Roja TV bagi anda para pemira Roja TV [Musik] asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh inalhamdulillah nahmaduhu waastainuhu wasastagfiruh wa naudubillahi minuri anfusina Wamin sayiatialina Man yahdiillah Fala mudillalah waman yudlil Fala hadiyaalah wa asadu Alla ilahaillallah wahdahu la syarikalah wa Ashadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh Q Allahu Taala F kitabihil Karim ya auhina amanqulaha haqq tuqatih W tamutunna illa wa Anum muslimun Amma baad ibu-ibu sekalian kita melanjutkan kajian kita yaitu kitab sulamul wusul kita sekarang kalau enggak salah masuk ke poin 24 ya Bu ya poin 24 Beliau berkata awal wajibin alalidifatur Rahmani buhidi awal wajibin kewajiban yang pertama atas hamba ya ituatah tauhidi itu mengenal Arrahman Allah B tauhid dengan cara mentauhidkannya ini merupakan ibu-ibu sekalian perkara yang harus kita pahami itu bahwa kewajiban yang pertama atas setiap mukalaf atas setiap manusia adalah mengenal Allah subhanahu wa taala untuk apa supaya kita mentauhidkannya mengenal Allah supaya kita tahu siapa sih pencipta Pencipta langit dan bumi itu Siapa Tuhan kita Siapa Tuhan di alam semesta agar kita paham bahwa yang berhak dipertuhankan tuh siapa apakah yang dipertuhankan selain Allah benar-benar Tuhan I tentunya ibu-ibu sekalian orang yang berakal orang yang berpikir dengan cerdas Dia akan paham bahwa langit dan bumi ini tidak mungkin jadi dengan sendirinya tiba-tiba ada tidak mungkin ya HP saja tidak mungkin dia menciptakan dirinya sendiri demikian pula ya kita pun juga manusia sebagai seorang manusia tidak pernah merasa bahwa kita yang menciptakan diri kita atau kita tiba-tiba ada tanpa ada orang tua enggak semua kita yakin bahwa kita itu diciptakan oleh Allah dari saripati air mani kemudian berubah menjadi segumpal darah kemudian menjadi segumpal daging lalu kemudian Allah pun tiupkan roh menjadi manusia yang sempurna berarti kita sadar bahwa kita bahwa kita diciptakan ada yang menciptakan kita i kita lihat tidak mungkin pohon itu ya tiba-tiba Ada tidak diciptakan tidak pula pohon menciptakan dirinya sendiri Makanya Allah mengatakanirul apakah mereka diciptakan dengan tanpa sesuatu artinya tiba-tiba tiba-tiba jadi atau ukah mereka yang menciptakan dirinya sendiri ini dua-duanya batil Iya berarti yang benar apa bahwa kita diciptakan Nah siapa yang penciptanya ini apakah matahari yang menciptakan langit dan bumi tidak kalau kita perhatikan matahari mengikuti aturan penciptanya ya dia berporos pada porosnya nya apakah yang menciptakan matahari apa langit dan bumi ini para nabi bagi mereka yang menyembah nabi tidak nabi tidak menciptakan langit dan bumi Bahkan ia dilahirkan dari seorang ibu Iya ataukah yang menciptakan langit dan bumi itu malaikat tidak juga malaikat tidak menciptakan dan bumi justru mereka adalah hamba-hamba hamba-hamba yang patuh kepada penciptanya ataukah yang menciptakan langit dan bumi itu patung-patung yang disembah itu boro-boro patung bisa apa ya untuk membela dirinya sendiri enggak bisa ataukah yang menciptakan langit dan bumi ini ya apa sapi yang disembah mana mungkin sapi bisa menciptakan dia tidak berakal tidak bisa menciptakan apa-apa Iya Maka ibu-ibu sekalian yang berhak dijadikan Tuhan yang diibadahi sebagai pencipta dia adalah pencipta pencipta alam semesta nah pencipta alam semesta itu siapa dia Allah subhanahu wa taala Allah yang menciptakan langit dan bumi dan dari ciptaannya itu ibu-ibu kita bisa mengenal sifat-sifat Allah kita sebagai manusia ibu-ibu ya bisa melihat bisa mendengar bisa berpikir I itu menunjukkan bahwa penciptanya pasti memiliki penglihatan pendengaran pasti penciptanya punya ilmu Iya pasti itu maka dari itu saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jamian mengenal Allah Pencipta langit dan bumi itu adalah merupakan kebutuhan yang paling besar sekali bahkan melebihi semua yang kita butuhkan berupa makanan berupa minuman makanya kata para ulama ya hajatul ibadi marfatillah hajatih Ila Atam wasyarab kebutuhan para hamba untuk mengenal rabnya Tuhannya lebih agung daripada kebutuhan mereka kepada makan dan minumnya saudaraku seiman rahimani warahimakumullahu Jamian jadi saudaraku ya mengenal Allah sangat kita butuhkan dan siapapun manusia yang masih di atas fitrahnya Pak dia akan merasakan kenikmatan yang luar biasa ketika dia mengenal Tuhannya mengenal Allah subhanahu wa taala kadang kita lihat ya Di YouTube ya ada percobaan-percobaan di diperdengarkan ayat-ayat al-qur’an kepada orang-orang nonmuslim yang tidak mengenal Allah terlihat hati mereka Langsung ya merasa kedamaian diantara mereka bahkan kita lihat ada yang menangis Padahal dia tidak paham artinya akan tetapi itulah fitrah manusia ya Fitrah yang Allah fitrahkan manusia di atasnya Untuk mengenal Allah subhanahu wa taala maka kata beliau inilah kewajiban aalu wajibin alid ya kewajiban pertama atas hamba seluruhnya itu mengenal