahu ular di padang pasir ber berbisa banget ya Sakitnya enggak kepalang tapi Abu Bakar menahan agar tidak tidak ngejerit tidak ngerejet takut nabi terbangunkan tip perket tip bgik menahan sakit saking sakitnya air matanya keluar menetes ke wajah Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam terbangun masyaanuka ya Abu Bakar Ada apa engkau wahai Abu Bakar dia menjawab ini liku aku disengat aku dipatuk ular dilihat Buk keng bar mungkin si si si apanya sudah masuk si si bisanya nya oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam di doakan diludahkan [Musik] ee bekas berdoa tadi dibalurkan seketika itu juga hilang sakitnya hilang juga pengaruh bisanya inilah yang kata para ulama di antara Syekh alutimin rahimahullah rukyah syariah lebih mujarab daripada ter ampuh Apun kalau Zaman sekarang zaman kedokteran modern ada orang yang dipatuk ular berbisa Bagaimana cara penanganannya mungkin disuntik serum nanti bisa ya begitu diuntuk langsung sembuh tidak mungkin bereaksi dulu mungkin demam dulu bengkak dulu biru dulu biru dulu gitu ya mungkin pingsan dulu besoknya baru ada pengaruh Lamat laun sembuh atau berkurang kan gitu sehebat-hebat ilmu kedokteran modern zaman kiwari mungkin begitu tapi dengan rukiah Syariah tokcer apa tokcer teh ampuh seketika itu juga sem ya Akhirnya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dan Abu Bakar tinggal di gua tersebut gua tur di bukur a malam dari mulai malam Jumat sampai malam Senin maka tak heran kalau sekarang kalau ada jemaah haji atau jemaah umrah diam di Makkah salah satu acara ziarahnya mengunjungi Bukit Sur karena itu tempat sejarah di sana ada gua kalau kita lewat hanya lihat dari bus ke Gunung itu terlihat ada titik-titik putih bergerak ke atas itu orang berjalan enggak disyariatkan ke sana mengunjungi enggak ada nilai ibadahnya paling penasaran ingin tahu kayak apa guaur itu gitulah yang paling parah ada yang tabaruk salat di sana menghadap gua ada nya atau salat di bawah menghadapnya ke arah gua padahal Ka’bah ada di belakangnya ada yang seperti itu tuh itu tidak disyariatkan nah kembali kepada siapa kepada orang-orang kafir Quraisy yang mengintip rumah Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam sedang ngintip begitu nabi belum keluar juga datang orang Kalian lagi ngapain kita lagi ngintip Muhammad akan kita sergap kalau keluar oh Muhammad sudah lewat enggak Belum Kami t-tadi di sini sudah aku tadi melihat di jalan ternyata orang ini berpapasan dengan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tadi di jalan akhirnya orangang ini pesaron diserbu rumah Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam didobrak ada Ali dipukuli Ali mana Muhammad dijawab tidak tahu sudah pergi akhirnya mereka mengambil kudanya Melarikan kudanya ke arah Madinah karena yakin Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam langsung ke Minah untuk hijrah dipacu sekencang Apun jangankan orangnya telapaknya juga tidak ketemu tapak jalannya juga kan kalau berjalan di padang pasir ada bekasnya ya apalagi mereka itu orang-orang yang terlatih pelacak Min Jauh enggak ada tanda-tandanya sampai besok siang enggak ada akhirnya dicari Mari pertama diubek itu Makkah enggak ketemu hari kedua sampai ada Sembara Siapa yang menemukan Muhammad dan Abu Bakar hidup atau mati dikasih 100 ekor unta hari ketiganya dikasih 1000 ekor unta semua pemburu bayaran pelacak kandal keluar semua ingin Hadiah itu tapi enggak ketemu semua lubang semua tempat-tempat yang kira-kira pantas dipakai tempat sembunyi enggak ada termasuk guaur didatangi ada sejarah yang sering kita dengar bahwa guaur itu setelah Nabi dan Abu Bakar wafat tiba-tiba datang laba-laba bersarang terus Burung bertelur ah enggak mungkin ada kalau ada pas ini rusak sering kita dengar enggak benar itu sebagaimana dalam kitab arahiul makhtum susunan Syekh Mubarak Furi dijelaskan yang sahih tidak begitu orang-orang gores itu datang ke bukit tur dan menemukan gua itu cuma mereka enggak berani masuk hanya dari luar noong ke dalam mereka menginikan obor langsung ke depan Oh kosong enggak ada padahal Nabi Sallallahu alaii wasallam dan Abu Bakar ada di bawah nyempod bersembunyi kata Abu Bakar wallahi seandainya Mereka melihat kearah kaki mereka niscaya mereka akan melihat kami Abu Bakar melihat laapak kaki yang nongol di atas karena kan begitu masuk Wang ngegjlik t ke bawah harus turun gitu orang-orang kafir tidak turun tapi cukup dari pintu gua melihat ke arah dalam Oh enggak ada clear lalu mereka menyatakan ini tidak ada lalu pergi lagi sampai akhirnya mereka menyerah tidak ada tanda-tanda nabi dan Abu Bakar assiddiq ada di Makkah seperti hilang Dit telan bumi Padahal ngumpat di bu kitur inilah yang Allah jelaskan dalam al-qur’an surah at-taubah taniumail Gar dua orang yang mereka saat itu bersembunyi di Gar di gua Bukit turs eh Bukit turs di di bukit tur dan guanya disebut dengan gua tur dan ini menunjukkan keutamaan Abu Bakar as-siddiq radhiallahu anh yang mendampingi hijrahnya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam maka setelah orang-orang kafir di sana Ini ada pengumuman dulu nanti tanya jawab enggak bisa dengan pendengar Roja ada gangguan teknis tapi masuk disiarkan pertanyaan dari jemaah sini saja mohon dipersiapkan Ikhwan atau akhwat dan Abu Bakar asiddiq dengan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tinggal selama 3 hari sampai hari Senin ketika orang-orang kafir sudah reda mencarinya lalu mereka pun keluar dan pergi ke Madinah melalui Pantai Laut Merah tidak biasa dengan membayar seorang pemandu yang hafal jalan sampai akhirnya tiba di Madinah dan di jalan mengalami beberapa kejadian yang istimewa kita tidak jelaskan karena bukan itu materi kita ya dalam hadis sahihain riwayat Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar radhiallahu anhuma kata Ibnu Umar fiaman nabiui wasam Abi bakar ahadan tma Umar ta utman tma natruku ashaban nabi S wasamfadilu bainahum kami di zaman Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak menganggap lebih adil kepada seorang pun dibanding Abu Bakar Abu bakarlah yang disepakati paling adil kemudian Umar kemudian Utsman kemudian para sahabat Diam tidak lebih mengutama sebagian sahabat di atas sebagian lain selain tig orang tadi Dan ini menjadi dalil tentang keutamaan tiga orang dengan urutan tadi Abu Bakar Umar dan utman dalam sahih Bukhari dari Amr Bin as radhiallahu nabiah wasam isah AB Umar KH jalanun Mar kata Amr Bin as nabi was mengutus dia ke untuk memimpin sebuah pasukan yang memiliki rantai belenggu-belenggu aku mendatangi Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam lalu aku bertanya Siapakah manusia yang paling kau cintai maka menjawablah Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Aisyah radhiallahu anha lalu Amr Bin as nanya lagi kalau dari kalangan laki-laki siapa dijawab bapaknya bapaknya nya Aisyah siapa Abu Bakar ashsiddiq radhiallahu Anhu kemudian siapa setelah itu dijawab Umar Bin Khattab lalu Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menyebut lagi beberapa orang sahabat yang beliau cintai ini semua menunjukkan beberapa keutamaan dari Abu Bakar assiddiq radhiallahu Anhu bahkan beberapa ayat pernah turun berkaitan dengan Abu Bakar