Arrahman mengenal Allah subhanahu wa taala mengenal Yang pertama apa nama-namanya dan sifat-sifatnya dengan kita mengenal Allah melalui nama dan sifatnya akan muncullah ubudiyah ya penghambaan dan ibadah makanya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam ibu-ibu menganjurkan kita untuk mempelajari Asmaul Hus Husna Rasulullah Sallallahu Alaihi wasam bersabda apa innalillahi tisatan wa tiina Isman Man ahsoha dakholal Jannah Allah memiliki 99 nama siapa yang mengihsanya siapa yang menghitungnya dia pasti masuk ke dalam apa surga Apa makna mengihsa itu Bu kata Al Imam Ibnu qayyim rahimahullah Iya mengihsa itu ada empat martabat martabat yang pertama mencari dalil dari al-qur’an dan Sunah ya karena kita tidak boleh menamai Allah sesuai dengan pendapat kita enggak boleh Allah dinamai sesuai dengan yang Allah namai dirinya dengannya dalam al-qur’an dan yang Allah namai dirinya melalui lisan rasulullahi Sallallahu Alaihi Wasallam jangan seenaknya misalnya kita ngasih nama Allah ini gitu seenaknya Enggak bisa Iya maka berarti ini martabat yang pertama yaitu mencari dalil tentang nama Allah martabat yang kedua apa hifduha kata para ulama itu menghafalnya menghafal Asmaul Hus Husna ya setelah menghafalnya masuk ke martabat yang ketiga Apa itu yaitu fahmu ma’aniha yaitu memahami makna-makna setiap nama-nama Allah dan menyelaminya memperdalamnya jadi kita menyelami memperdalam setiap nama-nama Allah itu Bu Apa maknanya yang sangat luar biasa setelah kita memahami nama-nama Allah masuk ke martabat yang keempat Apa itu beribadah dengan nama Al Allah gimana maksudnya beribadah dengan nama Allah contoh misalnya Bu kita mengetahui nama Allah Arrahman nama Allah apa Arrahman Arrahman artinya apa Arrahman itu artinya yang dipenuhi dengan kasih sayang Iya kemudian Kita Renungkan Bagaimana kasih sayang Allah yang luar biasa di mana rahmat Allah mencakup segala sesuatu Allah turunkan berbagai macam rezeki Allah ciptakan berbagai maam am tumbuhan binatang semua kebutuhan-kebutuhan Allah telah sediakan di muka bumi ya itu menunjukkan rahmat Allah nah sekarang Ibadah apa yang harus dimunculkan dari mengenal nama Arrahman ya Ibadah apa yang pertama yaitu kita mempunyai sifat kasih sayang Rahmat kata Rasul was apaamum sayangilah yang ada di bumi niscaya allahiscaya kalian akan disayangi oleh Allah yang ada di langit Iya lihat dalam hadis inamah Allah menyangi hamba-hambanya yang mempunyai sifat kasih sayang J Kalau kita sayang sama hewan Allah sayang sama kita kita sayang sama manusia sayang sifat kasih sayang ini sangat kita butuhkan sebagai ibadah kita kepada Al Allah apalagi ibadah yang muncul dari sifat Arrahman Bu itu kita berusaha untuk mencari Rahmat Al mencari rahmat Allah Gimana sih supaya Allah merahmati saya di antaranya nya caranya gimana Allah mengatakan warakumamun apabila dibacakan al-quran maka dengarkan dan di dan diam supaya kamu dirahmati iya dan banyak lagi amalan-amalan ibu yang bisa mendatangkan rahmat Allah subhanahu wa taala itu apalagi ibadah yang muncul dari dari sifat dari nama Allah arah itu menimbulkan Raja berharap menimbulkan apa berharap Berharap apa berharap akan rahmat dan kasih sayangnya dan tidak putus putus asa Dari rahmat Allah tidak putus asa Dari rahmat Allah karena Allah mengatakan apa inahu Kafirun sesungguhnya tidak ada yang merasa putus asa Dari rahmat Allah kecuali orang kafir karena kita diperintahkan ibu untuk senantiasa husnudan kepada Allah dan tidak putus asa di rahmat Allah ibu-ibu sekalian n nah ini ibadah-ibadah yang muncul dari sifat Arrahman dari nama Arrahman itu contoh lagi ibu-ibu nama Allah apa Hah Apa arrazq arrazq artinya apa yang memberieki yang memberi rezeki Masyaallah ibadah yang muncul dari nama arrazq apa yang pertama hanya minta rezeki sama Allah yang kedua mencari rezeki yang halal yang Allah halalkan karena mencari rezeki termasuk perkara yang diperintahkan ya kata disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa mencari rezeki yang halal itu termasuk jihad ya apalagi Ibu ibadah yang ditumb ditumbuhkan dari kata arrazq yaitu mencari rezeki yang terbesar rezeki yang terbesar apa hah surga Allah gimana caranya supaya dapat rezeki yang terbesar itu Bu itu dengan cara beriman dan beramal saleh Iya nah ibu-ibu sekalian contoh lagi nama nama Allah apa ayo apa apa Bu meemang Ibu apa Hah alghfur alghfur artinya apa yang maha pengampun apa ibadah yang bisa muncul dari nama alghfur yaitu meminta ampunan istigfar maka kita banyak Istigfar sebagaimana Rasul mengatakan ayyuhanas tubu ilallah wastagfiru fainni atubu ilallah wa astagfir fil yaumi Mi marrah wahai manusia Tobatlah kamu kepada Allah dan mohon ampunlah kepadanya karena sesungguhnya aku ya setiap harinya bertaubat dan beristigfar itu 100 kali tu lihat ibu-ibu sekalian nama Allah lagi apa lagi Bu memang ibu-ibu enggak ada yang haal bu ya Hah Apa alh alh artinya apa yang maha hidup yang maha apa hidup dan kita wajib Imani hidup Allah itu sempurna berbeda dengan hidupnya Man manusia tidak sempurna apa Ibad yang ya ditimbulkan dari mengimani bahwa Allah itu alh yang maha apa hidup yaitu menimbulkan ibadah tawakal menimbulkan Ibadah apa tawakal Kenapa karena Allah hidup hidup Allah sempurna dan kehidupan Allah berkonsekuensi kepada sifat-sifat yang sangat sempurna sekali Ibu mendengar melihat berilmu punya sifat kudrah dan yang lainnya Iya alqayyum alqayyum artinya apa yang berdiri senendiri yang tidak butuh kepada hamba-hambanya tidak butuh kepada makhluk ya apa ibadah yang muncul dari kata dari nama Allah qayum yaitu kita senantiasa ibu-ibu ya menggapai ridanya karena Allah tidak butuh makhluk kita yang butuh kepada siapa kepada Allah Allah enggak butuh sama amal saleh kita enggak Allah tidak butuh kepada Salat kita tidak sama sekali alqayyum juga mempunyai makna yang bersendirian dalam mengurus langit dan bumi dan semua makhluk-makhluknya yang menunjukkan kesempurnaan kekuasaan Allah subhanahu wa taala Iya nah ini ibu-ibu sekalian ini yang diharapkan dari mengenal Allah jadi dari mengenal Allah Itulah muncul rasa cinta kepada Allah dari mengenal Allah muncul takut yang luar biasa kepada Allah dari mengenal Allah muncul ra berharap akan karunia dan rahmat Allah Ya ini yang diharapkan ibu-ibu sekalian maka di sini Beliau mengatakan begitu awalu wajibin alalidi marrifatur Rahmani B tauhidi kewajiban yang pertama atas setiap hamba mengenal Arrahman yaitu mengenal Al Allah dan mengenal Allah itu kata Ibnu Taimiyah Bu Surga Dunia mengenal Allah itu surga apa dunia kata Ibnu Taimiyah Inna Fid Dunya Jannah manam yadkhulha lam yadkhul jannatal akhirah di dunia itu ada sebuah Surga siapa yang tidak pernah masuk ke dalam surga dunia ini dia tidak akan masuk surga akhirat apa surga dunia itu makrifatullah itu mengenal Al Allah manusia semakin kenal Allah semakin Dia cinta kepada Allah semakin dia takut kepada Allah maka semakin dia menjadi manusia yang sempurna Bu makanya kesempurnaan manusia itu ketika dia mengenal Tuhannya ketentraman hatinya itu ketika dia mengenal Allah subhanahu wa taala coba silakan bandingkan dengan orang yang tidak kenal Allah hidupnya bagaikan binatang ternak bu ya tidak peduli Yang penting mengikuti hawa nafsu dan syahawat saja kerjaannya seperti itu akibatnya apa hati mereka tidak pernah merasakan ketentraman sama sekali tidak pernah mereka merasakan kenikmatan batin Bu batin merekaers Kenapa karena mereka tidak mengenal sumber kebahagiaan hidupnya yaitu Allah rabbul Izzati Wal jalalah maka dari itu ibu-ibu ya mengenal Allah lebih penting dari mengenal siapapun mengingat Allah harus lebih besar daripada mengingat siapun Allah berfirman apa wikrullahi Akbar dan mengingat Allah itu yang paling be besar jangan sampai mengingat Si Fulan yang lebih besar mengingat ini dan itu lebih besar Jangan jadikan mengingat Allah itu yang paling besar Iya dan tidak mungkin kita membesarkan Allah kecuali ketika kita mengenal Allah rabbul Izzati Wal jalalah nah ketika kita mengenal Allah bahwa Allah satu-satunya Pencipta langit dan bumi I lalu kita mengenal tentang sifat-sifat Allah mengenal rububiahnya Allah subhanahu wa taala Allahlah yang menghidupkan dan mematikan Allah yang memberikan manfaat dan menolak mudarat Allah satu-satunya zat yang mengetahui yang gaib Allah satu-satunya pemberi rezeki Allah satu-satunya yang mengabulkan doa Allah satu-satunya ibu-ibu sekalian ya yang memiliki berbagai macam sifat yang sempurna maka saat itulah kita akan mentauhidkan Al Allah ya kita tidak akan pernah lagi beribadah kepada selain Allah karena kita sadar bahwa yang disembah selain Allah itu manusia apa makhluk makhluk yang lemah yang membutuhkan karunia Allah subhanahu wa taala maka ketika kita mengenal Allah di situlah ibu-ibu sekalian ya dengan sebenar-benar pengenalan kita akan mentauhidkan Allah rabbul Izzati Wal jalalah doa kita hanya kepada Allah saja tawakal Kita hanya kepada Allah saja Harapan Kita Gantungkan hanya kepada Allah saja kita berkeluh kesah dalam kesedihan hanya kepada Allah saja seperti Nabi Yakub yang mengatakan innama as biti w huzniallah aku hanya mengadukan Kesedihanku kepada Allah saja itu bu karena dia mengenal siapa Allah subhanahu wa taala dia mengenal Allah subhanahu wa taala beda dengan orang yang datang ke kuburan minta-minta di kuburan dia enggak kenal Allah Dia kira yang ada di kuburan bisa mengijabah doa Dia kira yang di kuburan itu yang menciptakan langit dan bumi Dia kira yang di kuburan itu bisa memberikan manfaat kepada dirinya tidak sama sekali yang ada di kuburan tuh makhluk yang lemah yang membutuhkan karunia dari Allah dan rahmatnya Lantas kenapa kita harus datang ke kuburan kepada makhluk yang lemah cukup kita berdoa kepada allah minta kepada Allah tawakal kepada Allah ini hasil mengenal Allah itu yang diinginkan dari mengenal Allah subhanahu wa