dalam konteks memujinya salah satunya adalah Abu Bakar itu dikenal sebagai orang yang sangat Dermawan sangat selalu saling membantu dengan sesamanya terutama para kerabatnya yang ada hubungan kekeluargaan dengannya lalu sampai ke Madinah kerabatnya tetap dibantu ditolong tapi ketika terjadi hadisul ifq berita dusta yang memojokkan Aisyah radhiallahu anha sehingga banyak orang terpengaruh itu dihembuskan oleh orang-orang munafik gembongnya itu Abdullah bin Ubay bin salul tuduhannya enggak main-main keji menuduh Aisyah berzina dengan seorang sahabat yang Saleh alih-alih membela Aisyah beberapa sahabat ikut terprovokasi ikut menyebarkan termasuk beberapa kerabat Abu Bakar yang di apa yang suka dibantu bukannya membela mengklarifikasi tapi ikut menyebarkan apa yang terjadi turun ayat yang menjelaskan bersihnya Aisyah radhiallahu anha dari tuduhan Nah setelah ayat ini turun para sahabat tu yakin pasti orang-orang yang menyebarkan isu itu akan kena hukuman dan semua tahu yang menyebarkan itu Abdullah bin Ubay bin saluh sampai anaknya Abdullah namanya juga Abdullah bapaknya Gembong munafik tapi anaknya ini orang yang Saleh datang ya Rasulullah Kalau engkau mau menjatuhkan hukuman penggal kepada bapakku perintahkan aku untuk melakukannya biar aku yang akan membenggal bapakku dia enggak akan membiarkan orang lain takut melihat bapaknya dipengal oleh orang lain nanti dendam dia kepada orang itu kan biar aku nah Abu Bakar asiddiq setelah tahu Aisyah bersih dia kesal kepada orang-orang yang kerabat yang dia bantu tapi malah ikut menyebarkan fitnah sampai dia bersumpah demi Allah sayagak akan bantu-bantu lagi kepada mereka sampai bersumbah turun ayat dalam Alquran surah Annur ayat 242 w gak boleh orang-orang yang memiliki keutamaan keluasan rezeki bersum untuk tidak lagi membantu-bantu dari sini ada beberapa hadis dilarang kita bersumpah untuk tidak melakukan kebaikan atau bersumpah untuk melakukan keburukan tidak boleh contohnya umpamanya demi Allah saya enggak akan menyapa lagi orang itu Enggak boleh menyapa orang kebaikan demi Allah sayahingak akan infak infak lagi enggak boleh karena berinfak adalah kebaikan demi Allah saya tidak akan ceramahceramah atau menasihati dia lagi enggak boleh Lalu Allah menyatakan falfu walasfahu Maafkan mereka berlapang dadalah terhadap mereka lalu Allah menyatakan Tidakkah kalian suka kalau Allah mengampuni dosa kalian karena kalian mengampuni kesalahan-kesalahan mereka Abu Bakar asiddiq yang merasa ini ayat turun tentang dirinya lalu menyatakan bala yaabbiuhibu ya kami suka ya Allah Kalau engkau mengampuni dosa-dosa kami lalu Abu Bakar pun kembali memberikan bantuan ayat ini berkaitan dengan sikap Abu Bakar coba seseorang kasus yang dialaminya sampai Allah menurunkan ayat menunjukkan keutamaan orang tersebut di mata Allah Azza waalla dan orang tersebut adalah Abu Bakar asiddiq radallahu an ya inilah beberapa dalil dari ayat ataupun hadis yang menjelaskan tentang keutamaan Abu Bakar as-siddiq dan legitimasi kekhalifahan beliau baik secara Syari dari ayat dan hadis tadi ataupun dalam pandangan para sahabat yang membaiat beliau inilah khalifah yang pertama yaitu Abu Bakar as-siddiq khalifah yang kedua adalah Umar Bin Khattab ini akan kita Jelaskan nanti di hari Jumat yang akan datang untuk sore sekarang Cukup sampai di sini karena waktunya pun sudah habis untuk menjelaskan sisa waktu yang ada kita akan gunakan untuk bertanya jawab waallallahu ala Nabina Muhammadin wa ala alihi wa ashabihi Wasallam pertanyaan pertama Mengapa Abu Bakar lebih sedikit meriwayatkan hadis dibanding Abu Hurairah dan sahabat lainnya ada juga pertanyaan Abu Bakar abu Hurairah masuk Islamnya belakangan tapi kenapa beliau yang paling banyak meriwayatkan hadis dibanding yang lainnya dan pertanyaan ini bukan yang pertama Tapi sejak zaman baheula muncul dan sudah dijawab oleh para ulama jawaban yang pertama adalah spesifikasi para sahabat berbeda-beda ada yang mengkhususkan diri mencatat semua yang keluar dari mutut Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam ada yang ditugaskan sebagai penulis sekretaris Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam beberapa orang mereka otomatis lebih banyak Menuliskan hadis mereka lebih banyak mendengar mereka lebih banyak menghafal walaupun hafalan tidak mencerminkan keutamaan sehingga Abu Bakar yang lebih utama dari sahabat lain lebih sedikit dalam meriwayatkan hadis spesifikasi Abu Bakar tidak di sana tapi dari segi kepemimpinannya karisman wibawanya di hadapan para sahabat oleh karena itulah beliau yang kemudian diisyaratkan ditunjuk sebagai pemimpin sepeninggalan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam karena kemampuan memimpin tidak dilihat dari segi hafalan tapi yang jelas selama paham Quran sunah dan mengaplikasikannya dan memiliki Kharisma Wibawa yang didengar ditaati serta mampu memanage dialah yang layak jadi pemimpin tahu enggak kenapa mereka disebut dengan Khulafaur Rasyidin di ambil-ambil dengan Rasyidin makna Rasyidin berilmu dan beramal paham Quran sunah dan Quran sunah itu sudah dia terapkan dalam kehidupan pribadinya bukan sekedar hafalan pengetahuan atau ilmu tapi sudah diaplikasikan Siapa yang berilmu dan mengamalkan ilmunya orang itu disebut Rasyid berkata Imam Ibnu Rajab alhambali dalam kitab jamiul Ulum Wal Hikam ketika menjelaskan hadis riwayat Imam Abu Daud dari e Sari ya kata [Musik] beliauikumtitil khulfaasidinuman di antara kalian yang hidup panjang sepeninggalku dia akan melihat ikhtilaf yang banyak ketika itu wajib kalian berpegang teguh kepada sunahku dan Sunah para khalifah yang Rasyidin ketika menjelaskan makna Rasyidin berkata Imam Ibnu Rajab anasuasah manusia itu ada tiga golongan pertama Rasyid kedua gwin ketiga [Musik] dolun Rasyid gwin dolun wa Amar Rasid man arofa haqq man arofal haqqo wataba Adapun Rasyid orang yang mengenal mengetahui paham kebenaran Quran sunah syariat mereka pahami lalu mereka ikuti mereka aplikasikan mereka ini Rasyid Rasyid itu orang yang berilmu dan beramal Adapun ghawin berilmu tak beramal Adapun dolun sesat beramal tanpa ilmu tiga-tiganya itu berkaitan dengan ilmu dan amal J Rasyid itu berilmu dan beramal khulafa Rasyidin para khalifah yang memahami Quran sunah dan mengaplikasikan Quran sunah di dalam dirinya dan di dalam kekhalifahan kekuasaannya sebagai khalifah Dia atur dengan Quran sunah dan ini merupakan legitimasi dari Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam kepada para khalifah selanjutnya yang beliau sifati dengan sifat Rasyidin ya wallahuam b saat ini ada harakah khilafatul muslimin yang mengklaim mempunyai seorang khalifah Apakah harakah tersebut sesat ini bukan yang pertama dan dipastikan bukan yang terakhir sejak zaman bahula yang mengklaim ada khalifah itu banyak tapi apakah benar Ya tidak kenapa Karena tidak semua kaum muslimin mengakuinya ke itu tidak diangkat sendiri atau sekelompok kecil dari kaum muslimin tidak kalau toh ada satu kelompok kecil kaum muslimin yang mengangkat seorang menjadi khalifah kelompok itu harus orang-orangik di zaman itu yaitu para ulama rabbaniin mereka menetapkan berdasarkan ilmu dan keimanannya Adapun hanya sekelompok kecil di Indonesia di Bandung waktu saya masih muda