taala ibu-ibu sekalian Iya kata beliau aalu wajibin alalidi maraturahman buhidi kita masuk ke poin nomor 25uail awamiri wahua naani ayan yafhamu karena dia yaitu tauhid adalah perintah Allah yang paling besar paling besar dari semua perintah mana yang lebih besar tauhid atau salat tauhid mana yang lebih besar tauhid atau puasa Mana yang lebih besar tauhid atau berbakti P orang tua I tauhid tauhid segala-galanya bu ya itu itu yang paling besar itu hak Allah yang paling Agung ya pahami itu maka perintah yang terbesar adalah tauhid sebagaimana halya larangan Allah yang terbesar adalah apa Syirik kemudian Beliau berkata dan tauhid itu ada dua macam Wahai orang yang ingin pahami pahami ini apa itu Yang pertamabatu dti Rabbi Jalla waala asmaiil Husna sifatihil Ula Nah di sini beliau ya menyebutkan bahwa tauhid ada dua macam yang kita kenal tauhid ada tiga macam Iya Yang kita kenal Yang pertama apa tauhid rububiah yang kedua tauhid ah uluhiyah yang ketiga tauhid asma wa sifat apa tauhid rububiyah Bu yaitu mentauhidkan Allah dalam perbuatan-perbuatan yang khusus bagi Al Allah Contohnya apa menciptakan menghidupkan mematikan memberi rezeki Apalagi Hah mengatur alam semesta terus apaagi menyembuhkan memberi manfaat menolak mudarat mengijabah doa mengetahui yang gaib Ini semua hanya milik Allah Siapa yang memberikan sifat-sifat ini kepada makhluk berarti dia sudah mempertuhankan makhluk kalau ada yang punya keyakinan bahwa Si Fulan tahu yang gaib Wah ini musyrik Kenapa karena Yang mengetahui yang gaib hanya siapa Allah subhanahu wa taala bukannya Rasulullah tahu yang gaib Rasulullah dikasih tahu sama Allah ya bukan Rasulullah tahu yang gaib tidak memang Rasulullah mengabarkan tentang apa yang akan terjadi di masa depan Betul tapi yang di dikasih tahu oleh Allah melalui W Wahyu I kalau ada orang punya keyakinan misalnya bahwa ya eh B saya pemberi rezeki kita katakan tidak bisa tidak boleh haram itu termasuk Syirik l Buktinya dia yang gaji saya kita katakan Dia gaji kamu karena Allah yang memberikan rezeki kepada dia yang memberikan rezeki siapa Allah melalui dia Jadi bukan dia pemberi rezeki bukan nah ibu-ibu sekalian ini namanya tauhid rubuiah yang kedua apa Tauhid uluhiyah Apa itu Tauhid uluhiyah yaitu uhidkan Allah dalam perbuatan-perbuatan hamba-hamba Allah mentauhidkan Allah dalam perbuatan-perbuatan hamba-hamba Allah perbuatan hamba Allah Maksudnya apa ibadah salat zakat puasa Haji tawakal doa ya cinta benci berharap semua ini ibu-ibu Sekalian ibadah yang hanya untuk siapa Allah maka siapa yang memalingkan ibadah kepada selain Allah maka dia berbuat Syirik besar contoh misalnya ada orang yang tawakal kepada jimat jimat itu penangkal ya ya dia pakai gelang lalu hatinya sangat menyandarkan dirinya kepada sang sang gelang gitu Bu Dia meyakini gelang ini bisa menolak bala ini masuk dalam Syirik dua macam Syirik rububiyah dan Syirik Ul uluhiyah Kenapa karena dia mensifati gelang bahwa gelang bisa menolak ba bala padahal yang bisa menolak bala hanya siapa Allah saja sudah gitu dia tawakalnya kepada gelang Inkan ibadah kepada selain Allah hati-hati ibu-ibu sekalian yang ketiga tauhid apa As asma wa sifat Iya apa itu yaitu Allah memiliki nama-nama dan sifat-sifat yang sangat sempurna sekali ibu-ibu sekalian tapi di sini beliau menyebutkan bahwa tauhid ada dua macam I sebetulnya tidak bertabrakan karena tauhid yang dibagi oleh Beliau menjadi dua macam itu mencakup tiga macam Tauhid tadi ya karena yang dua macam itu yang pertama tauhidul Ilmi Al khabari ya Yang yang kedua yaitu tauhid tauhidul isbat di mana sebetulnya pembagian ini tidak bertabrakan satu sama lainnya tapi mengandung satu sama lainnya nah pertanyaannya ibu ada enggak dalilnya dari al-qur’an dan hadis bahwa tauhid terbagi menjadi tiga macam jawabnya kalau secara mantuk secara teksnya Enggak ada enggak ada misalnya dalam al-qur’an tauhid terbagi menjadi tiga macam enggak ada atau Rasulullah mengatakan tauhid terbagi menjadi tiga macam enggak ada terus kenapa para ulama membagi tauhid menjadi tiga yaitu dari ya istiqra penelitian Penelitian yang istiqra yang Tam yang menyeluruh jadi para ulama mengumpulkan semua dalil tentang Tauhid tampaklah bahwa tauhid itu terbagi menjadi apa tiga ini disebut dalam ilmu usul fikih dengan istilah dalil istiqra dalil Apa istiqra istiqra itu artinya penelitian Bu Iya penelitian ternyata dalam al-qur’an setelah diteliti tauhid tidak lepas dari tiga contoh saja dalam surat Alfatihah alhamdulillahiabbil alamin arrahmanirrahim alhamd lillah itu Tauhid apa uluhiyah itu memurnikan pujian hanya untuk Allah rabbil alamin tauhid apa rububiyah arrahmanirrahim tauhid apa asma wa sifat ya Maliki yaumiddin raja Hari pembalasan tauhid apa mengandung dua tauhid rububiyah dan tauhid asma was was sifat iyaka na’budu wa iyaka nasta’in tauhid apa uliah uluhiyah ihdinasiratal mustaqim tauhid apa uluhiyah di mana kita meminta kepada Allah doa ya Nah ibu-ibu sekalian jadi ternyata tidak lepas dari itu ah di zaman sekarang ada orang yang menambahkan dengan tauhid mulkiah tauhid apa mulkiah kita katakan Mulki hatinya apa kerajaan kerajaan itu sifat rububiahnya Allah Mas Jadi itu sudah masuk dalam tauhid apa rububiyah ng yang disendirikan Iya nah ibu-ibu sekalian rahimani warahimakumullahu Jamian iya ya jadi itu pembagian tauhid sebagian orang ada yang menolak pembagian tauhid ini bu ya pernah dengar enggak Bu di YouTube ada seorang yang mengaku Habib katanya tauhid pembagian tauhid menjadi tiga ini bidah enggak ada dalilnya kita katakan Subhanallah anda tidak paham dalil itu apa sih para ulama Ushul fikih sudah kita sebutkan tadi menyebutkan ada namanya dalilul istiqra dalil istiqra istiqra itu apa Penelitian terhadap dalil-dalil ya sebuah contoh misalnya Bu hukum dalam Islam ada lima wajib sunah mubah makruh haram ada enggak dalilnya yang menyebutkan dalam al-qur’an atau hadis hukum Islam jadi lima terbagi Lima Enggak ada kenapa para ulama membagi hukum Islam jadi lima berdasarkan dalil istiqra penelitian ternyata hukum-hukum dalam Islam tidak lepas dari lima ini wajib apalagi sunah mubah makruh dan apa haram ya Apakah pembagian hukum jadi lima bidah tidak sama sekali tidak semua ulama sepakat tapi dalilnya mana tadi dalil istiqra Iya ibu-ibu sekalian para ulama membahas tentang rukun salat syarat sah salat rukun salat ini ini ini syarat S salat ini ini ada enggak dalilnya dalam al-qur’an dan Sunah bahwa syaratnya ini ini ini ini rukunnya enggak mereka melakukan itu setelah meneliti semua da dalil Oh ternyata syarat ini syarat sah salat itu ini ini ini ini ini setelah dikumpulkan semua dalil-dalilnya itu namanya dalil istiqra Iya demikian pula setelah dipelajari tentang semua dalil tentang Tauhid tampaklah bahwa tauhid tidak lepas dari tiga tauhid apa rububiyah Tauhid uluhiyah dan tauhid asma wa sifat Kenapa mereka kekeh menolak pembagian tiga tauhid ini bu karena masalahnya Bu mereka yang menolak itu rata-rata kaum asy’ariyah kaum as’ariah itu hanya mengakui tauhid itu Tauhid rububiyah saja makanya mereka menafsirkan Lailahaillallah dengan apa la kholqo illallah tidak ada pencipta kecuali Al Allah subhanahu wa taala Iya atas dasar itu Mereka menolak Tauhid uluhiyah menolak tauhid asma was was sifat Subhanallah ibu-ibu sekalian demikian pula kaum Sufiah menolak pembagian ini karena apa tadi karena berdasarkan karena pengingkaran atau tidak mengakui adanya Tauhid uluhiyah dan tauhid apa asma was wasifat apalagi kaum asyairah kan banyak sekali nama-nama dan sifat Allah Yang mereka tolak ibu dengan klaim katanya enggak masuk di akal Ya parameter mereka mengenal Allah dengan mengkiaskan kepada kepada makhluk dengan istilah a’ab lah ya jisem Lah dan yang lainnya istilah-istilah yang mereka buat-buat semuanya Iya kalau hanya tauhid rububiyah saja orang musyrikin pun juga menetapkan adanya tauhid rubu rububiyah Allah mengatakan w kalau kamu bertanya kepada mereka Siapa yang menciptakan langit dan bumi mereka berkata Allah tuh lihat orang musyrikin Bu ketika ditanya Siapa yang menciptakan langit dan bumi jawabannya apa Allah dan ini tauhid rububiyah tapi tauhid rububiyah saja tidak cukup orang musyrikin meyakini pemberi rezeki itu Allah yang menurunkan hujan Allah tapi apakah itu memasukkan mereka ke Islam tidak apa yang membuat mereka tidak membuat masuk Islam Bu akibat mereka mempersekutukan Al tidak mau mengucapkan lailaha illallah sementara Lailahaillallah hakikatnya tauhid apa uluhiah tidak ada ilah ilah itu artinya yang diibadah i ya ilah itu yang diibadahi Lailahaillallah tidak ada yang diibadahi dengan benar kecuali siapa Allah saja I makanya tidak aneh ibu-ibu ya terjadi kesyirikan Iya karena hanya meyakini tauhid Rub rububiyah makanya tidak aneh mereka mengatakan enggak apa-apa pakai jimat selama kita Yakin Allah yang memberikan manfaat dan menolak mudarat kata mereka jimat kan cuman syariat doang kita katakan syariat siapa Rasulullah mengingkari jimat para sahabat mengingkari jimat para ulama mengingkari kalau kamu tawakalnya hanya kepada Allah enggak butuh pakai jimat Iya Justru karena kamu pakai jimat karena adanya keyakinan-keyakinan bahwa jimat itu bisa menolak kamu Dari bala bisa melindungi kamu dari berbagai macam apa mara bahaya Iya makanya lihat orang yang pakai jimat Kalau jimatnya ketinggalan ketakutan banget Bu takut banget Kenapa karena tawakalnya kepada siapa kepada jimat kalau dia tawakalnya kepada Allah enggak butuh itu semua ya Nah ini ibu-ibu sekalian Kemudian beliau di poin yang ke-26batutibi Jalla waala ya menyebutkan tentang macam-macam Tauhid ini menetapkan zat Allah zat RAB Jalla artinya Yang Maha Agung waa dan Maha Tinggi Husna menetapkan nama-nama Allah yang Husna Husna itu artinya apa yang telah sampai kepada kesempurnaan sifatihil Ula dan menetapkan sifat Allah yang tinggi dan mulia Iya menetapkan zat