juga ada yang sudah mengaku khalifah zaman baheula sekarang entah ke mana bubar dan saya pernah ketemu dah sama seorang yang meng khalifah terus bodoh maksudnya bodoh tentang Syariat agama ini baca Quran aja enggak benar tajwid makhrajnya apalagi paham bahasa Arab enggak sama sekali ya masa Khalifah kayak begitu ya Apakah kita harus baiat kepada tidak boleh bukan itu khalifah dan prosedur lahirnya khalifah tidak seperti itu nanti akan lahir khalifah Alal manhajin nubuwah di akhir zaman sebelum keluarnya Dajal laknatullahi alaih ya dan khalifah terakhir itu Imam Mahdi yang belum keluar bangsa Quraisy lihat yang aku khifah itu orang mana bangsa Quraisy Bu Kan kalau bukan enggak ya Apakah kita boleh mengambil ilmu dari Ustaz Fulan disebut di sini tapi enggak saya baca karena ada mendengar dari murid salah satu asati di Bandung bahwa Ustaz tersebut belum baca kitab belum bisa baca kitab ya Ustaz tersebut pintar beretorika memukau ya tapi Siapa yang mengerti menguasai bahasa Arab mendengar ketika dia baca Quran baca hadis atau membaca ucapan para ulama dalam bahasa asli Bahasa Arab tahu ini orang enggak bisa bahasa Arab walaupun wajahnya Arab saya pernah ketemu orang ini datang Saya minta nasihat saya bilang kalau ngaji jangan ceramah lepas bahas kita berat Ustaz Emang dakwah bukan kan bukan garapan enteng-enteng harus memiliki kemampuan yang memadai jadi beberapa duat ada semacam grup pernah membicarakan orang ini sebaiknya tidak dakwah dulu gitu sebaiknya belajar dan secara pribadi saya sudah menyampaikan nasihat ke orang Apakah saya boleh menghadiri kajian yang diselenggarakan oleh komunitas tertentu di sini disebut tapi enggak saya baca Sebab saya dengar dari orang tadi bahwa di kumpulan itu pembinanya belum ada pembinanya ada pembinanya tapi bermasalah juga ya allahul mustaan Jadi ada orang yang ingin ikut berkecimpung di dunia dakwah tapi dengan kebodohannya akhirnya langkah-langkahnya banyak perbenturan dengan syariat Ustaz yang diundang hanya asal viral retorikanya bagus banyak peminatnya walaupun keilmuannya tidak atau kurang memadai ada yang seperti itu yang disebut di sini pernah datang ke saya minta nasihat Saya sudah kasih nasihat nah seperti itu tapi tidak ada lagi Pernah Ada kajian di sini setelah saya pada Magi mereka pinjam punya sonound kita waktu saya ngaji mereka diilaluar ngopi atau apa tidak ikut hadir pengajian ketika beres magrib baru drek gitu Jadi kalau bukan Ustaz yang mereka undang tidak ngaji ya Ada berapa yang ikut ngaji tapi mayoritasnya tidak Bagaimana dengan Syiah yang tidak menyukai Aisyah dan tidak mengikuti Abu Bakar nilai aja sendiri Aisyah istri Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dipilih oleh Allah Allah yang mentakdirkan kata Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam istriku di dunia akan tetap menjadi istriku di akhirat ini men jaminan seluruh istri nabi yang tidak diceraikan Ahli Surga oleh oleh nabi oleh Allah di di Tazkiah disucikan oleh orang Syiah dituduh orang Syah menyatakan semua sahabat kafir murtad kecuali empat orang bayangkan para sahabat oleh Allah dalam ayat dipuji oleh Nabi dipuji oleh Syiah dikafirkan ya nilai aja sendiri ya Afan apakah ikut kajian hanya satu kali seminggu karena alasan sibuk menc nafkah itu termasuk fasik atau pemalas kita tidak menjaj demikian tapi ingat hadis riwayat Imam Bukhari dari muawiah siapa orang yang dikehendaki kebaikan oleh Allah Allah akanu orang itu paham tentang agama berkata para ulama di Imam Ibnu qayyim ya makna hadis ini adalah siapa orang yang dikehendaki kebaikan oleh Allah Allah akan mudahkan bagi dia untuk belajar ilmu lalu memahami wanamdillahuirir Siapa orang yang tidak dikehendaki kebaikan oleh Allah Allah tidak akan membuat dia paham tentang agamanya Allah beri kesibukan atau uzur yang membuat dia terhalang dari belajar dikasih kesibukan dunia dikasih rasa malas dikasih beberapa penghalang pokoknya Mau ngaji ada aja penghalangnya siapa yang ngatur kehidupan dia seperti itu Allah kalau ada orang Halang untuk ngaji untuk belajar agama dengan alasan apapun itu Allah yang menghalang berarti Allah tidak menghendaki kebaikan bagi orang tersebut makanya tidak dimudahkan untuk belajar dan memahami agama ini secara benar tapi kan belajar Islam bisa secara autodidak Kata siapa Quran hadis atau para ulama para ama menyatakanana ustuitu ak Siapa orang yang menjadikan kitabnya sebagai gurunya kesalahannya akan lebih banyak daripada benarnya dia bisa salah paham apalagi buku terjemah penerjemahannya belum tentu tepat belum tentu benar ada bias ada pengaruh pemikiran si penerjemah nya nah yang penerjemahan yang belum tertepat itu dipahami lagi oleh pembaca biasa Semakin jauh sehingga banyak terjadi salah paham belajar Islam tidak boleh autodidak Harus ada guru kalau dalam urusan dunia autoridat bisa bisa tapi lebih lama dan pasti terjadi kegagalan-kegagalan coba belajar mesin tapi langsung apa namanya learning by doing langsung praktik bongkar mobil kita bisa enggak bongkarnya bisa tapi masangnya enggak bisa dari sana ada ilmu oh ini ini ya tapi lama mungkin 100 mobil korban dulu setelah 100 mobil baru paham tentang mesin mobil mungkin begitu dalam urusan dunia rugi waktu rugi biaya rugi tenaga hasilnya Enggak seberapa tapi kalau langsung ikut kursus montir dibimbing oleh ahlinya efektif tuh lebih terarah lebih cepat lebih murah Nah kalau masalah agama ruginya bukan dunia ruginya agama sesat dulu menyimpang dulu pas mau menuju kebenaran mati duluan Habis wak untuk itu ya jadi sempatkan paksakan untuk bisa mencari ilmu ya jangan sampai kita termasuk orang yang selalu terhalang untuk memahami agama ini bagaimana kalau nabi meninggal setelah 81 hari waktu terakhir selesai Bagaimana dengan seorang ibu yang yang meninggal di saat anak-anaknya masih kecil Apakah ini juga tugas ibu di dunia selesai ya kalau mati selesai dia tidak akan lagi ditanya tentang anak-anaknya nanti karena anaknya masih bayi dia sudah mati ya sudah kalau nanti anaknya gede sesat ibunya tidak dimintai pertanggungjawaban karena sudah selesai dengan kematiannya Setelah dia mati tanggung jawab anak anak menjadi tanggung jawab bapaknya kalau bapaknya juga sudah tidak ada mungkin pamannya uaknya ya dan seterusnya Bolehkah menghindari orang yang suka menyakiti kita walaupun kita dia Itu keluarga kita sendiri karena Maafkan sudah tapi sekarang suka menghindar dari orang yang suka menyakiti kalau ada orang lain saudara kita kakak adik keponakan paman atau siapapun kerabat atau sahabat atau kawan melakukan kesalahan suka menghina suka suudon suka fitnah suka menggibah apa tanggung jawab kita nasihati bimbing dakwahi Ingatkan ya tapi sudah diingatkan malah Wah Dasar sok suci malah memojokan menghina boleh enggak kita menghindar bukan boleh tapi harus menghindar jangan bergaau rapat dengan dia tidak berarti memusuhi tidak kalau ketemu biasa salam basa basi baso sudahudah tinggalkan pas Um Ih ada gsib baru Afan saya ada keperluan gitu tinggalkan karena toksik dia ini racun bergaul dekat dengan dia meracuni kita Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam menyata seseorang itu agamanya sangat dipengaruhi oleh agama kawannya maka hendaklah setiap kalian memperhatikan dengan siapa