Allah zat Allah Iya Ibu pernah melihat Allah pernah melihat zat Allah tidak ada tidak ada siapapun di bumi ini yang yang pernah melihat siapa Allah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ditanya oleh Abu Dzar wahai Rasulullah ketika engkau Isra dan Mikraj engkau melihat Tuhanmu melihat Allah kata Rasulullah apa Bu Nurun Anna Ar ada cahaya Bagaimana aku bisa melihatnya itu ada dalam Sahih Muslim ya bagaimana aku bisa melihatnya kata Rasulullah ada cahaya karena Allah itu menghijabi dirinya dari makhlukNya dengan cahaya Bu sebagaimana dalam hadis lain Rasulullah bersabda hijabuhu Nur hijabnya itu adalah cahaya La kasyafah kalau Allah membuka hijabnya akan terbakar semua yang dilihat oleh Allah subhanahu wa taala Iya Nabi Musa minta kepada Allah supaya bisa melihat Allah ya Apa kata Allah lantarani kamu tidak akan bisa melihatku makanya ahlusunah Bu berkeyakinan bahwa tidak ada di dunia ini yang bisa melihat Allah keyakinan ahlusunah ini diselisihi oleh orang siapa sufi yang mereka punya halu-halu gitu Bu mereka punya keyakinan katanya itu bisa melihat Allah bahkan ada yang mengklaim Katanya dia sudah pernah ketemu sama Allah sampai 500 kali ini lebih hebatnya Rasulullah dong Iya aneh binnya leneh tapi aneh anehnya yang banyak yang percaya gitu loh banyak yang percaya makanya jadi dalam agama Sufi itu Bu Wali lebih tinggi dari nabi dan rasul Wali bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh nabi dan rasul katanya mengerikan sekali ini hakikatnya ini zandaqoh zindik gitu Iya menetapkan zat Allah zat Allah Sama enggak dengan zat makhlukNya Bu beda semua firqah Islam baik jahmiah muktazilah asyairah dan yang lain semua sepakat bahwa zat Allah tidak sama dengan zat makhluk semua kaum muslimin pun punya keyakinan itu tidak sama Ya Allah punya zat zat Allah terbuat dari apa hanya Allah yang Maha Tahu tidak boleh kita katakan dan tidak boleh kita tanyakan tidak boleh kita pikirkan sebagai seban disebutkan taakaru fiqillah W taaru fiah berpikir lah makhluk Allah tapi Jangan pikirkan tentang zat Allah Jangan pikirkan enggak mungkin bisa kepikir ya Terus ada yang bertanya kenapa Allah tidak mau memperlihatkan dirinya kalau memperlihatkan dirinya Allah Allah memperlihatkan diri kepada makhluk ya maka Percuma dong akan adanya orang yang beriman dan orang yang ka kafir justru ketika Allah Maha gaib tampaklah Siapa yang beriman dan siapa yang apa Siapa yang kafir kalau Allah memperlihatkan diri semua pasti beriman Bu karena mengimani sesuatu yang terlihat tuh paling gampang Semua orang bisa iya tidak iya tapi Allah berkehendak untuk tidak memperlihatkan dirinya kepada makhluk ya sehingga dengan cara itu terlihat Siapa yang beriman dan siapa yang tidak beriman dan sudah kita sebutkan tadi Kalau Allah menghijabi dirinya Bu dengan cahaya kalau Allah membuka cahaya itu hijabnya akan terbakar semua yang ada di langit dan di bumi I karena kekuatan Allah yang maha dahsyat ibu-ibu sekalian maka dari itu ibu-ibu sekalian karena Allah Maha gaib lebih gaib dari segala semua yang gaib maka tidak bisa dilihat oleh kasat mata semua tidak akan ya tidak ada yang bisa melihat Allah subhanahu wa taala di dunia ini Adapun di akhirat ya penduduk surga akan melihat Allah melihat wajah Allah subhanahu wa taala Iya makanya Ibu pengin ngelihat Allah beriman dan beramal saleh masuk surga dulu baru bisa ngelihat Allah Ya kan yang yang belum melihat Tuhannya cuma kita kaum mukminin ya enggak Bu yang menyembah salib sudah ngelihat Tuhannya salib tuh yang menyembah sapi sudah ngelihat Tuhannya sapi yang melihat matahari sudah ngelihat Tuhannya matahari yang yang menyembah segala sesuatu sudah melihat Tuhannya cuma kita kaum mukminin yang belum melihat Tuhan kita yaitu Allah makanya di hari kiamat yang bisa melihat Allah hanya kaum mukminin saja ya Allah berfirman dalam surat almutofifin innahum arbihim yaumaidin lamahjubun sesungguhnya orang-orang kafir itu pada hari kiamat terhalang untuk melihat Allah enggak bisa melihat Allah Kenapa karena dulu waktu di dunia enggak beriman sama Allah Iya lebih senang menyembah selain Allah subhanahu wa taala nah ibu-ibu sekalian maka menetapkan zat Allah subhanahu wa taala bahwa zat Allah tidak serupa dengan makhlukNya dan tidak boleh kita memikirkan zat Allah asmil Husna demikian P menetapkan bahwa Allah punyai nama-nama yang Husna Ya nama-nama Allah itu Husna dan ingat Ibu nama Allah itu sifatnya taukifiah harus sesuai dengan dalil tidak boleh kita menetapkan ya tidak boleh kita menetapkan Allah namanya hanya dengan pendapat pribadi enggak boleh kkadang kita mendengar ada orang namanya Abdul harit kita katakan Abdul harit hambanya alhit Emang nama Allah alhit enggak ada dalilnya nama Allah alhit ada lagi namanya Abdur Rasyid enggak ada dalilnya nama Allah apa Arrasyid sama sekali ya kalau orang Nasrani menamai Allah dengan apa Bu bapak bapak yang ada di surga Enggak ada Bu Allah gak pernah menamai dirinya dengan apa Bapak kalau orang filsafat menamai Allah dengan illatul fa’ilah enggak ada itu atau wajibul wujud dan yang lainnya semua ini nama-nama yang tidak pernah Allah namai dirinya dengan nama-nama tersebut maka untuk menetapkan nama Allah harus berdasarkan Apa dalil ada enggak nak dalilnya dari al-quran dan hadis wasifatihil Ula demikian pula menetapkan sifatsfat Allah yang tinggi demikian pula Bu tidak boleh kita mensifati Allah hanya dengan akal pikiran enggak boleh kewajiban kita adalah menyifati Allah sesuai dengan yang Allah sifati dirinya dalam al-qur’an dan disifati oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dalam Sun sunah dalam hadisnya Iya maka wajib kita mengimani semua sifat Allah walaupun tidak masuk di akal-akal kita karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu ibu-ibu sekalian Iya nah ibu-ibu sekalian dan wajib diimani Ibu bahwa nama Allah itu tidak terhitung jumlahnya sangat banyak sekali nama Allah sangat apa banyak mana dalilnya bahwa nama Allah itu sangat banyak tidak terhitung itu doa Rasulullah was di Man ras beroa Allah in AB [Musik] Ya Allah aku ini hambu anak hamba laki-lakimu anak hamba wanu ubun-ubunku berada di tanganmu Ya Allah hukummu berlaku padaku dan keputusanmu sangat adil terhadap diriku ya Allah aku memohon kepada engkau dengan melalui nama-nama yang engkau namai dirimu dengannya atau nama yang engkau turunkan dalam kitabmu atau nama yang Kau ajarkan kepada salah seorang dari hambaMu atau nama yang engkau sembunyikan dalam ilmu Ghaib di sisimu tuh lihat Berarti ada nama yang Allah sem sembunyikan Berapa jumlahnya hanya Allah yang maha tahu ya Lalu bagaimana dengan hadis Allah punya 99 nama siapa yang mengihs mengihsanya menghitungnya maka ia akan masuk surga kata para ulama hadis ini tidak menunjukkan bahwa nama Allah hanya 99 tidak hadis ini hanya menunjukkan bahwa yang diperintahkan kita untuk menghitungnya dan mempelajarinya hanya 9 9 tidak menunjukkan bahwa nama Allah terbatas dengan dengan 99 ibu-ibu sekalian ya Nah ibu-ibu sekalian dan sifat Allah lebih banyak lagi Bu karena tidak setiap sifat bisa dijadikan nama dan setiap nama Allah pasti mengandung si sifat ya tidak setiap sifat Allah bisa jadi jadikan nama karena syarat dijadikan nama itu apa kalau sempurna di seluruh sisi-sisinya Bu Adapun kalau sempurna dari satu sisi dan tidak sempurna di satu sisi yang lain maka wajib ditetapkan sesuai yang sempurna saja contoh misalnya sifat Allah dalam al-qur’an wiballah dan Allah marah Allah disifati dengan apa marah dalam al-qur’an Iya tidak bisa dijadikan nama alghadib Maha pemarah ya enggak bisa sebab kalau dijadikan nama ini jadi jadi kurang bu tapi kita tetapkan nama Apa sifat marah dengan cara yang sempurna bahwa Allah marah kepada hamba-hambanya yang suka berbuat maksiat yang berhak untuk mendapatkan kemarahan dan murka Allah i nah ini ibu-ibu sekalian conh lagi firman Allah waaru waarallah mereka bermakar dan Allah pun bermakar tapi ini tidak bisa dijadikan nama almir Maha pemakar enggak sebab itu Jadi kurang tapi kita tetapkan dari sisi yang sempurna bahwa Allah bermakar kepada orang-orang yang ingin bermakar bagi Allah mudah untuk untuk membalas makar mereka nah ini ibu-ibu sekalian ya sifat Allah sangat banyak Bu adapun yang kita selama ini pelajari ya Ada sifat wajib katanya 20 wujud Qidam baqo mukhalafatun Lil hawadi qiamu binafsi sampai akhirnya kita katakan enggak ada dalilnya bahwa sifat wajib Hanya dua Siapa yang mewajibkan ternyata yang mewajibkan manusia betapa kurang ngajarnya seorang manusia yang mengatur Al Allah seakan dia mengatakan Ya Allah engkau wajib punya sifat 20 sementara sifat Allah dalam al-qur’an sangat ba sangat banyak berarti konsekuensinya apa menolak banyak sifat Allah subhanahu wa taala Iya Allah mensifati dirinya bahwa Allah beristiwa di atas arasy ditolak sama mereka hanya Kalim katanya enggak masuk di akal Subhanallah Iya Allah mensifati dirinya bahwa Allah punya dua tangan baladahumsutotan justru dua tangan Allah terbuka ditolak sama mereka hanya karena katanya enggak masuk di akal Subhanallah Iya Adapun kita ahlusunah punya keyakinan bahwa Allah disifati dengan semua itu namun sifat Allah tidak serupa dengan sifat apa makhlukNya Allah berfirman laaisa kamitlihi syai wahua samiul Basir Allah tidak serupa dengan Apun dan Allah maha mendengar lagi maha melihat mendengarnya Allah tidak sama dengan mendengar apa makhluk melihatnya Allah tidak serupa dengan melihat apa makhluk Sama halnya dengan sifat yang lain istiwanya Allah di atas arasy tidak serupa dengan istiwa makhluk tangannya Allah tidak serupa dengan tangan makhluk ya Nah ini ibu-ibu sekalian inilah keyakinan kita ahlusunah Wal Jamaah tentang asma wa sifat ibu-ibu sekalian Iya baik saya kira Cukup Sampai Sini dulu Bu insyaallah kita lanjutkan pada yang akan datang dengan poin 27 sekarang kita buka tanya jawab Alhamdulillah dipersilakan Kika ininanya bisa kertasnya Dis Baik Pak ada Sara tasarah mau dibacakan boleh ibu-ibu mohon jangan ngobrol ya kita akan baca kan pertanyaan-pertanyaannya Bagi yang mau bertanya silakan sampai saat ini masih banyak ibu-ibu yang belum paham tentang kajian sunah bahkan menganggap kajian ini eksklusif dan aliran aneh dan terjadi penolakan Saya mau tanya Bu dulu Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam ditolak enggak ditolak dulu Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dianggap aliran aneh Enggak Hah Padahal mereka Kenal enggak sama Rasulullah Sallallahu alaii wasallam mereka yakin enggak Rasulullah akhlaknya baik Kalau itu mereka yang sudah kenal Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam tetap menolak apalagi yang belum kenal kita ya Jadi gimana dong Ustaz supaya bisa diterima dengan baik bu masalah Hidayah di tangan siapa Allah kita hanya berusaha saja nah di antara usahanya misalnya ibu menosial mensosialisasikan Ibu misalnya ikut dengan ee apa ibu-ibu yang ada di masyarakat dalam kegiatan-kegiatan yang tidak bertabrakan dengan Syari syariat ikut saja enggak apa-apa Iya Ibu juga berusaha untuk mengajak mereka satu persatu Bu entar di SD di WA dan yang lainnya Iya coba saja kita yang yang terpenting usaha dulu deh kalau mereka tetap saja menolak Ya sudah yang terpenting kan kita sudah ber berusaha masalah kita Bu tidak ingin dimusuhi orang mustahil Bu karena dakwah yang hak Sampai Akhir Zaman pasti akan dimusuhi makanya ya waraqah bin Naufal berkata kepada Rasulullah lam Yati rulun tidak ada seorang pun yang datang membawa ajaran seperti yang engkau bawa ha Muhammad kecuali pasti dimusuhi Iya tapi bukan berarti kita tidak berakhlakul karimah ibu ibu tetap berakhlakul karimah sama ibu-ibu yang ada di komplek di masyarakat ini terkadang bu ya tuduhan-tuduhan ini sebetulnya munculnya akibat daripada kebencian dan ketidaksukaan atau juga karena ketidaktahuan tentang hakikat dakwah ya ini memang penting ya Ibu Misalnya mengadakan apa namanya interaksi dengan para ibu-ibu yang ada di apa namanya di komplek tapi sekali lagi Bu bukan berarti kita ngikutin acara-acara mereka yang tidak sesuai dengan apa syariat enggak iya sampaikan sampaikan kalau Ibu bisa menyampaikan ke setiap ibu-ibu misalnya membuat sebuah artikel tentang kajian kami ini kami mengkaji ini ini ini ini ini bagi-bagikan deh ke mereka ya supaya mereka mau mendengarkan dulu deh setidak nya tidak langsung menuduh begitu saja kalau kita mendengar bacaan al-qur’an kita harus diam Kalau ada pengajian baca Quran bareng-bareng gimana Ustaz pertama Ibu para ulama telah menyebutkan tentang hukum baca Quran bareng bareng Bu baca Quran bareng-bareng itu tidak lepas dari beberapa hukum yang pertama kalau baca Quran bareng-barengnya dalam kerangka tujuan mempelajari tajwidnya cara ya mengucapkan dan yang lainnya boleh dengan semua ulama sepakat dalam hal ini tapi kalau baca Quran dengan satu suaranya ini bareng-bareng ya dijadikan sebagai cara ibadah maka ini tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya ya kalau baca Quran bareng-bareng yang satu yang satu baca yang lain mendengar Iya itu dilakukan oleh para sahabat yang lebih bagus begitu kumpul bareng yang satu baca yang lain men mendengar ya sehingga lebih sesuai dengan perintah Allah apabila dibacakan al-qur’an maka dengar dan diam AB Apakah ada dalil yang sahih kalau menjual rumah biar cepat laku dibacain Yasin tujuh kali tidak ada dalilnya sama sekali tidak pula dari Rasulullah tidak pula dari para sahabat tidak pula dari para tabiin tidak pula dari mazhab yang empat iya silakan Ibu tanyakan kepada para ahli mazhab apa ada dalam kitab mazhab-mazhab Imam yang empat kalau mau jual rumah biar cepat laku bacain Yasin tujuh kali enggak ada ibu ya jadi biar cepat laku gimana dong Ustaz dipromosiin sambil berdoa kepada Allah ya Allah ya mudah-mudahan rumah saya cepat laku I yang kedua ibu al-qur’an itu ya tujuannya Supaya apa menghidupkan hatihati kita untuk ditadaburi dan dipelajari bukan dijadiin supaya ini laris ini ya lancar rezekinya enggak ya kalau kita mengamalkan al-quran Insyaallah rezeki lancar bu karena Allah mengatakan dalam Alquran Wam yattaqillah yajahu makhraja wararzuu Min haitu La yahtasib Siapa yang bertakwa kepada Allah Allah akan berikan makhraja jalan keluar dari kesulitan hidupnya dan Allah akan berikan rezeki dari arah yang tidak disangka sangka ya lihat ibu-ibu sekalian masih ada yang bertanya silakan kalau mau tanya langsung boleh yangusung dipersil ini ada Bu Ada tidak ada tidak tidak lagi yang bertanya alhamddulillahau begitu kita tutup sampai di sini ya wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh waalikum
Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc. -Manzhumah Sullamul Wushul
Gunakan Ctrl + F untuk mencari kata Klik kata tersebut untuk menuju pada video YouTube
Tags:
Leave a Reply