berkawan tidak berkawan tidak berarti memusuhi tidak tapi jangan bergau rapat sehari-hari dengan dia karena bisa mempengaruhi kita apalagi tadi menyakiti setiap dekat dengan dia pasti menyinggung ada omongannya nyinyirannya hinaannya ekspresinya atau sedikit-sedikit pinjam uang sedikit-sedikit traktir dong di si ada uang enggak keluar umpamanya ya betah enggak kita bersahabat bergaul dengan dia pasti enggak betah ya hindarkan tanpa memuusuhi kalau ada kesempatan mendakwiahi dakwahi nasihati Ingatkan kalau sudah sampai sudah tinggalkan jangan bergaul rapat dengan dia tanpa memusuhi dia apa boleh Seorang Istri bersikap Mandiri dari segi keuangan dalam berumah tangga karena keuangan rumah tangga dipegang oleh suami maksudnya istri yang kerja uangnya suami yang ngatur gitu maksud maksudnya atau atau nih selama ini Suaminya kerja istrinya tidak tapi istrinya dijatah sehari 10.000 nih jangan minta lagi para istrinya banyak keperluan gitu akhirnya muncul ide boleh enggak kerja mencari uang sendi agar bisa ngatur keuangan secara sendiri tanpa menggantungkan ke suami begitukah ya atau coba lihat lagi apa boleh Seorang Istri bersikap Mandiri dari segi keuangan dalam kehidupan rumah tangga kita enggak tahu uangnya dari mana ni karena keuangan rumah tangga dipegang oleh suami ini bisa berarti istrinya yang kerja suami yang ngatur uang lalu suami ngapain Enggak kerja ya ngatur uang suami masak ngemandiin anak kalau anak nangis disusui gitu pakai dot maksudnya istrinya yang kerja ini suami enggak tahu diri bahasa Sunda menyatakan Nyalindung k Gelung Terbalik ya harusnya dia yang cari kerja istri yang mengurus anak dan rumah tangga ini Terbalik ya Nah apapun gini istri boleh enggak bekerja boleh dengan berapa syarat pertama seizin suami atau wali yang kedua tidak melalaikan dia dari kewajiban sebagai istri atau sebagai seorang ibu ketiganya menjaga diri menutup aurat di jalan atau di tempat kerjanya enggak ada ikhtilat berkhalwat dengan laki-laki dan yang keempatnya aman dari fitnah kelimanya pekerjaannya yang layak bagi seorang wanita seperti masak menjahit atau administrasi ringan jangan sampai wanita Kerjanya naik tiang listrik kayak gitu maka dibolehkan kalau mampu kalau bisa ya kalau enggak bisa akibatnya karena kerja capek suami tidak terlayani anak tidak terurus maka enggak boleh ya ada salah satu jemaah kita Bapak Haji Iin shihin Bin Bapak osih sekarang ini dirawat di rumah sakit Hasan sadqin dan Belum sadar mohon didoakan oleh semua kebetulan ini hari Jumat sore di saat doa makbul ya semoga bapak hajiin shihin yang sedang dirawat di rumah sakit Ran Sadikin segela disembuhkan oleh Allah Azza waalla semoga keluarganya juga disabarkan dan semoga ini menjadi penggugur dosa atas keluarga tersebut Allahumma rabbanasil Baa isfi antyafi la Syifa ill siifauk syifaan la yiru sakama ya terakhir Ustaz hukumnya mencari ke kuuburan Gimana mencari apa ke kuburan cari jangkrik boleh Ustaz hukumnya mencari kekuburan gimana apa yang dia cari enggak jelas mencari uang dijamin tidak akan dapat enggak akan ketemu mencari Barokah bukan ke sana mencari Barokah tuh ke masjid ibadah di masjid Barokah itu ya mencari apa dia tidak jelas ya wallahualam cukup ya sampai di di sini Insyaallah kita akan jumpa kembali melanjutkan kajian kitab ini di hari Jumat yang akan datang subhanakallahum bihamdik asyhadu alla ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaik walhamdulillahi rabbil alamin wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] y
Ustadz Abu Haidar As-Sundawy | Mukhtashar Ma’arijul Qabul
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply